siapa saja yang dapat verified instagram

8 Cara Manfaatkan Instagram Business Untuk Jualan Online

Promosikan produk anda dengan mudah dan lebih profesional dengan akun Instagram Business dan juga berbagai fitur yang dimiliki.

Instagram saat ini tidak hanya menjadi tempat yang cocok untuk mengetahui kabar seseorang atau sarana ekspresi diri dengan mengunggah berbagai foto diri di akun yang dimiliki.

Namun lebih dari itu, Instagram saat ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk promosi bisnis dengan lebih profesional menggunakan Instagram Business.

Dengan menggunakan akun Instagram Business tentunya pengguna bisa mendapatkan berbagai fitur yang tidak bisa di temukan ketika menggunakan akun instagram pribadi.

Meskipun begitu, banyak juga pengguna akun instagram business yang belum memanfaatkan fitur yang di berikan secara maksimal.

Karenanya sebelum menggunakan akun Instagram Business berikut beberapa keuntungan dan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki

manfaat instagram business

Manfaat Instagram Business Untuk Jualan Online

Berawal dari social media yang khusus menyajikan hasil fotografi dari penggunanya kini kegunaan Instagram sudah bergeser menjadi tempat jual beli dan promosi.

Hal ini dikarenakan Instagram memiliki pengguna aktif dan juga berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat konten promosi yang menarik.

Melihat pergeseran ini tentunya Instagram menyesuaikan diri dengan merilis fitur Instagram Business yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mempromosikan bisnis yang sedang dikembangkan.

Dengan adanya fitur Instagram Business tentunya pengguna akan mendapatkan berbagai layanan yang tidak ditemukan di aku Instagram pribadi.

Jangkauan Instagram Business yang Luas

Siapa disini yang belum memiliki akun instagram? sebagai salah satu social media terkenal tentunya semua orang saat ini mempunyai setidaknya satu akun Instagram pribadi.

Tak jarang pula seseorang dapat terhubung lagi dengan teman lama hanya dengan mencarinya melalui akun Instagram yang dimiliki.

Sehingga tidak heran bila seseorang memiliki pengikut Instagram yang terdiri dari teman lama, saudara dekat, relasi, atau rekan kerja.

Banyaknya pengguna Instagram saat ini tentunya bisa di jadikan keuntungan sendiri bagi penjual untuk mempromosikan bisnisnya secara luas.

Namun guna menarik konsumen agar tertarik ke produk yang dijual tentunya di butuhkan strategi promosi yang tepat dengan menggunakan konten instagram dan juga promosi yang tepat.

Tersedia Fitur Instagram Shopping Untuk Jual Beli

Saat ini pengguna Instagram tidak hanya bisa melihat berbagai konten yang tersedia di timeline Instagram yang dimiliki.

Namun lebih dari itu, pengguna juga bisa membeli langsung produk kesukaan dari brand yang disukai dengan mudah melalui layanan Instagram Business.

Dengan dirilisnya fitur Instagram Shopping, penjual bisa dengan mudah menjual produknya ke pengikut yang dimilki atau pengguna Instagram lainnya.

Sehingga pengguna tidak perlu mengunjungi akun market place untuk berbelanja dan cukup membeli melalui Instagram Shopping yang tentunya akan lebih menghemat waktu.

Hal ini tentunya akan membantu meningkatkan pendapatan penjual dan juga memudahkan barang yang dijual untuk lebih cepat laku.

Instagram Shopping sendiri juga memiliki berbagai fitur yang memudahkan pembeli untuk melihat barang yang dijual sehingga meningkatkan pengalaman berbelanja dengan mudah.

Tentu saja fitur dari Instagram Shopping ini baru bisa diakses ketika pengguna menggunakan layanan Instagram Business.

Cocok Untuk Pengembangan Bisnis

Saat membuka akun Instagram pribadi tentunya pengguna hanya bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia untuk mengkespresikan diri melalui foto dan juga video.

Hal ini tentu saja berbeda apabila anda menggunakan akun khusus Instagram Business yang memiliki banyak fitur yang mendukung untuk pengembangan bisnis dan juga produk yang dijual.

Beberapa fitur dari Instagram Business yang tidak dimiliki oleh akun Instagram pribadi adalah adanya layanan instagram ads, Instagram shopping, dan juga insight instagram.

Dengan menggunakan layanan instagram ads maka pengguna bisa mempromosikan akun instagram business yang dimiliki sehingga bisa menjangkau konsumen yang sesuai dengan target pasar yang dituju.

Promosi ini nantinya juga akan membantu untuk meningkatkan jumlah pengikut akun instagram business yang dimiliki juga mengenalkan produk ke pengguna instagram lainnya.

Setelah konsumen tertarik dengan produk yang di promosikan melalui Instagram ads maka bisa memulai melihat produk yang dijual melalui katalog yang tersedia di instagram shopping.

Konsumen juga bisa langsung membeli barang yang diincar dengan mudah dan cepat melalui layanan instagram shopping sehingga tidak perlu mampir ke akun market place untuk mencari barang yang di inginkan.

Tak hanya melakukan promosi produk, penjual juga sebaiknya mengecek performa akun yang dikembangkan secara terukur dengan cara melihatnya melalui Instagram Insight.

Rancang Strategi Pemasaran dengan Insight Instagram

Banyaknya kompetitor yang mempromosikan bisnisnya melalui Instagram tentunya membuat anda harus memasang strategi yang tepat agar akun Instagram anda dilirik oleh konsumen.

Tidak hanya melakukan promosi melalui iklan berbayar dan juga membuat konten untuk menyebarkan produk yang dimiliki namun pengguna juga sebaiknya mengetahui jenis konten yang disukai dan juga waktu unggah postingan yang tepat.

Salah satu mengetahuinya adalah dengan menganalisa performa akun Instagram dari halaman insight.

Melalui layanan ini tentunya akan memudahkan pengguna untuk melihat target konsumen berdasarkan range usia serta impresi dari setiap konten yang di unggah sehingga pengguna dapat mengetahui konten apa saja yang bisa dikembangkan lebih lanjut.

Layanan Insight ini juga menyediakan hasil dari performa Instagram dalam bentuk grafik dan juga angka sehingga memudahkan untuk mengetahui apakah terdapat kenaikan atau penurunan dari konten tertentu.

fitur instagram business

Fitur-fitur Keren di Instagram Business

Saat menggunakan akun instagram business tentunya pengguna akan disajikan berbagai macam fitur baru yang terntunya akan membantu dalam pengembangan bisnis yang dimiliki.

Instagram business sendiri juga terus berinovasi untuk mengeluarkan berbagai konten yang tentunya dapat membantu dalam menyajikan konten yang menarik yang bisa digunakan secara maksimal oleh penggunanya.

Dengan memaksimalkan penggunaan fitur di instagram business tentunya akan memudahkan konsumen untuk mengetahui lebih dalam mengenai produk yang dijual sehingga membantu untuk meningkatkan penjualan.

Karenanya berikut beberapa fitur dari akun instagram business yang bisa digunakan oleh pelaku usaha agar bisnis yang dimiliki bisa dipromosikan secara maksimal.

Kontak dan Alamat Usaha di Biodata Instagram Business

Salah satu keuntungan dari menggunakan akun Instagram Business adalah tersedianya kolom untuk menaruh kontak dan alamat usaha yang dimiliki.

Hal ini tentunya bisa menaikkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis anda karena terdapat kontak dan juga alamat toko yang bisa dikunjungi.

Pengguna bisa mencantumkan kontak perusahaan atau customer service yang bisa di hubungi sehingga memudahkan konsumen apabila terdapat komplais terhadap barang yang dipesan.

Selain itu, terdapat juga kolom alamat dimana pengguna bisa memasukkan alamat toko atau perusahaan yang bisa dikunjungi pada waktu yang telah ditentukan.

Uniknya lagi pengguna juga bisa mencantumkan alamat perusahaan yang terhubung dengan Google Maps sehingga memudahkan konsumen untuk datang ke toko anda.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi pengguna yang memiliki offline store agar konsumen anda bisa berbelanja ke toko anda dengan mudah.

Fitur Auto Reply Untuk Balas Pesan Secara Cepat

Banyaknya konsumen yang dimiliki terkadang tidak memungkinkan bagi pengguna untuk membalas satu persatu pesan yang masuk secara tepat waktu sehingga membutuhkan waktu bagi konsumen untuk menunggu balasan dari penjual.

Durasi yang lama dalam membalas pesan tentunya akan membuat konsumen kesal karena keluhan yang dikirimkan tidak kunjung dilayani atau penjual yang ingin menanyakan barang tertentu urung untuk membeli produk tertentu.

Masalah ini tentunya juga akan merugikan penjual karena dapat mengurangi jumlah pelanggan potensial yang dimiliki sehingga berpengaruh pada omzet penjualan.

Karenanya agar konsumen tidak menunggu terlalu lama maka penjual bisa mengaktifkan layanan auto reply yang ada di Instagram business.

Adanya fitur ini akan membantu penjual untuk memberikan pesan pembuka sehingga membuat pembeli merasa disambut dengan baik.

Tak hanya itu, apabila konsumen memberikan kata kunci mengenai produk tertentu fitur auto reply tentunya akan membalas pesan lebih cepat sehingga tidak perlu menunggu konfirmasi dari penjual.

Layanan ini tentunya akan menghemat waktu penjual sehingga tidak perlu menghabiskan waktu untuk membalas pesan yang bisa dijawab oleh layanan auto reply.

Jual Produk Melalui Instagram Shopping

Berbelanja sambil scrolling timeline instagram kini bisa dilakukan bersamaan secara mudah dan cepat melalui layanan shopping yang ada di instagram business.

Fitur ini dirilis di tahun 2020 dan mendapatkan apresiasi positif dari penjual karena memudahkan untuk melakukan jual beli secara online dan membuka peluang untuk menambah penghasilan dari instagram Business.

Layanan Instagram Shopping sendiri memiliki berbagai fitur khusus yang dapat membantu menaikkan penjualan diantaranya instagram shopping tag, katalog produk, instagram shopping ads, product launches, dan juga live shopping.

Saat anda mengunggah postingan produk di akun instagram business yang dimiliki tentunya pengguna juga bisa mencantumkan harga barang yang dijual.

Keterangan ini nantinya akan membantu konsumen untuk mengetahui harga barang yang diincar sebelum memutuskan untuk membeli barang tersebut.

Namun, meski penjual belum tertarik dengan produk yang ditawarkan namun penjual juga bisa melihat-lihat terlebih dahulu produk yang dijual yang dijual melalui katalog produk.

Dengan bantuan dari Instagram shopping tentunya penjual bisa memasukkan berbagai barang jualan melalui katalog secara mudah dengan keterangan produk yang berisi kesediaan barang dan lain sebagainya.

Apabila penjual ingin melakukan campaign khusus pada barang yang dijual maka anda juga bisa melakukan hitung mundur perilisan produk sehingga memberikan pengumuman khusus bagi konsumen anda untuk berbelanja produk yang baru saja dirilis.

Penjual juga tidak perlu takut apabila barang yang dijual tidak menjangkau pembeli dengan baik karena anda bisa mempromosikan toko anda melalui fitur Instagram Shopping ads dengan mudah serta berbagai pilihan harga iklan.

Perluas Jangkauan Konsumen dengan Instagram Ads

Saat memulai membuka akun Instagram Business tentunya penjual belum memiliki banyak pengikut sehigga memerlukan promosi akun secara cepat dan juga menyasar konsumen yang tepat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan promosi berbayar melalui instagram ads.

Dengan fitur ini pengguna bisa mengiklankan akun yang dimiliki ke pengguna Instagram lainnya dengan bantuan instagram story sehingga bisa lebih menjangkau konsumen yang lebih luas dan bertarget.

Hal ini karena pengguna instagram business bisa mengatur konsumen yang akan dituju dan juga jumlah penayangan iklannya sehingga bisa mengatur budget sesuai keinginan.

Kenalkan Bisnis Melalui Branded Hastag

Guna mengembangkan persona dan juga ciri khas pada akun instagram business yang dikembangkan maka salah satu cara yang bisa dikembangkan adalah dengan membuat hastag branded.

Dengan adanya hastag ini pengguna bisa memberikan identitas pada setiap konten yang diunggah sehingga memudahkan konsumen anda untuk mencari produk tertentu di Instagram.

Hal ini dikarenakan saat anda melakukan klik pada hastag tertentu maka anda dapat menemukan berbagai konten yang telah diunggah dari akun instagram business tersebut secara mudah.

Tak hanya itu, dengan memberikan branded hastag juga akan memudahkan anda apabila ingin melakukan campaign perilisan produk atau melakukan sesi giveaway.

Sehingga pengguna instagram yang berpartipasi pada event anda bisa dengan mudah diidentifikasi dengan melihat hastag yang digunakan.

Dalam mengembangkan branded hastag, pengguna instagram business tidak hanya bisa menggunakan nama bisnis sebagai nama produk namun juga visi yang dikembangkan bisnis anda sehingga bisa lebih mudah dikenali.

Tandai Event dan Produk Terbaru di Instagram Highlight

Pengguna Instagram pastinya akrab dengan fitur Instagram story dimana pengguna bisa menunggah berbagai foto dan video yang hanya bisa dilihat dalam durasi waktu tertentu.

Instagram story sendiri sangat ampuh untuk dijadikan alat promosi karena lebih banyak diakses oleh pengguna instagram dibandingkan timeline instagram sendiri.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa menyebarkan berbagai variasi konten yang tentunya mampu meningkatkan interaksi anda dengan pengikut yang dimiliki.

Fitur Instagram story ini juga memiliki kelebihan lain diantaranya bisa disimpan dalam jangka waktu lama dalam bentuk instagram highlight.

Letak highlight yang terletak di bagian atas profil Instagram tentunya memudahkan pengguna Instagram yang kepo dengan produk anda bisa melihat berbagai katalog produk dengan mudah dan cepat.

Tak hanya itu, pada fitur Instagram Highlight ini pengguna juga bisa menyelipkan frequently asked question sehingga pengguna Instagram tidak perlu bertanya di direct message instagram yang mungkin saja memerlukan waktu lama untuk membalasnya.

Pengguna juga bisa menyebarkan konten edukasi mengenai kandungan produk yang dijual melalui instagram highlight sehingga pengguna tidak perlu melakukan scrolling instgaram untuk menemukan konten yang dicari.

Anda pun bisa menghias highlight yang dibuat agar terlihat lebih estetik dengan pemberian cover di instagram story yang diunggah agar terlihat sama saat disemarkan di bagian highlight.

Sayangnya instagram highlight ini memiliki keterbatasan dalam menyimpan Instagram story tertentu sehingga anda perlu menghapus highlight yang dianggap tidak perlu agar bisa menampung konten instagram story yang anda buat.

strategi promosi instagram business

Cara Maksimalkan Layanan Instagram Business

Jika anda baru memulai membuka akun Instagram atau sedang mengembangkan akun instagram business maka inilah saat yang tepat untuk mengetahui strategi yang bisa digunakan untuk memaksimalkan berbagai fitur di instagram business.

Pengguna bisa memulai dengan cara mempelajari fitur yang ada di instagram business dan juga konten yang bisa dikembangkan agar bisa meningkatkan interaksi dengan pengikut anda sehinga memudahkan untuk menjual produk yang dimiliki

Promosikan Bisnis Melalui Iklan Berbayar dan Influncer

Cara pertama yang bisa digunakan untuk memaksimalkan layanan instagram business adalah dengan menggunakan fitur Iklan berbayar yang bisa diakses melalui akun instagram business.

Instagram business sendiri memiliki dua tipe iklan yang bisa dimanfaatkan yakni instagram ads dan juga instagram shoping ads.

Dengan menggunakan layanan instagram ads maka pengguna bisa mempromosikan akun yang dimiliki atau produk yang baru saja rilis ke pengguna instagram lainnya melalui fitur instagram story.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa menentukan akun instagram yang akan disasar sehingga lebih bertarget dan hasil yang di dapatkan pun lebih maksimal.

Anda juga bisa mengatur sendiri jumlah penayangan akun yang diinginkan serta budget yang dikeluarkan sehingga tidak memberatkan biaya iklan ke depannya.

Namun bagi pengguna instagram business yang juga menggunakan instagram shopping maka anda juga bisa mempromosikan toko anda dengan layanan iklan berbayar sehingga toko anda bisa dikenal lebih banyak pengguna instagram.

Maksimalkan Penggunaan Fitur Instagram Business

Sebagai fitur yang direkomendasikan oleh kreator yang mengembangkan bisnis atau akun perusahaan dengan instagram business tentunya platform ini juga menyediakan berbagai layanan yang bisa digunakan untuk promosi produk dan pengembangan akun instagram business.

Tak hanya itu, pengguna instagram business juga bisa menggunakan berbagai fitur yang ada di Instagram untuk mengembangkan konten yang menarik perhatian konsumen.

Beberapa rekomendasi konten yang bisa dikembangkan adalah video dalam durasi pendek yang bisa diunggah melalui instagram story atau reels yang mampu menjangkau lebih banyak pengguna instagram,

Fitur Instagram reels sendiri banyak digunakan sebagai media promosi karena terbukti dapat menjangkau lebih banyak pengguna instagram sehingga dapat membantu untuk menambah followers instagram business yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan konten instagram reels biasanya juga ditampilkan di bagian eksplor sehingga bisa diakses oleh pengguna instagram yang bukan merupakan pengikut anda.

Tak hanya itu, apabila anda ingin meningkatkan interaksi dengan pengikut anda maka bisa mengunggah fitur instagram story secara rutin yang berisi pertanyaan atau polling tertentu.

Pengguna juga bisa mempromosikan produk yang dijual dengan cara mengunggahnya melalui postingan foto di akun anda sehingga bisa tersimpan permanen dalam jangka waktu lama.

Ketahui Konten Kesukaan Konsumen

Di setiap akun instagram business tentunya konsumen memiliki konten kesukaan yang biasanya sering mendapatkan banyak perhatian oleh pengikut yang dimiliki.

Dengan mengembangkan konten yang lebih disukai oleh pengikut anda maka akan memudahkan anda untuk promosi produk yang dimiliki dan juga bisa fokus hanya ke satu konten saja.

Cara mengetahui konten yang disukai oleh konsumen pun mudah yakni dengan melihat kolom insight yang ada di bagian pengaturan.

Pada kolom inilah pengguna bisa dengan mudah melihat konten apa saja yang paling banyak mendapatkan likes atau komentar dari pengikut yang dimiliki.

Meskipun anda memiliki konten andalan namun pengguna tetap bisa mengembangkan konten lain agar bisa menjangkau lebih banyak pengguna instagram melalui konten yang diunggah secara rutin.

Interaksi Dua Arah Untuk Meningkatkan Kedekatan

Tidak hanya melakukan promosi secara intens kepada pengguna instagram namun pengguna juga perlu mengikat pengikut yang dimiliki agar tertarik dengan produk yang dijual sehingga bisa menjadi pelanggan tetap.

Salah satu cara mengikatnya adalah dengan melakukan interaksi dua arah dengan pengikut anda dengan berbagai konten yang diunggah di akun instagram business.

Beberapa interaksi yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan repost story instagram yang dimiliki sehingga pengikut anda merasa senang.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa membalas pesan dan juga komentar yang dikirimkan di setiap story dan juga konten yang diunggah.

Pengguna juga bisa membuka sesi QnA guna menjawab berbagai pertanyaan dan masalah yang dihadapi oleh konsumen sehingga bisa dikonsultasikan langsung dengan anda.

Interaski yang sering ini tentunya akan membuat pengikut memiliki keterikatan dengan anda sehingga akan terus setia pada produk yang anda jual.

Posting Konten di Waktu Aktif Konsumen

Saat mengunggah konten di akun instagram business tentunya pengguna tidak hanya langsung mengunggahnya namun dibutuhkan strategi yang tepat agar konten anda mendapatkan perhatian dari pengikut yang dimiliki.

Salah satu caranya adalah dengan mengunggah konten di waktu aktif konsumen sehingga saat konten anda diunggah akan lebih cepat mendapatkan likes yang dapat membantu penyebaran konten anda secara cepat.

Tak hanya itu, konsisten dalam mengunggah konten juga bisa menjadi penentu sehingga akun anda selalu aktif dalam memperbarui setiap informasi dan produk yang diunggah.

Anda juga bisa mengembangkan berbagai konten di Instagram agar konsumen anda tidak bosan dan terus menunggu konten yang dibuat setiap harinya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.