ide konten instagram collab post

Ide Instagram Collaboration Post Untuk Brand dan Influencer

Manfaatkan fitur instagram collaboration post untuk kolaborasi promosi dengan influencer yang lebih optimal.

Instagram tidak hanya menjadi social media yang berguna untuk menjalin hubungan dengan teman atau mengunggah konten yang menarik.

Seiring dengan berjalannya waktu, Instagram telah menjadi media promosi yang efektif dengan kehadiran influencer yang memiliki masa yang besar serta loyalitas yang tinggi.

Jika dahulu anda hanya meminta influencer untuk mengunggah konten promosi tertentu di social media anda, maka anda kini bisa naik pangkat dengan menggunakan fitur instagram collaboration post.

Dimana sebuah konten promosi atau campaign akan muncul di dua tempat sekaligus sehingga membantu meningkatkan interaksi serta jangkauan konten social media.

Strategi ini tentunya menguntungkan bagi akun instagram brand baru yang ingin meningkatkan jangkauan konten serta menambah jumlah pengikut dengan cepat.

Sebelum itu, ketahui dulu cara menggunakan fitur collaboration post serta ide konten yang sesuai.

https://youtube.com/watch?v=xDxtxUzM8K4%3Fstart%3D3

Cara Menggunakan Instagram Collaboration Post

Pernahkah anda melihat konten di akun instagram brand yang mencantumkan postingan dari influencer lain?

Yup, konten tersebut merupakan hasil dari fitur instagram collaboration post dimana sebuah konten akan muncul di dua tempat sekaligus, yakni akun instagram brand dan influencer.

Keberadaan instagram collaboration post ini juga menguntungkan bagi akun instagram brand untuk meningkatkan jumlah pengikut dan interaksi secara mudah dan cepat.

Tidak hanya itu, sebuah konten instagram collaboration post juga membantu memberikan brand awareness pada suatu akun instagram di mata penguna instagram yang mengikuti akun influencer yang diajak kerjasama konten.

Namun, sebelum membuat konten instagram collaboration post maka ketahui dulu tutorial pembuatan kontennya terlebih dahulu.

Apa Itu Instagram Collaboration Post

Layanan instagram collaboration post merupakan fitur yang dikenalkan oleh Instagram dimana anda bisa mengundang seseorang untuk melakukan kolaborasi melalui instagram post atau reels.

Dimana akun instagram brand akan mengundang influencer tertentu untuk bergabung pada konten yang akan diunggah agar bisa tampil di dua tempat sekaligus

Tidak hanya itu, anda juga akan mendapatkan interaksi dan jangkauan yang sama dengan akun instagram influencer yang akan anda ajak kerjasama.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi akun instagram brand untuk meningkatkan hasil insight, serta menjangkau pengguna instagram yang lebih banyak.

Seperti yang dilakukan oleh influencer makanan @surabayafoodies yang melakukan kolaborasi konten dengan akun instagram brand makanan melalui konten instagram reels.

Konten video yang menarik serta pengikut setia yang dimiliki menjadikan kolaborasi dengan influencer tertentu akan meningkatkan jumlah pengikut, interaksi, serta jangkauan akun instagram brand yang baru saja merintis.

Cara Menggunakan Instagram Collaboration Post

Penggunaan layanan instagram collaboration post yang berbeda dari fitur lainnya menjadikan kreator perlu mengetahui cara mengunggah konten kolaborasi yang tepat.

Karenanya berikut langkah-langkah mengunggah konten instagram collaboration post yang mudah dan cepat.

Kirim Permintaan Kolaborasi

Langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum menggunakan layanan instagram collaboration post adalah menentukan influencer yang akan anda ajak kerjasama.

Anda bisa menghubungi kembali influencer yang pernah bekerja sama dengan anda atau mencari influencer baru yang memiliki minat yang sama dengan industri anda dan sedang naik daun.

Setelah menemukan budget dan konten yang tepat maka anda bisa mengajak mereka untuk membuat konten instagram collaboration post.

Pertama, anda bisa mengunggah konten instagram yang telah anda sepakati sebelumny, baik dalam bentuk postingan dan reels, kemudian pada halaman caption maka lakukan klik pada ikon tag people.

Di bagian pojok kanan bawah, anda akan menemukan ikon invite collaborator kemudian ketikkan nama influencer yang telah anda ajak sebelumnya.

Kedua, setelah anda menemukan akun instagram influencer tersebut maka bagikan konten seperti biasa dan influencer tersebut akan mendapatkan permintaan di halaman direct message dan kemudian mereka bisa melakukan klik pada ikon accept pada konten tersebut.

Postingan kolaborasi tersebut akan muncul apabila influencer telah menyetujui konten yang akan anda unggah.

Cara Menerima Permintaan Kolaborasi

Kreator akun instagram brand terkadang tidak hanya mengirimkan permintaan postingan konten ke influencer lain, namun bisa saja mereka mendapatkan kiriman permintaan dari influecer yang membuat konten kolaborasi sendiri.

Jika hal itu terjadi dengan anda maka kreator akan mendapatkan permintaan melalui halaman direct message dan kemudian melakukan klik pada ikon accept.

Konten instagram collaboration post akan muncul setelah anda menerima permintaan kolaborasi konten.

Cara Menambahkan Akun Instagram Setelah Konten Diunggah

Tidak seperti fitur tagging dimana anda bisa menambahkan akun instagram lain setelah mengunggah konten instagram, maka hal ini tidak berlaku pada fitur instagram collaboration post.

Sehingga jika anda lupa untuk menyertakan akun instagram influencer lain maka anda harus menghapusnya dan mengunggah ulang postingan tersebut.

Karenanya pastikan dulu untuk melakukan pengecekan sebelum mengunggah konten instagram collaboration post.

ide konten instagram collaboration post

Ide Konten Instagram Collaboration Post

Melakukan kolaborasi dengan influencer terkenal dan sedang naik daun bisa menjadi jalan cepat untuk viral di kalangan target konsumen tertentu.

Namun, cara ini perlu di dukung dengan adanya ide konten instagram collaboration post yang menarik sehingga membuat mereka tertarik untuk mengunjungi akun instagram anda dan membeli produk yang telah ditawarkan.

Jika anda bosan dengan konten kolaborasi yang biasa saja maka berikut beberapa ide instagram collaboration post yang menarik dan meningkatkan interaksi dnegan audience.

Take Over Akun Instagram

Meskipun ide konten instagram collaboration post ini jarang digunakan oleh akun brand di Indonesia namun hal ini dapat meningkatkan interaksi dengan pengikut baru.

Pada ide kolaborasi satu ini anda bisa mengajak seorang influencer instagram untuk bermian di akun instagram anda dengan durasi waktu tertentu.

Dimana influencer tersebut bisa melakukan sesi tanya jawab melalui instagram story atau feed yang berkaitan dengan produk dari brand tersebut.

Tidak hanya itu, anda bisa mengajak influencer tersebut untuk membuat konten di akun instagram anda untuk meningkatkan jumlah engagement.

Agar semakin banyak orang pada program take over dengan influencer tertentu maka anda bisa melakukan promosi menggunakan fitur instagram collaboration post untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan pengikut baru apabila pengikut dari influencer tersebut merasa konten anda menarik dan layak untuk diikuti.

Kemunculan di Konten Instagram Lain

Ide konten kolaborasi ini sering digunakan oleh banyak akun instagram brand untuk kolaborasi jangka pendek.

Dimana anda atau influencer mengunggah foto satu sama lain melalui layanan instagram collaboration post.

Hal ini akan memungkinkan pengikut yang anda miliki mengetahui influencer atau artis yang anda ajak kerjasama saat ini.

Kemunculan foto produk di postingan influencer lain dengan tambahan caption yang menarik juga akan memikat orang lain untuk mencari tahu produk yang sedang dipromosikan, apalagi jika produk anda memiliki fokus industri dari influencer tersebut.

Sehingga penting bagi anda untuk memilih akun instagram influencer yang fokus pada minat tertentu.

Hal ini dilakukan untuk menambah jumlah konsumen baru yang membutuhkan produk anda dan mendapatkan referensi dari influencer tersebut.

Namun, jika anda ingin membuat konten instagram collaboration post yang terkesan misterius maka anda bisa melakukan tag pada akun influencer tersebut secara acak.

Hal ini akan menimbulkan rasa penasaran bagi pengikut anda yang ingin mengetahui alasan untuk mengunggah foto tertentu sambil melakukan tag pada akun instagram influencer tertentu.

Setelah membuat banyak orang penasaran maka anda bisa mengumumkan kolaborasi tersebut ke khalayak ramai.

Kolaborasi Menggunakan Video

Konten video memiliki daya tarik tersendiri yang membuat seseorang tertarik untuk melihat postingan tersebut sampai habis.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak kreator yang menggunakan media video untuk promosi produk dan campaign melalui iklan atau postingan social media.

Cara ini juga bisa anda lakukan untuk konten instagram collaboration post dengan influencer tertentu.

Dimana anda membuat konten video bersama dengan influencer tertentu yang membahas produk anda secara detail atau sekilas.

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand perawatan wajah @whitelab yang melakukan kolaborasi dengan salah satu atlet bulu tangkis untuk promosi produk yang dimiliki.

Penyajian konten video yang menghadirkan kegiatan serta prestasi yang diukir oleh atlet tersebut menyajikan video promosi menjadi lebih menarik dan mengundang interaksi penontonnya.

Penggunaan konten video ini bisa diunggah di dua tempat sekaligus sehingga menarik perhatian pengguna instagram untuk menilik akun yang diajak kolaborasi promosi produk.

Agar optimasi konten video menjadi lebih maksimal maka anda bisa menggunakan layanan instagram reels untuk mendapatkan jangkauan yang luas ke konsumen yang diinginkan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menyajikan konten video yang menarik menggunakan tema tertentu sehingga penonton tidak merasa melihat konten promosi melainkan hiburan yang menarik.

Salah satunya adalah melakukan challenge bersama dengan influencer tertentu untuk memikat banyak orang.

Mulai Membuat Konten Challenge

Ketenaran Tiktok yang meningkat dari hari ke hari menjadikan banyak social media yang menggunakan konsep konten yang sama.

Salah satunya adalah konten challenge dimana seseroang membuat konten dengan format tantangan tertentu yang menyenangkan.

Ide konten satu ini digandrungi banyak orang mengingat anda dapat bergabung dengan trend terbaru yang diikuti oleh pengguna social media lainnya.

Salah satunya apabila anda melakukan #workoutchallenge di instagram reels yang menunjukkan progress olahraga anda secara rutin.

Hal ini juga dilakukan oleh akun social media @bukugpu yang membuat ide reels challenge untuk sesi giveaway yang dilakukan.

Anda juga bisa membuat konten challenge yang menarik dengan mengajak pengikut yang dimiliki.

Contohnya adalah challenge mengguankan produk tertentu dengan gaya seru sehingga membuat orang tertarik untuk membuat jenis konten yang sama.

Melakukan kolaborasi dengan influencer menggunakan fitur instagram collaboration post juga bisa anda manfaatkan untuk promosi challenge tiktok tersebut.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengunggah kembali konten challenge yang diunggah oleh pengikut anda guna meningkatkan interaksi satu sama lain.

Pemberian hadiah yang menarik juga bisa menjadi daya tarik tersendiri agar semakin banyak orang tertarik untuk mengikuti chalenge yang anda lakukan.

Membuat branded hashtag tertentu juga bisa membantu menaikkan konten challenge yang telah anda buat sehingga mengelompokkan konten tertentu yang membuat jenis postingan yang sama.

Sehingga anda bisa memilih dan memilah konten challenge yang sekiranya menarik dan layak dijadikan pemenang.

Lakukan Kontes di Instagram

Berbeda dengan challenge instagram yang biasanya dilakukan melalui konten instagram reels maka kontes instagram ini lebih banyak dilakukan melalui media foto.

Dimana pengguna instagram akan diminta untuk mengunggah foto sambil melakukan kegiatan tertentu dengan membawa produk tertentu.

Tidak hanya itu, peserta juga bisa saja diminta untuk memberikan ulasan produk tertentu sehingga menarik minat pengguna instagram lainnya.

Semakin unik ide foto yang dicantumkan di Instagram maka akan semakin besar peluang untuk menjadi pemenang di kontes instagram.

photo1663729191

Strategi pemasaran ini juga dilakukan oleh akun instagram brand peralatan rumah @inthebox.id yang melakukan kontes instagram untuk melakukan unboxing produk dari brand satu ini.

Semakin unik konten yang diunggah maka akan membuka pelaung untuk mendapatkan berbagai hadiah yang menarik.

Sama seperti konten challenge yang membutuhkan banyak peserta maka anda bisa melakukan kolaborasi promosi dengan influencer tertentu untuk mempromosikan sesi kontes instagram.

Semakin menarik konten kolaborasi dengan influencer tersebut maka akan menarik minat banyak orang untuk mengikuti kontes instagram yang anda adakan.

Agar konten menjadi lebih menarik maka anda bisa menggunakan fitur instagram collaboration post untuk menghadikan konten promosi di dua tempat sekaligus.

Adakan Sesi Giveaway

Semua orang tentunya suka diberi hadiah apalagi jika hadiah tersebut berasal dari barang yang kita sukai dan sudah lama diincar.

Di sisi lain, pemberian hadiah ke konsumen setia juga akan meningkatkan royalitas dan loyalitas sehingga mereka akan terus menerus membeli produk yang anda jual.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak brand yang melakukan sesi giveaway kepada konsumen di event-event tertentu.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagam brand perawatan tubuh @azarinecosmetics yang mengadakan sesi giveaway besar-besaran di perayaan ulang tahun.

Agar sesi giveaway semakin meriah maka azarine juga mengajak beberapa brand tertentu sebagai moderator hadiah dan melakukan kolaborasi melalui fitur instagram collaboration post.

Anda juga bisa melakukan kolaborasi promosi dengan influencer lainnya untuk mempromosikan sesi giveaway yang akan anda lakukan.

Contohnya seperti yang dilakukan oleh brand bahan makanana @colattarumahan yang melakukan kolaborasi dengan influencer kreator makanan untuk mempromosikan sesi giveaway yang sedang diselenggarakan.

Melakukan kerjasama dengan influencer sebagai media promosi dinilai efektif untuk mengenalkan produk anda ke konsumen baru yang belum mengenal produk anda namun berminat pada barang yang anda tawarkan.

Agar sesi giveaway diikuti oleh banyak orang maka anda bisa meminta pengikut anda untuk melakukan tag pada akun instagram teman lainnya agar semakin banyak partisipasi yang mengikutinya.

Jalankan Akun Instagram Bersama

Ide konten kolaborasi ini juga jarang ditemukan di Indonesia namun akan menjadi kolaborasi yang cocok apabila anda bertemu dengan influencer dengan gaya pendekatan yang sama.

Hal ini dikarenakan anda dan influencer tersebut biasanya memiliki pengikut yang hampir sama sehingga membagikan ide konten dan penyampaian yang sama.

Berbeda dnegan konten take over dimana influencer melakukan sesi tertentu dengan pengikut yang dimiliki, maka pada sesi konten ini anda akan melakukan diskusi panjang untuk menentukan konten yang akan diunggah dan sekiranya menarik untuk pengikut anda.

Setelah itu anda bisa membuat tampilan konten yang menarik dan mampu memancing interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Salah satunya adalah mengunggah konten meme yang memancing tawa atau mengunggah konten foto dan video yang telah anda ambil sebelumnya.

Berbeda dengan sesi takeover yang berlangsung singkat maka pada strategi menjalankan akun instagram ini akan berlangsung selama seharian penuh untuk memancing interaksi dengan konsumen anda.

Agar sesi ini berlangsung lebih meriah maka anda bisa melakukan siaran langsung dengan melakukan aktivitas yang disukai oleh pengikut anda.

Contohnya adalah melakukan siaran langsung sembari menggunakan produk yang anda miliki atau melakukan sesi tanya jawab yang seru dan menyenangkan untuk dilihat oleh banyak orang.

Peluncuran Produk Terbaru

Sebuah produk yang baru saja diluncurkan tentunya membutuhkan perhatian banyak orang agar barang yang baru dirilis mendapatkan penjualan yang sesuai ekspektasi.

Sehingga tidak mengherankan apabila banyak brand besar yang melakukan promosi yang terus menerus untuk mengenalkan produk tersebut ke khalayak ramai.

Salah satu strategi yang biasa digunakan adalah melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu yang memiliki banyak pengikut yang royal dan loyal.

Jumlah pengikut yang banyak ini bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan dengan kolaborasi produk.

Contohnya dengan menggunakan fitur instagram collaboration post dimana anda bisa mengunggah foto produk tertentu dengan influencer yang anda pilih untuk mengenalkan produk anda secara cepat dan tepat.

Hal ini juga membuat pengikut mereka untuk mengetahui produk yang anda jual sehingga mereka berminat untuk membeli produk yang baru anda rilis.

Agar konten kolaborasi anda menjadi lebih menarik di mata pengikut influencer tersebut maka anda bisa meminta kreator untuk membuat konten promosi yang biasa dibuat sehari-hari.

Hal ini dilakukan agar pengikut mereka merasa tertarik pada konten promosi karena penggunaan gaya bahasa dan konten yang biasa mereka lihat sehari-hari.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagam @biasalahanakmuda yang melakukan kolaborasi promosi produk dengan brand Philips.

Agar menghasilkan konten promosi yang lebih menarik maka menggunakan caption yang biasa digunakan sehari-hari sehingga pengikutnya lebih tertarik untuk memberikan interakasi berupa komentar yang relevan serta pesan promosi yang mudah dipahami.

Promosi Campaigan Terbaru

Strategi promosi yang maksimal tidak hanya bisa dilakukan dengan mengunggah promosi produk tertentu.

Namun anda juga bisa membuat campaign yang sesuai dengan nilai produk yang akan anda sampaikan ke konsumen.

Salah satunya yang dilakukan oleh brand Unilever yang mengadakan campaign eco home living yang menyasar konsumen yang terdiri dari ibu rumah tangga.

Agar promosi menjadi semakin menarik dan menyasar target yang tepat maka akun ini melakukan kolaborasi melalui instagram collaboration post bersama influencer instagram agar pemasaran menjadi lebih maksimal.

Penggunaan konten reels yang menyajikan video yang menarik menjadikan penonton tertarik untuk melakukan kegiatan yang sama.

Namun apabila anda hendak membuat campaign produk menggunakan fitur instagram collab post maka beberapa strategi ini bisa anda lakukan.

Pertama, adalah mengetahui produk yang anda kembangkan serta kebiasaan yang dilakukan oleh konsumen anda.

Misalnya apabila anda memiliki produk dengan bungkus botol maka anda bisa mengajak konsumen anda untuk memanfaatkan bekas bungkus tersebut menjadi pot bunga atau kerajinan tangan.

Kedua, pilih influencer yang sekiranya cocok dengan campaign anda dan memiliki target konsumen yang anda agar promosi semakin efektif.

Ketiga, tentukan tanggal penayangan campaign serta startegi promosi lain yang mendukung.

Sumber :

How to Use Instagram Collabs | Later

8 amazing COLLAB ideas for Instagram to EXPLODE your followers. (grin.co)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *