fitur facebook

11 Fitur Facebook Untuk Promosi Bisnis

Promosi melalui facebook bisa menjadi lebih efektif dengan menggunakan fitur facebook yang tepat.

Bagi kreator yang memiliki target konsumen di facebook tentu sebaiknya mengetahui beberapa fitur facebook yang keren untuk promosi yang maksimal

Berikut beberapa fitur facebook penting berdasarkan fungsi yang dimiliki untuk strategi marketing serta promosi di Facebook.

pexels tobias dziuba 927629

Maksimalkan Profile Facebook

Saat berulang kali melihat unggahan facebook yang sekiranya menarik dan terus terlihat di timeline facebook tentunya pengguna akan penasaran dengan kreator yang terus mengunggah konten yang menarik perhatian dengan masuk ke akun facebook tersebut.

Sayangnya saat mengunjungi akun facebook tertentu yang terlihat hanya nama akun facebook tanpa adanya foto profil yang terlihat seperti akun palsu.

Padahal adanya profile facebook yang lengkap mampu menarik perhatian pengguna facebook untuk mengikuti akun facebook anda.

Selain itu, jika kreator melakukan koneksi dengan konsumen potensial melalui profil facebook tentunya kreator menginginkan bahwa konsumen dapat menemukan akun anda dengan mudah.

Guna mewujudkan hal tersebut maka kreator bisa memasukkan nama perusahaan yang anda jalankan serta produk yang anda promosikan.

Cara menambahkan nama perusahaan adalah dengan masuk ke halaman pengaturan kemudian klik pada ikon pensil pada fitur work area kemudian ketikkan nama perusahaan anda dan pilih halaman dari drop menu.

Akan tetapi, meskipun kreator memasukkan halaman pada drop menu namun halaman tersebut tidak akan terhubung kecuali anda menambahkannya sendiri.

Penambahan nama perusahaan ini memudahkankan pengguna facebook dalam mengetahui perusahaan yang anda jalankan serta produk yang anda jual.

aktifkan tombol follow

Aktifkan Tombol Follow

Saat postingan facebook anda viral dan menjangkau pengguna facebook yang lebih luas maka kesempatan besar bagi akun facebook anda untuk dikenal oleh banyak orang.

Pada saat inilah akun facebook anda mungkin mendapatkan pengikut yang lebih banyak yang tentunya menguntungkan untuk meningkatkan engagement facebook melalui jumlah penyuka halaman yang lebih banyak.

Agar tidak ketinggalan unggahan terbaru yang anda miliki maka pengguna facebook akan menekan akun follow sehingga postingan anda akan muncul di beranda mereka.

Tombol follow memungkinkan pengguna facebook untuk mengikuti unggahan publik anda, apabila penggemar ingin mengikuti anda maka mereka tinggal mengunjungi akun facebook anda serta melakukan klik pada ikon follow.

Sedangkan, saat teman anda mengirimkan permintaan pertemanan maka mereka akan otomatis mendapat unggahan publik anda meskipun kreator tidak menerima permintaan tersebut.

Facebook sendiri memiliki batasan teman hingga 5.000 orang namun anda bisa menambahkan teman yang lebih banyak dengan mengaktifkan ikon follow guna mengizinkan lebih banyak orang mengikuti akun facebook anda.

Berikut tutorial mengaktifkan tombol follow :

  • Masuklah ke halaman pengaturan dengan melakukan klik pada ikon panah ke bawah pada bagian kanan atas.
  • Klik ikon followers pada bagian tab kiri
  • Pilih fitur everyone from the who can follow me section

Setelah anda menambah kuota pertemanan maka akan semakin banyak orang yang melihat postingan anda baik melalui konten yang dibagikan atau menjadi bagian dari teman anda.

Karenanya penting untuk mengubah setting audience untuk mengontrol siapa saja orang yang dapat melihat konten anda, mulai dari unggahan tertentu atau orang-orang terpercaya yang anda pilih di Facebook.

Dengan memilah audience tertentu maka kreator bisa membagikan konten edukasi ke penggemar atau mencoba konten baru ke relasi yang anda miliki untuk melihat konten tersebut disukai atau perlu revisi ulang.

profile facebook

Bagikan Unggahan Halaman Melalui Profile Facebook

Kreator sendiri memiliki dua cara dalam mengunggah konten facebook, yakni melalui timeline facebook atau halaman profile.

Nyantanya, mengunggah konten melalui halaman profile mampu meningkatkan engagement facebook dibandingkan menyebarkan konten di timeline facebook.

Hal ini dikarenakan halaman profile mendapatkan banyak keterlihatan di timeline facebook, sehingga jika kreator memiliki konten yang disukai konsumen maka lebih baik untuk menyebarkannya di halaman profile untuk mendapatkan reach facebook yang lebih banyak,

Salah satu keuntungan dari membagikan konten melalui profile facebook adalah unggahan anda akan diberi tanda khusus dan memberikan konten anda reach yang lebih banyak sehingga mengenalkan teman atau pengikut anda pada halaman yang dimiliki sehingga menjadi fans.

facebook group

Gunakan Group Untuk Interaksi dan Engagement Konten

Salah satu keuntungan dari menggunakan facebook sebagai media promosi adalah tersedianya fitur facebook berupa group yang belum ditemui di platform lain.

Dengan adanya layanan ini kreator bisa melayani konsumen lebih maksimal dengan batasan anggota yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan sehingga kreator bisa membagikan informasi penting yang belum diunggah ke penggemar yang dimiliki.

Tidak hanya itu, bagi pengguna facebook yang bergabung ke halaman group maka akan mendapatkan informasi konten terbaru secara otomatis sehingga tidak ketinggalan konten terbaru.

Pemberitahuan terbaru ini juga memungkinkan kreator untuk meningkatkan engagement saat konten anda pertama kali di unggah di facebook.

Tidak hanya itu, algoritma facebook juga lebih menyukai keberadaan facebook group sehingga banyak usaha yang membuat grup sebagai strategi marketing di facebook.

Kreator bisa membuat grup untuk promosi produk atau layanan terbaru atau menjadi tempat diskusi dengan konsumen pilihan untuk memperbaiki kekurangan brand anda sehingga meningkatkan kualitas layanan yang dimiliki.

Selain itu, melakukan interaksi dengan konsumen melalui kegiatan tanya jawab secara rutin dapat membangun komunitas yang dimiliki sehingga menjadikan kekuatan brand anda menjadi lebih kuat.

Namun, salah satu hal penting dalam membuat grup adalah kreator hanya bisa membuatnya melalui akun facebook pribadi bukan menggunakan halaman facebook business.

Sehingga kreator tidak bisa masuk ke grup tertentu menggunakan halaman facebook business atau melakukan interaksi dengan mengirimkan pesan atau komentar di unggahan konsumen.

pexels pixabay 162622

Promosi Konten ke Penggemar Tertentu

Kreator facebook tidak hanya diberikan layanan untuk membuat konten namun diberikan kebebasan menggunakan fitur facebook untuk promosi unggahan yang dimiliki.

Salah satu caranya adalah menggunakan fitur facebook berupa iklan berbayar atau boost konten yang tersedia di setiap unggahan facebook.

Saat kreator melakukan boost post maka konten anda akan dilihat oleh lebih banyak orang namun hanya ke konsumen yang diinginkan.

Hal ini dikarenakan kreator dapat memilih konsumen yang anda inginkan sesuai dengan target promosi yang dimiliki guna mendapatkan hasil yang diharapkan.

Keuntungan lain dari menggunakan fitur facebook boost post adalah kreator dapat mengatur jumlah budget yang dikeluarkan serta durasi penayangan iklan sehingga promosi tidak keluar dari budget yang dimiliki.

Apabila kreator bingung untuk memilih konten yang akan dipromosikan maka kreator bisa mempromosikan konten yang bersifat promosi atau memiliki unggahan panjang seperti blog.

Satu hal yang perlu diingat dalam melakukan boost post adalah foto yang akan diunggah sebaiknya menggunakan aturan 20% maksimum teks.

Pastikan juga untuk memilih konten berdasarkan campaign yang sesuai agar hasilnya sesuai dengan keinginan.

fitur facebook messenger

Fitur Facebook Messenger

Facebook tidak hanya menjadi sarana promosi yang efektif guna menjangkau konsumen yang lebih luas namun juga bisa digunakan untuk layanan keluhan pelanggan yang cepat.

Dengan adanya facebook messenger, kini konsumen juga bisa mengirimkan keluhan mengenai produk yang dijual serta mendapatkan kompensasi yang diinginkan.

Selain itu, konsumen juga bisa memesan layanan atau produk yang dimiliki dengan mudah dan cepat melalui facebook messenger.

Sayangnya, layanan pesan ini hanya bisa diakses melalui handphone dengan mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store atau Apple store.

Namun seiring dengan banyaknya pelaku usaha yang menggunakan facebook messenger sebagai sarana komunikasi dengan konsumen maka Facebook meluncurkan layanan ini untuk dekstop.

Facebook messenger for dekstop ini memiliki fitur dan penggunaan yang sama dengan aplikasi messenger di handphone.

Tidak hanya itu, layanan ini secara mudah mengizinkan penggunanya untuk mengakses facebook messenger di dekstop tanpa perlu masuk ke halaman facebook yang dimiliki.

Cara mengunduhnya pun mudah yakni kreator hanya perlu mengakses windows atau IOS App store di dekstop yang dimiliki.

Keuntungan Facebook Messenger

Kehadiran facebook messenger sendiri tidak hanya digunakan sebagai sarana membalas pesan konsumen namun juga digunakan untuk memesan produk tertentu melalui tombol call to actions.

Dengan menggunakan tombol call to action tentunya dapat meningkatkan konversi penjualan serta mengajak audience untuk melakukan interaksi dengan konten yang dimiliki.

Kreator pun diberikan kebebasan untuk membuat call to action sendiri di halaman facebook guna mengajak pengguna facebook melakukan aktivitas yang anda minta.

Guna menambahkan kolom call to action, kreator cukup melakukan klik pada ikon edit diantara foto profil anda kemudian pilih ikon yang ingin anda tambahkan.

Anda juga bisa memilih tombol yang sesuai untuk usaha anda dan melakukan kustom tombol berdasarkan pesan yang anda kirimkan ke konsumen.

Tombol call to action sendiri akan membawa pengguna facebook ke aktivitas yang mereka pilih selama pengguna masih di dalam halaman tersebut.

Beberapa perintah call to action yang bisa kreator tambahkan adalah layanan pemesanan, membuat pesanan produk, menghubungi anda via telepon atau chat, mengunduh aplikasi, atau membeli barang yang ditawarkan.

pexels blaz erzetic 2426085

Royalty Free Music

Sebuah musik yang menyenangkan tentunya menjadi daya tarik pengguna facebook saat melihat video di facebook.

Namun salah satu kendala saat menambahkan lagu di video adalah adanya lisensi lagu dimana kreator harus membayar sejumlah uang tertentu ditambah lagi ancaman video di blokir karena menggunakan lagu milik orang lain.

Untungnya, Facebook telah menambahkan ribuah lagu serta iringan musik secara gratis di creator studio sehingga kreator dapat menambahkan elemen penting di video secara mudah dan gratis.

Kreator bisa mengakses musik saat membuat konten video secara langsung di creator studio, cara ini juga efektif untuk mencari lagu gratis di internet sehingga lebih hemat waktu.

Tidak hanya itu, kreator juga tidak akan memiliki ketakutan akan di blokir oleh facebook karena menggunakan lagu yang memiliki lisensi.

Hal ini tentunya membuat konten video menjadi lebih mudah serta mengajak kreator untuk membuat berbagai konten video yang tentunya efektif sebagai media promosi atau hiburan ke konsumen yang dimiliki.

Memasukkan konten video juga cocok sebagai variasi konten facebook yang lebih beragam.

pexels los muertos crew 7261085 2

Fitur Siaran Langsung dari Facebook

Interaksi secara langsung menjadi cara yang efektif untuk mendekatkan diri dengan konsumen yang dimiliki dengan komunikasi dua arah.

Hal ini memungkinkan kreator menjawab segala permasalahan konsumen mengenai produk yang dijual, mempromosikan produk yang dimiliki, serta menunjukkan tutorial menggunakan barang yang dijual.

Kegiatan siaran langsung yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu meningkat engagement secara efektif sehingga akun social media anda dapat menjangkau pengguna facebook yang lebih luas.

Berbagai keuntungan yang diberikan menjadikan alasan banyak social media yang memiliki fitur siaran langsung dengan berbagai fitur yang dimiliki.

Facebook pun tidak mau kalah dengan meluncurkan layanan siaran langsung yang diberi nama facebook live sehingga kreator bisa melakukan live streaming melalui halaman facebook yang dimiliki.

Layanan ini pun muncul di halaman facebook setelah sebelumnya hanya bisa digunakan pengguna facebook di halaman pribadinya.

Kreator dapat menjalankan tes terlebih dahulu sebelum mengadakan siaran langsung untuk mengetahui apakah layanan live streaming berjalan dengan lancar dengan koneksi internet yang dimiliki melalui layanan rehearsal.

Layanan ini memungkinkan halaman facebook melakukan siaran langsung bersama admin dan moderator dengan mencoba berbagai fitur yang diberikan dan berlatih untuk mengadakan sesi live streaming.

Fitur facebook live ini juga memungkinkan pengguna halaman melakukan antisipasi dari kendala yang dihadapi selama melakukan siaran langsung.

Tidak hanya itu, facebook live juga bisa diakses menggunakan layanan pihak ketiga sehingga kreator tidak hanya melakukan siaran langsung di facebook namun juga facebook serta youtube untuk mendapatkan hasil promosi yang lebih maksimal.

Keuntungan lain dari mengadakan sesi siaran langsung secara rutina adalah kreator bisa saja mendapatkan stiker yang bisa dikonversikan menjadi uang dalam jumlah tertentu sehingga anda bisa menghasilkan uang tambahan hanya dari siaran.

Akan tetapi agar siaran langsung anda berjalan lebih awet serta diikuti oleh banyak pengguna facebook maka kreator bisa memberikan ide topik facebook yang berbeda dan menarik setiap harinya agar penonton betah mengikuti sesi live streaming anda.

Pembahasan mengenai topik yang sedang viral dengan mengundang tokoh tertentu juga menjadi daya tarik tersendiri agar lebih banyak pengguna facebook yang menonton live streaming anda.

pexels pixabay 164938

Pembaruan Fitur Creator Studio

Guna memudahkan kreator dalam membuat konten di facebook maka platform satu ini menyediakan layanan creator studio dimana pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur untuk membuat konten foto dan video.

Tidak hanya memberikan layanan tersebut namun facebook juga terus memperbarui berbagai fitur yang ada guna membantu kreator menghasilkan konten yang maksimal.

Beberapa fitur yang diberikan oleh creator studio adalah layanan analisa pengguna facebook yang sering mengunjungi halaman anda dan memberikan interaksi di setiap konten yang anda unggah,

Selain itu, kreator juga bisa mellihat kinerja konten yang dimiliki dengan informasi berupa konten yang sering dilihan serta jangkauan video yang dimiliki.

Data tersebut tentunya berguna bagi kreator untuk menentukan konten yang bisa dikembangkan guna menjangkau konsumen yang lebih luas serta engagement facebook yang lebih meningkat.

Creator studio juga memberikan tambahan bahasa beru seperti German, Chinese, Arabic, Italian, Malay, Hindi, dan lain sebagianya.

Dengan berbagai tambahan fitur yang diberikan maka kreator bisa membuat konten facebook dengan mudah tanpa perlu menggunakan aplikasi lain guna memberikan konten yang lebih maksimal.

Tidak hanya itu, facebook insights juga mengizinkan kreator menghitung performa konten facebook menjadi informasi yang berguna untuk mempelajari akun facebook yang dimiliki serta melihat trend facebook yang sedang naik daun.

Guna mendapatkan berbagai informasi tersebut maka kreator bisa mengunggah laporan halaman facebook dengan masuk ke tab insights di halaman facebook.

Kemudian kreator bisa masuk ke ikon export data dan pilih page data kemudian unduh spread sheet untuk mengumpulkan informasi yang anda kumpulkan di halaman facebook,

Tidak hanya itu, kreator juga bisa memilih data yang ingin anda analisa dan mengubah data ke metrik yang anda inginkan.

pexels pixabay 267371

Facebook Pages Watch Features

Banyaknya pengguna facebook yang dimiliki menjadikan kreator mungkin saja menemukan satu atau dua kompetitor yang memiliki produk yang sama namun dengan jumlah konsumen yang lebih banyak.

Hal ini tentunya membuat kreator mau tak mau melakukan inovasi agar akun facebook yang dimiliki semakin berkembang serta dikenal oleh pengguna facebook lain.

Facebook memahami kegelisahan kreator satu ini sehingga meluncurkan fitur bernama facebook pages watch.

Dengan layanan ini kreator bisa melihat performa akun facebook kompetitor untuk melihat kinerja akun facebook yang anda miliki.

Guna menggunakan layanan ini cukup dengan masuk ke fitur insights yang berada di halaman facebook. Pada bagian bawah halaman tersebut kreator bisa mengetikkan nama halaman kompetitor yang ingin dianalisa.

Facebook nantinya akan memberikan informasi mengenai metric yang mereka miliki seperti engagement rates, jumlah likes yang di dapatkan serta banyaknya konten yang diunggah selama seminggu.

Apabila kreator menambahkan nama halaman facebook lebih banyak maka akan ditampilkan beberapa analisa secara bersebelahan.

Layanan ini tentunya menguntungkan bagi kreator guna mengetahui apa saja yang dikerjakan oleh kompetitor lain di facebook.

Selain itu, kreator juga bisa melihat konten-konten apa saja yang disukai oleh konsumen yang dimiliki oleh kompetitor lain sehingga tidak berseberangan dengan facebook campign yang akan anda jalankan.

Namun jika kreator membutuhkan analisan kinerja halaman facebook yang lebih detail maka kreator bisa memanfaatkan layanan dari website social media manager yang ada di internet.

pexels min an 853168

Interaksi dengan Facebook Groups

Facebook sendiri memiliki komitmen untuk mengembangkan layanan groups yang ada di facebook sehingga menaikkan engagement facebook bagi halaman facebook yang memanfaatkan layanan tersebut.

Keberadaan fitur grup sendiri juga menguntungkan bagi kreator untuk mengelola konsumen yang dimiliki dengan memberikan konten khusus sehingga konsumen akan terus berbelanja produk yang anda promosikan.

Pengguna facebook juga bisa bergabung dengan grup facebook yang dibuat secara publik dan pribadi untuk bergabung dengan orang-orang yang bersama.

Tidak hanya itu, sebuah business juga mulai bergabung di facebook groups guna membangun komunitas pribadi untuk audience yang dimiliki dan berinteraksi dengan konsumen yang dimiliki.

Dengan dengan facebook group yang ada saat ini facebook memberikan pilihan facebook group yang anda miliki di halaman facebook.

Tab ini juga terpisah dengan facebook timeline yang dimiliki sehingga memudahkan kreator untuk melakukan interaksi melalui grup yang dimiliki sehingga kreator bisa mengakses mereka di satu tempat khusus.

Selain itu, kreator juga bisa menyebarkan konten dari facebook timeline yang anda miliki ke halaman grup anda sehingga menjadi topik yang menarik untuk di bahas di grup facebook.

Namun kreator juga perlu melemparkan topik ke grup yang dimiliki agar pembahasan di grup selalu ramai sehingga mendekatkan diri dengan konsumen atau relasi yang dimiliki.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.