phone 292994 640 3

Tipe-tipe Konten Social Media dan Inspirasi Kontennya

Tipe-tipe konten social media satu ini akan membantu anda dalam menghadirkan postingan social media yang lebih menarik.

Saat merancang strategi social media untuk akun business yang dimiliki, beberapa platform yang tengah naik daun mungkin muncul sebagai rekomendasi, seperti instagram, twitter, dan juga tiktok.

Meskipun begitu, dalam mengembangkan akun social media business tentunya dibutuhkan konten social media yang cocok bagi komunitas yang dimiliki serta dapat menjangkau pengguna social media lain.

Di sisi lain, berbagai social media tersebut juga memiliki berbagai fitur tambahan yang bisa digunakan sebagai variasi tipe konten social media guna menghibur serta melayani pengikut yang dimiliki.

Karenanya guna memaksimalkan fungsi akun social media yang dimiliki berikut beberapa tipe konten social media serta ide konten yang bisa digunakan.

apa itu konten social media

Apa Itu Konten Social Media

Konten social media merupakan tulisan, gambar, atau animasi yang di bagikan di berbagai fitur social media.

Dalam konten social media, anda akan menemukan informasi dengan tampilan yang menarik saat melihat timeline social media.

Konten social media sendiri banyak digunakan marketer untuk pemasaran, iklan, serta membangun branding di mata konsumen di social media.

Tidak mengherankan, konten social media di bagi ke dalam beberapa tipe sesuai dengan kebutuhan.

pexels liza summer 6347556

Tipe-tipe Konten Social Media

Banyaknya pengguna social media tentunya memiliki minat dan fokus yang berbeda sehingga akan menimbulkan minat pada satu jenis konten tertentu.

Di sisi lain, seiring dengan perkembangan waktu kini social media tidak hanya fokus pada satu fitur saja melainkan telah mengembangkan berbagai jenis konten social media yang bisa digunakan untuk promosi atau interaksi dengan konsumen.

Karenanya penting bagi kreator untuk memahami tipe konten social media yang disukai oleh konsumen sebelum mengembangkannya di akun social media business yang dimiliki.

Berikut beberapa jenis tipe konten social media yang jamak ditemukan oleh pengguna internet

Konten Edukasi

Salah satu konten social media yang sering ditemui oleh pengguna internet adalah konten edukasi dimana pengguna menemukan informasi atau berita terbaru mengenai minat tertentu.

Informasi terkini serta pengetahuan baru yang diberikan menjadikan konten edukasi satu ini disukai oleh pengguna social media apalagi yang menggunakan internet sebagai sumber informasi alternatif.

Di sisi lain, konten edukasi memberikan keuntungan bagi kreator karena bersifat tahan lama dan bisa dipakai berulang-ulang tanpa takut pengikut merasa bosan.

Namun, agar konten edukasi menjadi terlihat menarik maka kreator bisa menambahkan informasi tambahan berupa grafik atau tabel guna memudahkan konsumen untuk membacanya.

Dalam membuat konten edukasi maka kreator bisa menambahkan berbagai elemen tambahan diantaranya:

  • Menggunakan sisi humor pada konten edukai agar pengguna social media tidak merasa bosan.
  • Menyajikan interaksi di konten yang dibuat seperti membuat kalimat call to action yang bisa ditulis pada caption.
  • Masukkan sesuatu yang unik di tengah-tengah konten seperti GIF meme atau video singkat pada slide carousel.
  • Sampaikan cerita yang memiliki keterkaitan dengan seseorang guna melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Dengan menyajikan konten edukasi secara rutin maka kreator tidak hanya memberikan edukasi tambahan ke konsumen mengenai produk yang dimiliki namun membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh komunitas yang anda miliki.

Konten Interaksi

Salah satu cara untuk menaikkan eksistensi akun social media yang anda miliki adalah dengan melakukan interaksi dengan pengguna social media serta komunitas yang dimiliki.

Hal ini dilakukan mengingat algoritama social media akan menaikkan sebuah konten atau akun instagram yang sering melakukan interaksi dengan pengguna lainnya.

Karenanya menggunakan konten edukasi tentunya penting untuk menaikkan eksistensi akun business anda di social media.

Konten interaksi sendiri bisa diperoleh dari membagikan fakta atau informasi mengenai brand serta produk yang anda miliki sehingga menarik minat konsumen untuk menjawab pertanyaan.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa membagikan konten teka-teki, kuis, serta tanya jawab dengan ahlinya yang membuat konsumen berlomba-lomba untuk bertanya mengenai masalah yang mereka hadapi.

Menariknya lagi, konten interaksi juga bisa disajikan dalam berbagai fitur seperti video, gambar, atau siaran langsung guna menghasilkan komunikasi dua arah dengan konsumen yang dimiliki.

Dalam membuat konten interaksi, maka kreator bisa menambahkan berbagai visual berikut yaitu :

  • Penggunaan infografis untuk mengedukasi konsumen atau memberi informasi kepada pembeli potensial
  • Menaikkan awareness dengan kuis yang berkaitan dengan brand atau produk yang dimiliki
  • Penggunaan GIF meme sebagai pengganti video
  • Mengadakan give away atau konten yang dapat menarik interaksi dengan konsumen atau komunitas yang dimiliki
  • Gunakan fitur polling untuk mengetahui minat konsumen, cara ini dinilai lebih mudah dan efektif serta mendapatkan jawaban dengan cepat.

Konten Hiburan

Social media tidak hanya menjadi sumber informasi yang aktual namun sebagai media hiburan saat jenuh dengan kegiatan sehari-hari.

Di tambah lagi berbagai social media kini menyediakan berbagai fitur yang bisa digunakan sebagai konten hiburan.

Kreator juga bisa menggunakan konten social media satu ini untuk menyenangkan hati konsumen serta meningkatkan interaksi dengan pengikutnya.

Salah satu tipe konten hiburan yang biasa ditemui di social media adalah konten meme dimana kreator mengambil sisi komedi dari peristiwa yang sedang terjadi baru-baru ini.

Apabila konten meme tersebut memiliki kaitan dengan topik yang anda miliki maka akan lebih mudah bagi konsumen untuk memahami isi konten meme serta membalas konten yang telah diunggah.

Salah satu social media yang cocok untuk menyebarkan konten hiburan adalah Tiktok, dimana pengguna akan disajikan hiburan yang mengocok perut dari video pendek yang disertai dengan iringan lagu atau sound tambahan.

Konten hiburan juga bisa ditambahkan sesekali sebagai media interaksi dengan konsumen serta mengurangi rasa bosan pada konten yang anda sajikan.

Konten Promosi

Salah satu alasan banyak pelaku usaha membuka akun social media business adalah mempromosikan produk yang dimiliki kepada konsumen denganjangkauan yang lebih luas.

Hal ini dikarenakan social media sendiri memiliki banyak pengguna aktif yang berasal dari berbagai kalangan serta dengan minat yang berbeda.

Saat mengunggah konten promosi maka kreator bisa memberikan foto produk dengan menyertakan caption yang berisi deskripsi produk guna menarik perhatian konsumen untuk membelinya.

Kualitas foto produk yang bagus juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli untuk membeli produk yang di lihat di social media.

Di sisi lain, konten promosi juga bisa disajikan dalam berbagai jenis seperti foto produk, video untuk iklan, atau siaran langsung yang tengah digemari oleh pengguna social media.

Guna meningkatkan nilai dari konten promosi yang diunggah berikut beberapa tips yang bisa kreator jalankan :

  • Ketahui target konsumen
  • Gunakan visual yang menarik perhatian konsumen
  • Perguankan social media yang tepat untuk mengunggah konten promosi
  • Berikan kalimat call to action yang mudah dipahami oleh konsumen
  • Tambahkan waktu yang spesifik

Konten Testimoni

Saat menemukan barang baru di social media yang menarik perhatian tentunya konsumen tertarik untuk membeli atau sekedar membaca deskripsi barang.

Di sisi lain, sebuah produk yang baru saja muncul tentunya membutuhkan kepercayaan pelanggan untuk mendapatkan pembeli yang lebih banyak, pada saat inilah konten testimoni dibutuhkan oleh calon pembeli.

Konten testimoni berasal dari ulasan konsumen yang telah membeli produk anda serta mencoba barang tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Berbeda dengan konten lain yang diciptakan oleh kreator, konten testimoni ini di dapatkan dari pembeli yang telah jatuh cinta dengan produk anda sehingga memberikan review dengan cuma-cuma.

Pemberian konten testimoni dari berbagai latar belakang konsumen dapat membantu meningkatkan brand awareness di mata konsumen lain.

Pelaku usaha bisa mendapatkan konten testimoni dari berbagai sumber, seperti postingan social media yang diunggah oleh konsumen.

social media content

Cara Memilih Konten Social Media

Dengan banyaknya platform social media yang tengah berkembang tentunya membuat kreator memiliki banyak pilihan untuk membuat konten social media.

Di sisi lain, kreator juga perlu memikirkan konten social media yang cocok bagi konsumen serta dapat menarik perhatian pengguna social media.

Guna menghindari menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari platform social media, maka kreator perlu meggunakan strategi social media untuk memilih konten social media yang sesuai.

Karenanya berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih konten social media yang tepat.

Ketahui Konsumen yang Dimiliki

Pertanyaan pertama yang sebaiknya diajukan dalam membuat konten social media adalah dimana konsumen biasanya berkumpul?

Hal ini dilakukan mengingat setiap social media memiliki pasarnya tersendiri sehingga kreator perlu memilih platform yang tepat serta tidak terbawa oleh arus baru.

Dengan fokus pasa satu platform maka akan memudahkan kreator untuk melakukan inovasi konten yang tepat serta memanjakan konsumen yang dimiliki dibandingkan mengelola banyak akun social media yang tentunya memaka banyak waktu.

Langkah kedua yang sebaiknya dilakukan adalah mengetahui kebiasaan dari konsumen yang dimiliki, seperti konten yang disukai dan tipe akun social media yang diikuti.

Informasi ini dibutuhkan guna membantu kreator memilih konten yang tepat serta kompetitor yang bisa dijadikan referensi saat membangun akun social media.

Kreator bisa mencari informasi tersebut dengan melihat satu persatu social media yang sedang naik daun serta tipe konsumen yang aktif pada platform tersebut.

Pencarian informasi ini memanglah membutuhkan waktu yang lama namun jika kreator telah menemukan platform social media yang sesuai maka akan mudah bagi pelaku usaha untuk menyasar target konsumen yang diinginkan.

Perbarui Informasi Social Media Secara Rutin

Persaingan antar social media membuat berbagai platform terus berkembang untuk menghasilkan fitur terbaik yang memanjakan penggunanya.

Di sisi lain, platform social media baru terus muncul dengan berbagai fitur baru yang dapat memanjakan pengguna social media.

Karenanya kreator juga sebaiknya mengetahui informasi dari berbagai social media secara rutin sehingga tidak ketinggalan perkembangan dari masing-masing platform.

Tidak hanya itu, dengan pembaruan informasi tersebut juga membantu kreator memilih social media yang sekiranya memiliki prospek bagus ke depannya.

Anda bisa menyediakan waktu untuk membaca portal berita guna mengetahui fitur-fitur baru yang dirilis oleh berbagai social media.

Pilih Social Media yang Sesuai

Banyaknya social media yang tengah populer di kalangan pengguna internet membuat kreator tergiur untuk melompat dari satu platform ke platform lain.

Hal ini memang dapat memperluas jangkauan konsumen namun dapat merubah persona brand anda di mata pembeli, sebab setiap social media memiliki ciri khas masing-masing yang membedakan satu sama lain.

Karenanya dalam memilih platform social media pastikan memilih yang sesuai dengan tujuan bisnis yang anda miliki.

Salah satu contohnya, apabila anda ingin meningkatkan awareness konsumen dari video tutorial dengan berbagai pilihan durasi maka platform tiktok dan youtube bagi media pemasaran anda.

Sedangkan jika anda ingin menonjolkan diri dengan visual yang estetik maka platform instagram bisa menjadi tempat yang bagus sebagai media promosi.

Rencanakan Konten Social Media

Berbagai konten social media terkadang membuat kreator bingung untuk menentukan konten yang sesuai dengan kesukaan konsumen.

Namun untuk mengatasi hal ini maka kreator bisa memulai untuk menentukan tujuan terlebih dahulu, apakah ingin membuat konten untuk meningkatkan awareness atau menaikkan jumlah pengikut baru.

Hal ini dikarenakan setiap tujuan yang di bangun akan menghasilkan jenis konten social media yang berbeda.

Kreator bisa memulai dengan mengulas konten social media dan menentukan unggahan yang sekiranya dapat membantu mencapai tujuan yang diinginkan.

Kemudian kreator bisa mulai membuat foto, tulisan, atau video yang sesuai dengan konten social media yang akan diunggah.

Cara ini mungkin akan memakan waktu lama karena kreator juga perlu merancang acara yang sesuai dengan konten social media tersebut.

Namun untuk mempermudah proses tersebut maka kreator bisa menggunakan konten social media yang telah diunggah sebelumnya serta mengubahnya kembali sesuai dengan kebutuhan.

Anda juga bisa melihat campaign yang telah diadakan sebelumnya serta melihat konten social media yang mendapatkan hasil terbaik guna di pakai kembali pada postingan anda yang selanjutnya.

Kreator bisa melihat jumlah engagement atau insight konten social media dan memilih unggahan yang mendapat sambutan baik dari pengikut yang dimiliki.

Gunakan Kalender Konten

Seorang kreator social media biasanya mengelola banyak platform sekaligus sehingga menimbulkan kebingungan untuk menentukan konten social media yang harus diunggah hari ini atau pada event tertentu.

Guna mengatasi masalah ini maka kreator bisa menggunakan kalender konten yang berisi jadwal waktu unggah konten serta isi konten yang akan diunggah.

Dengan membuat kalender konten maka akan membantu kreator dalam membuat strategi social media yang efektif dengan jangka waktu yang lama.

Kreator bisa mendapatkan kalender konten yang sudah tersebar secara luas di internet dan bisa digunakan untuk berbagai kegiatan.

Namun jika anda ingin menggunakan kalender konten dengan fitur yang lebih lengkap maka bisa menggunakan layanan dari website social media manager dengan biaya tertentu.

Selain itu, kreator juga bisa menggunakan layanan creator studio dari facebook yang dapat digunakan di facebook serta instagram yang dapat menjadwalkan serta mengunggah konten secara otomatis.

Layanan creator studio ini bisa digunakan secara gratis sehingga kreator tidak perlu panik dengan biaya berlangganan.

Penggunaan layanan unggahan otomatis yang disediakan oleh kalender konten juga menguntungkan kreator untuk menghemat waktu saat mengunggah konten social media pada waktu yang telah ditentukan.

pexels george milton 6953990

Ide Konten Social Media

Ide konten social media yang baru dan segar tentunya akan membuat pengikut anda bertahan serta dapat menarik konsumen baru dari pengguna social media lainnya.

Namun mengembangkan ide konten social media baru setiap hari terkadang terasa melelahkan serta memakan lebih banyak waktu untuk menganalisa minat konsumen.

Karenanya kreator bisa mengguankan beberapa ide konten berikut yang bisa digunakan untuk jangka waktu panjang.

Konten Give Away

Saat sedang merayakan event tertentu atau perayaan yang sedang berlangsung biasanya banyak ditemukan konten give away di social media.

Konten social media satu ini diadakan sebagai ajang untuk meramaikan hari raya tertentu yang banyak diikuti oleh banyak orang.

Berbagai hadiah yang ditawarkan terkadang membuat pengguna social media tertarik untuk mengikuti event tersebut sehingga dapat menaikkan engagement serta insight dengan cepat.

Konten give away ini juga bisa digunakan saat anda membuka akun social media business baru guna meningkatkan jumlah pengikut serta meningkatkan awareness di mata konsumen

Kreator juga bisa mengadakan event giveaway secara rutin guna mendapatkan perhatian dari pengguna social media untuk melihat event yang anda adakan.

Anda dapat memasukkan hadiah dari produk yang tengah mendapatkan perhatian konsumen guna menaikkan jumlah pengguna social media yang mengikuti event yang anda adakan.

Bagikan Konten Social Media yang Relevan

Banyaknya pengguna social media yang memiliki minat yang sama terkadang membuat anda menemukan topik yang menarik dan memilki kaitan dengan industri yang anda miliki.

Di saat menemukan konten yang terlihat relevan maka kreator bisa membagikannya kembali agar bisa dilihat oleh konsumen yang dimiliki.

Cara melakukan repost konten social media pun cukup mudah, apabila kreator menggunakan instagram maka cukup klik ikon bagikan maka konten tersebut akan dibagikan ke akun social media anda melalui instagram story.

Namun apabila kreator memiliki akun twitter business maka bisa mengunggah kembali konten social media menggunakan fitur kutip tweet.

Cara ini juga efektif untuk membagikan informasi terbaru yang berpengaruh bagi banyak orang sehingga memancing pengikut anda melakukan interaksi untuk mengomentari berita tersebut.

Meskipun konten repost mampu memancing interaksi yang lebih luas namun cara ini kurang disarankan untuk terlalu sering dilakukan.

Hal ini dikarenakan, platform instagram kini tengah fokus untuk menaikkan konten original dibandingkan konten repost guna memancing kreativitas kreator instagram.

Konten Kolaborasi

Saat pertama kali membuka akun social media tentunya pengikut yang dimiliki tidak terlalu banyak sehingga dibutuhkan promosi yang maksimal.

Di samping melakukan promosi secara organik dengan mengunggah konten social media yang disukai oleh konsumen maka kreator juga bisa melakukan promosi melalui iklan berbayar.

Dengan promosi satu ini maka kreator bisa memilih konsumen yang ingin dijangkau serta lokasi yang diinginkan dengan biaya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Cara lain untuk melakukan promosi akun social media adalah dengan melakukan kolaborasi dengan influencer atau public figure yang memiliki banyak penggemar di social media.

Strategi ini dilakukan mengingat akun tersebut tentunya memiliki banyak pengikut yang dapat ditarik menjadi calon konsumen.

Namun dalam memilih influencer yang sesuai maka pastikan orang tersebut juga disukai oleh konsumen serta memiliki topik yang sama.

Hal ini dilakukan agar pengikut yang dimiliki juga bisa ditarik sebagai konsumen baru yang akhirnya mengikuti akun social media anda.

Kreator bisa memilih influencer yang sesuai dengan mencari topik tertentu di social media kemudian melihat akun social media yang sering mendapatkan perhatian dari pengguna internet serta mendapatkan rekomendasi dari platform yang anda gunakan.

Semakin banyak engagement yang di dapatkan maka anda bisa menggunakannya sebagai media dari konten kolaborasi yang menarik

Sumber :

https://mobilemonkey.com/articles/social-media-content-that-drive-most-engagement

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.