Panduan Cara baca Data Instagram Story

Ternyata, Instagram Story adalah Fitur Favorit untuk Jualan di Instagram lho. Namun, apakah kamu sudah bisa Cara baca data Instagram Story?

instagram
Source : Freepik.com

Apalagi karena Instagram Story masih menggunakan Chronological Feed. Yang Artinya, semakin sering kamu posting Story, semakin kamu akan muncul di bagian depan.

Nah, bagaimana kita bisa memaksimalkan Instagram Story yang kita miliki, kita harus tahu dahulu cara membaca Data Instagram tersebut bukan?

Kalau kamu tidak tahu cara membacanya, bagaimana kamu tahu bahwa Instagram Story kamu itu baik atau buruk?

Di Artikel kali ini, kamu akan belajar Cara membaca Data IG Story dan bagaimana mengoptimalkannya.

Mengenal Cara Baca Data Instagram Story

Sama halnya dengan Data Instagram Post dan Instagram Akun, Data Instagram Story bisa kamu dapatkan melalui Tombol Insight di Pojok kanan Akun Instagram kamu. Oia, pastikan Akun Instagram kamu sudah berubah menjadi Akun Instagram Bisnis ya.

Kamu tinggal ke bagian Insight, lalu Scroll ke bawah untuk lihat bagian Stories Instagram seperti gambar ini :

Nah, setelah kamu masuk ke bagian Stories, ada banyak data yang Instagram berikan untuk kamu bisa lihat.

Ada beberapa Metrik yang sering saya perhatikan. Seperti : Jangkauan, Impressi, Profile Visit, Link Click, dan lain-lain.

Sayangnya, Data ini kamu hanya bisa lihat selama 30 hari terakhir. Jadi yang sudah lebih dari 30 Hari tidak bisa kamu lihat kembali.

Namun, dengan menggunakan Facebook Creator Studio, kamu dapat melihat data-data Instagram Story lama yang sudah pernah Kamu posting lo.

Seperti ini :

facebook creator studio
Source : FB Creator Studio
facebook creator studio
Source : FB Creator Studio

Menariknya, tidak banyak yang tahu tentang hal ini bukan?

Creator Studio ini kebanyakan orang hanya gunakan untuk menjadwalkan Postingan saja. Padahal banyak Insight yang diberikan oleh Creator Studio ini lo.

Nah, setelah kamu tahu cara menemukan Data Instagram Story itu seperti apa, sekarang saatnya untuk kamu bisa membaca Detail data-data yang disajikan Instagram Story ini.

Apa beda Reach dan Impressi di Data Instagram Story?

instagram
Source : Freepik.com

Uniknya, banyak orang yang masih belum tahu perbedaan tentang Reach dan Impressi. Memang kedua hal ini agak mirip, tapi pada dasarnya dua hal ini tidak sama.

Reach / Jangkauan adalah berapa banyak orang yang dijangkau oleh Instagram Story kamu.

Impressi itu adalah penayangan, berapa kali Story kamu dilihat.

Nah, Contohnya seperti ini :

Reach = 10, Impressi = 15. Artinya dari 10 orang yang dijangkau, Story kamu dilihat selama 15 kali. Tentunya, ada orang yang melihat Story kamu lebih dari 1 kali.\

Impressi pasti lebih besar dari Reach / Jangkauan kok. Jarang sekali data yang kamu dapatkan itu Impressinya sama persis dengan Jangkauan kamu.

Mengenal lebih dalam tentang Cara baca Instagram Story melalui Data Insight

Data Insight Instagram Story juga memberikan apa saja Interaksi yang dilakukan Audiens kamu di Instagram Story kamu.

Ada beberapa Data Instagram Story seperti gambar berikut :

data instagram story

Link Click :

data instagram story

Link Click adalah berapa total orang yang Click Link di BIO kamu / melakukan Swipe Up di Instagram Story kamu.

Oia, untuk Fitur Swipe Up akan keluar Otomatis jika Instagram kamu mempunyai 10.000 Followers ya.

Profile Visit :

data instagram story

Profile Visit / Mengunjungi Akun Instagram ini merupakan Metrik yang berfungsi mencatat berapa banyak orang yang Klik Profile kamu di Story Instagram kamu dan mengunjungi Profile kamu.

Sticker Tap :

data instagram story

Ketika kamu mention / Repost Story Akun orang lain, kamu bisa melihat berapa orang yang Klik Profile Akun Instagram yang kamu Repost tersebut.

Follows :

Berapa banyak orang yang Follow Instagram kamu setelah melihat Story Instagram kamu. Menariknya, terkadang ada beberapa Instagram Story yang bisa masuk Explore seperti ini :

Navigasi :

data instagram story

Navigasi di Instagram Story ini terdiri dari beberapa hal, seperti : Back, Forward, Next Story, Exited.

Back : Data total berapa kali Viewer Instagram Story kamu memencet kembali untuk melihat Story sebelumnya.

Forward : Data total berapa kali Viewer Instagram Story kamu skip untuk langsung melihat Story selanjutnya.

Next Story : Data total pengguna yang Tap Story kamu selanjutnya. Berbeda dengan Forward, Next Story ini mereka Tap Story selanjutnya. Kalau Forward itu mereka langsung Skip dan melihat Story.

Exited : Berapa banyak yang Menutup / Keluar setelah melihat Instagram Story kamu.

Nah, ini tadi Data Instagram Story yang bisa kamu maksimalkan. Banyak Strategi lain di Instagram juga yang sebaiknya kamu pelajari, untuk memaksimalkan hal-hal lain di Instagram kamu.

Kabar baiknya, kamu bisa pelajarin hal tersebut secara “gratis” di Webinar yang ada di Banner ini ya.

webinar kelas instagram organik
Default image
Siauw Andreas
Copywriter
Articles: 36

Leave a Reply