instagram story untuk bisnis

Promosi Bisnis di Instagram Story

Saat membuka Instagram, fitur apa yang biasanya anda buka? Instagram Feed atau Story?, jika anda lebih sering membuka Instagram story maka anda termasuk dari 500 juta orang yang menonton Instagram story menurut Tech Jury.

Salah satu fitur andalan dari aplikasi Instagram ini memang sering dibuka oleh banyak orang untuk mengetahui update kehidupan orang lain atau influencers setiap harinya.

Durasi video yang pendek dan juga berbagai fitur yang dimiliki Instagram story ini membuat banyak orang aktif untuk membuat update di layanan Instagram ini setiap harinya.

Kemudahannya untuk diakses dibandingkan dengan Instagram Feed atau reels membuat layanan ini sering dibuka dibandingkan fitur Instagram lainnya.

Hal ini tentu saja bisa dimanfaatkan oleh pedagang atau pemilik bisnis yang memiliki akun Instagram untuk mempromosikan produknya atau memberikan konten menarik sehingga konsumen lebih mengetahui produk anda.

Karenanya agar anda bisa lebih maksimal dalam memanfaatkan fitur Instagram story, berikut kegunaan serta ide-ide konten yang bisa dibuat di layanan ini.

kegunaan instagram story untuk bisnis

Kegunaan Instagram Story Untuk Bisnis

Sebagai salah satu social media yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia, platform komunikasi ini terus mengembangkan berbagai layanan menarik yang bisa digunakan tidak hanya untuk sarana ekspresi diri namun juga promosi produk secara mudah dan gratis.

Salah satu layanan yang dimiliki oleh Instagram adalah Instagram story dimana pengguna bisa memanfaatkan layanan ini untuk mengunggah video pendek dan juga foto yang akan hilang setelah sehari.

Tak hanya itu, Instagram story juga memiliki berbagai fitur yang menarik yang mampu untuk menarik engagement konsumen sehingga meningkatkan brand awareness sebuah produk.

Berikut beberapa kegunaan lain dari Instagram Story untuk Bisnis anda.

Efektif untuk Interaksi dengan Konsumen

Saat membuka Instagram Story apakah anda tim lihat-lihat saja atau membalas berbagai postingan story sebuah produk?

Sebuah konten Instagram Story yang menarik tidak hanya bisa membuat seorang penontonnya berhenti untuk melihat namun juga melakukan interaksi dengan membalas postingan Instagram story tersebut.

Konten Instagram story yang sering mendapatkan balasan dari pengikutnya tentu saja bagus untuk meningkatkan engagement serta meningkatkan insight sebuah akun Instagram.

Karenanya pengguna bisa membuat berbagai konten yang menarik dan memancing pengikutnya untuk ikut berkomentar dan tidak sekedar skip Instagram story.

Ditambah lagi banyaknya orang yang lebih suka membuaka layanan ini dibandingkan fitur Instagram lainnya membuat Instagram story layak dimanfaatkan untuk kemajuan bisnis anda.

Beberapa konten Instagram Story yang dinilai efektif untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen adala h fitur stiker dan juga polling.

Kedua fitur ini bisa dimanfaatkan tergantung dari konten yang dibuat dan berguna untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

Meningkatkan Engagement

Seorang konsumen yang baru saja masuk ke akun Instagram anda biasanya melihat isi dari feeds anda namun kemudian mengikuti akun anda.

Sayangnya fitur Instagram feeds ini terkadang tidak muncul di beranda konsumen sehingga engagement dengan konsumen menjadi berkurang.

Namun tenang saja, pengguna bisa memanfaatkan fitur lainnya yaitu Instagram Story untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen.

Durasi yang pendek ditambah juga dengan berbagai fitur yang ada membuat konsumen bisa berinteraksi lebih mudah dengan anda sehingga mampu meningkatkan engagement akun Instagram yang dikembangkan.

Ditambah lagi dengan fakta bahwa lebih banyak pengguna Instagram membuka Instagram story dibandingkan feed menjadikan alasan bahwa layanan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna.

Namun, pengguna juga harus memikirkan konten menarik yang mampu untuk menarik pengikut melakukan interaksi dengan anda.

Dengan meningkatnya engagement tentu akan menaikkan jumlah leads agar lebih tertarik membeli produk anda.

Tarik Leads dengan Mudah

Tidak hanya berguna untuk meningkatkan engagement dengan konsumen dan juga menaikkan nama akun namun Instagram story juga dapat digunakan untuk meningkatkan leads anda.

Jika dahulu Instagram menyediakan fitur swipe up dengan minimal 10.000 followers namun layanan ini kemudian diganti dengan stiker dimana pengguna bisa memasukkan link website atau market place tanpa batas pengikut.

Dengan adanya fitur stiker pengguna bisa mengajak pengikut akun Instagramnya untuk masuk ke website guna mengisi data untuk menarik leads dengan imbalan berupa E-book atau webinar gratis dengan influencer terkenal.

Pengguna cukup membuat konten ajakan kemudian memasukkan stiker link untuk membawa konsumen ke dalam website yang dituju.

Semakin menarik konten yang dibuat tentu saja akan membawa lebih banyak leads ke akun website anda.

Anda juga bisa mengunggah Instagram story yang membahas tentang masalah konsumen yang nantinya akan bisa diselesaikan dengan masuk ke akun website untuk mendapatkan e-book gratisnya.

Salah satu contoh kontennya adalah, seorang ibu rumah tangga bingung untuk membuat jadwal menu bagi keluarganya agar tidak bosan dengan hidangan yang sama setiap harinya.

Anda bisa membuat konten mengenai e-book kumpulan resep menggunakan bumbu masakan yang anda kembangkan, pengguna bisa mengakses website anda dengan mengisi data terlebih dahulu untuk mendapatkan kumpulan resep yang diinginkan.

Pengguna juga bisa mengangkat masalah dari konsumen untuk di unggah di Instagram story dan dijadikan konten, pastikan masalah tersebut sering dialami oleh banyak orang dengan melihat banyaknya pesan yang membahas masalah yang sama.

fu=itur di instagram story

Fitur di Instagram Story

Tidak hanya digunakan untuk mengunggah video pendek dan juga foto namun pengguna juga bisa memaksimalkan berbagai fitur di Instagram Story.

Fitur-fitur ini tentu bisa membuat unggahan anda menjadi lebih menarik dan disukai oleh banyak pengikut. Berikut beberapa fitur di Instagram story yang bisa dimanfaatkan :

Iklan Bisnis dengan Instagram Story

Bagi pengguna baru yang ingin meningkatkan pengikutnya dengan cepat, menggunakan iklan berbayar bisa menjadi solusi yang tepat karena sasarannya yang lebih bertarget sehingga bisa menangkap konsumen yang anda inginkan.

Iklan berbayar di Instagram tidak hanya bisa digunakan melalui feed namun juga bisa menggunakan Instagram story yang tentunya bisa menjaring lebih banyak konsumen.

Berikut tutorial untuk membuat Instagram Story Ads:

  • Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah buka pengelola iklan, anda bisa memiliih untuk menggunakan pembuatan iklan terpadu atau pembuatan cepat. Agar lebih tertarget dan spesifik maka anda bisa menggunakan pembuatan iklan terpadu.
  • Langkah kedua selanjutnya yaitu menentukan campaign yang tepat agar iklan menyasar konsumen yang tepat, campaign ini sendiri berisi jangkauan, tayangan video, konversi, penginstalan aplikasi, pencipataan produk, dan juga traffic.
  • Langkah ketiga yakni atur penempatan, pengguna bisa memilih penempatan secara otomatis atau edit penempatan. Pilihlah sesuai dengan keinginan anda dan juga kefektifannya.
  • Langkah keempat, pengguna bisa mengatur jumlah biaya yang dikeluarkan selama iklan tayang. Pilihlah harga terkecil dulu untuk iklan pertama dan juga bisa berkembang lebih besar apabila iklan dinilai efektif.

Pemilihan jadwal tayang juga menentukan kesuksesan iklan anda, pilihlah waktu dimana pengikut anda biasanya melihat Instagram story anda sebagai patokan. Anda bisa melihat waktu tersebut di menu Insight.

  • Langkah kelima adalah memilih konten yang sesuai, apakah mau menggunakan video atau foto untuk promosi.

Pastikan memilih video dengan durasi pendek dan juga foto yang tidak blur agar konsumen lebih tertarik saat melihat iklan anda.

Anda juga bisa melakukan edit pada konten yang diunggah di fitur template cerita untuk menyesuaikan materi iklan

  • Langkah keenam jika anda sudah yakin dengan materi iklan yang akan diunggah maka bisa melakukan konfirmasi untuk penayangan iklan.

Keuntungan lainnya dari menggunakan iklan berbayar Instagram selain konsumen yang lebih bertarget adalah pengguna bisa membuat iklan lebih mudah menggunakan Facebook Ads sehingga tidak perlu membuka dua akun sekaligus saat membuat sebuah iklan.

Pastikan juga melakukan evaluasi kinerja iklan dan juga budget yang dikeluarkan  agar hasilnya lebih optimal dan iklan yang ditayangkan pun tidak sia-sia sehingga bisa menaikkan keuntungan yang dimiliki.

Stickers

Salah satu fitur unggulan Instagram yang tidak dimiliki oleh social media lain adalah tersedianya berbagai stiker yang memiliki banyak kegunaan. Fitur stiker ini tentunya bisa digunakan untuk membuat konten yang semakin interaktif dengan konsumen.

Berikut beberapa fitur stiker yang bisa digunakan untuk promosi bisnis dan juga konten :

  • Polling Stickers

Salah satu konten yang bisa dikembangkan di Instagram story adalah konten tanya jawab. Melalui konten ini pengguna bisa mengetahui apa saja masalah yang dihadapi oleh konsumen serta saran yang bisa digunakan untuk produk ke depannya.

Anda bisa menggunakan fitur Polling stickers dimana anda bisa memberikan sebuah pertanyaan yang bisa dijawab oleh konsumen.

Pengguna konten polling stickers ini juga bisa digunakan untuk melakukan survei sehingga anda bisa mendpaatkan inspirasi untuk pengembangan produk ke depannya.

Penggunaan visual yang menarik sebagai backgorund juga bisa membantu untuk meningkatkan keinginan konsumen untuk menjawab pertanyaan anda.

Gunakan juga pertanyaan yang mudah dijawab dalam waktu cepat mengingat durasi Instagram story pendek dan juga pengguna bisa menentukan pilihannya dengan segera.

  • Emoji Sleder Stickers

Selain melacak engagement Instagram story menggunakan insight, pengguna juga bisa melihat berapa banyak tanggapan mengenai sebuah postingan dengan menggunakan emoji sleder stickers.

Penonton Instagram story anda bisa memberikan tanggapan dengan berbagai stiker yang ada untuk menunjukkan keterkatikan meraka terhadap konten yang ada.

Semakin banyak stiker yang diberikan maka semakin menunjukkan minat mereka terhadap konten anda dan bisa dijadikan acuan untuk membuat konten yang serupa ke depannya.

  • Question Stickers

Konsumen yang sangat tertarik dengan produk anda tentu saja menginginkan interaksi yang lebih melalui konten yang diberikan.

Anda bisa meningkatkan minat ini dengan memanfaatkan fitur Question story. Layanan yang langsung meledak setelah diluncurkan ini berguna untuk mengumpulkan opini konsumen mengenai produk anda.

Pengguna bisa memberikan pertanyaan khusus mengenai kabar atau masalah yang dihadapi konsumen yang kemudian bisa anda jawab untuk membantu dan juga meningkatkan interaksi.

Jawaban dari Question sticker bisa anda ungah ulang di Instagram story sehingga pengikut lainnya tertarik untuk menjawab pertanyaan anda agar masalahanya bisa dibahas oleh anda.

Tidak hanya itu, pengguna bisa meminta konsumen untuk memberikan ulasan terhadap produk anda menggunakan fitur ini sehingga anda bisa mengumpulkan berbagai saran dengan cepat dan mudah.

  • Countdown Stickers

Seorang penjual atau pebisnis biasanya memiliki lebih dari satu social media untuk mengambangkan brand awareness produknya.

Anda bisa mempromosikan konten yang akan ditayangkan dengan menggunakan countdown sticker. Hal ini digunakan agar konsumen bisa menonton konten anda lebih awal  dan bisa menaikkan viewers di awal penayangan lebih cepat.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur ini sebagai reminder event flash sale di Shopee atau Tokopedia sehingga pengikut tidak ketinggalan produk ini dan juga bisa meningkatkan penjualan anda selama masa promosi berlangsung.

  • Product Stickers

Tidak hanya mempromsikan produk anda dengan unggahan di Instagram Feed, saat ini pengguna juga bisa mempromosikannya dengan mudah melalui fitur product sticker.

Dengan fitur ini pengguna bisa mendorong penjualan dengan menandai prodyuk yang spesifik di Instagram story yang akan diunggah.

Melalui fitur product stickers, pengikut anda bisa melihat produk secara spesifik dan membeli barang yang ditawarkan.

  • Add Yours Stickers

Salah satu fitur stickers yang kini sedang naik daun yakni Add Yours Stickers. Dengan menggunakan fitur anda pengguna Instagram bisa membalas dengan foto sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.

Fitur ini makin digemari karena banyaknya pertanyaan yang menarik dan unik yang bisa dijawab untuk mengisi waktu senggang.

Sebuah pertanyaan di stikers dengan banyak interaksi tentunya bisa digunakan oleh anda untuk meningkatkan akun social media yang dimiliki.

Penjual bisa menjawab pertanyaan yang relevan dengan produk anda sehingga orang lain yang melihat tanggapan anda bisa lebih tertarik dengan produk anda atau malah mengunjungi akun social media anda.

Tak hanya itu, anda bisa membuat pertanyaan sendiri yang bisa dijawab oleh pengikut anda untuk meingkatkan interaksi dengan konsumen atau mengetahui produk apa saja yang paling banyak disukai konsumen.

Gunakan pertanyaan yang universal sehingga pengguna Instagram di luar pengikut anda juga bisa ikut menjawab sehingga stiker Add Yours anda bisa semakin terkenal.

Jadi stiker mana yang akan anda gunakan untuk promosi bisnis?

ide instagram story untuk bisnis

Ide Instagram Story untuk Bisnis

Berbagai fitur yang disediakan oleh Instagram story tentunya bisa dimaksimalkan oleh pengguna untuk membuat berbagai konten menarik dan mampu meningkatkan interaksi dengan konsumen lebih mudah.

Berikut beberapa ide Instagram story yang bisa digunakan untuk menaikkan engagement :

Behind the Scene Produk

Seorang konsumen yang tertarik dengan produk anda tentunya ingin mengetahui kegiatan dibalik layar dimana produk kesayangan mereka diproduksi secara massal.

Karenanya pengguna bisa membuat konten video pendek mengenai behind the story produk untuk membayar rasa ingin tahu anda.

Beberapa konten behind the scene produk yang bisa diguanakan adalah proses packing, pemilihan bahan dasar produk, atau banyaknya konsumen yang memesan barang anda pada event sale yang diadakan.

Dengan membuat konten ini konsumen bisa lebih percaya terhadap produk anda karena mengetahui proses produksinya dan juga membuat leads tertarik untuk membeli produk anda.

Anda bisa menaikkan konten ini dengan bertanya terlebih dahulu kepada konsumen agar engagement postingan anda bisa meningkat.

Testimoni Pelanggan

Sebuah produk juga bisa dipercayaai oleh konsumen dengan adanya testimoni pelanggan. Tak hanya itu, promosi melalui mulut ke mulut ini terbukti bisa meningkatkan konsumen baru karena ulasan bagus yang mereka dapatkan.

Pengguna bisa mengunggah berbagai ulasan pelanggan di direct message dengan menaikkannya di Instagram story. Semakin banyak konten testimoni yang di posting maka akan menaikkan kpercayaan konsumen dan leads kepada produk anda.

Anda bisa mengunggah konten testimoni ini setiap hari atau memilih waktu khusus agar konsumen tidak bosan dengan postingan anda.

Tutorial Produk

Seorang konsumen yang membeli produk anda terkadang bingung untuk melakukan variasi lain dari produk anda, hal ini biasanya dialami pembeli yang membeli produk bahan makanan.

Untuk mengatasi masalah ini penjual bisa membuat Instagram story yang berisi tutorial produk yang bisa dipraktekkan oleh konsumen anda. Agar tidak hilang, anda bisa menyimpannya di highlight sehingga bisa dilihat berulang oleh pengunjung akun anda.

Penggunaan highlight ini juga bisa menjadi alternatif promosi sehingga pengunjung yang mengunjungi akun instagram anda bisa melihat highlight testimoni, tutorial, produk, dan berbagai konten edukasi yang berkaitan dengan produk anda.

Pengguna juga bisa membuat konten story telling mengenai konsultasi salah satu konsumen untuk dijadikan konten Instagram story. Pastikan juga untuk meminta izin dulu kepada konsumen sebelum mengangkat masalahnya ke akun adna.

Konten Promosi

Banyaknya konsumen yang mengunjung instagram story anda tentunya mesti dimanfaatkan untuk mengunggah produk-produk terbaru untuk dipromosikan.

Pengguna sebaiknya tidak mengunggah semua produk dalam satu postingan langsung melainkan satu foto satu hari agar penonton tidak bosan karena banyaknya Instagram story yang harus dilihat.

Anda juga bisa menjadikan postingan Instagram story sebagai call to action untuk mengarahkan konsumen ke akun market place atau Instagram shop yang dimiliki dengan menyertakan link stiker.

Template Instagram Story

Penggunaan Instagram story yang cocok untuk interaksi secara intens dengan konsumen sebaiknya juga di dukung dengan berbagai konten yang menarik salah satunya adalah memasang template di postingan anda.

Anda bisa mengunggah foto template seperti this or that atau beberapa template pertanyaaan yang bisa dijawab oleh konsumen.

Template yang menarik biasanya akan di repost oleh konsumen di akun instagram pribadi milik merekhttps://socialmediamarketer.id/blog/aplikasi-edit-logo/a, hal ini tentu menguntungkan bagi penjual apabila banyak orang di luar pengikut anda menggunakan template ini sehingga menaikkan brand awareness.

Pengguna juga bisa melakukan repost template yang diunggah oleh konsumen sehingga menarik pengikut lain yang belum membuat template ini agar dinotis oleh anda.

Naikkan Postingan Instagram

Tidak hanya digunakan untuk promosi produk, anda juga bisa mempromosikan event yang akan diadakan agar diketahui oleh pengikut anda.

Konten giveaway dan potongan harga di berbagai akun market place anda sebaiknnya di promosikan untuk menaiikan penjualan dan juga meningkatkan euforia saat event tersebut berlangsung.

Pengguna bisa membuat desain yang menarik perhatian konsumen melalui berbagai aplikasi edit foto yang tersedia secara gratis di Google Playstore agar konten promosi anda anti skip.

Tentunya anda menginginkan event anda berjalan dengan sukses bukan?

Promosikan Konten Social Media

Seorang penjual biasanya memiliki banyak akun social media yang berguna untuk menaikkan brand awareness produk anda di berbagai kalangan konsumen.

Akan tetapi apabila akun Instagram anda memiliki pengikut yang lebih banyak dibandingkan akun social media lainnya maka anda bisa mempromosikan kontennya di Instagram story anda agar banyak orang yang melihatnya.

Salah satu contohnya adalah anda bisa mempromosikan konten video Youtube yang akan tayang untuk meningkatkan viewers lebih cepat sehingga bisa naik ke beranda orang lain.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mempromosikan konten artikel yang telah diunggah di webiste. Agar lebih menarik anda bisa mengawalinya dengan membahas suatu masalah tertentu yang kemudian bisa dijawab atau dijelaskan lebih dalam melalui artikel di website anda.

Anda juga bisa mengkolaborasikan dengan konten countdown dan juga link video anda agar penonton dapat menyediakan waktu untuk melihat konten video atau langsung menuju ke unggahan Youtube terbaru anda.

Kerjasama dengan Influencer

Sedang kerjasama dengan influencer dan ingin membuat konten yang lebih interaktif? Anda bisa membuat konten Instagram take over.

Dengan membuat konten ini anda bisa melakuakn konten tanya jawab dengan influencer dengan cara membalas pertanyaan secara langsung melalui Instagram story.

Ide konten ini tentunya disukai oleh pengikut dan juga fans dari influencer tersebut karen bisa melakukan interaksi secara langsung dengan public figure kesukaan mereka.

Agar event Instagram take over anda makin diminati oleh banyak orang maka anda bisa mempromosikan event tersebut sehari sebelumnya agar pengikut anda bersiap-siap membuat pertanyaan yang menarik dan unik.

Tambahkan juga dengan embel-embel hadiah untuk pertayaan yang dipilih sehingga semakin banyak orang yang mempromosikan event ini sehingga engagementnya pun meningkat.

Jadi sudahkah anda siap menaikkan produk anda dengan fitur Instagram Story? Semoga ide bisnis ini membantu.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.