instagram hashtag

Instagram Business : Fitur dan Cara Penggunaanya

Mau kembangkan akun bisnis namun belum mengetahui strategi yang tepat? Berikut cara mudah optimasi akun instagram business serta keuntungan yang di dapatkan.

Saat memiliki atau mengembangkan sebuah usaha tentunya anda menginginkan brand anda dikenal oleh banyak orang sehingga produk yang dijual laris di pasaran.

Nah, salah satu cara agar produk anda dapat dikenal secara luas adalah mempromosikan melalui platform social media yang sedang populer, seperti : instagram, tiktok,facebook, dan lain sebagainya.

Namun setelah membuat berbagai akun social media tentunya anda tidak dapat begitu saja mendapatkan pengikut baru dan menjadi terkenal di instagram, diperlukan juga membuat tampilan akun instagram business yang menarik agar semakin banyak calon konsumen melihat postingan yang anda buat serta tertarik mengunjungi profil instagram bisnis yang anda kembangkan.

Karenanya berikut beberapa strategi optimasi profil akun instagram business serta fitur-fitur instagram yang bisa anda gunakan untuk promosi di instagram.

keuntungan menggunakan akun instagram business

Keuntungan Menggunakan Akun Instagram Business

Sebelum memulai sebuah usaha tentunya strategi promosi menjadi salah satu langkah-langkah yang harus dilakukan agar brand usaha anda semakin dikenal dan produk anda banyak dibeli oleh orang lain.

Berbagai strategi promosi mungkin sudah jamak anda lakukan, seperti promosi secara word of mouth atau mempromosikan melalui akun social media yang anda miliki.

Beberapa tahun lalu, mungkin kita akan dengan mudah menemukan promosi langsung dimana anda akan mendapatkan brosur promosi produk yang dijual oleh orang lain saat sedang berjalan-jalan di pusat keramaian atau perbelanjaan.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu pemasaran online menjadi langkah promosi yang dilakukan oleh banyak usaha untuk memasarkan usaha ke pelanggan yang lebih luas tanpa perlu hanya melalui internet dan social media.

Instagram business juga menjadi salah satu media pemasaran yang digemari oleh banyak orang dengan banyaknya pengguna instagram aktif yang tersebar di seluruh dunia dan terus menerus mengakses akun instagram setiap hari.

Tidak hanya itu, akun instagram business juga memiliki beberapa keuntungan lain yang bisa digunakan untuk promosi bisnis dengan maksimal.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan saat melakukan promosi melalui akun instagram business.

Jangkauan Pengguna yang Lebih Luas

Instagram menjadi salah satu social media yang memiliki 1 miliar pengguna aktif yang terus bertambah setiap hari dengan.

Pengguna aktif tersebut tentunya memiliki interaksi satu sama lain dengan memberikan like, komentar, atau share ke postingan yang di unggah di instagram.

Sehingga membuat akun instagram business tentunya akan memperkuat visual branding dengan tampilan konten instagram yang unik dan menarik.

Kemudahan Interaksi dengan Konsumen Secara Online

Ketika anda membuka akun instagram dan membuka konten yang disukai tentunya anda akan diberikan pilihan untuk memberikan interaksi berupa likes, komen, atau membagikan konten tersebut ke orang lain yang memiliki minat yang sama.

Interaksi dua arah tersebut tentunya menguntungkan bagi kreator untuk mendekatkan diri dengan konsumen yang dimiliki sehingga dapat dengan mudah menawarkan berbagai produk dan promosi.

Sementara bagi konsumen sendiri, pemberian interaksi tersebut dapat membantu konsumen untuk mengungkapkan perasaannya saat melihat konten yang diunggah dengan memberikan komentar yang relevan.

Di sisi lain, apabila konsumen menemukan keluhan dengan produk yang dibeli maka pembeli bisa menyampaikannya melalui kolom direct message sehingga bisa dilayani langsung oleh pelaku usaha sehingga bisa mendapatkan layanan yang maksimal,

Kolaborasi dengan Influencer Terkenal

Saat melakukan promosi di akun instagram business tentunya anda dapat menemukan berbagai pilihan yang unik dan menarik.

Pertama menggunakan instagram ads dimana anda bisa mengunggah konten promosi ke konsumen yang diinginkan dengan pilihan penayangan dan konsumem yang bisa diatur sendiri.

Namun, jika anda ingin lebih cepat dikenal oleh pengguna instagram maka melakukan kolaborasi dengan influencer terkenal bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan brand awareness produk anda.

Instagram sendiri memfasilitasi kolaborasi tersebut dengan memberikan fitur instagram branded content serta collaboration post dimana postingan promosi anda akan diberikan tanda khusus sehingga lebih menarik di mata konsumen.

Selain itu, dengan menggunakan layanan instagram collaboration post maka konten anda akan diunggah di dua tempat sekaligus, yakni akun anda dan influencer tersebut sehingga dapat memberikan insight yang lebih besar.

pexels kerde severin 1542252 4

Fitur Instagram Business

Akun instagram business kini telah menjadi salah satu media yang banyak digunakan oleh kreator serta akun bisnis yang melakukan promosi di instagram.

Hal ini dikarenakan halaman profil instagram business dapat meningkatkan kepercayaan pengguna instagram sehingga memberikan alasan lebih untuk mengikuti akun instagram yang telah anda buat.

Tidak hanya itu, akun instagram business juga memiliki beberapa fitur khusus yang tidak ditemukan oleh akun instagram pribadi dan tentunya menguntungkan bagi pebisnis yang melakukan promosi di instagram.

Berikut beberapa fitur-fitur instagram business yang bisa anda gunakan untuk optimasi akun instagram secara optimal.

Capture 1 1

Promosi yang Maksimal Melalui Instagram Ads

Beberapa kreator instagram mungkin menganggap mengunggah konten instagram yang sesuai dengan target konsumen dapat membantu memperluas jangkauan akun instagram dimiliki.

Strategi pemasaan organik ini memang bisa dicoba untuk promosi secara gratis sehingga pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan budget promosi yang banyak untuk memasarkan akun instagram yang dimiliki.

Meskipun begitu, mempromosikan akun instagram melalui iklan berbayar juga bisa dicoba untuk mengoptimalkan akun instagram yang anda miliki.

Hal ini dikarenakan kreator dapat memilih siapa saja pengguna instagram yang dapat melihat konten jualan anda sehingga promosi menjadi lebih sesuai.

Tidak hanya itu, jangkauan yang luas serta konten yang menarik tentunya dapat meningkatkan engagement dari konsumen yang anda miliki sehingga menarik calon konsumen yang lebih banyak.

Capture 2 1

Di sisi lain, Iklan instagram sendiri memiliki beberapa layanan yang bisa anda coba untuk promosi produk yang lebih maksimal, seperti penggunaan video yang bisa anda unggah di instagram reels atau instagram stories untuk jangkauan yang lebih luas serta tidak terlihat mengganggu di mata konsumen.

Kreator juga bisa membuat berbagai jenis iklan yang sesuai dengan keinginan, seperti promosi melalui foto yang kemudian di unggah di instagram feed dan story.

Tidak hanya itu, setelah konsumen melihat iklan yang anda pasang di akun instagram business maka pembeli akan lebih tertarik sehingga mengunjungi akun marketplace atau website yang anda miliki dengan mengakses link khusus yang tersedia di iklan call to action.

Capture 3 1

Instagram pun menyatakan bahwa sebanyak 87% penggunanya melakukan kegiatan lanjutan setelah melihat iklan di instagram, seperti mengunjungi akun profil instagram atau melihat produk yang dijual di website marketplace.

Promosi melalui instagram ads juga dinilai memudahkan pelaku usaha dalam memasarkan produk di instagram sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan dengan cepat.

Capture 4 1

Jualan di Akun Instagram Shopping

Berjualan melalui internet kini telah menjadi strategi yang jamak dilakukan oleh sebagian besar pelaku usaha, mengingat anda dapat menjangkau konsumen yang lebih luas melalui akun jualan online yang anda miliki.

Trend penjualan di internet juga semakin meningkat dari hari ke hari sehingga membuat konsumen memiliki pilihan membeli produk yang lebih luas.

Saat ini, melakukan jual beli melalui akun social media mulai menjadi trend di kalangan pengguna internet mengingat sebagian besar orang sudah memiliki setidaknya akun social media untuk melakukan interaksi dengan teman atau terhubung dengan komunitas minat yang disukai.

Di samping itu, pembeli juga tidak mau meninggalkan akun instagram yang telah dibuka untuk mengakses akun market place yang tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Melihat kebiasaan tersebut akhirnya instagram membuka layanan instagram shopping dimana penjual yang memiliki akun instagram business dapat menjual dan mempromosikan produk yang dimiliki serta pembeli dapat dengan mudah membeli produk tersebut tanpa perlu keluar dari instagram.

Kemudahan ini tentunya membuat pengguna instagram dapat melakukan belanja dengan mudah dan cepat tanpa perlu meninggalkan berbagai konten menarik yang tersedia di instagram.

Capture 38

Beberapa fitur lain yang dimiliki oleh instagram shopping adalah kemudahan dalam melakukan product tag di konten instagram sehingga konsumen dapat melihat secara detail produk yang anda jual sehingga lebih tertarik untuk melakukan pembelian di akun instagram shopping.

Tidak hanya itu, anda dapat mempromosikan produk yang anda jual dengan mudah serta sesuai dengan konsumen yang diinginkan melalui iklan instagram.

Anda juga bisa melakukan interaksi dengan pengikut instagram yang dimiliki melalui instagram shopping live yang dapat membawa konsumen untuk melakukan pembelian produk selama acara siaran langsung.

Kenalkan Brand dan Produk Melalui Instagram Profile

Bagi pengguna instagram, melakukan stalking akun instagram menjadi salah satu kebiasaan yang biasa dilakukan saat membuka akun instagram.

Melalui kegiatan tersebut, anda dapat menemukan berbagai akun instagram yang sesuai dengan minat anda serta konten yang menarik dan bisa diikuti agar tidak ketinggalan berbagai informasi terbaru.

Di sisi lain, saat membuka akun instagram tersebut tentunya anda akan melihat profil bisnis untuk melihat konten yang disajikan serta produk yang dijual sebelum mengikuti akun instagram tersebut.

Kebiasaan pengguna instagram inilah yang bisa kreator manfaatkan untuk menarik lebih banyak pengikut baru dengan membuat profil instagram menjadi lebih menarik dan keren di mata pengguna instagram.

Salah satu caranya adalah dengan mengisi secara lengkap berbagai informasi yang diminta oleh instagram untuk optimasi akun instagram.

Beberapa data penting yang sebaiknya anda isi di halaman instagram profile adalah nomor telefon dimana konsumen bisa menghubungi anda saat melakukan pemesanan produk atau reservasi tempat.

Anda juga bisa memberikan beberapa deskripsi yang dapat membantu konsumen dalam mengenali produk anda dengan lebih mudah dengan informasi jam buka atau produk yang anda jual.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menyertakan link khusus yang berisi berbagai akun social media, website market place, atau produk yang anda miliki sehingga bisa melihat dan memilih produk terlebih dahulu sebelum membelinya.

photo1658110514

Salah satu akun instagram business yang memanfaatkan halaman instagram business profile adalah @reddog.id yang mendeskripsikan produk yang dijual, kontak yang bisa dihubungi, serta informasi lain yang bisa konsumen pertimbangkan sebelum membeli produk tersebut.

Analisa Perfoma Konten Instagram Melalui Instagram Insights

Setelah mengunggah berbagai konten instagram tentunya anda ingin melihat perfoma akun instagram anda sehingga bisa melihat apakah postingan yang diunggah sudah dapat menjangkau konsumen yang sesuai atau membutuhkan pembaruan lain.

Namun, untuk menganalisa berbagai konten tersebut tentunya anda tidak perlu melihat jumlah interaksi di setiap postingan di instagram yang tentunya akan memakan waktu yang lebih lama serta jumlah perhitungan yang mungkin tidak sesuai kenyataan.

Karenanya untuk membantu kegiatan analisa kreator maka instagram memberikan layanan instagram insight dimana anda bisa melihat kinerja akun instagram anda dalam jangka waktu tertentu sehingga mempersingkat waktu dalam bekerja serta penghitungan yang lebih akurat.

Beberapa informasi yang anda dapatkan di halaman instagram insight adaah peningkatan dan penurunan jumlah followers dalam jangka waktu tertentu sehingga anda bisa mengetahui faktor yang membuat mereka berhenti mengikuti akun instagram anda.

Di sisi lain, anda juga diberikan informasi mengenai konten yang disukai oleh pengguna instagram sehingga bisa anda manfaatkan sebagai konten utama yang dapat menarik lebih banyak pelanggaan ke akun instagram anda.

Bagian paling penting darii halaman instagram insight adalah data waktu aktif konsumen yang akan memperlihatkan waktu-waktu khusus saat pengikut anda melakukan aktivitas di instagram yang bisa anda gunakan untuk mengunggah konten yang telah dibuat.

Dengan mengunggah konten instagram di waktu aktif konsumen tentunya akan membuka peluang untuk mendapatkan lebih banyak perhatian audiens dibandingkan saat melakukan upload konten di waktu-waktu tertentu.

pexels pixabay 276923 3

Cara Membuat Akun Instagram Business

Setelah mengetahui berbagai keuntungan serta fitur yang ditawarkan oleh akun instagram business maka inilah saatnya untuk membuat akun business untuk promosi bisnis yang lebih maksimal.

Instagram sendiri memiliki tiga jenis akun instagram yakni, akun instagram pribadi untuk pengguna yang sekedar ingin mengikuti orang lain yang sesuai minat atau kenalan anda, akun kreator bagi yang ingin mengeluarkan karya serta kreativitas di instagram, atau instagram untuk bisnis untuk pelaku bisnis yang memiliki bisnis online,

Meskipun begitu, ketiga akun tersebut bisa dibuat dengan mudah serta cepat dengan beberapa langkah berikut :

  • Pertama, masuk ke website instagram atau aplikasi instagram yang ada di handphone atau personal computer.
  • Kedua, anda bisa mendaftarkan akun anda melalui akun facebook atau alamat email yang anda miliki.
  • Ketiga, Instagram akan melakukan verfikasi ke alamat email atau nomor telepon yang anda daftarkan.
  • Keempat, masuk ke halaman profile lalu klik ikon pengaturan dimana pada bagian account anda bisa mengubah akun instagram anda ke mode business.
  • Kelima, pilih kategori yang sesuai dengan bisnis anda kemudian klik business
  • Keenam, akun instagram business anda sudah selesai dibuat dan kreator tinggal memasukkan berbagai informasi penting serta memberikan instagram profile untuk tampilan awal yang menarik.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan optimasi akun instagram agar halaman instagram business anda semakin dilirik oleh pengguna instagram.

pexels kerde severin 1542252 5

Tips Menggunakan Akun Instagram Business

Saat menggunakan layanan instagram business atau mengunggah konten promosi maka bagian penting yang bisa anda lakukan adalah mengetahui apa yang ingin pengguna instagram cari saat membuka akun instagram anda.

Hal ini dikarenakan saat anda membuka aplikasi instagram tentunya anda akan menemukan berbagai jenis konten mulai dari video tutorial memasak, foto liburan keluarga, atau gambar hewan-hewan lucu nan menggemaskan.

Karenanya agar akun instagram anda dapat dilirik oleh orang lain maka anda bisa memberikan alasan kuat mengapa konsumen harus mengikuti akun anda dengan berbagai konten yang anda sajikan.

Beberapa tips berikut akan membantu memaksimalkan penggunaan akun instagram business anda untuk mendapatkan lebih banyak pengikut baru serta interaksi dengan pengguna instagram yang anda ingginkan.

Ketahui Alasan Membuat Akun Instagram Business

Setelah membuat akun instagram business maka penting bagi anda untuk mengetahui tujuan membuat akun tersebut, apakah meningkat brand awareness, membangun komunitas konsumen, memperlihatkan nilai brand dan produk anda, atau menjual produk dan layanan yang dimiliki.

Hal ini dilakukan mengingat banyak akun instagram business yang akhirnya berhenti di tengah jalan sebab pengguna hanya menggunggah konten tanpa mengetahui tujuan membuat akun tersebut.

Guna menentukan tujuan tersebut maka anda bisa menuliskannya dan melihat performa akun instagram anda dari waktu ke waktu untuk melihat apakah konten anda sudah sesuai dengan tujuan yang ingin anda capai.

Pemberian tujuan tersbeut juga akan membantu anda saat membuat campaign tertentu di instagram sehingga dapat mengetahui strategi pemasaran yang tepat dan sesuai.

Buat Konten yang Menarik

Sebagai social media yang terkenal dengan tampilan estetik maka penting bagi kreator untuk membuat tampilan konten instagram yang menarik.

Hal ini dikarenakan pengguna instagram akan lebih tertarik pada konten yang memiliki tampilan yang estetik dibandingkan tampilan yang terlihat sekedarnya.

Meskipun begitu, dalam mengembangkan akun instagram business tentunya kreator tidak hanya memikirkan keindahan konten instagram namun mengetahui tampilan yang ingin anda perlihatkan ke konsumen anda serta menjadi ciri khas tersendiri yang membedakan dengan akun instagram lain.

Dalam membuat tampilan instagram maka anda bisa memberikan brand guidelines yang akan menjadi patokan dalam setiap membuat konten instagram,

photo1658113876

Salah satunya akun instagram @phd_id yang menampilkan konten instagram dnegan berbagai tampilan produk yang dijual dan tentunya menarik perhatian konsumen di pandangan pertama.

Guna mempercantik tampilan konten instagram anda maka kreator juga bisa memilih warna tampilan yang sesuai dengan menambahkan tulisan yang dapat menjelaskan isi konten dengan baik.

photo1658114110

Strategi ini dilakukan oleh akun @pritaghozie yang memberikan tulisan pada setuap konten yang diunggah guna memudahkan pengikutnya untuk membaca konten yang diunggah sehingga tidak memakan waktu dalam membuat caption yang panjang.

Selain itu, penggunaan warna yang konsisten juga akan membantu konsumen untuk membedakan akun instagram anda dengan yang lainnya sehingga mudah dikenali oleh orang lain.

Unggah Konten Secara Konsisten

Salah satu cara lain yang dapat membantu mengoptimalkan akun instagram business anda adalah mengunggah konten secara konsisten setiap hari.

Melakukan upload postingan instagram di waktu yang telah ditentukan akan membantu agar terus terlihat di halaman timeline instagram konsumen anda sehingga membuat mereka selalu teringat dengan brand dan produk anda.

Selain itu, instagram juga terus menerus memperlihatkan konten yang terus menerus konsumen sukai melalui interaksi yang mereka lakukan di instagram.

Hal ini dibantu dengan cara kerja algoritma instagram yang menghitung aktivitas konsumen dan menampilkan konten yang mereka sukai, sehingga mengunggah konten secara konsisten akan memberikan peluang untuk tampil di hadapan mereka dan melakukan interaksi dari konten yang anda unggah.

Semakin banyak interaksi yang dilakukan maka semakin sering konten anda tampil di halaman instagram feed.

Kreator juga bisa mengunggah konten secara konsisten dengan membuat penjadwalan konten instagram serta mengunggah konten secara otomatis melalui scheduled post sehingga anda tetap aktif meskipun disibukkan dengan berbagai kegiatan lain.

Dengan menggunakan fitur instagram bisnis schedule post maka konten anda akan terlihat di waktu aktif konsumen secara konsisten tanpa perlu takut ketinggalan jadwal penayangan postingan instagram.

Sumber:

https://sproutsocial.com/insights/instagram-for-business/

https://business.instagram.com/blog/coming-soon-new-instagram-business-tools/

https://buffer.com/library/instagram-for-business-tips/

20 Business Instagram Account Benefits That Will Fuel Your Growth – MobileMonkey

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.