tiktok

Trik Bebas Tiktok Shadowband Saat Akun Tiktok Kena Banned

Akun tiktok kena shadowband memang bikin sedih hati namun kreator bisa memulihkan tiktok shadowband dengan beberapa langkah mudah berikut.

Sebagai seorang kreator yang bergerak di social media tiktok tentu saja akun tiktok yang ramai dengan interakasi menjadi salah satu kebahagiaan tersendiri.

Namun bagaimana jika akun tiktok mendadak terkena tiktok shadowband disaat deadline endorse dan paid promote di depan mata?

Tentunya rasa kaget, cemas, dan sedih bercampur menjadi satu apalagi jika akun tiktok yang dimiliki sedang berada di puncak kejayaan.

Namun kreator tidak perlu panik dan stress dalam mengatasi masalah tiktok shadowband jika anda telah mengetahui alasan akun tiktok terkena tiktok shadowband dan cara mudah mengembalikannya.

apa itu tiktok shadowband

Apa Itu Tiktok Shadowband

Memiliki akun tiktok yang mendapatkan banyak engagement dan juga selalu masuk ke FYP Recommend tentunya menjadi impian banyak kreator.

Apalagi jika akun tiktok yang dikembangkan berawal dari followers yang sedikit menjadi jutaan pengikut setelah sekian lama.

Namun, segala keindahan tersebut bisa saja hilang dalam satu malam apabila akun tiktok terkena tiktok shadowband.

Hal ini akan menyebabkan konten tiktok memiliki engagement yang sedikit sehingga sulit untuk masuk FYP recommend.

Belum lagi jika akun tiktok yang dikembangkan mendadak tidak bisa diakses sehingga sulit untuk mengunggah konten yang telah dibuat sebelumnya.

Peringatan ini tentunya akan membuat akun tiktok lumpuh sementara dan butuh waktu lama untuk memulihkan engagement dan juga algoritma akun yang dimiliki.

Pada beberapa kasus, sebuah akun tiktok bisa saja sulit untuk pulih sehingga mau tak mau kreator harus membuat akun tiktok yang baru dan mengembangkannya dari awal.

Langkah ini tentunya akan sulit dilakukan mengingat kreator harus mencari lagi audience yang telah hilang terbawa tiktok shadowband.

Hal ini juga akan berpengaruh pada hasil penjualan di tiktok shop jika kreator membuat akun tiktok dengan tujuan melakukan promosi akun online shop yang dimiliki.

Jika hal ini terjadi maka konsumen yang membutuhkan barang anda akan mencari akun tiktok shop lain dan berpaling ke akun lain yang sedang naik daun atau aktif melakukan promosi di tiktok.

Berbagai kerugian tersebut tentunya tidak ingin anda alami bukan? Apalagi jika akun tiktok shop yang dimiliki sudah mulai memiliki banyak konsumen baru dan pelanggan tetap.

Namun, sebagai platform social media yang tengah berkembang pesat tentunya tiktok memiliki aturan sendiri yang mungkin saja menyebabkan akun anda terkena tiktok shadowband.

tiktok

Kok Akun Tiktok Saya Terkena Tiktok Shadowband?

Sebagai salah satu akun social media yang memiliki banyak pengguna yang terdiri dari berbagai kalangan umur tentunya tiktok terus berinovasi untuk menciptakan tempat aman dan nyaman bagi penggunanya.

Salah satu caranya adalah dengan membuat peraturan yang ketat mengenai isi konten dan juga caption serta komentar di suatu konten tiktok.

Tidak hanya mengecek satu persatu konten yang beredar melalui kata kunci tertentu namun tiktok juga terbantu dari adanya laporan dari pengguna tiktok sendiri.

Sehingga jika pengguna menemui konten yang dirasa melanggar peraturan yang diterapkan tiktok maka konten dan akun tersebut bisa dilaporkan ke tiktok yang selanjutnya akan diproses melalui berbagai tanggapan.

Apabila konten yang dilaporkan terbukti melanggar peraturan yang dibuat maka pelapor akan mendapatkan pelaporan yang menyatakan bahwa konten telah di proses oleh tiktok.

Sedangkan jika konten tersebut dirasa tidak memenuhi syarat peraturan yang dibuat tiktok maka pelapor akan mendapatkan laporan jika konten tersebut masih bisa beredar di tiktok.

Namun apa saja beberapa pelanggaran yang membuat konten dan akun tiktok terkena tiktok shadowband?

Penggunaan Bahasa yang Menyinggung

Bagi sebagian besar orang, social media menjadi tempat yang bebas untuk menyalurkan berbagai aspirasi dan juga kreativitas.

Sehingga tidak jarang kita juga menemukan penggunan bahasa yang dirasa kurang pantas dan juga menyinggung bagi beberapa orang.

Kondisi ini tentunya membuat pengguna tiktok merasa tidak nyaman sehingga memilih platform lain yang dirasa lebih aman dan nyaman.

Sebagai platform social media yang tengah berkembang pesat dan memiliki banyak pengikut tentunya tiktok menyadari hal ini dan tentunya melakukan pencegahan dengan beberapa langkah.

Salah satunya adalah dengan cepat merespon konten atau caption yang dirasa menyinggung pengguna tiktok lain.

Semakin banyak laporan mengenai sebuah konten yang dirasa mengandung bahasa yang menyinggung maka akan semakin cepat juga tiktok memberikan peringatan pada konten tersebut.

Spam Comment pada Setiap Konten

Saat melihat konten yang lucu atau membahas suatu masalah yang sedang viral tentunya pengguna tiktok ingin melihat reaksi dari orang lain dari konten yang dibuat.

Semakin banyak interaksi berupa komentar yang ada di konten tiktok tentunya dapat mengangkat video tersebut sehingga bisa lebih mudah menembus FYP recommend.

Sehingga beberapa kreator tiktok berlomba-lomba untuk membuat konten yang mampu mendatangkan interaksi dari pengguna tiktok lain untuk meningkatkan interaksi.

Namun beberapa konten tiktok terkadang memiliki engagement yang kurang sehingga kreator berfikir keras untuk menaikkan interaksi yang lebih banyak.

Salah satunya adalah dengan membeli likes atau komentar melalui website atau market place dengan jumlah dan biaya yang bisa dipilih sesuai target yang diinginkan.

Penggunaan komentar dan likes berbayar ini tentunya bisa meningkatkan interaksi dan engagement secara singkat sehingga konten lebih mudah naik ke FYP recommendation.

Sayangnya tiktok termasuk platform yang sensitif terhadap spam likes dan comment yang di dapatkan secara cepat dalam waktu yang singkat.

Sehingga jika tiktok menemukan konten yang menggunakan layanan likes dan comment berbayar dari pihak ketiga maka bisa saja akun anda mendapatkan peringatan dari tiktok.

Karenanya mengetahui kesukaan konsumen tentunya akan membantu untuk menaikkan konten secara cepat dan mudah tanpa perlu membeli engagement berbayar yang berujung merugikan konsumen dalam jangka waktu lama.

Hate Speech

Banyaknya pengguna tiktok yang aktif tentunya memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda dan kemudian dapat bertemu di konten tiktok yang sama.

Sehingga tidak jarang pengguna tiktok menemukan konten atau komentar yang berisi hate speech kepada satu orang atau sekelompok orang tertentu.

Bagi sebagian besar orang atau sekelompok etnis tertentu konten hate speech tentunya akan memunculkan rasa tersinggung sehingga menimbulkan perdebatan panjang di kolom komentar.

Konten hate speech tidak hanya berupa penghinaan kepada suatu kelompok namun juga provokasi untuk melakukan sesuatu yang berbahaya dan merugikan orang lain.

Jika sudah begini bisa saja penonton konten yang tidak mengetahui masalah ini akan melakukan tindakan yang dinilai tidak sesuai dengan tindakan hukum.

Karenanya untuk mengurangi kebencian tersebut maka pengguna tiktok bisa melaporkan konten tersebut ke tiktok sehingga bisa diturunkan dengan cepat.

Tak hanya itu, akun yang mengunggah konten tersebut akan terkena tiktok shadowband sehingga tidak bisa menggunakan akun tiktok dalam jangka waktu tertentu.

Dangerous Acts and Challange

Tiktok sendiri terkenal dengan berbagai challange yang bisa digunakan oleh kreator tiktok untuk mendapatkan atensi atau perhatian dari pengguna tiktok lainnya.

Semakin unik dan kreatif konten tiktok yang dibuat maka akan membantu menaikkan konten tiktok yang dibuat untuk masuk ke FYP Recommendation.

Sayangnya atensi yang salah dan juga keinginan untuk mendapatkan perhatian lebih terkadang membuat kreator tiktok akhirnya melakukan sesuatu yang berbahaya.

Meskipun dinilai mampu menarik perhatian pengguna tiktok lebih cepat namun konten ini juga dinilai berbahaya karena bisa saja ditiru oleh pengguna tiktok yang masih minor.

Karenanya jika tiktok mendapatkan laporan berupa challange yang berbahaya atau kekerasan terhadap orang lain maka tiktok akan sigap untuk melakukan tindakan berupa tiktok shadowband kepada akun tersebut.

Namun jika konten yang dibuat oleh profesional yang ahli di bidangnya dan mendapatkan lisensi dari tiktok maka konten tersebut akan aman dari tiktok shadowband.

Tiktok sendiri menjadi salah satu platform yang peduli pada kesehatan mental penggunanya sehingga untuk mencegah kejadian yang dinilai membahayakan mental penonton akan diturunkan dan mendapatkan tiktok shadowband apabila tidak mengikuti aturan yang ditetapkan.

Penggunaan Lagu yang Mengandung Copyright

Sebuah karya musik yang indah dengan perpaduan melodi yang easy listening tentunya cocok untuk dijadikan backsound musik konten tiktok.

Penggunaan lagu yang sama secara terus menerus di berbagai konten tiktok tentunya akan membuat lagu tersebut lebih terkenal karena sering didengarkan oleh orang lain.

Tak jarang beberapa lagu lama yang sudah jarang terdengar mendadak terkenal berkat sering diputar di tiktok sehingga bisa dikenal oleh generasi yang baru.

Kemudahan untuk menjadi terkenal dan didengarkan oleh banyak pengguna tiktok menjadikan beberapa artist akhirnya memasukkan lagunya di tiktok untuk dipromosikan di tiktok.

Sayangnya kemudahan untuk memasukkan lagu atau suara ke tiktok menjadikan beberapa pengguna menyalahi aturan mengenai copyright sehingga mengunggah lagu yang bukan miliknya.

Sehingga jika lagu yang dipakai dikenali banyak orang maka musik dari pengguna lain yang akan dipakai bukan dari pemilik asli lagu tersebut.

Penyalahgunaan copyright ini tentunya akan merugikan artis yang telah bersusah payah membuat lagu tersebut sehingga promosi yang dilakukan menjadi kurang maksimal.

Namun jika ada penggemar atau artis yang mengetahui penyalahgunaan tersebut maka bisa melaporkan di tiktok agar backsound lagu dari konten lain dihapus sehingga pengguna tiktok akan memakai lagu dari artis asli.

Meskipun cara tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dan massa yang banyak namun strategi ini dinilai lebih menguntungkan untuk promosi ke depannya.

cara keluar tiktok shadowband

Cara Mengetahui Akun Tiktok Terkena Tiktok Shadowband

Sayangnya ketika sebuah akun tiktok terkena tiktok shadowband maka kreator tidak akan mendapatkan pemberitahuan di email atau di tiktok.

Namun pengguna akan mengalami beberapa pertanda sebagai berikut :

  • Konten yang dibuat tidak masuk ke FYP Recommend dan sulit di cari di kolom pencarian.
  • Video tiktok tidak bisa diunggah dan biasanya akan mendapat pemberitahuan seperti under review atau processing
  • Terjadi penurunan engagement secara drastis baik dari comments, likes, atau share.

Jika beberapa pertanda tersebut ditemukan di akun tiktok anda maka bisa dipastikan tiktok shadowband di depan mata.

Guna mengetahui alasan akun tiktok terkena tiktok shadowband maka kreator bisa memastikannya dengan melihat konten yang telah diunggah dan mencocokkannya dengan Tiktok Guidelines.

Untuk durasi tiktok shadowband bisa berlangsung 2 minggu hingga sebulan tergantung dari seberapa besar kesalahan yang ada di video tiktok anda.

Agar kreator masih bisa berkarya meskipun akun tiktok terkena tiktok shadowband maka kreator bisa membuat akun tiktok kedua disaat akun pertama sedang naik daun sebagai cadangan ketika akun anda terkena tiktok shadowband.

keluar tiktok shadowband

Trik Keluar dari Tiktok Shadowband

Bagi kreator yang terkena tiktok shadowband mungkin akan bertanya-tanya mengenai cara cepat dan mudah keluar dari tiktok shadowband.

Sayangnya tiktok sendiri tidak memberikan solusi khusus ketika penggunanya terkena tiktok shadowband, cukup menunggu maka akun tiktok akan kembali pulih seperti sedia kala.

Namun terdapat beberapa langkah yang akan membantu pengguna tiktok untuk menghindari bayangan tiktok shadowband di masa depan.

Uninstall Aplikasi Tiktok di Handphone

Solusi pertama yang bisa dilakukan jika terkena tiktok shadowband adalah memilah konten tiktok yang sekiranya melanggar aturan dari tiktok.

Kreator bisa memulai dengan melihat isi video yang diunggah dan juga caption yang digunakan di beberapa video di akun anda.

Setelah menemukan konten yang dirasa melanggar peraturan tiktok maka kreator bisa menghapusnya untuk menghindari tiktok shadowband.

Tak hanya itu, kreator juga bisa melakukan uninstall pada aplikasi tiktok yang ada di handphone untuk mendapatkan pembaruan aplikasi tiktok terbaru di handphone anda.

Ubah Akun Pribadi ke Akun Business.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah akun tiktok anda terkena tiktok shadowband adalah dengan mengubah akun pribadi menjadi akun business.

Langkah ini dilakukan untuk mempermudah kreator dalam menganalisa konten yang sekiranya melanggar peraturan dari tiktok.

Tak hanya itu, kreator juga dapat melihat insight dari konten yang telah diunggah sehingga mengetahui penurunan engagegement dari konten dan akun tiktok anda.

Disisi lain, menggunakan akun tiktok business memiliki beberapa keuntungan dibandingkan akun pribadi dalam mengembangkan konten dan kariri sebagai konten kreator.

Hal ini dikarenakan tiktok business memiliki layanan yang lebih lengkap dibandingkan akun pribadi, seperti adanya layanan insight yang dapat membaca performa akun tiktok.

Selain itu, kreator juga dapat menyebarluaskan konten dan juga akun yang dikelola dengan mempromosikannya pada konsumen yang sesuai target.

Akun tiktok business sendiri juga memiliki layanan tiktok shop dimana kreator dapat melakukan transaksi barang dengan pengguna tiktok lainnya sehingga mendapatkan keuntungan lebih.

Rehat Sejenak dari Akun Tiktok

Durasi tiktok shadowband yang cukup lama tentunya membuat kreator tidak bisa melakukan apapun selain menunggu hingga akun bisa digunakan kembali.

Sembari memulihkan akun tiktok yang terkena tiktok shadowband maka kreator juga beristirahat sementara dari kegiatan mengunggah dan berinteraksi dengan pengguna tiktok.

Waktu yang lebih luang tentunya bisa digunakan untuk mencari inspirasi konten terbaru yang bisa diunggah di akun tiktok setelah kembali pulih.

Kreator juga bisa memperdalam kemampuan dalm mengedit konten tiktok sehingga saat anda kembali aktif maka pengikut anda bisa semakin bertambah banyak.

Disisi lain, kreator juga bisa membaca mengenai peraturan yang dimiliki oleh tiktok sehingga ke depannya tidak akan melakukan kesalahan yang sama.

Durasi rehat yang cukup lama juga bisa digunakan kreator untuk membuat strategi konten tiktok yang efektif sehingga bisa meraih kembali engagemet yang terhenti selama dua bulan serta pengikut tiktok yang hilang terkena tiktok shadowband.

Kreator juga bisa mempelajari kembali fitur terbaru tiktok atau algoritma yang dimiliki agar bisa membuat strategi konten yang optimal.

Namun apabila kreator memiliki akun cadangan maka bisa mulai aktif di akun tersebut sehingga tidak kehilangan pengikut setia yang dimiliki dan tetap bisa menyelesaikan tawaran endorsement yang telah diberikan sebelumnya.

Unggah Konten yang Kreatif dan Original

Setelah akun tiktok anda kembali normal inilah saatnya anda kembali untuk menghibur pengikut setia yang anda miliki.

Dikarenakan akun tiktok anda sudah terkena tiktok shadowband anda sudah terkena peringatan dari tiktok sebelumnya maka disarankan untuk lebih berhati-hati dalam mengunggah konten di tiktok.

Hal pertama yang bisa kreator lakukan setelah akun tiktok kembali normal adalah memulai mengunggah konten yang lebih kreatif dan juga original sehingga memanjakan pengikut yang anda miliki.

Kreator bisa membuat kembali konsep video yang berbeda sebelumnya atau bisa disebut merubah branding akun yang dimiliki sehingga terbebas dari tiktok shadowband.

Tak hanya itu, kreator juga bisa berdiskusi dengan tim yang dimiliki untuk mengetahui konten-konten segar yang sekiranya disukai oleh konsumen anda.

Pastikan juga konten yang anda buat tidak meniru karya milik kreator lain dengan mencantumkan sumber konten yang menjadi inspirasi video anda.

Sebaiknya kreator juga menggunakan backsound musik dari akun asli sehingga anda tidak terkena tiktok shadowband karena menggunakan lagu dari sumber yang tidak semestinya.

Penggunaan konten yang kreatif dan asli tentunya akan menarik lebih banyak pengguna tiktok untuk melihat video anda sehingga mendapatkan enagegement asli dan organik.

Sehingga kreator tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli likes dan juga komentar berbayar yang cenderung spam dan nantinya akan membawa anda ke tiktok shadowband.

Pahami Keinginan dan Usia Konsumen

Tiktok sendiri temasuk platform yang sangat peduli pada kenyamanan penggunanya yang terdiri dari berbagai kalangan umur.

Hal ini dikarenakan pengguna tiktok sendiri bisa berasal dari anak di bawah umur atau orang dewasa yang mencari hiburan baru di tiktok.

Karenanya salah satu peraturan yang ada di tiktok adalah mengenai penggunaan konten untuk anak di bawah umur.

Agar kreator terhindar dari pelanggaran konten di bawah umur maka kreator sebaiknya membuat konten yang bisa dinikmati untuk segala usia.

Selektif Pada Konten yang Akan Diunggah ke Tiktok

Sebuah akun tiktok yang telah terkena tiktok shadowband tentunya akan kesulitan untuk menembus FYP Recommend karena harus memulai kembali engagement tiktok dari awal.

Hal ini terkadang membuat kreator akhirnya berinovasi membuat konten kreatif yang sekiranya dapat menarik perhatian pengguna tiktok.

Meskipun begitu, bukan berarti kreator tidak bisa bebas membuat konten tiktok yang bebas sesuai dengan keinginan karena kreator harus selektif membuat video agar tidak terkena tiktok shadowband lagi.

Karenanya sebelum mengunggah konten ke akun tiktok maka kreator bisa melihat kembali konten yang diunggah untu memastikan video tidak melanggar peraturan dari tiktok.

Namun jika kreator masih tidak yakin mengenai isi konten yang akan diunggah maka kreator bisa melihat kembali peraturan tiktok yang bisa diakses secara mudah dan gratis di website resmi milik tiktok.

Tak hanya itu, penggunaan caption dan juga hastag tentunya akan membawa anda masuk kembali ke dalam tiktok shadowband apabila tidak menggunakan penggunaan tata bahasa yang baik atau menyinggung orang lain.

Memastikan membaca ulang caption dan juga hastag tiktok yang dipakai tentunya sebagai bentuk antisipasi dari tiktok shadowband yang bisa muncul kapan saja.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.