7 cara download video di Instagram, mudah dan praktis!

7 Cara Download Video di Instagram, Mudah dan Praktis!

Beberapa cara download video di Instagram ini bisa Anda ikuti. Apa saja caranya? Yuk simak di artikel ini sampai tuntas!

Bagaimana cara download video di Instagram? Pertanyaan ini kerap muncul saat sedang berjelajah di media sosial satu ini kemudian menemukan video yang menarik.

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial termasuk milik Instagram itu sendiri.

Instagram secara sederhana dapat didefinisikan sebagai aplikasi mobile berbasis iOS, Android dan Windows Phone dimana pengguna dapat membidik, meng-edit dan mem-posting foto atau video ke halaman utama Instagram dan jejaring sosial lainnya.

Foto atau video yang dibagikan nantinya akan terpampang di feed pengguna lain yang menjadi follower Anda. Keunikan platform ini adalah dapat digunakan untuk kepentingan pribadi, korporasi, maupun sebagai media iklan atau adsense merek dagang tertentu.

Selain itu, Instagram juga digunakan sebagai penyebar dan sumber informasi untuk kalangan tertentu. Tak heran pemasangan iklan di platform ini baik menggunakan adsense maupun menyewa jasa influencer kian marak.

GlobalWebIndex melakukan survei ini terhadap 5.650 anak berusia 13-15 tahun di 14 negara yang menggunakan media sosial. Survei dilakukan secara daring pada kuartal I-2021.

Sebanyak 58% responden yang merupakan anak berusia 13-15 tahun menggunakan Instagram setiap hari. Persentase itu menjadi yang tertinggi di antara platform lainnya.

Instagram menjadi media sosial yang sangat populer di berbagai belahan dunia karena memungkinkan penggunanya untuk berbagi konten fotografi serta mengikuti kehidupan para pesohor favorit.

Di Indonesia, jumlah pengguna Instagram hingga Juli 2021 sebesar 91,77 juta pengguna. Pengguna terbesar terdapat di kelompok usia 18 – 24 tahun yaitu 36,4%.

Instagram berada di urutan ketiga sebagai platform media sosial yang paling sering digunakan, setelah YouTube dan WhatsApp.

Secara umum, konten Instagram terbagi menjadi dua kategori yaitu foto dan video. Semua orang di seluruh dunia bisa membagikan momennya melalui media sosial satu ini.

Instagram awalnya hanya untuk mengunggah foto saja. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, konten video mulai banyak dibagikan di platform tersebut.

Fitur-fitur yang mendukung adanya konten berbentuk video juga kerap diperbarui oleh Instagram, salah satunya adalah Instagram Reels.

Fitur ini merupakan tools untuk membuat video pendek berdurasi 15 detik dilengkapi dengan audio dan efek yang akan membuat konten menjadi lebih menarik.

Instagram Reels memiliki konsep yang serupa dengan TikTok, media sosial berbasis video yang cukup populer dalam beberapa tahun belakangan ini.

Banyak kalangan mulai dari pengguna biasa hingga pejabat publik memanfaatkan Instagram Reels saat membuat video. Konten-konten itu bisa dipakai sebagai referensi untuk menciptakan konten baru.

Jika tertarik, Anda bisa lihat dan mengunduh video dari akun Instagram mereka. Sayangnya, Instagram belum menghadirkan fitur download foto dan video pada aplikasi mereka.

Hal tersebut lantaran Instagram selalu menjaga privasi para penggunanya. Padahal, dengan cara download video di Instagram, seorang pengguna dapat menghemat kuota.

Anda dapat menyimpan dan menonton video tersebut secara berulang tanpa harus terhubung ke internet.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara download video di Instagram yang bisa Anda coba untuk menyimpan konten video favorit di perangkat Anda.

Nah, simak ulasan cara download video di Instagram berikut ini!

Cara Download Video di Instagram Menggunakan Aplikasi

Cara download video di Instagram yang pertama yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bisa diunduh pada perangkat smartphone Anda.

Beberapa aplikasi di bawah ini dapat Anda temukan di Google PlayStore dan AppStore. Berikut rekomendasi cara download video di Instagram menggunakan aplikasi dari kami.

InsTake Downloader

InsTake Downloader adalah alternatif salah satu cara download video di Instagram yang mudah. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan fitur download video Instagram saja, lho.

Anda dapat membagikan, dan me-repost postingan Instagram orang lain menggunakan aplikasi InsTake Downloader.

Aplikasi ini bisa Anda temukan di PlayStore, dan dapat digunakan bagi pengguna perangkat dengan sistem operasi Android.

Selain itu, ukuran aplikasi ini juga tergolong ringan, hanya sebesar 3 MB saja. Hal tersebut tentu akan menguntungkan karena tidak akan memakan banyak tempat di ruang penyimpanan perangkat Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah download instal aplikasi InsTake Downloader terlebih dahulu. Anda bisa mengunduhnya melalui link berikut ini InsTake Downloader

Setelah itu buka aplikasi Instagram, kemudian pilih video yang ingin diunduh.

cara download video di instagram

Jika sudah, klik ikon tiga titik yang berada di pojok kanan atas postingan, kemudian klik Copy Link.

2

Setelah itu, buka aplikasi InsTake Downloader. Link video yang sudah disalin akan otomatis terpasang di aplikasi tersebut. Kemudian klik Download.

3

Aplikasi ini tidak hanya dapat mengunduh video yang diposting di feed saja, lho. Anda dapat mengunduh video Instastory, IGTV, bahkan Reels menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, InsTake Downloader dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis tanpa perlu berlangganan

Downloader for Instagram

Aplikasi selanjutnya adalah Downloader for Instagram. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengunduh foto dan video yang diinginkan dari Instagram.

Tidak hanya itu, Downloader for Instagram juga menyediakan fitur untuk menyimpan, me-repost, dan bisa dipakai untuk lebih dari satu akun.

Downloader for Instagram dapat Anda unduh melalui PlayStore. Aplikasi ini memiliki rating yang cukup bagus, yaitu 4,7. Selain itu, ukurannya yang hanya 7,9 MB merupakan salah satu keunggulan aplikasi ini.

Pertama, unduh dan instal aplikasi Downloader for Instagram di PlayStore. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat mengunjungi link berikut ini Downloader for Instagram

Aplikasi tersebut tersedia secara gratis sehingga Anda tidak perlu membayar biaya berlangganan. Jika sudah, buka aplikasi Instagram dan tentukan video yang ingin diunduh.

Setelah itu, klik ikon tiga titik yang terletak di pojok kanan, kemudian pilih Copy Link untuk menyalin link video yang ingin diunduh.

Langkah selanjutnya, buka aplikasi Downloader for Instagram. Link video yang sudah Anda salin akan terinput otomatis di kolom yang tersedia. Setelah itu, proses download video akan berjalan secara otomatis.

4

Tunggu beberapa saat hingga proses download selesai, dan video tersebut akan tersimpan di perangkat Anda secara otomatis.

FastSave

Rekomendasi aplikasi selanjutnya sebagai salah satu alternatif cara download video di Instagram adalah FastSave. Dengan menggunakan aplikasi ini, mengunduh video dari Instagram menjadi lebih mudah.

Sebelum menggunakan cara ini, pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi FastSave terlebih dahulu. Anda dapat mengunduhnya melalui link berikut ini FastSave

Jika sudah, pilih terlebih dahulu video di Instagram yang akan diunduh. Kemudian salin link video tersebut dengan memilih opsi Copy Link. Selanjutnya, buka aplikasi FastSave.

Link video yang sudah disalin akan otomatis terpasang di kolom yang tersedia. Anda hanya perlu menekan tombol Download, dan video tersebut akan diunduh dan tersimpan di perangkat Anda.

QuickSave

Rekomendasi aplikasi yang terakhir untuk cara download video di Instagram menggunakan aplikasi adalah QuickSave. Kelebihan aplikasi QuickSave adalah ukurannya yang relatif ringan, yaitu 5,6 MB saja.

Selain itu, tampilan QuickSave juga dinilai user friendly, sehingga mudah digunakan oleh pengguna bahkan yang masih pemula sekalipun.

Tidak hanya itu, QuickSave juga dilengkapi fitur tambahan seperti download foto, membagikan, dan me-repost postingan Instagram.

Langkah pertama, Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui PlayStore atau bisa menggunakan link berikut yang kami sediakan QuickSave

Jika sudah, sama seperti cara download video di Instagram sebelumnya, tentukan video yang akan didownload dan salin tautan video tersebut.

Selanjutnya, buka aplikasi QuickSave yang sudah Anda unduh. Tautan tersebut akan terinput secara otomatis dan video yang ingin Anda download akan muncul.

Beberapa pilihan menu akan ditampilkan, untuk mengunduh video, klik ikon Download. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai.

Nah, video Anda akan tersimpan secara otomatis di perangkat smartphone Anda.

Secara singkat, langkah dan proses download video di Instagram yang menggunakan bantuan aplikasi hampir serupa. Anda harus menyalin tautan video yang akan diunduh terlebih dahulu, lalu membuka aplikasi pengunduh.

Cara Download Video di Instagram Tanpa Aplikasi

Apabila Anda enggan mengunduh aplikasi tambahan di perangkat Anda, maka cara satu ini bisa menjadi alternatif Anda untuk mengunduh video di Instagram.

Cara download video di Instagram satu ini akan mengandalkan situs penyedia layanan download video Instagram yang banyak tersedia di internet.

Jika Anda mencarinya di mesin pencari Google, akan muncul banyak situs penyedia layanan download video Instagram yang bisa dipilih. Cara ini terbilang cukup praktis, karena Anda tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

Beberapa situs penyedia layanan download video Instagram yang kami rekomendasikan bisa Anda akses melalui perangkat komputer, laptop, smartphone, dan tablet milik Anda.

Dredown

Rekomendasi situs penyedia layanan download video Instagram yang pertama yaitu Dredown. Selain untuk mengunduh video Instagram, situs ini ternyata menyediakan beragam fitur lainnya.

Anda dapat mengunduh video dari berbagai platform mulai dari Youtube, Facebook, Twitter, Twitch, dan masih banyak lagi. Caranya pun mudah.

Pertama, pilih terlebih dahulu video yang ingin Anda unduh. Kemudian klik ikon tiga titik di pojok kanan atas postingan, kemudian pilih menu Copy Link.

Selanjutnya, buka halaman Dredown di alamat berikut ini https://www.dredown.com/ melalui browser di perangkat Anda. Setelah itu, tempel tautan video yang sudah disalin sebelumnya pada kolom yang tersedia.

5

Kemudian klik tombol Dredown yang ada pada sebelah kanan kolom. Selanjutnya, klik tombol yang berisi format dan ukuran video. Proses download akan berjalan, tunggulah beberapa saat.

Jika sudah, video tersebut akan tersimpan di folder Download di perangkat Anda.

SnapInsta

Opsi lainnya yang bisa Anda gunakan adalah SnapInsta. Mengunduh video Instagram menggunakan situs ini juga cukup mudah. Tidak hanya video, Anda juga bisa mengunduh video Instastory, Reels, dan IGTV menggunakan SnapInsta.

Langkah pertama, tentukan video yang ingin Anda unduh. Klik ikon tiga titik yang berada di pojok kanan atas postingan, kemudian pilih menu Copy Link.

Selanjutnya, buka halaman SnapInsta https://snapinsta.app/id pada browser di perangkat Anda. Tempelkan tautan video yang sudah disalin sebelumnya pada kolom yang tersedia di halaman utama situs dan klik Download.

6

Situs akan memproses video tersebut dalam beberapa saat. Untuk mengunduh video, scroll ke bawah halaman hingga Anda menemukan video yang ingin diunduh. Klik tombol Download Video.

Nah, video tersebut akan diunduh dan tersimpan pada perangkat Anda.

Savefrom.net

Situs penyedia layanan download video Instagram selanjutnya adalah Savefrom.net. Situs ini mungkin sudah familiar bagi beberapa orang. Tidak hanya video, situs ini juga bisa digunakan untuk mengunduh Audio.

Savefrom.net cukup populer digunakan untuk mengunduh audio maupun video dari berbagai platform mulai dari Instagram, Youtube, Twitter, Vimeo, Vine, dan masih banyak lagi.

Situs ini mendukung video yang memiliki format MP4 dengan kualitas SD, HD, sampai 4K. Tidak hanya itu, Safefrom.net bisa dipakai di berbagai browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan lainnya.

Situs ini juga mudah dioperasikan. Untuk mengunduh video di Instagram, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi atau situs Instagram. Tentukan video yang ingin Anda unduh.

Jika sudah, klik ikon tiga titik yang terletak di pojok kanan atas postingan, kemudian pilih menu Copy Link untuk menyalin tautan video. Setelah itu, buka halaman Savefrom.net di https://id.savefrom.net/26/

7

Selanjutnya, tempelkan tautan yang sudah Anda salin sebelumnya pada kolom yang tersedia. Situs tersebut akan memproses tautan secara otomatis, kemudian video yang ingin Anda unduh akan muncul di bawah kolom.

Untuk mengunduh video, klik tombol Download MP4 yang ada pada sebelah kanan thumbnail video. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai, dan video Anda akan tersimpan di perangkat Anda.

8

Nah, itu dia beberapa cara download video di Instagram yang bisa Anda gunakan untuk mengunduh video favorit Anda dari Instagram. Mudah dan praktis bukan?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *