pexels brett jordan 5426402 1

Facebook Analytics: Tips Mengukur Performa akun Facebook

Maksimalkan performa akun facebook untuk promosi menggunakan fitur facebook analytics.

Pengguna facebook business yang menggunakan halamannya untuk promosi atau interaksi dengan konsumen biasanya akan menggunakan beberapa strategi marketing untuk optimasi promosi yang lebih efektif.

Namun, anda mungkin merasa penasaran apakan konten facebook anda sudah efektif untuk menjangkau konsumen yang tepat atau diperlukan perubahan ulang untuk mendapatkan hasil promosi yang efektif.

Untuk mengukur performa konten dan akun facebook, maka anda bisa menggunakan layanan facebook analytics yang tersedia di akun business.

Dengan menggunakan layanan ini, anda akan mendapatkan berbagai data yang membantu untuk memahami halaman facebook business yang anda jalankan.

Hal ini akan membantu anda untuk mengetahui apakah konten facebook anda disukai oleh konsumen, serta perkembangan akun facebook berdasarkan strategi marketing yang anda gunakan sebelumnya.

Karenanya berikut beberapa keuntungan menggunakan facebook analytics serta metrik yang membantu dalam pengukurkan kinerja halaman facebook anda.

keuntungan menggunakan facebook analytics

Keuntungan Menggunakan Facebook Analytics

ie5vFkKoQMGPMlyqoh1H

Sebuah studi dari Statista mencatat bahwa Facebook menjadi salah satu social media dengan jumlah pengguna terbanyak mencapai 2.9 milliar pengguna aktif.

Sehingga tidak mengherankan apabila jamak ditemukan berbagai akun facebook brand yang bersaing untuk mempromosikan produk dan brand yang dimiliki.

Dalam proses promosi tersebut, sebagian besar brand menggunakan akun facebook business yang menyediakan dua layanan tambahan, yakni halaman iklan serta facebook analytics.

Meskipun halaman facebook analytics gratis sendiri sudah tidak lagi ditemukan sejak bulan July 2021, namun platform ini masih menyediakan berbagai cara yang bisa digunakan kreator untuk mengumpulkan berbagai informasi yang bermanfaat.

 Memantau berbagai data mengenai kinerja konten serta akun facebook melalui facebook analytics tentunya sangat penting bagi semua usaha.

Hal ini dikarenakan facebook analytics memberikan berbagai informasi yang dapat membantu anda meningkatkan kinerja akun facebook dengan mempelajari kapan, bagaimana, dan mengapa seorang konsumen melakukan interaksi dengan konten yang anda miliki.

Analisa interaksi tersebut juga akan memberikan berbagai manfaat yang menguntungkan bagi marketer, diantaranya adalah :

  • Menemukan cara menjangkau lebih banyak konsumen royal dan loyal.
  • Optimasi di target konsumen baru.
  • Menyaring audience untuk menciptakan pasar yang sesuai atau menjangkau konsumen yang lebih luas.
  • Mengetahui kebiasaan konsumen dalam melakukan interaksi dengan konten facebook yang telah anda unggah, seperti komentar yang masuk, jumlah likes yang di dapatkan pada konten yang berbeda, serta jenis postingan yang disukai.
  • Memantau kenaikan dan penurunan jumlah audience.
  • Meningkatkan jumlah audience.

Semua informasi tersebut merepresentasikan wawasan yang penting dan akan anda dapatkan melalui facebook analytics, sehingga anda bisa menjalankan strategi social media dengan hasil yang maksimal.

Setelah mengetahui berbagai manfaat yang akan di dapatkan dengan facebook analytics, maka berikut cara mengakses halaman facebook analytics dengan mudah.

1FZYKUcQueD8TKZFL7vc

Cara Menemukan Halaman Facebook Analytics

Cara mengakses halaman facebook analytics cukup mudah, dimulai dengan masuk ke halaman profil facebook, kemudian pada bagian kiri halaman anda akan menemukan berbagai kolom, salah satunya adalah facebook analytics.

Dengan masuk ke halaman facebook analytics tersebut maka anda akan menemukan delapan metrik yang menyajikan berbagai informasi berbeda dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja akun dan konten facebook anda dalam jangka waktu tertentu.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan berbagai facebook analytics tools yang disediakan oleh facebook atau website social media manager.

9Dc3vasRCWPHqXm9DRew

Facebook Business Suite

Setelah halaman facebook analytics pergi dan menghilang, maka Facebook meluncurkan layanan baru bernama Facebook Business Suite.

Melalui halaman ini, marketer dapat memanfaatkan berbagai tools tambahan untuk mengatur halaman Facebook atau Instagram brand yang dimiliki, termasuk layanan kirim dan balas pesan konsumen, promosi iklan berbayar, penjadwalan konten social media, serta analisa kinerja konten dan akun Facebook serta Instagram.

Guna mengakses halaman ini, anda hanya perlu masuk ke halaman insight yang bisa digunakan untuk mengukur metrik yang berkaitan dengan audience yang anda miliki serta konten yang telah anda unggah sebelumnya.

Berbagai tools wawasan ini juga dibagi ke dalam empat dashboard penting, diantaranya adalah :

  • Overview : Halaman yang berisi rangkuman metrik facebook marketing, seperti jangkauan audience serta jumlah likes yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu.
  • Results : Halaman yang menunjukkan jangkauan halaman anda di setiap minggunya.
  • Content : Halaman yang berisi performa konten yang telah anda unggah di waktu-waktu tertentu.
  • Audience : Halaman yang memberikan demografi dari konsumen terbaru dan memiliki potensi di waktu yang akan datang.
uK2Yzi0RRfCFr6nP28oP

 Facebook Insight 

Halaman Facebook analytics selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah Facebook insight, yang bisa anda akses secara langsung melalui halaman facebook business.

Untuk mengakses halaman ini, anda hanya perlu mengakses halaman profil facebook dan melakukan klik pada kolom facebook insight yang berada di bagian kiri.

Dengan halaman facebook insight, anda bisa menganalisa kebiasaan halaman facebook business serta performanya dalam jangka waktu tertentu.

Tidak hanya itu, facebook insight juga menyajikan beberapa metrik sederhana yang berisi jumlah suka di halaman facebook, jangkauan untuk konten organik dan berbayar, serta wawasan dari kompetitor lain yang memiliki jenis produk yang sama.

Sayangnya halaman facebook insight ini hanya menyajikan kinerja konten dalam jangka waktu seminggu dan sebulan.

Facebook Pixel

Penasaran dengan jumlah kunjungan halaman website yang berasal dari Facebook? Anda bisa mendapatkan berbagai informasi tersebut melalui halaman Facebook Pixel.

Dimana anda bisa melihat kinerja iklan yang membawa ke halaman website anda dan mengetahui kegiatan yang mereka lakukan di website anda.

Tidak hanya itu, anda juga akan mendapatkan beberapa informasi tambahan, diantaranya adalah :

  • Mengukur interaksi pengunjung.
  • Membandingkan biaya iklan untuk promosi yang berbeda.
  • Ikon yang dikunjungi oleh konsumen.
  • Aktivitas pada keranjang belanja, seperti barang yang paling banyak dibeli atau mendapatkan sedikit perhatian dari konsumen.

Dengan berbagai informasi yang diberikan, maka anda bisa membandingkan kinerja satu sama lain serta menentukan keputusan berdasarkan data yang telah diberikan.

Sehingga anda dapat mengetahui strategi pemasaran yang bekerja untuk konsumen serta membantu untuk meningkatkan penjualan.

y5R7GYfTlapENpcaNlnJ

Facebook Creator Studio 

Facebook creator studio memiliki kesamaan dengan halaman facebook insight, namun memiliki perbedaan pada analisa yang lebih mendalam untuk halaman facebook, video, serta story.

Dengan halaman ini, anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi yang berguna, diantaranya adalah :

  • Perfoma social media secara keseluruhan.
  • Jumlah pengikut yang bertambah atau berkurang.
  • Performa Video.
  • Aktivitas pengikut.
  • Performa konten story.
  • Hasil yang di dapatkan dari monetisasi konten social media.
jUG2CI7ZRWay00DG3tzl

Socialinsider 

Marketer tidak hanya bisa mengukur kinerja halaman dan konten facebook melalui platform yang dimiliki oleh Facebook, namun bisa dilakukan juga dengan bantuan dari website social media manager.

Salah satunya adalah platform Socialinsider yang menyediakan tools khusus untuk mengukur kinerja halaman facebook secara lengkap,

Tidak hanya itu, anda juga bisa meningkatkan strategi facebook marketing yang telah anda jalankan sebelumnya dengan membandingkan kinerja kompetitor lain, influencer, serta kreator yang memiliki topik dan minat yang sama dengan industri anda.

Perbandingan kinerja ini juga bisa menjadi pertimbangan apabila akan melakukan kolaborasi promosi dengan influencer lain yang memiliki topik yang relevan dengan industri anda.

Hal ini tentunya akan lebih menghemat waktu dalam menganalisa kinerja halaman facebook.

jRhkhG2rRBi6Kj2NygVD

Tidak hanya itu, berbagai keuntungan lainnya juga bisa anda dapatkan setelah menggunakan layanan facebook analytics dari Socialinsider, diantaranya adalah :

  • Mendapatkan berbagai metrik facebook analytics dari satu tempat khusus.
  • Memperlihatkan analisa performa konten di Facebook.
  • Memahami jangkauan serta interaksi Facebook.
  • Membandingkan kinerja konten dengan kompetitor lainnya.
  • Memahami performa konten video yang banyak digunakan sebagai media promosi dan interaksi
  • Mengunduh informasi dalam bentuk file PDF, Excel, dan Powerpoint.
  • Memindahkan data Facebook di website Google Data Studio.
metrik facebook analytics

Jenis-jenis Metrik Facebook Analytics

Setelah mengetahui halaman untuk mengakses facebook analytics, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mengetahui dan memahami berbagai metrik facebook analytics yang dapat digunakan untuk pengukuran kinerja konten facebook.

Berikut beberapa metrik yang disediakan oleh facebook analytics untuk menghitung kinerja akun dan konten facebook.

tnQUDhfSleHghYMn5IgA

Overview untuk Mengecek Kinerja Halaman Facebook 

Halaman overview yang tersedia di Facebook analytics memungkinkan anda untuk mengecek metrik pada akun facebook yang anda miliki, dengan dukungan beberapa kunci pengukuran mengenai kinerja postingan terbaru serta membandingkan dengan halaman facebook lainnya, 

Beberapa metrik yang dihitung pada halaman overview adalah rangkuman kinerja halaman facebook, postingan terbaru, serta wawasan mengenai halaman facebook lainnya.

tcIjr4eLRg2AOlLXHZOo

Page Summary 

Pada bagian rangkuman halaman ini, akan menunjukkan metrik dari akun facebook anda selama seminggu, seperti jumlah pengikut baru, interaksi di setiap konten, serta jangkauan postingan dalam waktu tujuh hari.

Informasi ini juga akan merangkum perubahan dari periode sebelumnya dengan tampilan grafik yang mudah dipahami.

Sehingga bagian ini cocok digunakan untuk menilai performa halaman facebook anda secara ringkas.

Salah satu contohnya adalah apabila target anda adalah menaikkan pertumbuhan pengikut baru, maka anda bisa mengakses pada bagian page likes dan reach, namun apabila anda ingin melihat interaksi yang di dapatkan pada konten video, maka anda bisa mengecek pada wawasan video views dan post engagement.

Postingan Terbaru  

Bagian ini akan menunjukkan berbagai informasi dari perfoma konten facebook yang memperoleh performa tertinggi, dengan data mengenai waktu dan tanggal penayangan, caption, tipe konten, target, jangkauan, serta interaksi yang di dapatkan.

Sehingga metrik ini bisa digunakan untuk mengukur performa berbagai konten terbaru dan tipe konten yang memiliki kinerja yang lebih baik.

Contohnya adalah anda bisa melihat bahwa konten video memiliki kinerja yang lebih baik, dibandingkan postingan foto.

Rekomendasi Akun Facebook 

Dalam mengembangkan akun facebook brand, tentunya anda akan menemui berbagai brand yang menjalankan usaha dengan jenis produk yang sama, atau influencer yang membahas topik industri yang sama.

Persamaan ini tidak perlu anda khawatirkan, namun bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja konten facebook serta interaksi dengan konsumen, agar akun facebook brand anda mendapatkan perhatian dari pengguna Facebook.

Tidak hanya itu, Influencer yang memiliki jenis topik industri yang sama juga bisa anda gunakan untuk kolaborasi promosi produk, sehingga bermanfaat untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Facebook sendiiri memiliki halaman khusus yang bisa anda gunakan untuk mengecek kinerja kompetitor lain atau influencer dan kreator yang bergerak di bidang yang serupa.

Informasi ini tentunya akan memberikan anda perbedaan antara halaman facebook anda serta akun kompetitor lainnya yang ingin anda analisa lebih dalam.

Sehingga saat anda mengecek beberapa akun facebook kompetitor, maka anda akan diperlihatkan berbagai konten yang memiliki kinerja paling tinggi pada jangka waktu tertentu.

Tentunya halaman ini bermanfaat bagi anda untuk mengecek kinerja halaman facebook anda dibandingkan dengan kompetitor lain serta mendapatkan informasi terbaru mengenai topik dari industri yang anda jalankan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengunduh berbagai informasi kinerja akun facebook anda dalam berbagai bentuk dokumen, sehingga bisa anda bagikan ke anggota tim lainnya sebagai media diskusi untuk pengembangan strategi marketing facebook selanjutnya.

Jumlah Likes Halaman Facebook

Metrik selanjutnya yang mampu membuat marketer merasa cemas akan pertumbuhan setiap harinya adalah jumlah likes yang di dapatkan setiap harinya.

Hal ini dikarenakan akan menjadi hasil akhir dari setiap konten yang telah anda unggah  serta jangkauan postingan berkat interaksi yang dilakukan dengan pengikut lainnya.

Tidak hanya itu, anda juga akan mendapatkan berbagai metrik tambahan seperti pertumbuhan likes, rata-rata jumlah suka, serta sumber dari interaksi yang anda dapatkan pada jangka waktu tertentu.

q3b0JHpDR1Ko4HA6usWy

Jumlah Suka Halaman Setiap Hari

Grafik ini akan menunjukkan jumlah kenaikan dan penurunan jumlah suka pada halaman facebook anda, yang ditunjukkan pada perbedaan jumlah likes setiap harinya.

Informasi ini tentunya berguna untuk mengulik penyebab penurunan dan kenaikan jumlah likes yang berbeda-beda.

cjzlru3lRZWkiPVLiUe9

Rata-rata Jumlah Suka

Grafik ini akan memberikan informasi mengenai pertumbuhan jumlah suka yang berbeda setiap harinya, seperti jumlah kenaikan dan penurunan jumlah suka secara organik dan berbayar, serta data mengenai orang-orang yang berhenti mengikuti akun facebook anda.

Sehingga anda dapat mengukur penyebab penurunan yang drastis serta kenaikan yang meningkat di waktu-waktu tertentu.

Contohnya adalah penurunan yang terjadi karena postingan konten yang terlalu banyak namun memiliki pola yang sama atau kenaikan berkat kontes giveaway yang mensyaratkan untuk mengikuti halaman facebook tertentu.

oOq2JCvOSkOz0tmCmJYc

Sumber Suka Halaman Facebook 

Seorang konsumen baru bisa datang darimana saja dari tempat yang tidak pernah anda sangka sebelumnya.

Misalnya dari konten facebook anda yang viral sehingga mendapatkan perhatian dari pengguna facebook lainnya atau rekomendasi dari konsumen anda yang menyarankan akun anda.

Berbagai sumber menyukai halaman facebook ini juga bisa menjadi faktor pengukuran apakah strategi promosi anda berjalan lancar serta berhasil mendapatkan perhatian dari konsumen yang anda miliki.

Grafik tersebut akan menunjukkan sumber menyukai halaman anda, seperti langsung masuk ke halaman facebook melalui kolom pencarian, konten viral, serta iklan yang telah anda tayangkan.

nifCuD8hRyetJGfuEVy5

Pastikan juga anda mengecek bagian hide, report as spam, atau unlikes untuk memastikan halaman facebook anda mengganggu pengguna facebook yang mendapatkan konten yang tidak relevan.

Seberapa Jauh Jangkauan Konten Facebook Anda

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, semakin banyak jumlah interaksi yang di dapatkan pada sebuah postingan, maka anda membuka peluang untuk memperluas jangkauan konten facebook yang anda miliki.

Sehingga apabila sebuah konten viral dengan mendapatkan jumlah likes yang cukup banyak, maka bisa membuka peluang untuk memperluas jangkauan konten ke pengguna facebook yang lebih luas.

Pada halaman reach ini, anda akan diberikan beberapa informasi mengenai jangkauan konten dan halaman facebook dan faktor yang bisa meningkatkan dan menurunkan jangkauan konten.

Beberapa informasi yang bisa anda dapatkan pada metrik reach adalah jangkauan konten, reaksi berupa emoticon, komentar, jumlah konten yang dibagikan, konten yang dilaporkan spam, serta total jangkauan keseluruhan.

ackSMp5GSwKKW9aFefKf

Jangkauan Konten 

Grafik ini menunjukkan jumlah orang yang melihat konten facebook anda secara organik, sehingga menjadi pengukuran apakah postingan anda telah mencapai target jangkauan konten yang anda inginkan.

Informasi ini juga menunjukkan jangkauan organik dan berbayar yang anda dapatkan dari iklan facebook.

Reaksi, Komentar, dan Bagikan Konten 

Setelah konten diunggah di facebook, maka anda akan mendapatkan berbagai reaksi dari pengikut anda berupa likes, komentar, serta membagikan konten informatif ke orang lain.

Hal ini juga berlaku apabila konten anda menjadi viral dan menjangkau pengguna facebook yang lebih luas.

Semakin banyak interaksi yang anda dapatkan maka menjadi penentu bahwa postingan anda menarik perhatian banyak orang.

MudHRrSyeNEwFHDMf98Q

Reaksi Emoticon

Salah satu kelebihan dari Facebook yang tidak dimiliki oleh social media lainnya adalah kemampuan untuk memberikan reaksi konten berupa emoticon.

Pemberian reaksi ini juga dapat mengukur apakah konten anda disukai oleh pengikut anda melalui reaksi suka, cinta, kaget, atau kurang disukai dengan pemberian reaksi marah atau sedih.

Facebook juga memberikan metrik facebook analytics yang mengukur kinerja konten anda berdasarkan reaksi yang diberikan oleh pengikut dan pengguna facebook.

Konten yang disembunyikan atau dianggap spam 

Bagi kreator yang baru mengembangkan akun facebook business, tentunya akan mengunggah banyak konten yang berisi pengenalan atau edukasi mengenai produk dan brand yang dijalankan.

Tidak hanya itu, dengan mengunggah banyak konten secara rutin, maka akan membuat akun facebook brand anda mendapatkan perhatian lebih dari pengguna facebook yang memiliki minat yang sama dengan topik industri yang anda jalankan.

Sayangnya dengan mengunggah konten secara terus menerus dengan jenis postingan yang sama, justru akan membuat pengguna facebook merasa bosan dan menganggap konten anda sebagai spam.

Contohnya adalah mengungah foto produk secara terus menerus dengan postingan yang sama dibandingkan memuat berbagai foto di sebuah album photo.

Sehingga anda perlu mengecek apakah konten facebook anda tidak termasuk spam dan masih disukai oleh orang lain dengan mengakse metrik facebook analytics yang diberikan.

FrXiTeK0QiOs7fjrultl

Total Jangkauan 

Setelah mengunggah berbagai konten facebook yang disukai oleh konsumen anda dengan strategi marketing yang terukur, maka anda juga perlu mengecek jumlah jangkauan semua konten dalam beberapa hari tertentu.

Hal ini tentunya akan membantu anda dalam menentukan apakah konten anda sudah sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh konsumen atau perlu mencari topik lain yang relevan.

Total jangkauan ini juga berisi informasi mengenai jumlah orang yang melakukan aktivitas di halaman facebook anda, seperti menyukai halaman anda, mengunggah konten yang relevan di akun facebook yang anda miliki, menyebut postingan dan akun anda, serta berkunjung untuk melihat konten terbaru yang telah anda unggah.

Sama seperti metrik jangkauan lainnya, anda juga bisa melihat apakah promosi konten melalui iklan telah berhasil atau malah mengalami penurunan yang perlu anda revisi ulang.

Sumber :

https://www.socialinsider.io/blog/facebook-analytics/

https://buffer.com/library/facebook-insights/

The Ultimate Guide to Facebook Analytics – Later Blog

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.