google business profile

Google Business Profile: Nama Baru Google My Business

Google Business Profile adalah nama baru yang diberikan untuk menggantikan Google My Business. Apa perbedaan keduanya? Yuk kepoin!

Google Business Profile kini merupakan istilah yang akan menggantikan Google My Business. Hal tersebut adalah salah satu upaya Google dalam memberikan lebih banyak layanan dan kemudahan bagi para pelaku bisnis.

Sebelum Google Business Profile, platform ini bernama Google My Business atau yang sering disingkat GMB. Apa itu GMB?

Google My Business sendiri adalah salah satu tools atau layanan yang dirilis oleh Google agar para konsumen atau pelanggan dapat mencari tahu informasi mengenai bisnis Anda.

Layanan ini akan menyediakan beragam informasi penting terkait perusahaan Anda secara detail, yang nantinya akan mempermudah calon konsumen untuk menemukan lokasi bisnis Anda.

Biasanya, informasi yang dimaksudkan akan muncul di bagian atas atau samping halaman ketika seseorang mengetik nama brand Anda, lengkap dengan peta petunjuk arah.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh para pelaku bisnis jika menggunakan layanan ini, khususnya untuk mempromosikan produk barang atau jasa mereka.

Manfaat yang pertama yaitu Anda akan mendapatkan peluang untuk dipromosikan di Google Maps. Setidaknya ada lebih dari satu miliar populasi di dunia yang menggunakan layanan Google Maps.

Kebanyakan dari mereka mengakses Google Maps dengan frekuensi yang cukup tinggi setiap bulan. Untuk itu, jika Anda berhasil mendaftarkan perusahaan di Google My Business, maka Google Maps juga akan mempromosikan tempat usaha Anda secara global.

Tidak hanya itu saja, Anda juga akan mendapatkan kesempatan dipromosikan langsung oleh Google Maps dengan menggunakan Google My Business.

Selain itu Anda juga berkesempatan mendapatkan review mengenai usaha yang Anda kembangkan dari pelanggan yang telah bertransaksi atau menggunakan produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Review tersebut akan berguna untuk meningkatkan kredibilitas dan membangun brand awareness terhadap perusahaan Anda. Menariknya lagi, Anda bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan. Caranya, cukup dengan membalas ulasan yang mereka berikan.

Manfaat lainnya yang akan Anda dapatkan adalah Anda dapat meningkatkan pengunjung toko atau store offline jika ada.

Fitur Google Maps sudah pasti bisa menampilkan lokasi usaha Anda dalam radius tertentu dan kata kunci yang telah ditentukan. Hal ini memudahkan Anda untuk meningkatkan kunjungan langsung ke toko Anda sekaligus membangun brand.

google business profile

Google My Bisnis Kini Menjadi Google Business Profile

Pada 4 November lalu, Google mengumumkan bahwa nama platfrom Google My Business atau GMB berubah menjadi Google Business Profile.

“Ke depannya, kami merekomendasikan usaha kecil untuk mengelola profil mereka langsung di Penulusuran atau Maps. Untuk mempermudah, ‘Google My Business’ diganti namanya menjadi ‘Google Business Profile,’” tulis Matt Madrigal, VP/GM Merchant Shopping, dalam pengumuman resminya.

“Dan pada tahun 2022, kami akan menghentikan aplikasi Google My Business sehingga lebih banyak pedagang dapat memanfaatkan pengalaman yang ditingkatkan di Penelusuran dan Maps,” tambahnya.

Google Business Profle akan menjadi nama baru di masa mendatang untuk Google My Business. Lalu, apakah artinya nama Google My Business akan dihapus?

Google mengatakan alasan nama baru itu adalah untuk “menjaga semuanya tetap sederhana” dan sekitar tahun 2022, Google akan menghentikan aplikasi Google My Business sepenuhnya.

Proses perubahan nama platform ini sebenarnya bukan yang pertama kali. Kini Anda akan mengenalnya dengan nama Google Business Profile, dan nama sebelumnya adalah Google My Business.

Sebelum GMB, ada Google Places, dan sebelumnya lagi adalah Google+ Local, yang diubah dari nama Google Places. Sebelum itu, nama platform ini adalah Google Local.

Produk manajemen bisnis lokal ini telah melalui banyak nama, hingga bahkan ada beberapa nama produk sebelumnya yang terlupakan.

Nah, Google mendorong para pelaku bisnis untuk mengelola usaha mereka langsung di Google Penelusuran atau Google Maps secara mandiri, baik melalui website atau aplikasi seluler. 

Nah, kini untuk waktu yang cukup lama, Google akan memungkinkan para pemilik bisnis mengelola bisnis mandiri mereka secara langsung di mesin penelusuran atau langsung di Google Maps.

Saat ini Google mengatakan lebih menyukai para pemilik bisnis mengelola bisnis mereka secara mandiri di Penelusuran atau Maps dan bukan di Google My Business yang lama.

Jika Anda mengelola bisnis yang terletak di beberapa lokasi atau Anda memiliki jasa optimasi SEO yang mengelola sejumlah bisnis, Anda masih akan terus menggunakan GMB, yang telah diubah namanya menjadi Business Profile Manager di masa mendatang. 

Mungkin akan ada beberapa perubahan pada Pengelolaan Profil Bisnis selama beberapa bulan mendatang. Lalu, apa saja fitur yang juga hadir pada Google Business Profile? Simak pembahasan di bawah ini.

Fitur Baru Pada Google Business Profile

Pengumuman rebranding GMB menjadi Google Business Profile atau GBP ini datang dengan beberapa fitur baru juga. Opsi untuk mengedit informasi profil bisnis Anda dari penelusuran memang telah ada selama beberapa bulan.

Tetapi sekarang Anda dapat melakukan verifikasi atau menyelesaikan masalah lain yang terkait dengan profil bisnis Anda secara langsung dari penelusuran. 

Mengelola Profil Bisnis Melalui Google Business Profile

Anda dapat melakukan pencarian dengan nama bisnis Anda di Google Penelusuran atau Google Maps untuk keperluan Anda. Atau, Anda juga bisa menelusuri “My Business” di Google Penelusuran untuk melihat bisnis yang telah Anda klaim dan verifikasi.

Untuk melakukannya, cukup lakukan penelusuran nama perusahaan Anda di Google atau di aplikasi Google Maps dan Anda akan melihat opsi untuk memverifikasi profil bisnis Anda atau menyelesaikan masalah lain yang mungkin dimiliki profil Anda, seperti penangguhan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengedit informasi yang dilihat orang saat mereka menelusuri bisnis Anda dari halaman penelusuran atau melalui Maps.

edit

Informasi tersebut penting agar konsumen mengetahui tentang bisnis Anda, seperti alamat, jam buka, membuat postingan, menanggapi ulasan, dan banyak lagi.

Selama beberapa bulan ke depan, semua bisnis yang membuat profil bisnis di Google bisa mengelola profil tersebut secara langsung di Google Penelusuran dan Maps. Anda juga dapat melihat apakah profil Anda dapat dilihat oleh publik.

Tidak hanya itu, Google Business Profile juga merilis fitur Call History atau riwayat panggilan secara resmi untuk daerah AS dan Kanada.

Fitur riwayat panggilan akan menampilkan informasi mengenai panggilan masuk dari konsumen pada profil bisnis Anda di Google. Fitur ini akan mencatat jumlah total panggilan terjawab, tidak terjawab, performance, dan riwayat panggilan.

call history

Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan pesan langsung melalui halaman pencarian. Pesan dari pelanggan juga bisa Anda lihat secara langsung di Penelusuran (sebelumnya hanya tersedia di Maps) dengan notifikasi tanda terima telah dibaca untuk kedua belah pihak.

Pada akhir tahun lalu, pemilik bisnis dapat membalas pesan langsung dari aplikasi seluler Google Maps di tab “Pembaruan”. 

Opsi Pencarian yang akan datang ini akan membuat Anda bisa membalas pesan pelanggan melalui website setelah mengetuk menu “Pelanggan”.

Anda juga bisa mengatur notifikasi atau tanda bahwa pesan telah dibaca melalui halaman penelusuran atau Google Maps.

Performance Planner

Selain dapat mengelola profil bisnis Anda dengan lebih mudah, Google Ads memungkinkan Anda merencanakan anggaran strategi pemasaran bisnis Anda menggunakan Performance Planner.

Performance Planner adalah salah satu tools atau alat yang memungkinkan Anda membuat rencana untuk strategi iklan Anda, dan melihat bagaimana perubahan pada strategi tersebut dapat memengaruhi metrik utama dan kinerja secara keseluruhan. 

Alat ini memungkinkan Anda melihat perkiraan untuk strategi pemasaran Anda, menjelajahi hasil dengan menyesuaikan pengelolaan iklan, memahami peluang dalam periode musiman, dan mengelola anggaran di seluruh akun dan pemasaran.

why

Mengapa Harus Menggunakan Google Business Profile?

Salah satu strategi Search Engine Optimization atau SEO terbaik yang dapat digunakan oleh bisnis lokal mana pun yang memenuhi syarat yaitu dengan cara mengklaim profil bisnis dan mengoptimalkan Google Business Profile.

Strategi ini dapat digunakanuntuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google dan mendapatkan klien lokal. Namun, mengklaim Google Business Profile Anda hanyalah langkah pertama.

Anda harus mengoptimalkan, sering memeriksa, dan memperbarui profil bisnis Anda dengan informasi baru. Menjaga agar Google Business Profile Anda selalu diperbarui sangatlah penting untuk kesuksesan bisnis Anda.

Berdasarkan riset yang dilakukan Ipsos Research, memperbarui profil bisnis pada Google Business Profile Anda akan membuat profil Anda terlihat 2,7 kali lebih kredibel atau memiliki reputasi yang bagus.

Tidak hanya itu, profil bisnis Anda akan memperoleh peluang setidaknya 7 kali lebih banyak untuk dikunjungi oleh calon konsumen, yang akan berdampak pada persentase peningkatakan potensi lokasi tersebut dikunjungi hingga 70%.

Keseluruhan dampak tersebut tentu akan menguntungkan bagi para pelaku bisnis, karena berdasarkan data tersebut, terdapat potensi atau peluang sebanyak 50% interaksi yang terjadi mengarah pada transaksi.

Banyak pelaku bisnis lainnya juga tidak menyadari bahwa Google dan pengguna mana pun dapat membuat perubahan pada profil bisnis mereka. Informasi tersebut meliputi alamat, jam buka, unggah foto, ulasan, dan lainnya.

Jadi, penting bagi Anda untuk memeriksa profil bisnis Anda di Google Business Profile secara rutin untuk memastikan tidak ada perubahan yang salah pada profil Anda.

Tidak hanya itu saja, pencarian lokal di Google mayoritas datang dari profil bisnis yang dimiliki Google di Google Business Profile. Untuk saat ini, tampilan webisite Google Business Profile tidak banyak berubah.

Tetapi dalam beberapa bulan mendatang, Anda dapat mengharapkan semakin banyak fitur di website GMB yang lama akan berfungsi langsung di Google Penelusuran, Google Maps, dan beragam aplikasi lainnya yang terintegrasi.

Perlu diingat, jika Anda mengikuti Google My Business di media sosial dan di forum bantuan, proses rebranding menjadi Google Business Profile akan terjadi di sana selama beberapa minggu ke depan.

Nah, itu dia pembaruan mengenai Google Business Profile yang perlu Anda ketahui untuk membantu mengoptimalkan bisnis Anda.

Dengan konsep yang tidak berbeda jauh dengan GMB, Google Business Profile dilengkapi dengan beragam fitur yang bisa mempermudah pengelolaan profil bisnis Anda.

Anda dapat memanfaatkan Google Business Profile sebagai tools atau alat untuk membangun brand awareness pada bisnis Anda.

Berdasarkan data riset yang telah dilakukan, membuat profil bisnis pada Google Business Profile akan membantu meningkatkan penjualan pada bisnis Anda.

Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik mengelola bisnis Anda dengan Google Business Profile?

Kunjungi halaman Social Media Marketer untuk mengetahui tips strategi pemasaran melalui media sosial!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *