pexels joseph redfield 1870438

Strategi Video Marketing Promosi di Social Media

Pelajari cara membuat video marketing yang menarik untuk promosi di sosial media.

Saat ini konten video menjadi salah satu postingan yang kerap ditonton oleh pengguna social media, terlebih lagi dengan populernya tiktok menjadikan konten video pendek disukai oleh banyak orang.

Daya tarik konten video sendiri berasal dari visual serta iringan backsound lagu yang menyenangkan menjadikan penonton betah menonton berlama-lama, bahkan hingga mengulanginya kembali.

Sehingga konten video cocok sebagai media pemasaran yang efektif untuk menjangkau konsumen yang lebih luas serta menghibur pengikut yang dimiliki.

Oleh karena itu, sebelum membuat konten video marketing yang menarik, ketahui dulu strategi tipe-tipe video yang cocok untuk promosi di social media.

apa itu video marketing

Apa Itu Video Marketing?

Saat membuka akun social media anda akan mudah menemukan konten video dengan grafis yang menarik serta iringan lagu yang menyenangkan.

Tampilan yang estetik tersebut juga menjadikan daya tarik tersendiri bagi penggunanya untuk melihat konten video marketing yang berisi promosi dan edukasi mengenai suatu produk atau brand.

Hal ini terbukti dari sebuah survei yang menyatakan di tahun 2019 diproyeksikan konten video marketing dapat menarik traffic hingga 80%.

Hal ini tentunya menjadi motivasi sendiri bagi kreator social media untuk menggunakan postingan video marketing sebagai media promosi.

Sebenarnya apa sih video marketing dan keunggulannya dibandingkan konten social media lainnya?

Video marketing merupakan strategi promosi menggunakan video untuk memasarkan produk atau layanan yang dimiliki sehingga anda dapat meningkatkan interaksi pada kanal sosial media, memberikan edukasi kepada konsumen, serta menjangkau konsumen yang lebih luas.

Penggunaan video marketing juga dinilai lebih menguntungkan karena mampu menarik perhatian konsumen melalui tayangan video dibandingkan konten foto atau tulisan yang terlalu panjang.

Selain itu, konten video marketing memiliki berbagai keuntungan lain yang mampu menaikkan performa iklan dii social media dengan efektif.

pexels martin lopez 1117132

Mengapa Anda harus Menjalankan Video Marketing?

Video marketing sendiri memulai perjalannya di tahun 2005 dimulai dari kemunculan platform Youtube, yang pada akhirnya di bulan Oktober 2006, Google mengadopsi layanan streaming video tersebut.

Hingga akhirnya di tahun 2009, Youtube menambahkan fitur baru berupa format iklan di Youtube yang akhirnya memulai langkah awal dari video marketing di internet.

Seiring berjalannya waktu dan diiringi dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, menjadikan kualitas dari video marketing semakin bagus dan populer di kalangan marketer.

Tidak hanya itu, ketenaran video marketing juga berpengaruh dari pesatnya penggunaan smartphone yang menjadikan menonton video lebih mudah.

online video watched per week 1

Hal ini terlihat dari jumlah penonton video marketing yang semakin banyak dari tahun ke tahun serta puncaknya di tahun 2022, dimana sebagian besar orang menghabiskan waktu hingga 19 jam untuk menonton konten video online.

Fakta ini juga di dukung oleh berbagai keuntungan lain dari menggunakan konten video marketing sebagai media promosi.

Video Marketing Mudah Dibagikan 

Salah satu kebiasaan dari pengguna social media adalah membagikan konten yang dianggap menarik ke orang lain melalui fitur share.

Kegiatan ini dilakukan agar anda bisa melakukan interaksi dengan orang lain melalui konten video yang dibagikan.

Meskipun dianggap remeh, ternyata membagikan video marketing ke pengguna lain juga dianggap menguntungkan bagi marketer.

Hal ini dikarenakan konten anda dapat menjangkau konsumen yang memiliki minat sama namun belum mengetahui akun dan konten yang telah anda buat.

Di sisi lain, konten video menjadi salah satu postingan yang populer di social media dan mampu menaikkan interaksi dengan konsumen.

Hal ini terlihat dari platform tiktok yang terkenal berkat konten video pendek dan akhirnya diikuti oleh social media lainnya.

Meskipun beberapa social media tidak fokus pada fitur video, namun sebagian besar mendapatkan interaksi dari konten video, hal ini di dukung dengan beberapa data pendukung :

video marketing channels 1
  • Tweet di twitter mendapatkan interaksi 10x lebih banyak menggunakan konten video.
  • Sebanyak 68% video marketer merencanakan menggunakan konten video di Linkedin.
  • Pengguna pinterest menonton jutaan video setiap hari.

Video Marketing Meningkatkat Kinerja SEO dan Penjualan di Internet

Dalam meningkatkan performa strategi marketing di internet, sebanyak 35% marketer menggunakan video marketing untuk meningkatkan kinerja SEO.

Di sisi lain, halaman pencarian meningkatkan performa sebuah website atau blog apabila menggunakan video marketing, sebab cara ini dapat meningkatkan kualitas halaman dan membuat pengunjung menghabiskan lebih banyak waktu di halaman tersebut.

Tidak hanya itu, sebanyak 83% marketer video menyatakan video membantu mereka mendapatkan lebih banyak konsumen dibandingkan yang tidak memakai konten video marketing.

Hal ini dikarenakan video marketing tidak hanya mengubah cara pemasaran sebuah brand, namun juga merevolusi cara sales terhubung dengan konsumen melalui cara yang menyenangkan.

Singkatnya konten video marketing sangat berguna di seluruh aspek pemasaran dan tidak hanya untuk meningkatkan brand awareness.

Konten video marketing sendiri juga berguna bagi seluruh penjualan di seluruh aspek perjalanan konsumen, sehingga tidak hanya meningkatkan keterlibatan konsumen, namun juga menarik minat pembeli.

Video Marketing Lebih Menarik Pengguna Smartphone

Penggunaan handphone telah menjadi denyut nadi baru bagi banyak orang, hal ini dikarenakan smartphone menyediakan hiburan yang tidak terbatas dan mudah diakses dimana saja.

Sehingga tidak mengheranakn apabila kita bisa menunggu seseorang sambil bermain handphone tanpa merasa bosan.

Di sisi lain, pengguna handphone juga menghabiskan konsumsi video yang lebih banyak. Berdasarkan analisa dari Statista yang menyatakan bahwa sebanyak 77% konsumen melalui suriver menggunakan handphone atau tablet untuk melihat konten video secara online.

Sementara itu, Facebook juga menyatakan bahwa penggunanya 1,5x lebih menyukai melihat konten video di handphone dibandingkan komputer..

Hal ini berarti anda bisa menggunakan konten video sebagai media promosi di social media, mengingat pengguna social media lebih menyukai mengakses konten di smartphpne daripada komputer.

Di sisi lain, saat ini konsumen lebih menyukai proses jual beli di internet, mulai dari survei barang hingga pembayaran barang melalui handphone.

Video Marketing Digunakan Untuk Konten Edukasi dan Brand Awareness

Konten edukasi yang berisi statistik atau data mungkin terasa membosankan sehingga membuat seseorang malas membacanya.

Namun, hal itu bisa diatasi dengan menggunakan konten video marketing untuk memberikan edukasi mengenai kandungan dan kelebihan produk kepada konsumen.

Hal ini di dukung dengan 31.3% pengguna internet yang lebih menyukai konten edukasi dalam bentu video yang lebih mudah dimengerti serta dengan tampilan visual yang menarik.

Opsi ini juga tidak terbatas di konten video promosi saja, namun juga bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya, seperti konten edukasi atau testimoni yang dapat memberikan pengalaman baru bagi konsumen secara menyeluruh.

pexels stephan muller 1107666

Jenis-Jenis Video Marketing

Sebelum anda membuat konten video marketing, tentunya anda perlu mengetahui jenis konten yang tepat untuk kebutuhan yang berbeda. Berikut beberapa jenis-jenis video marketing sesuai dengan kebutuhan :

Konten Tutorial Produk 

Bagi pengguna tiktok, tentunya anda pernah menemukan video yang berisi cara penggunaan produk tertentu.

Konten yang seru dan menjelaskan penggunaan barang dengan runtut dan mudah, menjadikan penonton tertarik untuk melihatnya sampai habis.

Video tutorial produk sendiri biasanya digunakan untuk menjelaskan cara pemakaian produk kepada konsumen yang telah membeli produk tertentu namun belum mengetahui cara penggunaan yang tepat.

Di sisi lain, penggunaan konten tutorial produk juga dapat memikat penonton yang merasa produk anda mudah digunakan serta bermanfaat untuk berbagai kebutuhan.

Meskipun begitu, konten tutorial produk ini bisa digunakan untuk durasi yang lebih panjang, seperti yang dilakukan oleh website Hootsuite yang mengunggah konten penggunaan produk di Youtube dengan waktu penayangan yang lebih panjang serta lebih mudah dipahami oleh konsumen.

Brand Video

Penggunaan konten video tidak hanya bisa digunakan untuk mengajarkan cara pemakaian produk, namun juga bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness dari produk anda.

 Hal ini bisa dilakukan menggunakan konten brand video sebagai bagian dari promosi produk dengan menjelaskan visi misi perusahaan serta layanan atau produk yang ditawarkan.

Konten brand video yang terkesan profesional ini juga cocok dipajang pada pinned instagram,twitter, facebook, dan tiktok, namun juga bisa digunakan sebagai highlight video youtube agar tampilan halaman anda terlihat keren dan menarik.

Tujuan dari menggunakan brand video adalah membangun brand awareness terhadap perusahaan anda serta menarik perhatian dari target audience.

Konten Promosi Event

Mau melakukan promosi event yang lebih keren dan menarik? Penggunaan konten video marketing bisa anda coba.

Melalui konten video marketing, anda bisa menaikkan level pemasaran menjadi lebih menarik sehingga bisa ditonton oleh konsumen.

Di sisi lain, anda bisa merangkum berbagai informasi mengenai event yang anda adakan sehingga konsumen anda dapat memahami event yang anda adakan lebih mudah.

Apalagi jika konten promosi event anda berisi rangkuman kesuksesan event sebelumnya yang membuat konsumen anda tertarik untuk mengunjungi acara anda untuk menjadi bagian keseruan dari event yang anda adakan.

Anda juga bisa mengajak pengisi acara anda sebagai bagian dari promosi video, sehingga menjadi pemikat bagi penggemar untuk menghadiri pagelaran yang anda adakan.

Konten Video Wawancara

Anda pasti pernah menonton atau mendengar acara podcast yang marak ditemukan di Youtube atau Spotify.

Acara bincang-bincang ini biasanya mengundang ahli di bidang tertentu untuk membicarakan topik yang sedang naik daun atau menjadi masalah di kalangan komunitas anda.

Meskipun konten podcast biasanya berisi hiburan semata, namun anda juga bisa memanfaatkan konten ini sebagai media promosi produk.

Salah satunya adalah mengundang key opinion leader yang memiliki minat yang sama dengan anda, guna membangun kepercayaan di hadapan konsumen anda.

Sebelum anda memulai acara podcast, pastikan anda mengundang influencer yang memiliki pengaruh di bidangnya guna mendatangkan lebih banyak penonton.

Konten Edukasi 

Media video menjadi saluran yang tepat bagi banyak orang untuk mempelajari suatu hal baru yang belum pernah di dengarkan sebelumnya.

Dengan tampilan visual yang menarik serta obrolan dua arah membuat banyak orang menggunakan konten video sebagai media pembelajaran yang efektif.

Karenanya anda bisa menggunakan konten video pendek sebagai media edukasi mengenai masalah tertentu yang bisa diselesaikan dengan produk anda.

Selain itu, penggunaan video edukasi juga bisa digunakan oleh layanan konsumen untuk menjelaskan mengenai penggunaan produk anda dengan mudah dan efektif.

pexels cowomen 2041396 1

6 Tahapan Produksi Video Marketing

Setelah mengetahui jenis video marketing yang ingin anda buat, inilah saatnya untuk memulai tahapan produksi seusai dengan kebutuhan.

Berikut tutorial yang bisa anda gunakan saat pertama kali membuat konten video marketing.

Temukan Ide Konten Video

Langkah pertama yang bisa anda lakukan sebelum membuat konten video adalah mengetahui ide konten yang ingin anda buat.

Ide ini bisa muncul dengan mengetahui pesan yang ingin anda sampaikan kepada konsumen, apakah berupa tutorial produk atau meningkatkan awareness terhadap produk anda.

Setelah mengetahui tujuan pembuatan konten video, anda bisa melanjutkannya dengan mengetahui konsep video, apakah dibuat dengan tema formal atau hiburan untuk memudahkan penonton memahami isi iklan.

Anda juga bisa mencari inspirasi video dengan melihat konten yang telah diunggah oleh kompetitor atau melihat dari konten yang beredar di social media.

Penggunaan konten video yang dekat dengan kegiatan sehari-hari konsumen lebih mudah dipahami dan menyentuh konsumen karena selalu dialami setiap hari.

Membuat Script Video

Setelah membuat konsep video yang sesuai, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membuat script video.

Kegiatan ini dilakukan untuk memandu pemeran video yang ikut andil dalam proses pembuatan video marketing.

Apabila anda melewatkan langkah ini, maka anda akan memerlukan lebih banyak waktu untuk mengedit video melebihi tenggat waktu yang tentunya akan membuat anda kehilangan lebih banyak konsumen.

Anda bisa memulai memuat script video seperti anda membuat konten blog namun tanpa menggunakan outline, akan tetapi melakukan list berisi pesan yang ingin anda sampaikan serta tahapan pengambilan video.

Penggunaan Google Docs juga cocok untuk dipakai untuk mengumpulkan ide dan komentar dari tim produksi untuk menghasilkan konten video promosi yang lebih baik.

Anda juga bisa melakukan uji coba untuk mengetes apakah skrip video sudah sesuai dengan durasi video agar konten yang ditampilkan tidak berlebihan atau kurang sehingga pesan yang disampaikan kurang terpenuhi.

Bentuk Studio Rekaman

Proses naskah yang sudah selesai dan tanpa revisi menandakan anda sudah siap membuat konten video marketing.

Pembuatan video marketing ini bisa dilakukan dengan dua cara, baik melalui indoor dimana anda menggunakan studio atau outdoor yang menggunakan lapangan atau taman yang luas.

Masing-masing tempat tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Pada rekaman video melalui indoor, anda bisa menggunakan kantor sendiri yang tentunya tidak memakan banyak biaya.

Anda juga bisa memakan studio rekaman yang bisa disewa dengan durasi tertentu dan akan mengeluarkan biaya apabila proses syuting belum selesai pada waktu yang telah ditentukan.

Penggunaan studio juga dinilai lebih praktis karena anda bisa menempatkan alat-alat produksi anda lebih aman.

Namun, jika anda menggunakan tempat terbuka sebagai lokasi syuting maka anda bisa mendapatkan pencahayaan alami yang akan membuat hasil video anda menjadi lebih baik dan menarik.

Akan tetapi dalam proses rekaman luar ruangan, anda biasanya membutuhkan izin serta budget untuk menyewa tempat serta transportasi untuk membawa anda ke tempat tersebut.

Tidak jarang anda menemukan kendala saat melakukan syuting di luar ruangan sehingga anda memerlukan persiapan lebih dibandingkan rekaman video di studio.

Apalagi jika anda melakukan rekaman video yang berpindah tempat dari satu lokasi ke lokasi lain.

Karenanya anda bisa memilih tempat yang sesuai dengan pesan yang ingin anda sampaikan ke penonton.

Pemilihan kamera atau suara juga penting agar menghasilkan konten video marketing yang lebih baik.

Sehingga anda bisa melakukan pengecekan dan uji coba terlebih dahulu sebelum melakukan rekaman di dalam atau luar ruangan.

Menyiapkan Pemeran Video 

Dalam membuat video marketing, anda bisa menggunakan dua cara yakni konten animasi yang memerlukan kemampuan grafis tingkat tinggi atau konten video menggunakan bantuan talent tambahan.

Pembuatan konten video marketing yang menggunakan talent tambahan bisa anda ambil dari anggota tim anda yang memiliki kelebihan dalam bidang public speaking dan berani tampi di depan kamera.

Anda juga bisa mengarahkan mereka untuk bergaya sesuai dengan jenis iklan yang ingin ditampilkan ke konsumen.

Namun, jika anda tidak memiliki anggota yang memiliki kemampuan tersebut, maka anda bisa mengambil talent dari agensi model tertentu yang menyediakan orang-orang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Pastikan juga anda memberikan scirpt video sebelum proses rekaman video berlangsung, agar mereka tidak merasa grogi serta bisa mengingat isi dialog dengan mudah sebelum rekaman video berlangsung.

Anda juga bisa memotong percakapan ke dalam beberapa bagian yang akan memudahkan anda dalam proses pengeditan video serta membantu talent untuk melakukan eksplore ekspresi diri.

Ulangi juga proses rekaman hingga mendapatkan hasil yang tepat sehingga anda tidak perlu mengulang kembali saat proses edit video dilakukan.

List Daftar Kebutuhan Syuting

Sebelum dan selama syuting berlangsung, tentunya anda perlu melakukan pendataan terhadap berbagai alat rekaman serta properti tambahan yang dapat mendukung hasil dari video.

Salah satu contohnya apabila tim social media memerlukan konten behind the scene, maka anda bisa meminta mereka untuk mengambil gambar sebelum proses rekaman berlangsung sehingga tidak menggangu syuting yang akan berlangsung.

Anda juga bisa melakukan list mengenai bagian apa saja yang ingin anda sorot lebih banyak, sehingga kameramen bisa bekerja lebih efektif serta anda bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Guna melakukan kegiatan ini, anda bisa melakukan diskusi terlebih dahulu dengan tim anda sebelum proses rekaman berlangsung.

Hal ini juga membantu menyamakan persepsi sehingga tidak muncul salah paham saat syuting terjadi.

Saatnya Rekam Video

Hari yang ditunggu-tunggu telah tiba, inilah saatnya bagi anda, tim, dan talent untuk merekam video marketing untuk promosi atau konten sosial media.

Proses rekaman video mungkin akan menemukan berbagai hambatan karena anda akan mengumpulkan berbagai ide pada sebuah video, sebuah video yang baik membutuhkan beberapa aspek penting, seperti :

  • Menampilkan sisi emosional
  • Alur cerita yang menarik
  • Visual yang memikat
  • Suara yang sesuai
  • Penyampaian pesan yang jelas

Untuk mengumpulkan beberapa hal tersebut, anda memerlukan coach yang berpengalaman yang memberikan arahan atau saran saat pengambilan video berlangsung.

Karenanya melakukan diskusi sebelum syuting berlangsung sangat penting untuk menyatukan pendapat dari banyak kepala yang akan diaplikasikan dalam sebuah video marketing.

Membuat kesalahan saat proses syuting tentunya akan membuat anda atau talent merasa tidak nyaman dan malah membuat hasil video menjadi tidak maksimal.

Dalam proses rekaman video maka mungkin bagi anda melupakan berbagi hal-hal penting, sehingga anda perlu mengingat untuk melakukan beberapa hal berikut :

  • Mematuhi budget yang telah ditentukan.
  • Membuat video sesuai dengan rencana.
  • Melakukan komunikasi dengan jelas.
  • Mempersiapkan properti dan efek.

Sumber :

The Ultimate Guide to Video Marketing (hubspot.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.