Yuk Belajar Cara membuat filter Instagram

Yuk Belajar Cara Membuat Filter Instagram Story yang Mudah!

Ingin tahu cara membuat filter Instagram sendiri? Yuk, ikuti langkah pembuatannya! Ternyata mudah, loh!

Tahukah Anda cara membuat filter Instagram? Fitur Instagram yang satu ini memang banyak digunakan. Tidak hanya itu, banyak pula creator yang membuat filter Instagram sendiri.

Instagram adalah salah satu platfrom media sosial yang cukup besar. Instagram termasuk media sosial paling populer. Jumlah penggunanya hampir merata di setiap negara.

Menurut data terakhir, jumlah pengguna aktif Instagram per kuartal pertama 2021 mencapai 1,07 miliar pengguna. Dengan begitu pantas saja apabila Instagram ini termasuk salah satu media sosial terbesar saat ini.

Terdapat berbagai macam fitur menarik di Instagram. Contohnya saja yang terbaru ada Instagram Reels, yang mana dengan adanya fitur ini maka memungkinkan anda untuk membuat video pendek dengan durasi 15 detik.

Secara sekilas mungkin mirip TikTok. Kita juga bisa menambahkan berbagai macam efek atau filter dalam video tersebut. Terlepas dari itu semua, filter Instagram merupakan yang menjadi pembeda antara aplikasi Instagram dengan yang lainnya.

Saat ini banyak sekali filter Instagram yang bisa Anda gunakan saat memakai aplikasi tersebut. Bisa dikatakan, banyak sekali kreator filter Instagram yang sangat kreatif mengembangkan ide.

Apakah Anda tertarik dengan cara membuat filter Instagram? Jika filter buatan Anda banyak digunakan oleh orang lain, tentu akan berpengaruh pula terhadap performa akun Instagram Anda.

Nah, sebelum mengetahui cara membuat filter Instagram sendiri, Anda dapat menyimak beberapa penjelasan berikut ini.

cara membuat filter instagram

Apa Itu Filter Instagram?

Mengetahui tentang apa itu filter Instagram tentu tidak ada salahnya sebelum beranjak pada pembahasan mengenai cara membuat filter Instagram.

Filter Instagram adalah sebuah efek penggabungan antara video real dengan virtual. Fitur ini dapat Anda pergunakan pada menu Insta Story atau Instagram Reels. Instagram filter bisa juga disebut sebagai Instagram AR (augmented reality) Filter.

Dengan menerapkan efek ini Anda bisa mendapatkan video yang lebih menarik lagi. Filter augmented reality atau AR adalah efek yang dihasilkan komputer pada gambar kehidupan nyata yang ditampilkan kamera Anda. 

Di Instagram Stories, filter AR mengubah gambar yang ditampilkan pada kamera depan atau belakang Anda. Contohnya filter wajah di Instagram. 

Misalnya, filter anak anjing akan menempatkan telinga dan hidung anjing di atas gambar wajah Anda. Efek digital itu bergerak bersama Anda saat Anda bergerak.

Namun perlu Anda ingat bahwa filter AR Instagram berbeda dari filter preset yang disediakan Instagram. Filter preset Instagram akan meningkatkan kualitas foto dalam satu klik.

Sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengedit foto. Sebaliknya, filter AR Instagram adalah elemen interaktif yang hanya ada untuk Instagram Stories.

Instagram filter pertama kali muncul pada tahun 2017. Awalnya, hanya tim kreatif dari Instagram saja yang dapat membuat filter ini.

Setelah itu, pada Konferensi F8 pada Mei 2019, Facebook mengumumkan bahwa siapa pun dapat membuat filter AR khusus menggunakan platfrom Spark AR Studio. 

Platform baru ini memungkinkan pengguna untuk membuat efek augmented reality asli untuk Instagram Stories, Facebook Stories, Messenger, dan Portal.

Sebelum platform ini menjadi publik pada Agustus 2019, pengguna Instagram harus diundang untuk menggunakan Spark AR. Itu berarti hanya pengguna Instagram tertentu yang dapat merancang dan menerbitkan filter AR khusus. 

Sekarang, siapa pun yang mengunduh Spark AR Studio dapat berkreasi dengan filter. Sangat mudah bagi pengguna Instagram untuk menemukan letak filter ini. 

Siapa pun yang mengunjungi profil Instagram brand Anda dapat mengeklik ikon wajah. Semua filter AR yang Anda buat akan dikompilasi di sini.

Selain itu, pengguna Instagram juga dapat menemukan filter buatan kreator lainnya di Effect Gallery. Namun, postingan brand tertentu atau promosi tidak akan ditampilkan di sini.

Bagi mereka yang aktif dalam media sosial ini, tentunya membagikan Insta Story merupakan suatu hal kewajiban. Karena dengan begitu, maka secara tidak langsung akan membuat orang merasa tertarik dan akhirnya mengikuti akun tersebut.

Perlu diketahui juga, Instagram tidak membayar akun untuk membuat filter baru. Setiap kali seseorang menggunakan filter Instagram yang disesuaikan, maka nama akun kreatornya akan ditunjukkan di bagian atas.

manfaat

Manfaat Filter Instagram

Meskipun filter Instagram mungkin bukan alat yang tepat untuk digunakan sebagai strategi pemasaran semua jenis bisnis, tetapi fitur yang satu ini adalah opsi yang bagus untuk brand yang ingin mencoba menjangkau individu yang lebih muda di Instagram.

Anda perlu mengingat bawha 67% dari semua pengguna Instagram berusia antara 18 hingga 29 tahun. Selain itu, sebanyak sepertiga dari Instagram Storeis yang paling banyak dilihat adalah berasal dari bisnis. 

Berikut ini adalah beberapa contoh bagaimana filter Instagram dapat dimanfaatkan oleh brand Anda.

Menunjukkan Brand Personality

Filter Instagram AR yang dibuat secara custom atau menyesuaikan bisnis Anda akan mencerminkan citra brand Anda, terutama jika citra tersebut menyenangkan atau ceria.

Fitur tersebut juga bisa digunakan untuk menunjukkan bagian unik dari brand atau bisnis Anda, sehingga dapat membantu bisnis Anda terlihat lebih menonjol dari pesaing Anda.

Terhubung dengan Konsumen

Berdasarkan data yang dirilis oleh Instagram Bisnis pada tahun 2019, lebih dari 500 juta akun terlibat dengan Instagram Stories setiap hari. Selain itu, persentase pengguna yang mengikuti akun bisnis di Instagram mencapai 90%.

Disebutkan pula bahwa 60% bisnis yang menggunakan Instagram Stories menggunakan elemen interaktif untuk meningkatkan keterlibatan audiens atau pengikut setiap bulannya.

Salah satu elemen interaktif yang dimaksud adalah filter Instagam. Fitur filter Instagram AR khususnya yang dibuat sendiri adalah elemen interaktif terbaru untuk Instagram Stories.

Menjadi Lebih Unggul

Filter Instagram AR yang dibuat secara custom meskipun bukan merupakan fitur baru, namun belum semua brand di Instagram menggunakannya.

Sebagai contoh ide, Anda dapat membuat filter Instagram AR bagi konsumen untuk “mencoba” produk Anda sebelum melakukan pembelian atau “memakai” item pakaian yang ditawarkan brand Anda.

Contohnya pada akun Instagram MAC Cosmetic, Anda akan menemukan filter yang memungkinkan pengguna untuk mencoba produk bulu mata, eyeshadow, dan lipstik yang berbeda.

Bukan hanya untuk promosi diri, Anda juga dapat membuat filter untuk brand Anda untuk menunjukkan dukungan Anda pada tujuan sosial.

Meningkatkan Brand Awareness

Anda juga bisa menggunakan filter Instagram sebagai salah satu cara untuk membangun kesadaran merek atau brand awareness terhadap perusahaan Anda.

Misalnya dengan menggabungkan logo atau maskot brand Anda ke dalam filter Instagram AR. Dengan begitu, calon konsumen atau pengikut baru dapat mengetahui infromasi atau identitas brand Anda.

Jika filter yang Anda buat tidak bersifat promosi, filter tersebut dapat ditampilkan di Effect Gallery Instagram dimana siapa pun (termasuk pengikut baru) dapat menemukannya.

Saat pengguna berbagi selfie menggunakan filter Anda, pengikut mereka (dan calon pengikut baru) akan mengetahui tentang brand Anda. Pengguna yang tertarik kemudian akan ikut mencoba filter tersebut.

Saat melihat filter Instagram AR untuk Instagram Stories, ada tombol Try It di sisi kiri bawah layar. Pengguna dapat menyimpan filter untuk digunakan nanti dengan menekan ikon Save yang terletak pada posisi pertama di sisi kanan bawah layar.

Cara Membuat Filter Instagram

Pada pembahasan sebelumnya, telah dijelaskan bahwa cara membuat filter Instagram adalah dengan menggunakan platform bernama Spark AR Studio.

Spark AR Studio adalah platform tempat proses pembuatan filter AR Instagram berlangsung. Tim Spark AR telah melakukan sebagian besar pekerjaan dalam membuat filter untuk Anda. 

Ketika Facebook membuat Spark AR terbuka untuk umum, ia juga meluncurkan komunitas pembuat konten untuk membantu anggotanya membuat filter AR. 

Ada banyak tutorial dan materi resmi di platform Spark AR yang akan sangat membantu pemula. Berikut ini adalah cara membuat filter Instagram yang bisa Anda ikuti.

Download Spark AR Studio

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh Spark AR Studio. Download dan install Spark AR Studio versi paling terbaru di komputer atau laptop. Instal juga aplikasinya di smartphone.

Kemudian, masukkan akun Facebook yang aktif untuk mengaksesnya. Selanjutnya, buka aplikasi Spark AR Studio di komputer. Hubungkan smartphone dan komputer melalui kabel USB. Fungsinya adalah untuk menguji filternya di smartphone.

Ketika Anda membuka aplikasi Spark, Anda akan melihat beragam template proyek yang bisa Anda gunakan untuk berkreasi membuat filter Instagram.

Atur Koordinat Wajah

Jika sudah membuka aplikasi Spark, kemudian, klik tombol Create New di sudut kanan bawah jendela aplikasi untuk membuat filter yang baru. Jika ingin mengedit filter yang sudah dibuat sebelumnya, klik Open.

2

Nah, salah satu fungsi terpenting dalam membuat filter Instagram, adalah menemukan wajah dalam bingkai dan menentukan koordinat yang tepat.

Untuk itu, Anda perlu menambahkan tracker dengan klik Add kemudian Scene Understanding lalu Face Tracker. Fungsinya adalah untuk mendeteksi wajah dan gerakan.

1

Selanjutnya, klik Add kemudian 3D Objects lalu Face Mesh.

3

kemudian program akan memilih wajah dalam bingkai dan membuat topeng kotak-kotak. Nah, Anda dapat menyesuaikan bentuk topeng dengan menyeret panah sumbu.

Bentuk ini berupa objek 3D, sehingga pada bagian tertentu terdapat lapisan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda dapat mengubah menyesuaikan komponen yang diinginkan.

Misalnya, menghapus centang pada Eyes atau Mouth agar filter benar-benar menutupi mata atau mulut. Jika sudah tepat, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

4

Mengatur Warna

Jika Anda merasa koordinat wajah sudah tepat, Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu mengatur warna pada filter. Gunakan opsi Face Mesh di bagian Scene.

Kemudian, pilih Create New Material sehingga materialnya akan muncul di panel Assets. Anda dapat mengklik di atasnya dan mencoba mengubah peraturan, misalnya ingin mengubah warna.

5

Selain warna, Anda juga bisa menambahkan objek, efek-efek khusus, tekstur, gambar, dan lainnya yang tersedia pada aplikasi tersebut sesuai kreativitas.

Anda juga dapat menyiapkan file di Adobe Photoshop jika gambar atau objek yang diinginkan tidak tersedia dalam platform ini. Jangan lupa untuk mengkonversikan file ke format png sebelum mengimpor.

Perhatikan Ukuran File

Pada tahap ini, filter Anda sudah selesai dibuat namun masih dalam bentuk raw atau mentah. Jika sudah selesai membuat file mentahnya, langkah selanjutnya adalah Anda dapat menguji filter pada smartphone.

Caranya dengan klik tombol Mirror di sudut kanan atas program Spark AR Studio. Nah, hal yang harus Anda perhatikan pada tahap ini adalah ukuran file sebaiknya tidak melebihi 20 MB.

Sebab, apabila lebih dari ukuran tersebut, maka filter tidak akan berfungsi atau error.

Simpan Filter

Langkah terakhir dalam cara membuat filter Instagram yaitu menyimpan filter yang sudah Anda buat. Simpan filter tersebut ke dalam komputer. Lalu, buka Spark AR Center untuk mengunggah filter yang sudah dibuat.

Anda perlu mendaftar untuk menggunakan versi beta, sehingga filternya dapat digunakan oleh orang lain. Setelah verifikasi berhasil, filter akan tersedia untuk pengikut.

Nah, menariknya, filter ini dapat diunggah tidak hanya di Instagram tetapi juga di Facebook. Tetapi Anda hanya bisa memilih salah satu platform diantara keduanya untuk mengunggah filter.

Cara Publish Filter Instagram

Setelah mengetahui cara membuat filter Instagram, lalu bagaimana agar filter tersebut dapat diunggah ke Instagram dan digunakan oleh orang lain? Begini caranya.

Ekspor File Filter Instagram

Dari menu file, pilih Export, jika semua kotaknya sudah berwarna hijau dan dicentang. Selanjutnya, pilih lokasi penyimpanan yang mudah untuk ditemukan. Kemudian, pilih .arexport sebagai jenis file.

Buka browser web dan pastikan Anda sudah masuk ke akun Facebook / Instagram, tempat Anda ingin mempublikasikan filternya. Ingat, Anda hanya dapat memilih salah satu saja.

Arahkan ke https://www.facebook.com/sparkarhub/ Selanjutnya, akan muncul layar intro. Anda dapat mencentang kotak untuk melewati halaman ini.

1

Di kanan atas, klik tombol Upload Effect. Setelah itu, pilih platform (Facebook atau Instagram) yang diinginkan dan berikan nama filter. Kemudian, klik tombol Next di bagian bawah layar.

2

Di bagian Effect Icon, Anda dapat menentukan gambar sebagai ikon filter di Instagram. Di bagian Explorer atau Finder, Anda dapat menemukan file yang Anda ekspor sebelumnya.

Arahkan ke bagian Effect File, lalu pilih Upload dan Continue. Kemudian, verifikasi informasi yang muncul dengan klik Continue.

3

Tes Filter yang Sudah Dibuat

Anda sekarang telah mengunggah filter dan filter tersebut sedikit lagi siap untuk digunakan. Anda hanya perlu melakukan beberapa pengujian atau tes terlebih dahulu. 

Pada halaman berikutnya, Anda akan disambut dengan dua opsi: Preview in the app dan Get a preview link. Perbedaan keduanya adalah Preview in the app akan memungkinkan Anda menguji filter selama 60 menit dari akun yang saat ini Anda masuki. 

Sedangkan opsi Get a preview link akan memberi Anda tautan yang dapat Anda kirim ke teman, keluarga, atau rekan kerja sehingga mereka dapat menguji filter Anda.

Namun filter tersebut hanya dapat digunakan 200 kali dalam satu hari. Anda juga dapat mengirim tautan pratinjau tersebut ke diri Anda sendiri melalui email, chat, atau yang lainnya.

4

Publish Filter Instagram

Nah, jika Anda sudah siap untuk memublikasikan filter baru tersebut, berikut adalah langkah selanjutnya setelah mempraktekkan cara membuat filter Instagram.

Tekan tombol Next Step di bagian bawah layar. Namun jika Anda meninggalkan halaman sebelumnya, tidak perlu khawatir. Anda dapat menemukannya dengan mudah dengan kembali ke facebook.com/sparkarhub .)

Tentukan kategori yang dirasa cocok dan sesuai untuk filter tersebut. Hal ini akan membantu filter Anda ditemukan oleh pengguna baru atau yang bukan pengikut Anda berdasarkan kategorinya.

Ingat tautan pratinjau yang sebelumnya Anda kirim sendiri? Klik tautan pratinjau tersebut melalui smartphone Anda, kemudian ambil video singkat tentang bagaimana efek Anda beraksi dengan Instagram. 

Video demo ini akan menunjukkan kepada orang-orang apa yang dilakukan filter Anda tanpa harus mengunduhnya. Setelah Anda puas dengan videonya, pastikan file tersebut dapat diakses di komputer Anda.

Nah, kembali ke komputer Anda. Seret dan lepas video ke bagian Demo Video pada kotak yang tersedia di halaman berikut ini. Setelah itu tekan Next.

5

Pilih kapan filter Anda akan ditayangkan. Anda dapat memulainya segera setelah disetujui, atau menetapkan tanggal mulai dan berakhir. Tekan Next.

Pada halaman Review Information, ketik penjelasan singkat mengenai filter Anda atau bagaimana cara kerjanya. Informasi ini hanya untuk tujuan peninjauan dan tidak untuk umum.

6

Tekan Next dan Anda akan dapat meninjau semua yang telah Anda lakukan sejauh ini. Pastikan semuanya benar dan tekan Submit for review di bagian bawah halaman. 

7

Peninjauan ini akan membutuhkan waktu sekitar satu hari kerja, tetapi berpotensi membutuhkan waktu lebih lama.

Selamat, filter Anda sudah selesai! Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah menunggu filter Anda disetujui. Jika ya, teman dan pengikut Anda akan dapat menemukan filter Anda di aplikasi.

Nah, itu dia cara membuat filter Instagram dan mengunggahnya di media sosial Anda. Buatlah filter yang menarik agar orang-orang tertarik dengan akun Anda.

Untuk mengetahui tips berbisnis melalui media sosial lainnya, Anda bisa mengunjungi halaman Social Media Marketer. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *