Tips Gunakan Facebook Insight di Facebook Business
Kenali berbagai fitur yang disediakan oleh facebook insight untuk analisa performa akun facebook dan strategi marketing yang tepat.
Facebook insight merupakan salah satu tools analisa facebook marketing yang tersedia di platform facebook.
Di saat anda mencoba masuk ke dalam facebook insight maka kreator akan menemukan berbagai informasi yang membantu untuk lebih memahami halaman facebook yang anda miliki.
Dengan berbagai data yang berbeda dan bisa diukur kinerjanya seperti jumlah likes, engagement, jangkauan, serta demografi, facebook insight akan membantu dalam memahami bagaimana konten anda menjangkau konsumen yang dimiliki.
Tidak hanya itu, kehadiran facebook insight mampu untuk mengenali pertumbuhan akun facebook serta memberikan gambaran mengenai kinerja strategi marketing di akun facebook yang anda jalankan.
Karenanya berbagai informasi berikut akan membantu anda dalam fitu-fitur yang disediakan oleh facebook insight serta cara mengukur kinerja akun facebook melalui layanan insight.
Pengertian Facebook Insight
Facebook insight merupakan dashboard analisa dimana kreator dapat menganalisa kebiasaan konsumen dan performa dari konten facebook yang telah anda unggah sebelumnya.
Layanan facebook insight sendiri memiliki berbagai informasi diantaranya jumlah pengguna facebook yang melihat halaman facebook anda, jangkauan konten secara organik dan berbayar, serta rekomendasi halaman facebook kompetitor yang bisa anda lihat dan analisa.
Di sisi lain, saat melihat halaman facebook insight nantinya kreator akan melihat dua halaman analisa yang berbeda, yakni facebook audience insight serta facebook insight yang keduanya memiliki perbedaan sendiri.
Facebook insight memberikan visualisasi data yang di dapatkan dari halaman facebook bisnis anda sehingga kreator dapat mempelajari kebiasaan konsumen yang dimiliki, konten yang sering dikunjungi dan diberikan apresiasi, serta data mengenai kinerja halaman facebook kompetitor.
Di sisi lain, facebook audience insight menyajikan informasi berupa campaign iklan yang membantu kreator dalam memahami audience facebook secara umum termasuk konsumen yang mengikuti halaman facebook anda.
Bagi kreator yang ingin melihat data yang diberikan oleh facebook insight maka anda bisa mengaksesnya di halama facebook dengan beberapa langkah berikut :
- Masuk ke halaman facebook kemudian masuk ke layanan manage page dimana kreator dapat menemukan ikon insight yang berada di bagian kiri halaman.
- Setelah melakukan klik pada ikon insight maka anda akan dibawa ke halaman overview, dimana dashboard tersebut akan dibagi ke beberapa kategori utama, salah satunya adalah summary page yang menyajikan data dalam dalam jangka waktu tertentu yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.
- Lalu setelah anda melihat kembali ke bawah maka anda akan mendapatkan informasi facebook insight dari berbagai konten terbaru yang telah anda unggah sebelumnya.
- Halaman terakhir dari facebook insight adalah kinerja dari kompetitor yang anda miliki. Pada bagian ini, facebook dapat merekomendasikan halaman yang bisa anda analisa atau memilih sendiri halaman facebook business yang anda inginkan dengan pilihan Add Pages.
- Guna mengetahui lebih dalam mengenai metrik facebook pages maka anda dapat melakukan klik dalam beberapa kategori yang disediakan pada bagian kiri dashboard.
Keuntungan Menggunakan Facebook Insight
Beberapa kreator facebook mungkin merasa kesulitan dalam memperluas jangkauan konten facebook, sehingga memerlukan bantuan facebook insight yang menyajikan beberapa informasi mengenai performa konten yang telah anda unggah sebelumnya.
Berbagai informasi yang diberikan tentunya akan membantu kreator menyadari bahwa konten facebook yang dimiliki mendapatkan hasil yang lebih maksimal dibandingkan yang telah dipikirkan sebelumnya.
Penggunaan facebook insight juga dapat membantu memberikan hasil yang maksimal pada strategi marketing di facebook sehingga anda dapat mengetahui jenis konten yang sesuai dengan citra brand anda serta disukai oleh konsumen.
Hal ini tentunya membuat kreator memberikan usaha lebih pada konten yang berhasil dibandingkan unggahan yang kurang memuaskan di halaman facebook.
Kreator juga dapat mengumpulkan informasi mendasar dari halaman facebook insight yang kemudian digunakan untuk menemukan konten yang tahan lama bagi akun facebook anda.
Berikut beberapa keuntungan menggunakan facebook insight untuk pengembangan halaman facebook business.
Mengetahui Performa Halaman Facebook
Setelah mengunggah berbagai konten facebook secara rutin serta melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki tentunya kreator sebaiknya mengetahui performa halaman facebook.
Hal ini dilakukan untuk melihat apakah strategi halaman facebook yang dimiliki sudah tepat atau perlu diperbarui lagi untuk mendapatkan performa konten yang maksimal.
Dengan mengetahui kinerja halaman facebook maka kreator dapat memberikan apresiasi pada kinerja konten yang telah diunggah serta memberikan informasi untuk membawa halaman facebook ke depannya.
Selain itu, kreator juga akan mendapatkan informasi mengenai konten yang konsisten mendapatkan banyak likes, pengikut facebook yang telah meninggalkan halaman facebook anda, serta beberapa fakta penting yang terjadi di halaman facebook anda sehingga bisa menjadi pembelajaran untuk strategi marketing ke depannya.
Cara mengecek halaman facebook pun cukup mudah, kreator cukup masuk ke halaman reach kemudian anda akan diperlihatkan jangkauan yang telah anda capai pada jangka waktu tertentu.
Kreator dapat melihat kinerja jangkauan konten anda dari waktu ke waktu untuk melihat performa akun facebook yang telah anda jalankan dalam jangka waktu tertentu.
Laporan Kinerja Halaman Facebook
Bagi agensi yang diminta untuk mengembangkan halaman facebook tentunya anda memerlukan data yang akurat mengenai akun facebook yang dikembangkan serta performa konten yang telah diunggah.
Karenanya halaman facebook insight hadir untuk memberikan informasi mengenai kinerja dalam mengembangkan akun facebook dengan tujuan yang diinginkan.
Keuntungan lain dari menggunakan halaman facebook insight adalah berbagai data yang diberikan bisa diunduh dan dihadirkan dalam bentuk dokumen PDF, spread sheets,serta charts sehingga memudahkan memberikan hasil kinerja anda pada orang lain yang tidak memegang halaman facebook.
Berbagai data yang diberikan juga menjadi evaluasi halaman facebook yang dimiliki sehingga anda dapat menentukan strategi yang tepat dalam membangun akun business.
Kreator dapat mengunduh data yang diinginkan dengan cara masuk ke halaman insight kemudian klik ke ikon export kemudian pilih data serta tanggal yang diinginkan.
Anda bisa mendapatkan kinerja facebook insight dalam jangka waktu 180 hari serta 500 unggahan konten.
Memahami Konsumen yang Dimiliki
Salah satu tujuan dalam membuka halaman facebook business adalah mengenalkan brand anda pada konsumen yang diinginkan sehingga produk yang dimiliki menjadi lebih terkenal.
Karenanya kreator juga sebaiknya mengetahui demografi konsumen guna menghasilkan konten yang tepat serta disukai oleh pengguna facebook yang diinginkan.
Kreator bisa menggunakan halaman facebook insight untuk merancang target pada jenis konsumen yang spesifik dengan campaign, branding, serta konten yang dimiliki.
Halaman Facebook insight akan membantu anda dalam mengungkapkan konsumen yang menyukai dan melakukan interaksi dengan konten anda dengan data demografis dan goeografis yang mencakup usia, jenis kelamin, serta lokasi konsumen yang menyukai konten anda.
Tidak hanya itu, kreator juga dapat mengetahui waktu aktif konsumen yang digunakan untuk mengecek waktu unggah konten yang tepat.
Optimasi Halaman Facebook
Halaman facebook insight dapat menampilkan jumlah pengikut facebook yang mengikuti halaman facebook anda dari interaksi yang dilakukan dengan konten facebook anda atau dari informasi yang disediakan di profile facebook.
Informasi tersebut juga membantu kreator untuk mengetahui apakah strategi marketing yang dilakukan sudah tepat atau perlu melakukan rencana lain yang telah dirancang sebelumnya.
Namun jika angka kunjungan halaman website masih belum sesuai target yang diinginkan maka kreator bisa mengubah tombol call to action sehingga menarik perhatian pengguna facebook untuk mengunjungi website anda.
Penjadwalan Konten di Waktu Aktif Konsumen
Salah satu strategi untuk menaikkan kinerja halaman facebook business adalah dengan konsisten mengunggah konten yang disukai oleh konsumen yang dimiliki.
Konsistensi ini juga berupa mengunggah konten di waktu aktif konsumen tanpa adanya jeba sekalipun.
Meskipun begitu, cara tersebut mungkin sulit dilakukan mengingat kreator juga melakukan berbagai pekerjaan lain sehingga melupakan mengunggah konten di waktu yang telah ditentukan.
Karenanya untuk mengatasi masalah tersebut maka kreator bisa menggunakan fitur penjadwalan konten yang disediakan oleh creator studio.
Layanan penjadwalan konten ini memunginkan kreator untuk mengunggah konten di waktu yang telah dijadwalkan yang akan diunggah secara otomatis oleh facebook.
Dalam mengunggah konten melalui creator studio, kreator juga bisa mengetahui waktu aktif konsumen yang bisa dilihat di halaman facebook insight.
Tools Mengecek Facebook Insight
Dalam mengecek kinerja halaman facebook melalui facebook insight maka kreator diberikan tiga pilihan fitur, yakni Facebook Business Suite, Creator Studio, serta Facebook Insight.
Berikut ulasan lengkap mengenai tiga fitur tersebut serta cara menggunakannya untuk menganalisa konten facebook.
Facebook Business Suite
Facebook business suite merupakan layanan dari facebook yang bisa digunakan untuk mengatur semua halaman facebook dan instagram business yang anda miliki di satu tempat.
Hal ini tentunya memudahkan kreator dalam mengunggah berbagai konten dan melakukan interaksi dengan konsumen di satu tempat sehingga tidak perlu masuk ke aplikasi instagram dan facebook.
Kreator juga dapat menemukan berbagai business tools di satu tempat dimana kreator dapat mengatur aktivitas facebook serta iklan berbayar di satu tempat.
Di sisi lain, kreator juga bisa mengecek kinerja halaman serta konten secara organik dan berbayar pada halaman facebook dan instagram pada layanan Business Suite Insights Section.
Tidak hanya itu, kreator juga dapat mengecek laporan metrik, trend, serta konten yang anda miliki untuk mendapatkan laporan facebook insight mengenai keseluruhan akun instagram dan facebook serta konten individu.
Beberapa laporan insight yang di dapatkan adalah interaksi konsumen termasuk jumlah likes dan komentar yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu, informasi demografi mengenai konsumen yang dimiliki seperti usia, jenis kelamin, atau lokasi, serta jangkauan halaman facebook.
Sayangnya layanan business suite ini memiliki koneksi langsung dengan business manager yang mungkin tidak tersedia di wilayah anda.
Namun jika anda ingin mengkases Facebook Business Suite maka anda bisa masuk ke akun facebook business yang anda miliki.
Creator Studio
Guna mengunggah berbagai konten di social media serta memaksimalkan kinerja halaman facebook yang anda miliki maka kreator bisa menggunakan layanan creator studio.
Pada halaman ini, kreator akan mendapatkan berbagai fitur untuk mengunggah, menjadwalkan, serta mengedit konten sebelum diunggah ke pengikut yang dimiliki.
Creator studio sendiri merupakan halaman facebook yang dirancang untuk konten kreator dalam mengumpulkan berbagai konten, melacak. mengatur, serta monetisasi facebook yang semuanya bisa di akses pada satu halaman khusus.
Layanan creator studio juga mudah dipelajari untuk kreator yang baru pertama kali memiliki halaman facebook sehingga dapat menghasilkan konten yang diinginkan dengan maksimal.
Tidak hanya itu, kreator juga bisa melacak hasil monetisasi konten yang dimiliki serta konten yang disukai oleh konsumen sehingga bisa digunakan untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan di facebook.
Kreator juga bisa memeriksa kinerja konten melalui layanan facebook insight yang tersedia di creator studio guna memberikan informasi mengenai performa dan jangkauan konten, halaman, serta monetisasi konten.
Beberapa fitur facebook insight yang bisa dimanfaatkan di halaman creator studio adalah naik turun jumlah pengikut dalam jangka waktu tertentu, impresi, jangkauan, interaksi dengan pengguna facebook, informasi mengenai konsumen yang dimiliki, serta perfoma dan loyalti dari konten facebook.
Facebook Insight
Halaman utama yang bisa digunakan kreator dalam mengakses berbagai informasi kinerja halaman facebook adalah facebook insight.
Pada halaman inilah kreator dapat mengulas kinerja konten, trend yang disukai oleh pengguna facebook, serta detail mengenai audience yang dimiliki.
Melalui fitur facebook insight, kreator juga dapat memahami konsumen lebih mudah sehingga dapat merancang campaign serta konten yang sesuai dengan keinginan konsumen.
Metrik Facebook Insight
Pengguna facebook memiliki berbagai cara untuk melakukan interaksi dengan halaman facebook anda, seperti mengunjungi halaman facebook, melakukan klik pada iklan facebook, membeli produk yang anda jual di facebook shop, atau melakukan interaksi di siaran langsung.
Di luar analisa halaman facebook, penting bagi kreator untuk memahami kebiasaan konsumen, keterlibatan pada konten yang telah anda unggah, serta demografi konsumen yang mengikuti halaman facebok anda.
Reach
Saat mengunggah konten di facebook tentunya unggahan anda akan menjangkau pengikut yang dimiliki serta pengguna facebook lainnya jika jumlah engagement memiliki peningkatan tajam.
Jangkauan ini juga digunakan untuk mengukur jumlah pengguna facebook yang melihat konten anda setelah postingan anda di unggah.
Tidak hanya itu, metrik reach ini juga memberikan informasi mengenai orang-orang yang melakukan interaksi dengan konten anda serta jumlah orang yang menyembunyikan serta melaporkan konten anda sebagai spam.
Metrik reach sendiri juga dibagi ke dalam beberapa informasi, seperti : jangkauan konten, reaksi berupa komentar, likes, dan share, serta jumlah jangkauan yang di dapatkan dari sebuah atau keseluruhan konten di facebook dalam jangka waktu tertentu.
Jangkauan Konten
Pada metrik ini, pengguna akan disajikan data mengenai jumlah orang yang melihat konten anda baik secara organik atau berbayar.
Data ini menjadi cara cepat untuk menilai jangkauan konten anda dari waktu ke waktu dan mengetahui kinerja iklan facebook yang telah dibayar.
Reaksi, Komentar, serta Bagikan Konten
Saat melihat konten di facebook biasanya pengguna facebook akan meninggalkan jejak seperti likes atau komentar pada postingan yang dianggap menarik serta sesuai dengan minat yang dimiliki.
Guna memastikan konten anda disukai oleh pengguna facebook maka kreator bisa mengeceknya melalui metri reaksi komentar serta bagikan konten facebook.
Semakin banyak orang yang mengomentari bahkan membagikan konten anda memberi peluang besar bagi konten anda disukai oleh banyak orang.
Tidak hanya itu, jika sebuah konten telah mencapai interaksi dengan konsumen maka facebook akan menyajikannya ke pengguna facebook yang lebih banyak serta memiliki minat yang sama dengan konten anda.
Semakin banyak interaksi yang dilakukan maka jangkauan konten anda akan semakin luas bahkan sampai ke pengguna facebook yang belum pernah mengenal anda sebelumnya.
Reaksi
Guna memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam melakukan interaksi di facebook maka platform satu ini menyediakan reaksi dengan berbagai emoticon yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.
Dengan layanan facebook insight, kreator juga bisa melihat jumlah reaksi yang di dapatkan dalam satu bulan.
Semakin banyak reaksi positif yang anda dapatkan menandakan konten anda disukai oleh pengguna facebook.
Konten Spam
Saat pengguna facebook terlalu banyak melihat konten dengan isi yang sama berulang kali mungkin akan menimbulkan kebosanan sehingga membuat pengguna facebook akhirnya menyembunyikan konten tersebut.
Di sisi lain, konten iklan yang terus menerus muncul mungkin akan membuat pengguna facebook merasa jenuh hingga akhirnya menandai konten anda sebagai spam.
Karenanya untuk memastikan konten iklan anda tidak diblokir oleh pengguna facebook maka anda bisa melihat metrik hide post untuk melihat pandangan konsumen terhadap konten yang anda unggah.
Namun apabila konten iklan anda dilaporkan sebagai spam maka kreator bisa menggantinya dengan iklan lain yang lebih menarik di mata pengguna facebook.
Total Jangkauan
Semakin banyak interaksi yang dilakukan pengguna facebook pada konten anda mungkin saja akan membawa jangkauan facebook anda meluas.
Guna melacak jangkauan konten yang anda miliki maka kreator bisa melihat pada facebook insight mengenai penyebaran postingan anda melalui organik atau berbayar.
Total jangkauan sendiri merupakan jumlah orang yang melakukan aktivitas di halaman facebook anda, seperti menyukai konten anda, melihat iklan yang anda tayangkan, menyebutkan akun facebook, serta membeli produk yang anda jual di facebook shop.
Berbagai informasi tersebut juga merangkum kenaikan performa konten organik dan berbayar dalam durasi tertentu.
Likes
Pada fitur likes, kreator akan diberikan informasi mengenai jumlah likes yang anda dapatkan pada halaman facebook anda.
Tidak hanya itu, anda akan diperlihatkan kenaikan likes pada halaman facebook, rata-rata, serta sumber likes yang di dapatkan.
Facebook insight sendiri membagikan beberapa jenis likes, diantaranya total suka halaman setiap harinya, rata-rata likes yang di dapatkan, serta sumber likes.
Total Suka Halaman
Sebuah konten yang sering muncul di timeline facebook serta disukai oleh pengguna facebook akan membuka peluang jumlah kenaikan halaman.
Total suka halaman ini juga bisa di dapatkan secara organik dari konten yang telah anda unggah atau iklan yang anda sebarkan di halaman facebook.
Pada grafik ini juga menunjukkan trend kenaikan atau penurunan halaman facebook sehingga menjadi informasi yang berharga bagi kreator.
Net Likes
Tidak hanya disajikan jumlah suka pada halaman anda namun kreator juga diberikan informasi mengenai jumlah kenaikan halaman facebook anda serta memberikan informasi mengenai proporsi kenaikan likes baik dari organik atau berbayar.
Selain itu, kreator juga disajikan jumlah unlike dari pengguna facebook sehingga bisa menjadi evaluasi strategi marketing selanjutnya.
Sumber :
A Beginner’s Guide to Facebook Insights [+ Step-by-Step Instructions] (hubspot.com)
How to Use Facebook Insights to Improve Your Engagement : Social Media Examiner
4 Tools to Use Instead of Facebook Analytics (hootsuite.com)
The Beginner’s Guide to Facebook Insights (Actionable Tips Included) (buffer.com)
Responses