apa itu sorotan instagram

Promosikan Produk di Sorotan Instagram, Lebih Mudah dan Rapih

Saat masuk ke sebuah akun Instagram produk tertentu, mana yang akan anda lihat lebih dulu? Instagram feed atau Sorotan Instagram?

Kedua fitur dari Instagram ini memilki fungsi yang sama yaitu menampilkan konten foto dan video. Bedanya, durasi konten video di Instagram Feed lebih panjang dibandingkan sorotan Instagram.

Hal ini dikarenakan sorotan diambil dari Instagram story yang hanya membatasi video hingga 14 detik, berbeda dengan konten video yang ada di Instagram Feed yang bisa mencapai satu menit.

Meskipun konten di sorotan Instagram memiliki keterbatasan dalam durasi namun fitur ini memiliki berbagai keuntungan yang mampu untuk menarik minat konsumen dan leads.

Keuntungan yang di dapatkan adalah sorotan digunakan untuk menyimpan Instagram story sehingga tidak akan hilang dan letaknya yang ada bagian atas profile bisa menyita perhatian pengunjung yang datang.

Tidak hanya itu, dengan sorotan Instagram pengguna dapat membuat konten edukasi yang bisa dilihat berulang sehingga pengunjung akun anda tidak perlu melakukan stalking Instagram feed sampai bawah untuk mencari konten yang dibutuhkan.

Kegunaan inilah yang biasanya dimanfaatkan oleh berbagai brand besar atau influencer terkenal untuk menyimpan berbagai momen atau juga memberikan edukasi yang berkaitan dengan produk yang dimiliki.

Berbagat item menarik yang ada di Instagram story juga bisa digunakan untuk membuat konten sorotan Instagram yang keren.

Karenanya ketahui berbagai fitur serta tips membuat sorotan Instagram yang keren.

fitur di sorotan Instagram

Fitur di Sorotan Instagram

Berbeda dengan fitur Instagram lainnya yang memiliki berbagai item yang unik, layanan sorotan Instagram sendiri tidak memiliki fitur khusus karena hanya digunakan untuk menyimpan Instagram story yang telah diunggah.

Meskipun begitu, beberapa fitur Instagram story ini bisa digunakan untuk membuat konten sorotan Instagram yang keren dan mampu menarik perhatian pengunjung akun anda.

Foto dan Video

Saat melihat sebuah unggahan Instagram story biasanya seseorang akan melihat hasil foto yang menarik atau video dengan durasi pendek.

Meskipun hanya dibatasi waktu sehari untuk melihat sebuah konten Instagram story namuan apabila pengguna bisa mengkreasikan konten yang unik maka akan membuat pengunjung datang ke akun anda untuk melihat postingan Instagram story.

Untung saja saat ini berbagai konten Instagram story yang menarik bisa disimpan di sorotan Instagram agar bisa dilihat berulanhg.

Keuntungan dari sorotan Instagram ini tentunya bisa digunakan bagi penjual untuk membuat mini katalog yang berisi produk terbaru sehingga konsumen tidak perlu melakukan stalking di Instagram Feed.

Tak hanya itu, kemampuan Instagram story yang bisa membuat konten hingga ratusan unggahan bisa dimanfaatkan untuk membuat konten edukasi seperti tutorial produk atau FAQ sehingga konsumen yang baru mengenal barang anda tidak perlu bertanya lagi ke private message.

Kegunaan dari sorotan Instagram ini juga sering dimanfaatkan oleh banyak influencer untuk menyimpan berbagai momen pribadi milik mereka sehingga pengikut yang ketinggalan postingan Instagram story bisa melihatnya kembali dengan mudah.

Meskipun begiu, postingan sorotan Instagram ini juga tidak bisa memuat terlalu banyak konten sehigga anda bisa menghapun beberapa unggahan lama untuk diisi dengan postinga terbaru.

Font dan Warna

Guna mempercantik tampilan Instagram story yang dibuat maka pengguna bisa menggunakan item tambahan yang ada di fitur ini.

Salah satunya adalah item font dan warna, keduanya bisa digunakan untuk memberikan deskripsi tambahan di konten edukasi yang diunggah.

Dalam pemilihan font, sebaiknya pengguna menggunakan gaya tulisan yang bisa dibaca oleh orang lain sehingga bisa membuat pengikut anda bertahan lebih lama.

Anda juga bisa mengatur ukuran tulisan yang akan diunggah, seperti ukuran besar untuk judul dan juga ukuran yang lebih kecil untuk isi dari Instagram story.

Tak hanya itu, anda juga bisa menghias unggahan Instagram story dengan pilihan warna yang menarik. Pastikan juga warna yang dipilih berbeda dengan banckground foto sehingga bisa dilihat dengan jelas.

Pengguna bisa menggunakan warna putih yang netral dan bisa digunakan di berbagai background lainnya.

Highlight

Jika anda bosan dengan gaya tuisan yang itu-itu saja maka anda bisa menggunakan tambahan highlight sebagai variasi dan juga tetap bisa membuat tulisan anda lebih stand out.

Cara menggunakan highlight pun sangat mudah, anda cukup menuliskan konten yang ingin anda tuliskan di Instagram story kemudian pilih logo A disamping item warna maka tulisan anda akan terhighlight dengan sempurna.

Pengguna juga bisa mengganti warna highlight sesuai dengan keinginan agar penonton Instagram story anda tidak bosan. Namun, pastikan juga warna highlight tidak terlalu mencolok dari warna tulisan.

Stiker

Item stiker kini menjadi kesukaan banyak pengguna Instagram. Hal ini dikarenakan fitur ini bisa digunakan untuk meningkatkan interaksi dengan pengikut di Instagram story yang dibuat.

Beberapa stiker yang bisa anda gunakan dengan mudah adalah stiker link, polling, dan juga question.

Pada fitur stiker link, pengguna bisa memasang link website sebagai penarik leads untuk mendapatkan hadiah gratis seperti e-book atau digunakan untuk menaruh link market place yang dimiliki sebagai call to action.

Dengan pemberian link ini maka pengguna yang tertarik pada produk anda bisa langsung melakukan check out dengan klik link tersebut. Pastikan juga link yang di copy sudah valid agar pengikut anda tidak masuk ke link yang salah.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan interaksi atau pembuka konten Instagram story dengan menggunakan stiker polling, item ini juga bisa digunakan untuk mengecek seberapa minat pada kontan yang akan diunggah.

Selain itu, pengguna bisa melakukan interaksi pengenalan produk dengan menggunakan stiker question, anda bisa meminta konsumen untuk menanyakan berbagai hal tentang produk anda yang bisa langsung dijawab di unggahan Instagram story selanjutnya.

Berbagai pertanyaan tersebut bisa disimpan sebagai Highlight FAQ sehingga pengikut yang ketinggalan konten anda masih bisa melihatnya lagi.

tools membuat sorotan instagram

Tools membuat Sorotan Instagram

Guna membuat konten Instagram story yang menarik dan bisa disimpan di sorotan Instagram tentunya anda membutuhkan berbagai tools tambahan agar hasil unggahan anda bisa semakin keren.

Tidak hanya mengedit foto atau menggunakan background yang menarik namun anda juga bisa mengedit video pendek yang akan diunggah di Instagram story agar pengikut anda semakin tertarik untuk melihat konten anda.

Berikut beberapa aplikasi edit foto dan video yang bisa digunakan untuk mempercantik postingan sorotan anda :

Canva

Aplikasi edit foto sejuta umat yang dicintai oleh penggunanya ini juga bisa digunakan untuk membuat background Instagram story dan juga sampul sorotan Instagram yang keren.

Dengan menggunakan aplikasi edit foto ini anda bisa membuat background Instagram story dengan berbagai pilihan warna dan juga bisa menggabungkan beberapa gambar menjadi satu sehingga hasil gambar yang dihasilkan pun menjadi keren.

Cara menggunaan aplikasi Canva pun sangat mudah, pengguna tinggal masuk ke akun Canva yang telah anda miliki atau mendaftar melalui email apabila belum memiliki akunnya.

Kemudian setelah masuk ke akun yang dimiliki, anda bisa memilih menu template untuk menemukan background template yang sesuai keinginan.

Pengguna juga bisa membuat backgroundnya sendiri dengan canvas baru, caranya pilih menu Buat Desain yang ada di pojok kanan, kemudian pilih Cerita anda.

Pengguna akan diberikan layar kosong untuk mengkreasikan backgorund Instagram story yang diinginkan.

Jika sudah selesai maka anda bisa mengunduh gambarnya dengan pilih menu unduh dan pilih gamabr mana saja yang ingin anda gunakan.

Apabila pengguna kehabisan ide untuk membuat background Instagram story maka bisa menggunakan template yang disediakan oleh Canva sehingga bisa dikreasikan untuk membuat konten yang sesuai.

Tak hanya itu pengguna juga bisa melakukan custom ukuran sehingga gambar yang dihasilkan nanti tidak terpotong dan bisa diunggah secara sempurna di Instagram Story.

Sebaiknya pengguna menggunakan satu background untuk satu konten Instagram story agar pengikut anda tidak pusing melihat background gambar yang terus berganti.

Pixabay

Apabila pengguna tidak memiliki waktu untuk membuat background untuk Instagram story maka anda bisa mencarinya di berbagai aplikasi penyedia foto secara gratis.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Pixabay, dengan menggunakan platform ini anda bisa mencari berbagai template background yang menarik dengan pilihan gambar dan warna sesuai keinginan.

Agar gambar lebih mudah dimasukkan ke dalam Instagram story maka pilihlah ukuran yang paling kecil kemudian unduh agar gambar tersebut.

Cara mengunduh gambar di Pixabay pun sangat mudah, bahkan anda tidak perlu membuat akun untuk mengakses berbagai gambar yang disediakan.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah masuk ke browser pencarian anda kemudian klik Pixabay, jika halaman sudah berubah maka anda bisa klik situs tersebut.

Setelahnya klik fitur Search dan tuliskan template yang anda inginkan, setelah itu anda bisa memilih background sesuai keinginan, pastikan memlih gambar sesuai dengan konten yang akan anda unggah di Instagram story.

Apabila gambar yang dipilih sudha sesuai maka anda bisa mengunduhnya dan disesuaikan kembali ukurannya di aplikasi Canva.

Inshot

Tidak hanya konten foto yang perlu bantuan aplikasi agar hasilnya makin ciamik, sebuah konten video yang akan diunggah di Instagram story juga sebaiknya di edit agar hasilnya semakin cantik dan sesuai dengan durasi yang ditentukan.

Beberapa item yang bisa anda masukkan di konten video untuk Instagram story adalah kumpulan foto produk dan juga background musik yang sesuai agar penonton semakin nyaman saat mendengarnya.

Pengguna juga bisa menggabungkan berbagai potongan video untuk dijadikan satu untuk menghasilkan konten video pendek yang keren.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Inshot, dengan menggunakan aplikasi ini pengguna bisa memgedit video pendek dengan ringan untuk di unggah di Instagram story atau berbagai social media lainnya.

Inshot sendiri juga menyediakan berbagai fitur yang bisa digunakan secara gratis, diantaranya adlaah :

  • Kanvas: pada fitur ini anda bisa memilih ukuran video yang diinginkan baik vertikal atau horizontal, pastikan juga untuk memilih ukuran yang sesuai dengan Instagram story agar hasilnya tidak terpotong saat diunggah.
  • Duplikat: Punya video mentah yang bisa digunakan sebagai konten Instagram story? Anda bisa menyalin video tersebut dan dimasukkan ke dalam video yang akan anda buat.
  • Volume:  Ukuran volume video yang tepat juga menjadi kunci kesuksesan agar video Instagram story anda bisa dinikmati oleh penonton. Anda bisa memilih volume suara yang sesuai dengan menu ini.
  • Potong: Apabila video yang anda buat masih belum sesuai dengan keinginan maka anda bisa memotongnya dan menambahkan video yang lain agar hasilnya lebih keren.
  • Kecepatan: Agar anda bisa merangkum isi dari video dengan cepat maka anda bisa mempercepatnya dengan fitur kecepatan, pilihlah durasi yang sesuai agar hasilnya tidak terlalu cepat atau lambat
  • Hapus: Saat memasukkan berbagai foto ke dalam edit video biasanya ada beberapa foto yang tidak terpakai, anda bisa menghapunya agar memudahkan saat proses editing video dan lebih mudah dalam memilih media yang akan digunakan.
  • Filter: Sebuah video yang bagus tentunya harus di dukung dengan kecerahan video yang seuai agar enak dipandang. Anda bisa menggunakan fitur filter untuk memilih kecerahan yang diinginkan.
  • Musik: penambahan musik juga bisa meningkatkan mood penonton saat melihat video anda. Pengguna bisa menggunakan lagu yang sedang naik daun sebagai backgound music atau menambahkan music sendiri melalui fitur di Instagram story

Setelah menegtahui berbagai fitur yang ada tentunya anda ingin segera membuat konten video yang menarik menggunakan aplikasi Inshot. Berikut tutorial dalam membuat video pendek menggunakan platform ini :

  • Pertama, pengguna bisa mengunduh aplikasi ini di Google Playstore kemudiam daftarkan diri anda menggunakan email atau akun social media.
  • Kedua, jika akun sudah dibuat maka anda diberikan 3 pilihan yaitu video, photo, dan collage. Fitu-fitur tersebut memiliki kegunaan yang berbeda.
  • Ketiga, klik menu video kemudian aplikasi ini akan masuk ke galeri anda. Pilihlah video yang akan diedit dengan klik pada gambar video tersebut.
  • Keempat, anda bisa memilih bentuk video yang diinginkan, apakah video full tanpa adanya backgorund dengan bentuk landscape, bentuk video dengan background,  dan video dalam bentuk kotak. Pilihlah bentuk video yang diinginkan dan sesuai dengan ukuran Instagram story.
  • Kelima, anda juga bisa menambahkan backgorund musik agar video lebih menarik, anda bisa klik fitur music yang ada di bawah kemudian anda bisa memilih lagu yang cocok untuk video anda.

Pengguna bisa memilih lagu yang disediakan oleh Inshot atau mengambilnya dari playlist lagu dari hanpdhone anda. Setelah memilih lagu yang diinginkan klik USE di tombol hijau sebelah kanan musik yang dipilih.

Kemudian akan ada notifikasi volume yang bisa diatur sesuai keinginan agar tidak bertabrakan dengan volume narasi video. Pemilihan lagu yang tepat juga akan membuat penonton menikmatinya.

  • Keenam, pengguna bisa menambahkann tambahan stiker agar video lebih menarik, klik fitur stiker dan pilihlah stiker yang sesuai dengan video yang ditampilkan. Letakkan stiker di posisi yang tepat dengan menggesernya.
  • Ketujuh, samarkan watermark dengan cara meletakkan stiker di logo inshot sehingga watermark tidak terlihat. Setlah meletakkan stiker sesuai tempatnya anda bisa klik tanda “Checklist” yang ada di pojok kanan bawah.
  • Kedelapan, anda juga bisa menambahkan teks di video dengan cara klik fitur “Text” kemudian ketukkan kata-kata yang ingin anda sampaikan dan letakkan teks di tempat yang diinginkan.

Pilih juga warna yang sesuai dengan klik di bagian kanan font dan pilih warna yang sesuai. Usahakan pilih kalimat yang pendek agar penonton bisa fokus ke video anda.

  • Kesembilan, percantik background dengan warna yang menarik, caranya adalah klik fitur “Background” lalu akan muncul berbagai pilihan warna yang bisa dipilih sesuai selera dan keinginan. Pastikan juga warna background tidak mencolok agar video bisa lebih jelas dilihat.
  • Kesepuluh, setelah anda selesai mengedit video instagram story maka anda bisa menyimpannya dengan kllik ikon Save yang ada di pojok kanan atas.

Kemudahan dalam membuat video di Inshot tentunya menjadi keuntungan bagi pemula yang ingin membuat konten yang keren untuk Instagram Story.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga user friendly sehingga mudah digunakan oleh pemula dengan berbagai fitur yang disediakan serta bisa diunduh dengan berbagai format yang diinginkan.

cara membuat sorotan instagram

Cara Membuat Sorotan Instagram

Setelah mengetahui kelebihan dari menggunakan sorotan Instagram dan juga berbagai fitur yang bisa digunakan secara gratis, saatnya anda membuatnya sendiri untuk mempromosukan produk anda.

Berikut beberapa cara membuat sorotan Instagram dengan mudah dan cepat.

Membuat Sorotan Instagram

Berikut beberapa cara konvensional yang biasanya digunakan untuk membuat Sorotan Instagram :

  • Pertama, buka aplikasi Instagram di gadget anda.
  • Kedua, anda bisa mengunggah konten promosi yang diinginkan di Instagram story.
  • Ketiga, Saat anda sudah upload semua Instagram story maka anda bisa klik opsi sorot di bagian bawah.
  • Keempat, jangan lupa untuk memberikan nama sorotan anda agar lebih mudah dicari oleh penonton anda.
  • Kelima, klik tombol tambahan. Jika sorotan Instagram sudah diunggah maka anda bisa refresh akun anda agar postingan sorotan masuk ke akun anda dan bisa dilihat oleh pengunjung akun Instagram anda.

Anda juga bisa menambahkan berbagai sorotan Instagram lainnya seusai dengan tema konten  yang diinginkan.  Jangan lupa juga untuk menghapus unggahan yang sudah tidak dibutuhkan agar bisa menambahkan berbagai sorotan Instagram lainnya.

Menambahkan Konten ke Sorotan Instagram

Konten sorotan Instagram yang telah diunggah dirasa belum sesuai keinginan? Anda bisa menambahkan konten di highlight tersebut dengan mudah. Berikut cara menambahkan unggahan ke sorotan Instagram

  • Pertama, buka profil instgram anda lalu klik di sorotan Instagram yang diinginkan.
  • Kedua, tambahkan unggahan dengan tap menu lainnya di ikon tiga titik.
  • Ketiga, pilih opsi edit untuk menambahkan unggahan yang diinginkan. Anda juga bisa mengganti nama sorotan Instagram dan juga sampul agar lebih menarik.
  • Keeempat, jika anda merasa unggahan sorotan Instagram tidak sesuai maka anda bisa menghapusnya dengan klik ikon di pojok kanan dan hapus konten yang tidak sesuai.
  • Kelima, anda bisa menambahkan unggahan story dengan pilih tab tambahkan untuk menambah postingan ke dalam sorotan Instagram anda.

Mengapa Sorotan Instagram Tidak Muncul?

Sudah membuat konten Instagram story namun tidak tersimpan atau tidak muncul di sorotan Instagram? Tenang saja anda bisa mengmbalikan sorotan Instagram anda dengan beberapa langkah berikut :

  • Pertama, anda bisa hidupkan arsip otomatis. Caranya adalah buka menu pengaturan yang ada di ikon pojok kanan atas
  • Kedua, buka menu tersebut dan pilih Privasi, pilihlah ikon cerita kemudian scroll ke bawah hingga menemukan simpan ke arsip. Ubahlah status dengan geser slide ke kanan sehingga akan berubah menjadi hijau tandanya aktif.
  • Ketiga, setelah selesai maka sorotan Instagram anda bisa dilihat kembali dan digunakan untuk promosi produk anda.
tips sorotan instagram lebih keren

Tips Sorotan Instagram Lebih Keren

Selain memerhatikan tampilan Instagram story dan juga Instagram Feed tentunya anda juga bisa membuat strategi sorotan Instagram yang tepat agar menarik pengunjung untuk melihatnya sehingga menambahkan penjualan anda.

Berikut beberapa langkah mudah membuat konten untuk sorotan Instagram :

Tentukan topik yang Menarik

Langkah pertama yang bisa digunakan adalah merancang konten menarik dan tidak lekang oleh waktu agar bisa terus dilihat oleh pengunjung akun anda.

Keberadaan sorotan Instagram yang ada di muka profil anda bisa menjadi penarik magnet untuk meningkatkan brand awareness dengan berbagai konten yang diunggah.

Beberapa konten yang bisa digunakan adalah konten edukasi dimana pengguna bisa membuat tutorial penggunaan produk serta bahan yang digunakan agar konsumen lebih yakin dengan barang jualan anda sebelum memebelinya.

Anda juga bisa membuat konten Frequently Asked Question agar pengguna yang masih bingung dengan produk anda bisa menemukan jawabannya dengan melihat konten sorotan Instagram anda.

Pengguna juga bisa memancing konsumen untuk melakukan konten tanya jawab mengenai masalah yang dialami dan sesuai dengan produk anda. Hal ini selain meningkatkan brand awareness juga bisa meningkatkan ikatan anda dengan konsumen.

Konten selanjutnya yang bisa digunakan adalah konten promosi dimana anda bisa mengunggah berbagai produk baru dan menyimpannya di highlight agar konsumen tidak perlu stalking di Instagram Feed anda.

Jangan luoa untuk menghapus highlight yang sudah tidak terpakai agar bisa diisi dengan berbagai konten sorotan Instagram lainnya.

Gunakan Sampul Sorotan Keren

Kesan pertama yang bagus tentu saja akan menarik konsumen untuk berkunjung ke sorotan Instagram yang telah dibuat.

Pengguna bisa menggunakan sampul yang bagus dengan desain yang menarik dan juga judul singkat agar konsumen mengetahui isi dari sorotan Instagram anda.

Anda bisa membuat sampul sorotan Instagram dengan membuat templatenya di Canva atau mencarinya di Pixabay. Menggunakan background sampul sorotan yang sama juga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.