strategi jualan di twitter

8 Strategi Memulai Jualan di Twitter

Ingin mencoba memperluas pasar jualan dengan jualan di twitter? Kenali dulu fitur dan juga strategi yang tepat untuk mendapatkan konsumen di twitter.

Saat ini internet menyediakan berbagai macam hiburan dan juga tempat bersosialisasi yang bisa di pilih sesuai dengan kebutuhan dan juga komunitas yang ingin dimasuki.

Salah satu social media yang bisa di gunakan untuk bersosialisasi dengan mudah adalah Twitter.

Berbeda dengan platform lain yang mengandalkan gambar dan video sebagai konten utama, di Twitter sendiri pengguna bisa mengungkapkan perasaannya melalui tulisan dengan karakter terbatas.

Meskipun begitu, jika tweet anda di sukai oleh banyak orang dan mampu menjangkau pengguna twitter lainnya maka tidak menutup kemungkinan anda berpeluang besar sebagai selebtweet.

Tidak hanya digunakan untuk sarana mengekspresikan diri melalui tulisan namun Twitter sendiri bisa menjadi platform yang cocok untuk mengenalkan bisnis yang dimiliki.

Strategi ini sudah di terapkan oleh banyak brand kosmetik guna mendekatkan diri dengan konsumennya dan juga mempromosikan produk yang dijual.

Hal ini juga bisa menjadi peluang besar bagi anda untuk mempromosikan produk yang dimiliki untuk menjangkau konsumen yang sesuai dengan target pasar yang dituju.

Namun sebelum berjualan di Twitter maka ketahui dulu beberapa keuntungannya sebelum memulai membuka akun Twitter Business

keuntungan jualan di twitter

Keuntungan Jualan di Twitter

Twitter sendiri menjadi salah satu aplikasi yang tetap awet sampai sekarang. Platform yang memulai debutnya pada tahun 2006 ini terus digunakan oleh banyak orang untuk menemukan komunitas yang tepat.

Meskipun pada awalnya hanya mengembangkan konten berbasis tulisan dan di dukung dengan fitur gambar namun Twitter saat ini terus berbenah dan mulai mengembangkan berbagai layanan terbaru di social media kesukaan semua orang.

Berbagai fitur yang di miliki dan juga komunitas yang beragam menjadikan social media ini juga cocok digunakan untuk tempat berjualan di Twitter dengan target pasar yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Tak hanya luasnya target konsumen yang di sasar namun pengguna juga bisa menemukan keuntungan lain dari jualan di twitter.

Mendapatkan Brand Awareness Melalui Rekomendasi

Saat seorang pengguna twitter dengan aktif mengunggah tweet mengenai masalah yang sedang ramai saat ini atau topik yang diminati oleh banyak orang maka bisa saja akun twitter tersebut mendapatkan apresiasi berupa retweet atau mendapatkan banyak interaksi dari pengguna twitter lainnya.

Tidak jarang juga pengguna twitter mengikuti akun tersebut hanya untuk mendapatkan update terbaru dari akun tersebut atau menyukai tweet yang setiap hari di unggah di akun tersebut.

Apabila hal ini di lakukan oleh pemilik bisnis secara rutin maka mungkin saja untuk meningkatkan brand awareness pengguna twitter terhadap bisnis yang anda kembangkan.

Tak hanya itu, pemilik akun juga bisa dengan mudah mempromosikan produk yang di miliki sambil menyelipkan edukasi berupa kandungan produk atau masalah yang bisa di selesaikan oleh barang yang dijual.

Strategi ini tentunya mampu menyerap interaksi lebih banyak dengan pengguna twitter lainnya di bandingkan hanya mempromosikan produk secara langsung.

Di saat sebuah produk yang dimiliki memiliki kualitas yang bagus dan di sukai oleh banyak orang maka barang tersebut akan lebih mudah di rekomendasikan ke orang lain melalui tweet atau balasan di tweet orang lain.

Menjalin Hubungan yang Kuat dengan Pengguna Twitter

Salah satu faktor yang dapat mampu menjadikan sebuah produk bertahan lama adalah kuatnya ikatan dengan konsumen dan juga penjual.

Eratnya jalinan ini nantinya juga akan membantu penjual untuk memasarkan produknya dengan mudah dan selalu di tunggu oleh konsumen yang dimiliki.

Penjual bisa membangun ikatan ini dengan cara banyak berbincang dengan konsumen mengenai produk yang di jual atau membantu mengatasi masalah yang dihadapi oleh konsumen.

Twitter tentunya bisa menjadi tempat yang tepat untuk membangun ikatan tersebut karena dengan fitur tweet maka konsumen dan penjual bisa berinteraksi dengan lebih mudah.

Apalagi jika tweet yang diunggah menjadi viral dan mendapatkan banyak perhatian oleh banyak pengguna twitter.

Hal ini nantinya akan memudahkan penjual untuk mempererat komunikasi dengan pengguna twitter lainnya sehingga memudahkan untuk jualan di twiiter.

Dalam membangun interkasi dengan konsumen, pengguna pun tidak perlu terus menerus membuat tweet yang berisi edukasi untuk mendapatkan perhatian pengguna twitter.

Cukup dengan membuat tweet yang berkaitan dengan masalah yang sedang viral atau membalas komentar dari pengguna twitter lainnya dengan kocak maka interaksi akan terbangun dengan sendirinya.

Hal ini tentunya lebih efektif dan akan membangun keakraban anda dengan pengguna twitter lainnya.

photo1647397434

Salah satu jenis interaksi yang bisa dilakukan adalah seperti tweet dari @NetflixID, akun twitter dari platform streaming legal ini mampu menarik banyak pengguna twitter untuk ber interaksi dengan cara mengunggah tweet yang ringan namun dapat di pahami oleh pembacanya.

Alhasil, penonton dari Netflix bisa mengungkapkan pendapatanya dengan mudah dan pengguna twitter yang tidak menontonnya masih tetap bisa ber interaksi dan juga tertarik untuk menonton drama yang di rilis oleh Netflix tersebut.

Jangkau Lebih Banyak Audience Twitter

Sebagai platform social media yang di bangun pada tahun 2006 tentu saja Twitter memiliki banyak pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia.

Saat ini, Twitter sendiri memiliki kurang lebih 200 Juta pengguna aktif yang tentu akan terus bertambah setiap harinya.

Hal ini mengingat banyaknya tweet viral yang di sebarkan ke platform social media lain sehingga meningkatkan rasa penasaran orang lain untuk mulai menggunakan twitter.

Tak hanya itu, banyak juga publik figur terkenal yang membuka akun twitter untuk menyampaikan pendapatnya mengenai suatu masalah sehingga bisa menjangkau lebih banyak pengguna twitter.

Berbagai keuntungan dan banyaknya pengguna aktif twitter tentunya menjadi motivasi tersendiri bagi penjual untuk memulai jualan di twitter dan mendapatka konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

fitur di twitter

Fitur – Fitur di Twitter

Sebagai salah satu platform social media yang memiliki banyak pengguna aktif yang telah tersebar di seluruh dunia tentunya Twitter terus mengembangkan fitur yang dimiliki agar disukai oleh banyak penggunanya,

Berbagai fitur tersebut tentunya tak hanya membantu pengguna twitter untuk ber interaksi satu sama lain namun juga bisa digunakan sebagai tempat promosi jualan di twitter sehingga mampu menarik hati konsumen.

Karenanya berikut beberapa fitur-fitur di Twiiter yang bisa dipelajari dan digunakan secara gratis.

Gambar

Sama seperti social media lainnya, Twitter juga memiliki fitur yang bisa digunakan untuk memasukkan gambar di tweet yang akan di unggah.

Resolusi dari gambar di Twitter sendiri sudah sangat bagus sehingga menguntungkan penjual untuk mengunggah foto produk yang bisa digunakan untuk promosi jualan di twitter.

Pengunaan gambar ini juga dapat dimanfaatkan pengguna twitter untuk mendukung isi tweet yang di unggah sehingga memudahkan pembacanya untuk mengerti isi tweet tersebut.

Selain itu, pengguna twitter juga bisa memasukkan empat gambar sekaligus ke dalam satu tweet sehingga tidak perlu mengunggah banyak tweet di setiap satu foto.

Agar foto yang diunggah di twitter bisa mendapatkan banyak perhatian maka pengguna twitter bisa memberikan variasi foto produk yang menarik sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli barang tersebut.

Video Singkat

Meskipun Twitter berfokus pada konten tulisan sebagai interaksi antar pengguna twitter namun platform ini juga menyediakan fitur video singkat.

Dengan adanya layanan ini maka pengguna twitter bisa dengan mudah mengunggah video dalam durasi waktu tertentu sebagai topik pembahasan dari tweet yang di buat.

Fitur video singkat ini tentunya cocok bagi penjual untuk membuat video promosi mengenai produk yang dijual di twitter sehingga meningkatkan rasa penasaran konsumen.

Meskipun durasinya singkat namun pengguna juga bisa menambahkan lagu atau memberikan tampilan yang unik agar pembeli betah melihat konten video yang diunggah.

photo1647351365

Gif

Butuh alternatif balasan tweet yang lucu da variatif? menggunakan GIF bisa menjadi solusi yang cocok untuk membalas tweet konsumen atau pengguna twitter lainnya.

Pada fitur GIF ini pengguna di berikan berbagai pilihan gambar bergerak dengan berbagai ekspresi yang unik dan tentunya sesuai dengan isi tweet yang akan di balas.

Dengan menggunakan fitur GIF tentunya interaksi akan lebih santai namun tetap bisa menyampaikan pesan dari isi tweet yang di balas.

Apabila pengguna ingin menggunakan fitur GIF maka berikut tutorial membalas tweet menggunakan GIF:

  • Pertama, klik pada tweet yang akan di balas lalu pilih ikon chat untuk membalas tweet tersebut/.
  • Kedua, pada bagian reply pengguna akan diberikan pilihan untuk membalas dengan gambar, GIF, polling, atau lokasi.
  • Ketiga, pilihlah ikon GIF yang terletak di bagian kedua dari kiri kemudian pilih GIF yang sesuai atau ketikkan nama GIF yang diinginkan.
  • Keempat,klik pada gambar GIF tersebut maka anda akan di alihkan pada balasan tweet tersebut, pengguna juga bisa menambahkan tweet sebelum mengirim tweet balasan yang diinginkan.
photo1647351295

Polling

Butuh pendapat dari konsumen secara mudah dan cepat? Maka fitur polling bisa menjadi solusi dari masalah anda.

Dengan menggunakan fitur polling maka pengguna twitter bisa menanyakan pendapat dari konsumen atau pengguna twitter dengan durasi waktu tertentu.

Fitur ini tentunya bisa digunakan untuk menentukan produk mana yang di sukai oleh konsumen atau strategi marketing yang bisa di pakai untuk menjangkau lebih banyak konsumen guna memudahkan jualan di twitter.

Cara penggunaan fitur polling pun sangat mudah dan hasilnya pun bisa di baca melalui jumlah persen jawaban yang di berikan oleh pengguna twitter.

  • Pertama, buka akun twitter yang dimiliki dan pastikan akun anda sudah log in
  • Kedua, buat tweet baru dengan cara klik ikon + yang ada di bagian pojok kanan bawah dan pilih ikon Tweet
  • Ketiga, klik lambang tweet tersebut dan pengguna akan di berikan pilihan untuk membuat tweet baru dengan penambahan gambar, GIF, polling, dan juga lokasi
  • Keempat, ketikkan dahulu pertanyaan yang akan diajukan di kolom tweet kemudian pilih ikon polling untuk menentukan jawaban dari pertanyaan tersebut.
  • Kelima, pengguna bisa mengajukan hingga maksimal empat pilihan jawab dengan durasi sehari.
  • Keenam, jika jawaban poliing dan pertanyaan sudah sesuai maka pengguna bsa mengunggahnya dengan cata klik ikon Tweet yang ada di bagian pojok kanan.
photo1647351389 1

Space

Fitur siaran langsung kini menjadi layanan yang banyak digunakan oleh berbagai social media. Berbagai platform seperti Facebook, Instagram, bahkan Tiktok memiliki fitur ini yang membantu memudahkan antar pengguna berinteraksi satu sama lain.

Twitter sendiri juga menyediakan layanan siaran langsung dimana penyelenggara space bisa berkomunikasi dengan pengguna twitter secara luas bahkan bisa mengajak orang lain untuk menjadi pembicara.

Perbedaan fitur siaran langsung di Twitter dan social media lain adalah pengguna hanya akan di tampilkan suara dari pembicara sehingga pendengar tidak akan mengetahui di balik layar pembicara tersebut.

Adanya fitur space ini juga bisa dimanfaatkan sebagai layanan jualan di twitter dengan cara melakukan siaran langsung yang mengundang ahli di bidang tertentu untuk memberikan edukasi mengenai suatu masalah yang berkaitan dengan produk yang di jual di twitter.

Hal ini tentunya membantu untuk menambah pengetahuan pendengarnya dan juga mempromosikan produk jualan di twitter secara efektif.

Fitur space ini juga dapat menampung banyak orang serta bisa tersebar ke timeline pengguna twitter lain yang tidak mengikuti anda sehingga memudahkan untuk promosi jualan di twitter.

photo1647351415

Topik Twitter

Salah satu fitur Twitter yang dapat membantu seseorang untuk mencari minat yang disukainya adalah layanan topik.

Dimana twitter akan merekomendasikan topik tertentu yang mungkin pengguna twitter sukai berdasarkan retweet dan juga akun yang diikuti.

Dengan mengikuti topik tersebut maka pengguna twitter akan lebih mudah menemukanrekomendasi tweet yang sesuai dengan minat anda tanpa perlu mengikuti akun tersebut.

Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk jualan di twitter dengan cara mengikuti topik yang sesuai dengan produk anda dan melihat tweet apa saja yang biasanya di bahas dan mendapatkan respon paling banyak.

Pengguna tentunya bisa membuat tweet yang sesuai dengan topik yang di bahas agar bisa menyasar konsumen yang tepat sehingga memudahkan untuk jualan di twitter.

Semakin banyak tweet dengan topik yang sama mendapatkan tanggapan dari orang lain maka akun anda akan lebih mudah viral sehingga bisa mengenalkan produk jualan di twitter yang dimiliki.

Mention, Retweet, dan Like

Dibandingkan dengan platform social media lainnya, pengguna twitter memiliki kebiasaan untuk membalas tweet yang beredar di timeline meskipun sebelumnya tidak pernah berteman dengan akun tersebut.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan interaksi satu sama lain dengan pengguna twitter apalagi jika topik yang di bahas banyak diperbincangkan oleh orang lain.

Untung saja, Twitter sendiri mendukung interaksi tersebut dengan adanya fitur yang memudahkan komunikasi satu sama lain dengan pengguna twitter.

Beberapa fitur tersebut diantaranya mention dimana pengguna bisa menyebutkan nama akun lain untuk masuk ke percakapan tersebut.

Pengguna juga bisa memberikan apresiasi terhadap tweet yang di baca dengan cara melakukan retweet pada konten tersebut sehingga bisa tersebar ke pengikut yang dimiliki.

Anda juga bisa menyukai tweet tersebut dengan cara melakukan klik ikon love yang ada di bagian kiri.

Uniknya, fitur Like ini memiliki kolom sendiri di Twitter sehingga terkadang pengguna twitter memberikan tanda love pada tweet tersebut agar bisa di simpan dan di baca ulang di lain hari.

Sebuat tweet yang mendapatkan banyak interaksi dari pengguna lain tentunya memungkinkan konten tersebut tersebar secara luas di kalangan pengguna twitter sehingga akun yang dimiliki lebih viral dan bisa digunakan untuk mengenalkan jualan di twitter yang di miliki.

strategi jualan di twitter

Strategi Jualan di Twitter

Banyaknya pengguna twitter dan bervariasinya konsumen yang dimiliki oleh Twitter menjadikan platform ini cocok untuk dijadikan tempat jualan di Twitter.

Apalagi jika produk yang di pasarkan menargetkan konsumen anak muda yang menjadi pengguna aktif di twitter.

Karenanya sebelum memulai jualan di twitter maka pengguna sebaiknya mengetahui terlebih dahulu

Ketahui Produk yang Tepat

Sebelum memulai jualan di twitter tentunya penjual sebaiknya mengetahui produk yang tepat dan dicari oleh pengguna twitter.

Penjual bisa mengetahuinya di mulai dengan melihat topik yang sering di bahas oleh komunitas yang dituju sehingga mengetahui konsumen yang akan membeli dan juga produk yang akan di pasarkan.

Jangan lupa juga untuk melakukan survei rating harga yang di tawarkan dan juga market place yang sering dikunjungi sehingga pembeli bisa membeli produk anda dengan mudah dan cepat.

Dengan adanya survei ini akan memudahkan penjual untuk mengetahui produk jualan di twitter yang akan di pasarkan dan mendapatkan tanggapan positif dari konsumennya.

Buat Persona Akun Twitter

Saat mengakses akun twitter yang dimiliki tentunya pengguna akan menemukan berbagai persona dari setiap akun yang ditemui.

Ada yang selalu memberikan petuah positif, hobi mengomentari masalah yang sedang viral, atau malah tampil kocak di timeline Twitter.

Adanya persona ini juga akan membantu pengguna twitter untuk dikenali oleh komunitasnya bahkan bisa menjadi magnet bagi orang lain untuk mengikuti akun twitter yang dimiliki.

Karenanya dalam membangun sebuah akun jualan di twitter tentunya pengguna sebaiknya membangun terlebih dahulu persona di Twitter.

Hal ini tentunya akan memudahkan anda menjaring konsumen di Twitter sehingga dapat meningkatkan pengikut yang dimiliki.

Promosi Melalui Rekomendasi

Banyaknya pengguna aktif Twitter tentunya akan memunculkan beberapa akun yang memiliki banyak pengikut dan tweetnya selalu di tunggu oleh banyak orang.

Beberapa penggunn aktif tersebut bisa di sebut juga dengan selebtweet dimana memiliki banyak pengikut dan juga tweet yang dimiliki selalu mendapatkan tanggapan dari orang lain.

DI setiap komunitas di Twitter tentunya akan muncul beberapa selebtweet yang pendapatnya atau tweet yang di unggah selalu di tunggu dan juga menjadi pertimbanga orang lain.

Selebtweet tersebut tentunya bisa anda manfaatkan untuk kolaborasi promosi produk jualan di twitter sehingga dapat membantu mengenalkan bisnis yang di kembangkan.

Guna mengetahui selebtweet yang tepat maka pengguna bisa memulai dengan mencari komunitas yang disasar dan juga mengetahui akun mana yang banyak dituju oleh komunitas tersebut.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan promosi dengan cara kolaborasi dengan akun base atau menfess umum yang banyak dituju oleh pengguna twitter di Indonesia.

Akun base atau menfess sendiri merupakan akun confession dimana pengguna twitter yang telah di follow back bisa mendapatkan keuntungan untuk mengirim pesan secara anonim.

Pengguna twitter di Indonesia juga biasanya mengikuti berbagai akun tersebut untuk membalas pesan anonim tersebut.

Bahkan beberapa tweet viral yang ada di social media biasanya muncul dari akun base yang memiliki banyak pengikut.

Pengguna bisa mengajak kolaborasi dengan cara melakukan paid promote pada akun base tersebut kemudian produk anda akan diunggah oleh admin pengelola.

Ketika produk anda diminati oleh banyak pengguna twitter maka kesempatan akun jualan di twitter untuk terkenal akan lebih besar sehingga meningkatkan konsumen yang dimiliki.

Lengkapi Biodata Twitter

Saat mengunjungi akun twitter yang tengah naik daun tentunya pengguna twitter akan mencari tahu identitas akun jualan di twitter tersebut untuk verifikasi keaslian akun tersebut.

Hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan apalagi jika akun yang anda kembangkan belum memiliki centang biru dari twitter.

Karenanya agar akun jualan di twitter anda dipercaya oleh pengguna twitter lain maka sebaiknya anda mengisi beberapa identitas berikut.

Username

Saat membuka akun twitter tentunya anda akan diminta untuk membuat username sesuai dengan ketentuan dari Twitter.

Dalam pembuatan akun jualan di twitter maka pengguna sebaiknya menggunakan nama produk dan bisnis yang dikembangkan agar mudah dicari oleh pengguna twitter lainnya.

Pastikan juga username anda mudah diketik dan tidak rumit agar mudah dicari di kolom pencarian.

Foto Profil

Sebuah foto profil yang di pajang di akun twitter tentunya akan berguna sebagai persona anda di mata pengguna twitter lainnya.

Dalam memilih gambar yang tepat untuk dijadikan foto profil maka pengguna sebaiknya memilih gambar yang mencantumkan nama bisnis anda.

Pastikan juga gambar yang di pilih memiliki resolusi yang tinggi sehingga tidak blur saat di unggah di akun jualan di twitter yang dimiliki.

Header Image

Tidak hanya melengkapi foto profil namun pengguna juga sebaiknya mengisi header twitter yang dimiliki sebagai identitas di profil yang dimiliki.

Pada bagian header twitter ini pengguna bisa mencantumkan gambar dalam bentuk persegi panjang yang berisi foto produk yang akan di rilis atau motto bisnis yang di bangun.

Penggunaan gambar header yang menarik tentunya akan membantu akun anda terlihat lebih esttetik saat dikunjungi oleh pengguna twitter lain.

Bio Twitter

Biodata twitter yang sebaiknya diisi di akun jualan yang dimiliki adalah dengan mengisi identitas diri di kolom profil.

Pada bagian ini pengguna bisa mengisi dengan deskripsi produk yang dijual dan juga mencantumkan akun market place yang dimiliki guna memudahkan pembeli untuk membeli produk anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *