keuntungan instagram reels ads

Apa Itu Instagram Shadowband dan Pencegahannya

Akun instagram terkena instagram shadowband memang bikin mati gaya, karenanya ketahui cara mudah memahami shadowband serta cara mudah keluar peringatan yang diberikan oleh instagram.

Instagram menjadi salah social media yang banyak digunakan oleh pengguna internet karena kemudahannya dalam mengunggah konten baik berupa video atau foto.

Berbagai konten yang disiarkan di Instagram sendiri tentunya dapat dengan mudah dilihat oleh orang lain apabila akun instagram yang bersangkutan tidak dalam mode private.

Sayangnya kemudahan dan kebebasan dalam mengunggah konten ini terkadang dimanfaatkan oleh beberapa pengguna instagram untuk mengunggah konten yang tidak sesuai dengan aturan yang diberikan oleh Instagram.

Ketidaksengajaan itu akhirnya berujung pada akun instagram yang dimiliki terkena instagram shadowband yang berlangsung pada jangka waktu tertentu.

Pembatasan yang berlangsung dalam waktu tertentu ini tentunya merugikan akun instagram sebuah brand atau influencers karena tidak bisa mengunggah konten berupa promosi produk atau konten kreatif yang telah dirancang dalam waktu lama.

Hal ini tentunya membuat campaign yang dibuat bisa saja meleset dari rencana awal sehingga merugikan pada keuntungan penjualan yang terhenti dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, ketika sebuah akun instagram selesai terkena instagram shadowband maka akan berpengaruh pada engagement dan reach akun social media yang menurun secara drastis setelah sebelumnya dapat menjangkau banyak pengguna instagram.

Karenanya agar akun instagram anda tidak terkena instagram shadowband maka ketahui dulu pengertian dan penyebab sebuah akun terkena shadowband.

apa itu instagram shadowband

Apa Itu Instagram Shadowband

Akun Instagram mendadak tidak bisa diakses atau konten yang diunggah tidak mendapatkan engagement yang biasanya? Mungkin akun instagram anda terkena instagram shadowband.

Instagram shadowband sendiri bukanlah satu istilah khusus yang diberikan oleh instagram namun mencerminkan suatu kondisi dimana akun Instagram anda tidak bisa ditemukan melalui instagram hastag atau kolom pencarian.

Kondisi ini tentunya membuat konten yang diunggah tidak bisa mendapatkan engagement yang biasanya di dapatkan sehingga berpengaruh pada turunnya insight instagram yang dimiliki.

Tak hanya itu, instagram shadowband juga menyebabkan akun anda kesulitan untuk dicari oleh pengikut anda atau pengguna instagram lainnya.

Meskipun berlangsung dalam jangka waktu tertentu namun instagram shadowband ini berdampak pada menurunnya penjualan dan juga engagement akun instagram yang telah dibangun dalam waktu lama.

Hal ini juga berdampak pada hilangnya pengikut dan juga komunitas yang telah dibangun bertahun-tahun karena jangkauan konten yang tidak seoptimal biasanya.

Disisi lain, pengguna instagram sendiri terkadang tidak mengetahui akun instagram yang dimiliki terkena instagram shadowband sehingga biasanya tersadar oleh menurunnya jumlah engagement di setiap konten yang dimiliki.

Untungnya saat ini kreator dapat dengan mudah mengetahui sebuah akun terkena instagram shadowband dengan beberapa langkah berikut.

akun instagram terkena shadowband

Cara Mengetahui Sebuah Akun Instagram Terkena Shadowband

Dengan pengguna instagram yang semakin banyak dan terus bertambah setiap harinya tentunya akan merubah peraturan atau algoritma instagram sewaktu-waktu.

Perubahan yang terjadi secara cepat ini terkadang mempengaruhi engagement akun instagram yang dimiliki sehingga bisa berubah sewaktu-waktu.

Namun jika akun instagram anda mengalami penurunan engagement yang sangat drastis dan dalam jangka waktu lama bisa saja kreator telah melanggar peraturan instagram sehingga akun terkena instagram shadowband.

Meskipun begitu dibandingkan hanya menduga-duga maka sebaiknya kreator melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu dengan beberapa cara berikut:

Cek Hastag Brand

Salah satu kebiasaan yang dilakukan kreator saat mengunggah konten di instagram adalah memasukkan hastag brand yang dimiliki.

Penggunaan hastag brand ini diberikan sebagai penanda konten yang diunggah sehingga mempermudah konsumen yang ingin mencari akun atau konten anda di instagram.

Tidak hanya itu, keberadaan hastag brand ini juga dapat membedakan konten anda dengan kompetitor sehingga tidak tertukar atau diedientifikasi sebagai konten oleh akun instagram lain.

Keberadaan hastag brand sendiri juga dapat digunakan untuk mengecek apakah akun instagram yang dimiliki terkena instagram shadowband atau tidak.

Hal ini dilakukan karena kreator dapat melihat konten yang disembunyikan oleh instagram karena adanya instagram shadowband.

Hilangnya konten instagram secara mendadak ini juga bisa menjadi pertanda bahwa akun anda terkena instagram shadowband.

Perhatikan Instagram Insight yang Dimiliki

Langkah kedua yang bisa diperhatikan untuk mengecek apakah akun instagram anda terkena instagram shadowband atau tidak adalah dengan melihat hasil insight instagram yang dimiliki.

Pengecekan instagram shadowband melalui instagram insight juga dinilai efektif karena data yang disajikan tentu saja terukur oleh sistem dan diberikan dengan tepat waktu.

Karenanya jika engagement konten anda di insight instagram menurun dalam jangka waktu tertentu maka bisa dipastikan akun instagram anda terkena instagram shadowband.

Hal ini bisa diketahui mengingat jumlah konten yang terlihat ditutupi oleh instagram sehingga tidak bisa menjangkau pengikut instagram yang dimiliki sehingga menyebabkan engagement instagram menurun secara drastis.

Gunakan Website Untuk Mengecek Instagram Shadowband

Penurunan engagement instagram secara drastis bisa saja terjadi karena kreator tidak mengaktifkan akun instagram dalam jangka waktu lama sehingga menyebabkan engagement akun anda menurun tajam.

Perubahan algoritma konten dan juga kesukaan konsumen yang berubah juga bisa saja menyebabkan akun instagram anda mengalami penurunan karena konten tidak menjangkau konsumen yang dituju atau selera konten konsumen yang berubah.

Akan tetapi jika kreator telah melakukan analisa algoritma dan perubahan strategi konten namun engagement instagram tetap saja menurun maka bisa saja akun instagram terkena instagram shadowband.

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengecek bahwa akun anda terkena instagram shadowband adalah dengan mengecek melalui website tribber yang dapat membantu analisa konten yang sekiranya membuat akun instagram anda terkena instagram shadowband sehingga tidak bisa diakses.

Kreator yang menggunakan website tribber juga diberikan data berupa instagram hastag yang dapat membuat akun instagram anda terkena instagram shadowband.

Penggunaan instagram hastag yang dilarang oleh instagram namun tetap dipakai oleh pengguna instagram juga bisa menjadi penyebab akun anda terkena instagram shadowband.

Cek Instagram Shadowbad Melalui Account Status Tool

Di awal munculnya instagram shadowband yang meresahkan banyak pengguna instagram, pihak instagram sendiri menampik adanya pemblokiran sementara ini.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan juga desakan dari pengguna instagram maka platform ini memberitahukan aturan yang dapat menyebabkan sebuah akun instagram terkena instagram shadowband.

Tidak hanya itu, untuk mengurangi kecurigaan dan keresahan pengguna instagram akan hadirnya instagram shadowband maka instagram sendiri memberikan cara mudah pengecekan instagram shadowband melalui Account Status.

Melalui fitur ini kreator dapat mengetahui sebuah akun instagram terindikasi terkena instagram shadowband melalui pengecekan di akun instagram yang dimiliki.

Berikut beberapa cara mengecek instagram shadowband melalui fitur Account Status :

  • Pertama, buka akun instagram yang dimiliki dan pastikan sudah melakukan log in terlebih dahulu.
  • Kedua, masuk ke fitur profil yang dimiliki kemudian klik ikon garis tiga dan klik pada fitur pengaturan
  • Ketiga, klik pada ikon account kemudian pilih lambang Account Status
  • Keempat, pada fitur tersebut maka kreator akan melihat status dari akun instagram yang dimliki apakah masih aman atau malah terkena instagram shadowband.
4 2

Penyebab Akun Instagram Terkena Instagram Shadowband

Pearaturan ketat yang dibuat oleh Instagram menyebabkan beberapa akun instagram bisa saja terkena instagram shadowband akibat mengunggah konten atau menggunakan hastag yang dilarang oleh instagram.

Agar kreator waspada pada mengunggah konten instagram maka berikut beberapa penyebab yang membuat akun instagram terkena instagram shadowband.

Penggunaan Bot atau Menambah Followers Secara Instan

Sebagai seorang kreator tentunya ingin akun instagram yang dikembangkan memiliki banyak pengikut sehingga membantu untuk meningkatkan engagement akun yang dimiliki.

Namun untuk mencapai titik tersebut tentunya tidak bisa diraih dengan mudah karena kreator harus mengetahui konten yang diinginkan konsumen, sasaran konsumen yang dituju, serta analisa algoritma instagram yang dapat membantu untuk meningkatkan engagement konten.

Waktu yang lama ini terkadang membuat beberapa pengguna instagram menggunakan jalan pintas dengan cara membeli pengikut atau engagement berupa likes dan komentar yang diinginkan.

Peningkatan engagement dan pengikut dalam waktu cepat ini tentunya membuat akun dan konten yang dibuat lebih mudah ditemui oleh konsumen yang dituju sehingga membantu menaikkan brand awareness dari akun dan konten yang dimiliki.

Disisi lain, penggunaan bot dan likes berbayar ini tentunya tidak disukai oleh instagram karena tidak adanya engagement organik berkat adanya interaski antara pengguna instagram dan juga konsumen yang dimiliki.

Karenanya jangan heran bisa suatu saat akun instagram yang dimiliki mendadak terkena instagram shadowband dari instagram sehingga tidak bisa diakses dalam jangka waktu tertentu.

Penggunaan bot dan likes berbayar yang berulang setelah adanya instagram shadowband tentunya akan membuat akun anda menghilang dari instagram karena akun anda disangka robot oleh instagram.

Oleh karena itu, sebaiknya kreator mengembangkan konten dan juga engagement secara organik untuk menghindari adanya instagram shadowband.

Meskipun memakan waktu yang lama namun melakukan interaksi secara organik juga membantu kreator untuk menjangkau lebih banyak konsumen yang sesuai dan bisa diubah menjadi pelanggan.

Penggunaan Hastag yang Dilarang

Salah satu layanan instagram yang juga dapat ditemukan oleh social media lain adalah penggunaan hastag.

Kehadiran tagar ini tentunya membantu pengguna instagram untuk mencari akun atau konten instagram secara mudah dan sesuai dengan yang diinginkan.

Sedangkan dari sisi kreator, penggunaan instagram hastag sendiri membantu menyebarkan konten yang dimiliki sehingga dapat menjangkau lebih banyak pengguna instagram dan juga mendapatkan konsumen yang diinginkan.

Sayangnya beberapa instagram hastag yang terkenal dan memiliki banyak pengguna sering kali disalahgunakan oleh pengguna instagram untuk mengunggah konten yang dinilai kurang pantas.

Guna mengurangi konten tersebut dipakai oleh pengguna instagram yang tidak bertanggungjawab maka instagram akan membatasi penggunaan instagram hastag tertentu yang diindikasi digunakan untuk konten yang kurang relevan.

Karenanya sebagai kreator juga sebaiknya mengetahui apakah instagram hastag yang dipakai sudah sesuai atau belum serta tidak melanggar peraturan dari Instagram sehingga konten anda tidak dibatasi atau bahkan di blokir oleh instagram.

Kondisi ini tentunya akan merugikan kreator karena konten yang diunggah tidak dapat menjangkau pengguna instagram yang dituju dan malah mendapatkan pembatasan dari Instagram.

Akun Instagram Sering Dilaporkan Oleh Pengguna Instagram

Kebebasan saat mengunggah konten di instagram juga dibarengi dalam kemudahan pengguna instagram dalam melaporkan konten atau akun instagram yang dirasa kurang pantas.

Beberapa jenis akun instagram yang bisa saja terkena laporan dari pengguna instagram adalah mengunggah konten yang dirasa kurang pantas atau melakukan upload konten kekerasan.

Jika hal ini terjadi terus menerus dan dirasa mengganggu pengguna instagram maka bisa saja akun instagram tersebut mendapatkan laporan dari pengguna instagram.

Karenanya sebagai kreator instagram sebaiknya mengunggah konten yang dirasa dapat memancing interaksi dengan konsumen dan juga menarik perhatian pengguna instagram untuk mengikuti akun anda.

Berinteraksi dengan Pengikut Instagram Terlalu Cepat

Aktivitas mengunggah konten di akun instagram tentunya menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus mendebarkan bagi kreator.

Hal ini dikarenakan kreator tentunya ingin mengetahui engageent dari konten yang telah diunggah dan juga siapa saja konsumen yang akan berkunjung dan memberikan apresiasi terhadap konten yang anda unggah.

Tidak jarang saat konten yang anda unggah mendapatkan likes atau komentar dari orang lain maka kreator akan dengan cepat membalasanya agar tidak kehilangan momen emas ini.

Sayangnya balasan yang terlalu cepat ini membuat akun instagram yang anda miliki diawasi oleh platform instagram.

Hal ini terjadi jika akun anda melakukan interaksi yang terus menerus dan menggunakan tata bahasa yang sama sehingga membuat instagram mengira bahwa akun anda menggunakan bot tertentu.

Ditambah lagi jika pengikut anda membalas konten yang diunggah menggunakan template yang sama atau penggunaan hastag brand untuk event promosi tertentu.

Hal ini tentunya akan memungkinkan instagram mengawasi akun anda akibat aktivitas interaksi yang terlalu cepat.

Karenanya saat anda mengunggah sebuah konten maka kreator bisa membiarkan konten tersebut dalam jangka waktu tertentu sehingga bisa melihat interaksi yang di dapatkan.

Selain itu, melakukan interaksi yang banyak tentunya akan lebih efektif dibandingkan menunggu komentar yang datang satu persatu.

Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga Secara Terus Menerus

Sebagai seorang kreator yang tidak hanya mengurus satu akun social media tentunya membutuhkan bantuan agar bisa mengunggah konten secara otomatis sehingga bisa menghemat lebih banyak waktu.

Penggunaan website social media management tools pun hadir untuk membantu masalah kreator dengan menyediakan layanan untuk mengunggah konten secara otomatis sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Tidak hanya itu, melalui website ini maka kreator juga diberikan analisa dari konten yang telah dikembangkan untuk mengetahui performa dari social media yang dimiliki.

Sayangnya penggunaaan aplikasi pihak ketiga ini ternyata dapat memicu instagram shadowband yang tentunya membahayakan bagi kinerja akun instagram anda ke depannya.

Karenanya agar penggunaan social media management tools ini tidak mengganggu kinerja akun instagram anda maka kreator bisa menggunakan layanan creator studio yang ada di Facebook.

Kehadiran layanan ini tidak hanya berguna untuk mengunggah dan menjadwalkan konten facebook yang telah dibuat sebelumnya.

Namun kreator juga bisa merencanakan konten untuk instagram sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan terbebas dari ancaman instagram shadowband.

Hal ini dikarenakan creator studio merupakan layanan tambahan yang bisa digunakan oleh kreator untuk mengontrol akun facebook dan instagram secara bersamaan.

Cara penggunaan creator studio sendiri pun sangat mudah karena kreator cukup menyambungkan akun email facebook yang juga diguanakan oleh akun instagram sehingga bisa diakses secara bersamaan.

Tak hanya itu, untuk mencegah terjadinya instagram shadowband karena menggunakan layanan pihak ketiga maka kreator bisa mengunggah konten secara manual sesekali.

Pengunggahan konten secara manual ini tentunya membantu kreator untuk mengetahui hasil engagement konten secara langsung tanpa menunggu laporan dari insight atau aplikasi pihak ketiga.

Melanggar Peraturan Instagram yang Telah Diberikan

Sebagai platform social media yang memiliki banyak pengguna aktif tentunya instagram ingin memberikan pelayanan terbaik dan juga pengalaman yang menyenangkan selama menggunakan instagram.

Salah satunya adalah dengan menerapkan berbagai peraturan yang ketat mengenai jenis konten yang bisa diunggah dan juga peraturan mengenai akun yang dikembangkan.

Karenanya sebelum membuat akun instagram dan membuat berbagai konten yang menarik di instagram maka sebaiknya kreator mengetahui berbagai peraturan yang ditetapkan oleh instagram dan juga jenis konten yang dilarang di instagram.

Namun meski kreator sudah memahami berbagai peraturan yang ada namun bisa saja akun anda mendapatkan peringatan karena mengunggah konten yang tidak sesuai karena berubahnya peraturan yang mendadak.

Karenanya penting bagi kreator untuk terus memperbarui informasi mengenai peraturan dan algoritma tiktok yang bisa berubah kapan saja.

Template Watermark SMM ID 8

Cara Mencegah Instagram Shadowband

Ancaman instagram shadowband yang tidak main-main mulai dari engagement yang berkurang dan juga penurunan jumlah pengikut instagram membuat kreator berhati-hati agar konten yang dibuat tidak menyalahi aturan dari instagram.

Karenanya agar akun instagram anda aman dari ancaman instagram shadowband berikut beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan kreator untuk melindungi akun dan juga konten yang dimiliki.

Menghentikan Penggunaan Layanan Bot atau Likes Berbayar

Salah satu alasan sebuah akun instagram terkena instagram shadowband adalah penggunaan engagement berbayar yang tentunya tidak disukai oleh instagram.

Karenanya jika akun anda sudah mendapatkan peringatan karena menggunakan layanan bot atau likes berbayar maka lebih baik untuk menghentikan penggunaan layanan tersebut.

Apabila sebuah akun masih menggunakan layanan engagement berbayar meski sudah mendapatkan peringatan maka ancaman akun instagram menghilang pun di depan mata.

Karenanya dibandingkan menggunakan layanan engagement berbayar yang malah merusak citra akun anda maka lebih baik membayar iklan berbayar melalui aplikasi instagram atau memasarkan produk melalui influencer tertentu.

Namun untuk memastikan layanan engagement berbayar tersebut sudah tidak tersedia di akun anda maka kreator bisa mengeceknya di pilihan Apps dan Website yang berada di menu edit profile.

Hiatus dalam Jangka Waktu Tertentu

Sebuah akun instagram yang terkena instagram shadowband tentunya tidak bisa langsung sembuh seperti semula meskipun kreator sudah tidak menggunakan engagement berbayar.

Perlu waktu beberapa hari untuk memulihkan kinerja dari akun instagram yang dimiliki agar bisa kembali ke performa terbaiknya.

Kreator sebaiknya memberikan jangka waktu dua hari untuk mengistirahatkan akun instagram anda agar bisa dipakai seperti semula.

Dalam jangka waktu tersebut maka kreator bisa melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat dalam pengembangan akun yang anda miliki.

Salah satunya merancang ulang strategi konten marketing yang dimiliki dan menyesuaikan dengan kesukaan konsumen.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa melihat celah kekurangan yang membuat akun anda terkena instagram shadowband sehingga bisa menghindari dari ancaman shadowband berikutnya.

Waktu istirahat ini juga bisa digunakan kreator untuk beristirahat sejenak dari padatnya kegiatan sebagai kreator sehingga bisa mendapatkan inspirasi konten terbaru yang menarik untuk konsumen.

Mengikuti Peraturan yang Ditetapkan oleh Instagram

Setelah akun instagram anda kembali dari performa terbaiknya dan mulai bisa digunakan kembali untuk mengunggah berbagai konten promosi dan edukasi.

Inilah saatnya bagi kreator untuk menunjukkan kreatifitasnya dengan mengunggah kembali berbagai konten yang menarik dan mampu menarik konsumen untuk berkunjung ke akun instagram yang dimiliki.

Namun saat kembali mengelola akun instagram yang telah terkena instagram shadowband maka pastikan untuk tidak melanggar peraturan yang di tetapkan oleh Instagram.

Karenanya penting bagi kreator untuk mengetahui berbagai peraturan instagram baik yang masih berlaku atau baru saja rilis oleh instagram.

Hal ini dilakukan agar akun instagram anda kembali aman sehingga terbebas dari teguran instagram yang menghantui.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.