pexels pixabay 159435 4

Ide Instagram Caption Menarik Untuk Berbagai Kebutuhan

Ketahui cara tepat untuk membuat instagram caption yang menarik perhatian konsumen serta pengunjung akun instagram anda.

Salah satu daya tarik dari konten instagram adalah tampilan konten yang estetik dan memikat, tidak hanya itu penggunaan instagram caption juga penting di setiap unggahan konten.

Hal ini dikarenakan instagram caption dapat menjelaskan isi konten dengan jelas serta mendorong konsumen untuk memberikan interaksi yang membantu untuk menaikkan engagement akun instagram anda.

Di sisi lain, perbedaan isi dan tujuan konten menjadikan instagram caption yang disajikan juga berbeda.

Karenanya berikut beberapa strategi membuat instagram caption beserta contoh pendukungnya.

instagram caption

Tips dan Cara Membuat Instagram Caption

Sebagai seorang content writer yang mengurus social media, tentunya salah satu tanggung jawab anda adalah membuat konten instagram yang memikat namun tidak bertele-tele.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mendapatkan perhatian target audiens dengan penggunaan gaya bahasa yang menarik dan sesuai dengan selera mereka.

Namun tanggung jawab tersebut bisa diatasi bila anda mengetahui tips dan cara membuat instagram caption yang unik dan menarik.

Gunakan Instagram Caption Sebagai Deskripsi Konten

Sebuah gambar mungkin dapat menjelaskan ribuan kata yang tak tersampaikan sehingga anda membutuhkan instagram caption untuk memberikan konteks pada konten yang anda unggah.

Apalagi jika anda mempromosikan sebuah produk baru yang tentunya perlu instagram caption yang menjelaskan deskripsi barang dengan jelas

Sehingga anda bisa menggunakan instagram caption untuk mendeskripsikan sebuah konten ke pengikut anda, menjelaskan alasan membagikan konten tersebut ke audience, serta membuat pengikut anda memberikan komentar pada unggahan tersebut.

photo1660182344 1

Penggunaan instagram caption sebagai deskripsi konten juga biasa digunakan oleh akun instagram @annisast yang menjelaskan isi postingannya dengan model storytelling yang membuat pengikutnya mudah memahmi isi konten serta membacanya hingga akhir, sehingga tidak terlihat membosankan.

Ditambah lagi penggunaan kalimat call to action di akhir instagram caption juga membuat pengikutnya akhirnya membagikan konten tersebut ke pasangan untuk kemudian dibaca dan dimaknai bersama-sama.

Buatlah Draft Instagram Caption Terlebih Dahulu

Setelah memotret sebuah obyek produk atau mengedit konten promosi, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuat instagram caption.

Sayangnya proses ini terkadang membutuhkan waktu lama untuk mengumpulkan informasi yang relevan, memilih kata-kata yang tepat, serta menghubungkannya menjadi instagram caption yang tepat.

Karenanya sebelum menuliskan instagram caption anda di kolom caption, maka anda bisa membuat draftnya terlebih dahulu untuk melihat apakah isi konten sudah sesuai sehingga anda tidak perlu merevisinya kembali setelah diunggah di instagram.

Cara ini juga mencegah timbulnya kesalahan penulisan yang tentunya merugikan anda dalam mengembangkan akun instagram brand.

Anda tidak perlu terburu-buru dalam membuat instagram caption, cukup duduk tenang dan temukan tempat yang jauh dari keramaian agar anda lebih mudah berkonsentrasi, pastikan juga untuk melakukan diskusi dengan teman kerja untuk menentukan konten yang terbaik.

Jangan Membuat Caption yang Terlalu Panjang

Meskipun instagram memiliki jumlah kata yang banyak dan mampu menampung semua tulisan anda, namun instagram caption yang pendek namun bermakna justru menarik perhatian konsumen.

Hal ini dikarenakan pengguna instagram biasanya memberikan perhatian pada paragraf awal instagram caption kemudian melanjutkan ke kalimat selanjutnya apabila kata pembuka terasa menarik.

Karenanya penting bagi kreator untuk membuat caption yang tidak terlalu panjang namun berkesan bahkan membuat pembaca anda terbayang-bayang meskipun tidak lagi membacanya.

photo1660179609

Seperti yang dilakukan oleh akun instagram @biasalahanakmuda yang membuat caption yang menjelaskan isi konten dengan singkat namun mudah dicerna oleh pembacanya.

Meskipun begitu, anda juga tetap bisa memanfaatkan jumlah kata di instagram caption dengan maksimal apabila anda ingin menuliskan informasi penting, seperti berita, giveaway, atau ulasan produk tertentu.

photo1660180122

Salah satunya yang dilakukan oleh akun berita @kumparan yang memberitakan sebuah berita dengan caption instagram yang panjang dan detail untuk menjelaskan isi berita ke pengikutnya.

Sertakan CTA Saat Menulis Instagram Caption

Salah satu cara untuk meningkatkan potensi konten instagram dan interaksi dengan pengguna instagram adalah penggunaan kalimat call to action di instagram captionyang membuat pembaca mengikuti arahan yang anda berikan, seperti memberikan pendapat atau membagikan konten tersebut ke orang lain.

Contohnya adalah dengan menambahkan kalimat “klik like jika anda menyukai konten ini” atau “yuk kasih pendapat anda di kolom komentar”

photo1660180631

Hal ini juga dilakukan oleh akun instagram @makeoverid yang memberikan kalimat call to action di akhir caption instagram untuk menarik pengikutnya untuk memilih warna lipstik yang cocok untuk kebutuhan.

Tidak hanya memberikan kalimat call to action untuk menarik minat konsumen, namun anda juga sebaiknya membalas berbagai komentar yang masuk untuk mendekatkan diri dnegan konsumen yang dimiliki.

Semakin sering interaksi dilakukan maka akan menimbulkan rasa loyalitas serta royalitas terhadap konsumen ke produk anda sehingga dapat membantu untuk menaikkan penjualan.

Gunakan Hashtag Instagram dengan Bijak

Di instagram sendiri, hashtag memiliki peran yang sama di Twitter dan Facebook, hal ini dapat mengikat percakapan di pengguna yang berbeda.

Hal ini bisa terjadi apabila akun instagram anda berada di mode publik sehingga seseorang yang menggunakan tagar tersebut dapat menemukan konten anda dengan mudah.

Hashtag sendiri berguna untuk menghubungkan pengguna instagram yang tidak terhubung satu sama lain namun memiliki ketertarikan pada topik, event, serta brand yang sama.

Di sisi lain, sama seperti instagram caption yang memiliki jumlah kata yang cukup banyak, hal ini juga terjadi pada hashtag.

Penggunaan hashtag instagram sendiri bisa digunakan hingga 30 tagar dengan isi tagar yang berkaitan dengan isi konten.

Meskipun begitu, anda juga perlu bijak dalam menggunakan hashtag instagram, agar konten anda masuk ke dalam kategori yang tepat sehingga mudah ditemukan oleh target konsumen yang diinginkan.

Sehingga dalam menambahkan hashtag instagram, anda sebaiknya memasukkan sekitar 4 tagar yang berkaitan dengan produk dan brand anda.

Penggunaan hashtag instagram yang terlalu banyak dan relevan akan membuat konten anda terlihat spam sehingga kurang menaik untuk dilihat sehingga dicurigai oleh Instagram.

Pastikan juga menggunakan tagar instagram berada di akhir caption sehingga tidak mengganggu seseorang yang ingin membaca konten anda.

photo1660181731

Seperti yang dilakukan oleh akun instagram @indomaret yang menggunakan branded hashtag instagram di akhir caption, sehingga tidak mengganggu pemandangan pembaca serta mudah dicari oleh konsumen.

Gunakan Brand Voice 

Sebelum membuat konten di social media, biasanya sebuah tim marketing akan membuat panduan khusus yang harus dipatuhi oleh kreator dalam proses pembuatan konten.

Panduan ini akan membantu memberikan ciri khas sendiri pada konten instagram sehingga mudah dikenali oleh konsumen lain serta membedakan dengan kompetitor lain.

Penggunaan brand voice juga akan membantu anda dalam membuat konten yang sesuai dengan target konsumen serta tujuan pembuatan konten instagram.

Pemberian brand voice di caption ini akan membantu anda untuk membuat konten yang konsisten tidak hanya di instagram, namun juga twitter, facebook, artikel, atau email marketing ke konsumen.

photo1660183077

Hal ini juga dilakukan oleh akun instagram @starbucksindonesia yang konsisten menbuat instagram caption promosi dengan tone yang sama, sehingga mudah dikenali dan dipahami oleh konsumen yang membaca konten tersebut.

Namun jika anda belum membuat brand voice untuk konten social media anda maka anda bisa memulai dengan mengetahui target konsumen yang sesuai serta melakukan uji coba pada setiap gaya bahasa yang sesuai.

Kolaborasikan dengan Emoticon atau Akronim Kekinian 

Penggunaan instagram caption yang panjang dan berisi banyak kalimat, mungkin saja menimbulkan rasa bosan bagi pembacanya.

Karenanya agar instgram caption anda semakin unik dan menarik, maka yang bisa anda lakukan adalah menambahkan emoticon atau akronim kekinian yang banyak digunakan oleh pengguna instagram.

Dengan menggunakan dua unsur tersebut maka pembaca seperti membaca instagram caption di akun teman bukan akun brand tertentu.

Sehingga akan lebih mudah bagi anda untuk membangun kedekatan dengan konsumen dengan menggunakan instagram caption yang menggunakan bahasa sehari-hari.

Namun dalam menggunakan istilah tertentu di instagram caption, pastikan untuk menempatkannya di tata bahasa yang sesuai sehingga tidak menimbulkan misspersepsi.

photo1660183765

Seperti yang dilakukan oleh akun instagram @kulinersurabaya yang menggunakan emoticon untuk mendekatkan diri ke pengikutnya serta penggunaan emoticon pin untuk memberikan keterangan mengenai lokasi tertentu.

Oh ya, jangan lupa juga menggunakan hashtag instagram yang relevan agar konten kamu mudah ditemukan oleh pengguna lain yang memiliki minat yang sama.

Buatlah Caption yang Lucu

Dibandingkan membuat instagram caption yang panjang dan formal, penggunaan caption yang lucu malah mudah dipahami oleh pembaca.

Hal ini dikarenakan seseorang membutuhkan hiburan saat membuka akun instagram, sehingga membutuhkan caption lucu yang menghibur dan mampu membuat mereka membaca caption hingga akhir.

Caption yang singkat namun lucu juga memudahkan pembaca untuk memahami isi pesan yang disampaikan bahkan mengikuti arahan yang anda berikan.

Untuk membuat instagram caption yang lucu maka anda bisa menambahkan istilah yang sedang tren dan biasa digunakan oleh konsumen anda agar lebih mudah dipahami.

Penambahan emoticon disela-sela kalimat juga membuat instagram caption anda terlihat lebih menarik serta segar untuk dibaca.a

Anda juga bisa membuat caption lucu menggunakan mode storytelling, sehingga pembaca seperti melakukan percakapan dengan sebaya dibandingkan membaca konten promosi.

photo1660185623

Hal ini dilakukan oleh akun instagram @teukuwisnu yang mempromosikan sebuah produk melalui instagram caption yang menggunakan variasi bahasa campuran, sehingga membuat pengikutnya tidak terlihat membaca konten promosi namun malah tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan.

Gunakan Instagram Caption Untuk Membangun Komunitas 

Keberadaan instagram caption tidak hanya membantu untuk mendeskripsikan isi konten, namun juga bisa digunakan untuk membangun kedekatan dengan komunitas yang ingin anda tuju.

Jika kamu ingin membangun kedekatan dengan konsumen maka contoh instagram caption ini bisa anda coba.

Gunakan Caption yang Bersifat Personal

Sebagai pengguna instagram, tentunya kita lebih menyukai konten yang bersifat cerita dan melibatkan pengalaman kita ke dalam instagram caption.

Dengan membaca instagram yang menceritakan suatu kejadian, biasanya anda akan mendapatkan perhatian lebih karena konsumen anda biasanya akan mengalami hal yang sama.

Karenanya untuk membangun kedekatan dengan konsumen, maka anda bisa mulai membuat instagram caption yang melibatkan permasalahan konsumen atau bahkan pengalaman anda.

Hal ini biasa digunakan oleh akun instagram @finansialku yang menggabungkan cerita dari konsumen menjadi konten instagram yang tentunya juga dialami oleh banyak pengikutnya.

Sehingga akun @finansialku juga menjelaskan isi konten dengan mendeskripsikannya melalui instagram caption yang juga memberikan nasihat serta kalimat call to action, agar konsumen yang memiliki masalah yang sama juga terbantu dengan mengakses layanan yang diberikan.

Strategi bercerita ini juga biasa digunakan oleh influencer instagram untuk mendekatkan diri dengan pengikutnya sehingga membuat mereka merasa terikat satu sama lain.

Gunakan Komunikasi Dua Arah 

Guna meningkatkan interaksi dengan konsumen, tentunya anda perlu membuat instagram caption yang mampu membuat mereka tergerak untuk memberikan interaksi berupa komentar atau likes.

Salah satunya adalah membuat caption dan konten instagram yang berisi tentang konten tanya jawab sehingga terjadi komunikasi dua arah yang menyenangkan serta mampu meningkatkan engagement.

photo1660187209

Hal ini dilakukan oleh akun instagram @nivea_id yang menjelaskan alasan menggunakan produk sunscreen yang dimilki sembari membagikan kelebihan produk dibandingkan kompetitor lain.

Tidak lupa pemberian kalimat call to action di akhir caption yang dapat memancing konsumen untuk memberikan komentar mengenai tipe sunscreen yang dimiliki.

Lakukan Tag A Friend

Saat mengikuti sesi giveaway biasanya anda akan menemukan persyaratan yang meminta anda untuk melakukan tag a friend dengan jumlah tertentu.

Syarat itu diberikan agar semakin banyak orang yang berpartisipasi pada sesi giveaway tersebut sehingga konten yang diadakan semakin sukses.

Tidak hanya itu, pemberian tag a friend juga akan membantu meningkatkan engagement konten dengan mengajak beberapa orang untuk masuk ke dalam akun anda serta memberikan peluang untuk menambah pengikut yang lebih banyak dari orang yang diajak dan belum mengenal akun instagram anda.

photo1660188226

Hal ini dilakukan oleh akun instagram @toyotasetiajayaid yang meminta konsumen untuk mengikuti sesi giveaway dengan persyaratan melakukan tag pada 3 orang tertentu.

Instagram Caption Behind the Scene

Sebagai penggemar sebuah brand atau produk tertentu, anda pastinya tidak mau ketinggalan informasi terbaru mengenai perkembangan brand kesukaan anda sehingga mengikuti semua akun sosial media yang dimiliki.

Hal ini juga terjadi pada penggemar brand anda yang tentunya senang mengikuti berbagai perkembangan informasi terbaru mengenai produk yang disukai.

Rasa suka tersebut bisa anda manfaatkan dengan mengunggah konten behind the scene mengenai event atau perilisan produk yang anda miliki.

Dengan mengetahui informasi tersebut dan dibalut dengan instagram caption yang menarik akan membantu meningkatkan rasa loyalitas dan royalitas konsumen terhadap produk anda.

photo1660188828

Salah satu contoh instagram caption untuk konten behind the scene adalah postingan dari akun instagram @somethincofficial yang mengunggah proses peluncuran produk terbaru diiringi dengan instagram caption yang ringkas dan menimbulkan rasa penasaran.

Brand ini juga memberikan tanggal perilisan produk yang akan membuat konsumen menunggu produk tersebut disebar ke konsumen.

photo1660189105

Namun, jika anda ingin membuat instagram caption untuk konten pembukaan cabang terbaru, maka caption dari akun @femaledailynetwork ini bisa anda coba.

Dengan menggunakan pemilihan kata yang menyentuh dengan tambahan konten yang menceritakan behind the scene perilisan produk, membua konsumen merasa menjadi bagian dari brand tersebut.

Instagram Caption Untuk Kolaborasi Konten

Dalam pengembangan sebuah produk atau brand, maka kegiatan kolaborasi dengan merk tertentu sudah biasa dilakukan untuk memberikan inovasi baru serta menyasar konsumen yang lebih luas.

Semakin unik kolaborasi produk maka akan mencuri perhatian banyak orang serta memikat konsumen yang sudah menyukai produk anda.

Seperti yang dilakukan oleh brand makeup Implora serta brand makanan Relaxa yang melakukan kolaborasi untuk menciptakan produk baru.

Namun dalam perilisan produk tersebut, anda tidak hanya memberikan konten gambar yang menarik perhatian, namun perlu ditambahkan juga instagram caption yang dapat memikat hati konsumen untuk mencobanya.

photo1660189579

Salah satu contohnya pada perilisan produk implora dengan relaxa yang mengenalkan produk mereka dan menjelaskan hasil warna yang akan dihasilkan sehingga konsumen bisa membayangkan terlebih dahulu sebelum mencobanya.

photo1660189837

Jangan lupa juga untuk menyertakan kalimat call to action yang akan membuat konsumen berminat untuk membeli produk yang ditawarkan.

photo1660189874

Tidak hanya itu, anda juga bisa meminta testimoni influencer yang memiliki minat yang sama dengan produk anda sehingga pengikutnya juga penasaran untuk mencoba produk tersebut.

Pemberian testimoni juga bisa disertakan dengan kalimat call to action bagi konsumen yang memiliki pendapat yang sama untuk memberikan double tap di konten tersebut untuk mendapatkan engagement berupa jumlah like yang lebih banyak.

Instagram Caption Untuk Konten Edukasi

Dalam pengembangan akun instagram, tentunya anda tidak hanya mengunggah konten promosi yang berisi pengenalan produk-produk yang anda miliki atau baru saja diluncurkan di pasar.

Namun anda juga bisa mengunggah konten edukasi yang berisi pengenalan manfaat dan kelebihan produk untuk meningkatkan brand awareness kepada brand serta produk yang anda miliki.

Tujuan yang berbeda pastinya akan menghasilkan isi cpation instagram yang berbeda satu sama lain.

Salah satu contohnya apabila anda mengunggah konten hiburan maka anda cukup menggunakan instagram caption yang pendek namun lucu.

Sedangkan saat anda mengunggah instagram caption untuk konten edukasi maka anda bisa memaksimalkan penggunaan kolom caption dengan memberikan deskripsi yang lebih panjang.

Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman diantara konsumen serta pembaca anda akan mendapatkan pengetahuan baru yang relevan dengan minat yang dimiliki.

photo1660190460

Seperti yang dilakukan oleh akun instagram @koreanaestheticskincare_id yang menaungi produk perawatan wajah bernama AHC, dimana salah satu konten instagramnya menjelaskan kandungan produk yang dimiliki.

Konten edukasi yang menarik ditambah dengan instagram caption yang menjelaskan isi postingan, dapat membuat konsumen lebih percaya pada produk tersebut serta menjadi daya tarik bagi pengguna instagram yang melihat postingan tersebut.

Instagram Caption Untuk Konten Quote

Di saat hari terasa buruk dan butuh asupan energi berupa motivasi maka konten quotes yang tersebar di social media bisa menjadi penyembuh yang cepat.

Sehingga konten quote tersebut juga bisa digunakan sebagai variasi konten agar konsumen anda merasa terhibur atau bersemangat dalam menjalani hari.

Selain itu, anda bisa mengunggah konten quote yang memiliki kaitan dengan campaign yang anda miliki sehingga mendukung untuk promosi brand atau produk.

Dalam proses pembuatan konten quote, anda bisa mengambil postingan dari orang lain yang tentunya diiringi dengan credit title sehingga mempertahankan originalitas konten.

Tidak hanya itu, saat membuat instagram caption quote maka pastikan anda juga merasakan pesan yang akan disampaikan sehingga hasil dari caption akan lebih menyentuh hati pembaca.

Penggunaan kata-kata metafora juga bisa dimasukkan agar hasil instagram caption menjadi lebih keren.

Sumber:

50+ Instagram Caption Ideas to Engage your Audience | Sprout Social

How to Write Good Instagram Captions: 9 Bookmarkable Tips for Perfecting Your Copy (hubspot.com)

445 Best Instagram Captions for 2022: Good, Cool, Funny, & Cute (hubspot.com)

How to Write Great Instagram Captions: 9 Tips With Examples (2022) (shopify.co.id)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.