Marketing Executive Adalah

Marketing Executive Adalah: Pengertian, Tugas dan Skill

Marketing executive adalah pekerjaan yang hampir sama dengan sales marketing. Namun, istilah sales tidak lebih keren dibandingkan marketing executive. Itulah sebabnya saat ini lebih banyak perusahaan yang menggunakan istilah marketing executive dibandingkan sales marketing.

Sekarang jenis pekerjaan ini menjadi salah satu pilihan karir yang memang sedang tren. Setiap perusahaan membutuhkan tenaga untuk melakukan tugas tersebut. Baik secara langsung atau melalui media sosial.

Marketing Executive Adalah, Berikut Penjelasannya

Secara singkat marketing executive adalah seorang yang bertanggung jawab untuk memperkuat nilai suatu produk atau perusahaan kepada masyarakat umum.Tidak hanya itu saja, tugas marketing termasuk mengawasi berbagai langkah promosi sebuah produk atau perusahaan.

Pada kenyataannya seorang marketing memiliki tugas utama sebagai  yang menjual produk atau menawarkan layanan secara langsung kepada calon konsumen. Sementara dalam penjualan tersebut lebih fokus terhadap bagaimana cara mencapai target penjualan yang sudah ditentukan.

Seorang marketing executive dapat disebut sukses apabila mampu membawa nama produk atau perusahaan yang menjadi tanggung jawabnya terkenal di mata publik. Tingkat keberhasilannya juga dapat diukur dari peningkatan penjualan dan pendapatan suatu perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Marketing Executive

Secara umum tugas marketing executive adalah sebagai penjual. Namun, lebih dari sekedar penjual yang langsung kepada konsumen, marketing executive memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

Menyiapkan Data Prospek Pelanggan

Marketing Executive Adalah

Mencari target pasar atau pembeli merupakan tugas pertama yang harus dilakukan oleh seorang marketing. Untuk mendapatkan data tersebut bisa mencarinya dari berbagai sumber seperti saudara, teman atau pelanggan yang sebelumnya belum tercatat.

Saat ini mencari data prospek lebih mudah lagi yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial sangat beragam ada Facbook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan media sosial tersebur, seorang executive marketing dapat mengumpulkan data lebih cepat.

Adapula customer audience facebook yang dapat digunakan sebagai database. Akan tetapi jika menggunakan cara ini untuk mengumpulkan data, sangat perlu hati-hati dan teliti. Pasalnya di media sosial pemalsuan data sangat mungkin bisa terjadi.

Menyiapkan Planning Penawaran

Marketing Executive Adalah

Rencana penawaran yang sudah dibuat pada dasarnya akan digunakan untuk mempersiapkan waktu untuk berkomunikasi lebih lanjut kepada calon konsumen. Apabila data yang didapatkan berasal dari media sosial, maka sebaiknya lakukan validasi terlebih dahulu.

Promosi Produk atau Jasa

Marketing Executive Adalah

Tugas paling penting sebagai marketing executive adalah melakukan promosi produk atau jasa yang akan dijual. Cara promosi ini bisa dilakukan dengan berbagai macam bentuk. Ada yang offline adapula yang online.

Contoh promosi secara online melalui media sosial. Sementara metode promosi offline, bisa melalui pasang banner atau pamflet di tempat-tempat yang dianggap memiliki potensi target pasar perusahaan atau produk.

Bertanggung Jawab meng-handle Komplain Pelanggan

Marketing Executive Adalah

Menjadi seorang marketing executive harus mampu menangani komplain. Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawabnya terhadap para pelanggannya. Sebab kepuasan dari pelanggan adalah salah satu tujuan utama dari aktivitas marketing.

Apabila seorang marketing executive dapat melakukan pekerjaan ini dengan baik, maka akan mendapatkan referensi dari pelanggan. Nah, apabila pelanggan telah puas dengan pelayanan yang didapatkan, maka peluang rekomendasi pelanggan kepada calon konsumen lain sangat besar.

Memenuhi Target Penjualan

Marketing Executive Adalah

Fungsi marketing executive bagi perusahaan hampir sama dengan sales yakni untuk meningkatkan penjualan dan omzet sebuah perusahaan. Jadi, seluruh aktivitas seorang marketing executive adalah mencapai target penjualan.

Bersama-sama Marketing Manager dalam Menyusun Strategi Pemasaran

Marketing Executive Adalah

Sebuah perusahaan yang besar dan memiliki reputasi yang baik sudah pasti memiliki jenjang karir yang jelas bagi setiap karyawannya. Dalam hal ini tugas utamanya adalah melahirkan generasi baru.

Setiap marketing executive tidak boleh membatasi diri hanya pada tanggung jawab secara umum saja. Membantu manager membuat strategi pemasaran menjadi lantaran seorang marketing bisa menjadi marketing manager yang baik.

After Sales Servis

Sejauh ini banyak marketing executive beranggapan bahwa kegiatan after sales servis kurang penting. Asal target penjualan terpenuhi sudah merasa cukup. Padahal pemikiran tersebut kuranglah tepat, sebab kegiatan ini erat kaitannya dengan marketing.

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara pakai Instagram Reels & Optimasinya

Bisakah seorang marketing executive memastikan bahwa produk yang telah dijual tersebut tidak mengalami masalah sata ditangan pelanggan? Tentu saja tidak. Jadi disinilah fungsi after sales servis sebagai salah satu hal yang mempengaruhi citra seorang marketing executive.

Kemampuan yang Wajib Ada pada Marketing Executive

Setiap jenis pekerjaan membutuhkan latar belakang yang bisa mendukung pekerjaan seseorang. Tidak terkecuali pada peda jenis pekerjaan satu ini. Nah, kemampuan yang harus dimiliki marketing executive adalah sebagai berikut:

Memiliki Kemampuan Menulis

Kemampuan yang diperlukan marketing executive adalah keterampilan menulis. Pasalnya jika tidak memiliki kemampuan ini, pasti akan mengalami kesulitan saat melakukan promosi produk atau jasa dalam bentuk tulisan.

Apabila seorang marketing mampu menulis dengan baik, bisa membantu perusahaan dalam mempromosikan jasa atau produk sesuai dengan gaya dan kebutuhan target market. Baik melalui online maupun offline. Terlebih lagi saat ini media sosial menjadi tempat promosi yang tidak dapat disepelekan.

Dapat Berkomunikasi dengan Baik

Kemampuan yang tak kalah penting saat menjadi marketing executive adalah kemampuan berkomunikasi baik dengan calon konsumen. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah menjual, jika tidak mempunyai keterampilan komunikasi yang baik, bagaimana orang percaya terhadap produk atau jasa yang ditawarkan?

Komunikasi ini tidak hanya terbatas pada komunikasi secara verbal, namun  komunikasi melalui media juga tetap harus dikuasai. Misalnya komunikasi melalui telpon, video call dan komunikasi dalam bentuk tulisan.

Memiliki Kemampuan Sebagai Marketing Executive

Ternyata kemampuan berkomunikasi dengan baik saja tidak cukup. Sebab orang yang memiliki kemampuan komunikasi secara interpersonal belum tentu dapat menjalankan tugas sebagai marketing executive.

Dalam marketing executive membutuhkan rasa percaya diri yang lebih tinggi dibandingkan hanya komunikasi interpersonal. Jika memiliki kemampuan marketing yang bagus, maka bisa mengenalkan produk atau jasa yang akan dijual secara lebih efektif dan efesien.

Memiliki Kemampuan Berpikir Strategis

Tujuan pekerjaan sebagai marketing executive adalah selain melakukan penjualan, juga memikirkan strategi marketing. Oleh karena itulah seorang yang bekerja dibagian ini dituntut untuk dapat berpikir secara strategis. Usahakan untuk berpikir kritis dan runut agar strateginya tepat.

Dapat Bekerjasama dengan Tim

Sifat yang harus dihindari saat menjadi marketing executive adalah individualis. Sebab pekerjaan ini menuntut seseorang untuk bisa bekerja  dengan banyak tim dan perusahaan. oleh sebab itu, jangan sungkan untuk sekedar bertanya nama, berkenalan dengan orang baru atau makan siang bersama teman kantor.

Punya Kemampuan Menganalisis

Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan menganalisis. Baik menganalisis laporan bulanan atau karakteristik calon pembeli. Nah, untuk melatih kemampuan manganilis ini bisa dilakukan dengan mencoba menjawab dan mencatat dari setiap kasus yang terjadi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa marketing executive adalah pekerjaan yang berfokus pada penjualan dan strategi pemasaran. Ada beberapa skill yang wajib dimiliki bagi setiap marketing executive agar tugas-tugasnya dapat terselesaikan dengan baik.

Marketing Executive Adalah: Pengertian, Tugas dan Skill

Leave a Reply

25 views
Copy link