facebook video

Tips Meningkatkan Viewers Facebook Video

Butuh ide konten facebook video untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna facebook? Beberapa cara ini bisa dilakukan untuk maksimalkan konten video di akun facebook.

Lebih dari 8 miliar video serta 100 jam facebook video telah di lihat di facebook setiap hari dan akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Fakta mengenai facebook video ini juga menjadi keuntugan tersendiri bagi kreator yang ingin meningkatkan performa akun facebook melalui konten video yang dimiliki.

Tidak hanya itu, penggunaan konten facebook video yang tepat juga dapat membantu meningkatkan interaksi dengan pengguna facebook yang diinginkan.

Namun sebelum mendapatkan hasil tersebut maka ketahui dulu beberapa tips yang bisa digunakan dalam meningkatkan viewers facebook video.

Gunakan Optimasi Facebook Video Untuk Penonton

Salah satu tips mudah untuk membuat konten facebook video adalah membuat konten yang sesuai keinginan konsumen.

Caranya adalah dengan melihat demografi konsumen yang dimiliki seperti usia, umur, gender, serta domisili pengguna facebook.

Namun, pengumpulan data tersebut bisa saja membutuhkan waktu yang lama sehingga memakan waktu sebelum membuat konten facebook video.

Akan tetapi, hal ini bisa lebih mudah dilakukan dengan menggunakan creator studio, dimana layanan ini telah membangun pilihan optimasi yang dapat membantu anda meningkatkan penonton secara otomatis, tanpa peduli dimana konsumen anda melihat facebook video yang anda unggah.

Guna mengakses layanan tersebut, maka kreator cukup masuk ke optimize tab yang ada di creator studio, kemudian cek ke fitur optimasi video dan pilih layanan setting.

Pada pilihan tersebut maka kreator bisa mengubah ke auto option untuk mengizinkan Meta melakukan optimasi video anda. Setelah itu, kreator akan mendapatkan berbagai layanan optimasi facebook video, diantaranya :

  • Smart Preview yang menyajikan klip yang menarik di video anda sehingga membuat pengguna facebook tertarik untuk melihat facebook video yang anda unggah.
  • Smart Copping yang memperlihatkan tampilan versi 4:5 dari facebook video anda ke pengguna handphone yang mana tetap menyajikan versi original bagi penggun yang menonton via dekstop.
optimasi facebok video

Dengan kemudahan dalam mengakses smart option tersebut maka kreator dapat menarik perhatian lebih banyak pengguna facebook dan membuat mereka untuk tetap menonton video hingga habis.

Keuntungan lainnya adalah layanan ini bisa digunakan secara otomatis sehingga tidak perlu memerlukan banyak waktu untuk mengedit pengaturan guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Haruskah Melakukan Optimasi Facebook Video Untuk Penonton Baru ?

Jika kreator telah menggunakan creator studio secara rutin maka serta memakai layanan aplikasi edit video yang profesional, maka mungkin saja anda telah menghabiskan banyak waktu untuk membuat konten video di personal computer.

Namun, fakta penting yang perlu anda ingat adalah sebagian besar pengguna facebook dan tentu saja target konsumen anda lebih banyak mengakses facebook video melalui handphone.

Berdasarkan analisa dari Statistica, lebih dari 80% pengguna facebook di seluruh dunia mengakses facebook video melalui handphone, dimana sekitar 15% melihat konten video melalui personal computer, serta sisanya menonton melalui dua pilihan gadget, yakni handphone dan personal computer.

Hal ini menandakan bahwa sebaiknya kreator facebook melakukan optimasi facebook video untuk pengguna handphone.

Karenanya dibandingkan membuat konten facebook video dengan gaya landscape maka prioritaskan untuk membuat ukuran facebook video dengan ratio 9:16.

Ubah Thumbnail Video Player dengan Design Pilihan

Salah satu kunci sukes meningkatkan viewers facebook video adalah membujuk pengguna facebook menekan tombol play.

Hal ini dikarenakan pengguna facebook sudah tertarik lebih dulu dengan thumbnail gambar di video sehingga akan berlanjut untuk melihat video yang telah diunggah.

Cara ini juga menandakan bahwa pemilihan thumbnail video yang menarik sangatlah penting. Namun, bagaimana menentukan thumbnail video yang menarik? Berikut beberapa tips yang bisa anda gunaakan.

  • Pilih thumbnail yang merefleksikan konten dari facebook video anda tanpa memberikan kesimpulan dari video yang anda unggah.
  • Gunakan gambar yang meningkatkan minat serta rasa ingin tahu penonton dengan memunculkan tampilan ekspresi tertentu, seperti terkejut, sedih, atau gembira.
  • Tampilkan warna atau layouts yang menarik perhatian serta meningkatkan kesempatan bagi penonton untuk melihat video anda.
  • Pastikan pengunaan teks mudah dibaca sehingga penonton dapat membaca secara cepat sebagaimana mereka memproses thumbnail gambar yang dilihat.

Penggunaan thumbnail yang menarik tentunya dapat membuat penonton tertarik untuk melihat video anda meskipun belum pernah melihat facebook video anda sebelumnya.

Di sisi lain, jika kreator merasa kesulitand alam membuat thumbnail video maka anda bisa membuatnya sendiri melalui layanan creator studio.

Fitur ini menyediakan layanan rekomendasi thumbnail sehingga memudahkan kreator membuat layar pembuka secara mudah.

upload custom facebook video thumbnail

Namun, dibandingkan membuat thumbnail yang terlihat sulit diaplikasikan maka kreator bisa menggunakan pilihan gambar, dimana anda dapat memilih gambar serta tulisan tanpa ada batasan bangkai video.

Sertakan Kalimat Call to Action pada Facebook Video

Tidak hanya isi konten yang dapat meningkatkan viewers facebook video namun penggunaan caption yang sesuai yang menarik perhatian pengguna facebook dapat membawa mereka melakukan kegiatan yang anda minta.

Berikut beberapa cara mudah mudah untuk meningkatkan minat penonton video :

  • Berikan pertanyaan dengan elemen personal, seperti ” apa yang akan anda kerjakan ?” atau “apakah strategi ini ampuh bagi anda ?” dapat membuat penonton tertarik melakukan interaksi pada konten facebook vidoe yang anda miliki.
  • Berikan konten yang seolah tidak akan berakhir, seperti pemberian konten point of view (POV) guna membantu penonton memberikan bayangan yang diinginkan.
  • Bagikan sebuah quote dari video yang membuat penonton penasaran mengenai akhir dari video yang anda unggah.
  • Berikan keuntungan yang akan penonton dapatkan setelah menonton konten video, seperti pemberian caption yang menarik dan mengunggah konten tips dapat membuat penonton memilih konten mana yang bisa dilihat hingga selesai.

Masukkan juga kalimat call to action pada caption yang anda miliki yang dapat membuat penonton melihat facebook video yang anda miliki.

Namun apabila kreator ingin menggoda penonton agar melihat facebook video tersebut maka anda bisa menggunakan kalimat call to action seperti “Klik video ini jika anda ingin menghasilkan 10 juta setiap hari”

Tips penting dalam menyematkan caption adalah pastikan kalimat call to action dan beberapa elemen kunci di caption muncul sebelum tampilan link.

Facebook biasanya memberikan panjang caption video berupa 480 karakter, kreator juga perlu memeriksa penggunaan emoticon sebelum mengunggah video yang dimiliki.

Tampilkan Auto Caption di Facebook Video

Dalam membuat konten tutorial di facebook video maka kreator biasanya memberikan penjelasan berupa voice over sehingga mempermudah konsumen untuk memahami isi video.

Sayangnya, cara ini kurang disukai oleh beberapa pengguna facebook dimana mereka lebih menyukai melihat video tanpa adanya suara.

Hal ini dilakukan karena bisa saja penonton melihat video saat sedang berada di keramaian sehingga tidak menginginkan orang lain melihat video tersebut.

Sayangnya, anda mungkin saja sulit membuat video yang mudah dimengerti secara sempurna meskipun dengan volume yang dimatikan.

Untungnya, penggunaan fitur creator studio dapat membantu anda dalam memberikan caption secara otomatis di video anda dengan tampilan yang mudah dibaca oleh penonton.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menambahkan caption saat mengunggah konten facebook video sehingga bisa dimatikan atau dinyalakan oleh pengguna facebook saat tidak dibutuhkan.

Guna menambahkan caption di creator studio maka kreator bisa mengunggah video, judul, serta caption terlebih dahulu.

Kemudian masuk ke optimasi layar untuk mengecek caption box, namun untuk menghemat waktu anda bisa menyalakan automasti caption yang bisa diubah sebelum mengunggah video.

auto generate facebook video captions

Alternatif lainnya adalah kreator bisa mengunggah file caption anda sendiri di berbagai bahasa sehingga memberikan akurasi bahasa yang efektif.

Masukkan Kata Kunci Untuk Mempermudah Pencarian Konten

Tidak hanya melakukan optimasi caption di konten facebook video untuk menaikkan viewers namun kreator juga perlu memasukkan kata kunci yang sesuai di caption video yang anda unggah.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah pencarian konten video saat pengguna facebook mencari konten yang sesuai minat melalui fitur pencarian.

Tidak hanya itu, sebagian besar konten facebook video yang tersebar di timeline berdasarkan pengikut yang dimiliki atau orang lain yang membagikan konten tersebut di halaman profile mereka, sehingga akan lebih banyak orang melihat video tersebut.

Namun jika anda ingi memaksimalkan viewers facebook video maka penting untuk meningkatkan kesempatan video anda muncul di halaman pencarian yakni dengan penggunaan kata kunci.

Kreator bisa memasukkan kata kunci utama terkait konten facebook video yang anda unggah sehingga mudah dicari oleh pengguna facebook dan video anda berada di bagian utama halaman pencarian.

Di sisi lain, kreator juga bisa menambahkan kata kunci yang sesuai dan banyak dicari oleh pengguna facebook dengan menggunakan layanan creator studio.

add tags to facebook video post

Caranya adalah ketikkan kata kunci di bagian Tags search bar kemudian pilih opsi yang relevan dimana kreator bisa menambahkan hinga 8 kata kunci menggunakan metode ini.

Meskipun kreator bisa menambahkan kata kunci sendiri namun memilih keyword dari rekomendasi merupakan cara terbaik untuk optimasi pencarian video.

Karenanya pilihlah kata kunci yang relevan dengan konten anda dibandingkan menambahkan keyword yang tidak relevan yang tidak mempengaruhi peningkatan viewers facebook video.

Tag Sponsor serta Kreator Facebook

Di saat kreator bergantung pada audience halaman facebook untuk meningkatkan engagement maka cara ini akan meningkatkan penonton facebook video organik dengan lambat.

Faktanya, jangkauan organik dari halaman facebook yang berkisar 5% dari audience facebook yang anda miliki.

Sehingga untuk mendapatkan lebih banyak viewers facebook video di halaman anda maka bisa mengajak kerja sama dengan kreator atau brand tertentu.

tag sponsor in facebook post

Salah satu contohnya adalah dengan mengajak kolaborasi membuat konten facebook video tertentu dengan organisasi atau kreator tertentu kemudian lakukan tag pada konten video tersebut.

Cara promosi ini efektif dilakukan saat anda melakukan promosi campaign tertentu guna menjangkau konsumen yang lebih luas.

Namun, jika kreator hendak melakukan kerjasama dengan brand atau kreator lain maka pastikan kolaborasi tersebut tidak melanggar peraturan dari facebook sehingga facebook video anda bebas blokir.

Jadwalkan Penayangan Facebook Video

Bagi seorang konsumen setia, mengetahui konten yang akan diunggah terlebih dahulu akan membuat penonton lebih tertarik untuk menantikan video yang akan ditonton nantinya.

Rasa penasaran penonton pada sebuah brand atau produk inilah yang dimanfaatkan facebook untuk merilis fitur premier di layanan creator studio.

Layanan ini cocok bagi sebuah brand yang melakukan investasi pada pembuatan konten facebook video dengan kualitas tinggi dimana kreator tentunya ingin memastikan bahwa video mendapatkan interaksi yang tinggi.

Melakukan penjadwalan konten video melakukan cara terbaik untuk membuat penonton tertarik mengenai konten anda sehingga mereka siap untuk menonton video tersebut saat dirilis.

Tidak hanya itu, Facebook premier juga mengizinkan kreator untuk menyalakan lonceng pemberitahuan yang dapat meningkatkan penonton lebih banyak.

Sementara itu, jika pengguna facebook melakukan klik tombol interest pada konten yang akan anda unggah mereka juga akan mendapatkan pemberitahuan ketika konten akan ditayangkan.

Dengan adanya lonceng tersebut maka penonton akan langsung melihat facebook video yang diunggah sehingga melakukan engagement pada konten tersebut.

Apabila kreator ingin menyalakan Facebook premier di Facebook Studio maka bisa mulai dengan mengunggah video dan masuk ke fitur publish screen.

Pada layanan inilah, kreator bisa memilih ikon premier dan memilih hari dan tanggal. Pilih juga Create Event guna menaikkan pemberitahuan dan mengunggah gambar yang dapat menarik perhatian.

Namun jika dirasa konten facebook video dirasa kurang siap maka kreator bisa membatalkan penayangan tersebut sehingga bisa diunggah setelah konten video selesai direvisi.

schedule facebook premiere

Naikkan Viewers Facebook Video dengan Iklan Facebook

Penonton organik tentunya menjadi tujuan utama dari kreator facebook untuk meningkatkan visibilitas facebook video ke konsumen yang diinginkan.

Akan tetapi, jika kreator sedang menjalankan suatu campaign dengan tujuan dan budget tertentu maka anda bisa menggunakan campaign facebook untuk meningkatkan lebih banyak viewers facebook video.

Guna mengaktifkan layanan iklan facebook untuk menaikkan viewers facebook video maka kreator bisa memilih engagement objective pada ads manager.

set up facebook video ad step 1

Kemudian pada pilihan level maka kreator dapat memilih On Your Ad untuk melakukan konversi lokasi dan penonton video sebagai pemilihan tipe enagagement.

set up facebook video ad step 2

Lalu pada bagian Ad Level maka pilihlah Use existing post dan pilihlah konten video yang telah anda unggah sebelumnya. Pastikan juga anda telah menambahkan caption dan pilih CTA yang sesuai sebelum mempublikasikan campaign yang anda inginkan.

Bagikan Video ke Facebook Story

Meta sendiri terkenal dengan fitur story dimana konten foto atau video yang diunggah akan menghilang dalam waktu 24 Jam, dimana layanan ini jamak ditemui di Facebook atau Instagram.

Dengan adanya layanan ini kreator tidak hanya dapat membagikan konten secara langsung namun juga cocok sebagai media promosi yang efektif.

Hal ini dilakukan mengingat fitur story berada di bagian atas halaman sehingga berbagai konten yang diunggah bisa dengan mudah dilihat oleh pengguna facebook.

Di sisi lain, mengunggah cuplikan konten facebook video tidak akan meningkatkan jumlah penonton namun jika anda membagikan ke fitur story tentunya akan meningkatkan jumlah pengunjung video.

Kapanpun anda membagikan konten ke facebook story maka platform satu ini akan otomatis memasukkan link ke konten asli anda.

Selain itu, konten story yang selalu dihadirkan di bagian atas halaman facebook maka memberikan konsumen kesempatan untuk mendapatkan viewers serta engagement yang lebih banyak.

share facebook video post to stories 1536x1337 1

Cara membagikan konten video ke facebook story adalah dengan masuk ke aplikasi facebook dan pilih konten facebook video yang akan anda bagikan.

Kemudian pilih ikon bagikan yang berada di bagian bawa postingan dan pilih bagikan ke facebook story. Pilihlah halaman yang tepat serta dan elemen ke story anda.

Agar tampilan facebook story menjadi lebih menarik maka kreator bisa menambahkan teks, stiker, serta GIF untuk membawa penonton ke halaman facebook video yang anda unggah.

Ubah Video Panjang Untuk Konten Facebook Reels

Durasi facebook video yang panjang terkadang membuat penonton malas untuk menonton sehingga berhenti di tengah-tengan video.

Di sisi lain, penggunaan video pendek digemari oleh pengguna internet berkat kemudahannya dalam melihat konten yang lebih mudah sehingga lebih menghemat waktu.

Karenanya kreator bisa memanfaatkan hal ini dnegan membuat kembali konten facebook video untuk facebook reels.

Di sisi lain, tidak semua konten facebook video cocok untuk dimasukkan ke dalam facebook feed sehingga kreator bisa memanfaatkan layanan reels yang di berikan oleh platform Facebook.

Tidak hanya itu, Meta juga memberikan investasi besar-besaran pada facebook reels dimana format ini juga bisa dimasukkan dalam strategi facebook marketing yang dimiliki.

Selain itu, rasa penasaran pengguna facebook terhadap layanan facebook reels juga bisa dimanfaatkan kreator untuk membuat konten facebook video yang menarik.

Cara membuat konten reels pun mudah, kreator masuk ke aplikasi facebook kemudian masuk ke halaman profile, pada bagian create a post maka pilih ikon reels.

Kreator bisa merekam konten mulai 15-60 detik atau unggah konten pendek dari video yang pernah diunggah sebelumnya. Kreator juga bisa melengkapi konten reels dengan menambahkan teks, stiker serta GIF.

Sebelum mengunggah konten reels maka masukkan juga caption, pastikan juga caption tidak terlalu panjang sehingga tidak menutupi video yang akan diunggah serta penonton bisa lebih fokus pada konten yang anda miliki.

Namun jika kreator ingin membuat penonton membaca keseluruhan caption saat melihat konten video maka pastikan memberikan kalimat yang menarik perhatian di awal caption.

Tarik Perhatian Penonton Pada 3 Detik Awal

Tidak hanya memberikan thumbnail yang unik guna membawa konsumen melihat konten video yang anda unggah namun kreator juga bisa menarik perhatian konsumen dengan 3 detik awal video.

Facebook video sendiri memberikan auto play video guna menarik perhatian konsumen agar melihat video yang diberikan hingga habis.

Karenanya sebuah Facebook video sebaiknya memberikan 3 detik awal yang keren guna menarik perhatian konsumen meskipun tanpa adanya suara sekalipun.

Guna memaksimalkan 3 detik awal, maka kreator bisa mengembangkan beberapa cara berikut :

  • Thumbnail yang menarik : Berikan thumbnail yang dapat menarik perhatian konsumen saat melakukan scrolling timeline facebook.
  • Berikan teaser video : Terkadang sebuah trailer video yang unik dapat memberikan cuplikan isi vidoe tersebut.
  • Perpendek perkenalan di video : Sebuah video yang terlalu panjang dan tidak langsung masuk ke inti video membuat penonton beralih ke video lainnya sehingga kreator tidak perlu membuang waktu untuk menarik perhatian penonton.

Fokus Pada Inti Isi Video

Sebuah facebook video yang menarik tidak hanya menggugah penonton untuk melihat isi konten sampai habis namun mengajak mereka untuk membagikan video tersebut untuk dilihat oleh orang lain.

Karenanya kreator perlu merangkum sebuah video menjadi satu kalimat utama sehingga mudah dipahami oleh penonton video sehingga dapat membuat mereka membagikan konten video tersebut.

Di sisi lain, beberapa alasan seorang pengguna facebook membagikan konten anda adalah video tersebut dapat mengekspresikan perasaan penonton terhadap suatu topik atau membuat penonton terhibur dengan video yang anda bagikan.

Sehingga pastikan konten facebook video anda memiliki beberapa unsur tersebut sehingga video anda bisa dibagikan ke pengguna lain guna meningkatkan viewers facebook video.

Sumber :

https://buffer.com/library/facebook-video/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.