Bot Instagram

Bot Instagram, Fungsi dan Resikonya

Bot instagram menjadi pilihan disaat mengelola sebuah akun media sosial instagram menghadirkan kerepotan tersendiri.

Walaupun instagram memiliki keuntungan ekonomi yang lumayan. Hal ini karena penggunanya perlu menyisihkan waktunya untuk mendapatkan organic reach dan meningkatkan engagement rate dari akun instagram tersebut.

Mengenal Bot Instagram

Bot instagram sebenarnya merupakan suatu alat otomatisasi instagram yang bisa membantu untuk membuat akunmu bertumbuh.

Sistem ini bekerja dengan melakukan hal yang biasa Kamu lakukan ketika sedang bermain instagram, seperti menyukai postingan, berkomentar, serta mengikuti akun lain.

Cara memakainya juga cukup mudah, Kamu hanya perlu menentukan hashtag atau akun yang ingin Kamu sasar, lalu bot instagram akan melakukan tugasnya.

Penggunaan sistem otomatisasi ini memang terlihat sangat memudahkan. Kamu juga bisa menghemat banyak waktu untuk mengelola akun instagrammu.

Karena itu, banyak penyedia bot yang bermunculan, diantaranya adalah FollowLiker, Mass Planner, dan Instagress. Namun, bukan berarti penggunaannya tanpa resiko.

Hal ini terbukti dari penutupan salah satu bot yakni Instagress. Instagress ditutup karena permintaan dari instagram, sebagai bagian dari upaya instagram untuk melakukan pembersihan akun-akun palsu.

Selain itu, ada beberapa resiko lain yang patut untuk dipertimbangkan sebelum memilih untuk memakai bot instagram.

Resiko Memakai Bot Instagram

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memakai bot instagram juga memiliki beberapa resiko yang akan cukup menganggu keberlangsungan akun. Coba perhatikan beberapa resiko yang kamu mungkin alami jika memakai bot instagram, di bawah ini :

Bisa Membahayakan Akunmu

Bot Instagram

Instagram memiliki terms and condition yang harus dipatuhi oleh penggunanya. Jika pengguna melanggar ketentuan tersebut, maka pihak instagram bisa memberikan sanksi.

Penggunaan perangkat bot instagram sendiri melanggar ketentuan yang instagram miliki. Sebab, sistem ini bisa mengakses API instagram tanpa izin.

API bisa dipakai guna mengakses akun instagram apapun, namun hanya menyediakan akses untuk membaca data tingkat dasar.

Akses tanpa izin terhadap API merupakan pelanggaran yang serius. Karena itu instagram bisa memberi sanksi.  Sanksi yang instagram bisa berikan salah satunya adalah shadowban.

Shadowban secara sederhana bisa dikatakan sebagai penutupan akun secara sepihak oleh instagram. Hal ini bukannya jarang terjadi. Ada beberapa sebab yang mengakibatkan akun bisa mengalami shadowban. Sebab itu diantaranya adalah konten yang bermuatan kekerasan, seksualitas, atau SARA.

Alasan lain yang menyebabkan shadowban pada akun ialah aktivitas spam.

Instagram sebenarnya memiliki batasan dalam mengikuti, menyukai, dan berkomentar pada akun lain. Batasan ini lebih kepada kemampuan manusia normal untuk melakukan kegiatan itu.

Diperkirakan sebuah akun hanya bisa mengikuti 800 akun dalam sehari dan 1,5 kali jumlah followers untuk maksimal like.

Karena hal inilah, aktivitas memakai bot instagram bisa terdeteksi dan akun yang Kamu punya rawan mengalami shadowban.

Shadowban tentu akan sangat merugikan pemilik akun. Sebab, akun yang telah dibangun selama sekian lama hilang dan tidak bisa kita manfaatkan lagi karena postingan kita tidak akan muncul. Engangement tentunya juga akan menurun.

Perlu diketahui, bahwa shadowban sendiri diperkirakan sebagai upaya instagram untuk membasmi akun-akun palsu yang menjamur di instagram.

Penggunaan Bot Instagram Bisa Menyebabkan Hilangnya Engagement dari Followers

resiko pakai bot Instagram

Namun masalahnya, akun yang diikuti oleh bot instagram umumnya adalah bot instagram juga. Hal ini disebabkan karena bot instagram tidak memiliki kemampuan untuk membedakan mana akun yang dijalankan oleh manusia dengan yang dijalankan bot.

Inilah yang menyebabkan tujuan menaikkan engagement rate akun instagram menjadi sia-sia.

Memiliki banyak pengikut, namun berupa akun bot alias akun palsu tentu saja percuma. Sebab, tujuan memiliki banyak followers adalah agar interaksi dengan pengikut menjadi tinggi. Jika pengikutnya adalah akun palsu, hal itu tentu tidak akan terjadi.

Hilangnya kepercayaan pengikut

followers Instagram

Penggunaan bot juga akan menyebabkan hilangnya kepercayaan pengikut terhadap akun yang kamu punya. Sebab, bot instagram berjalan melalui otomatisasi, maka ia juga akan memberikan komentar atau membalas pesan melalui sistem itu.

Sangat mungkin kan pesan yang kamu sampaikan tidak sesuai dengan konteks situasinya. Ini tentu merusak kepercayaan followers yang Kamu punya.

Melihat berbagai resiko yang harus pemilik akun hadapi saat memakai sistem otomatisasi ini, cara ini sebaiknya dipikirkan ulang.

Dibanding memakai cara yang terlihat memudahkan dan instan seperti bot, lebih baik Anda mengambil cara yang sedikit lebih rumit namun lebih aman. Salah satu cara itu ialah mengurus akun instagrammu sendiri.

Walaupun memakan cukup banyak waktu Anda, namun cara ini akan membuat Anda lebih dekat dengan pengikut Anda. Selain itu pelan namun pasti akun Anda akan berkembang dan memiliki banyak follower.

Untuk itu, anda bisa mencoba beberapa cara dan mendalami instagram marketing disini.

Bot Instagram, Fungsi dan Resikonya

Leave a Reply

11 views
Copy link