Payment Gateway

Payment Gateway: Proses Pembayaran Lebih Praktis!

Istilah Payment Gateway sudah banyak digunakan oleh kaum millenial belakangan ini. Yuk ketahui pengertian, cara kerja, dan manfaatnya berikut!

Di bidang finansial, dikenal istilah “Payment Gateway” yang sering sekali digunakan akhir-akhir ini. Sistem ini diklaim mampu mempermudah proses transaksi keuangan antara pengguna dengan platform aplikasi ataupun supplier.

Payment Gateway banyak digunakan karena tingkat kemudahan penggunaannya yang tinggi. Jika Anda penasaran terkait pengertian, cara kerja, dan manfaat dari Payment Gateway, simak ulasan berikut hingga selesai, ya.

Payment Gateway

Definisi Payment Gateway

Payment Gateway berasal dari kata yang berbahasa Inggris, yaitu payment = pembayaran dan gateway = gerbang. Jika digabungkan, definisi dari Payment Gateway adalah gerbang pembayaran yang digunakan oleh pelaku transaksi keuangan terkait.

Istilah tersebut juga bisa diartikan sebagai sebuah teknologi yang bisa memperlancar suatu proses transaksi pembayaran dengan perantara internet.

Umumnya, payment gateway bisa dimanfaatkan dengan menggunakan kuota data, serta melalui perantara aplikasi tertentu.

Payment Gateway juga terkoneksi dengan e-commerce, sehingga memudahkan fungsi otorisasi saat melakukan pembayaran melalui perbankan, credit card, debit card, transfer bank dan pembayaran langsung.

Sistem pembayaran ini dilengkapi dnegan keamanan yang sangat ketat sehingga Anda tak perlu khawatir saat menggunakannya. Ada beberapa sistem keamanan yang diterapkan pada gerbang pembayaran ini, diantaranya:

Address Verification System

Adanya sistem ini memungkinkan Anda untuk melakukan verifikasi pembayaran secara otomatis melalui alamat email, nomor HP, kartu kredit dan lainnya.

Proses ini memudahkan Anda dalam mendapatkan rincian tagihan yang sesuai. Sehingga, kesalahan penagihan pembayaran akan sangat minim terjadi.

Card Security Code

Sistem ini memberikan keamanan pada transaksi yang Anda lakukan karena setiap transaksi hanya akan diproses melaui alamat yang sudah terdaftar.

Seperti misalnya jika Anda menggunakan credit card, maka akan ada tiga digit nomor terakhir yang harus dimasukan.

3D Secure Password

Penerapan sistem keamanan secara berlapis ini semakin membuat Anda tak perlu khawatir karena setiap transaksi hanya akan bisa dilakukan melalui alamat Anda sendiri.

Jadi, saat Anda melakukan transaksi pembayaran online akan muncul password yang harus dimasukan. Dan pastikan Anda tidak membagikannya kepada orang lain.

perkembangan

Bagaimana Perkembangan Gerbang Pembayaran di Indonesia?

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi yang semakin meningkat semakin memberikan manfaat lebih untuk masyarakat, termasuk di Indonesia ini.

Salah satunya, dengan adanya gerbang pembayaran justru memudahkan Anda saat melakukan transaksi belanja online.

Sepertinya transaksi berbelanja secara online sedang marak di Indonesia. Adanya sistem pembayaran ini bisa membuat Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan tanpa ribet.

Pasalnya, proses ini bisa Anda lakukan lewat internet, dimana pun dan kapan pun. Di Indonesia, gerbang pembayaran telah diresmikan oleh Bank Indonesia pada 4 Desember 2017.

Namanya sendiri berubah menjadi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Sistem ini menjadi instrumen yang bisa digunakan untuk pembayaran perbankan lokal di Indonesia.

Gerbang pembayaran memiliki perkembangan yang sangat baik di Indonesia. Hal ini karena dukungan pemerintah yang sangat tinggi dan dibuktikan melalui pembentukan pihak pengelola dan pengembangan khusus.

Yaitu, Lembaga Standar, Lembaga Switching dan Lembaga Service. Hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan bagi masyarakat Indonesia yang memiliki tingkat transaksi berlanja secara online yang tinggi.

Bahkan aktivitas tersebut sudah menjadi gaya hidup bagi semua orang. Selain itu, banyak sekali pesaing bisnis yang mencoba memasarkan produk maupun jasa dengan daya saing yang tinggi.  

Mereka berlomba-lomba memberikan penawaran menarik seperti diskon, promo, gratis ongkir untuk menarik minat konsumen.

Tren berbelanja online yang terus meningkat juga membuat hampir kebanyakan konsumen yang meninggalkan tradisi belanja offline. Melalui belanja online, Anda pun tak perlu mengunjungi banyak toko secara langsung.

Bahkan produk yang tersedia di toko online lebih lengkap dan bervariasi. Sistem pembayarannya pun juga mudah dan aman. Jadi, siapa sih yang tidak tertarik menggunakan metode ini.

cara kerja

Cara Kerja Gateway Pembayaran

Gerbang pembayaran memang memberikan banyak keuntungan saat melakukan transaksi online seperti pada e-commerce. Di samping itu, cara kerja sistem pembayaran ini juga terbilang cukup mudah. Diantaranya sebagai berikut ini.

Konsumen Harus Melakukan Transaksi Online

Pertama, konsumen perlu melakukan transaksi online terlebih dahulu, baik melalui website ataupun e-commerce. Setelah itu, konsumen bisa memilih dan menentukan produk yang diinginkan.

Lalu akan muncul berbagai pilihan cara pembayaran termasuk gerbang pembayaran. Proses pembayaran ini memudahkan Anda dalam melakukan checkout pada pesanan produk.

Pengolahan Informasi pada Prosesor Pembayaran

Kedua, informasi gerbang pembayaran akan diolah atau diteruskan kepada prosesor pembayaran yang digunakan. Dalam hal ini, data transaksi akan diinput sehingga Anda bisa melakukan tahap selanjutnya, yaitu pembayaran.

Seperti misalnya jika Anda menggunakan proses pembayaran melalui bank. Maka informasi pembayaran akan diproses dan dilanjutkan kepada pihak bank yang bersangkutan.

Proses Pembayaran Melalui Pihak Terkait

Ketiga, setelah informasi gerbang pembayaran disampaikan kepada pihak terkait, seperti bank. Maka Anda akan mendapatkan kartu seperti Visa atau Mastercard yang dapat menghubungkan gerbang pembayaran melalui bank yang bersangkutan.

Namun pihak bank bisa saja menolak proses gerbang pembayaran jika ditemukan kesalahan saat proses transaksi. Biasanya, kesalahan yang sering terjadi adalah salah input data informasi yang tepat.

Masukan Kode Pembayaran

Keempat, Anda harus memasukan kode pembayaran yang dikirimkan melalui alamat yang Anda gunakan sebelumnya. Kode ini hampir sama dengan kode OTP namun hanya pihak yang berkaitan saja yang mengetahuinya.

Konfirmasi Pembayaran

Kelima, Anda akan mendapatkan konfirmasi pembayaran jika proses Payment Gateway telah berhasil. Status pembayaran pun menjadi lunas sehingga pemesanan Anda bisa segera diproses secepatnya.

Kemudahan dalam menggunakan gerbang pembayaran ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Prosesnya yang cepat dan aman menjadikannya daya tarik tersendiri.

manfaat

Manfaat Menggunakan Gerbang Pembayaran

Selain cara kerjanya yang sederhana, gerbang pembayaran juga memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh semua pihak, baik penjual maupun konsumen. Tentunya Anda tak ingin melewatkan manfaat dari gerbang pembayaran ini.

Nah, berikut inilah beberapa manfaatnya.

Proses Transaksi Jadi Lebih Mudah

Salah satu manfaat dari gateway pembayaran ini adalah proses transaksi secara online menjadi lebih mudah. Hal ini berkaitan dengan pembayaran yang bisa dilakukan secara online.

Sehingga Anda tak perlu datang ke bank atau pergi ke penjual secara langsung.

Dengan adanya kemudahan ini, Anda bisa menggunakan waktu menjadi lebih efektif. Apalagi jika Anda termasuk orang yang memiliki banyak kesibukan. Pasti akan sangat menguntungkan jika menggunakan tansaksi online ini.

Tidak Perlu Membuat Banyak Rekening

Sistem pembayaran ini sangat menguntungkan karena dapat menyediakan metode pembayaran secara beragam. Khususnya bagi pelaku bisnis online tidak perlu membuat banyak rekening.

Karena, gerbang pembayaran bisa dilakukan langsung atau sudah otomatis melalui bank-bank di Indonesia yang sudah menjalin kerjasama.

Tak hanya itu, konsumen pun juga akan merasa dimudahkan saat melakukan transaksi di toko online. Hal ini karena konsumen bisa melakukan pembayaran sesuai kondisi.

Jika konsumen melakukan pembayaran ke bank yang berbeda pasti akan dinekanan biaya tambahan.

Proses Transaksi yang Cepat

Proses transaksi yang menggunakan Payment Gateway terbilang cukup cepat. Proses ini menggunakan sistem yang berjalan secara otomatis.

Berbeda jika Anda masih menggunakan cara manual seperti transfer bank. Anda perlu mengecek konfirmasi pembayaran dan bagi penjual pun harus menerbitkan invoice secara manual.

Maka dari itu, proses transaksi yang Anda lakukan akan semakin lama. Apalagi jika toko online tersebut juga memiliki banyak konsumen lainnya.

Proses Transaksi yang Aman

Proses transaksi secara online memang rawan terjadi penipuan. Namun Anda tak perlu khawatir karena dengan adanya sistem pembayaran GPN yang lebih aman digunakan.

Pada sistem ini sudah menerapkan keamanan yang canggih. Tak hanya transaksinya yang cepat namun keamanannya juga terjamin.

Prosesnya yang lebih cepat dan aman tentu berbeda jauh dengan pembayaran manual. Karena Anda tak perlu mengecek secara manual yang mana bisa menambah resiko kesalahan lebih tinggi.

Limit Transaksi Tak Terbatas

Manfaat dari Payment Gateway selanjutnya adalah limit transaksi tak terbatas. Dalam artian ini, Anda bisa melakukan pembayaran dalam jumlah yang diinginkan tanpa khawatir mencapai batasan limit.

Berbeda jika Anda menggunakan metode pembayaran lainnya yang terkadang limit transaksi. Tentunya Anda akan merasa kesal karena tidak dapat melakukan pembelian produk yang Anda inginkan.

Jangkauan Lebih Luas

Saat mengunakan metode pembayaran ini, Anda akan merasakan manfaat transaksi dengan jangkauan yang lebih luas. Khususnya bagi pelaku bisnis yang memiliki jangkauan hingga ke mancanegara, akan sangat efektif jika menerapkan metode ini.

Jika masih menggunakan metode pembayaran manual, tentu akan semakin menyulitkan. Maka dari itu, akan sangat lebih baik jika Anda menggunakan metode Payment Gateway yang lebih mudah, aman dan jangkauannya luas.

Melayani Pertukaran Kurs

Manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan adalah dapat melayani pertukaran kurs. Anda tak perlu menunggu atau antri secara langsung saat ingin menukarkan kurs. Tentunya akan semakin menguras waktu Anda.

Pertukaran kurs secara online ini akan sangat menguntungkan jika Anda sedang berada di luar negeri. Prosesnya yang mudah ini membuat Anda lebih menghemat waktu perjalanan.

Transaksi Massal

Pembayaran menggunakan Payment Gateway memungkinkan Anda sebagai pelaku bisnis untuk melakukan transaksi massal secara cepat. Hanya dalam sekali transaksi saja, Anda bisa melakukan pengiriman seperti gaji karyawan.

Tentunya proses seperti ini dianggap lebih efektif dan menguntungkan. Apalagi jika karyawan di perusahaan dalam jumlah yang banyak. Pasti akan sangat merepotkan jika harus mengirim satu per satu.

Proses Instalasi yang Mudah

Bagi pelaku bisnis yang ingin melakukan instalasi Payment Gateway tentu harus memahami bagaimana cara instalasinya. Sebenarnya proses instalasi ini cukup sederhana. Anda bisa memilih tempat instalasi yang Anda percaya.

Ada beberapa penyedia instalasi yang memberikan layanan dukungan 24/7. Hal ini memungkinkan Anda bisa mengatasi setiap kendala yang dapat terjadi. Jadi, Anda tak perlu khawatir akan menganggu jalannya tiap transakti.

Itulah berbagai manfaat yang dapat diperoleh saat melakukan metode Payment Gateway atau GPN. Dengan metode ini, Anda bisa dapatkan produk sesuai keinginan Anda. Bagi penjual pun bisa dengan mudah melayani konsumen.

fin

Payment Gateway Terbaik yang Ada di Indonesia

Saat ini banyak tersedia layanan Payment Gateway di Indonesia. Layanan ini cukup populer dan banyak dipilih sebagai metode pembayaran yang mudah, aman dan cepat.

Berikut inilah beberapa Payment Gateway terbaik yang sudah kami rangkum untuk Anda.

DOKU

DOKU merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan Payment Gateway. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2007 dan cukup populer hingga saat ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mitra usaha yang berlangganan sekaligus pengguna layanan ini.

DOKU menyediakan fitur-fitur menarik seperti pembayaran melalui website, link, invoice dan sebagainya. Tentunya akan sangat menguntungkan jika menggunakan layanan ini.

Midtrans

Midtrans merupakan layanan yang berasal dari Jepang. Midtrans telah menjadi bagian dari Gojek sejak tahun 2017. Layanan ini sudah memiliki merchant dalam jumlah yang banyak hingga mencapai 500 ribu. Salah satunya marketplace besar seperti Tokopedia dan KitaBisa.

Midtrans dikenal memiliki keunggulan dalam kemudahan proses transaksi. Baik pembayaran melalui website, chat ataupun SMS bisa diproses secara otomatis dan tanpa ribet.

FasPay

Salah satu layanan yang berpengalaman dan telah dipercaya adalah FasPay. FasPay telah berdiri sejak tahun 2003 dan telah melayani ribuan mitra usaha seperti diantaranya Tiket.com, Kredivo dan Starbucks.

FasPay menyediakan fitur menarik seperti FasPay Settlement, Pay Per Transaction, Latest Fraud Detection System, dan UNIcount. Layanan pembayaran yang dilakukan pun bisa melalui credit card, debit card dan beberapa metode lainnya.

iPaymu

iPaymu merupakan layanan Payment Gateway yang memudahkan dalam pembayaran untuk e-Commerce, reseller dan dropshipper. Keunggulan dari layanan ini adalalah tingkat keamanan yang tinggi serta memberikan kemudahan saat bertransaksi.

Layanan iPaymu ini hampir sama dengan yang lainnaya karena juga menyediakan fitur pembayaran online dan setoran tunai seperti COD (Cash On Delivery). Layanan ini sudah bekerja sama dengan lebih dari 80.000 merchant.

Winpay

Winpay merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan Payment Gateway. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2018. Karena telah memiliki lisensi resmi dari bank membuat Winpay dipercaya oleh banyak merchant.

Winpay bisa menjadi pilihan saat ingin menggunakan Payment Gateway dengan platform e-Commerce. Salah satunya dapat menghubungkan Magento, Opencart, Woocommerce, dan Prestashop.

Finpay

Finpay merupakan perusahaan yang berasal dari Indonesia. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2006 dan menyediakan berbagai fitur Payment Gateway yang menarik. Salah satunya adalah Finpay link dan Finpay Invoice.

Metode pembayaran menggunakan Finpay link dilakukan secara online lewat media sosial. Sementara pada Finpay Invoice lebih pada layanan pengiriman invoice pada konsumen yang telah melakukan pemesanan.

Veritrans

Veritrans memberikan layanan pembayaran menggunakan metode Payment Gateway. Pembayaran yang dilakukan bisa melalui credit card dan debit card, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, BCA Klikpay dan beberapa minimarket dengan integrasi tertentu.

Nah, beberapa penyedia layanan Payment Gateway terbaik seperti di atas semakin memberikan kenyamanan saat melakukan transaksi belanja online, Baik untuk penjual maupun konsumen. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.