tutorial short url

Kegunaan Short URL dan Rekomendasi Website Terbaik

Promosi produk saat ini tidak hanya bisa digunakan melalui social media namun anda bisa menaikkan level jualan dengan promosi melalui website dengan short url yang mudah diakses.

Perkembangan dunia digital yang semakin cepat akhirnya membantu banyak penjual untuk mempermudah promosi tidak hanya melalui brosur atau flyer namun juga menggunakan media digital seperti social media dan website.

Social media seperti Facebook dan Instagram sudah lama ramai digunakan orang untuk promosi bisnis. Selain mudah digunakan dalam mengakses berbagai layanannya, pengguna social media pun sangat banyak sehingga bisa menjangkau konsumen di luar daerah.

Selain itu, social media sendiri juga memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan untuk menyebarkan foto produk dan mengembangkan berbagai konten foto dan video sehingga bisa membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang dijual.

Tidak hanya itu, hadirnya market place seperti Shopee dan Tokopedia juga membantu konsumen dalam proses transaksi yang lebih aman dan mudah karena pembeli tinggal membayar produknya kemudian menunggu barang diantarkan.

Dengan menggunakan market place juga, pembeli bisa melihat berbagai produk yang ditawarkan melalui katalog yang ada di beranda sehingga pembeli bisa menambah barang belanjaan yang tentunya menguntungkan bagi penjual.

Akan tetapi, tidak hanya menggunakan social media atau market place untuk promosi namun penjual juga bisa menggunakan website sebagai media promosi yang lebih profesional.

Melalui website juga konsumen bisa melihat berbagai macam produk yang ditawarkan melalui katalog, melakukan pembayaran produk, dan juga mendapatkan berbagai konten gratis seperti e-book atau seminar.

Penggunaan website juga membantu agar bisnis anda terlihat profesional dan dipercaya oleh orang lain.

Sayangnya, masih banyak penjual yang membuat domain website yang panjang sehingga sulit untuk ditemukan oleh konsumen sehingga batal untuk membeli barang keinginan.

Hal ini tentu saja akan merugikan penjual karena penjualan tidak kunjung meningkat.

Karenanya agar website anda semakin mudah diakses ketahui cara membuat domain yang menarik serta website untuk short url anda.

kegunaan short url untuk bisnis

Kegunaan Short URL Untuk Bisnis

Saat pembuatan website di wordpress biasanya anda akan diberikan URL domain yang panjang yang untungnya bisa diperpendek dengan berbagai website yang sudah tersedia dengan mudah.

Sebenarnya apa sih short url itu dan bedanya dengan safelink?

Shortlink sendiri merupakan versi pendek dari link website yang bisa digunakan untuk membagikan konten dari website anda.

Sebuah domain website yang diperpendek ini berguna agar link yang disebarkan bisa terlihat lebih rapih saat di unggah di berbagai social media atau disebarkan ke berbagai platfrom lainnya.

Bayangkan saja jika anda mendapatkan link url yang panjang tentunya akan terlihat berantakan dan membuat anda tidak nyaman bukan? Karenanya sebuah domain website perlu untuk diperpendek agar lebih enak dilihat.

Sementara safelink sendiri digunakan pengguna untuk mempermudah pengguna agar tidak membuat url baru di setiap link yang dituju.

Tidak hanya membantu untuk mempermudah promosi namun short url ini juga memiliki berbagai macam kelebihan yang berguna bagi penjual.

Melacak Landing Page

Setelah memiliki website bisnis dan mengembangkannya dengan berbagai konten yang menarik tentunya anda juga ingin mengetahui apakah link tersebut sudah efektif atau belum.

Salah satu caranya adalah melacak penyebaran link tersebut melalui website bit.ly yang tidak hanya berguna untuk memperpendek domain juga dapat digunkan untuk melacak seberapa banyak tautan sering dibuka.

Hasilnya pun ditampilkan dalam bentuk statistik sehingga mempermudah anda untuk membaca datanya dan bisa dijadikan referensi untuk evaluasi konten website yang dimiliki.

Tak hanya itu, jika anda memiliki landing page yang terpasang di website anda maka bisa digunakan untuk mengetahui kefektivan konten landing page untuk menarik konsumen.

Sehingga apabila konten landing page dirasa kurang efektif maka bisa diganti ke konten landing page yang lain.

Tautan Lebih Mudah Dibagikan

Saat menerima tautan website yang panjang tentunya anda akan merasa ragu membukanya dan akhirnya mengurungkan niat untuk membukanya bukan?

Dengan adanya short url ini akan menguntungkan anda dengan link yang lebih pendek sehingga membuat orang yang disebarkan bisa lebih percaya dengan short url tersebut dan membukanya.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi seseorang yang menjalankan bisnis afiliasi seperti Shopee Affiliate atau Tokopedia Affiliate.

Dengan adanya short url yang ringkas ini membuat tautan websitenya terlihat lebih rapih dan mudah dibagikan sehingga orang yang mendapatkan link tersebut akan lebih percaya untuk membukanya.

Tentunya dengan banyaknya orang yang membuka short url anda akan membantu menaikkan penghasilan bukan?

Salah satu tipe promosi yang dilakukan oleh pelaku bisnis affiliate adalah dengan membagikan link afiliasi ke berbagai social media yang dimiliki.

Sayangnya dengan membagikan link tersebut secara terus menerus ke berbagai social media akan semakin sulit bagi anda untuk mendapatkan pengunjung dan menyebabkan akun anda terblokir.

Karenanya untuk mengurangi link afiliasi anda terblokir maka anda bisa memangkasnya menjadi short url sehingga resiko untuk terblokir bisa dikurangi.

Strategi lainnya agar link anda tidak mudah terblokir adalah memberikan frekuensi pengiriman link sehingga pihak platform social media tidak akan menganggap anda sebagai robot yang menyebarkan spam.

Domain Lebih Mudah Diingat

Saat mencari suatu website bisnis dari barang yang dicari tentunya anda akan mengetikkan kata kuncinya dibandingkan menuliskan link yang panjang bukan?

Karenanya agar website anda lebih sering dikunjungi adalah dengan memperpendek link website anda agar konsumen bisa mencarinya melalui short url yang mudah diakses

Tak hanya itu, short url yang mengandung kata kunci nama produk juga membantu konsumen agar domain lebih mudah diingat dan mudah dicari saat mendesak.

Tentunya anda tidak ingin kehilangan konsumen hanya karena domain yang sulit diingat bukan?

Pastikan juga anda dengan aktif mengisi website anda dengan konten menarik agar nama website yang dimiliki bisa menduduki ranking teratas pencaian di Google.

kerugian short url untuk bisnis

Kerugian Short URL Untuk Bisnis

Meskipun di satu sisi menguntungkan konsumen dan penjual karena lebih mudah diingat dan diakses namun memiliki short URL ternyata juga menimbulkan kerugian sendiri yang membuat website anda jadi sepi pengunjung.

Sakah satu kerugian dari menggunakan short URL adalah akses website yang menjadi lebih lambat karena harus melewati akses ke pengiklan terlebih dahulu.

Hal ini membuat konsumen malas untuk berkunjung ke website anda, apalagi jika konsumen tersebut sedang mengincar promo website dengan limit waktu tertentu tentunya akan menjadi kesal karena akses di webite tidak kunjung terbuka.

Karenanya untuk mengatasi masalah ini pengguna bisa memilih website penyingkat url yang tidak membawa konsumen ke jasa pengiklan terlebih dahulu.

tutorial memilih nama domain untuk bisnis

Tutorial Memilih Nama Domain Untuk Bisnis

Tidak hanya menggunakan short url yang mudah diakses oleh pembeli namun pengguna sendiri juga sebaiknya membuat nama domain yang unik dan mudah diingat oleh pembeli sehingga bisa langsung masuk ke webiste anda tanpa perlu mencarinya terlebih dahulu di halaman pertama.

Karenanya agar website anda semakin banyak dikungjungi, ketahui dulu cara memilih nama domain short URL yang cocok bagi segala jenis bisnis.

Buat Nama yang Mudah Disebutkan dan Diingat

Langkah pertama yang bisa digunakan untuk membuat nama domain yang mudah diakses adalah dengan membuat nama yang mudah disebutkan dan diingat.

Hal ini dilakukan agar pengguna anda bisa lebih cepat masuk ke website yang dimiliki hanya dengan mengetikkan satu kata kunci yang berkaitan dengan nama produk anda.

Tak hanya itu nama domain yang mudah disebutkan dan diingat juga membantu konsumen dalam mempromsikan produk anda sehingga orang lain yang tertarik dengan nama produk anda bisa langsung mengaksesnya tanpa takut adanya kesalahan penulisan website.

Pengguna bisa membuat nama yang pendek dan original serta mengandung kata kunci sehingga memberikan kesan yang baik akan website anda.

Tuliskan Daftar Domain Anda

Saat memikirkan nama domain website biasanya akan muncul berbagai macam ide domain yang terlintas di pikiran.

Sebelum menentukan nama domain yang tepat, anda bisa menulikkan semua ide tersebut kemudian jika sudah selesai maka pastikan nama tersebut mudah dieja dan diketik sehingga dapat dicari dengan mudah.

Pengguna juga sebaiknya menyisipkan kata kunci berupa nama produk agar mudah dicari oleh konsumen namun tetap memasukkan tagline brang anda. Pendapat orang awam tentulah berguna di tahap emilihan nama domain.

Jika sudah selesai maka anda bisa mendiskusikannya dengan orang terdekat aatau karyawan untuk menentukan nama domain yang bisa dimsukkan di mesin pencari.

Sesuaikan dengan Target Market

Langkah kedua yang bisa dilakukan untuk membuat domain untuk bisnis adalah dengan menyesuaikan dengan target market.

Misalnya target anda adalah anak muda yang hobi berselancar di dunia maya maka anda bisa membuat nama domain yang unik dan sesuai dengan lingkungan mereka.

Anda pun juga bisa menambahkan kata berbahasa inggris sehingga domain anda terlihat keren namun jangan lupa juga masukkan kata kunci produk anda agar lebih mudah dicari.

Sebaiknya jika konsumen anda berkisar di usia pekerja  dengan kisaran umur 40 an ke atas maka penting bagi anda untuk membuat nama domain yang mudah diketik dan diingat agar lebih mudah diakses.

Periksa Ketersediaan Nama Website

Banyaknya domain website yang tersebar di internet kadang memiliki membuat alamat website anda memiliki kesamaan dengan domain lain yang memiliki pengunjung lebih banyak.

Jika anda memaksakan diri untuk membuat nama website dengan nama yang sama tentunya akan merugikan bagi anda karena kosnumen akan berkunjung ke website yang memiliki ranking lebih atas dibandingkan alamat website anda.

Hal ini tentunya akan membuat pembeli tidak jadi membeli produk anda karena berfikir website yang dituju salah.

Karenanya agar hal ini tidak terjadi kepada anda maka sebaiknya memeriksa terlebih dahulu ketersediaan nama website di Google sebelum membuat domain website sendiri.

Apabila nama yang diinginkan sudah ada maka bisa menganntinya dengan nama lain yang berkaitan dengan nama produk anda sehigga lebih mudah dicari di mesin pencarian.

Pastikan Tidak Mengandung SARA

Tidak hanya membuat domain yang menarik namun anda harus memastikan juga bahwa nama domain tidak mengandung kata-kata rasial yang membuat suku dan ras lain tersinggung.

Hal ini tentunya akan membuat nama domain anda menjadi jelek dan membuat konsumen menghindar karena nama domain yang dinggap menyinggung.

Pengguna juga sebaiiknya memperhatikan agar nama domain yang digunakan bukan merupakan kata kasar di tempat lain.

Salah satu cara mengeceknya adalah dengan mencari nama domain anda di mesin pencari kemudian Google akan memberitahukan artinya.

Apabila arti dari nama domain tersebut mengandung makna yang baik maka anda bisa menggantinya dan memilih nama domain yang lain.

Dengan memiliki nama domain yang bagus juga dapat membantu anda menarik banyak kosnumen dari seluruh penjuru dunia yang membantu untuk meningkatkan penjualan anda.

Mudah Diketik

Strategi yang paling penting dalam membuat nama domain adalah menggunakan alamat yang mudah diketik bagi semua kalangan konsumen.

Penggunaan nama domain yang ribet dan panjang belum tentu bisa membuat pengunjung website meningkat malah jadi menurun karena nama yang dipilih susah untuk diketik sehingga konsumen tidak masuk ke website.

Karenanya anda bisa menggunakan kata-kata yang mudah diketikkan dan tidak disarankan menggunakan nama yang berulang agar konsumen yang lupa nama domain anda masih bisa langsung mengaksesnya.

Tidak Perlu Panjang Asal Menarik

Saat mencari nama produk atau usaha di website biasanya anda menemukan nama domain yang panjang bahkan terlihat seperti tagline dibandingkan nama website.

Pemberian nama website yang panjang tentunya terlihat menarik akarena menunjukkan branding perusahaan namun sayangnya hal ini justru membuat konsumen sulit untuk mengakses website anda.

Karenanya dibandingkan membuat alamat domain yang terlihat seperti tagline maka anda bisa membuat domain short url yang pendek namun mudah diingat agar terlihat menarik.

Anda bisa membuat domain yang spesifik sesuai dengan nama produk anda dan juga masukkan kata kunci sebagai brand short url anda.

Pilih Nama Domain yang Profesional

Sebagai penjual tentunya anda ingin membuat brand yang anda kembangkan terlihat profesional di mata konsumen bukan?

Salah satu cara agar nama domain terlihat profesional adalah dengan menggunakan domain .com alih-alih memakan blogspot.

Alamat domain yang menggunakan blogsopt.com biasanya dianggap kurang profesional atau terlihat seperti website milik pribadi dibandingkan website bisnis.

Selain itu domain .com sendiri pun mudah dan murah serta bisa digunakan dalam jangka waktu setahun sekali.

Hasilnya dari memiliki website yang profesional tentunya lebih besar dibandingkan memabyar biaya domain yang hanya setahun sekali.

Tentukan Target Pasar

Apabila usaha anda hanya mencakup satu daerah tertentu maka anda bisa menggunakan embel-emebel nama daerah di belakang nama, contohnya basoacibandung atau tokobajusurabaya.

Pemberian nama daerah di belakang kata kunci di berikan agar konsumen yang belum mengetahui produk anda mengetahui bahwa produk tersebut berada di satu daerah tertentu sehingga bisa memperhitungkan biaya pengiriman jika ingin membelinya.

Tak hanya itu pemberian nama daerah juga bisa mencari ciri khas yang bisa membantu menaikkan nama produk anda dan terbukti lebih mudah dicari di mesin pencarian.

Akan tetapi bila anda ingin produk anda dipasarkan lebih luas maka anda bis amenggunakan nama Indonesia di belakang nama domain anda.

website memperpendek short url

Website Memperpendek Short URL

Setelah mengetahui berbagai kegunaan short url dan sudah memiliki domain yang sesuai kini saatnya bagi anda untuk menemukan website yang tepat untuk memperpendek link anda.

Penggunaan short url sendiri juga cocok agar link webiste anda bisa dimasukkan ke bio social media yang dimiliki agar membantu menaikkan traffic website dan meningkatkan leads agar tertarik pada konten anda.

Berikut beberapa rekomendasi website yang bisa digunakan:

Bit.ly

Salah satu webite short url yang banyak digunakan oleh banyak orang adalah Bit.ly. platform ini berguna untuk memperpendek link website sehingga terlihat lebih rapih dan profesional.

Tak hanya itu, penjual juga tidak perlu membuat akun terbaru untuk membuat short url serta memperpendek banyak domain website tanpa batas.

Meskipun begitu, anda juga bisa membuat akun bit.ly gratis untuk memperoleh berbagai fasilitas lainnya, misalnya mencari tahu seberapa banyak pengunjung yang membuka akun website anda.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan anda untuk menganalisa apakah domain website anda mudah dicari oleh pengguna sehingga meninggkat traffic website atau malah susah dicari karena nama domain short url yang susah diketik.

Analisa ini juga bisa menjadi evaluasi ke depannya, apakah nama domain perlu diubah lagi atau melakukan strategi pemasaran website agar traffic pengunjung semakin meningkat.

Keuntungan lain dari menggunakan bit.ly adalah setiap domain short url yang digunakan sudah terlindungi dengan HTTPS sehingga tidak perlu takut apabila link anda disusupi oleh virus.

Platfrom bit.ly sendiri juga sudah digunakan oleh berbagai brand terkenal seperti McDonald dan Dunkin Donuts sehingga sudah teruji profesionalitasnya.

TinyURL

Website short url kedua yang bisa anda gunakan adalah Tiny Url dimana pengguna bisa memperpendek domain tanpa batas waktu tertentu sehingga anda tidak perlu khawatir apabila link anda rusak.

Tiny Url sendiri memiliki beberapa keunggulan diantaranya, website yang bisa diakses secara gratis sehingga tidak perlu membayar biaya berlangganan apabila ingin memperpendek domain yang diinginkan.

Selain itu, dengan website ini penjual juga bisa memperpendek short URL melalui toolbar sehingga tidak perlu mengunjungi website ini terlebih dahulu hanya untuk memperpendek domain.

Rebrandly

Rekomendasi website short url yang ketiga adalah Rebrandly. Platform ini sama seperti website lainnya yang memberikan layanan dalam memperpendek short url.

Meskipun begitu, Rebrandly memiliki kelebihan lain yaitu anda bisa membuat nama domain sendiri yang bisa digunakan sebagai alamat website anda ke depannya.

Tak hanya itu, platfrom ini juga menyediakan fasilitas lain diantaranya pengaturan kaduauwarsa link, analisa penggunaan link sehingga pengguna bisa mengetahui seberapa banyak pengguna yang masuk ke website anda.

Selain itu, penggunaan juga bisa mengubah link website menjadi QR code sehingga mempermudah dalam promosi website sehingga bisa digunakan sebagai konten promosi yang disebarkan di berbagai social media yang dimiliki.

Sayangnya, untuk memanfaatkan fasilitas ini pengguna juga harus membayar biaya berlanganan yang tak sedikit sekitar $29/bulan.

Akan tetapi, apabila anda merasa fasilitas ini cocok dengan usaha anda maka bisa membayar biaya berlanganan yang dapat membantu dalam promosi website anda.

Tiny.cc

Merasa biaya dari Rebrandly terlalu mahal dan ingin mencari alternatif lainnya? Tenang saja, anda bisa menggunakan website Tiny.cc

Platfrom ini menawarkan biaya berlangganan sebeesar $5/bulan dengan berbagai fasilitas yang sama. Namun apabila anda hanya ingin memangkas domain yang dimiliki maka platfrom ini tidak akan memungut biaya sedikitpun.

Tidak hanya memiliki fasilitas berupa memperpendek short url, platform ini juga bisa digunakan untuk mengecek daerah mana saja yang paling sering membuka website anda.

Dengan mengetahui data ini pengguna bisa melihat daerah mana saja yang bsia dikembangkan promsoinya sehingga bisa meraih lebih banyak kosnumen.

Jika anda mencari website short url yang user friendly maka BLINK bisa menjadi website yang menjawab semua masalah anda.

Dengan menggunakan BLINK, pengguna tidak hanya memperpendek domain short url namun juga bisa melacak lokasi pengguna yang menggunakan website anda bahkan perangkat elektronik yang digunakan.

Hal ini tentunya memudahkan bagi anda untuk membuat layout website yang sesuai dengan perangakat elektronik yang biasanya digunakan oleh konsumen hingga membuat konten dengan bahasa yang biasanya digunakan oleh konsumen.

Keuntungan lainnya, berbagai fasilitas tersebut bisa diakses secara gratis namun dengan limit tertentu sehingga pengguna masih bia menggunakan link tersebut untuk analisa secara cepat.

Tak hanya itu, BLINK juga memiliki fitur Smartlink dimana pengguna bisa membuat domain dari keyword populer sehingga membantu website anda untuk lebih mudah dicarri oleh banyak orang dan juga menaikkan traffic yang dimiliki.

T2M

Apabila anda mencari website yang berguna untuk memperpendek short url dan juga analisa kinerja website yang lengkap maka T2M bisa menjadi solusinya.

Dengan T2M pengguna bisa melihat berbagai statistik data yang mempermudah dalam analisa platfrom website yang dimiliki.

T2M juga menyediakan berbagau fasilitas memperpendek domain website dalam jumlah banyak dan menyebarkan ke berbagau social media yang dimiliki hanya dalam satu klik saja.

Sayangnya website ini tidak menawarkan versi gratis namun anda masih bisa menggunakan versi termurahnya seharga $5/bulan.

Polt

Apabila anda ingin membuat self hosting sendiri dengan mudah maka pengguna bisa menggunakan website POLT.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan kustomisasi domain URL dan analisa performanya dan juga ada fitur demo yang bisa dicoba terlebih dahulu sebelum melakukan biaya berlangganan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.