instagram metrik

7 Instagram Metrics untuk Mengukur Performa Akun Instagram

Pelajari instagram metrics penting yang dapat membantu dalam meningkatkan performa akun instagram dengan efektif.

Bagi pengguna akun instagram business, tentunya anda akan mengetahui berbagai instagram metrics yang menampilkan data berupa performa konten instagram selama jangka waktu tertentu.

Data tersebut berguna untuk mengetahui apakah konten instagram disukai oleh pengguna instagram atau perlu dilakukan perubahan yang lebih baik.

Meskipun instagram metrics memiliki berbagai informasi yang berguna namun terkadang membuat marketer bingung untuk memilih data yang sesuai dan berguna untuk promosi campaign di masa yang akan datang.

Karenanya ketahui dulu beberapa instagram metrics yang wajib anda ketahui untuk optimasi akun instagram.

keuntungan menggunakan instagram metrics

Keuntungan Menggunakan Instagram Metrics

Salah satu cara untuk memiliki jangkauan konten instagram yang luas serta jumlah pengikut yang selalu bertambah adalah memiliki strategi instagram marketing.

Namun, strategi yang tepat tentu tidak cukup, anda juga perlu mengetahui apakah konten instagram anda telah menjangkau konsumen yang tepat serta disukai oleh banyak orang.

Menilik jumlah interaksi yang ada di setiap konten instagram, mungkin bisa menjadi cara yang mudah untuk melihat performa postingan yang telah anda unggah sebelumnya.

Sayangnya, cara tersebut akan memakan waktu lama serta memiliki hasil pengukuran yang berbeda.

Sehingga dibutuhkan instagram metrics yang dapat membantu memahami hasil dari kerja keras anda membuat dan mengunggah konten instagram secara rutin.

Penggunaan instagram metrics juga akan membantu anda dalam membuat laporan kinerja social media dalam jangka waktu tertentu ke perusahaan yang anda kembangkan atau klien yang mengajak anda melakukan kerja sama.

Sehingga timbul transparansi kinerja anda dalam mengembangkan akun instagram brand.

instagram metrics yang wajib diketahui

7 Instagram Metrics yang Wajib Diketahui

Instagram telah menjadi social media favorit bagi banyak orang dari berbagai kalangan khususnya kawula muda.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak brand yang berlomba-lomba untuk mempromosikan usaha di Instagram.

Dalam usaha promosi tersebut dibutuhkan juga beberapa strategi yang tepat agar konten yang diunggah mendapatkan perhatian dari target konsumen serta bisa dinikmati oleh pengguna instagram.

Semua data mengenai minat target konsumen bisa anda temukan dengan mengakses instagram metrics yang tersedia di akun business.

Reach

Setelah konten instagram diunggah di halaman profile, maka tugas instagram adalah menyebarkannya ke pengikut yang dimiliki.

Kemudian konten anda juga akan disebarkan ke pengguna instagram lainnya yang memiliki minat dan topik yang sama dengan konten yang anda bahas.

Penyebaran ini bisa melalui kata kunci yang digunakan di caption atau instagram hashtag yang disematkan di konten instagram.

Semakin luas penyebaran konten instagram anda maka memungkinkan bagi anda untuk menjangkau target konsumen baru yang menyukai konten yang anda unggah.

Data penyebaran konten instagram sendiri bisa anda lihat saat melakukan klik pada konten instagram yang telah anda unggah sebelumnya.

Namun, untuk mengukur kinerja konten instagram dalam jangka waktu tertentu maka anda bisa menggunakan fitur reach yang ada di instagram metrics.

Fitur satu ini merupakan metrics penting yang perlu anda perhatikan di Instagram, mengingat anda bisa melihat jumlah akun instagram yang telah melihat konten instagram yang telah diunggah serta menghitung kesadaran pengguna pada konten anda.

Sehingga apabila tujuan anda adalah meningkatkan brand awareness, social listening, serta jangkauan konten yang lebih luas maka anda perlu memfokuskan diri pada meningkatkan jangkauan di Instagram.

Di sisi lain, apabila jangkauan konten instagram anda menurun atau meningkat secara tiba-tiba maka anda perlu memerhatikan faktor yang mendukung.

Pertama adalah pengunaan instagram hashtag yang mungkin tidak digunakan lagi oleh target konsumen sehingga tidak relevan bagi akun instagram anda.

Kedua adalah caption yang digunakan, apakah kalimat call to action yang anda sematkan sudah menggugah pengguna instagram untuk melakukan kegiatan yang anda minta? atau anda perlu menggunakan gaya bahasa yang menarik sehingga mudah dipahami oleh target konsumen.

Ketiga adalah jenis konten instagram yang digunakan untuk melihat penggunaan konten instagram yang berbeda menghasilkan kinerja yang serupa atau lebih baik dibandingkan sebelumnya? sehingga anda perlu menggunakannya untuk strategi promosi ke depannya.

Berbagai faktor tersebut dapat memberikan dampak langsung bagi jangkauan konten instagram, sehingga anda perlu mengecek beberapa perubahan yang dapat meningkatkan atau menurunkan instagram metrics.

Engagement Rate

Sebuah konten yang menarik akan memikat pengguna instagram untuk melakukan interaksi dengan konten tersebut.

Misalnya saja memberikan komentar yang sesuai dengan topik yang dibahas atau menyebarkan konten tersebut ke pengguna instagram.

Berbagai kegiatan tersebut tentunya membantu menaikkan poin algoritma instagram di akun yang anda miliki.

Di sisi lain, Engagement rate sendiri dibagi ke dalam beberapa kualifikasi di Instagram :

Engagement Rate by Followers 

Instagram metrics satu ini menjadi salah satu pengukuran yang diamata oleh banyak marketer yang mengembangkan akun instagram brand.

Di saat metrik engagement biasa hanya menghitung jumlah likes atau komentar yang anda dapatkan, maka engagement rate by followers ini menghitung presentase dari pengguna instagram yang melakukan interaksi dengan konten instagram yang telah anda unggah sebelumnya.

Engagement rate by followers sendiri juga membantu instagram metrics untuk menganalisa keterlibatan pengikut instagram anda pada setiap konten yang diunggah di halaman profil instagram, sehingga anda dapat mengevaluasi kinerja anda secara akurat sama halnya dengan jumlah jangkauan konten instagram.

Karenanya dibutuhkan penghitungan khusus untuk mengetahui jumlah engagement rate by followers dengan cara berikut :

cara menghitung engagement rate by followers

Di sisi lain, metrik engagement rate by followers juga menguntungkan untuk mengetahui jenis konten yang disukai oleh pengikut anda dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Engagement Rate by Reach 

Instagram metrics selanjutnya yang biasanya dilibatkan untuk mengukur interaksi di social media adalah jumlah engagement rate by reach.

cara menghitung engagement rate by reach

Pada penghitungan instagram metrics ini anda akan menghitung jumlah likes dan komentar setiap postingan social media, kemudian dibagi ke dalam jumlah jangkauan yang dimiliki.

Hasil yang di dapatkan akan membantu anda untuk mengetahui jumlah orang yang melihat konten instagram anda dan melakukan interaksi di dalamnya.

Sehingga dapat membantu untuk mengetahui jumlah orang yang peduli pada konten instagram yang anda unggah secara rutin.

Hal ini akan membantu anda untuk mengetahui sejauh mana konten instagram anda menjangkau pengguna instagram yang lebih luas.

Setelah menghitung jumlah interaksi dari jangkauan dan pengikut Instagram yang ternyata jauh dari ekspektasi, tentunya anda perlu mengetahui strategi yang tepat agar konten anda mendapatkan perhatian dari pengguna instagram lainnya.

Pertama adalah membuat konten yang menyinggung topik dan masalah yang banyak diperbincangkan oleh pengguna instagram.

Misalnya saja anda membahas mengenai penggunaan retinol secara rutin bagi perawatan wajah, selama pembahasan tersebut maka anda bisa bertanya apakah pengguna instagram pernah menggunakan retinol secara rutin atau masalah yang ditimbulkan selama penggunaa retinol.

Berbagai pertanyaan sederhana tersebut tentunya dapat memancing interaksi dengan pengguna instagram yang melihat konten anda di halaman rekomendasi atau explore.

Pastikan juga untuk menjawab berbagai interaksi tersebut sehingga pengguna instagram tertarik untuk memberikan respon pada setiap konten instagram yang diunggah.

Dalam proses pencarian topik instagram yang memancing interaksi, anda bisa mencarinya melalui pertanyaan yang muncul di kolom komentar atau rajin membuka portal berita yang biasa dikunjungi oleh konsumen.

Instagram Stories View

Fitur instagram story masih menjadi layanan yang dituju oleh pengguna saat membuka aplikasi Instagam.

Hal ini dikarenakan konten story menghadirkan potongan foto atau video pendek dari kenalan atau akun instagram brand yang diikuti sehingga anda tidak ketinggalan informasi terbaru.

Meskipun konten yang disediakan oleh instagram story hanya bertahan selama 24 jam, namun layanan ini memiliki berbagai fitur yang dapat membantu menaikkan interaksi dengan pengikut instagram yang dimiliki.

Misalnya saja fitur QnA yang dapat membuat konsumen bertanya mengenai produk baru atau masalah yang dihadapi secara langsung.

Sehingga membantu meningkatkan interaksi dengan pengikut yang dimiliki untuk meningkatkan royalitas dan loyalitas konsumen.

Berbagai fitur yang disediakan akhirnya membuat kreator berlomba-lomba untuk membuat konten yang menarik di Instagram story.

Variasi konten yang menarik serta pilihan fitur yang diberikan juga membuat 500 juta pengguna Instagram menggunakan konten story setiap hari dan sebanyak 58% pengguna lebih tertarik pada brand tertentu setelah melihatnya di instagram story.

Antusiasme yang tinggi juga membuat konten instagram story sebagai media pengiklan yang efektif bagi marketer untuk mempromosikan produk atau acara yang akan diadakan di waktu yang akan datang.

Namun, setelah membuat berbagai konten story yang menarik, anda juga perlu menghitung kinerja konten yang diunggah untuk melihat tanggapan yang diberikan oleh pengikut atau pengguna instagram yang melihat konten anda.

Untungnya saja Instagram metrics memiliki fitur instagram story views yang memperlihatkan informasi mengenai jumlah pengikut yang melihat konten story yang disajikan selama jangka waktu tertentu.

Keuntungan lainnya dari menggunakan instagram metrics untuk story adalah anda bisa melihat kinerja masing-masing konten yang diunggah.

Sehingga anda bisa melihat jenis konten instagram story yang disukai oleh pengikut anda dan bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Guna mengukur performa instagram story maka anda bisa menggunakan dua cara untuk mengetahui kesuksesan konten story :

Watch Through Rate 

Saat mengunggah konten instagram story, biasanya seseorang akan mengunggah beberapa slide secara bertahap agar informasi yang disampaikan bisa lebih mudah dicerna dan memancing rasa penasaran penonton.

Di sisi lain, jumlah slide yang terlalu banyak juga membuat penonton berhenti di satu slide tertentu dan tidak melanjutkan ke konten lainnya.

Anda bisa mengetahui jumlah pengikut instagram yang melihat konten anda sampai akhir melalui instagram metrics watch through rate.

Dimana anda bisa melihat antusiasme pengikut anda pada konten instagram story yang anda unggah.

Akan tetapi, jika banyak pengikut anda yang berhenti pada slide tertentu maka anda bisa mempertimbangkan untuk membuat konten story dalam beberapa slide saja sehingga dapat menstabilkan jumlah watch through rate.

Completion Rate per Story 

Saat melihat konten instagram story berupa foto dan video, maka anda akan diberikan durasi selama 30-60 menit untuk melihat konten yang disajikan.

Sehingga anda lebih puas untuk membaca caption yang disajikan serta video pendek yang disuguhkan pada konten instagram story.

Meskipun begitu, pengguna instagram juga bisa melakukan klik pada slide story lainnya apabila konten yang disajikan sudah dilihat sebelumny.

Guna menghitung jumlah pengguna instagram yang melihat konten story tanpa jeda sama sekali, maka anda bisa menggunakan metrik completion rate per story.

Dimana anda bisa menghitung jumlah impresi dikurangi jumlah penonton yang berkurang di slide lainnya.

Informasi yang diberikan dari completion rate juga akan membantu anda untuk mengetahui antusiasme pengguna instagram pada konten story yang anda unggah.

Instagram Reels Engagement

Reels menjadi salah satu konten instagram yang disukai oleh pengguna instagram, hal ini dikarenakan fitur ini menyajikan video pendek yang mudah dinikamti serta iringan lagu yang menarik.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak pengguna instagram biasa, influencer, atau kreator yang tengah mengembangkan akun instagram brand untuk membuat konten instagram reels.

Di sisi lain, Instagram sendiri juga mendorong akun instagram yang rutin mengunggah konten reels sehingga dapat menjangkau target konsumen baru.

Tidak hanya itu, Reels sendiri juga bisa digunakan untuk promosi produk terbaru  dengan suguhan konten video pendek yang mudah untuk dinikmati.

Banyaknya pengguna konten reels akhirnya menjadikan instagram mengeluarkan metrik sendiri bagi fitur instagram reels.

Pada instagram metrics reels anda bisa menghitung jumlah interaksi yang masuk, jangkauan konten, postingan yang disimpan, serta durasi menonton konten reels.

Informasi tersebut tentunya akan membantu anda untuk mengetahui kinerja konten instagram reels dalam jangka waktu tertentu.

Selain itu, anda juga bisa memilih ide konten reels yang disukai oleh pengikut instagram yang anda miliki.

Sehingga anda bisa menentukan jenis konten yang bisa digunakan terus menerus dan bisa digunakan sesekali.

Misalnya saja apabila anda memiiki konten tutorial dan komedi di instagram reels, ternyata setelah satu bulan mengunggah dua konten tersebut anda melihat konten komedi memiliki tingkat interaksi yang lebih banyak.

Sehingga anda bisa membuat konten komedi yang lebih banyak dibandingkan biasanya atau mengghabungkan konten tutorial dengan komedi sehingga tidak menghilangkan pesan yang ingin anda sampaikan ke target konsumen.

Namun, apabila anda baru pertama kali membuat konten reels maka anda perlu melakukan uji coba konten yang dianggap menarik oleh target konsumen.

Penentuan konten ini bisa anda lakukan dengan memerhatikan jenis konten yang banyak digunakan oleh akun kompetitor lain yang viral dan mendapatkan perhatian dari konsumen.

Namun, anda perlu memberika sentuhan sendiri sehingga konten reels anda berbeda daripada akun instagram brand lain.

Penggunaan iringan lagu serta instagram hashtag yang sesuai juga akan membantu memperluas jangkauan konten ke target konsumen yang diinginkan.

Anda juga bisa menggunakan kata kunci tertentu agar konten anda mudah ditemukan oleh pengguna instagram yang mencari topik dan konten yang sesuai.

Waktu Aktif Pengikut Instagram

Bagi pengguna instagram aktif, anda mungkin mengikuti berbagai akun instagram brand dan kenalan.

Kegiatan mengikuti akun instagram dilakukan agar tidak ketinggalan berbagai konten terbaru serta bisa melakukan interaksi dengan konten instagram yang disukai.

Sayangnya, apabila pengguna kurang aktif di Instagram maka bisa saja konten tersebut tertimbun oleh konten baru yang sering dilihat di waktu aktif atau melakukan interaksi dengan pengguna instagram tersebut.

Cara ini tentunya merugikan bagi kreator instagram brand karena konten mereka tidak menjangkau pengikut yang dimiliki sehingga menurunkan jumlah interaksi di Instagram.

Karenanya agar konten anda dilirik oleh pengikut yang dimliki maka anda bisa mengunggahnya di waktu aktif konsumen.

Sehingga konten anda ada berada di bagian atas halaman instagram feed serta membuka peluang untuk menjangkau pengguna instagram yang lebih luas.

Anda bisa mengecek waktu aktif konsumen di instagram metrics apabila anda sudah mengunggah beberapa konten dalam jangka waktu tertentu.

Akan tetapi apabila anda baru saja membuat akun instagram brand maka anda bisa menggunakan beberapa pembagian waktu.

Contohnya adalah pagi hari jam 9, siang hari jam 12.00, serta malam hari pukul 19.00 dimana anda bisa mengunggah konten yang beragam di satu waktu atau mengunggah satu konten di waktu yang ditentukan.

Pertumbuhan Akun Instagram

Berbagai strategi instagram marketing yang dijalankan tentunya memiliki tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan akun instagram dengan jumlah pengikut yang lebih banyak serta jangkauan yang lebih luas.

Karenanya marketer juga menggunakan instagam metrics untuk mengukur pertumbuhan akun instagram yang terjadi selama jangka waktu tertentu.

Pada fitur growh ini anda dapat melihat peningkatan jumlah pengikut instagram selama durasi waktu tertentu, baik selama sebulan, tiga bulan, enam bulan, dan bahkan setahun.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat jumlah pengguna instagram yang berhenti mengikuti akun instagram anda.

Selain itu, anda juga bisa melihat jenis konten instagram yang akhirnya membuat pengguna instagram akhirnya memutuskan untuk berhenti mengikuti akun brand anda.

Misalnya saja anda mengunggah konten foto selama satu minggu penuh tanpa diselingi dengan konten story atau reels yang biasa anda buat sebelumnya.

Maka bisa saja pengikut instagram yang kurang menyukai jenis konten ini akan menemukan alasan untuk berhenti mengikuti akun instagram anda.

Meskipun begitu, anda tidak perlu khawatir dengan jumlah pengikut yang naik dan turun secara fluktuatif.

Hal ini dikarenakan jumlah pengikut yang sedikit juga akan memberikan dampak yang baik apabila anda memiliki ikatan yang kuat dengan konsumen yang dimiliki.

Pengikut instagram yang telah memercayai akun instagram brand anda, tentunya akan sukarela memberikan komentar di setiap konten yang diunggah atau merekomendasikan ke pengguna instagram lain yang memiliki minat yang sama, sehingga membuka peluang untuk menambah jumlah pengikut baru.

Kunjungan ke Profil Instagram

Cara kerja instagram yang mempromosikan konten anda ke halaman explore dan rekomendasi akan membantu untuk menjangkau target konsumen yang lebih luas.

Sehingga apabila pengguna instagram tertarik pada konten yang anda suguhkan maka anda bisa mendapatkan pengikut yang lebih banyak.

Di sisi lain, apabila anda melakukan kolaborasi dnegan influencer untuk mempromosikan akun instagram brand, makan akan membuka kemungkinan untuk memiliki pengikut baru yang memiliki minat yang sama dengan produk yang dipasarkan.

Tidak hanya itu, apabila anda mencantumkan akun instagram di halaman website atau marketplace yang dimiliki maka anda juga memiliki kemungkinan untuk memiliki pengikut baru yang menyukai produk anda terlebih dahulu baru kemudian penasaran pada konten yang anda suguhkan.

Semua perjalanan konsumen untuk menemukan akun instagram anda bisa dihitung melalui instagram metrics berupa jumlah kunjungan ke profil instagram.

Dimana anda dapat mengetahui asal pengikut baru yang datang ke akun instagram anda.

Berbagai informasi tersebut juga akan membantu anda untuk mengetahui jenis promosi akun instagram yang tepat.

Sumber :

https://sproutsocial.com/insights/instagram-metrics/

https://later.com/blog/instagram-metrics-to-track/

https://www.socialinsider.io/blog/instagram-metrics/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *