twitter

Twitter Terapkan Aturan Atasi Tweet Hoax

Twitter kembali memanjakan penggunanya dengan kebijakan baru untuk atasi tweet hoax yang beredar di twitter.

Twitter mencari cara baru untuk meminimalisir penyebaran tweet hoax melalui platform satu ini dengan memberikan aturan baru yang secara spesifik membatasi tweet hoax mengenai konflik dan masih banyak lagi.

Peraturan ini dibuat mengingat konflik yang terjadi di Ukraina dimana twitter kini memberikan kebijakan khusus mengenai gencatan tersebut.

Melalui blognya, Twitter menyatakan bahwa pengguna menggunakan platform ini untuk mencari informasi penting yang kredibel karenanya di tengah konflik ini maka akses informasi yang benar semakin dibutuhkan.

Pada masa gencatan ini, Twitter akan bekerja lebih cepat dalam menyembunyikan klaim berbahaya dengan memberikan warning screen, sehingga tweet tersebut tidak akan menyebar di bagian beranda, pencarian, serta eksplor.

twitter crisis1

Pengguna twitter akan diberikan peringatan terlebih dahulu sebelum melihat konten tersebut dan interaksi pun akan dibatasi sehingga pengguna tidak bisa memberikan komentar, retweet, atau likes.

Mengenai hal tersebut, Twitter menyatakan akan memberikan prioritas dengan memberikan pemberitahuan peringatan untuk melihat tweet dari akun twitter terkenal seperti akun media atau pemerintahan yang memberikan tweet mengenai ancaman luas.

Lalu bagaimana twitter menentukan tweet yang baik atau buruk dalam waktu cepat?

Twitter menyatakan akan memberikan konfirmasi berdasarkan informasi dari media yang kredibel termasuk memberikan bukti yang valid dari organisasi, investigator, jurnalis, dan lain sebagainya.

Informasi tersebut tentunya akan menenangkan pendukung free speech yang mungkin berfikir bahwa platform social berdasarkan agenda politik tertentu.

Di sisi lain, keputusan twitter tersebut masuk akan mengingat tweet hoax memiliki dampak yang berbahaya dalam banyak hal.

Pada konflik terdahulu banyak sekali tweet yang diedarkan untuk mematahkan semangat orang lain yang menyebabkan kini twitter harus bertindak untuk mencegah tindakan yang lebih buruk.

Tidak hanya itu, twitter akan menambah peraturan baru mengenai pemberitahuan peringatan ke tweet berikut :

  • Tweet hoax atau laporan peristiwa, atau informasi yang menyalah artikan informasi di lapangan saat konflik terjadi
  • Tuduhan palsu mengenai penggunaan kekuatan untuk melakukan serangan terhadap kedaulatan teritorial atau penggunaan senjata
  • Tuduhan yang salah atau menyesatkan mengenai kejadian perang atau kekejaman mengenai populasi tertentu
  • Informasi palsu mengenai respon masyarakat terhadap masalah tertentu

Sumber :

Twitter Implements New Rules to Further Restrict Misinformation in Times of Crisis | Social Media Today

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.