Algoritma Instagram Story yang wajib kamu tahu!

instagram

Pernah merasa Instagram Story terkadang View-nya banyak, tapi terkadang Sedikit? Mungkin kamu belum tahu Algoritma Instagram Story..

instagram
Source : Freepik.com

Menariknya, Research dari Instagram sendiri membuktikan, bahwa, Rata-rata pengguna Akun Instagram lebih menyukai Instagram Story daripada Instagram Feed.

Ada beberapa Alasan yang menyebabkan mereka lebih menyukai Instagram Story.

Instagram Story memiliki Konten yang Baru

instagram
Source : Freepik.com

Pastinya semua orang suka dengan hal yang “baru” bukan?

Ya, sama halnya dengan Instagram Story. Instagram Story digunakan kebanyakkan orang untuk memberikan Informasi seputar keseharian mereka.

Artinya, Setiap Instagram Story selalu memberikan hal-hal yang baru bukan? Itu sebabnya, orang-orang lebih menyukai melihat Instagram Story daripada Instagram Feed.

Instagram Story akan hilang jika lebih dari 24 Jam

instagram
Source : Freepik.com

Ini juga merupakan alasan kenapa orang lebih suka melihat Instagram Story. Karena Kontennya yang otomatis hilang jika lebih dari 24 jam.

Namun, jika kamu mempunyai Konten-konten Instagram Story yang bagus dan ingin kamu simpan, kamu bisa menggunakan Fitur Highlight dari Instagram Story juga kok.

Instagram Story memberikan Visual Stimulus yang berbeda

visual
Source : Freepik.com

Jika kamu perhatikan, Instagram Story memiliki Ukuran yang Vertical dan memenuhi layar kamu bukan?

Ya, hal tersebut memang lebih menarik perhatian untuk orang melihat Instagram, daripada Instagram Feed.

Nah, Sekarang kamu sudah tahu kenapa Instagram Story ini sangat penting untuk kamu maksimalkan. Namun, bagaimana Cara memaksimalkannya?

Itu sebabnya Kamu harus tahu tentang Algoritma Instagram Story.

Seputar Algoritma Instagram Story

Artikel ini saya buat berdasarkan apa yang sudah disampaikan oleh Niko Julius. Beliau memang seorang Instagram Expert yang sering membagikan Informasi seputar cara mengembangkan Instagram.

Menariknya, beliau melakukan beberapa Analisa dan mendapatkan Kesimpulan mengenai Algoritma Instagram Story itu bekerja.

instagram story
Source : Instagram.com/bynikojulius

Newness

Apakah kamu juga pernah merasa kalau baru Follow seseorang, Instagram Story orang tersebut di Akun kamu jadi paling depan?

Nah, inilah yang dimaksud dengan Newness

Atau, Instagram juga mengurutkan berdasarkan “time frame-nya.”

Jadi, jika kamu sering-sering Update Instagram Story, otomatis kamu akan sering muncul di bagian Paling di Akun Followers kamu.

Maka dari itu, Sering-sering Update Instagram Story adalah Cara terbaik untuk mendapatkan Jangkauan dan View Instagram Story kamu.

Tapi, terkait dengan Update Instagram Story secara rutin, kamu harus paham yang namanya Retention Rate.

Berapa Instagram Story yang efektif untuk kamu Posting setiap harinya.

instagram story
Source : Rivaliq.com

Retention Rate itu adalah Tingkat kebosanan orang. Nah, Jika kita perhatikan Data dari Rivaliq.com, Story yang Ideal adalah 3 – 5 Instagram Story per 1x Posting. Namun tergantung juga Isi dari Instagram Story tersebut.

Jadi memang, tidak ada “hal yang pasti” terkait Instagram Story, namun ada baiknya kamu sering-sering untuk Update Instagram Story kamu, agar muncul paling depan terus menerus.

Story Interaction

Jika kamu pernah membaca Artikel saya tentang Cara membaca Data Instagram Story, kamu pasti tahu ada yang namanya Interaksi dalam Story.

Berbeda halnya dengan Interaksi di Instagram Feed. Kalau Instagram Feed itu Interaksinya berupa : Like, Komen, Share dan Save.

Nah, berbeda halnya dengan Insight yang diberikan Instagram Story.

insight instagram story
Source : Instagram.com/bynikojulius

Seperti yang kamu lihat, Ada 1.218 Interaksi yang terjadi di Instagram Story yang ini. Namun, Niko Julius sendiri melakukan Analisa terkait Interaksi yang terjadi di Instagram Story.

Beliau melihat Insight Akun Instagram, tentang Story Interaction. Dan hasilnya, “Cukup mengejutkan”

instagram story
Source : instagram.com/bynikojulius

Ternyata, di bagian Story Interaction, yang dihitung Instagram tentang Interaction hanyalah 174 saja!

Dan ternyata, 174 ini Berdasarkan Share dan Replies yang terjadi di instagram Story kamu.

instagram story

Link Click, Profile Visit dan Website Clicks yang ada di gambar ini ternyata tidak dihitung sebagai Story Interaction.

Nah, jadi jika kamu ingin memaksimalkan Instagram Story kamu, kamu bisa membuat Konten Instagram Story yang memancing mereka untuk Share dan Replies Instagram Story kamu.

Content Value

Ingat, Story itu Intent Based. Jangan sampai Instagram Story kamu dilabelin Followers kamu kalau Instagram Story kamu tidak bermanfaat.

Karena sebelum orang melihat Instagram Story kamu, mereka bisa memilih Instagram Story mana yang akan mereka lihat bukan?

instagram story

Jadi pastikan Konten-konten yang kamu berikan di Instagram Story kamu selalu membuat merek ingin tahu apa isi dari Instagram Story kamu ya.

Nah, ini tadi Seputar bagaimana Kamu bisa memaksimalkan Instagram Story kamu agar bisa lebih banyak menjangkau Followers kamu ya.

Kamu boleh juga belajar langsung bersama Niko Julius seputar Cara meningkatkan 10.000 Followers di Instagram dengan Metode Organik. Silakan Klik langsung Banner di bawah ini ya.

webinar kelas instagram organik
Total
1
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts