pexels pixabay 207756

Ide Konten Kuis Instagram Untuk Interaksi dengan Followers

Mau naikkan interaksi dengan pengikut di Instagram? Beberapa ide konten kuis Instagram berikut bisa anda gunakan untuk meningkatkan kedekatan anda dengan konsumen.

Saat mengelola sebuah akun Instagram brand, tentunya anda menginginkan akun anda dikunjungi oleh banyak orang sehingga membantu untuk meningkatkan brand awareness.

Beberapa cara pun dilakukan untuk meningkatkan interaksi di Instagram, seperti mengunggah konten edukasi untuk memberikan pengetahuan baru bagi konsumen atau giveaway untuk menaikkan jumlah pengikut baru.

Tidak hanya itu, salah satu ide konten Instagram yang bisa anda gunakan untuk menaikkan interaksi adalah jenis konten kuis dimana pengikut anda berlomba-lomba menjawab berbagai pertanyaan yang anda ajukan.

Ingin membuat konten kuis yang menarik serta interaktif? Berikut beberapa ide konten kuis Instagram yang bisa anda gunakan sebagai variasi konten Instagram.

keuntungan konten kuis instagram

Keuntungan Menggunakan Konten Kuis Instagram

Salah satu tujuan dari melakukan promosi di media sosial adalah menaikkan interaksi dengan pengguna Instagram yang dihitung dari jumlah likes atau komen yang di dapatkan dalam jangka waktu tertentu.

Semakin banyak orang yang bergabung dan melakukan interaksi pada konten yang anda unggah, maka akan membuka peluang bagi konten Instagram anda menjangkau pengguna Instagram yang lebih luas.

Nah, salah satu cara untuk menaikkan engagement sebuah akun Instagram adalah membuat konten kuis atau giveaway yang membuat banyak orang berkunjung untuk memberikan komentar atau likes pada postingan yang anda unggah.

Sayangnya, mengadakan konten kuis hanya menguntungkan pada interaksi jangka pendek, dimana saat kepopuleran konten anda berkurang maka pengguna Instagram yang berkunjung ke akun bisnis anda akan berangsur-angsur berkurang.

Karenanya, penting bagi kreator untuk mengunggah konten kuis secara rutin sebagai selingan konten promosi produk dan edukasi, sehingga pengikut anda tidak bosan dengan tampilan konten yang sama.

Keuntungan lain dari menggunakan konten kuis di Instagram adalah kebebasan untuk mengunggah konten di berbagai media, mulai dari Instagram feed atau stories, dimana pada konten kuis di Instagram feed, maka pengikut anda akan menjawab melalui kolom komentar, sedangkan pada story maka audiens anda bisa menjawab melalui fitur polling atau pesan langsung.

Tidak hanya itu, konten kuis juga mudah dibuat dengan menggunakan foto yang berisi pertanyaan yang berisi tantangan kepada pengikut Instagram anda.

Mulai tertarik membuat konten kuis yang menarik perhatian? Berikut beberapa ide konten kuis yang bisa anda terapkan sehari-hari.

pexels pixabay 248533 3 1

12 Ide Konten Kuis Instagram

Kehabisan ide konten Instagram untuk interaksi dengan pelanggan di sosial media? Berikut beberapa ide konten kuis yang bisa anda gunakan berulang untuk menghibur konsumen.

Konten Ask Me Anything

Pengguna Instagram tentunya familiar dengan fitur story, dimana anda bisa mengunggah konten foto dan video yang hanya bisa dilihat dalam jangka waktu 24 Jam.

Meskipun durasi konten terasa singkat, namun konten Instagram story menawarkan berbagai fitur keren yang efektif untuk membangun kedekatan dengan konsumen sehingga meningkatkan jumlah engagement.

Salah satunya adalah fitur Instagram QnA dimana kreator bisa memberikan pertanyaan pada konsumen yang kemudian akan dijawab oleh konsumen secara langsung melalui direct message, anda juga bisa mengunggah kembali jawaban lucu untuk meningkatkan jumlah interaksi.

Berikut langkah-langkah membuat konten kuis Instagram menggunakan fitur QnA :

  • Pertama, masuk ke aplikasi Instagram kemudian gulirkan layar ke kiri untuk mengakses fitur Instagram story.
  • Kedua, anda bisa memotret pada latar belakang kosong atau mengunggah foto dengan gambar tertentu sebagai background dari konten kuis nantinya.
  • Ketiga, pilihlah ikon kotak yang berada di bagian kanan atas Instagram story dimana anda akan menemukan berbagai fitur Instagram story, kemudian pilih fitur pertanyaan.
  • Keempat, setelah melakukan klik pada ikon tersebut, maka anda bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan lucu untuk mendapatkan reaksi dari konsumen.
  • Kelima, unggah kembali jawaban dari konsumen dengan melakukan tangkapan layar pada reaksi di kolom direct message, semakin banyak reaksi yang anda unggah kembali maka akan meningkatkan minat konsumen untuk menjawab pertanyaan anda.

Konten Kuis di Instagram

Pada fitur Instagram story, anda tidak hanya menemukan ikon pertanyaan namun juga fitur quiz, dimana anda bisa memberikan pertanyaan yang bisa dijawab oleh konsumen melalui pilihan polling yang telah anda sediakan.

Dengan menggunakan fitur quiz ini juga akan memberikan keterlibatan konsumen dalam menjawab berbagai pertanyaan yang anda berikan.

Berikut tutorial mudah membuat konten kuis di Instagram menggunakan fitur Instagram story.

  • Pertama, anda bisa mencari topik umum yang mudah dipahami oleh konsumen dan tentunya berkaitan dengan bisnis yang anda jalani. Namun, anda juga bisa mengunggah pertanyaan yang berasal pengetahuan umum untuk mengetes pengikut yang anda miliki.
  • Kedua, setelah menemukan topik yang tepat, maka anda bisa menuliskan terlebih dahulu pertanyaan dan jawaban pada selembar kertas sebelum kemudian anda mengunggahnya di kolom Instagram story.
  • Ketiga, buka aplikasi Instagram kemudian gulir layar ke kiri dimana anda bisa menemukan fitur Instagram story.
  • Keempat, jangan lupa untuk mengunggah foto dengan warna polos sebagai background dari konten Instagram story, anda bisa memilih background warna yang sama atau berbeda-beda untuk setiap postingan story.
  • Kelima, klik pada ikon kotak yang berada di bagian atas story dan anda akan diarahkan ke beberapa fitur tambahan story, pilih ikon pertanyaan dan isi dengan pertanyaan dan opsi jawaban.
  • Keenam, isilah pertanyaan pada kolom kosong berwarna hitam dan jawaban pada bagian kolom warna putih.
  • Ketujuh, setelah mengisi berbagai pertanyaan dan jawaban maka pilihlah pertanyaan yang benar dengan melakukan klik pada ikon huruf A/B sesuai dengan pertanyaan yang dianggap tepat.
  • Kedelapan, klik tanda centang yang berada di bagian pojok kanan atas agar pertanyaan anda diunggah ke kolom Instagram story.

Sebah tips yang bisa anda gunakan dalam membuat konten kuis di Instagram story adalah tambahkan dulu konten foto yang dapat memancing pengikut anda untuk menjawab pertanyaan yang anda ajukan.

Salah satu contoh kalimat pembuka yang bisa anda gunakan diantaranya adalah :

  • “Siang-siang gini enaknya main tanya jawab ga sih? yang setuju coba likes story ini”
  • ” Stop… stop… daripada scrolling konten story ga jelas mending jawab pertanyaan dari kami yuk”
  • “Yakin udah kenal dengan produk / brand x? uji pengetahuanmu dengan pertanyaan berikut”
  • “Kalian masih inget ga sih sama pelajaran kelas 4 SD? kalau masih inget, yuk jawab dulu pertanyaan ini”

Pemberian pertanyaan secara mendadak di kolom Instagram story, nantinya akan membuat pengikut anda bingung dan berakhir tidak menjawab pertanyaan yang anda ajukan.

Konten Teka-Teki

Pemberian konten kuis, tidak hanya bisa digunakan pada Instagram story namun bisa juga diunggah di Instagram feed sehingga dapat bertahan lama dan memiliki potensi untuk menjangkau pengguna Instagram yang lebih.

Salah satu ide konten kuis yang bisa digunakan pada Instagram feed adalah konten teka-teki dimana anda bisa meminta pengikut anda menemukan kata tersembunyi dari sebuah konten Instagram.

Meskipun terlihat simpel namun penggunaan konten teka-teki mampu untuk meningkatkan engagement dengan banyaknya jawaban serta likes yang di dapatkan dari sebuah konten teka-teki.

photo1659401627

Strategi ini juga dilakukan oleh akun Instagram @akko_id, dimana anda diminta untuk menemukan sebuah kata tersembunyi yang memiliki kaitan dengan produk atau brand yang dijalankan.

Pada konten teka-teki inilah anda juga bisa memasukkan sebuah caption untuk memudahkan pengikut anda untuk memahami pertanyaan dengan mudah.

Anda juga memanfaatkan kolom caption untuk mengajak lebih banyak orang untuk menemukan beberapa kata yang disembunyikan.

Konten Kuis di Instagram Carousel

Instagram feed tidak hanya mengizinkan penggunanya untuk mengunggah konten Instagram dalam sebuah foto atau video.

Namun, pengguna juga bisa mengunggah beberapa foto dan video sekaligus dalam jumlah banyak menggunakan fitur Instagram carousel.

Keberadaan fitur satu ini juga bisa anda gunakan sebagai media konten kuis, dimana anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan sekaligus yang akan dijawab oleh pengikut anda di kolom komentar.

Cara ini dilakukan oleh akun Instagram @ieltsku, dimana kreator mengunggah beberapa pertanyaan berbahasa inggris yang berkaitan dengan soal ielts yang bisa dijawab di fitur komentar.

Banyaknya petanyaan yang menarik dan mengasah otak, akan membuat pengguna Instagram penasaran dan akhirnya berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pastikan juga untuk memberikan caption yang menarik untuk mengajak lebih banyak orang berpartispasi pada konten kuis yang diunggah sambil menambahkan beberapa hashtag Instagram yang berkaitan.

Setelah mengunggah konten pertanyaan tersebut, maka jangan lupa untuk memberikan jawaban di konten Instagram selanjutnya, cara ini ampuh untuk membuat pengguna Instagram berkunjung kembali ke akun Instagram anda untuk menemukan jawaban yang relevan.

Jenis pertanyaan yang variatif akan membuat konten kuis anda menjadi lebih menarik sehingga bisa digunakan untuk konten jangka panjang dan menjadi selingan saat bingung mengunggah konten Instagram yang seru.

Konten Tebak Gambar

Di masa kecil dulu, anda pastinya pernah bermain tebak gambar dimana anda diminta mencocokan potongan gambar untuk menjadi gambar yang utuh.

Permainan tersebut terasa menyenangkan dan tanpa sadar dapat membantu mengasah otak kita untuk mempelajari perbaduan bentuk dan warna.

Meskipun tebak gambar biasanya memiliki kaitan dengan permainan anak kecil, namun konten satu ini juga bisa digunakan sebagai konten kuis di Instagram, dimana anda bisa meminta pengikut anda memilih potongan gambar yang sesuai.

photo1659406429

Hal ini dilakukan oleh akun Instagram @juragenproperti, dimana anda bisa mencocokkan potongan gambar puzzle yang sesuai dengan gambar yang diberikan untuk menghasilkan gambar yang sesuai.

Dalam memilih gambar untuk konten ini, maka anda bisa memilih foto produk yang sedang naik daun atau brand yang anda miliki, guna memudahkan pengikut anda membayangkan foto yang tepat.

Konten Kuis Pilihan

Dalam membuat konten kuis Instagram, anda tidak hanya meminta pengikut anda memilih jawaban yang tepat, namun anda juga bisa meminta mereka untuk memilih warna yang tepat sesuai keinginan.

Pemilihan opsi ini juga bisa digunakan sebagai survei produk yang bisa diterapkan saat anda akan meluncurkan produk baru.

photo1659402142

Salah satunya dilakukan oleh akun Instagram @alvara.outfit, yang meminta pengikutnya untuk memilih warna berdasarkan kesukaan yang kemudian bisa dijawab di kolom komentar, semakin banyak jawaban yang sama akan menjadi penentu kesukaan sebagian besar konsumen anda.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menanyakan beberapa produk best seller kesukaan konsumen yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan kesukaan.

Konten This or That

Pilihan yang terlalu banyak mungkin saja akan membingungkan kreator dalam memilih opsi yang banyak dan sesuai keinginan konsumen.

Guna memudahkan pembuatkan konten kuis Instagram, maka anda bisa menggunakan konten kuis this or that dimana anda menyajikan dua pilihan kebiasaan yang biasa dilakukan oleh konsumen.

photo1659406306

Salah satunya adalah konten kuis this or that oleh @rak_mommy yang menyajikan dua pilihan kebiasaan yang dilakukan oleh ibu-ibu, seperti memasak menggunakan banyak minyak atau sedikit.

Kebiasaan yang sesuai dengan konsumen tersebut akan memancing mereka untuk menjawab berbagai pertanyaan yang disajikan sambil memilih pertanyaan yang sesuai.

Konten kuis this or that ini juga bisa digunakan di berbagai industri dengan menggunakan pilihan sesuai produk atau kebiasaan konsumen.

Beberapa contoh konten kuis this or that adalah :

” Pilih mana, menabung atau investasi?”

“Jika sedang kepepet, anda lebih memilih hutang teman atau paylater?”

Variasi pertanyaan yang banyak juga bisa anda gunakan untuk konten Instagram kuis selanjutnya atau diunggah pada konten Instagram stories dengan jumlah banyak sekaligus.

Konten Kuis Fill in The Blank

Anda suka main teka-teki? tentunya konten kuis satu ini cocok dengan anda.

Pada konten kuis ini, anda akan diminta mengisi beberapa jawaban dengan clue yang telah diberikan di postingan Instagram, sehingga memudahakan pengikut anda untuk menjawab pertanyaan berdasarkan kata kunci yang diberikan.

photo1659406361

Cara ini dilakukan oleh akun Instagram @gaidztravel yang mengajak pengikutnya untuk mengisi pertanyaan mengenai nama gunung tertinggi di pulau jawa dengan memberikan pertunjuk beberapa kata yang berkaitan serta gambar gunung tersebut.

Kreator juga bisa memanfaatkan konten kuis fill in the blank, dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan produk yang anda miliki atau tempat yang memiliki kaitan dengan brand yang anda jalankan, sehingga memudahkan pengikut anda untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.

Konten Kuis Emoji Poll

Seperti yang telah anda ketahui sebelumnya, Instagram story memiliki beberapa fitur menarik yang mampu untuk meningkatkan interaksi dengan konsumen dengan berbagai pilih reaksi yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Hal ini juga memungkinkan bagi kreator untuk membuat konten kuis emoji poll, dimana anda bisa meminta pengikut anda mengukur minat pada sebuah barang dengan polling yang bisa ditarik sesuai dengan minat.

Beberapa pertanyaan yang bisa anda ajukan pada konten kuis emoji Poll adalah :

“Semangat pagi senin, siapa yang udah semangat untuk kerja?”

“Seberapa sering anda berolahraga? Geser ke kiri untuk menentukan frekuensi anda olahraga”

Dalam menggunakan konten kuis emoji poll, maka anda bisa menambahkan sebuah gambar yang berkaitan dengan pertanyaan yang anda ajukan sehingga interaksi semakin menarik dan menyenangkan.

Konten Kuis Tentang Produk dan Brand

Memiliki banyak pengikut aktif serta produk yang dipromosikan di Instagram, mungkin membuat pelaku usaha merasa bahwa produk yang dikembangkan sudah dikenali oleh berbagai konsumen.

Namun, apakah anda yakin pengikut anda sudah mengenal brand dan produk yang anda jual atau sekedar ikut-ikutan saja.

Untuk mengukur pengetahuan konsumen mengenai produk yang anda jual, maka anda bisa mengadakan konten kuis menegnai produk dan brand.

Dengan konten tersebut, maka anda bisa mengetahui banyaknya orang yang telah mengenal produk anda sehingga bisa menjadi evaluasi untuk konten brand awareness selanjutnya.

Beberapa pertanyaan yang bisa anda ajukan pada konten kuis ini adalah mengajukan pertanyaan mengenai brand anda, seperti tanggal didirikannya atau produk yang pertama kali dijual di pasaran.

Jika hanya sedikit konsumen yang memahami mengenai brand anda, maka anda bisa menyelipkannya dengan konten edukasi yang berisi informasi singkat dan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Pertanyaan lain yang bisa anda ajukan ke konsumen anda adalah variasi produk yang anda jual serta manfaatnya, hal ini bisa anda lakukan apabila anda memiliki brand skincare yang biasanya memiliki varian produk tertentu, seperti acne, whitening, dan lain sebagainya.

Pada pertanyaan mengenai produk, biasnaya akan banyak pengikut yang berpartisipasi dalam memberikan jawaban, sebab produk yang anda jual biasanya mudah dipahami berkat konten promosi yang anda telah anda unggah.

Berbagai reaksi dari konsumen tersebuat, bisa anda jadikan evaluasi sehingga bisa dibuat konten Instagram yang akan datang.

Konten Kuis Never Have I Ever

Mau interaksi yang seru dengan pengikut anda? Ajukan saja beberapa pertanyaan yang menarik namun random di konten kuis never have i ever.

Pada konten kuis satu ini, anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kebiasaan konsumen dan sesuai dengan produk yang anda jalani.

Salah satu contohnya adalah, jika anda memiliki produk atau brand yang bergerak pada bidang kesehatan rambut, maka beberapa pertanyaan yang bisa anda ajukan adalah:

“Pernah ga, rambut rontok karena stress?”

“Pernah ga. maksain diet sampai rambut rontok?”

“Pernah ga, rambut sampai cokelat karena main di panas matahari?”

“Pernah ga. saking stressnya sampai warnain rambut eh akhirnya malah rambunya ikutan rusak”

“Pernah ga, rambut ketombean karena lepek dan jarang keramas”

Beberapa pertanyaan yang anda ajukan tentunya memiliki keterkaitan dengan produk dan brand yang anda jalankan serta pernah dialami oleh konsumen anda.

Anda juga bisa melanjutkan respon konsumen yang berisi jawaban serta keluhan dengan memberikan jawaban serta membagikannya di kolom Instagram story.

Kreator juga bisa melanjutkan konten kuis tersebut dengan promosi produk yang berkaitan dengan masalah tersebut, sehingga pengguna Instagram yang bergabung pada percakapan yang anda buka tertarik untuk mencoba produk yang anda tawarkan.

Beberapa pertanyaan never have i ever tersebut, juga bisa anda bagikan kembali ke konten Instagram feed, untuk menyediakan kolom jawaban yang lebih banyak sehingga konsumen lain bisa melakukan interaksi, sehingga membuka peluang agar konten anda menjangkau pengguna Instagram yang lebih banyak.

Konten Kuis Mengenai Perusahaan

Seorang penggemar dari brand anda, mungkin mengetahui brand anda terbentuk serta produk yang anda jual, namun sedikit yang mengetahui mengenai seluk beluk perusahaan yang anda miliki.

Karenanya untuk membantu penggemar anda mengenai perusahaan yang anda jalankan, maka konten kuis mengenai perusahaan bisa anda bagikan sebagai konten Instagram.

Beberapa pertanyaan mendasar seperti jumlah pegawai bisa anda jadikan pertanyaan pertama yang akan diteruskan ke pertanyaan selanjutnya yang memiliki kaitan dengan perusahaan anda.

Anda juga bisa mengunggah konten pembuka yang memancing konsumen untuk menjawab berbagai pertanyaan yang anda ajukan.

Selipkan juga jawaban yang mengandung informasi mengenai produk anda guna memudahkan konsumen dalam memahami perusahaan anda lebih dekat.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.