ide konten instagram video

25 Ide Konten Instagram Video

Promosi dan konten instagram akan jadi lebih menarik dengan kehadiran instagram video yang tentunya bisa menjadi sarana edukasi dan promosi yang tepat.

Instagram video merupakan salah satu fitur instagram yang muncul di tahun 2013, pada awalnya layanan ini hanya menyediakan durasi sepanjang 15 detik dan direkam melalui handphone.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, durasi instagram video semakin panjang dengan format yang berbeda guna menjadikan pengguna instagram semakin nyaman dalam membuat atau menonton video instagram.

Kehadiran instagram video sendiri juga memiliki banyak manfaat dengan format konten video yang berbeda menjadikan kreator bisa mengunggah video promosi produk atau edukasi yang bisa dinikmati oleh pengikutnya.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menyimpan tayangan instagram live yang dimiliki agar bisa ditonton oleh pengikut anda yang ketinggalan siaran langsung yang terlah ditayangkan.

Tertarik membuat konten instagram video yang menarik? berikut beberapa ide konten video yang bisa dimanfaatkan kreator untuk berbagai kebutuhan.

jenis-jenis konten instagram video

Tipe-tipe Konten Instagram Video

Instagram terus berkembang untuk membuat berbagai inovasi konten guna menambah pengalaman penggunanya dalam mengunggah konten atau menikmati video di instagram.

Kini instagram menghadirkan berbagai jenis konten instagram video dalam berbagai bentuk dan durasi yang juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi atau sarana ekspresi diri.

Berikut beberapa jenis konten instagram video yang bisa ditonton pengguna instagram dan dibuat oleh kreator.

Instagram Video Feed

Saat mengunggah instagram video biasanya konten anda akan terunggah di profil instagram atau timeline pengikut anda.

Kemunculan instagram video di timeline ini tentunya menguntungkan kreator agar video anda dilihat oleh banyak pengguna instagram serta bisa di promosikan ke konten instagram story.

Jika instagram video anda di tonton oleh banyak orang maka kemunculan video anda di instagram explore akan semakin besar sehingga bisa dilihat oleh banyak pengguna instagram sehingga menjadikan akun anda menjadi lebih viral.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mempromosikan konten instagram video melalui iklan berbayar sehingga dapat menjangkau pengguna instagram yang memiliki minat yang sama dengan produk anda.

Instagram video di feed sendiri cocok untuk konten dengan format kotak atau landscape sehingga membuat penonton nyaman untuk melihat video tersebut.

Kreator juga bisa melakukan inovasi konten instagram video dengan menambahkan elemen tambahan berupa filter, efek suara, atau perpindahan scene yang apik dengan bantuan dari aplikasi edit video.

Instagram Video Reels

Video dengan durasi pendek kini tengah menjadi popular di kalangan pengguna internet ditambah lagi dengan kehadiran tiktok yang tengah naik daun.

Dengan video durasi pendek ini pengguna internet bisa melihat beragam video lebih banyak tanpa perlu menghabiskan waktu untuk menonton sebuah video.

Kesukaan pengguna internet akan video durasi pendek menjadikan banyak social media yang berlomba-lomba untuk membuat fitur dengan format yang sama.

Salah satunya adalah instagram yang mengeluarkan fitur instagram reels yang memiliki format vertikal serta durasi video yang pendek serta bisa disimpan dalam jangka waktu lama.

Tidak disangka, adanya instagram reels ini mendapatkan banyak perhatian pengguna instagram sehingga instagram pun membuat tab instagram reels khusus sehingga pengguna instagram bisa melihat konten reels dengan mudah.

Kehadiran instagram reels sendiri juga memberikan keuntungan bagi kreator karena jangkauan konten reels yang lebih luas sehingga bisa mencakup pengguna instagram yang belum mengenal anda sebelumnya sehingga peluang akun instagram menjadi lebih terkenal pun semakin besar.

Namun dalam membuat konten reels sendiri kreator sebaiknya memperhatikan fitur yang bisa ditambahkan seperti tulisan, efek, serta lagu yang membuat video reels menjadi lebih menarik di mata penonton.

Tidak hanya itu, konten reels juga bisa muncul di halaman instagram explore atau instagram reels sehingga memperbesar peluang untuk ditonton lebih banyak orang.

Guna memperbesar kemungkinan video reels anda menjadi lebih terkenal maka kreator bisa membuat konten reels yang sedang viral dan menambahkan ciri khas anda sendiri sehingga tidak hanya sebagai media promosi namun pengenalan dengan pengguna instagram lainnya.

Instagram reels sendiri kini dilengkapi fitur reply dimana kreator bisa membalas komentar orang lain melalui video sehingga interaksi dengan konsumen menjadi lebih lancar serta meningkatkan keakraban satu sama lain.

Instagram Stories

Sebelum munculnya instagram reels yang tengah digandrungi banyak orang, ada juga instagram story yang saat ini masih disukai oleh pengguna instagram.

Dengan unggahan konten yang bertahan selama 24 jam menjadikan pengguna instagram bisa mendapatkan informasi terbaru dari akun instagram teman yang diikuti atau instagram brand yang dinanti keberadaannya.

Instagram story sendiri cocok bagi pengguna instagram yang hobi mengunggah peristiwa yang tengah terjadi dalam bentuk video dan foto sehingga bisa ditonton oleh banyak orang.

Agar hasil konten instagram story menjadi lebih menarik maka pengguna instagram juga bisa menggunakan fitur yang disediakan seperti filter, stiker, serta tulisan.

Kreator instagram juga bisa menggunakan layanan instagram story sebagai media promosi event atau produk yang tengah promosi guna menarik minat konsumen untuk membeli barang yang ditawarkan.

Instagram story juga bisa digunakan sebagai media informasi dengan memberikan konten foto yang berisi penjelasan produk kemudian ditaruh di bagian highlight sehingga bisa dilihat kapan saja tanpa takut terhapus.

Namun agar konten instagram story tidak terasa membosankan maka kreator bisa memberikan variasi konten yang berbeda atau eksklusif setiap hari agar pengikut anda menunggu instagram story yang akan disajikan setiap hari.

Instagram Lives

Bagi konsumen yang menyukai sebuah brand atau produk tertentu biasanya ingin selalu merasa dekat dan mengetahui perkembangan produk yang disukai.

Hal ini tentunya bisa dimanfaatkan kreator untuk membangun interaksi dua arah secara langsung sehingga membangun keakraban satu sama lain.

Untungnya instagram memahami masalah ini sehingga merilis fitur instagram lives yang bisa digunakan kreator untuk berinteraksi dengan konsumen yang dimiliki secara langsung.

Pada tayangan instagram live ini kreator bisa menjawab berbagai pertanyaan konsumen mengenai produk yang ditawarkan atau masalah yang dihadapi sehingga pembeli tertarik untuk membeli barang yang dipromosikan.

Kreator juga bisa melempar topik yang tengah ramai di kalangan konsumen sehingga sesi siaran langsung tidak terasa membosankan dan ramai diikuti oleh banyak orang.

Tayangan instagram live yang diadakan secara rutin dengan mengundang bintang tamu juga dapat meningkatkan engagement instagram sehingga mampu mendapatkan pengikut yang lebih banyak.

Siaran langsung sendiri bersifat tidak terbatas sehingga kreator bisa mengobrol dengan pengikut yang dimiliki sampai puas tanpa takut terhenti di tengah jalan.

Agar konten instagram live anda bisa dinikmati kapan saja maka kreator bisa menyimpan video siaran langsung dalam bentuk video sehingga bisa ditonton oleh pengikut instagram yang telat mengikuti siaran anda,

ide konten instagram video

Ide Konten Instagram Video

Konten instagram video yang menarik tentunya tidak hanya bisa sebagai media promosi namun meningkatkan brand awareness kepada pengikut yang dimiliki serta pengguna instagram yang lain.

Berikut beberapa ide konten instagram video yang bisa dimanfaatkan oleh kreator.

Pengenalan Bisnis atau Produk

Bagi pelaku usaha yang beru saja merilis bisnis baru tentunya ingin mengenalkan brand mereka ke calon konsumen yang dimiliki sehingga pembeli bisa mengetahui produk yang dijual serta keunggulan dari kompetitor lain.

Salah satu ide konten yang paling efektif untuk mengenalkan bisnis yang dimiliki adalah menggunkan instagram video.

Video sendiri merupakan format yang ideal dalam untuk mengenalkan bisnis anda ke konsumen yang potensial.

Guna mengenalkan pengikut anda ke bisnis yang anda miliki maka kreator bisa menunjukkan barang yang dijual, proses pembuatan produk, serta capaian produk yang anda jual.

Agar konsumen bisa mengenal produk anda lebih mudah dan cepat maka kreator bisa membagi konten instagram video ke dalam beberapa bagian atau memberikan inti pengenalan produk yang sesuai.

Isi instagram video yang tidak bertele-tele tentunya akan membuat konsumen anda lebih mudah mengenal produk yang dimiliki.

Guna menjangkau konsumen yang lebih luas maka kreator bisa membuat video pengenalan dalam bentuk reels sehingga dapat dilihat oleh pengguna instagram yang lain.

Tunjukkan Kelebihan Produk Anda

Banyaknya kompetitor yang menjual produk yang sama serta melakukan promosi di instagram tentunya membuat kreator sebaiknya memberikan ciri khas pada konten dan akun instagram yang dimiliki.

Di sisi lain, kreator juga bisa menunjukkan kelebihan produk anda dibandingkan yang lain sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Bagi banyak bisnis, pelayanan konsumen serta produk merupakan bagian kecil yang dapat membedakan produk anda dengan yang lain.

Untungnya, instagram video juga menawarkan kesempatan yang tidak terbantahkan untuk menunjukkan bisnis yang anda miliki serta menunjukkan kelebihan produk yang dimiliki.

Kreator bisa mengggunakan cara tradisional dengan menunjukkan kelebihan produk yang dimiliki melalui video singkat atau wawancara dengan pemilik usaha namun kreator juga bisa memberikan konten instagram video yang pendek serta menunjukkan brand secara jelas.

Berikan Inspirasi Penggunaan Produk

Bagi konsumen yang membeli produk makanan tertentu biasanya akan menggunakan produk sesuai dengan saran penyajian yang diberikan.

Namun, kreator juga bisa mengajak konsumen untuk menggunakan produk dengan cara baru sehingga manfaat produk menjadi lebih luas.

Instagram video yang berisi cara baru menggunakan produk yang dimiliki tentunya menjadi cara baru untuk meningkatkan kreatifitas.

Taktik ini juga membantu menunjukkan konsumen bagaimana mendapatkan kelebihan produk yang lain serta mengajak mereka mencoba sesuatu yang baru.

Strategi ini sudah dipakai banyak brand makanan terkenal untuk menunjukkan cara baru memasak produk yang dimiliki agar bisa mencicipi sajian baru dari bahan makanan yang dimililki.

Tutorial resep makanan ini lebih efektif disajikan dalam bentuk instagram video sehingga lebih mudah diikuti satu persatu dan ditonton saat waktu luang.

Berikan Konten Tutorial atau Do it Yourself Tips

Memberikan inspirasi bagi pengikut untuk menjadi lebih kretif adalah jalan baru untuk membuat konsumen terus berfikir mengenai produk anda.

Kreator bisa memanfaatkan ide tersebut dengan memberikan konten instagram video mengenai tutorial pembuatan produk.

Dengan menunjukkan perspektif anda mengenai cara membuat sesuatu maka akan membawa konsumen untuk membeli produka yang anda promosikan.

Guna menarik perhatian pengikut yang dimiliki maka kreator bisa memberikan konten tutorial yang simpel dibandingkan memberikan memberikan resep yang sulit ditiru serta membutuhkan banyak bahan serta alat masak.

Penggunaan durasi video yang singkat tentunya lebih efektif apalagi jika kreator mengemas dengan cara yang singkat serta sesuai keinginan konsumen.

Kreator juga bisa mengajak koki terkenal atau influencer instagram yang aktif di bidang memasak untuk mendemonstrasikan tutorial memasak yang mudah guna menarik minat konsumen yang lebih banyak.

Agar sesi tutorial menjadi lebih menarik dan seru maka kreator bisa membuat siaran langsung cara memasak produk pilihan dengan variasi tertentu guna memikat hari konsumen.

Spoiler Peluncuran Produk Terbaru

Apakah anda berencana merilis produk terbaru? ingin meningkatkan ketertarikan pada produk atau layanan yang diberikan? Dibandingkan pada konten yang fokus pada promosi maka kreator sebaiknya merilis trailer video.

Kreator bisa menggunakan berbagai jenis konten instagram video untuk menyebarkan konten spoiler karena video biasanya memiliki durasi pendek namun mampu mengundang rasa penasaran penontonnya.

Guna mendapatkan hasil yang maksimal maka kreator bisa menggunakan fitur instagram story, dengan story maka kreator bisa membagikan konten behind the scene yang memberikan perspektif bahwa produk anda bekerja dengan tepat serta meningkatkan ikatan yang lebih luas dengan konsumen.

Namun jika kreator ingin menyasar pengguna baru maka menggunakan konten instagram reels cocok untuk menjangkau pengguna instagram yang belum mengenal produk anda.

Kreator bisa merekam secara sekilas kemasan produk yang akan diluncurkan sehingga membuat konsumen penasaran dan mengikuti setiap unggahan instagram yang anda berikan.

Pengumuman Peluncuran Produk

Meskipun brand anda sudah dikenal oleh banyak orang terutama pengguna instagram namun penting bagi anda membangung brand awareness pada produk baru yang akan diluncurkan.

Instagram video menjadi konten yang ideal untuk memberikan perspektif pada pandangan pertama mengenai produk yang anda luncurkan.

Dengan instagram reels, kreator bisa memberikan konsumen potensial sebuah video singkat bagaimana produk baru anda bekerja atau membagikan konten tutorial dari produk terbaru tersebut.

Kreator bisa membuat banyak tampilan video singkat guna meningkatkan reach instagram, menaikkan rasa penasaran konsumen, serta membuat produk baru anda berada di hati konsumen.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mempromosikan konten perilisan produk yang dimiliki ke konten instagram story guna memberitahu konsumen yang dimiliki namun belum mengetahui produk yang bari diluncurkan.

Guna konten promosi produk yang lebih lengkap maka kreator bisa memperpanjang durasi video promosi kemudian mengunggahnya di instagram video feed sehingga bisa dipromosikan melalui iklan berbayar.

Instagram Video Sebagai Katalog Produk

Bagi pelaku usaha yang menjual banyak produk mungkin saja pernah mengalami kebingungan dalam menampilkan produk yang dimiliki secara cepat dan efisien.

Penggunaan instagram feed atau highlight terkadang membutuhkan waktu lama bagi konsumen untuk melihat satu persatu produk yang dijual sehingga memakan lebih banyak waktu.

Akan tetapi, hal ini bisa diatasi dengan menampilkan produk menggunakan instagram video.

Melalui konten instagram video, kreator bisa menunjukkan beberapa barang yang dijual dalam satu video dan menyebutkan tema produk tersebut, contohnya produk perawatan kulit atau rambut.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menujukkan kombinasi produk serta cara penggunaanya dalam satu video sehingga konsumen bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk menyelesaikan masalah yang dimiliki.

Tunjukkan Proses Produksi

Banyak konsumen biasanya penasaran akan proses perjalanan produksi sebuah barang apalagi jika barang yang dijual termasuk unik dan jarang ditemui di tempat lain.

Guna memenuhi rasa penasaran konsumen maka kreator bisa menunjukkan proses produksi kemudian mengunggah di instagram video.

Dengan menujukkan ke konsumen cara brand anda mengembangkan suatu produk maka anda dapat memberikan insight yang unik mengenai bisnis yang dijalani.

Selain itu, video proses produksi juga bisa memberikan apreasiasi mengenai proses perjalanan sebuah produk yang dijalani.

Pemberian video proses produksi ini juga menunjukkan kualitas produk sehingga meyakinkan konsumen untuk membeli produk yang anda promosikan.

Naikkan Kembali Produk yang Dimiliki

Dibandingkan merilis produk baru, mungkin saja anda ingin menunjukkan kembali produk yang telah dimiliki sebelumnya untuk meningkatkan brand awareness konsumen terhadap barang yang telah dimiliki sebelumnya.

Kreator bisa menampilkan kolaborasi produk yang telah diluncurkan sebelumnya namun belum terlalu dikenal oleh konsumen sehingga membuat pembeli penasaran dan akhirnya mencoba produk tersebut.

Anda juga bisa mengulas produk yang telah dimiliki sebelumnya sambil menunjukkan manfaat yang dimiliki sehingga konsumen penasaran untuk membeli barang yang dipromosikan.

Menampilkan produk yang memiliki penjualan terbanyak serta disukai konsumen juga bisa menjadi cara bagus untuk promosi produk sehingga bisa membuat konsumen mengingat barang tersebut.

Video Komedi yang Lucu

Salah satu alasan pengguna internet membuat akun instagram adalah mencari hiburan yang bisa mengisi waktu luang di sela-sela kebosanan.

Karenanya di sela-sela mengunggah konten promosi dan edukasi maka kreator juga bisa menunjukkan sisi homuris di konten yang dimiliki.

Di sisi lain, adanya konten komedi ini juga membuat konsumen lebih dekat dengan akun instagram yang dimiliki sehingga tidak ada sekat satu sama lain.

Dalam membuat konten komedi maka kreator bisa menggunakan dua sarana konten instagram video, yakni instagram story dan juga instagram reels.

Pada konten instagram story maka kreator bisa menunjukkan sisi komedi dengan memberikan balasan yang lucu pada pertanyaan konsumen yang dianggap nyeleneh.

Hal ini tentunya membuat pengikut anda lebih tertarik untuk berinteraksi dengan konten story yang anda miliki.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mengunggah konten instagram reels komedi dari konten yang viral dan di buat ulang oleh pengguna instagram yang lain.

Kreator juga bisa menambahkan ciri khas tersendiri untuk membedakan konten anda dengan yang lain.

Semakin banyak respon yang dimiliki di konten reels maka video anda akan semakin viral sehingga meningkatkan nama akun instagram anda.

Keuntungan lain dari mengembangkan konten komedi adalah kreator bisa mengunggah konten satu ini setiap hari tanpa membuat konsumen merasa bosan atau terganggu.

Namun kreator juga sebaiknya meningkatkan sisi komedi yang dimiliki agar konsumen tidak bosan dengan lelucon yang dilemparkan setiap hari.

Instagram Live Untuk Berhubungan dengan Konsumen

Instagram live merupakan sarana yang bagus untuk membangun konten yang otentik serta berkomunikasi dengan konsumen yang dimiliki secara langsung.

Namun akan lebih efektif apabila kreator merespon semua pertanyaan dari awal sampai akhir untuk meningkatkan interaksi dan keakraban satu sama lain.

Hal ini dikarenakan instagram live membiarkan kreator untuk melakukan interaksi secara langsung dengan konsumen potensial.

Anda bisa membalas pesan, mengundang konsumen untuk bergabung ke siaran langsung yang diikuti, atau mengajak konsumen masuk ke dalam campaign yang anda miliki.

Sumber :

11 Instagram Video Ideas to Attract More Leads : Social Media Examiner

17 Inspiring Instagram Video Examples From Oreo, GoPro, BuzzFeed & More (hubspot.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.