5+ Cara download Story Instagram di Gadget Anda

5+ Cara Download Story Instagram ke Gadget Anda

Mau tahu cara download Story Instagram? Begini cara download foto dan video Instastory di gadget Anda dengan mudah.

Cara download story Instagram mungkin belum Anda ketahui. Cara ini bisa Anda lakukan ketika Anda ingin menyimpan Story milik orang lain di perangkat Anda.

Video maupun foto yang diunggah melalui fitur Story pada Instagram hanya tersedia selama 24 jam saja. Sehingga, Anda tidak bisa melihatnya lagi ketika sudah melebihi durasi tersebut.

Story Instagram atau Instagram Stories adalah salah satu fitur Instagram untuk pengguna membagikan foto dan video ke platform tersebut dengan batas waktu selama 24 jam.

Ada kalanya Anda melihat foto atau video dari idola, atau konten tertentu yang Anda sukai dan ingin melihatnya di lain waktu. Namun Instagram belum menyediakan fitur untuk mengunduh Story milik pengguna lain.

Sehingga, cara download Story Instagram ini cocok bagi Anda yang ingin menyimpan konten Story milik seseorang di gadget Anda.

cara download story instagram

Apa Itu Story Instagram?

Sebelum membahas tentang cara download Story Instagram, tidak ada salahnya untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai apa itu Story Instagram.

Untuk mendorong pengguna agar membuat dan membagikan konten lebih banyak lagi pada platform, Instagram merilis fitur Instagram Stories, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna mengirim foto dan video yang menghilang setelah 24 jam.

Fitur ini memiliki konsep seperti Snapchat Stories, fitur Snapchat yang diperkenalkan pada 2013 dan menjadi bagian penting dari pertumbuhan perusahaan.

Seperti Snapchat, foto dan video yang dibagikan dalam Instagram bersifat sementara dan tidak dapat dilihat setelah 24 jam.

Konten yang dibagikan ke Stories juga tidak akan muncul pada profil grid Anda atau dalam Instagram feed. Instagram Stories muncul pada bar bagian atas timeline Anda.

Semua akun Instagram dapat membagikan Stories mulai dari teman-teman Anda sampai akun popular favorit Anda. Untuk melihat unggahan Stories seseorang, Anda tinggal tap pada foto profil mereka.

Story mereka akan muncul secara full-screen, dan kemudian akan muncul semua konten yang mereka unggah dalam 24 jam terakhir. Konten yang diputar mulai dari urutan yang terlama ke terbaru.

Setelah Anda melihat sebuah Story, Anda dapat tap untuk kembali dan maju atau menggeser untuk melompat ke Story orang lain. Tidak seperti postingan biasanya, Anda tidak menemukan tombol like atau public comment.

Melainkan Anda akan menemukan bar kolom untuk membalas Story yang diunggah dalam bentuk direct message atau DM yang hanya bisa dilihat oleh pemilik akun. Selain itu Anda juga bisa memberikan reaksi yang diwakili oleh beberapa emoji.

Begitu Story Anda diunggah, Anda juga dapat melihat beberapa basic analytics, yang menunjukkan berapa kali postingan dalam story Anda telah dilihat dan siapa yang melihatnya.

Cara untuk mengeceknya cukup mudah, Anda hanya perlu swipe layar ke arah atas. Story yang Anda unggah akan mengikuti pengaturan privasi dari akun Anda.

Jika Anda mengatur akun Instagram Anda ke private, maka Story Anda hanya dapat terlihat oleh follower Anda. Tapi Anda juga dapat dengan mudah menyembunyikan seluruh story Anda dari siapa pun, bahkan jika mereka mengikuti akun Anda.

Anda juga dapat memilih untuk menampilkan bagian tertentu dari Story Anda dengan mempostingnya di profil Anda sehingga akan muncul dalam feed.

Nah, setelah mempelajari sedikit mengenai apa itu Story Instagram, pembahasan selanjutnya adalah mengenai cara download Story Instagram. Pada pembahasan kali ini, Anda bisa mengikuti dua cara download Story Instagram yaitu dengan atau tanpa aplikasi.

Cara Download Story Instagram Menggunakan Aplikasi

Cara download Story Instagram yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa menemukan aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh Story Instagram di Play Store atau App Store.

Biasanya, seluruh aplikasi ini menyediakan fungsi dan fitur yang sejenis, yaitu cara download Story Instagram. Namun tentu ada perbedaan antara aplikasi satu dengan yang lainnya.

Beberapa pertimbangan pada aplikasi ini adalah bagaimana tampilan antarmuka pad aplikasi, apakah mudah digunakan atau justru membingungkan. Selain itu, ukuran aplikasi juga perlu Anda pertimbangkan.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi untuk cara download Story Instagram yang kami rekomendasikan dan dapat Anda unduh secara gratis.

Video Downloader for Instagram

Aplikasi untuk mengunduh Story Instagram yang pertama adalah Video Downloader for Instagram. Jika Anda ingin menyimpan video, foto, Story, Reels, Highlights dari Instagram dan IGTV ke ponsel Anda, aplikasi ini dapat melakukan itu semua.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan Repost postingan Instagram dengan teks dan tagar untuk mendapatkan lebih banyak pengikut atau berbagi ke teman Anda melalui Instagram.

Aplikasi ini dapat Anda unduh melalui Play Store secara gratis tanpa perlu membayar biaya lisensi. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki rating yang cukup tinggi, yaitu 4,9. Artinya banyak pengguna yang puas dengan aplikasi ini.

Video Downloader for Instagram juga memiliki ukuran yang relatif ringan, hanya 6,4 MB saja. Sehingga, tidak akan memakan banyak ruang dalam penyimpanan di perangkat Anda.

Untuk mengunduh Story Instagram melalui aplikasi ini cukup mudah. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh dan memasang Video Downloader for Instagram pada perangkat Anda.

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah Anda perlu menyalin tautan Story Instagram yang ingin Anda unduh. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu menuju profil atau langsung membuka unggahan Story yang diinginkan.

Kemudian klik ikon tiga titik yang bisa Anda temukan di pojok kanan atas tampilan Story. Setelah itu klik opsi Copy Link pada bilah menu yang muncul di bawah.

1

Setelah mendapatkan tautan Story yang diinginkan, selanjutnya buka aplikasi Video Downloader for Instagram yang telah Anda unduh sebelumnya. Tautan yang Anda salin sebelumnya akan otomatis terinput pada kolom yang tersedia.

Nah, Story yang ingin Anda unduh akan muncul berikut dengan tombol Download di bawahnya. Untuk melanjutkan proses pengunduhan, Anda perlu login ke akun Instagram Anda terlebih dahulu.

Setelah melakukan login seperti biasa, kemudian klik tombol Download dan proses pengunduhan akan berjalan dalam beberapa saat. Jika sudah, video Stories tersebut bisa Anda nikmati secara offline melalui perangkat Anda.

2

InsTake Downloader

Rekomendasi aplikasi kedua untuk cara download Story Instagram adalah InsTake Downloader. InsTake Downloader adalah alternatif salah satu cara download video di Instagram yang mudah.

Aplikasi ini tidak hanya menyediakan fitur download video Instagram saja, lho. Anda dapat membagikan, dan me-repost postingan Instagram orang lain menggunakan aplikasi InsTake Downloader.

Aplikasi ini bisa Anda temukan di PlayStore, dan dapat digunakan bagi pengguna perangkat dengan sistem operasi Android.

Selain itu, ukuran aplikasi ini juga tergolong ringan, hanya sebesar 3 MB saja. Hal tersebut tentu akan menguntungkan karena tidak akan memakan banyak tempat di ruang penyimpanan perangkat Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah download instal aplikasi InsTake Downloader terlebih dahulu. Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut ini InsTake Downloader

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah menyalin tautan dari Stories yang ingin diunduh. Caranya masih sama dengan yang di atas, Anda cukup membuka Stories yang diinginkan terlebih dahulu.

Setelah itu, klik ikon tiga titik yang terletak pada pojok kanan atas tampilan Stories. Setelah itu akan muncul kotak dialog menu di bawah, pilih menu Copy Link.

3

Jika sudah, buka aplikasi yang sudah Anda unduh. Tautan yang baru saja Anda salin akan otomatis terisi pada kolom Paste Link yang tersedia pada aplikasi.

Nah, berdasarkan peraturan terbaru dari Instagram, Anda harus melakukan login ke akun terlebih dahulu untuk mengunduh konten di sana. Lakukan login seperti biasanya.

Selanjutnya, Stories yang akan diunduh akan tampil di bawah kolom. Anda dapat menekan tombol Download untuk mulai mengunduh Stories tersebut. Jika sudah, video atau foto akan otomatis tersimpan di perangkat Anda.

4

Selain itu, Anda dapat melihat hasil unduhan atau konten apa saja yang sudah Anda unduh di Instagram melalui menu Downloads pada aplikasi tersebut.

Downloader for Instagram

Aplikasi untuk cara download Story Instagram yang terakhir adalah Downloader for Instagram. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengunduh foto dan video yang diinginkan dari Instagram.

Tidak hanya itu, Downloader for Instagram juga menyediakan fitur untuk menyimpan, me-repost, dan bisa dipakai untuk lebih dari satu akun.

Downloader for Instagram dapat Anda unduh melalui Play Store. Aplikasi ini memiliki rating yang cukup bagus, yaitu 4,7. Selain itu, ukurannya yang hanya 7,9 MB merupakan salah satu keunggulan aplikasi ini.

Pertama, unduh dan instal aplikasi Downloader for Instagram di PlayStore. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat mengunjungi link berikut ini Downloader for Instagram

Aplikasi tersebut tersedia secara gratis sehingga Anda tidak perlu membayar biaya berlangganan. Jika sudah, buka aplikasi Instagram dan tentukan Stories yang ingin diunduh.

Setelah itu, klik ikon tiga titik yang terletak di pojok kanan, kemudian pilih Copy Link untuk menyalin tautan konten Stories yang ingin diunduh.

5

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah buka aplikasi Downloader for Instagram yang sudah Anda unduh sebelumnya. Jika Anda membukanya untuk pertama kali, Anda akan diminta untuk login ke akun Instagram Anda terlebih dahulu.

Jika Anda sudah login, tautan yang telah Anda salin sebelumnya akan otomatis terinput ke kolom tautan yang tersedia. Setelah itu, aplikasi akan memulai proses pengunduhan secara otomatis dalam beberapa detik.

6

Cara Download Story Instagram Tanpa Aplikasi

Lalu bagaimana jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi pihak ketiga tambahan karena ruang penyimpanan yang terbatas? Anda dapat menggunakan cara download Story Instagram di bawah ini tanpa perlu aplikasi.

Cara ini memanfaatkan situs online yang menyediakan layanan untuk mengunduh konten Story di Instagram maupun media sosial lainnya. Berikut ini beberapa rekomendasinya.

Instadp

Rekomendasi situs penyedia layanan pengunduhan konten di media sosial yang pertama adalah Instadp. Dengan situs ini, Anda bisa melakukan cara download Story Instagram tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Selain untuk mengunduh Stories, situs ini juga bisa Anda gunakan untuk mengunduh foto profil, video, foto, Reels, hingga video TikTok.

Langkah pertama, Anda cukup membuka aplikasi browser di perangkat Anda, kemudian buka situs https://www.instadp.com/ setelah itu pilih menu Instagram Stories Downloader.

7

Selanjutnya, masukkan username atau nama pengguna yang Stories-nya ingin Anda unduh pada kolom yang sudah tersedia. Lalu klik ikon Search atau kaca pembesar di samping kolom.

8

Situs akan memproses dalam beberapa saat, lalu nama akun yang terkait akan muncul. Klik Continue apabila akun yang dimaksud sudah benar.

9

Setelah itu, akan muncul informasi akun, Highlights dan Stories yang telah diunggah pada akun tersebut. Untuk mengunduhnya, cukup klik tombol Download yang terletak di bawah Stories.

10

Storysaver.net

Dari namanya saja layanan ini sudah menggambarkan bahwa mereka mampu digunakan untuk menyimpan instastory sendiri maupun orang lain. Layanan ini dalam format situs web, jadi anda bisa menggunakannya tanpa bantuan aplikasi tambahan.

Nah, cara download Story Instagram menggunakan situs ini cukup mudah. Anda hanya perlu membuka browser di perangkat Anda, kemudian kunjungi halaman situs https://www.storysaver.net/

Setelah itu, masukkan username atau nama pengguna Instagram yang ingin Anda unduh Stories-nya pada kolom yang sudah tersedia. Setelah itu tekan tombol Download di bawah kolom tersebut.

Situs akan memproses tautan Anda, kemudian akan muncul pilihan Current Stories yang menampilkan unggahan Stories yang ada di akun tersebut. Anda dapat mengunduh Stories dengan menekan tombol Save as Video atau Save as Photo.

11

Layanan ini gratis dan tidak memberikan batasan penggunaan. Jadi, Anda bisa download story instagram dari siapapun dan sebanyak yang Anda inginkan.

Screenshot dan Perekam Layar

Kalau dua cara download Story Instagram sebelumnya mengharuskan Anda mengunjungi suatu situs untuk download Stories, maka cara berikutnya yang paling mudah dan praktis yaitu menggunakan fitur screenshot dan aplikasi perekam layar bawaan dari HP.

Fitur screenshot bisa Anda manfaatkan untuk mengunduh Story Instagram berbentuk foto, sementara aplikasi perekam layar dapat dimanfaatkan untuk mengunduh Story Instagram dalam bentuk video. Berikut langkahnya.

Langkah pertama, aktifkan fitur screen recorder di HP. Kemudian pilih mode perekaman layar Media Sounds agar suara story Instagram ikut terekam. Jika sudah, tekan tombol Start recording.

Buka Story Instagram yang ingin diunduh. Jika sudah selesai, tekan tombol Stop untuk berhenti. Sementara itu, untuk cara screenshot sendiri sangat mudah. Umumnya beberapa merek HP menggunakan kombinasi tombol volume down + power.

Beberapa perangkat juga memiliki ikon atau tombol pintas sendiri untuk screenshot atau perekam layar.

Manfaat Story Instagram untuk Bisnis

Setelah mengetahui cara download Story Instagram, tidak ada salahnya jika membahas sedikit mengenai manfaat Story Instagram khususnya bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis.

Mengalahkan Algoritma Mesin Pencari

Dalam hal ini, fitur Instagram story untuk bisnis online akan membuat visitor datang dengan sendirinya ke situs anda. Jadi ini benar-benar adalah sebuah fitur yang akan mengalahkan metode algoritma sekalipun.

Jadi tak heran jika banyak pengguna yang menggunakan fitur tersebut didalamnya. Ini adalah sebuah kesempatan untuk menjadikan bisnis yang anda miliki menjadi lebih baik dan juga banyak dikenal didalamnya.

Serta dalam beberapa waktu ke depan, ini tentunya akan bisa memberikan sesuatu yang tepat dengan lebih baik lagi didalamnya. Anda pun akan mampu mencapai hasil yang tepat dan signifikan didalamnya.

Meningkatkan Brand Awareness dan Memperbanyak Penjualan

Selain itu, hal lain yang juga akan bisa anda dapatkan dari fitur Instagram story untuk bisnis online ini adalah bagaimana nantinya akan mampu meningkatkan brand awareness yang anda miliki dengan mudah.

Pada dasarnya semua itu bisa Anda dapat apabila Anda menerapkan cara yang tepat dan bisa anda laksanakan dengan mudah. Dengan memanfaatkan Stories, Anda akan mampu memperoleh dampak yang tepat dan signifikan didalamnya.

Anda juga akan mampu mendapatkan hasil penjualan yang lebih besar dan maksimal apabila sudah memiliki followers mencapai jumlah yang lebih besar dan banyak didalamnya.

Hal ini juga akan memudahkan mereka untuk mengakses konten yang anda miliki dengan cara yang up to date didalamnya.

Membuat Orang Semakin Penasaran

Fitur Instagram story untuk bisnis online akan membuat orang semakin penasaran dengan konten behind the scene yang ada didalamnya.

Jika Instagram feed ini menjadi tempat untuk pra-produksi foto dan video yang dipoles, Stories bisa menjadi cara yang baik untuk memperlihatkan keaslian sebuah content yang muncul pada feed.

Hal ini tentunya menjadi sebuah penerapan yang tepat dan sangat penting dalam bisnis yang anda jalankan saat ini. Dengan cara tersebut, anda pun akan mampu mendapati hasil yang lebih tepat dan baik didalamnya.

Dengan Stories, brand memiliki peluang untuk membawa followers mereka ke dalam sebuah perjalanan dan menceritakan kisah di balik postingan pada feed mereka.

Teknik ini dapat digunakan oleh brand dari semua ukuran dan industri juga. Hal ini pun akan mampu memberikan anda keuntungan secara langsung dalam hal bisnis yang ada di dalamnya.

Itu dia cara download Story Instagram dengan menggunakan atau tanpa aplikasi yang bisa Anda coba. Anda juga bisa menggunakan jasa kami untuk menyusun strategi pemasaran bisnis Anda melalui Instagram.

Semoga bermanfaat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *