instagram carousel

Instagram Carousel: Fitur, Ide Konten, dan Ukurannya

Jadikan akun instagram anda menjadi lebih estetik dan menarik dengan penggunaan instagram carousel untuk promosi dan interaksi.

Bagi pengguna instagram yang sering melakukan stalking di instagram tentunya tidak asing dengan konten instagram carousel.

Konten instagram satu ini memiliki ciri khas jumlah foto atau video yang banyak dalam satu postingan sehingga memberikan variasi konten yang lebih beragam.

Tidak hanya itu, instagram carousel juga merupakan konten yang mampu menarik interaksi lebih banyak dengan pengguna instagram.

Hootsuite sendiri mencatat bahwa instagram carousel sendiri mampu menarik 1,4x jangkauan yang lebih luas serta interaksi yang meningkat sebanyak 3.1x dibandingkan konten biasa di instagram.

Semakin menarik konten yang disajikan di instagram carousel saat menggulir layar maka pengikut anda akan semakin betah ditambah lagi jika cover konten yang menarik perhatian saat pertama kali melihatnya.

Karenanya dengan strategi instagram carousel yang tepat tentunya dapat menaikkan interaksi, menjangkau audience baru, serta menaikkan penjualan dari konten promosi yang diunggah.

Mau memulai membuat konten instagram carousel? ide konten berikut bisa anda guankan untuk membuat konten carousel yang menarik.

pengertian instagram carousel

Apa Itu Instagram Carousel

Saat membuka akun instagram, tipe konten mana yang sering anda lihat? Story, reel, atau malah instagram carousel yang memiliki kejutan di setiap fotonya?

Pada konten carousel ini kreator bebas untuk mengunggah berbagai konten foto dan video dengan jumlah maksimal sebanyak 10 postingan, sehingga pengguna instagram akan disajikan konten yang lebih variatif.

Tidak hanya mengunggah konten foto dan video namun pengguna instagram dapat menambahkan fitur lainnya sepeti caption, product tags, serta penambahan lokasi sehingga konten yang diunggah menjadi lebih menarik di mata pengguna instagram.

Semakin unik konten instagram carousel yang anda unggah maka tidak menutup kemungkinan untuk meningkatkan interaksi dengan pengguna insatgram lain melalui komentar,likes, atau membagikan konten ke platform lain.

Di saat anda mengunggah konten instagram carousel maka instagram akan memberikan jumlah konten yang diunggah sehingga pengikut anda dapat mengetahui jumlah foto yang akan dilihat saat membuka konten instagram.

Dengan berbagai fitur serta variasi konten yang diberikan tentunya instagram carousel juga memberikan berbagai manfaat bagi penggunanya.

keuntungan instagram carousel

Keuntungan Menggunakan Instagram Carousel

Tidak hanya memiliki jumlah foto dan video yang lebih banyak dalam satu konten yang dapat menaikkan interaksi dengan pengguna instagram, namun instagram carousel cocok untuk digunakan dalam strategi marketing di instagram.

Mengunggah konten instagram carousel yang menarik dapat membantu anda dalam menaikkan skor algoritma instagram.

Hal ini dikarenakan postingan instagram carousel yang interaktif akan membuat pengguna instagram bertahan lama di konten anda dibandingan konten instagram biasa yang hanya menyajikan satu konten saja.

Semakin lama waktu yang dihabiskan pengguna instagram saat melihat konten carousel membuat algoritma instagram menghitung konten anda cocok bagi target konsumen yang dituju.

Tidak hanya itu, konten instagram carousel juga cocok untuk digunakan promosi produk, konten tutorial, serta ulasan barang yang dijual.

Namun untuk membuat konten instagram carousel yang sesuai tentunya kreator perlu mengetahui ukuran konten yang tepat saat diunggah di timeline instagram.

ukuran instagram carousel

Ukuran Instagram Carousel

Sama seperti konten instagram lainnya, postingan instagram carousel juga bisa diunggah dalam ukuran kotak, potrait, serta landscape.

Namun, dalam memilih ukuran konten instagram carousel yang tepat, kreator juga perlu mempertimbangkan tipe postingan awal karena akan berlaku pada foto instagram yang selanjutnya.

Karenanya berikut ukuran postingan instagran carousel untuk foto serta video.

Ukuran Foto Instagram Carousel

Landscape : 1080 x 566 pixels

Portrait : 1080 x 1350 pixels

Square : 1080 x 1080 pixels

Rasio : (1.9.1.1) landscape, (1:1) Square, (4:5) Vertical

Ukuran Video Instagram Carousel

Ukuran : 3 – 60 detik

Format Video : MPV atau MOV

Rasio : (1.9:11) landscape, (1:1) Square, (4:5) Square)

Ukuran Video : 4 Gb

Meskipun begitu, pengguna instagram tetap bisa mengunggah konten dengan foto dan video dalam satu postingan untuk memberikan variasi konten yang menarik.

cara mengunggah konten instagram

Cara Membuat Konten Instagram Carousel

Dalam mengunggah konten instagram carousel, kreator tidak hanya mengunggah beberapa foto atau video sekaligus, namun diperlukan juga konsep konten yang sesuai dengan postingan yang diunggah.

Hal ini dilakukan agar pesan yang disampaikan dapat disalurkan dengan baik melalui fitur instagram yang sesuai.

Pengguna instagram bisa menggunakan konten instagram carousel saat akan mengunggah konten yang membutuhkan foto atau video yang berkelanjutan sehingga tidak bisa diunggah dalam satu jenis foto saja.

Sebelum mengunggah konten instagram carousel, berikut tutorial mengunggah postingan carousel.

  1. Pilih terlebih dahulu konten yang akan diunggah dan pastikan relevan satu sama lain, anda juga bisa memasukkan konten video di tengah-tengah sebagai variasi konten instagram carousel.
  2. Masuk ke aplikasi instagram yang anda miliki kemudian klik pada ikon + untuk menambahkan konten yang diinginkan.
  3. Anda bisa memulai memasukkan foto yang sesuai dan pastikan sesuai dengan urutan konten yang tepat.
  4. Pengguna bisa memilih hingga 10 foto atau video dari galeri yang akan diurutkan saat memilih konten yang sesuai.
  5. Tambahkan juga filter atau edit saturasi warna dengan melakukan klik pada ikon lingkaran di bagian pojok kiri layar.
  6. Jangan lupa juga menambahkan caption yang menarik, hastag relevan, serta penggunaan lokasi agar menarik perhatian pengguna instagram serta jangkauan konten yang lebih luas.
  7. Klik ikon share setelah tampilan carousel sudah sempurna dan pastikan urutan konten instagram carousel sudah sesuai.
pexels ready made 3850213

Ide Konten Instagram Carousel

Tidak hanya mengetahui ukuran instagram carousel namun penggunaan ide konten yang sesuai dapat membantu menjangkau konsumen yang diinginkan.

Bingung menentukan ide konten instagram carousel yang sesuai? berikut 16 ide konten instagram carousel yang cocok digunakan di berbagai tipe akun instagram business.

Konten Cerita

Saat mengunggah konten isntagram, maka kreator tidak hanya menyajikan foto produk guna promosi dengan konsumen yang dituju.

Namun kreator juga bisa menyajikan konten cerita yang berisi masalah konsumen yang berhasil di selesaikan dengan produk yang anda unggah.

Penyajian konten testimoni yang unik tentunya dapat membantu pengguna instagram memahami masalah dengan mudah yang mungkin saja berkaitan dengan masalah yang dialami.

Semakin berkaitan suatu cerita dengan konten instagram carousel yang anda unggah maka akan menarik minat konsumen dalam mencoba produk yang anda tawarkan.

Salah satu akun instagram yang menyajikan konten cerita pada instagram carousel adalah akun Finansialku dimana salah satu postingannya menceritakan masalah yang dihadapi yang tentunya berkaitan dengan problematika banyak orang.

photo1655692010

Penyajian masalah di awal konten tentunya akan membuat pengguna instagram penasaran sehingga melihat konten sampai habis guna mengetahui solusi dari masalah tersebut.

Konten Behind the Scene

Saat melakukan kerja sama dengan influencer atau artis tertentu biasanya banyak penggemar yang penasaran dengan proses di balik layar kerja sama tersebut.

Rasa penasaran ini bisa dimanfaatkan kreator untuk membuat konten instagram carousel berupa foto behind the scene saat proses pengambilan gambar berlangsung.

Interaksi yang seru dengan artis saat pemotretan tentunya menjadi hiburan sendiri bagi penggemar sehingga bisa meningkatkan interaksi di kolom komentar.

Semakin banyak orang yang mengomentari atau menyikai konten instagram carousel anda maka akan memperluas jangkauan konten isntagram sehingga bisa dilihat oleh konsumen yang anda inginkan.

Rekomendasi Produk dan Layanan

Saat membuat konten instagram carousel mengenai promosi produk maka anda juga bisa menyajikan kolaborasi produk tertentu yang memberikan efek yang menakjukan bagi konsumen.

Salah satunya adalah mengunggah konten carousel berisi rekomendasi produk tertentu yang memberikan keuntungan produk yang menarik.

photo1655692746

Akun instagram @jelitacosmetic memakai strategi tersebut dengan menyandingkan dua produk yang berbeda dalam satu foto untuk memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan masalah yang dihadapi konsumen.

Berbagai rekomendasi yang diberikan juga menjadi pilihan bagus bagi konsumen saat ingin membeli produk tertentu yang sesuai dengan budget yang diinginkan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memberikan rekomendasi layanan yang dibutuhkan oleh pengguna instagram saat kebutuhan darurat.

Konten Detail Produk

Sebelum membeli produk secara online di market place, biasanya konsumen akan mencari tahu lebih dahulu detail produk yang akan dibeli.

Hal ini dilakukan untuk memastikan produk yang dibeli sesuai dengan ekspektasi serta mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan.

Pelaku usaha juga bisa menyelesaikan kekhawatiran konsumen dengan memberikan konten instagram carousel berupa foto detail produk tertentu.

Semakin detail produk yang di promosikan maka minat konsumen untuk membeli produk tersebut akan meningkat.

photo1655693237

Strategi satu ini sudah dilakukan oleh akun instagram prior.id yang menyajikan detail produk dari barang yang dijual dengan konten carousel.

Detail produk yang sesuai tentunya akan membuat konsumen puas saat membeli produk saat berbelanja online.

Konten Grafik

Pemberian jumlah konten yang lebih banyak menjadikan instagram carousel cocok digunakan untuk konten edukasi sebagai bahan diskusi atau informasi dengan konsumen yang diinginkan.

Dalam pembutan konten edukasi ini tentunya dibutuhkan berbagai informasi yang relevan dengan topik tersebut sehingga dapat menyampaikan detail yang akurat ke konsumen yang dituju.

Pemberian konten grafik pada instagram carousel dapat menjawab permasalahan ini sehingga konten instagram carousel menjadi lebih menarik.

photo1655694090

Salah satunya adalah konten dari zapfinance yang memberikan grafik biaya sekolah yang mudah dipahami oleh pengguna instagram.

Semakin lengkap dan detail informasi yang diberikan tentunya akan memudahkan pengguna instagram memahami konten yang diberikan sehingga bisa dibagikan ke orang lain yang memiliki masalah sama.

Konten Behind the Scene Produk

Saat menyukai produk atau brand tertentu, pastinya akan muncul rasa penasaran akan proses pembuatan produk atau promosi brand tersebut.

Karenanya kreator dapat menjawab rasa penasaran konsumen dengan menyajikan konten behind the scene dalam proses promosi tertentu.

Pemberian konten foto behind the scene dengan jumlah banyak di instagram carousel tentunya akan menjawab rasa penasaran konsumen dengan produk yang anda luncurkan.

Hal ini juga bisa anda lakukan setiap kali selesai melakukan campaign atau meluncurkan produk yang telah menarik perhatian konsumen.

Bagikan Informasi Penting

Beberapa fakta yang informatif serta menarik tentunya dapat menarik perhatian pengguna instagram dalam membaca berbagai pengetahuan baru yang diberikan, apalagi jika informasi tersebut berkaitan dengan minat yang disukai.

Karenanya, pemberian informasi penting juga bisa menjadi ide konten instagram carousel yang menarik sehingga membuat pengguna instagram tidak berhenti membaca informasi baru yang disajikan di setiap slide foto.

photo1655695456

Akun instagram kemenkes misalnya menyajikan konten berupa informasi penting saat melakukan ibadah haji agar tetap sehat dan bisa melakukan aktivitas yang sudah direncanakan di tanah suci.

Selain itu, kreator instagram juga bisa memberikan informasi terbaru mengenai layanan yang diberikan sehingga memudahkan konsumen dalam menggunakannya.

photo1655695349

Salah satunya akun creators yang merupakan akun asli platform instagram yang menyajikan informasi terkini mengenai fitur terbaru instagram.

Dengan menggunakan fitur instagram carousel maka akan memudahkan pengguna instagram dalam memahami informasi layanan baru yang diberikan sehingga bisa diguanakan saat mengunggah konten instagram.

Konten Resep Produk

Memasak menjadi salah satu kegiatan sehari-hari yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup serta memenuhi energi untuk melakukan aktivitas hari ini.

Sayangnya dalam proses memasak, seseorang terkadang kehilangan ide sehingga membutuhkan inspirasi dalam menu masakan yang lebih variatif.

Dengan kemudahan dalam menambahkan fitur video dalam konten instagram carousel menjadikan pengguna instagram dapat dengan mudah menemukan resep masakan beserta tutorial memasak yang mudah.

Hal ini juga dilakukan oleh akun instagram resepmasakanibu yang menyajikan konten memasak mudah dengan berbagai bahan makanan yang tersedia di rumah.

Kreator juga bisa menggunakan ide resep makanan sebagai konten instagram carousel apabila menjual produk makanan atau alat rumah tangga.

Semakin mudah resep yang diunggah maka akan menarik minat konsumen untuk mencoba produk tersebut serta membagikannya ke pengguna instagram yang lain.

Pastikan juga untuk melengkapi konten instagram carousel dengan caption yang jelas guna memudahkan konsumen dalam memahami isi resep yang dijual.

Anda juga bisa melakukan permintaan konsumen sebagai bagian dari konten guna meningkatkan interaksi dengan pengikut yang dimiliki.

Konten Tutorial Produk

Saat membeli suatu produk mungkin saja konsumen mengalami kesulitan dalam menggunakannya meskipun sudah tersedia buku tutorial yang menjadi satu bagian saat pengiriman produk.

Tidak hanya itu, konsumen juga mungkin kesulitan dalam menggunakan fitur terbaru yang baru di rilis dalam layanan produk yang diberikan.

Hal ini dikarenakan konsumen membutuhkan video mengenai penggunaan produk tersebut sehingga lebih mudah diterapkan dalam menggunakan produk tersebut.

Masalah ini juga bisa diatasi oleh pelaku usaha dengan mengunggah konten tutorial mengenai penggunaan produk tertentu atau fitur yang baru saja diluncurkan.

Kreator bisa menggabungkan konten video dan foto secara bersamaan pada fitur instagram carousel guna memberikan informasi yang lengkap disertai dengan video tutorial.

Jangan lupa untuk menambahkan caption yang detail mengenai konten tutorial tersebut guna melengkapi konten tutorial.

Setelah konten tutorial berhasil diunggah maka kreator bisa melakukan pinned post instagram guna memudahkan konsumen dalam mencari konten tutorial tersebut sehingga tidak perlu melakukan stalking di akun instagram anda.

Interaksi dengan Konsumen

Salah satu fakta yang membuat instagram carousel disukai banyak orang adalah kemampuan dalam meningkatkan interaksi serta jangkauan konten instagram.

Hal ini dikarenakan variasi konten instagram yang bisa dimasukkan dalam satu postingan sehingga membuat konsumen tertarik untuk terus melihat konten yang disajikan.

Karenanya dalam mengunggah konten instagram carousel maka kreator bisa membuat konten yang memancing interaksi dengan konsumen.

Salah satunya adalah konten kuis atau teka teki yang membuat konsumen tertarik untuk menjawab pertanyaan yang disajikan di setiap slidenya.

Semakin menarik pertanyaan yang diajukan maka akan semakin banyak konsumen yang tertarik untuk berpartipasi pada konten yang anda unggah.

Bagikan Konten Testimoni

Sebuah brand atau produk yang sukses terkadang tidak hanya berasal dari promosi yang dilakukan namun juga ulasan dari konsumen atau influencer yang telah mengguankan produk anda.

Hal ini dilakukan mengingat konsumen terkadang melihat terlebih dahulu ulasan dari konsumen sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.

Karenanya penting bagi kreator untuk menginvestasikan waktu dalam membuat konten testimoni yang berasal dari kpnsumen pilihan.

Semakin banyak ulasan yang ditampilkan maka akan meningkatkan minat konsumen dalam mencoba produk yang anda jual.

Kreator juga bisa menampilkan berbagai ulasan konsumen lebih mudah dengan membagikannya pada konten carousel.

Pada konten satu ini, kreator bisa memberikan berbagai ulasan konsumen dengan mudah dan beragam hanya dari satu postingan.

Selain itu, kreator juga bisa menampilkan konten video yang berisi ulasan secara langsung dari konsumen atau konten foto mengenai ulasa di social media.

Jangan lupa juga untuk memperbarui konten testimoni secara rutin agar postingan ulasan tidak tenggelam serta memberikan pandangan baru dari konsumen yang dimiliki.

Jadikan Feed Instagram Konsisten

Meskipun konten instagram carousel biasanya berisi konten edukasi, ulasan, atau promosi produk namun penting bagi konsumen untuk menjaga instagram feed tetap estetik.

Hal ini dilakukan agar kesan pertama konsumen saat berkunjung ke halaman instagram anda adalah rapih meskipun menyajikan berbagai konten yang berbeda.

Feed instagram yang enak dilihat tentunya akan membuat pengguna instagram betah dalam melihat konten yang anda sajikan sehingga mampu meningkatkan interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Salah satu cara untuk menjaga feed instagram tetap estetik adalah dengan memberikan cover foto dengan warna yang sama di setiap kontennya.

Hal ini dilakukan untuk memberikan ciri khas tersendiri pada konten yang anda miliki sehingga membuat konsumen dapat mengetahui dengan mudah konten anda di instagram explore atau timeline.

Pastikan juga untuk memilih warna yang sesuai dengan produk dan brand yang anda miliki serta memiliki perbedaan warna dengan kompetitor lain untuk mencegah kebingungan pengguna instagram saat melihat konten anda dnegan kompetitor lain,

Bagikan Informasi Penting

Dengan jumlah konten yang lebih banyak dibandingkan konten instagram biasa maka kreator juga bisa menyajikan konten instagram yang berisi informasi yang terjadi dalam jangka waktu tertentu.

Misalnya merangkum berita terbaru yang terjadi dalam satu pekan terakhir yang mungkin tidak diketahui oleh pengikut yang anda miliki.

Dengan mengumpulkan berbagai informasi tersebut maka akan meningkatkan interaksi dengan konsumen dengan banyaknya komentar yang masuk untuk menanggapi berita yang diberikan.

Meskipun begitu, dalam memili berita yang akan diunggah di instagram carousel maka pastikan informasi yang disajikan relevan, aktual, serta sesuai dengan bidang yang anda jalani.

Kreator bisa mendapatkan berbagai informasi terlebuh dari portal berita online terpercaya.

Bagikan Konten Produk

Salah satu keuntungan utama dari menggunakan konten instagram carousel adalah kemudahan dalam mengunggah beberapa foto sekaligus.

Hal ini tentunya cocok digunakan bagi pelaku usaha untuk memamerkan produk yang dijual sehingga tidak perlu menghabiskan jatah instagram feed.

Kreator juga bisa sekaligus memajang produk dengan variasi yang sama sehingga memudahkan konsumen dalam melihat barang yang diinginkan.

Dalam mengunggah foto produk di konten instagram carousel maka pastikan deskripsi produk di tulis dengan tepat sehingga tidak tertukar satu sama lain yang akan membingungkan konsumen.

Sumber :

How to Create Engaging Instagram Carousels [FREE TEMPLATES] (hootsuite.com)

8 Creative Ways to Use Instagram Carousel Posts (later.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.