insight instagram reels dan tiktok

13 Fakta Tiktok Untuk Media Promosi

Kenali fakta tiktok sebagai platform social media yang cocok untuk media promosi bisnis atau self branding untuk bantu rancang strategi pemasaran yang tepat.

Trend social media yang terus berganti menjadikan pengguna internet tidak hanya berpaku pada satu platform saja melainkan terus berganti mengikuti ketenaran suatu social media.

Beberapa tahun ke belakang, Tiktok menjadi salah satu social media yang digandrungi oleh banyak penggunanya berkat ketenaran konten video yang mudah menyebar ke platform lainnya, seperti Instagram atau WhatsApp.

Meningkatnya pengguna tiktok juga menjadikan banyak perusahaan besar atau influencer social media mencoba tiktok untuk menambah pengikut yang dimiliki serta meningkatkan brand awareness ke konsumen yang belum pernah tersentuh sebelumnya.

Hasilnya, banyak bisnis atau usaha kecil yang mulai terkenal berkat promosi yang dilakukan secara intens di tiktok sehingga membantu meningkatkan penjualan serta memunculkan banyak influencer baru.

Namun untuk memulai karir di tiktok dengan strategi pemasaran yang sesuai ketahui dulu fakta tiktok yang bisa menjadi pandangan untuk pembuatan konten dan promosi di tiktok.

4 fakta tiktok

3 Fakta Tiktok Secara Umum : Jumlah Pengguna dan Unduhan

Suka atau tidak suka, pamor tiktok yang makin meningkat tentu tidak bisa diacuhkan ditambah lagi tiktok menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di tahun 2021.

Meskipun banyak orang yang berfikir bahwa tiktok hanya cocok digunakan oleh generasi remaja berkat banyaknya dance challange yang bermunculan namun tidak bisa dipungkiri jika platform ini cocok sebagai media promosi bagi banyak brand besar dan juga sarana komunikasi dengan konsumen.

Sebelum merancang strategi tiktok marketing yang cocok di tahun 2022 berikut 4 fakta tiktok secara umum baik dari jumlah pengguna dan banyaknya unduhan aplikasi ini.

Fakta Tiktok 1 : Tiktok Telah Diunduh Sebanyak 656 Juta di Tahun 2021

Tak bisa dipungkiri kehadiran Tiktok di ranah social media semakin dipertimbangkan tidak hanya sebagai media hiburan namun juga media promosi.

Hal ini dibuktikan oleh banyaknya unduhan tiktok di tahun 2021 dimana sebanyak 656 Juta orang memakai platform ini di gadget masing-masing.

Jumlah ini tentunya mengalahkan Instagram yang hanya mendapatkan 545 juta unduhan di tahun lalu.

Angka unduhan platform ini pun terus meningkat setiap tahunnya dimana pada tahun 2019, Tiktok hanya diunduh sebanyak 693 juta kali di tahun 850 juta unduhan di tahun berikutnya.

Meskipun jumlah ini memiliki naik turun setiap tahunnya namun Tiktok bisa menempati peringkat pertama sebagai aplikasi yang banyak digunakan dan diunduh di tahun 2021.

Platform berbasis video ini juga telah memecahkan rekor sebagai platform non facebook yang telah diunduh sebanyak 3 milliaran kali secara global.

Hal ini tentu saja membuktikan kekuatan tiktok sebagai salah satu social media yang terkuat saat ini.

Fakta Tiktok 2 : Tiktok Telah Diunduh Sebanyak 3 Milliar Kali

Fakta tiktok 2

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Tiktok saat ini telah diunduh sebanyak 3 milliar kali di bulan Juli 2021.

Jumlah angka yang fantastis ini menjadikan Tiktok sebagai platform social media non facebook seperti Instagram, Messenger, WhatsApp, atau Facebook yang telah diunduh miliaran kali.

Tak hanya itu, rekor ini juga melanjutkan pencapaian Tiktok selanjutnya dimana sebelum itu platform ini juga menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di tahun 2010 meskipun aplikasi ini baru saja rilis di tahun 2010.

Fakta Tiktok 3 : Tiktok Tempati Urutan Keenam Sebagai Aplikasi yang Paling Banyak Digunakan

fakta tiktok 3

Fakta Tiktok lain yang membuktikan kekuatan dari platfrom ini adalah banyaknya pengguna internet yang menggunakan aplikasi berbasis video ini meskipun Tiktok sendiri masih berada di bawah Facebook, Youtube, WhatsApp, Instagram, dan juga WeChat.

Tak hanya itu, “saudara” dari Tiktok yakni Douyin yang merupakan platform video yang berbasis di China juga menempati urutan ke delapan sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet lainnya.

Platform Douyin sendiri sebenarnya dikembangkan oleh Byte Dance dimana pada tahun 2017 mengembangkan Tiktok untuk audience di luar China.

Jadi, ketika dua platform ini digabungkan mungkin saja dapat menduduki peringkat keempat dengan 600 juta pengguna aktif harian dan mampu mengalahkan Instagram dan WeChat.

5 fakta tiktok

4 Fakta Tiktok : Kebiasan Pengguna Tiktok

Banyaknya jumlah unduhan dan juga pengguna tiktok tentunya akan menimbulkan berbagai perilaku pengguna tiktok yang berbeda dengan platform lainnya.

Dengan adanya konten video dengan durasi tertentu pengguna dapat membuat berbagai konten tiktok yang sedang viral atau sekedar mencurahkan isi hari melalui konten di tiktok.

Perbedaan kebiasaan ini, sebaiknya juga diketahui oleh kreator tiktok guna mengetahui konten apa saja yang cocok dikembangkan di akun yang dimiliki sehingga bisa mendapatkan banyak pengikut sehingga membantu untuk menaikkan eksistensi akun yang dikembangkan.

Karenanya berikut 5 fakta pengguna tiktok yang sebaiknya diketahui sebelum mengembangkan konten dan juga akun yang dimiliki.

Fakta Tiktok 4 : Tiktok Memiliki Satu Juta Pengguna Aktif

Sebuah fakta tiktok menyebutkan bahwa setiap detiknya terdapat 8 pengguna baru tiktok yang mengunduh serta bergabung di Tiktok. Hal ini berarti sekitar 650.000 orang menjadi pengguna baru setiap harinya.

Angka ini tentunya terus meningkat secara pesat dengan laporan dari Byte Dance yang menyebutkan bahwa terdapat kenaikan sebanyak 45% dari bulan Juli 2020 – September 2021.

Dimana selama jangka waktu 15 bulan inilah pengguna tiktok telah mencapai kenaikan hingga 1 juta pengikut,

Fakta ini tentunya memecahkan rekor dari Facebook dan Youtube dimana keduanya membutuhkan waktu selama 8 tahun untuk mendapatkan 1 juta pengikut.

Tiktok sendiri diharapkan mampu mencapai 1.5 milliar pengguna di tahun 2022 sehingga mampu menaikkan jumlah unduhan dan pengguna aktif di tahun-tahun sebelumnya.

Fakta Tiktok 5 : Pengguna Tiktok Juga Aktif di Social Media Lainnya

Saat memiliki waktu senggang untuk membuka akun social media biasanya seseorang tidak hanya membuka satu aplikasi melainkan terus menjelajah dari satu akun ke akun lainnya.

Hal ini tentunya membutuhkan waktu hingga berjam-jam untuk melihat semua konten yang beredar di akun social media yang dimiliki.

Belum lagi jika seseorang melakukan stalking konten dari akun yang disukai tentunya akan memakan lebih banyak waktu.

Banyaknya social media yang beredar yang menyajikan berbagai konten dan fitur yang berbeda menjadikan pengguna internet tentunya memiliki lebih dari satu akun social media.

Sebuah fakta menyebutkan bahwa pengguna internet aktif di usia 18-34 tahun bisa saja menggunakan 8 platform social media lainnya.

Tak hanya itu, sebagian besar pengguna Tiktok juga memiliki akun lain di social media yang digunakan secara aktif.

Informasi ini tentunya berguna bagi influencer atau kreator yang mengembangkan akun social media brand tertentu.

Hal ini dikarenakan, kreator tentunya bisa memiliki lebih banyak akun social media guna menjangkau konsumen yang berbeda atau mengembangkan konsumen yang telah dimiliki sebelumnya.

Sehingga jika anda memulai membuka akun social media baru tentunya kreator bisa mempromosikan akun tersebut ke platform yang telah memiliki banyak pengikut sebelumnya.

Strategi ini tentunya menguntungkan karena kreator bisa mendapatkan pengikut awal yang dapat membantu meningkatkan engagement di awal konten diunggah di social media.

Meskipun begitu, kebiasaan konsumen di tiap akun yang berbeda juga sebaiknya dipahami oleh kreator sehingga bisa membuat konten yang berbeda tergantung dari social media mana yang dikembangkan.

Membuat konten yang variatif tentunya akan membuat konsumen bisa menemukan konten yang sesuai dengan keinginannya sehingga bisa setia pada satu platform.

Fakta Tiktok 6 : Sebagian Besar Pengguna Tiktok Adalah Wanita

Fakta tiktok lainnya dari pengguna tiktok adalah sebanyak 57% pengguna aktif berasal dari wanita yang menggunakan platform ini sebagai media ekspresi diri atau hanya sekedar menonton berbagai video tiktok yang beredar.

Meskipun pengguna tiktok berasal dari berbagai macam usia dan gender namun tentu saja banyak brand yang berharap konsumen wanitanya menjadi pengikut dari akun yang dikembangkan.

Fakta tiktok ini tentunya menguntungkan bagi brand tertentu yang berfokus pada berbagai produk wanita sehingga mampu mengembangkan konten yang menarik yang disukai oleh konsumennya.

Namun untuk membuat konten yang sesuai dengan minat konsumen wanita tentunya kreator sebaiknya mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi oleh wanita sehingga bisa dijadikan konten yang sesuai dengan produk yang dijual.

Untuk mengetahui topik yang tepat maka kreator bisa memulai dengan melihat konten dari kreator lain dan juga mengembangkan permasalahan yang dialami konsumennya.

Tak hanya itu, kreator juga bisa mengadakan sesi tanya jawab untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi dan bisa diatasi dengan produk yang anda miliki.

Selalu aktif untuk melihat respon konsumen di setiap konten yang diunggah juga menjadi kunci untuk mengetahui konten yang cocok dengan komunitas yang dimiliki.

Kreator juga bisa menggunakan konten viral dan mendapatkan banyak engagement untuk dikembangkan kembali sebagai konten utama di akun anda.

Fakta Tiktok 7 : Tiktok Bukanlah Social Media Favorit Pengguna Internet

fakta tiktok 7

Meskipun Tiktok menjadi salah satu social media yang memiliki banyak pengguna dan jumlah unduhan aplikasi yang besar namun tidak menjadikan platform ini disukai oleh banyak pengguna internet.

Fakta tiktok ini terlihat jelas dari demografi yang menunjukkan hanya 4.5% pengguna tiktok menyukai aplikasi ini.

Disisi lain, meskipun platform ini dikuasai oleh pengguna di kisaran usia 16-24 tahun sebagian besar konsumen lebih memilih Instagram sebagai platform yang disukai.

Meskipun begitu, jumlah pengguna aktif tiktok dan juga fitur belanja secara langsung di tiktok shop masih bisa menjadi pertimbangan untuk menggunakan Tiktok sebagai media promosi yang efektif.

6 Fakta Tiktok : Statistik Pengguna Tiktok

Tidak hanya kebiasaan pengguna tiktok yang bisa menjadi pandangan untuk membuat rancangan strategi marketing di Tiktok.

Namun kreator juga sebaiknya mengetahui mengenai fakta tiktok unik lainnya mengenai jenis konten yang disukai oleh pengguna tiktok lainnya.

Hal ini dilakukan untuk dapat membantu mengetahui jenis konten apa saja yang disukai oleh pengguna tiktok sehingga bisa mendapatkan lebih banyak perhatian dan mampu menaikkan konten hingga masuk ke fyp recommend.

Karenanya berikut fakta tiktok mengenai jenis konten yang disukai oleh pengguna tiktok dan bagaimana berkomunikasi dengan komunitas yang dikembangkan.

Fakta Tiktok 8 : Pengguna Android Lebih Banyak Menggunakan Tiktok

Fakta Tiktok 5

Sebuah fakta tiktok menyebutkan di tahun 2020 sebanyak 47% pengguna android lebih banyak mengakses aplikasi Tiktok dengan durasi sekitar 13.3 jam per bulannya.

Hal ini menjadikan Tiktok menjadi salah satu platform yang lebih banyak digunakan di handphone android dibandingkan social media lainnya seperti Facebook.

Tiktok sendiri masih kalah dengan Youtube dimana banyak penggunanya menghabiskan sekitar 23.7 jam per bulan yang menjadikan Youtube sebagai platform dengan pengguna terbanyak di Android.

Fakta Tiktok ini tentunya bisa menjadi informasi penting untuk lebih mengembangkan konten yang dimiliki di tiktok agar semakin dilihat oleh banyak orang.

Ditambah lagi, handphone berbasis android juga digunakan oleh banyak orang dan dari berbagai kalangan sehingga kesempatan akun tiktok lebih terkenal juga semakin terbuka lebar.

Fakta Tiktok 9 : Tiktok adalah Social Media yang Tepat Untuk Interaksi

Saat pertama kali membuka akun tiktok maka pengguna akun disuguhkan dengan berbagai macam konten yang mendapatkan banyak interaksi dari pengguna tiktok lainnya.

Namun apabila pengguna tidak menyukai konten yang ditawarkan maka anda bisa menggantinya dengan konten yang lebih disukai dengan mencari keyword dari video yang anda minati.

Tak berhenti disitu, ketika pengguna tiktok sudah menemukan konten yang sesuai maka anda bisa ikut berinteraksi dengan konten tersebut melalui komentar di kolom komentar atau membalas konten dengan stitch yang dapat membuat video anda makin dikenali oleh banyak orang.

Tak hanya itu, kreator juga bisa berinteraksi dengan pengguna tiktok lainnya dengan cara menjawab pertanyaan di konten terbaru atau membuat konten yang seusai dengan permintaan pengikut anda.

Banyaknya jenis interaksi dua arah yang bisa dipilih ini menjadikan kreator bisa lebih mudah berinteraksi dengan komunitas yang dimiliki sehingga bisa meningkatkan kedekatan satu sama lain.

Tak heran apabila tiktok menjadi salah satu social media yang cocok digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dengan total interaksi sebanyak 10.86 menit per pengguna.

Fakta tiktok ini menjadikan tiktok mengalahkan platform Pinterest dengan jumlah interaksi sebanyak 5.06 menit dan juga Instagram sebesar 2.95 menit interaksi.

Tingginya interaksi ini juga menguntungkan kreator untuk membuat konten interaktif sehingga memungkinkan lebih banyak pengguna tiktok mengetahui akun anda.

Dengan banyaknya interaksi ini juga akan membantu algoritma tiktok sehingga membuat konten anda naik dengan mudah ke fyp recommend.

Fakta Tiktok 10 : Pengguna Tiktok Mencari Konten Komedi atau Hiburan

Banyaknya konten komedi yang berasal dari Tiktok dan menyebar ke social media lain akhirnya membuat banyak pengguna internet untuk mengunduh dan menggunakan Tiktok.

Berbagai macam konten komedi ini juga menjadi hiburan tersendiri di kala suntuk sehingga bisa meningkatkan perasaan senang setelah seharian bekerja.

Tingginya engagement dan juga interaksi di konten komedi juga menjadi bukti bahwa konten ini menjadi salah satu incaran penonton konten di tiktok.

Karenanya dalam mengembangkan konten dan akun di tiktok maka pengguna tidak perlu terus menerus membuat konten edukasi atau promosi yang terkesan serius.

Namun kreator juga bisa memadupadankan dengan konten komedi untuk membuat pengikut anda terhibur dan juga bisa meningkatkan engagement tiktok secara cepat.

Platform tiktok sendiri memiliki berbagai jenis konten komedi yang bisa kreator kembangkan sesuai dengan kreasi dan ciri khas yang dimiliki.

Beberapa konten komedi tersebut adalah prank atau menjadikan curahan hati sebagai konten ironi yang bisa dipadupadankan dengan suara atau filter yang ada di tiktok.

Kekuatan konten komedi sebagai sarana untuk menjangkau lebih banyak pengguna tiktok juga dibuktikan dengan fakta tiktok dari GlobalWebIndex yang menyebutkan sebagian besar pengguna tiktok lebih banyak mencari hiburan dan juga komedi.

Disisi lain, konten mengenai berbagi keseharian menempati urutan kedua disusul dengan konten informasi yang menempati urutan ketiga sebagai konten yang sering dicari di Tiktok.

Fakta Tiktok 11 : Sebanyak 430 Lagu Tiktok Telah Ditonton 1 Milliar Kali

Saat menonton video di tiktok tentunya akan mendengarkan lagu pengiring sehingga membuat konten lebih menarik dan betah untuk menonton video tersebut.

Tak jarang, beberapa lagu juga digunakan sebagai konten khusus sehingga banyak kreator yang membuat konten yang serupa.

Salah satunya adalah dance challange yang sebagian besar menggunakan lagu tiktok tertentu dan digunakan berulang-ulang oleh pengguna tiktok lainnya sehingga menjadi viral.

Tak hanya itu, dengan menggunakan lagu yang viral tentunya akan membantu konten yang dibuat lebih mudah terkenal dan bisa masuk ke fyp recommend.

Tak heran apabila sebuah fakta tiktok menyatakan sebanyak 430 lagu yang beredar di tiktok sudah digunakan dan dipakai sebanyak 1 miliar kali.

Banyaknya lagu yang viral di tiktok tentunya akan menguntungkan bagi penyanyi tersebut karena lagunya akan lebih mudah dikenal dan di dengarkan di berbagai platform musik lainnya.

Sehingga saat ini pengguna tiktok akan lebih mudah menemukan musisi yang memasukkan lagu mereka di tiktok agar lebih banyak digunakan sehingga bisa menaikkan ketenaran lagu yang tengah dirilis.

Fakta Tiktok 12 : Pengguna Tiktok Lebih Menyukai Durasi Video yang Panjang

Saat melihat video yang menarik di Tiktok tentunya pengguna bisa saja kesal bila video yang dilihat mendadak selesai.

Padahal konten yang dilihat belum saja selesai sepenuhnya dan masih tersisa durasi yang cukup untuk menjelaskan video tersebut. Apalagi jika video lanjutan belum selesai dan belum diperbarui dalam jangka waktu lama.

Karenanya inilah yang menjadi alasan pengguna tiktok lebih menyukai video dalam durasi yang cukup panjang dibandingkan video yang dipotong dan dibagi ke beberapa bagian.

Hal ini karena belum tentu video tersebut bisa ditemukan kembali di tiktok dan membuat penonton tiktok melupakan video anda begitu saja.

Ditambah lagi, saat ini Tiktok menyediakan durasi video yang lebih panjang sehingga membuat kreator lebih leluasa untuk membuat variasi konten tiktok sesuai dengan durasi yang diinginkan.

Selain itu, sebuah fakta tiktok mengungkapkan video dengan durasi yang lebih panjang telah ditonton oleh 5 miliar penonton di seluruh dunia.

Hal ini tentunya menjadi keuntungan besar bagi kreator tiktok yang membuat konten dengan durasi panjang untuk masuk ke fyp recommend.

Ditambah lagi dengan hadirnya Tiktok TV di tahun 2021 membuka peluang baru bagi kreator tiktok untuk membuat konten yang lebih panjang dan mampu menarik minat penonton untuk melihat konten yang diunggah.

Sayangnya layanan ini belum tersedia di Indonesia sehingga kreator perlu menunggu untuk memanfaatkan fitur terbaru dari tiktok ini.

Durasi video yang panjang di tiktok juga bisa membuat kreator bingung untuk membuat konten yang menarik sehingga membuat penonton betah untuk melihat video hingga habis.

Karenanya kreator bisa membuat konten edukasi atau informasi yang menarik dan diawali dengan membahas masalah terlebih dahulu kemudian membahas permasalahan tersebut hingga tuntas.

Fakta Tiktok 13 : Konten Edukasi Finansial Meningkat 225% di Tahun 2021

Sebuah informasi dari What’s Next Report 2022 menunjukkan bahwa konten mengenai edukasi finansial seperti investasi mengalami peningkatan yang sangat besar.

Dibandingkan tahun 2022. hastag yang berkaitan mengenai edukasi finansial mengalami kenaikan penggunaan serta semakin banyak konten mengenai edukasi finansial yang diunggah.

Hal ini di dukung oleh banyaknya kreator yang membahas masalah edukasi finansial di Tiktok sehingga semakin banyak konten video finansial yang diunggah di Tiktok.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.