facebook reach

Kenali Facebook Reach dan Pemanfaatannya

Tingkatkan facebook reach pada akun facebook untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dengan konten yang dimiliki.

Bagi seorang kreator, memiliki akun social media yang dapat menjangkau pengguna yang luas tentunya memberi berbagai keuntungan tersendiri.

Salah satunya adalah menjangkau konsumen yang dimiliki dengan konten menarik yang telah diunggah sebelumnya.

Namun, bagaimana saat facebook reach di akun facebook anda mendadak menurun drastis dalam waktu lama?

Tentunya hal ini akan merugikan kreator karena tingkat facebook reach dan engagement akan berkurang sehingga akun facebook anda akan sulit dicari.

Karenanya guna meningkatkan kembali facebook reach maka ketahui dulu serba-serbi mengenai facebook reach serta cara memanfaatkannya.

apa itu facebook reach

Apa Itu Facebook Reach

Facebook selalu mengeluarkan fitur-fitur terbaru guna memberikan pengalaman baru bagi penggunanya. Sayangnya, layanan mutakhir tersebut kurang membantu dalam menjangkau banyak orang untuk mengunjungi akun facebook yang anda miliki.

Facebook reach sendiri merupakan jumlah orang yang melihat konten anda, dimana aka berimbas dalam berbagai metrik yang diberikan, seperti : engagement, likes, comments, clicks, serta balasan yang sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya itu, facebook reach sendiri terbagi ke dalam berbagai bagian, beberapa diantaranya adalah : unggahan, halaman, jangkauan organik, viral, dan berbayar.

Salah satu contoh dari facebook reach adalah, jika konten anda mendapatkan interaksi sebanyak 1.000 akun maka konten anda telah menjangkau sebanyak seribu orang dari jumlah pengikut yang dimiliki.

Dalam mengetahui ukuran jangkauan konten facebook maka kreator perlu mengukur dalam jangka waktu tertentu seperti sebulan penuh untuk mengetahui kenaikan dan penurunan facebook reach pada konten yang anda miliki.

Di sisi lain, terdapat banyak faktor yang memengaruhi jumlah facebook reach, tergantung dari konten serta interaksi yang dilakukan.

Karenanya berikut berbagai jenis facebook reach yang bisa ditemukan di halaman facebook.

pexels pixabay 162622 1

Jenis – Jenis Facebook Reach

Facebook reach sendiri terbagi ke dalam beberapa faktor yakni interaksi dengan pengikut, tipe konten, serta jenis jangkauan yang dipilih.

Namun, facebook reach sendiri terbagi ke dalam beberapa bagian sesuai dengan jenis konten serta cara mendapatkan jangkauan yang diinginkan.

Facebook Organic Reach

Saat membahas mengenai facebook reach, biasanya pengguna facebook akan merepresentasikan dengan jangkauan konten secara organik.

Facebook reach ini biasanya di dapatkan apabila konten anda mendapatkan perhatian pengguna facebook berupa likes atau komentar pada konten yang anda miliki.

Semakin banyak interaksi yang di dapatkan maka jangkauan konten anda akan semakin luas bahkan mengjangkau pengguna facebook yang belum pernah mendengar akun facebook anda.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk mendapatkan ketenaran di facebook bahkan berpeluang besar untuk mendapatkan konsumen baru.

Di sisi lain, facebook reach organik cukup sulit untuk di dapatkan bagi pengguna facebook.

Hal ini dikarenakan kreator juga harus bersaing dengan konten yang dipromosikan melalui iklan berbayar atau berbagai konten viral yang berasal dari berbagai akun yang tentunya akan mengubah algoritma facebook.

Tidak hanya itu, banyak marketer yang menyadari penurunan facebook reach organik dari tahun ke tahun.

Meskipun begitu, jangkauan ini masih dimanfaatkan oleh banyak pengguna facebook karena bisa dimanfaatkan secara gratis serta menjangkau pengikut yang dimiliki.

Facebook Viral Reach

Saat mengunggah konten facebook yang sesuai dengan minat konsumen atau topik yang tengah naik daun maka akun facebook anda memiliki kesempatan untuk diperbincangkan atau dicari banyak orang di facebook.

Hal ini dikarenakan topik yang anda bahas sedang dibicarakan oleh banyak orang serta pengguna facebook juga mencari pendapat lain yang tentunya sesuai dengan bahan pembicaraan orang lain.

Sebuah konten yang berhasil viral karena diperbincangkan di facebook juga masuk ke dalam jenis jangkauan facebook bernama facebook viral reach.

Jangkauan jenis ini berisi banyak orang yang melihat konten anda karena tanggapan dari seseorang yang membalas dan membahas konten anda.

Salah satunya adalah pengikut sebuah akun facebook yang memberikan apresiasi berupa likes, komentar, atau membagikan konten anda, sehingga orang lain akan melihat konten yang telah dibagikan.

Hal ini juga terjadi apabila anda mempromosikan konten anda di facebook serta memperoleh tanggapan dari orang lain, maka konten anda juga akan masuk ke timeline facebook orang yang tidak anda jangkau sebelumnya.

Namun untuk menarik pengguna facebook dengan konten yang anda miliki maka kreator bisa memanfaatkan berbagai fitur yang dimiliki oleh facebook, seperti foto, video pendek. serta video yang dapat memancing rasa penasaran pengguna facebook untuk melihat seta berinteraksi dengan konten yang anda unggah.

Facebook Ads Reach

Seperti yang telah di bahas sebelumnya, facebook reach organik cukup sulit untuk menjangkau pengguna facebook yang luas karena jangkauan yang tidak terlalu luas.

Karenanya guna mengimbangi masalah ini maka facebook membuka kesempatan bagi pengguna facebook yang ingin mempromosikan konten facebook melalui iklan berbayar.

Keuntungan lain dari menggunakan facebook ads reach adalah kreator dapat memilih jumlah jangkauan yang diinginkan guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Meskipun begitu, dalam melakukan facebook ads reach ini membutuhkan budget yang cukup besar namun melakukan iklan berbayar tentunya efektif dalam menjangkau pengguna facebook yang lebih luas dengan jenis konsumen yang diinginkan.

Penggunaan facebook ads reach sendiri dapat menjangkau pengguna facebook yang lebih luas dibandingkan jangkauan organik karena kreator telah membayar konsumen yang ingin dituju.

Perbedaan Facebook Reach, Impression, dan Engagement

Saat mengembangkan halaman facebook maka kreator akan familiar dengan istilah reach, impression, serta engagement, lalu apa saja perbedaannya serta bagaimana cara mengukurnya? :

Reach : Mengukur jumlah pengguna facebook yang melihat konten anda.

Impressions : Ukuran jumlah penonton pada konten facebook anda. Metrik ini memperhitungkan tayangan berulang atau seseorang yang melihat konten anda dua kali. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa tayangan facebook selalu lebih besar dibandingkan jumlah facebook reach.

Engagement : Pengukuran interaksi seseorang pada konten yang anda miliki seperti reaksi konten, pemberian komentar, serta membagikan konten ke orang lain atau timeline facebook.

Guna mengukur berbagai metrik tersebut maka kreator tidak perlu menghitung satu persatu pada konten yang telah anda unggah sebelumnya, cukup masuk ke layanan creator studio maka anda akan mendapatkan jumlah interaksi yang telah di dapatkan.

cara mengukur facebook reach

Cara Mengukur Facebook Reach

Sampai saat ini cara mengukur facebook reach adalah membandingkan seluruh jumlah jangkauan dengan penggemar yang dimiliki.

Hal ini dilakukan marketer untuk memerikan jumlah orang yang dijangkau pada postingan tertentu serta membandingkan dengan jumlah penggemar yang dimiliki.

Perhitungan ini dilakukan untuk menghitung presentase dari banyaknya penggemar yang dijangkau.

Namun, facebook insight memberikan anda akses untuk melihat jumlah penggemar yang sedang aktif pada waktu tertentu dimana pembaruan timeline facebook akan berlangsung setiap 2-3 jam sekali.

ee when your fans are online

Salah satu contohnya adalah pada metrik ini kreator dapat memeriksa waktu aktif konsumen dengan jumlah penggemar yang aktif, sehingga jika anda mengunggah konten pada waktu tersebut maka kira-kira jumlah orang yang merespon adalah 3.820 orang.

Namun jumlah ini bisa saja berubah pada jangka waktu tertentu sehingga kreator sebaiknya memeriksa waktu aktif konsumen setiap sebulan atau seminggu sekali guna memeriksa apakah waktu aktif tersebut masih relevan atau perlu diubah sesuai dengan banyaknya konsumen yang aktif pada jam yang dipilih.

cara meningkatkan facebook reach

Cara Meningkatkan Facebook Reach

Apabila anda menginkan peningkatan facebook reach pada akun facebook yang anda kelola maka beberapa tips berikut akan membantu meningkatkan jangkauan konten yang lebih luas.

Maksimalkan Performa Konten Facebook

Memiliki sebuah akun facebook yang memiliki banyak pengikut mungkin bisa memberikan facebook reach yang konsisten namun bisa saja jangkauan tersebut menurun sewaktu-waktu.

Hal ini terjadi karena menurunnya minat pada konten yang anda unggah sehingga konsumen hanya melihat konten anda tanpa memberikan apresiasi pada konten yang anda unggah.

Di sisi lain, bisa saja pengguna facebook akhirnya berhenti mengikuti halaman facebook anda karena konten yang disajikan sudah kurang relevan dan tidak sesuai dengan minat yang dimiliki.

Karenanya guna melayani pengikut yang dimiliki pastikan untuk mengunggah konten yang relevan atau anda juga bisa menaikkan kembali konten yang pernah viral guna mendapatkan kembali perhatian dari pengguna facebook.

Tidak hanya itu, mengunggah konten pada waktu aktif konsumen menjadi taktik yang bagus untuk meningkatkan jangkauan serta brand awareness pada halaman facebook yang anda miliki.

Mengunggah konten setidaknya sehari tiga kali akan meningkatkan metrik halaman anda dibandingkan halaman facebook yang hanya mengunggah konten sehari sekali.

Di sisi lain, mengunggah konten secara konsisten juga menimbulkan kesulitan sendiri bagi kreator karena menampilkan konten yang sesuai dengan kesukaan konsumen serta menarik minat pengguna facebook tentunya memerlukan ide yang unik dan kreatif.

Karenanya kreator bisa memanfaatkan website curation tools guna memberikan inspirasi konten facebook yang tidak pernah habis sehingga dapat menghibur konsumen yang dimiliki.

Selain itu, kreator juga bisa menjawab berbagai masalah yang sering ditanyakan oleh konsumen menjadi sebuah konten sehingga meningkatkan interaksi dua arah sehingga mendekatkan keakraban satu sama lain.

Anda juga bisa membagikan topik yang sedang naik daun kemudian di bahas dengan pendekatan brand anda sehingga mudah di pahami oleh konsumen yang dimiliki.

Penggunaan berbagai macam fitur facebook juga bisa menjadi variasi konten sehingga konsumen tidak merasa bosan dengan konten yang mononton.

Bagikan Topik Mengenai Industri yang Anda Geluti

Saat seorang pengguna facebook mengikuti akun anda maka pengguna tersebut tidak hanya tertarik pada brand yang anda kembangkan namun juga industri yang anda geluti.

Hal ini dilakukan saat pengguna facebook mengikuti beberapa halaman facebook tertentu yang memiliki topik serta pembahasan yang sama sehingga tidak ingin ketinggalan berita dari industri yang digemari.

Karenanya saat anda menemukan fakta, topik, atau berita yang relevan dengan komunitas anda maka kreator bisa membagikannya di facebook post anda sehingga menjadi bahan perbincangan antara pengikut yang anda miliki.

Cukup bagikan dan berikan sedikit caption maka postingan tersebut akan tersebar ke pengikut yang anda miliki serta pengguna facebook yang memiliki minat yang sama.

Membagikan konten dengan topik tertentu sangat mudah dibuat serta dapat meningkatkan awareness terhadap topik yang anda bagikan.

Anda juga bisa membagikan kembali konten yang pernah viral setidaknya seminggu sekali sebagai pengenalan ke pengguna facebook yang baru mengikuti halaman facebook anda.

Hal ini memudahkan kreator saat sudah kekurangan ide konten facebook sehingga tetap bisa mengunggah konten secara konsisten.

Promosikan Konten Facebook yang Viral

Konten facebook anda mendapatkan interaksi yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya? Inilah saatnya mempromosikan konten anda ke pengguna facebook yang lebih luas.

Kreator bisa memilih konten yang mendapatkan banyak perhatian kemudian mempromosikannya dalam bentuk boost post sehingga konten anda dapat menjangkau konsumen yang luas.

Strategi ini juga cocok untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna facebook sehingga meningkatkan poin algoritma facebook yang lebih banyak.

Optimasi Format Konten dengan Caption

Saat melihat konten facebook tentunya tampilan konten tidak hanya menarik perhatian namun penggunaan caption yang sesuai dapat menarik minat konsumen untuk melakuka interaksi dengan konten yang anda unggah.

Strategi satu ini juga bisa digunakan apabila anda mengunggah kembali konten yang berasal dari social media lain sehingga membuat pengguna facebook mengerti konteks topik yang anda berikan.

Sederhananya, kreator tidak hanya membuang satu konten dari tempat lain ke akun facebook anda, namun anda juga bisa menambahkan beberapa elemen penting, diantaranya :

Pemberian caption guna memperjelas isi konten, kurangi juga penggunaan hastag yang tidak perlu atau caption yang berulang sehingga membuat konsumen bosan untuk membacanya.

Hindari juga pemberian link yang membawa konsumen keluar dari halaman facebook dan fokus pada konten yang bisa dibuka di facebook, seperti gambar, video, serta GIF.

Pemberian link keluar halaman facebook akan membuat konsumen berfikir ulang untuk mengunjunginya sehingga memilih untuk melihat konten yang berada di facebook.

Pastikan juga untuk menyertakan kalimat call to action pada caption yang anda buat guna meningkatkan interaksi di konten anda serta meminta konsumen melakukan kegiatan yang anda minta.

Beberapa tips tersebut sangat penting bagi facebook reach organik guna mendapatkan lebih banyak perhatian dari algoritma facebook.

Penjadwalan Konten Facebook Secara Konsisten

Salah satu cara untuk meningkatkan facebook reach adalah aktif dalam mengunggah konten serta konsisten pada waktu yang ditentukan.

Hal ini dilakukan mengingat pembaruan timeline facebook yang berlangsung setiap 2-3 jam sekali sehingga untuk menaikkan akun facebook anda perlu dilakukan pembaruan konten secara rutin.

Selain itu, konten yang selalu diperbarui akan membuat konsumen tetap mengingat akun facebook anda dimana hal ini menjadi cara yang tepat untuk promosi akun facebook yang dimiliki.

Namun kesibukan dalam membuat konten facebook atau melakukan kegiatan lainnya bisa saja membuat kreator lupa mengunggah konten dengan tepat waktu, padahal konten yang akan diunggah sudah siap.

Karenanya untuk mengatasi hal ini maka kreator bisa mengggunakan fitur penjadwalan konten yang disediakan oleh creator studio atau website social media manager.

Dengan menggunakan layanan ini maka kreator bisa menjadwalkan konten yang telah dibuat dengan memberikan waktu serta tanggal yang diinginkan sehingga konten bisa diunggah secara otomatis.

Keuntungan lainnya dalam menggunakan fitur penjadwalan konten adalah anda bisa memasukkan berbagai konten foto, video, serta konten yang telah anda unggah sebelumnya.

Sementara jika kreator menjadwalkan konten video melalui creator studio maka terdapat pemberitahuan yang membuat pengikut anda menunggu konten yang anda unggah?

Konten yang telah dijadwalkan perlu revisi? maka anda bisa membatalkannya dan bisa menjadwalkannya pada waktu yang telah ditentukan.

Dengan mengunggah konten secara konsisten maka konsumen anda akan terus melakukan interaksi dengan anda sehingga meningkatkan presensi anda di facebook dan membuat algoritma facebook anda memahami bahwa anda selalu aktif di facebook.

Ketahui Waktu Aktif Konsumen

Saat mengunggah konten facebook tentunya kreator perlu mengetahui waktu aktif konsumen agar konten yang anda unggah bisa langsung dilihat oleh penggemar yang anda miliki.

Dengan adanya visabilitas secara langsung tentunya akan meningkatkan interaksi pada konten anda sehingga akan meningkatkan facebook reach pada konten yang telah anda unggah.

Cara mengetahui waktu aktif konsumen pun cukup mudah dengan mengakses fitur creator studio maka kreator akan mengetahui waktu aktif konsumen serta jumlah pengikut yang aktif pada waktu tersebut.

Namun jika kreator berlangganan website social media manager maka kreator juga akan disajikan waktu aktif konsumen sebagai pandangan dalam mengunggah konten pada waktu tertentu.

Melakukan optimasi waktu aktif konsumen bukanlah faktor utama namun memaksimalkan keberadaan konten anda di mata pengikut yang anda miliki.

Hal ini dilakukan mengingat ketatnya persaingan facebook reach organik sehingga kreator perlu melakukan strategi untuk meningkatkan visibilitas konten anda.

Gunakan Video Serta Siaran Langsung Untuk Meningkatkan Interaksi

Meskipun konten foto kerap kali diunggah oleh pengguna facebook namun kreator juga bisa menggunakan beberapa fitur lain untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna facebook.

Salah satunya adalah menggunakan konten video atau siaran langsung guna alternatif konten yang lebih variatif.

Penggunaan konten yang berbeda juga akan menarik perhatian konsumen guna melihat konten yang disajikan.

Selain itu, penggunaan layanan siaran langsung secara rutin terbukti dapat meningkatkan interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan saat melakukan siaran langsung maka kreator bisa melakukan sesi tanya jawab dengan konsumen yang memberikan pertanyaan di kolom komentar sehingga mendekatkan diri satu sama lain.

Namun agar konten video dan siaran langsung anda mendapatkan perhatian dari pengguna facebook maka pastikan membawa topik yang disukai konsumen untuk meningkatkan interaksi.

Selain itu, kreator juga bisa menggunakan berbagai jensi fitur facebook video lainnya, seperti facebook story serta facebook reels guna variasi konten video yang lebih menarik serta menaikkan jangkauan konten facebook.

Hal yang paling penting dalam menggunakan konten video adalah konsistensi dalam mengunggah konten guna menghibur konsumen yang dimiliki.

Dalam berbagai kesempatan, Facebook juga menyatakan performa konten video yang luar biasa sehingga tidak menjadi alasan untuk memanfaatkan konten video sebagai media interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Gunakan Layanan Facebook Ads

Bagi pengguna facebook yang baru mengembangkan halaman facebook tentunya memerlukan cara cepat untuk menaikkan pengikut yang dimiliki.

Penggunaan facebook reach yang organik mungkin akan membawa anda ke konsumen yang dimiliki namun cara ini tentunya membutuhkan waktu lama untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Karenanya kreator bisa menggunakan layanan iklan facebook guna mempromosikan konten yang dimiliki agar menjangkau konsumen yang sesuai dan lebih luas.

Penurunan facebook reach organik malah menjadi peningkatan bagi jangkauan facebook berbayar dimana jangkauan potensial anda berdasarkan strategi serta penargetan iklan guna mendapatkan perhatian pengguna facebook.

Bagi banyak brand, penggunaan iklan berbayar efektif untuk menjangkau konsumen yang diinginkan secara tepat.

Sumber :

Facebook Reach: What It Is and How to Increase Yours | Sprout Social

Guide to Facebook Reach: What Marketers Need to Know : Social Media Examiner

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.