keuntungan meta business suite

Meta Business Suite : Pengertian, Keuntungan, dan Fiturnya

Manfaatkan fasilitas meta business suite untuk facebook dan instagram dengan 14 fitur meta business suite.

Dua social media terbesar yakni Facebook dan Instagram sudah lama bergabung di bawah naungan Meta.

Dengan adanya merger ini pengguna internet pun dapat dengan mudah menggunakan layanan instagram dan juga sebaliknya.

Tidak hanya itu, Meta sendiri juga menghadirkan platform Meta Business Suite yang memudahkan kreator untuk membuat kreasi konten yang disukai oleh konsumen.

Akan tetapi sebelum menggnakan layanan ini maka ketahui dulu apa itu Meta Business Suite serta berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan saat menggunakan facebook dan instagram.

Capture 36

Apa Itu Meta Business Suite

Bagi kreator social media tentunya sudah tidak asing dengan instagram atau facebook yang menjadi platform andalam untuk promosi di dunia maya.

Pengguna yang banyak serta fasilitas yang diberikan menjadikan dua layanan sering digunakan untuk promosi produk atau brand untuk mendapatkan konsumen yang lebih luas.

Sayangnya saat menggunakan dua social media ini kreator mau tak mau harus membuka dua tab social media yang berbeda untuk mengunggah atau merencanakan konten.

Cara ini tentunya kurang efektif mengingat kreator harus membuka dua akun social media yang berbeda untuk kegiatan yang sama.

Untungnya sejak bergabungnya dua social media ini di satu platform bernama meta maka kreator bisa menggunakan layanan dari meta business suite.

Meta business suite sendiri merupakan layanan gratis yang memusatkan facebook, instagram, serta layanan pesan dalam satu tempat khusus sehingga kreator bisa lebih menghemat waktu, membuat koneksi dengan lebih banyak orang, serta mendapatkan keuntungan bisnis yang maksimal.

Keuntungan lainnya adalah meta business suite sendiri dapat digunakan di handphone serta personal computer sehingga kreator bisa menggunakan layanan ini dimana saja dan kapan saja.

Meta business suite juga memudahkan kreator dalam melihat pesan yang masuk serta membalasanya dengan cepat sehingga semua pesanan atau keluhan konsumen bisa diatasi dengan cepat serta efektif.

Selain itu, kreator juga bisa mendapatkan hasil performa konten dalam jangka waktu tertentu sebagai pengukuran kinerja serta insight konten baru yang lebih disukai oleh konsumen.

Perlu promosi berbayar di instagram dan facebook untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak? maka kreator bisa menggunakan layanan meta business suite guna perencanaan iklan yang lebih tepat guna serta pilihan fitur untuk promosi yang sesuai.

Di samping itu, meta business suite menyediakan berbagai layanan yang menguntungkan bagi penggunanya untuk pengembangan konter serta promosi usaha yang maksimal.

keuntungan meta business suite

Keuntungan Meta Business Suite

Kehadiran meta business suite tidak hanya memudahkan kreator untuk mengembangkan konten bagi instagram dan facebook dengan efektif.

Namun bagi pelaku usaha sendiri adanya meta business suite membawa keuntungan yang dapat membantu pengembangan usaha yang maksimal.

Berikut beberapa keuntungan dari adanya meta business suite untuk pelaku usaha dan juga kreator.

Sarana Membangun Brand Awarenes

Salah satu tujuan dari promosi di internet adalah membangun brand awareness sebuah produk sehingga bisa dikenal oleh konsumen yang lebih luas sehingga membantu meningkatkan pengenalan produk yang lebih mudah.

Adanya social media menjadi sarana promosi yang sesuai mengingat platform satu ini memiliki banyak layanan yang dapat menjadikan promosi lebih menarik perhatian penggunanya untuk mengenal produk anda.

Sebagai platform yang menaungi tiga social media yakni facebook, whatsapp, dan juga instagram maka meta business suite sendiri memiliki keuntungan lebih untuk membangun brand awarenss.

Berbagai tawaran yang dapat membantu untuk meningkatkan brand awarenss sebuah brand adalah interaksi dengan konsumen yang diinginkan dengan aktif di facebook serta instagram melalui fitur yang diberikan.

Kreator pun akan diberikan penjelasan yang detail mengenai fitur-fitur yang bisa digunakan untuk melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Salah satunya perencanaan konten serta tips membuat akun instagram anda mampu menarik perhatian konsumen.

Namun tidak hanya membangun interaksi yang intens dengan konsumen namun kreator juga perlu membangun hubungan yang dalam dengan pelanggan agar produk yang dimiliki memiliki tempat tersendiri di hati pembeli.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan interaksi melalui siaran langsung yang dapat menampung konsumen yang lebih banyak serta tepat waktu.

Tidak hanya itu, bagi pelaku usaha yang telah memiliki banyak reseller yang dapat membantu penjualan lebih meningkat maka bisa memanfaatkan fitur group untuk menampung penjual terpilih untuk diajak berkomunikasi melalui grup khusus.

Grup ini sendiri tidak hanya bisa ditemukan di halaman facebook namun juga whatsapp yang kini mampu menampung anggota yang lebih banyak.

Tidak hanya membangun keakraban dengan konsumen yang dimiliki namun pelaku usaha juga perlu menjangkau konsumen yang lebih banyak mengingat facebook dan instagram memiliki pengguna yang tidak terbatas.

Guna membangun awareness maka pelaku usaha juga perlu menjangkau orang-orang yang belum mengetahui bisnis yang anda miliki dengan social media guna melakukan interaksi dengan orang-orang baru.

Caranya adalah dengan menggunakan iklan berbayar dengan pilihan target konsumen serta budget yang tentunya dapat dipilih sesuai keinginan.

Promosi Bisnis yang Efektif

Salah satu cara efektif untuk promosi bisnis adalah menjangkau konsumen yang berada di sekitar anda sebagar sasaran utama bisnis dan konsumen awal anda.

Membangun koneksi dengan orang-orang di sekitar anda untuk meningkatkan penjualan dapat dimulai dengan menggunakan Facebook dan Instagram, promosi ke konsumen yang tepat, serta membangun campaign yang sesuai.

Saat melakukan scrolling timeline facebook atau instagram reels biasanya pengguna akan menemukan referensi tempat makan baru yang menggugah selera.

Sayangnya berbagai tempat tersebut tentunya berada di tempat yang belum anda ketahui sebelumnya sehingga membutuhkan usaha lebih untuk mencapai tempat tersebut.

Karenanya penggunaan peta digital sangat penting sebagai petunjuk arah bagi konsumen untuk menuju tempat yang anda inginkan.

Cara untuk mengaktifkan layanan maps tersebut adalah dengan memperbaru halaman facebook dan instagram serta layanan whatsapp business.

Di saat peta digital telah terpasang maka akan mudah bagi konsumen untuk menemukan tempat usaha anda dan menikmati berbagai produk yang dimiliki.

Di sisi lain, cara untuk promosi ke konsumen sekitar adalah dengan melakukan iklan berbayar dengan pilihan wilayah yang dekat dengan usaha anda sehingga pelaku usaha dapat menjangkau konsumen dengan tempat yang sesuai.

Facebook dan Instagram sendiri telah memberikan layanan iklan berbayar yang bisa dimanfaatkan untuk promosi usaha yang dimiliki agar promosi semakin maksimal.

Bingung memilih strategi promosi yang tepat? kreator juga bisa menggunakan layanan marketing plan yang sesuai agar mendapatkan konsumen serta biaya yang sesuai serta terjangkau.

Setelah melakukan berbagai promosi tentunya kreator perlu mengetahui apakah strategi yang dibuat telah sesuai dengan hasil yang diinginkan atau perlu perubahan strategi yang lain.

Kreator juga dapat mengukur hasil strategi marketing menggunakan layanan insighta yang tersedia di facebook atau instagram.

Penjualan yang Lebih Meningkat

Penggunaan social media tidak hanya cocok untuk membangun brand awareness atau promosi usaha namun juga dapat membantu penjualan yang lebih meningkat.

Meta busines suite menyediakan layanan yang dapat menaikkan penjualan dengan interaksi melalui konsumen di platform Facebook messenger, jangkau konsumen baru melalui iklan berbayar, serta membantu pembeli menemukan barang yang diinginkan melalui Facebook dan Instagram shops.

Beberapa tahun lalu mungkin konsumen merasa kesulitan untuk berkomunikasi dengan produk kesukaan untuk melakukan komplain atau memberi saran produk yang sesuai.

Namun saat ini, pembeli dapat dengan mudah menghubungi brand tertentu melalui fitur messenger yang tersedia di whatsapp, facebook, atau instagram untuk mendapatkan respon yang lebih cepat.

Tidak hanya itu, konsumen juga dapat dengan mudah membeli barang keinginan dengan bertanya melalui fitur messenger yang kemudian penjual akan mengarahkan anda ke akun shop yang dimiliki guna membeli barang keinginan dengan mudah.

Masih merasa kesulitan untuk menjangkau konsumen yang diinginkan? maka pelaku usaha juga dapat memasang iklan berbayar di facebook dan instagram untuk mengenalkan usaha anda ke konsumen yang sesuai namun belum mengenal produk anda.

Meskipun begitu, bagi kreator yang baru pertama kali memasang iklan di facebook atau instagram perlu mengetahui alokasi budget serta durasi iklan guna mengontrol biaya yang dikeluarkan dan mendapatkan hasil iklan yang maksimal.

Monetisasi Konten Instagram dan Facebook

Social media tidak hanya digunakan untuk promosi namun sebagai tempat ekspresi diri baik berupa lagu atau tarian.

Tidak hanya itu, banyak juga pengguna internet yang menggunakan social media sebagai media penyaluran hobi dengan membuat konten memasak atau tutorial aktivitas tertentu seperti menjahit atau melakukan dekorasi ruangan.

Konten yang unik dan menarik juga dapat membawa kreator mendapatkan banyak peminat dilihat dari banyaknya penonton di video atau engagement konten yang diunggah secara rutin.

Kreator juga dapat mendapat uang dari konten yang diunggah melalui kerjasama promosi dengan brand tertentu atau melakukan seminar dengan tema yang relevan dengan konten yang dimiliki.

Meta business suite sendiri melihat banyaknya kreator yang mengunggah konten melalui instagram atau facebook yang dapat membantu menaikkan pengguna instagram dan facebook dengan cepat sehingga memberikan apresiasi dengan membuat layanan monetisasi konten.

Dengan adanya monetisasi ini maka kreator bisa mendapatkan uang dari setiap konten yang diunggah bergantung dari banyaknya engagement yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu.

Layanan monetisasi ini juga sudah diterapkan oleh Youtube yang dapat membuat penggunanya mendapatkan uang sesuai jumlah engagement yang di dapatkan.

Meta business suite memberikan beberapa pilihan dalam monetisasi konten di instagram dan facebook, diantaranya adalah mencantumkan iklan di video atau artikel. kolaborasi dengan brand, atau mengadakan siaran langsung secara rutin.

Banyaknya pengguna internet yang aktif melihat konten facebok dan instagram menjadikan meta business suite mengizinkan kreator untuk menambah iklan di video dengan syarat jumlah pengikut organik mencapai 10.000 orang.

Semakin banyak pengikut yang dimiliki maka semakin besar juga peluang untuk mendapatkan hasil monetisasi yang lebih banyak.

Tidak hanya itu, bagi blogger yang aktif mengunggah artikel setiap harinya maka bisa memanfaatkan layanan iklan facebook sebagai sumber penghasilan yang lebih banyak.

Di sisi lain, kreator yang memiliki pengikut yang banyak serta mampu mengelola komunitas yang dimiliki juga berkesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan brand besar guna mempromosikan produk atau campaign tertentu.

Di tambah lagi promosi menggunakan strategi influence marketing sudah jamak dilakukan guna menjangkau konsumen yang lebih luas di internet dan jarang membuka layar televisi.

Bagi kreator yang memiliki basis fans yang besar namun belum berkesempatan untuk muncul di layar kaca maka tidak perlu khawatir karena masih bisa mendapatkan monetisasi instagram dengan melakukan siaran langsung.

Layanan live streaming yang kini tersedia di berbagai social media ini juga bisa ditemui di instagram dan facebook yang memungkinkan kreator untuk melakukan interaksi dengan fans yang dimiliki sambil mendapatkan uang dari setiap stiker yang dikirimkan.

Semakin sering siaran langsung dilakukan serta banyaknya badges instagram yang dikirim maka semakin besar juga kesempatan mendapatkan uang yang lebih banyak dari monetisasi instagram.

Namun agar siaran langsung yang dilakukan mendapatkan banyak atensi dari penggemar maka kreator juga sebaiknya mengetahui konten yang disukai agar hasil monetisasi yang di dapatkan semakin maksimal.

Menemukan Konsumen yang Sesuai

Saat melakukan promosi baik melalui konten atau iklan berbayar maka pengguna internet lama kelamaan akan mengenal produk anda namun masih ragu-ragu dalam membali produk yang ditawarkan.

Namun untuk mengatasi masalah ini maka meta business suite memberikan beberapa fitur khusus yang dapat membawa pengguna internet untuk mulai membeli produk anda.

Pertama adalah meta pixel yang dapat membantu pelaku usaha dalam menyebarkan iklan ke konsumen yang pernah membeli produk anda sebelumnya agar tertarik untuk kembali mencoba berbagai barang jualan lainnya.

Kedua adalah Custom audience dimana kreator membuat list konsumen berdasarkan informasi dan nama konsumen secara manual untuk sehingga anda dapat menyasar pembeli yang sesuai dengan bantuan Meta SDK.

Fitur ketiga yang bisa digunakan adalah personalisasi ads dimana iklan anda akan menjangkau konsumen yang sedang masa pencarian produk sehingga dapat menemukan produk anda dan menjangkau kembali konsumen yang pernah berkunjung ke halaman social media anda.

Tidak hanya itu, bagi kreator yang baru pertama kali menggunakan layanan iklan berbayar maka meta business suite menyediakan layanan Meta measurement yang dapat digunakan untuk memilih tipe iklan serta audience yang tepat untuk campaign yang akan diluncurkan.

Selain itu, kreator juga dapat mengukur kinerja iklan menggunakan layanan conversion lift tests dan mempelajari jenis iklan yang sesuai.

Capture 37

Sarana Bekerja dari Internet

Saat ini bekerja dari mana saja tengah trend di kalangan banyak pekerja dimana seseorang dapat bekerja di mana saja tanpa perlu datang ke kantor.

Sistem kerja work from anywhere ini tentunya perlu di dukung dengan platform yang dapat mendukung kinerja maksimal.

Melihat trend ini maka meta business suite mengeluarkan layanan work place dimana penggunanya dapat melakukan percakapan grup melalui chat atau video dengan work tools yang anda gunakan setiap harinya.

Berbagai fitur yang diberikan tentunya memudahkan pelaku usaha untuk melakukan komunikasi dengan pegawainya dimana saja dan kapan saja asal ada jaringan internet yang memadai.

Capture 38

Tidak hanya itu, fitur workplace ini juga menyediakan platform yang sering digunakan untuk bekerja sehingga memudahkan anda dan pegawai lainnya melakukan pekerjaan yang lebih terintegrasi satu sama lain.

Capture 39

Media Pembelajaran dari Meta

Social media dan digital marketing yang tengah menjadi pembicaraan banyak orang tentunya membuat orang tertarik untuk mempelajari berbagai layanan serta strategi pemasaran di internet yang tepat.

Sayangnya, banyak juga pengguna internet yang masih bingung untuk mempelajari segala materi dari awal.

Meta business suite juga menyediakan layanan pembelajaran bagi pengguna internet yang tertarik belajar digital marketing khususnya instagram dan facebook.

Layanan media pembelajaran yang diberi nama Facebook Blueprint memungkinkan kreator atau pelaku usaha untuk mencari kursus online, training programmes, serta sertifikat yang memungkinkan anda untuk menguasai facebook lebih baik.

Capture 40

Pembelajaran pun disediakan secara gratis bahkan pengguna diberikan kesempatan untuk memilih materi yang sesuai kebutuhan untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang maksimal.

Namun jika pengguna bingung memilih course yang sesuai maka meta business suite menyediakan berbagai saran course yang banyak digemari serta sesuai dengan tujuan pembelajaran agar pengguna bisa mendapatkan materi yang diinginkan.

Keuntungan lainnya adalah anda bisa mengakses berbagai course tersebut kapan saja dan di mana saja sehingga tidak terhalang oleh waktu dan mendapatkan sertifikat dari Facebook untuk berbagai couse yang telah anda ikuti sebelumnya.

fitur meta business suite

Fitur Meta Business Suite

Tertarik dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh meta business suite? kini pengguna internet bisa menggunakan layanan tersebut secara berbayar atau gratis dan bahkan mendapatkan uang dari fitur meta business suite.

Berikut beberapa layanan yang bisa digunakan kreator dalam mengunakan platform meta business suite.

To Do List

Fitur satu ini berada di bagian depan dan atas atas home tab business suite. Layanan ini tentunya membantu kreator dalam memprioritaskan tugas atau konten promosi yang penting di instagram atau facebook.

create task in business suite step 1 1536x568 1

Kreator bisa menggunakan layanan ini secara manual dengan melakukan klik pada panah bawah dan menuliskan pekerjaan yang akan dilakukan. Anda juga bisa memasukkan berbagai detail pekerjaan agar orang lain bsia melihat apa saja yang anda kerjakan saat ini.

create task in business suite step 2 1536x769 1

Setelah melakukan klik pada ikon Save Task maka anda dan orang lain yang dapat mengakses halaman tersebut dapat melakukan pengecekan tugas serta melakukan klik pada ikon finish apabila pekerjaan sudah selesai.

Tidak hanya itu, layanan ini juga bisa menambahkan tugas secara otomatis dengan menambahkan pesan yang harus di balas atau di rencanakan yang akan muncul langsung di bagian to do list.

Hal ini tentunya memudahkan kreator untuk membalas pesan konsumen yang mungkin lupa untuk di balas.

Notifikasi Tingkat Tinggi

Di saat akun facebook dan instagram anda menerima banyak pemberitahuan maka penting untuk memisahkannya agar tidak mengeluarkan pemberitahuan yang mengganggu konsentrasi.

Caranya adalah dengan fokus pada interaksi yang penting seperti pesan atau komentar yang tentunya menguntungkan untuk engagement akun social media.

Meta business suite memberikan prioritas notifikasi otomatis sehingga jika anda membuka tab notifikasi akan ditampilkan berbagai pemberitahuan penting berupa komentar, mentions, pesan, serta konten yang dibagikan.

Setelahnya anda akan melihat berbagai notifikasi yang bisa ditunda interaksinya terlebih dahulu setelah pesan atau komentar terbalaskan.

business suite notifications

Meskipun begitu, beberapa pesan atau komentar yang masuk merupakan interaksi yang sudah anda balas sebelumnya sehingga meta business suite tidak meminta anda untuk membuka list tersebut.

Mention and Tags

Keberadaan tab pemberitahuan sebetunya dibuat untuk mengidentifikasi penyebutan atau tag yang ada di tab mentions atau tags.

Tidak hanya itu, keberadaan pemberitahuan ini juga berguna untuk menemukan dan berbagi konten anda yang viral di kalangan pengguna social media.

Layanan ini menampilkan konten instagram atau facebook yang memperoleh interaksi paling tinggi melalui penyebutan atau mentions yang tentunya membantu meningkatkan engagement konten.

Tidak hanya itu, kreator juga dapat menemukan konten yang paling banyak dibagikan oleh konsumen serta meminta izin kepada kreator tertentu untuk melakukan re-post konten yang dianggap menarik.

Sumber :

14 Ways to Benefit From Meta Business Suite : Social Media Examiner

Facebook Blueprint: Free online training for advertising on Facebook | Meta for Business

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Dear Annisa,

    Thanks for using our photo from Unsplash (https://unsplash.com/photos/C1o3ay5et5M)

    I would kindly ask you to put a credit and link somewhere in the footer – Photo credit: DLX MEDIA – linking to https://dlxmedia.hu/

    We work a lot with this images, we provide it absolutely for free, we only ask a link for exchange, this can help us ranking higher in google.

    Thanks for your help and understanding!

    Zoltan Dallos
    CEO

    DLX MEDIA Ltd.