facebook verified

Facebook Verified : Centang Biru Untuk Akun Business

Pelajari cara mendapatkan facebook verfied untuk membangun kredibilitas dan memudahkan halaman facebook ditemukan oleh konsumen.

Sebagai seorang pelaku usaha yang memasarkan produknya di Facebook, tentunya anda menginginkan akun facebook anda mendapatkan kepercayaan dari konsumen yang diinginkan.

Sehingga tidak mengherankan apabila strategi mendapatkan facebook verfied juga menjadi rencana dari strategi social media marketing yang dikembangkan.

Akan tetapi mendapatkan facebook verfied tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan beberapa syarat khusus agar permohonan centang biru diterima oleh Facebook.

Karenanya untuk mendapatkan penanda facebook verified maka beberapa syarat berikut bisa anda lakukan untuk memenuhu persyaratan yang diberikan serta tips memertahankan centang biru facebook.

Apa Itu Facebook Verified

Bagi sebuah akun social media yang telah memiliki pengikut sangat banyak dan rutin mengunggah konten social media, biasanya akan mendapatkan tanda verifikasi dari social media.

Pemberian tanda centang tersebut memberikan tanda bahwa akun tersebut sudah di verifikasi keasliannya.

Biasanya akun social media yang mendapatkan centang biru tersebut berasal dari kalangan artis, selebriti, influencer, atau kreator social media yang sudah diakui karyanya oleh masyarakat luas.

Meskipun begitu, beberapa akun brand besar serta pemerintahan juga memiliki tandang verifikasi untuk membuktikan keaslian informasi yang diberikan.

Sehingga pengguna internet tidak perlu ragu pada informasi yang disampaikan oleh akun tersebut.

Facebook menjadi salah satu platform social media yang memberikan layanan verifikasi kepada penggunaanya.

Hal ini dilakukan mengingat terdapat miliaran pengguna Facebook yang tersebar di seluruh dunia yang menggunakan social media tersebut untuk membagikan informasi serta kreasi yang dimiliki.

Sehingga dengan mendapatkan facebook verified akan membuktikan keaslian akun tersebut dalam mengunggah berita dan karya yang dimiliki.

Sebuah akun yang telah dibuktikan keasliannya akan mendapatkan tanda centang biru di sebelah username untuk membuktikan akun yang dimiliki dengan akun lain.

Keberadaan Facebook verified dimulai pada tahun 2013, dimana social media ini mengikuti jejak Twitter yang telah memberikan verifikasi pada akun penggunanya di tahun 2009.

Kelebihan Facebook verified dibandingkan akun lainnya adalah pengecekan keaslian akan diberikan secara sukarela.

Meskipun begitu, beberapa akun yang telah memiliki pengikut yang cukup banyak dan mengunggah konten secara rutin juga bisa mengajukan facebook verified.

Meskipun begitu, perubahan peraturan terjadi pada facebook verified di tahun 2018, dimana pengguna yang telah memilki pengikut cukup banyak harus mendaftarkan diri mereka.

Selain itu, facebook profil pribadi yang telah mencapai jumlah pengikut tertentu juga telah mengalami pengecekan facebook verified secara reguler setelah mencapai jumlah pengikut tertentu.

K86lJwp3S2ucHNbVfkr7

Keuntungan Mendapatkan Facebook Verified

Bagi sebuah akun yang telah mendapatkan facebook verified maka akan mendapatkan keuntungan berupa meningkatnya kredibilitas di mata konsumen.

Sehingga calon konsumen yang akan membeli produk anda akan lebih percaya pada barang yang anda tawarkan.

Selain itu, adanya facebook verified juga akan memudahkan akun anda mudah ditemukan oleh konsumen potensial.

Tidak hanya itu, keberadaan Facebook verified juga akan memberikan keuntungan bagi penggunanya dalam jangka waktu lama.

Melindungi dari Peretas Social Media

Bagi sebuah akun yang aktif mengunggah konten yang informatif dan interaktif maka akan memperbesar peluang untuk mendapatkan pengikut yang lebih banyak.

Hal ini dikarenakan konten yang dibagikan disukai oleh audience, sehingga dibagikan kembali ke pengguna Facebook yang lebih luas.

Dengan bertambahnya jumlah pengikut dari hari ke hari, juga akan membuka peluang untuk meningkatkan penjualan yang lebih banyak dan interaksi yang ramai dari hari ke hari.

Meskipun begitu, akun Facebook yang ramai diperbincangkan oleh banyak orang bisa saja mendapatkan ancaman dari luas.

Contohnya saja, akun anda dibajak oleh peretas social media yang mengambil alih akun anda untuk keuntungan sendiri yang berdampak negatif bagi pemilik akun asli.

Tidak hanya itu, akun Facebook yang mendapatkan perhatian berkat konten yang diunggah secara rutin, juga membuka peluang bagi akun anda untuk ditiru oleh orang lain.

Seingga mereka bisa saja mengunggah informasi palsu dan tidak relevan dengan konten anda atau menggunakannya untuk promosi produk tertentu yang tidak pernah anda gunakan sebelumnya.

Kasus ini biasanya terjadi pada akun kreator, influencer, atau artid Facebook yang telah memiliki massa yang cukup banyak di Facebook.

Sehingga saat akun anda sudah mulai diakui oleh pengguna Facebook dengan banyaknya interaksi yang di dapatkan setiap hari, maka ada baiknya untuk melakukan verifikasi akun Facebook yang anda miliki.

Hal ini dilakukan untuk melindungi akun Facebook anda dari ancaman peretas yang berusaha memasuki akun anda dan mengubah informasi yang dimiliki.

Di sisi lain, Facebook juga memberikan undangan facebook verified bagi akun kreator yang sekiranya memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak serta mendapatkan pengakuan dari pengguna Facebook.

Prioritas Lebih dari Facebook

Setelah mendapatkan tanda centang biru dari Facebook, maka platform ini tidak akan melepaskan akun anda begitu saja.

Akan tetapi, Facebook akan memberikan fasilitas lebih yang membedakan akun anda dengan akun lainnya.

Contohnya saja kemudahan dalam menemukan akun anda di kolom pencarian apabila mengetikkan beberapa kata tertentu.

Kemudahan ini tentunya menguntungkan bagi kreator serta pelaku usaha agar mudah ditemukan oleh audience potensial yang sebelumnya telah melihat konten dan promosi yang anda sajikan.

Tidak hanya itu, apabila Facebook merilis layanan baru, maka anda akan memiliki peluang untuk mencobanya terlebih dahulu, sebelum akhirnya diluncurkan di pasaran.

Kelebihan ini tentunya menguntungkan bagi kreator social media yang menggunakan Facebook untuk berbagai kebutuhan.

gHABq6iQh1iCFJI1HvLw

Siapa Saja yang Bisa Mendapatkan Facebook Verified

Keistimewaan yang diberikan oleh Facebook verified tentunya tidak bisa di berikan ke sembarangan orang.

Meskipun begitu, akun Facebook pribadi yang dikembangkan secara mandiri oleh orang biasa, juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan facebook verified.

Namun, dengan beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh sebuah akun facebook pribadi.

Otentik : Akun facebook anda harus merepresentasikan sebuah akun kreator atau usaha yang anda kembangkan.

Unik : Memiliki keunikan dari pribadi atau bisnis yang dikembangkan, Facebook sendiri hanya memberikan verifikasi pada satu akun pribadi dan bisnis yang mendedikasikan diri pada satu topik tertentu.

Komplit :Informasi akun facebook yang diberikan haruslah lengkap dan asli, dimana anda bisa mengisinya di halaman profil serta menyeratakan foto diri dan logo brand dengan jelas. Selain itu, akun facebook anda juga harus memiliki minimal satu postingan.

Terkenal : Nama akun brand atau kreator haruslah menjadi bahan perbincangan orang lain dan mudah ditemukan di Facebook. 

Facebook akan memberikan tanda centang biru pada akun yang telah di promosikan di akun berita atau memiliki publikasi jurnal tertentu.

Meskipun persyaratan yang diberikan sudah lengkap, namun anda tidak serta merta mendapatkan facebook verified dengan mudah.

Guna meningkatkan peluang untuk mendapatkan facebook verified maka pastikan akun Facebook anda terlihat kredibel dengan mengunggah konten yang informatif serta menarik secara rutin. 

Tidak hanya itu, Facebook juga memiliki persyaratan lain yang harus dipenuhi oleh pengguna saat mengajukan verifikasi tanda centang biru pada akun yang berkaitan dengan politik dan hukum.

cara mengajukan facebook verified

Cara Mengajukan Facebook Verified

Pengajuan facebook verified bisa dilakukan secara gratis dan hanya mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan di form khusus.

Akan tetapi, sebelum mengajukan facebook verfied, anda perlu memastikan segala informasi yang anda berikan di akun anda sudah terisi dan sesuai dengan akun social media lain yang anda cantumkan.

Beberapa informasi yang dibutuhkan diantaranya adalah halaman website, bio profil, alamat email, serta deskripsi usaha dan kreator yang anda jalankan.

Pemberian informasi yang dilakukan secara lengkap akan membantu akun facebook anda terlihat kredibel dan asli, saat Facebook melakukan pengecekan akun.

Setelah berbagai informasi yang dibutuhkan sudah terisi dengan lengkap maka inilah saatnya untuk mengajukan facebook verified.

halaman facebook verified

Masuk ke Halaman Pengajuan Facebook Verified

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengajukan centang biru Facebook adalah mengakses halaman form pengajuan khusus.

Dimana anda bisa mengisi berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengajukan facebook verified.

tipe verifikasi facebook

Pilih Tipe Halaman Facebook yang Dimiliki

Informasi pertama yang bisa anda isi adalah tipe halaman facebook yang akan di cek oleh Facebook, apakah halaman atau profil yang anda miliki.

Pada langkah tersebut anda perlu memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak, sehingga proses verifikasi berjalan lebih lancar.

pilih akun facebook yang akan diverifikasi

Pilih Akun Facebook yang akan Diverifikasi

Kreator social media mungkin saja mengelola beberapa akun Facebook perusahaan untuk kebutuhan yang berbeda-beda.

Karenaya anda perlu memilih akun facebook yang akan diverfikasi oleh Facebook, apabila anda mengajukan verifikasi profil maka anda cukup mengirimkan link halaman facebook yang ingin diajukan oleh kreator.

pilih kategori halaman facebook

Pilih Kategori Halaman atau Profil Facebook

Setelah menentukan akun facebook yang diinginkan maka anda perlu menentukan kategori halaman tersebut sesuai dengan informasi yang anda sampaikan serta konten yang diunggah setiap hari.

Facebook sendiri memiliki beberapa kategori yang sesuai dengan bisnis yang anda jalankan.

Namun, apabila bisnis anda tidak masuk pada kategori tersebut maka anda bisa memilih pilihan others.

7rlV6HdCR16nBfZ7K6az

Tambahkan Negara

Pastikan untuk mengisi informasi negara asal akun facebook anda, guna memudahkan nama negara yang dicari, maka anda bisa mengetikkan nama negara di kolom pencarian.

Cantumkan Beberapa Informasi Tambahan

Pada pencantuman informasi tambahan, setiap akun Facebook akan diminta informasi yang berbeda.

Apabila akun facebook anda merupakan milik pribadi, maka anda cukup mengunggah kartu identitias yang menunjukkan nama dan tanggal lahir dari kreator,

Akan tetapi, untuk verifikasi akun Facebook perusahaan maka anda perlu menyiapkan beberapa informasi tambahan yang lebih rumit.

Pertama adalah tagihan telefon atau tagihan lainnya.

Kedua adalah sertifikat kepemilikan perusahaan.

Ketiga adalah artikel atau publikasi mengenai perusahaan yang anda kembangkan.

Keempat adalah dokumen pajak yang berkaitan dengan perusahana anda.

Berbagai informasi tersebut akan membuktikan keaslian perusahaan anda sebelum akhirnya facebook memutuskan memberikan centang biru.

Berikan Alasan Facebook Verified

Sebelum anda mengirimkan form pengajuan facebook verified, maka pastikan juga untuk memberikan alasan mengapa aku Facebook anda layak mendapatkan centang biru facebook.

Apabila akun facebook anda cukup terkenal maka anda bisa mengunggah berita atau publikasi yang pernah menyebutkan brand anda, dan pastikan portal berita berasal dari sumber terpercaya.

Akan tetapi, apabila akun Facebook anda memiliki resiko diretas dan ditiru oleh orang lain, maka anda bisa memberikan contoh akun Facebook lain yang pernah meniru akun anda.

Facebook juga menyediakan kolom dimana anda bisa mencantumkan akun social media lain yang dimiliki dan memiliki jumlah pengikut yang setara.

Informasi ini akan membantu verfikasi akun Facebook agar lebih mudah diterima dan dipercaya keasliannya.

kirim form pendaftara facebook verified

Kirim Form Pendaftaran Facebook Verified

Setelah berbagai informasi selesai diisi dengan benar, maka anda bisa melanjutkan untuk mengirimkan form pendaftaran facebook verified dengan melakukan klik pada ikon Send.

Selanjutnya anda perlu menunggu Facebook untuk melakukan verifikasi akun. Durasi menunggu verifikasi sendiri bervariasi, karena banyak juga akun lain yang ingin mendapatkan centang biru tersebut.

Sembari menunggu mendapatkan facebook verified maka anda bisa terus mengunggah konten dan melakukan interaksi dengan pengikut anda agar akun facebook terlihat aktif.

Hal ini juga akan membantu membuka peluang mendapatkan facebook verified.

tips mendapatkan facebook verified

Tips Mendapatkan Facebook Verified

Mendapatkan Facebook verified merupakan suatu tujuan social media marketing yang sulit dicapai dan membutuhkan waktu lama.

Hal ini dikarenkan kreator perlu membangun akun Facebook dari awal hingga mendapatkan jumlah pengikut yang Facebook yang cukup untuk mengajukan facebook verfied.

Pertambahan jumlah pengikut tersebut juga diiringi dengan pembuatan konten yang menarik dan membuat pengguna facebook tertarik melakukan interaksi dan menjadi pengikut akun Facebook anda.

Belum lagi ancaman diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab serta menjadi sasaran empuk bagi orang lain yang membuat akun Facebook dengan nama dan identitas yang sama.

Ancaman ini tentunya akan membuat pengikut anda berkurang atau menghilang secara drastis apabila akun anda diretas oleh orang lain.

Karenanya untuk membuka peluang mendapatkan facebook verified maka beberapa pendekatan perlu anda lakukan.

Buat Akun Facebook Terlihat Profesional

Pengecekan pertama yang dilakukan Facebook saat memberikan tanda centang biru adalah melihat profesionalitas akun social media yang dimiliki.

Facebook tentunya tidak ingin memberikan tanda resmi pada akun Facebook yang meniru persona orang lain berupa gaya bahasa, konten, serta identitas yang diberikan.

Namun, bagaimana caranya agar akun Facebook terlihat profesional?

Pertama, kreator perlu memerhatikan originalitas konten dengan memastikan bahwa konten yang disajikan relevan dengan informasi yang diberikan.

Facebook tentunya akan merasa menemukan kejanggalan apabila akun produk kesehatan wanita malah mengunggah konten meme yang tidak relevan dengan topik yang dibahas.

Kedua, memastikan bahwa akun tersebut hanya satu-satunya di Facebook dan tidak meniru tampilan akun facebook lain.

Sehingga apabila akun Facebook anda mulai ditiru oleh orang lain, maka ada baiknya mengajukan facebook verified terlebih dahulu agar mudah dibedakan oleh penggemar atau konsumen.

Ketiga, adalah memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan perusahaan yang anda jalankan.

Misalnya saja alamat perusahaan, kontak informasi yang bisa dihubungi, serta produk yang dijalankan.

Akan tetapi, apabila anda menjalankan akun Facebook pribadi maka anda bisa mencantumkan akun social media lain yang anda jalankan serta persona yang ditampilkan dan menjadi ciri khas sendiri di Facebook.

Keempat, memastikan bahwa akun Facebook anda terkenal yang bisa dinilai dari jumlah pengikut organik yang dimiliki serta interaksi berupa jumlah komentar serta konten yang dibagikan di Facebook.

Kepopuleran ini juga bisa dibuktikan dengan publikasi berita atau jurnal yang diterbitkan oleh media massa terkemuka.

Tidak hanya itu, untuk membuktikan profesionalitas akun Facebook, maka anda bisa membuat konten yang relevan di akun social media lain.

Sehingga membantu Facebook mengenali akun Facebook anda dengan tampilan yang anda berikan di akun social media lain.

Pastikan juga untuk membagikan branded content ke halaman anda dan menghapus berbagai informasi yang sekiranya negatif dan dapat memengaruhi kredibilitas akun Facebook anda, diantanya adalah :

  • Mengunggah konten social media dengan kualitas yang buruk, sehingga sulit dibaca oleh pengguna Facebook.

Tidak hanya itu, anda juga lebih sering mengunggah postingan mengenai kegiatan sehari-hari yang kurang relevan pada produk yang anda promosikan.

Sebaiknya anda meningkatkan kualitas konten dan video dengan resolusi tertinggi agar memikat target audience yang diinginkan

Selain itu, anda juga bisa menambahkan logo perusahaan di setiap konten edukasi dan promosi yang diunggah untuk meningkatkan kredibilitas akun Facebook yang anda kembangkan.

Anda juga bisa memeriksa penulisan dan gaya bahasa yang digunkan pada caption postingan atau konten yang akan diunggah.

Pemilihan gaya bahasa yang baik dan sesuai dengan gaya berbicara yang digunakan oleh target audience akan membantu mereka memahami isi konten yang diunggah di akun Facebook.

Di sisi lain, anda juga bisa membedakan gaya bahasa untuk beberapa konten yang berbeda.

Misalnya saja, apabila anda mengunggah konten promosi maka sebaiknya menggunakan gaya bahasa yang melibatkan panca indra manusia, sehingga konsumen akan merasakan sensasi menggunakan produk tersebut, meskipun belum pernah membeli sebelumnya.

Namun, pada konten edukasi atau hiburan maka anda bisa menggunakan gaya bahasa sehari-hari yang mudah dipahami oleh konsumen yang dituju.

Akan tetapi, apabila anda hendak mengunggah konten ucapan hari raya atau pengumuman penting lainnya, maka anda bisa menggunakan gaya bahasa formal untuk meningkatkan kredibilitas informasi yang akan disampaikan.

Tidak hanya itu, pastikan juga untuk mengecek kesalahan penulisan yang digunakan pada bagian caption atau konten social media.

Kesalahan kecil tersebut akan memiliki dampak besar apabila dilakukan secara terus menerus sehingga mengurangi kredibilitas konten facebook.

Berikan Informasi Perusahaan Terbaru

Kredibilitas dan profesionalitas pengembangan akun Facebook yang dikembangkan tidak hanya terlihat dari konten yang disuguhkan, namun anda juga bisa memberikan informasi terbaru mengenai industri dan perusahaan yang dimiliki.

Berbagai informasi ini juga dapat menghibur penggemar dan konsumen yang dimiliki untuk mengetahui perkembangan brand yang disukai.

Beberapa informasi yang bisa anda cantumkan dan diperbarui apabila dibutuhkan adalah halaman website yang dimiliki serta beberapa konten website yang bisa dikunjungi serta penawaran yang diberikan.

Alamat email yang memudahkan konsumen dalam memberikan keluhan produk dan layanan yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Halaman deskripsi yang berisi perusahaan yang dijalanan serta layanan dan produk yang diberikan.

Pada akun kreator, anda bisa menjelaskan persona yang ditampilkan di Facebook serta topik yang disuguhkan di setiap kontennya.

Beberapa infromasi perusahaan terbaru juga bisa anda suguhkan apabila anda mendapatkan publikasi berita dari media massa terkenal sehingga meningkatkan kredibilitas produk.

Tidak hanya itu, pemberitaan ini juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen yang telah berkali-kali membeli produk yang anda jual.

Selain itu, anda juga bisa mengunggah publikasi jurnal yang membahas perkembangan produk dan brand yang anda miliki.

Sumber :

https://sproutsocial.com/insights/how-to-get-verified-on-facebook/

https://influencermarketinghub.com/get-verified-on-facebook/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *