tutorial poster untuk bisnis

Tutorial Buat Poster Keren dan Mudah, Cocok Untuk Promosi Bisnis

Saat berjalan-jalan atau sedang menunggu kendaraan umum biasanya anda pasti melihat berbagai macam gambar promosi produk berupa digital atau kertas cetak. Visual promosi tersebut bisa dinamakan sebagai poster.

Poster sendiri tidak hanya sekedar kertas yang penuh warna-warni dan gambar namun juga sebagai media informasi dan juga promosi suatu produk.

Tidak jarang setelah melihat sebuah poster yang menarik, seseorang menjadi mengenal produk baru tersebut dan memiliki keinginan lebih untuk mencobanya.

Apalagi jika poster promosi diberi iming-iming berupa potongan harga atau cashback melalui dompet digital. Tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen

Seiring dengan berkembangnya waktu, poster tidak hanya ditemukan di pinggir jalan atau di pusat perbelanjaan namun sudah merambah ke berbagai social media, seperti iklan berbayar di Instagram atau Facebook.

Poster yang ada di iklan berbayar tersebut biasanya berisi promosi produk terbaru atau webinar gratis yang diadakan oleh brand tertentu.

Visual yang baik dengan isi yang tepat tentu akan menambah nilai promosi sebuah produk sehingga konsumen pun tidak akan melewatkan poster tersebut dan membacanya hingga habis.

Karenanya, agar anda bisa menghasilkan keuntungan lebih besar dengan poster yang keren, berikut rekomendasi aplikasi edit foto dan juga tutorial mudah membuat poster bagi pemula.

manfaat poster untuk bisnis

Manfaat Poster Untuk Bisnis

Sudah sejak lama poster berguna bagi semua kalangan, beberapa keuntungannya adalah sebagai himbauan mengenai masalah tertentu atau promosi produk secara masif yang bisa diakses oleh semua kalangan.

Beberapa tahun ke belakang, poster dibuat dalam bentuk sederhana dan biasanya berisi dengan promosi.

Akan tetapi, trend poster saat ini berubah dan lebih fokus pada keuntungan produk yang diiringi dengan pemilihan kata yang metafora sehingga konsumen lebih cepat tertarik dalam sekali lihat.

Hal ini dikarenakan, konsumen biasanya melihat poster secara sekilas saat sedang mengendarai kendaraan, menunggu lampu lalu lintas, atau saat mengantre di kasir.

Karenanya, poster yang dibuat saat ini biasanya lebih singkat dan langsung ke intinya agar konsumenn bisa langsung memutuskan untuk membeli produk setelah melihat iklannya.

Tidak hanya itu, apabila penjual memiliki sebuah event besar yang diguanakan untuk promosi produk baru, penggunaan poster efektif guna menjangkau lebih banyak konsumen untuk datang.

Untuk mengetahui lebih banyak manfaat dari penggunaan poster, berikut beberapa kegunaan dari sebuah poster yang keren dan unik.

Media Iklan Produk

Dalam mempromosikan produk baru, penjual tentunya membutuhkan sebuah media yang tepat dan bisa menjangkau lebih banyak konsumen dalam waktu singkat.

Masalah tersebut bisa dijawab dengan menggunakan poster sebagai media promosi. Penggunaan poster yang bisa dipasang dimana saja seperti di tempat umum atau social media juga membantu agar produk bisa lebih dikenal konsumen atau pelanggan.

Tidak hanya itu, bagi penjual yang sudah membuka jasa reseller, penggunaan poster tentulah sangat membantu sebagai media promosi agar reseller tidak perlu membuat konten promosi yang bisa saja jauh dari isi produk yang sesungguhnya.

Selain itu, apabila penjual sudah mulai untuk melakukan iklan berbayar maka penggunaan poster tentulah diperlukan untuk mempromosikan barang dagangan dalam waktu singkat dengan isi yang padat.

Karenanya, dalam pembuatan poster sendiri penjual sebaiknya memerhatikan tata letak gambar serta pemilihan warna dan font yang sesuai agar hasilnya bisa menarik pembeli.

Promosi Event Tertentu

Punya event tertentu dalam waktu dekat atau akan menghadiri suatu bazaar di pusat perbelanjaan? Jangan lupa promosikan event tersebut melalui poster.

Dengan membuat poster yang menarik maka akan membuat pembeli datang ke event tersebut untuk mendapatkan berbagai produk yang diinginkan.

Akan tetapi sebelum membuat poster untuk promosi event maka penjual harus memerhatikan beberapa detail sebelum menyebarkannya ke berbagai social media yang dimiliki.

Hal utama yang harus diperhatikan adalah penjual harus menuliskan alamat bazaar dan juga tanggal acara, penulisan kedua aspek ini dilakukan agar pembeli mengetahui event apa yang akan dihadiri dan kapan acara akan dilaksanakan.

Guna menarik lebih banyak konsumen yang datang, penjual juga bisa menuliskan berbagai promo apabila mengunjungi stand bazaar tersebut.

Salah satu promo yang bisa dilakukan adalah potongan harga pada produk tertentu atau perilisan barang limited edition.

Pemberian promosi ini dilakukan agar pembeli tertarik untuk datang dan menyediakan dana lebih untuk membeli produk tertentu sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan.

Penjual juga bisa mempromosikan produk baru yang akan dirilis atau menaikkan barang lama agar peminat semakin tertarik untuk membeli.

Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Peletakan berbagai macam poster yang ada di berbagai sudut jalan juga membantu untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Seorang penjual pun tentunya ingin calon pembeli tertarik untuk membeli produk setelah melihat poster yang dipasang di berbagai sudut jalan.

Agar poster yang dipasang semakin menguntungkan maka penjual bisa melakukan berbagai strategi berikut :

Strategi pertama yang bisa dilakukan adalah memasang poster di tempat leads berkeliaran.

Salah satu contohnya adalah apabila anda berjualan produk kecantikan maka anda bisa memasang poster tersebut di tempat banyak konsumen wanita menghabiskan waktu, seperti pusat perbelanjaan atau daerah perkantoran.

Hal ini dilakukan agar konsumen wanita yang melihatnya menjadi tertarik untuk membeli atau setidkanya mengetahui produk anda sehingga meningkatkan brand awareness.

Sedang asyik scrolling instagram story dan menemukan poster yang menarik namun terpotong? Masalah sepele ini tentunya bisa membuat konsumen kesal dan tidak jadi untuk membeli produk yang ada.

Karenanya stretegi kedua yang bisa diterapkan dalam membuat poster adalah menentukan ukuran yang tepat.

Hal ini dilakukan agar poster tidak terpotong sehingga konsumen bisa melihat isi keseluruhannya dan meningkatkan daya tarik untuk membeli.

Ukuran poster untuk iklan berbayar di social media atau tempat umum tentu sangat berbeda karenanya penjual sebaiknya menetahui terlebih dahulu ukuran yang tepat sebelum membuatnya.

Harganya Relatif Murah

Sebuah desain poster yang telah dibuat bisa dicetak berulang kali sehingga hal ini akan membuat penjual untung karena harganya relatif murah.

Ditambah lagi apabila penjual mencetaknya di percetakan langganan dalam jumlah banyak biasanya akan mendapatkan potongan harga sehingga mengurangi beban pengeluaran.

Poster pun saat ini bisa dipajang di berbagai promosi iklan berbayar dan tentunya menjangkau lebih banyak konsumen apabila menemukan range harga yang tepat dan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Meningkatkan Brand Awareness

Saat sedang bosan menunggu lampu lalu lintas yang berhenti lama atau antrian kasir yang panjang biasanya seseorang mengalihkannya dengan melihat sekitar salah satunya adalah membaca poster.

Sebuah poster yang menarik dan langsung ke intinya tentu saja akan membuat konsumen tertarik apalagi jika posternya berupa potongan harga atau cashback yang akan mengubah keputusan konsumen dalam waktu yang cepat.

Tersebarnya berbagai poster yang ada di tempat umum tentu menguntungkan bagi penjual untuk menarik calon konsumen yang belum mengetahui produk kita atau leads yang sedang mencari produk yang cocok untuk permasalahannya.

jenis-jenis poster

Jenis-jenis Poster

Tersebarnya berbagai macam poster yang ada, baik berupa promosi atau himbauan bisa saja membuat anda bingung untuk memilih poster yang tepat untuk menyebarkan penawaran produk dengen cepat.

Karenanya agar bisa menentukan jenis-jenis poster yang sesuai maka pengguna sebaiknya mengetahui dan juga memilih terlebih dahulu poster yang sesuai dengan kebutuhan.

Poster Niaga

Jenis pertama yang sering digunakan oleh pemilik usaha adalah poster niaga. Pada poster inilah penjual biasanya mempromosikan berbagai potongan harga atau mengenalkan berbagai barang terbaru yang dimiliki.

Poster ini sendiri dibuat sebagai media komunikasi antar penjual dan pembeli untuk menawarkan barang tertentu sehingga pembeli tertarik untuk membeli.

Sesuai kegunaaanya, poster ini dipasang di berbagai pusat keramaian melalui media kertas cetak dengan ukuran tertentu atau iklan berbayar yang biasanya digunakan oleh social media seperti Facebook dan juga Instagram.

Karena bertujuan untuk menginformasikan produk tertentu maka isi dari poster ini sebaiknya singkat dan padat sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

Poster Kegiatan

Ingin mengundang konsumen dalam peluncuran produk baru atau acara bazaar yang anda datangi? Memiliki poster tentunya menjadi sebuah keharusan agar acara yang diikuti bisa ramai di kunjungi oleh konsumen.

Agar poster kegiatan yang dipasang semakin efektif maka penjual sebaiknya mengisi dengan berbagai informasi yang sesuai dan juga lengkap agar tidak terjadi salah paham dengan konsumen.

Tidak hanya mengisi dengan tanggal dan tempat acara, penjual juga bisa memasukkan denah acara agar pembeli pun tidak kebingungan saat datang ke event tersebut dan berujung pada datang ke stand milik kompetitor. Hal ini tentu saja tidak anda inginkan bukan?

Penjual juga bisa menambahkan informasi tambahan seperti harga tiket masuk sehingga pembeli pun mempersiapkan diri untuk menyiapkan uang guna membeinya.

Poster Cheese Cake

Menggunakan jasa influencer atau artis terkenal untuk mempromosikan produk yang dimiliki saat ini menjadi strategi yang digunakan oleh banyak brand terkenal.

Selain memiliki pengikut yang banyak, citra influencer atau artis yang baik juga bisa meningkatkan image dimata konsumen. Tidak jarang, sebuah produk bisa lebih terkenal setelah di promosikan oleh orang terkenal tersebut.

Penjual sendiri juga bisa berpartisipasi pada setiap kegiatan yang dilakukan artis tersebut seperti konser atau launching album dengan cara membuat poster chesee cake.

Poster ini sendiri berguna untuk mempromosikan kegiatan artis tersebut sehinnga penggemarnya bisa ikut meramaikan acaranya.

Sebuah produk bisa saja naik pamor dengan ikut berpartisipasi di acara tersebut dengan memunculkan foto artis dan juga logo brand ke dalam poster yang dibuat.

Akan tetapi, akan lebih baik apabila anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada artis tersebut karena bisa saja promosi ini tidak tercantum di kontrak atau artis sudah membuat peraturan mengenai konser yang dibuat.

Jangan lupa juga untuk memasang poster tersebut ke social media yang ada agar dilihat oleh konsumen dan penggemarnya sehingga meraka makin tertarik untuk membeli produk dari brand anda.

Poster Digital

Saat sedang menghabiskan waktu dengan bermain stalking instagram, biasanya anda bisa menemukan berbagai promosi produk atau seminar yang di promosikan melalui iklan berbayar.

Berbagai promosi tersebut dinamakan poster digita, dimana gambar promosi yang biasanya di sebarkan di pinggir jalan kini berpindah tempat ke berbagai social media melalui iklan.

Penggunaan poster digital sendiri terbukti ampuh karena penjual bisa mengatur pengeluarannya serta bisa menjangkau lebih banyak orang yang belum mengetahui brand yang dimiliki namun tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Selain itu, penggunaan perpaduan gambar dan juga warna yang menarik juga akan membuat konsumen berhenti sejenak untuk melihat isi dari poster dan bisa berlanjut untuk kepo pada akun social media yang menawarkan.

Poster digital pun terbukti efektif untuk mendapatkan konsumen lebih banyak sehingga bisa di prospek untuk menjadi leads atau pelanggan ke depannya.

Billboard

Sebelum adanya poster digital yang booming saat ini, seseorang biasanya mengenal sebuah produk lebih mudah dengan adanya billboard yang dipasang di pinggir jalan dengan ukuran besar.

Penggunaan billboard biasanya berisi promosi produk atau berbagai event yang diadakan dalam waktu dekat. Seiring dengan berjalannya waktu, fungsi billboard saat ini juga berguna sebagai media apresiasi kepada tokoh-tokoh terkenal.

Meskipun poster digital sedang naik dan billboard dinilai masih mahal namun penggunaannya masih dinilai efektif karena bisa ditemukan dimana saja dan mudah untuk mendapatkan perhatian karena bentuknya yang besar dan di pasang dalam jangka waktu tertentu.

Pemasangan billboard sendiri tidak bisa sembarangan karena penjual harus mencari jasa pemasangan billboard yang membantu untuk memasangkan iklan anda di berbagai tempat yang anda inginkan.

Selain itu, biasanya billboard memiliki ukurannya sendiri yang harus disesuaikan dengan agen yang dipilih agar hasil gambar bisa jelas terbaca meski dalam waktu singkat.

aplikasi untuk membuat poster

Aplikasi Untuk Membuat Poster

Meskipun masih pemula dan baru merintis jalan untuk memulai promosi namun penjual juga bisa membuat berbagai macam poster yang keren agar bisa dilihat oleh konsumen.

Saat ini pun sudah banyak apilikasi edit foto yang bisa digunakan untuk membuat poster secara gratis dan mudah meskipun masih pemula.

Berbagai aplikasi tersebut juga memiliki banyak fitur dan juga tambahan elemen yang bisa digunakan untuk membuat poster.

Berikut beberapa aplikasi edit foto yang bisa digunakan untuk membuat poster.

Canva

Aplikasi satu ini sering direkomendasikan banyak orang untuk digunakan pemula. Kemudahannya dalam membuat dan edit berbagai macam media promosi disertai fitur yang ada membuat akun ini dicintai konsumennya.

Tidak hanya digunakan untuk mengedit foto namun aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat poster yang bagus untuk promosi. Canva sendiri juga mudah digunakan karena bisa dipakai melalui handphone atau personal computer sehingga bisa lebih menghemat waktu dan tenaga.

Hasil dari foto di Canva sendiri juga bisa diunduh dalam bentuk penyimpanan JPG dan juga PNG sehingga hasilnya pun bisa lebih jelas dan bisa dikirim ke berbagai media komunikasi lainnya seperti Email atau WhatsApp.

Bagi pemula yang belum memiliki ide yang sesuai maka bisa menggunakan fitur template yang dimiliki Canva dan bisa diubah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan promosi.

Sayangnya, beberapa fitur dari Canva hanya bisa diakses menggunakan akun premium sehingga harus mengeluarkan uang lebih.

Akan tetapi apabila anda ingin menggunakan aplikasi ini untuk berbagai kebutuhan dalam jangka panjang maka opsi pembayaran bulanan ini bisa digunakan agar hasil dari desain lebih bagus dan meningkatkan performa kerja dalam membuat berbagai konten berbayar.

Adobe Photoshop

Ingin membuat poster anda semakin bagus dengan berbagai efek edit lainnya? Maka anda bisa menggunakan bawaan dari Adobe yaitu Adobe Photoshop.

Aplikasi  edit foto ini biasanya digunakan oleh profesional untuk membuat berbagai macam desain yang unik dan membutuhkan skill edit yang mumpuni karena Adobe sendiri memiliki berbagai fitur yang lebih rumit dibandingkan Canva.

Salah satu fitur yang dimiliki oleh Adobe Photoshop adalah penggunaan layer dimana pengguna bisa membuat banyak desain gambar yang kemudian digabungkan menjadi satu sehingga hasilnya pun lebih bagus dibandingkan aplikasi lainnya.

Tidak hanya itu, berbagai fitur yang ada juga bisa membantu pengguna untuk menghasilkan gambar yang lebih memuaskan dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan promosi yang lebih luas.

Meskipun begitu, aplikasi ini hanya bisa diakses menggunakan personal computer yang memiliki spesifikasi yang tinggi untuk menghasilkan gambar promosi yang lebih maksimal. Selain itu, biaya berlangganannya pun terbilang lebih mahal dibandingkan apilkasi edit foto lainnya.

Crello

Apabila pengguna merasa jenuh saat menggunakan Canva dan ingin menggunakan aplikasi edit foto lainnya maka Crello bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

Crello sendiri merupakan aplikasi design yang bisa digunakan secara mudah dan memiliki berbagai template yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur tambahan diantaranya background, font, stiker, ikon, dan berbagai layanan lainnya yang bisa anda pilih sesuai keinginan.

Keuntungan lainnya dengan menggunakan Crello adalah pengguna bisa mendapatkan desain khusus yang dapat digunakan untuk kepentingan social media yang dipilih sehingga sangat menguntungkan untuk membantu mengembangkan berbagai konten di social media.

Apabila pengguna juga merupakan bloggers yang aktif dalam mengunggah berbagai tulisan ke laman WordPress maka aplikasi ini berguna untuk mengunggah berbagai gambar pendukung yang berguna untuk mempercantik tulisan yang dimiliki sehingga dapat memanjakan mata pengunjungnya.

Pengguna yang menggunakan Crello secara aktif juga sebaiknya menggunakan aplikasi ini dalam mode berbayar sehingga bisa menggunakan berbagai fitur eksklusif yang ada dan tentu saja menguntungkan dalam promosi bisnis yang ada.

PicsArt

Tidak hanya aplikasi Canva yang sering direkomendasikan oleh banyak orang, PicsArt menjadi salah satu platform edit foto yang digunakan oleh banyak orang untiuk menghasilkan berbagai macam poster yang menarik.

Kelebihan dari PicsArt sendiri yaitu bisa digunakan dengan mudah bahkan melalui handphone sekalipun sehingga waktu luang bisa diisi untuk membuat berbagai draft poster yang menarik untuk promosi.

Aplikasi ini juga memiliki berbagai macam fitur dan tools yang berguna untuk menyeleksi berbagai item gambar yang tidak diinginkan sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan anda.

Sayangnya aplikasi ini sebaiknya digunakan pada handphone Android keluaran terbaru untuk menghasilkan poster yang lebih bagus.

Jadi aplikasi edit mana yang ingin anda gunakan?

tutorial poster mudah untuk pemula

Tutorial Poster Mudah Untuk Pemula

Berbagai aplikasi edit foto yang telah direkomendasikan tentunya bisa membantu untuk membuat poster yang keren untuk menarik pelanggan. Meskipun begitu, pengguna juga sebaiknya mengetahui langkah-langkah mudah membuat poster sehingga hasilnya bisa digunakan untuk promosi.

Tentukan Tema Poster

Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah menentukan tema yang akan disampaikan kepada konsumen. Hal ini dikarenakan setiap poster memiliki tujuan yang berbeda, seperti promosi acara atau peluncuran produk baru.

Setelah mengetahui tema yang akan dibuat maka pengguna bisa menambahkan pesan yang ingin disampaikan, sepeti nama, deskripsi produk, dan juga foto produk.

Tidak hanya itu, pengguna juga harus memastikan pemilihan warna yang cocok, dan juga font yang dipilih agar bisa mudah dibaca oleh calon pembeli yang melihatnya.

Rumuskan Pesan Poster

Ukuran dari poster yang cenderung kecil dan juga penyisipan gambar yang ada membuat pengguna harus memutar otak untuk merumuskan isi pesan poster agar bisa disampaikan ke konsumen.

Kata-kata yang dipilih dalam poster sendiri sebaiknya singkat, padat, dan jelas sehingga bisa dipahami oleh konsumen dalam sekali lihat.

Selain itu, gunaakan juga pemilihan bahasa yang mudah dimengerti oleh orang awam sehingga konsumen tidak perlu kebingungan mengenai isi dari poster yang telah dibaca.

Pastikan juga konsumen memilih tanda baca yang sesuai sehingga tidak menimbulkan persepsi yang berbeda saat membaca poster.

Tips lainnya agar poster bisa menarik konsumen dengan cepat adalah memilih berbagai kata-kata yang bombastis dan mengundang untuk membeli, seperti Stok Terbatas, Hanya Hari Ini, atau Persediaan Menipis.

Pemilihan kata yang bombastis ini juga bisa memainkan psikologi konsumen sehingga akan membeli barang saat itu juga meskipun produk yang diberi belum tentu akan digunakan ke depannnya.

Pengguna juga bisa menggunakan huruf besar di setiap kata tersebut agar lebih mudah dibaca oleh konsumen dalam sekali lihat.

Letakkan juga kata-kata tersebut di bagian atas poster agar mudah terlihat oleh konsumen.

Tambah Gambar Pendukung

Sebuah poster yang hanya berisi tulisan tentu saja tidak menarik dan membuat konsumen malas untuk melihat isinya.

Karenanya tambahan gambar pendukung ini berguna untuk menarik perhatian calon pembeli. Pengguna bisa menambahkan gambar produk atau tokoh yang akan di promosikan ke dalam poster.

Pastikan juga gambar tambahan sesuai dengan tema dan tidak blur agar konsumen tertarik pada produk yang ditawarkan.

Pengguna juga sebaiknya mengambil gambar dari berbagai angle agar mendapatkan berbagai sampel foto yang bisa digunakan untuk poster.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.