pexels lukas 669617

3 Social Media Analytic Tools Gratis Tanpa Website

Tingkatkan performa akun sosial media anda dengan fitur social media analytic tools gratis.

Social media telah memiliki kontribusi besar bagi pemasaran di internet serta membantu dalam pengembangan bisnis yang lebih optimal.

Apalagi jika akun social media telah mendapatkan perhatian dari konsumen, dengan banyaknya interaksi di konten serta jumlah pengikut organik yang bertambah pesat.

Namun, untuk memantau kinerja akun sosial media anda, tidak hanya diukur dari jumlah interaksi yang masuk, namun dibutuhkan juga berbagai informasi lain yang dapat membantu dalam membuat strategi sosial media.

Pada saat inilah fitur social media analytic tools sangat membantu dalam mengumpulkan informasi secara aktual dalam jangka waktu tertentu yang tidak bisa anda kumpulkan secara manual.

Karenanya untuk meningkatkan dan mempertahankan performa akun social media anda, berikut beberapa social media analytic tools yang bisa anda gunakan secara gratis tanpa bantuan aplikasi.

social media analytic tools

Apa Itu Social Media Analytics?

Setelah mengunggah berbagai konten dan melakukan interaksi dengan konsumen, maka inilah saatnya melakukan analisa sosial media.

Kreator sosial media yang menggunakan akun bisnis, tentunya tidak asing dengan fitur insight.

Layanan yang tidak tersedia di akun pribadi ini menyediakan berbagai informasi dan data mengenai kinerja akun sosial media dalam jangka waktu tertentu berdasarkan jangkauan konten serta interaksi dengan pengikut anda.

Anda juga akan disajikan metrik yang akan membantu anda dalam menilai strategi sosial media yang telah anda gunakan untuk melihat apakah konsumen menyukai konten dan pendekatan yang telah anda lakukan.

Social media analytics tools juga memiliki fungsi penting untuk mengukur sentimen pelanggan terhadap interaksi dan konten anda, melihat tren yang sedang berlangsung, serta menghindari krisis yang mungkin akan terjadi di masa depan.

Berbagai data yang disajikan juga akan membantu anda dalam melakukan presentasi kinerja akun sosial media pada jangka waktu tertentu di hadapan tim, klien, serta atasan.

Tidak hanya itu, penggunaan insight ini juga bisa digunakan secara gratis, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan budget tambahan untuk menganalisa kinerja akun sosial media.

pexels lukas 590020

Mengapa Social Media Analytic Tools Penting?

Kata siapa social media analytic tools hanya bisa digunakan untuk analisa konten? dengan berbagai fitur yang mumpuni, anda juga bisa mendapatkan keuntungan lebih melalui penggunaan yang tepat.

Berikut beberapa keuntungan social media analytic tools yang bisa anda gunakan untuk berbagai kebutuhan.

Ketahui Keunggulan Dibandingkan Kompetitor Lain

Penggunaan sosial media yang masif ditambah dengan jumlah pengguna yang banyak, tentunya membuat anda akhirnya berfikir untuk mengungguli kompetitor lain yang memiliki jumlah pengikut lebih banyak.

Guna mewujudkan keinginan tersebut, maka layanan social media analytic tools dapat membantu memberikan wawasan mengenai brand anda, sehingga memudahkan untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh konsumen mengenai produk dan layanan anda.

Hal ini dapat membantu brand anda dalam mengevaluasi kekurangan tersebut serta mengatasinya dengan cara yang solutif sehingga konsumen akan lebih loyal dan royal kepada produk anda.

Keunggulan tersebut akhirnya dapat membantu anda untuk lebih unggul dibandingkan kompetitor lain yang memiliki produk atau layanan serupa.

Meningkatkan Kualitas Konten Social Media

Kinerja akun social media yang mendadak turun tentunya akan membuat kreator cemas dan bertanya-tanya mengenai kesalahan yang dibuat, atau mungkin saja anda tidak menyadari performa konten anda pada waktu tertentu.

Untungnya kehadiran social media analytics tools membantu dalam memberikan informasi mengenai kinerja akun anda, melalui metrik yang menginformasikan naik turunnya insight sosial media.

Di sisi lain, pembaruan yang dilakukan oleh platform sosial media, mungkin saja akan membantu akun dan konten anda mengalami penurunan secara drastis.

Maka anda bisa mengatasinya dengan menyediakan waktu untuk membaca berita terbaru mengenai social media atau membuka fitur social media analytics tools secara rutin.

Mempelajari Kebiasaan Konsumen

Sudah rajin mengunggah konten namun akun anda tetap sepi? Bisa jadi karena anda mengunggah postingan di waktu yang salah.

Hal ini dikarenakan cara kerja sosial media akan mengangkat konten anda di waktu awal, sehingga bisa saja postingan anda tidak terlihat oleh pengikut anda karena diunggah di waktu yang salah.

Guna mengatasi masalah ini maka anda bisa menggunakan fitur social media analytics tools yang memberitahukan waktu aktif konsumen.

Dengan layanan tersebut, konten anda akan mendapatkan lebih banyak interaksi serta mendapatkan perhatian lebih dari konsumen anda.

Mengatur Strategi Sosial Media

Dalam mengembangkan akun sosial media, tentunya anda tidak hanya mengunggah konten dan membiarkannya ditemukan oleh konsumen.

Diperlukan strategi yang tepat agar akun anda mendapatkan perhatian lebih dari konsumen serta penggguna sosial media, mengingat banyaknya akun brand yang berkompetisi mendapatkan perhatian yang sama.

Namun sebelum membuat strategi sosial media, anda juga memerlukan berbagai informasi dan data yang bisa di dapatkan melalui fitur social media analytic tools.

Melalui informasi tersebut anda bisa mengetahui konten mana saja yang bisa dikembangkan, jenis brand voice yang sesuai dengan konsumen, serta waktu unggah konten yang tepat.

Dengan mengumpulkan data yang tepat, maka akan membantu dalam mengatur strategi sosial media yang tepat sesuai dengan target konsumen.

Memberikan Inovasi Baru

Jenis konten yang sama setiap hari, mungkin akan membuat konsumen bosan hingga akhirnya beralih ke akun lain atau bahkan berhenti mengikuti akun sosial media anda.

Guna menghindari hal ini maka kamu bisa memberikan inovasi baru dengan menghadirkan konten-konten segar yang tidak pernah ditemukan oleh pengikut anda sebelumnya.

Namun sebelum membuat ide konten tersebut, maka anda bisa mengawalinya dengan melakukan analisa data dari social media analytics tools untuk mengetahui tipe konten dan interaksi yang disukai oleh konsumen.

Melalui data inilah anda dapat menciptakan inovasi yang sesuai dengan konsumen serta melakukan evaluasi untuk melihat respon pengikut anda setelah konten tersebut diluncurkan.

pexels timur saglambilek 185576 3

Jenis-jenis Social Media Analytic Tools Gratis

Dalam menganalisa akun sosial media, anda memiliki dua cara mudah, yakni menggunakan website social media manager, website social media analytics, atau layanan social media analytics tools.

Melalui website social media manager, anda akan diberikan fasilitas untuk menggunggah konten sosial media secara otomatis di waktu yang telah ditentukan serta melakukan layanan kepada konsumen dengan mudah, sehingga anda tidak perlu membuka beberapa akun social media sejaligus.

Bonus tambahannya adalah anda akan mendapatkan fasiitas untuk menganalisa kinerja konten anda melalui layanan social media analytics tools.

Selain itu, jika anda hanya ingin menganalisa kinerja konten sosial media, maka kamu bisa menggunakan website social media analytics tools yang tersedia secara gratis serta bisa digunakan untuk melihat kinerja akun sosial media kompetitor lainnya.

Salah satu website yang menyediakan layanan social media analytics tools secara gratis adalah Google Analytics yang biasanya digunakan untuk menganalisa performa konten artikel di website atau blog yang anda miliki.

Pilihan terakhir yang bisa anda gunakan untuk melihat performa akun sosial media adalah menggunakan layanan social media analytics tools yang biasanya tersedia di akun bisnis anda.

Melalui layanan ini, anda bisa menganalisa akun social media anda di jangka waktu tertentu tanpa memerlukan biaya berlangganan serta mudah diakses dari akun sosial media anda.

Ingin mempelajari layanan social media analytics tools lebih dalam? Berikut penjelasan menganai fitur analisa yang ada di berbagai akun sosial media.

Instagram Analytics

Instagram menjadi salah satu social media yang banyak digunakan oleh pelaku usaha untuk mempromosikan brand atau produk yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan Instagram memiliki konten foto dan video yang bisa digunakan untuk mengunggah konten promosi dengan maksimal sehingga dapat menarik perhatian konsumen.

Tidak hanya itu, Instagram juga memiliki layanan instagram shop yang memungkinkan anda untuk melakukan jual beli di instagram sembari melakukan promosi ke konsumen yang diinginkan.

Berikut cara kerja instagram analytics sebagai social media analytic tools.

Bagaimana Cara Mengakses Instagram Insights

Layanan instagram insights ini hanya bisa digunakan untuk akun bisnis, sehingga pastikan untuk mengubah akun instagram pribadi anda menjadi akun profesional terlebih dahulu.

Setelah anda mengubah akun anda menjadi akun bisnis, maka anda bisa melihat ikon insights di halaman profile instagram atau anda bisa membukanaya dengan melakukan klik pada ikon garis tiga di layanan profile.

Pada fitur insights anda akan menemukan berbagai informasi dan data yang memberikan analisa mengenai perfoma konten story, feed, reels, serta kebiasaan audience di akun instagram anda.

Selain itu, jika anda memiliki akses di website social media manager, maka anda bisa mendapatkan layanan gratis mengenai kinerja akun instagram anda.

Cara Menganalisa di Instagram Insights

Salah satu informasi yang bisa anda dapatkan di instagram insights adalah jumlah pengikut yang bertambah dan berkurang atau demografi audience di akun instagram anda.

Dengan mengetahui kegiatan audience akan memudahkan anda untuk mengetahui orang-orang yang anda ajak bicara di instagram sehingga anda bisa membuat konten yang sesuai selera mereka serta mengunggah konten di waktu yang tepat.

Guna melihat informasi mengenai audience anda, maka anda bisa mengakses fitur instagram insight kemudian cari fitur audience.

Pada layanan instagram insights, anda akan mendapatkan beberapa informasi, diantaranya adalah :

https later.com blog wp content uploads 2021 01 how to access instagram audience analytics 1024x580 1
  • Peningkatan Pengikut (Jumlah pengikut yang mengikuti dan berhenti mengikuti)

Dengan mengikuti perkembangan pengikut anda dari waktu ke waktu dan membandingkannya dengan strategi konten akan membantu dalam memahami strategi yang tepat di akun instagram anda.

Salah satunya jika anda melihat performa konten reels yang meningkat, maka anda bisa menggunakannya sebagai konten andalan untuk memikat lebih banyak pengikut serta interaksi dengan konsumen.

https later.com blog wp content uploads 2021 01 3 months of profile growth analytics 1024x683 1
  • Lokasi (negara dan kota)

Pada layanan ini, anda dapat melihat lokasi audience yang bisa digunakan untuk mengikuti atau membuat event di tempat tersebut.

  • Usia (umur dan gender)

Pengguna instagram yang berasal dari berbagai kalangan umur tentunya memiliki pendekatan yang berbeda.

Salah satu contohnya adalah konsumen di usia muda akan lebih menyukai konten dengan gambar yang menarik.

Sedangkan konsumen di usia dewasa akan lebih menyukai konten yang berisi demografis atau informasi.

Perbedaan usia ini bisa kamu manfaatkan dengan membuat jenis konten yang berbeda sesuai dengan target konsumen yang ingin anda tuju.

  • Waktu aktif konsumen (hari dan waktu)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pengetahuan mengenai waktu aktif konsumen akan membantu dalam meningkatkan kinerja konten instagram anda.

Pastikan untuk mengunggah konten pada waktu tersebut untuk mendapatkan perhatian lebih dari pengikut anda.

Tiktok Analytics

Sama seperti Instagram yang menyediakan analisa pada akun bisnis, maka Tiktok menyediakan layanan yang sama dan bisa digunakan untuk menganalisa kinerja konten tiktok anda pada jangka waktu tertentu.

Cara mengakses layanan tiktok analytics juga mudah dengan berbagai pilihan dan kebutuhan :

Pertama anda bisa mengakses fitur analytics untuk konten tiktok dengan melakukan klik pada ikon garis tiga di konten anda dimana anda bisa melihat kolom analytics.

Setelah melakukan klik pada ikon tersebut, anda akan disajikan beberapa data dan metrik, seperti jumlah interaksi serta rata-rata waktu konsumen melihat konten anda.

Tidak hanya itu, Tiktok analytics juga menyajikan berbagai data tambahan, diantaranya adalah :

Traffic Souce Types

Pada kolom ini anda akan diberikan informasi mengenai cara konsumen menemukan konten tiktok anda, bisa saja melalui halaman FYP atau mengunjungi akun tiktok anda.

Audience Territories 

Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai lokasi konsumen anda melalui fitur audience territories.

Layanan ini cocok bagi anda yang membuat konten mengenai daerah tertentu saja, seperti tiktoker kuliner atau akun informasi daerah.

Tidak hanya mengecek kinerja konten tiktok melalui kolom insights, namun anda juga bisa mengaksesnya melalui layanan tiktok dashboard.

Berikut beberapa informasi yang bisa anda dapatkan pada layanan tiktok dashboard :

tiktokk6 512x1024 1

Overview 

Pada fitur overview anda bisa melihat performa konten tiktok berdasarkan waktu tertentu dengan beberapa data tambahan, diantaranya adalah :

  • Video views : perkembangan frekuensi konten tiktok dilihat berdasarkan waktu tertentu.
  • Followers : pertumbuhan dan penurunan jumlah pengikut 
  • Profile Views : jumlah orang yang mengunjungi akun tiktok 
tiktokk9 512x1024 1

Content 

Pada kolom ini, anda akan disajikan berbagai konten yang telah anda unggah serta postingan anda yang masuk ke halaman fyp

tiktok analytics followers 350

Followers 

Anda bisa menamukan berbagai informasi mengenai demografi followers, jenis kelamin, serta waktu aktif konsumen, guna memungkinkan anda menganalisa waktu yang tepat untuk mengunggah konten tiktok.

Menariknya semua informasi dan data yang disajikan di kolom Tiktok analytics bisa anda unduh, sehingga bisa digunakan untuk laporan ke klien atau tim sosial media lainnya.

Facebook Analytics

Saat pertama kali membuat akun sosial media, mungkin saja facebook menjadi salah satu akun yang pernah anda buat.

Hal ini terjadi karena Facebook sempat jaya pada masanya sehingga membuat banyak orang berbondong-bondong unuk membuat akun facebook.

Meskipun peminta Facebook sudah tidak sebanyak dulu, namun Facebook efektif digunakan untuk promosi produk dan brand di kalangan konsumen di usia 30-40 tahun.

Di sisi lain, dalam mengunggah berbagai konten promosi di Facebook, anda juga memerlukan berbagai informasi yang memuat kinerja konten serta interaksi dengan konsumen pada waktu tertentu.

Hal ini bisa anda lakukan melalui layanan facebook analytics yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja konten facebook dengan mempelajari bagaimana cara melakukan interaksi dengan konsumen melalui konten yang telah diunggah sebelumnya.

Tidak hanya itu, penggunaan layanan facebook analytics menyediakan berbagai keuntungan lain, diantaranya adalah :

  • Mengetahui bagaiman cara menjangkau konsumen setia
  • Optimasi koten facebook
  • Mengetahui kebiasaan audience facebook

Guna mengakses layanan facebook analytics maka anda akan disediakan berbagai kolom khusus, diantaranya adalah :

Facebook Business Suite 

Pada layanan facebook business suite, anda bisa melakukan analisa konten instagram dan facebook sekaligus pada satu halaman khusus, termasuk kinerja pesan yang masuk, iklan, perencanaan, serta analisa konten.

Di platform facebook business suite, anda akan disajikan beberapa informasi khusus seperti :

  • Overview : Di halaman khusus ini, anda akan disajikan rangkuman metrik facebook marketing seperti jumlah jangkauan serta likes.
  • Result : Jangkauan halaman facebook pada beberapa waktu tertentu
  • Content : Menyajikan data mengenai kinerja konten facebook
  • Audience : Demografi dari konsumen potensial
Screenshot 2022 07 25 at 12.21.45

Facebook Insights

Layanan analisa facebook ini bisa anda akses langsung melalui halaman facebook bisnis.Anda juga hanya perlu mengakses pada kolom insights yang berada di bagian kiri halaman facebook anda.

Melalui halaman facebook insights, anda bisa menganalisa kebiasaan pengikut anda serta performa konten yang telah anda unggah.

Anda juga diberikan metrik berupa jumlah pengguna facebook yang berkunjung ke akun facebook anda, jumlah likes secara berbayar dan organik, serta analisa dari kompetitor lain.

Sayangnya, informasi dari facebook insights hanya memuat data selama 30 hari kerja.

Facebook Pixel 

Saat melakukan promosi di Facebook, anda tidak hanya mengunggah konten untuk mendapatkan perhatian konsumen melalui konversi organik, namun anda juga bisa melakukan promosi secara berbayar.

Promosi berbayar juga dinilai menguntungkan karena anda dapat memilih target konsumen yang akan dituju, jangkauan konten, serta durasi penayangan iklan.

Namun, setelah mengunggah berbagai jenis iklan untuk tujuan yang berbeda, maka jangan luoa untuk mengecek kinerja iklan dalam jangka waktu tertentu.

Guna melakukan pengecekan kinerja iklan facebook, maka anda bisa menggunakan layanan facebook pixel yang menyediakan beberapa keuntungan tambahan, diantaranya adalah :

  • Mengukur interaksi pengunjung.
  • Membandingkan jumlah biaya iklan yang telah dikeluarkan.
  • Ikon yang membawa konsumen ke halaman anda.
  • Aktivitas di halaman facebook shop.

Melalui berbagai informasi yang diberikan, maka anda bisa membandingkan dari satu iklan ke iklan lainnya untuk melihat kinerja iklan yang lebih baik.

Hal ini juga akan membantu anda dalam mengambil keputusan untuk memilih iklan yang bisa dilanjutkan dan harus berhenti karena hasil iklan yang kurang sesuai.

Screenshot 2022 07 25 at 12.39.08

Facebook Creator Studio

Layanan facebook creator studio memiliki kesamaan dengan facebook insights, namun memiliki perbedaan pada analisa untuk halaman, video, serta foto

Melalui layanan ini, anda dapat mengukur beberapa data seperti :

  • Performa akun facebook
  • Jumlah pengikut yang bertambah dan berkurang
  • Performa video
  • Aktivitas pengikut
  • Performa konten story
  • Hasil monetisasi yang telah di dapatkan

Engagement

Saat melakukan promosi di Facebook, anda tidak hanya mengunggah konten promosi, edukasi, atau hiburan namun juga melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Interaksi ini dilakukan untuk mendekatkan diri dengan konsumen sehingga mereka bisa menjadi lebih royal dan loyal pada brand dan produk anda.

Tidak hanya itu, interaksi tersebut juga akan membantu mereka menyelesaikan masalah saat menggunakan produk yang telah dibeli.

Sehingga tidak mengherankan apabila semakin banyak interaksi yang dilakukan akan membantu menaikkan eksistensi akun facebook anda serta menjangkau konsumen yang lebih luas.

Engagement di Facebook sendiri bisa berupa jumlah likes yang di dapatkan, komentar dan pesan yang masuk, serta konten yang dibagikan ke orang lain.

Guna menghitung engagement di Facebook maka anda bisa menggunakan layanan facebook analytics yang menyediakan informasi akun facebook anda pada jangka waktu tertentu.

Sumber:

Undeniable Benefits of Social Media Analytics (quantzig.com)

Instagram Analytics: Ultimate Guide to Posts, Videos, Stories, Reels & more! (later.com)

Facebook Analytics – A Complete Guide | Socialinsider

Why is Facebook analytics going away? What is Facebook Analytics feature? (republicworld.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.