m6DYMMX8TZwyNzZA5msWl2q D1XjwYnO4y8q0 U4RpnDqS20WnNUnPMBvxOuFc90gWJ8 XW3m7ik2SnQGYUtlTqnwgqUWpI s1Ud GBT5pzqjxzHEvFJ0k

Strategi Facebook Marketing di Tahun 2022

Temukan konsumen potensial dengan strategi facebook marketing yang tepat dan mampu membangun hubungan dengan konsumen.

Facebook merupakan salah satu social media yang paling banyak digunakan di dunia dengan jumlah pengguna mencapai 2,29 miliar pengguna aktif setiap harinya.

Tidak hanya itu, sebanyak 53% pengguna internet dengan rentang usia 16-24 tahun menggunakan social media sebagai media pencarian utama untuk mencari akun brand yang diinginkan.

Hal ini juga di dukung dengan 66% pengguna facebook yang melakukan jual beli di halaman facebook business setidaknya seminggu sekali.

Fakta tersebut menjadikan usaha kecil menggunakan facebook sebagai media promosi untuk menyasar konsumen yang diinginkan.

Sehingga anda memerlukan facebook untuk optimasi promosi yang menyasar konsumen yang diinginkan.

Namun, sebelum memulai membuat akun facebook business, maka marketer sebaiknya mengetahui dahulu facebook marketing yang tepat, serta waktu untuk mengunggah iklan facebook.

Karenanya berikut beberapa strategi facebook marketing sebelum memulai promosi di facebook.

strategi facebook marketing

Apa Itu Facebook Marketing

Facebook marketing merupakan salah satu strategi untuk mempromosikan sebuah brand atau brand di Facebook.

Strategi ini juga dapat membantu sebuah usaha membangun brand awareness, meningkatkan jumlah pengikut, serta menjual lebih banyak produk dan layanan yang anda jual.

Tidak hanya itu, strategi facebook marketing juga mencakup beberapa taktik, diantaranya adalah :

  • Promosi konten facebook secara organik.
  • Pemasaran melalui iklan berbayar.
  • Strategi facebook story dan reels.
  • Iklan Facebook
  • Pendekatan konsumen melalui facebook grup
  • Konten dan giveaway
  • Pengunaan bot di facebook messenger
  • campaign bersama influencer

Keuntungan Menggunakan Facebook Marketing

Apabila anda sudah memiliki akun facebook business dan melakukan promosi di dalamnya, maka anda akan memahami bahwa Facebook telah berkembang pesat di bidang promosi serta iklan berbayar.

Di sisi lain, facebook marketing sendiri bisa dilakukan dengan dua cara, organik atau berbayar yang tentunya memiliki strategi dan biaya yang berbeda.

Tidak hanya itu, selama 10 tahun terakhir, Facebook telah berkembang menjadi salah satu marketplace terbesar di dunia, sehingga platform ini cocok digunakan untuk berbagai kegiatan promosi dengan berbagai keuntungan yang mengikuti.

Beberapa keuntungan dari menggunakan facebook marketing, diantaranya adalah  :

Penargetan Konsumen Sesuai Data

Salah satu fitur yang dapat digunakan di facebook adalah fitur penargetan yang biasanya ada di layanan iklan, dimana kreator dapat memilih konsumen berdasarkan lokasi, gender, serta berbagai tambahan lainnya.

Meskipun penargetan yang diberikan ini terlihat rumit, namun fitur ini memiliki kualitas yang lebih baik, sebab informasi konsumen yang diberikan sangat lengkap dibandingkan platform lainnya.

Hal ini juga membuat investasi di iklan berupa mengedarkan facebook ads lebih aman dibandingkan platform lainnya.

Tidak hanya itu, Facebook tidak hanya memungkinkan marketer untuk melakukan penargetan demografis, yang melibatkan jenis kelamin, lokasi, usia, serta sejenisnya.

Namun, platform ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan penargetan kompetitor sehingga dapat digunakan untuk kampanye di facebook.

Meningkatkan Kunjungan Blog atau Website

Sebagai seorang marketer, maka biasanya anda tidak hanya mengembangkan satu platform social media, namn menggunakan berbagai saluran untuk memaksimalkan pemasaran.

Salah staunya adalah menggunakan blog atau website sebagai media pemasaran serta meningkatkan brand awareness, yang berisi konten edukasi yang bermula dari membagikan artikel tertentu di Facebook.

Hal ini dilakukan mengingat Facebook memiliki kolom status, diamna anda bisa membuat tulisan yang panjang tanpa takut limit yang terbatas, seperti di social media lainnya.

Sehingga fitur ini memungkinkan anda untuk mempromosikan konten artikel dengan memberikan deskripsi artikel secara singkat atau membuat konten story telling yang membuat konsumen tertarik untuk membaca cerita lengkapnya di blog anda.

Platform facebook merupakan tempat terbaik untuk menjalankan campaign dimana konsumen menjadi lebih tertarik untuk mengunjungi website dan blog anda sehingga meningkatkan kunjungan yang lebih banyak.

Strategi ini juga merupakan cara terbaik mengingat pengunjung telah mengenal bisnis anda dari Facebook sehingga mengunjungi blog atau website anda untuk mencari konten yang diinginkan atau menggunakan layanan yang anda tawarkan.

Tidak hanya itu, Facebook juga menyediakan berbagai format iklan yang dapat membantu bisnis anda untuk menampilkan produk atau layanan yang anda kembangkan dengan sudut pandang yang baik.

Sehingga iklan anda tidak terlihat seperti promosi namun media pendekatan dengan konsumen melalui video atau foto yang anda tayangkan.

Mendekatkan Hubungan dengan Konsumen

Banyaknya konsumen yang anda miliki, mungkin saja akan menimbulkan kesulitan dalam melayani secara terus menerus.

Apalagi jika konsumen mengirimkan pesan di luar jam aktif kantor, sehingga membutuhkan waktu lama bagi mereka untuk mendapatkan balasan.

Hal ini tentunya akan merugikan bagi konsumen dan penjual, karena membutuhkan waktu lama untuk penyelesaian masalah sehingga memilih untuk beralih ke brand lainnya.

Di sisi lain, penjual juga kehilangan konsumen potensial yang telah menyukai produk anda namun memilih beralih ke merk lain karena pelayanan yang kurang memuaskan.

Untungnya. berkat perkembangan facebook marketing place, kini marketer dapat membuat layanan chatbot yang dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen melalui kata kunci dan pilihan yang diberikan.

Keberadaan chatbot juga membantu marketer menghemat waktu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar yang telah dijawab oleh chatbot.

Dalam mengaktifkan layanan ini, anda hanya perlu membuat list pertanyaan serta kata kunci yang berkaitan dengan brand anda serta sering ditanyakan oleh konsumen anda, dimana chatbot akan meniru respon yang telah di setting sebelumnya.

Anda juga bisa memberikan beberapa jawaban yang sesuai dengan standar operasional pelayanan, sehingga bot dapat membalas sesuai dengan jawaban yang biasa anda berikan ke konsumen.

k9eMPUHRTuujhqDihwUl

3 Akun Facebook yang Perlu Anda Miliki

Memiliki akun facebook pribadi tentunya tidak cukup untuk melakukan strategi facebook marketing.

Namun anda juga perlu memiliki akun facebook business, facebook verified, serta facebook ads.

Berikut penjelasan singkat mengenai tiga akun tersebut :

Cara Mengubah Akun Pribadi Jadi Facebook Business

Guna mengembangkan facebook marketing maka ada baiknya untuk mengubah akun facebook anda menjadi akun facebook business.

Hal ini dikarenakan konsumen lebih mempercayai akun facebook business yang terlihat profesional dibandingkan akun pribadi.

Tidak hanya itu, akun facebook business juga memiliki berbagai fitur tambahan yang dapat memaksimalkan promosi di facebook. 

Beberapa fitur tambahan tersebut diantaranya adalah membuat iklan di facebook serta analisa konten melalui fitur insight.

Karenanya berikut tutorial mengubah akun pribadi menjadi akun facebook business :

  1. Masuk ke aplikasi atau website facebook menggunakan akun pribadi anda, pastikan anda menggunakan akun email khusus dibandingkan email pribadi.
  2. Klik ikon menu kemudian klik create kemudian page dan klik enter.
  3. setelah itu, jangan lupa untuk memberikan nama brand atau perusahaan anda pada akun bisnis.
  4. Pastikan juga untuk memilih kategori yang sesuai dengan usaha yang anda jalankan.
  5. Deskripsikan juga bisnis anda dengan mengisi produk yang dijual serta visi misi perusahaan.
  6. Setelah semua selesai diisi maka akun facebook business anda sudah bisa digunakan, anda juga bisa mengisi berbagai informasi tambahan menu edit page info .

Jadikan Akun Facebook Business Verified

Apabila di langkah awal anda sudah mengubah akun facebook pribadi menjadi akun facebook business, maka anda juga bisa menambahkan tanda centang biru apabila akun anda sudah memiliki banyak pengikut secara organik.

Hal ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen serta membuat akun facebook brand anda lebih unggul dibandingkan kompetitor lainnya.

Sebuah halaman yang telah mendapatkan verifikasi dari Facebook berarti telah membuat konten dan interaksi yang sesuai dengan fakta, sehingga postingan yang diberikan tidak berisi hoax atau informasi palsu tertentu.

Verifikasi ini dilakukan mengingat sebanyak 72% pengguna internet tidak mempercayai informasi yang beredar di Facebook.

Meskipun mengajukan verifikasi terlihat cukup mudah karena hanya mengisi form yang disediakan oleh Facebook, namun anda juga memerlukan waktu sampai akhirnya Facebook selesai mengecek informasi anda, dimana platform ini biasanya memberikan verifikasi pada profil atau halaman bisnis dan publik figur terkenal.

Sehingga akan sulit bagi akun pribadi untuk mendapatkan verifikasi facebook dan lebih mudah bagi akun facebook brand untuk mendapatkannya, apalagi jika anda memiliki toko fisik yang ditandai dengan lokasi tertentu.

Karenanya untuk mendapatkan verifikasi facebook maka penting bagi anda untuk membuktikan bahwa identitas anda berdiri sendiri serta mengunggah konten edukasi dan interaksi dari sumber yang berkualitas.

Membuka Akun Facebook Ads

Guna memaksimalkan promosi di facebook, mengunggah konten secara organik tentunya tidak cukup.

Diperlukan juga bantuan dari facebook ads yang dapat memaksimalkan jangkauan konten serta interaksi dengan konsumen melalui iklan berbayar dengan berbagai pilihan penargetan yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Namun untuk membuat iklan facebook, anda juga perlu membuat akun facebook ads untuk memaksimalkan rencana tersebut.

Setelah anda membuat akun facebook business, buka meta business suite dimana anda dapat menambahkan akun iklan facebook yang telah dimiliki sebelumnya atau membuat yang baru.

Apabila semua sudah tertata dengan baik, maka anda bisa membuat campaign promosi atau mempromosikan halaman atau status yang telah anda buat untuk meningkatkan kunjungan.

8OzV1KqRsK6JPU8O5GWo

Promosi Melalui Facebook Ads

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, melakukan promosi di facebook tidak cukup dengan mengunggah konten secara rutin serta melakukan strategi facebook markteing secara organik.

Namun diperlukan juga dukungan dari iklan berbayar seperti facebook ads serta boost yang dapat meningkatkan jangkauan konten ke target konsumen yang telah dipilih sebelumnya.

Sayangnya dalam membuat promosi melalui facebook ads, anda juga harus memenuhi beberapa syarat khusus, diantaranya adalah :

  1. Memiliki 100 pengikut.
  2. Mempersiapkan Meta Pixel.
  3. Memiliki tujuan facebook marketing yang jelas.
  4. Telah mengunggah 20 facebook post atau lebih.
  5. Memiliki konten iklan yang menarik dan kreatif
  6. Melakukan uji coba promosi iklan

Menaikkan Konten Melalui Boost Post

Penggunaan facebook ads mungkin terasa rumit bagi sebagian pelaku usaha, mengingat anda perlu merencanakan ide konten iklan, serta memilih konsumen berdasarkan lokasi, umur, serta gender.

Namun, apabila anda telah memiliki beberapa postingan viral yang dapat menaikkan jumlah pengikut lebih banyak, maka promosi berbayar melalui boost post bisa dilakukan.

Melakukan boost post merupakan jalan awal untuk membuat konten anda terlihat lebih unggul dibandingkan kompetitor lainnya, dengan keuntungan tambah seperti konversi pengguna facebook menjadi konsumen, serta meningkatkan jumlah audiens.

Pemakaian boost post ini juga bisa dilakukan apabila anda pertama kali mengenal iklan facebook dan ingin melakukan uji coba penggunaannya untuk pertama kali.

Di samping itu, boost post juga lebih mudah dan murah karena anda tidak perlu menentukan anggaran di depan muka.

Meskipun begitu, anda juga perlu membuat postingan anda tepat sasaran agar dapat menjangkau target konsumen yang diinginkan.

Facebook Campaign Ads

Saat pertama kali membuat iklan facebook, biasanya anda akan dihadapkan pada strategi facebook marketing berupa tipe campaign yang anda inginkan, apakah untuk meningkatkan jumlah kunjungan website atau meningkatkan jumlah pengikut baru.

Pemberian facebook campaign ini dilakukan agar anda dapat mengisinya dengan konten yang sesuai serta pesan yang ingin anda sampaikan konsumen.

Salah satu contohnya adalah konten promosi untuk peluncuran produk tentunya berbeda dengan iklan untuk promosi event baru.

Selain itu dalam facebook campaign ads, anda juga perlu menentukan target konsumen berupa lokasi, gender, usia, serta biaya yang akan anda keluarkan untuk jangka waktu tertentu.

PnKLcdZrRNOrkokAK0dr

Cara Membuat Strategi Facebook Marketing

Sebelum memiliki akun facebook brand dengan jumlah followers yang banyak serta interaksi yang tinggi, tentunya anda perlu mengiringi dengan strategi facebook marketing yang sesuai.

Hal ini dilakukan agar anda mengetahui jenis konten yang bisa digunakan untuk menarik minat pengguna facebook serta memaksimalkan promosi di facebook.

Berikut beberapa strategi facebook marketing yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan promosi sehari-hari:

Ketahui Target Konsumen

Facebook sendiri memiliki tiga jenis konten yang bisa anda gunakan secara maksimal : foto facebook, facebook status, facebook reels dan video, serta facebook story.

Beragam layanan yang ditawarkan tentunya memiliki pasarnya sendiri tergantung dari minat pengguna, gender, serta kebiasaan dalam membuka facebook.

Karenanya penting bagi anda untuk mengetahui tipe konten facebook yang disukai konsumen sebelum mengunggah postingan di facebook.

Dengan mengetahui kesukaan konsumen, maka akan lebih mudah bagi kreator untuk membuat strategi facebook marketing yang sesuai.

Dalam menentukan target audience, maka kreator juga perlu mengetahui beberapa demografi, diantaranya adalah:

  1. Rata-rata usia konsumen.
  2. Lokasi konsumen
  3. Tipe pekerjaan dan tanggung jawab yang dimiliki.
  4. Masalah yang mereka hadapi dan solusinya.
  5. Bagaimana dan kapan mereka menggunakan facebook.

Dalam menetukan demografi ini tentunya anda memerlukan data yang berasal dari konsumen secara langsung, anda bisa mengambil beberapa informasi tersebut menggunakan audience insight yang ada di Meta Business Suite untuk melihat demografi dari konsumen yang anda miliki.

Tidak hanya itu, meta busines suite juga menyediakan berbagai informasi tambahan, diantaranya adalah :

  • Pendidikan terakhir.
  • Status hubungan.
  • Lokasi.
  • Minat dan hobi.
  • Bahasa yang digunakan.
  • Kegiatan belanja.

Beberapa data tersebut tentunya akan membantu dalam menarik perhatian konsumen menggunakan konten yang sesuai dengan keinginan mereka.

Selain itu, demografi yang diberikan oleh meta business suite juga akan membantu dalam membuat iklan facebook serta strategi facebook marketing.

Ketahui Tujuan Promosi 

Setelah mengetahui konsumen yang akan dituju serta tipe konten yang disukai, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengetahui tujuan promosi.

Hal ini dilakukan agar konten yang anda unggah selaras dengan promosi yang ingin anda lakukan di facebook.

Beberapa jenis promosi yang biasa dilakukan adalah meningkatkan jumlah followers serta menaikkan interaksi dengan pengikut yang telah dikumpulkan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengembangkan promosi untuk membangun brand awareness, meningkatkan layanan konsumen, meningkatkan brand image di berbagai social media, serta menaikkan kunjungan ke toko anda.

Di sisi lain, tujuan facebook marketing juga bergantung pada strategi marketing yang telah anda buat.

Dengan mengetahui tujuan promosi juga akan membantu anda dalam memilih jenis konten yang sesuai dengan tujuan anda, sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa diambil oleh konsumen secara jelas dan terarah.

Rencanakan Strategi Konten 

Tidak hanya memilah dan memilih tipe konsumen serta tujuan promosi, maka anda juga perlu mengetahui konten yang akan diunggah serta waktu unggah konten.

Dalam memilih tipe konten yang akan diunggah, maka anda bisa menungakan kreativitas anda dalam menyampaikan pesan melalui jenis konten yang disediakan facebook.

Semakin unik konten yang anda buat tentunya akan memancing perhatian konsumen untuk melakukan interaksi serta mengunjungi halaman website yang anda promosikan.

Anda juga bisa memilih topik yang bisa digunakan untuk konten facebook, diantaranya adalah :

  • Berita mengenai industri atau brand anda
  • Tips dan tutorial penggunaan produk
  • Testimoni Konsumen
  • Promosi produk

Pastikan juga anda mengunggah konten dengan format yang berbeda-beda, misalnya satu konten yang anda unggah diselingi dnegan konten interaksi dengan konsumen, atau 80% konten berisi edukasi, tips, serta edukasi, serta sisanya berupa konten promosi.

Hal ini dilakukan agar konsumen tidak melihat konten promosi secara terus menerus yang akhirnya membuat mereka bosan dan beralih ke akun facebook lainnya.

Tidak hanya itu, anda juga perlu mengetahui waktu yang tepat untuk mengunggah konten agar postingan anda dapat dilihat oleh banyak konsumen saat pertama kali diunggah.

Semakin banyak orang yang melakukan interaksi di waktu awal unggah, maka akan membuka peluang untuk menjangkau pengguna facebook yang lebih luas.

Untuk mengecek waktu aktif konsumen, maka anda bisa mengeceknya di facebook audience insight, namun apabila anda baru pertama kali membuka akun, maka anda bia mengunggahnya di Jam 8 Pagi – 12 Siang. 

Optimasi Halaman Facebook

Disaat postingan anda mendadak viral di facebook, tentunya akan semakin banyak orang yang mengunjungi akun facebook anda untuk mencari konten yang sama atau tertarik dengan produk yang anda tawarkan.

Namun, bagaimana jika akun facebook anda tampak kosong melompong dan tidak memiliki identitas sama sekali?

Hal ini tentunya akan membuat calon konsumen ragu serta membatalkan untuk membeli produk yang anda jual.

Karenanya pastikan untuk melakukan optimasi halaman facebook dengan menambahkan beberapa informasi berikut :

  • Foto profile berupa gambar diri atau logo branda yang anda miliki.
  • Tombol call to action yang akan mengarahkan konsumen ke halaman website atau akun facebook market place.
  • Informasi kontak, seperti nomor sales yang bisa dihubungi, alamat email, atau maps yang membawa ke lokasi toko anda.
  • Pinned post yang berisi promosi produk atau event yang sedang anda jalanlan.
  • Bisnis kategori yang akurat dan bisa anda pilih sesuai dengan jenis produk atau layanan yang anda jual.
  • Beberapa detail tambahan.

Berbagai informasi tersebut tentunya akan menambah brand awareness dari konsumen baru, sehingga membuat mereka tertarik untuk membeli produk yang anda jual meskipun  mereka baru menemukan produk anda.

Pastikan juga anda memasukkan semua informasi dengan benar agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan anda dan konsumen.

Sumber :

What Is Facebook marketing? How To Do Facebook Marketing? (socialmediamagazine.org)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.