pexels dominika roseclay 905163 2

10 Cara Mengembangkan akun instagram untuk UMKM

Ketahui strategi promosi media sosial yang tepat dengan mengembangkan akun instagram untuk umkm yang anda miliki.

Saat pertama kali membuat akun media sosial, instagram menjadi salah satu platform yang terlintas di kalangan pengguna internet.

Hal ini dikarenakan sosial media satu ini kerap kali digunakan sebagai media promosi di internet yang digunakan oleh berbagai brand besar atau usaha kecil yang tengah berkembang.

Tidak hanya itu, berbagai layanan yang disediakan juga membantu kreator untuk promosi dengan maksimal sehingga dapat menjangkau target konsumen yang diinginkan.

Melalui instagram juga, penjual bisa menerima saran dari konsumen yang dapat membantu untuk pengembangan usaha ke depannya.

Karenanya, sebelum melakukan promosi melalui akun instagram untuk UMKM berikut beberapa strategi yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan fitur guna promosi di instagram.

keuntungan akun instagram untuk umkm

Keuntungan Menggunakan Akun Instagram Untuk UMKM

Biasanya seorang pemilik akun instagram tidak hanya mengikuti akun teman-temannya, namun juga akun instagram untuk umkm yang menyajikan berbagai informasi dari brand atau usaha kecil yang disukai.

Hal ini juga menjadi salah satu alasan terbesar akun instagram untuk umkm banyak digunakan sebagai media promosi, selain itu sebanyak 90% pengguna instagram biasanya mengikuti akun instagram brand tertentu.

Di sisi lain, instagram juga menyediakan berbagai fitur instagram yang dapat membantu meningkatkan keberadaan akun instagram untuk UMKM, seperti akun bisnis, instagram shop, dan bahkan akun kreator yang dapat membantu seseorang untuk membuat konten instagram menjadi lebih menarik.

Tidak berhenti disitu saja, Instagram juga mengizinkan penggunanya untuk melakukan promosi yang maksimal melalui instagram ads dimana kreator dapat memilih target konsumen serta durasi penayangan iklan sesuai jadwal.

Penggunaan instagram ads, juga cocok bagi marketing akun instagram untuk UMKM dimana kreator diberikan berbagai informasi mengenai target konsumen yang dapat membawa konten anda ke konsumen yang ideal.

Jadi masih ragu untuk menggunakan akun instagram sebagai media promosi? berikut beberapa cara awal untuk mengembangkan akun instagram untuk UMKM.

ukuran instagram carousel

Cara Memulai Mengembangkan Akun Instagram Untuk UMKM

Setelah membuka akun instagram dan mengubahnya ke akun business mungkin anda bingung untuk menjadikan halaman profile instagram menjadi lebih menarik di mata pengguna instagram.

Karenanya, langkah-langkah berikut mungkin bisa anda gunakan untuk mengembangkan akun instagram untuk umkm agar konsumen tertarik mengikuti akun instagram anda.

Atur Profil Akun Instagram Untuk UMKM

Langkah pertama yang sebaiknya dilakukan setelah membuat akun instagram untuk umkm adalah melakukan optimasi profil akun instagram.

Kreator sebaiknya mengecek, kolom apa saja yang perlu diisi serta pembaruan yang terjadi di instagram dan bisa anda perbarui untuk mengoptimalkan tampilan akun instagram untuk UMKM.

Tidak hanya itu, beberapa informasi penting lain yang sebaiknya anda isi adalah kategori bisnis, waktu buka toko, lokasi, serta informasi kontak yang bisa dihubungi apabila konsumen ingin melakukan pemesanan produk dalam jumlah banyak dan reservasi tempat.

Ada juga bisa mengoptimalkan beberapa elemen di halaman instagram profile agar akun instagram anda semakin menarik dan dilirik oleh konsumen.

Optimasi Link di Bio Instagram

Saat membuka akun instagram brand tertentu, biasanya anda akan menemukan link yang berisi berbagai macam website marketplace, social media, menu makanan, serta pilihan pemesanan makanan secara online.

Informasi tersebut tentunya bagi konsumen yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai brand dan produk tersebut sebelum akhirnya memutuskan membeli produk yang ditawarkan.

Penggunaan link di bio instagram juga efektif untuk meningkatkan kunjungan ke halaman website marketplace atau blog yang anda miliki, dan bahkan campaign yang anda promosikan sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Karenanya, pastikan untuk memasukkan berbagai informasi penting ke dalam kolom link tersebut guna melengkapi berbagai informasi yang mungkin tidak bisa anda masukkan ke dalam postingan instagram.

Pilih Foto Profile yang Menarik

Sebagai social media visual, tentunya tidak lengkap apabila akun instagram anda tidak memiliki profile picture yang bagus.

Pemberian foto profile ini juga sebagai identitas diri akun instagram anda yang dapat diidentifikasi dengan mudah oleh konsumen yang pernah membeli produk anda namun belum mengikuti akun instagram untuk UMKM yang anda miliki.

Dalam pemilih profile picture ini, anda bisa memilih logo produk yang anda cantumkan sehingga mudah dikenali oleh konsumen.

Pastikan juga, foto profile instagram anda memiliki kesamaan dengan akun social media lainnya sehingga tidak membingungkan konsumen serta mencegah adanya pemalsuan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Perbarui Informasi Kontak

Penyertaan informasi kontak tidak hanya bisa dimasukkan ke dalam link di instagram bio namun menggunakan kolom kontak khusus yang dapat membawa konsumen ke akun whatsapp penjual yang bisa dihubungi kapan saja.

Beberapa informasi lain yang bisa anda masukkan ke kolom kontan adalah informasi email, nomor telefon, serta alamat toko yang dikunjungi oleh konsumen.

Berikan Petunjuk Lokasi

Akun instagram business memiliki opsi bagi konsumen untuk mengakses alamat toko yang tersambung dengan Google Maps.

Informasi ini tentunya menguntungkan konsumen yang ingin mengunjungi alamat anda tanpa perlu susah payah mengakses aplikasi google maps terlebih dahulu.

photo1658283343

Dengan memberikan informasi yang lengkap, tentunya akan membantu konsumen untuk mengenali produk anda dengan lebih mudah, salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @kibanasnack yang memberikan infromasi lengka mengenai produk yang dijual sehingga membuat konsumen tertarik untuk mencoba produk yang ditawarkan.

Strategi Mengembangkan Akun Instagram Untuk UMKM

Setelah merubah tampilan instagram business menjadi lebih baik maka inilah saatnya untuk mengembangkan akun instagram untuk UMKM yang anda miliki.

Pengembangan ini sangat penting agar akun instagram anda mendapatkan perhatian dari pengguna instagram serta mampu bersaing dengan akun instagram untuk UMKM lain yang memiliki pengikut yang lebih banyak serta memiliki produk yang sama.

Berikut beberapa strategi yang bisa anda gunakan gunakan untuk mengembangkan akun instagram untuk UMKM.

Ketahui Tipe Konten yang Ingin Anda Unggah

Dalam mengembangkan sebuah akun instagram, tentunya kreator perlu mengunggah konten secara konsisten untuk menghidupkan akun instagram untuk UMKM yang dimiliki serta mengenalkan dan mempromosikan produk yang dijual.

Namun, dalam mengunggah konten instagram tentunya kreator tidak hanya mengunggah konten promosi secara terus menerus yang akhirnya membuat konsumen bosan dan tidak memiliki alasan untuk mengikuti akun instagram untuk UMKM yang anda miliki.

Karenanya dalam mengunggah konten instagram maka penting bagi kreator untuk mengetahui tujuan membuat akun instagram, seperti meningkatkan pengikut, memperluas jangkauan konsumen, atau melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Dengan memilih tujuan instagram yang sesuai maka kreator akan lebih mudah dalam menentukan tipe konten yang akan di unggah serta isi konten yang akan disampaikan ke pengguna instagram.

Tidak hanya itu, dengan menentukan tujuan konten instagram akan membantu kreator dalam mengunggah konten instagram secara konsisten sehingga membantu meningkatkan keberadaan anda di instagram.

Berikut beberapa tipe content pillars yang bisa anda masukkan ke dalam akun instagram untuk UMKM :

Interest Based

Pada tipe konten satu ini, anda akan menyajikan konten yang memiliki kaitan dengan produk anda dan biasanya menjelaskan keuntungan dari produk anda secara tersirat.

photo1658284464

Salah satunya akun instagram @heavenlyblushyogurt yang menyajikan informasi mengenai cara membuat oat mengenakan produk yang dimiliki, sehingga konsumen bisa membuat produk tersebut sembari mencoba produk yang ditawarkan.

Strategi konten satu ini juga sudah sering dilakukan oleh berbagai akun instagram lain yang menyebarkan resep makanan sambil menggunakan produk yang dimiliki sehingga mendapatkan perhatian dari konsumen lain.

Tidak jarang, konten satu ini juga digunakan saat melakukan kerjasama dengan influencer lain sehingga memperluas jangkauan konten sehingga menjangkau konsumen yang lebih luas.

Agar konten instagram menjadi lebih menarik maka anda bisa menggunakan berbagai tipe konten lain yang dimiliki oleh instagram, seperto foto, video, atau video pendek sehingga membuat postingan anda menjadi lebih menarik dan enak untuk di tonton.

Education

Tipe konten lain yang biasa anda temui di instagram, adalah konten edukasi dimana kreator memberikan informasi mengenai kandungan serta kelebihan produk yang membuat konsumen tertarik untuk membelinya dan membedakan produk anda dengan yang lainnya.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menjawab masalah konsumen dengan produk yang dimiliki, sehingga konsumen yang sudah percaya dengan produk anda bisa membeli produk lain yang sesuai dengan masalah yang dihadapi.

Strategi konten satu ini kerap kali digunakan oleh brand kecantikan yang mengedukasi konsumen dengan membantu masalah yang dihadapi.

photo1658285302

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @harukaskincare yang memberikan konten edukasi mengenai cara menghilangkah masalah beruntusan di wajah dengan produk yang dimiliki.

Agar konten edukasi yang diunggah mendapat perhatian konsumen serta sesuai dengan masalah yang dihadapi konsumen maka anda bisa melihat kolom komentar serta pesan yang masuk dan menjawab pertanyaan tersebut dalam bentuk konten foto atau video.

Pilih Jenis Konten yang Sesuai

Banyaknya pengguna instagram yang aktif mengunggah konten untuk ekspresi diri atau akun instagram untuk UMKM yang melakukan promosi produk, maka instagram juga terus mengembangkan diri dengan menyuguhkan berbagai jenis konten yang sesuai keinginan konsumen.

Berikut beberapa jenis konten instagram yang bisa anda gunakan untuk promosi akun instagram untuk UMKM :

Instagram Story

Meskipun konten satu ini bersifat sementara namun hasilnya bisa bertahan lama. Hal ini dikarenakan konten story bisa mengunggah berbagai konten terkini dengan mudah dan cepat sehingga mudah dilihat oleh pengikut anda.

Tidak hanya itu, konten instagram story juga bisa digunakan untuk memasukkan konten foto dan video yang dipercantik dengan tampilan filter atau efek yang menjadikan konten story anda menjadi lebih menarik.

Konten instagram story juga efektif untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen melalui fitur polling atau tanya jawab yang bisa diisi oleh konsumen.

Selain itu, konten story yang telah usang juga bisa dipajang di instagram highlight sehingga bisa dipajang dengan waktu lama dan bisa di tonton berulang kali.

Instagram Highlight

Bagi pengguna instagram yang sering mengikuti atau melihat akun instagram untuk UMKM tentunya biasa menemukan konten instagram highlight.

Fitur satu ini biasanya menyediakan berbagai informasi penting yang bisa diakses oleh konsumen anda sehingga meningkatkan brand awareness sebelum akhirnya tertarik membeli produk yang dijual.

Beberapa informasi penting yang biasanya diakses di instagram highlight adalah :

  • About : Pada konten satu ini anda bisa menaruh berbagai informasi mengenai brand anda, seperti produk yang dijalankan, biografi pendiri, serta jenis-jenis produk yang dijual.
  • Lokasi : Bagi sebuah usaha yang telah memiliki banyak cabang tentunya anda tidak bisa menyertakan semua lokasi tersebut di tag location instagram, sehingga anda bisa memberikan informasi mengenai lokasi produk di instagram highlight yang mudah diakses oleh konsumen.
  • Ulasan konsumen: Bagi sebuah usaha kecil, ulasan konsumen merupakan bagian paling penting untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan yang dapat membantu meningkatkan penjualan. Karenanya, kreator bisa menempatkan ulasan konsumen berupa video singkat atau foto yang bisa diakses oleh konsumen dengan mudah.
  • Produk yang Dijual : Sebuah brand yang miliki banyak produk, mungkin akan membuat konsumen bingung untuk menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan atau masalah yang tengah dihadapi. Penggunaan instagram highlight juga cocok sebagai katalog yang memamerkan berbagai produk yang dijual.

Instagram Live

Apakah anda ingin melakukan interaksi secara langsung dengan konsumen dan meningkatkan keakraban satu sama lain? fitur instagram live bisa menjadi sarana interaksi yang menarik.

Melalui konten satu ini, kreator dan konsumen dapat melakukan interaksi dua arah dimana konsumen bisa mempromosikan produk tertentu sembari menjawa pertanyaan konsumen di kolom chat.

Ingin konten siaran langsung menjadi lebih seru? berikut beberapa ide konten siaran langsung yang bisa anda gunakan :

  • Konten behind the scene: Anda bisa melakukan siaran langsung sembari berkeliling ke tempat usaha anda, sehingga konsumen mengetahui proses pembuatan produk yang higienis dan bersih sehingga meningkatkan kepercayaan pelanggan. Anda juga bisa memperlihatkan orang-orang di balik layar serta cara kerja layanan anda selama siaran langsung terjadi.
  • Konten QnA : Meskipun konten satu ini kerap kali dilakukan oleh banyak influencer, namun cara ini mampu meningkatkan interaksi dengan konsumen yang masih penasaran dengan produk yang anda jual, sehingga meningkatkan rasa percaya serta membangun keakraban satu sama lain.
  • Konten Interview : Ide konten siaran langsung lain yang bisa anda gunakan adalah wawancara, dimana anda mengadakan sesi khusus dengan konsumen yang anda miliki dan mendapatkan keuntungan dari produk anda. Siaran langsung berbentuk testomoni ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan kepada produk anda dengan mendengarkan ulasan dari konsumen secara langsung.

Instagram Reels

Pengguna instagram pastinya pernah atau sering melihat konten instagram reels. konten yang di adaptasi dari platform tiktok ini berhasil mencuri perhatian banyak orang dengan tampilan video singkat dan diiringi ide konten yang menarik.

Ketenaran konten reels ini akhirnya membuat instagram membuat kolom khusus yang memungkinkan pengguna untuk melihat berbagai konten video pendek dengan mudah dan cepat.

Di sisi lain, penggunaan instagram reels dinilai menguntungkan bagi pelaku usaha karena dapat memperluas jangkauan konsumen berkat penyebaran konten yang disebarkan ke pengguna instagram yang sesuai sehingga dapat meningkatkan pengikut.

Saat membuat konten instagram reels, maka anda bisa membuat konten edukasi atau konten viral yang banyak ditemukan di instagram reels.

Interaksi dengan Konsumen yang Dimiliki

Guna mendapatkan perhatian dari pengguna instagram, tentunya anda tidak hanya mengunggah berbagai foto-foto yang estetik namun juga melakukan interaksi dengan pengguna instagram yang mampir ke akun dan postingan anda.

Interaksi tersebut nantinya akan membuat akun instagram anda terlihat lebih hidup sehingga membantu algoritma instagram menaikkan konten anda ke rekomendasi pengguna instagram lainnya.

kreator bisa melakukan berbagai cara agar interaksi semakin seru dan menyenangkan, seperti membalas komentar serta pesan yang masuk ke direct message.

Anda juga bisa memancing interaksi dengan membuat postingan tanya jawab di instagram story atau mengajukan pertanyaan di konten instagram feed atau reels yang bisa di respon melalui kolom komentar.

Interaksi yang aktif satu sama lain tentunya akan membangun dengan konsumen sehingga berminat untuk membeli produk yang anda jual.

Tidak hanya itu, respon yang cepat serta interaksi yang baik tentunya akan memudahkan pelaku usaha untuk membangun komunitas yang kuat sehingga memudahkan untuk promosi word of mouth yang tentunya lebih dipercaya karena mendaptkan rekomendasi dari orang lain.

Cara lain untuk membangun hubungan dengan konsumen anda yakni mengomentari postingan orang lain yang memiliki minat yang sama dengan anda, sehingga mereka tertarik untuk mengunjungi akun instagram untuk UMKM yang anda buat serta mengomentari postingan anda.

Interaksi dengan konsumen lain di akun yang sesuai juga akan membantu meningkatkan pengikut baru serta memahami trend yang sedang naik daun.

Gunakan Hashtag Instagram yang Sesuai

Jika anda menginginkan konten instagram anda dilihat oleh konsumen baru di instagram maka menggunakan hashtag instagram dapat menjadi strategi yang tepat.

Sebagaimana yang telah banyak orang ketahui, penggunaan hashtag sendiri membantu seseorang untuk mencari konten atau topik tertentu di social media, penggunaan hasthag instagram sangat penting bagi sebuah akun instagram untuk UMKM untuk menaikkan keberadaan akun instagram mereka agar lebih mudah dicari oleh konsumen.

Namun, bagaimana cara menggunakan instagram hashtag yang sesuai? Anda bisa menggunakan tagar dan diikuti dengan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan produk yang anda miliki atau anda bisa membuat branded hashtag sendiri yang berisi nama usaha anda atau campaign produk yang sedang anda lakukan agar mudah ditemukan oleh konsumen atau pengguna instagram.

Cara lain untuk menemukan hashtag instagram yang tepat adalah melakukan pencarian di instagram serta memeriksa berbagai konten di instagram dan memilih hashtag yang sering digunakan serta jumlah tagar yang dipakai, pastikan anda menggunakan tagar yang digunakan di bawah satu juta pengguna instagram sehingga konten anda tidak akan tenggelam oleh postingan instagram lain.

Namun, apabila akun instagram untuk UMKM anda baru tersedia di satu lokasi tertentu, maka anda bisa menggunakan hashtag lokasi yang dapat membantu konten anda di lihat oleh pengguna instagram yang sedang melakukan pencarian tempat tertentu di instagram.

Anda juga bisa memasukkan tagar tertentu yang memiliki kaitan dengan perayaan tertentu, seperti saat mengunggah konten ucapan ulang tahun atau perayaan kemerderkaan.

Instagram sendiri mengizinkan anda untuk menambahkan hashtag instagram sebanyak 30 buah sehingga tidak ada keterbatasan bagi anda untuk memberikan tagar yang relevan dan sesuai keinginan untuk menaikkan keberadaan konten instagram anda.

Meskipun begitu, anda juga perlu memastikan bahwa tagar instagram yang anda gunakan masih memiliki kaitan dengan postingan produk atau brand yang anda miliki agar dapat menyasar konsumen yang tepat.

Jangan lupa juga untuk memeriksa hashtag instagram secara rutin untuk mengetahui kinerja tagar tersebut serta membantu kinerja postingan anda.

photo1658294095 1

Salah satunya yang dilakukan oleh akun @makaroni.sos yang membuat konten instagram reels sembari disisipkan hashtag instagram yang relevan untuk memperluas jangkauan postingan.

Sumber:

Instagram for small business: How to grow in 2022 and beyond (buffer.com)

13 Ways to Use Instagram for Small Business | Sprout Social

Instagram for Small Business: 15 Tips for Success for Any Business (nealschaffer.com)

A Guide to Using Instagram for Small Businesses (socialchamp.io)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.