instagram

Panduan Cara Baca Data Instagram Story

Siapa yang tidak asing dengan fitur Instagram yang satu ini? Kalau dilihat-lihat, ternyata lebih banyak orang yang lebih memprioritaskan Instagram Story dibandingkan Instagram feed. Namun, apakah Kamu sudah bisa mengetahui cara baca data Instagram story?

Jika Kamu masih tidak percaya kalau pengguna Instagram Story lebih suka Story dibandingkan feed, Kamu bisa klik di sini.

Tidak hanya itu, algoritma Instagram Story masih menggunakan chronological feed. Yang artinya, semakin Kamu sering posting Instagram Story, semakin konten Kamu akan dimunculkan paling depan di akun pengikut Kamu.

cara baca data instagram story

Lantas, sebelum Kamu memaksimalkan Instagram Story ini, Kamu harus bisa mengetahui, gimana cara baca data Instagram Story ini.

Sebab, jika Kamu tidak mengetahui gimana cara baca data Instagram Story, tentu Kamu akan kesulitan untuk mengoptimalkan Instagram Story Kamu.

Oh iya, kalau Kamu ingin menonton lewat video, Kamu bisa klik video yang ada di bawah ini, ya.

Mengenal Cara Baca Data Instagram Story

Cara baca data Instagram Story sebenarnya sama dengan saat kita membaca data di Instagram Feed. Data Instagram Story bisa Kamu temukan dengan mengakses bagian insight akun Instagram Kamu.

Oh iya, pastikan Kamu sudah mengubah akun Instagram Kamu menjadi akun profesional, ya. Untuk tutorial mengubahnya, Kamu bisa cek di sini.

kelas instagram organik

Setelah Kamu mengubah akun Kamu menjadi akun profesional, Kamu membaca data di Instagram Story ini. Menariknya, ada 2 cara yang bisa Kamu lakukan untuk membaca data yang ada di Instagram Story ini.

Cara Baca Data Instagram Story dengan Melihat Insight Instagram Story

Ini adalah cara yang cukup mudah untuk dilakukan. Setelah Kamu mengubah akun Instagram Story Kamu, Kamu bisa mengunggah Instagram Story dan melihat beberapa data.

IMG 8775

Cukup mudah, β€˜kan?

Ada beberapa data yang bisa Kamu baca di Instagram Story ini. Selengkapnya akan kita bahas di bagian bawah artikel ini, ya.

Cara Baca Data Instagram Story dengan Mengunjungi Bagian Insight Akun

Cara ini sebenarnya jarang digunakan beberapa orang. Namun, untuk melihat data dari Instagram Story kita sebelum-sebelumnya, Kamu bisa menggunakan cara ini.

Kamu tinggal mengunjungi bagian Insight akun, lalu pilih yang Instagram Story seperti foto yang tertera di bawah ini, ya:

Setelah Kamu mengklik bagian stories, nanti Kamu bisa melihat beberapa IG Story Kamu berdasarkan waktu yang Kamu inginkan, contohnya seperti ini:

Jadi, selain mengurutkan berdasarkan waktu, Kamu juga bisa mengurutkannya berdasarkan Instagram Story mana yang paling banyak jangkauannya, profile visit-nya dan banyak hal lainnya.

Menariknya, selain Kamu bisa melihat data dari akun Instagram Kamu, Kamu juga dapat membacanya melalui tools Facebook Creator Studio, lho!

Contohnya seperti gambar di bawah ini:

facebook creator studio
Source : FB Creator Studio
facebook creator studio
Source : FB Creator Studio

Apakah Kamu sudah mengetahui cara yang satu ini?

Apalagi, Facebook Creator Studio ini memang hanya digunakan kebanyakan orang untuk mengunggah dan menjadwalkan konten saja.

Setelah Kamu tahu bagaimana cara mengakses datanya, sekarang saatnya Kamu bisa membacanya secara detail.

Apa Perbedaan Antara Reach dan Impressi di Data Instagram Story?

instagram
Source : Freepik.com

Beberapa orang masih kesulitan untuk membedakan hal tersebut. Apalagi, data di Instagram Story kita juga biasanya mirip-mirip.

Jadi, sederhananya seperti ini: Reach/jangkauan adalah berapa banyak orang/akun yang dijangkau oleh Instagram Story Kamu. Sementara impresi adalah penayangan, berapa kali Instagram Story Kamu dilihat

kelas instagram organik

Untuk memudahkan Kamu, berikut contonhya:

Misalnya angka reach-nya adalah 10,sementara impresinya adalah 15. Artinya ada 10 pengguna Instagram yang dijangkau, dan ada yang melihatnya lebih dari 1 kali, sehingga impresi Kamu bisa 15.

1 hal yang pasti, angka impresi pasti lebih besar daripada angka reach. Karena ada beberapa orang yang mau melihat Instagram Story kita lebih dari 2 kali.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Cara Baca Instagram Story Melalui Data Insight

Kalau diperhatikan, data yang diberikan Instagram Story ini cukup komplit. Alhasil, ini akan memudahkan Kamu untuk mengoptimalkan Instagram Story Kamu.

Kita akan mulai membedah apa saja yang ada di data Instagram Story ini:

IMG 8774

Apa Itu Account Reached?

Seperti namanya, account reached adalah berapa banyak akun/pengguna yang dijangkau/melihat Instagram Story Kamu.

Jika Kamu perhatikan lebih detail, 3.054 akun ini terdiri dari 3.047 orang yang mengikuti akun ini dan 7 orang yang tidak mengikuti akun ini.

Data yang disajikan Instagram Story memang cukup komplit. Berbeda dengan data yang dihasilkan dulu.

Nah, jika Kamu lihat gambar di atas, ada yang namanya accounts engaged dan profile activity.

Data ini juga dijabarkan secara detail oleh Instagram, contonhya seperti gambar di bawah ini:

IMG 8775 copy

Apa Itu Account Engaged?

Account engaged adalah jumlah akun yang berinteraksi dengan Instagram Story Kamu. Jika Kamu perhatikan, tidak semua hal yang kita dilakukan oleh orang yang melihat Instagram Story kita dikategorikan sebagai interaksi.

Di bagian story interactions, interaksi yang dihitung adalah replies (orang yang membalas Instagram Story Kamu) dan shares (orang yang membagikan Instagram Story Kamu).

Jadi, ini adalah 2 interaksi kunci yang wajib Kamu optimalkan agar jangkauan Instagram Story Kamu bisa meningkat.

Perbanyaklah membuat Instagram Story yang relevan dengan audiens Kamu. Bisa juga mengunggah Instagram Story yang berhubungan dengan aktivitas Kamu.

Apa Itu Account Profile Activity?

Profile activity berbeda dengan account engaged, ya. Aktivitas profil ini tidak dikategorikan sebagai interaksi di Instagram Story.

Profile activity ini terdiri dari profile visit (jumlah orang yang memutuskan untuk mengunjungi akun Instagram Kamu), website taps (berapa kali website/link BIO Kamu diklik), dan follows (berapa akun yang memutuskan follow akun Instagram Kamu).

Apa Itu Navigations?

IMG 8775 1

Ternyata data yang disajikan masih belum selesai, lho. Masih ada bagian navigation yang terdiri dari forward, next story, exited and back.

Nah, mari kita kupas satu persatu.

Back: Data total berapa kali viewer Instagram Story Kamu melakukan tap kiri untuk kembali untuk melihat Instagram Story sebelumnya.

Next Story: Data total berapa kali viewer Instagram Story Kamu skip untuk langsung melihat Instagram Story akun selanjutnya.

Forward: Data total pengguna yang tap kanan untuk melihat Instagram Story Kamu selanjutnya. Berbeda dengan next story, forward ini mereka tap Instagram Story selanjutnya. Sementara next story itu mereka langsung skip dan melihat Instagram Story akun berikutnya.

Exited: Berapa banyak yang klik tanda β€œx” untuk menutup atau keluar dari Instagram Story setelah melihat Instagram Story Kamu.

Nah, itu tadi bagaimana cara membaca data yang ada di Instagram Story. Tentunya UI atau panduan yang ada di Instagram ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Namun, Kamu tenang aja, karena kita akan berusaha untuk memperbarui artikel ini agar tetap relevan, ya.

Oh iya, JIka Kamu ingin belajar mengembangkan Instagram secara organik, silakan klik link di bawah untuk dapatin webinar GRATISNYA, ya!

kelas instagram organik

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *