pexels nataliya vaitkevich 6214382

Instagram Creator Marketplace, Cara Baru Jualan di Instagram

Instagram kembali melakukan ekspansi di bidang social media shopping dengan meluncurkan layanan instagram creator marketplace.

Saat penggunaan social media sebagai sarana belanja online sudah banyak dilakukan oleh berbagai platform social media, beberapa di antaranya adalah tiktok, facebook, instagram, dan bahkan youtube.

Melalui layanan social media shopping ini, pengguna bisa langsung berbelanja saat melihat barang kesukaan sehingga tidak perlu ke luar ke website marketplace online.

Inovasi social media shopping ini juga menguntungkan mengingat beberapa social media memiliki banyak pengguna setia yang bisa dimanfaatkan sebagai media promosi dan calon konsumen yang efektif.

Di sisi lain, guna memanfaatkan fenomena ini maka beberapa marketplace juga mengeluarkan fitur shopping khusus, seperti tiktok dengan tiktok shop serta facebook melalui facebook shop.

Platform instagram juga tidak mau kalah dengan mengeluarkan layanan instagram shop untuk pengguna akun instagram business untuk berjualan melalui instagram.

Tidak berhenti disitu saja, instagram juga mengeluarkan layanan shopping baru bernama instagram creator marketplace untuk memaksimalkan jaulan di instagram.

Hal ini di dasari dengan fakta dari instagram yang telah menjadi pemain utama dalam layanan influencers marketing, dimana sebanyak 87% pengguna instagram menyatakan mereka tertarik untuk membeli barang setelah di promosikan oleh influencer.

Melihat pengaruh influencer yang sangat besar menjadikan instagram mengubah tujuan baru untuk layanan marketplace dengan meluncurkan platform untuk influencer menengah dimana kreator mikro dapat menghasilkan monetisasi instagram yang lebih cepat.

Berita ini juga menjadi angin segar bagi kreator atau influencer yang mencari sponsor lebih banyak untuk menghasilkan uang di instagram.

Ingin ketahui lebih dalam mengenai layanan instagram creator market place? berikut pengertian dan beberapa fitur yang bisa anda gunakan untuk jualan di instagram.

instagram creator marketplace

Apa Itu Instagram Creator Marketplace

Instagram creator marketplace merupakan suatu tempat khusus dimana pengguna bisa menemukan kreator sesuai dengan industri yang diinginkan dan kolaborasi dengan sebuah brand yang tentunya mendapatkan bayaran dengan harga yang telah ditentukan.

Singkatnya, instagram creator marketplace menjadi tempat untuk mempertemukan sebuah brand dengan kreator yang sesuai.

Guna memaksimalkan penggunaan instagram creator marketplace maka berbagai fitur telah di sediakan untuk brand dan kreator dalam membangun hubungan yang relevan satu sama lain tanpa meninggalkan aplikasi instgaram.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi sebuah brand untuk mencari kreator yang sesuai dengan campaign promosi yang dijalankan.

Meskipun layanan ini terlihat menakjubkan nyatanya anda juga bisa menemukan fitur dengan kegunaan yang sama di Tiktok yang dapat mempertemukan sebuah brand dengan kreator untuk mempromosikan campaign dan produk yang dimiliki.

pexels photomix company 230544

Fitur Instagram Creator Marketplace

Peluncuran layanan instagram creator marketplace juga di dukung dengan beberapa fitur unggulan, seperti discoversy, partnership messaging, projects, payments.

Berikut penjelasan singat fitur-fitur instagram creator marketplace beserta fungsinya :

2

Discovery Feature

Alih-aling menghabiskan banyak waktu untuk mencari kreator yang tepat untuk campaign serta produk yang dimiliki, kini sebuah brand dapat menemukan influencer yang sesuai dengan lebih mudah menggunakan layanan discovery feature.

Pada layanan ini, anda akan menemukan berbagai kreator yang bergerak di industri yang sama sehingga memiliki konsumen yang sesuai dengan target audience yang anda inginkan.

Tidak hanya itu, kreator juga di berikan opsi untuk mengenal minat yang di miliki dan dapat memilih hingga 10 akun instagram yang sesuai dengan tujuan promosi yang anda inginkan.

Dengan memilih kreator yang tepat tentunya anda akan mendapatkan hasil promosi yang lebih maksimal serta peluang untuk mendapatkan konsumen baru yang lebih besar.

1

Partnership Messaging Feature

Saat anda menemukan influencer yang sesuai dengan program promosi yang anda lakukan maka biasanya seseorang akan menghubungi influencer tersebut melali fitur direct message.

Sayangnya cara tersebut terkadang di rasa kurang efektif mengingat banyaknya pesan yang masuk ke akun influencer setiap harinya sehingga bisa saja pesan anda tenggelam di antara ratusan pesan yang hadir, meskipun kini instagram juga telah mengeluarkan kolom khusus untuk pesan dari brand yang mengajak kolaborasi.

Karenanya dengan layanan partnership messaging feature maka pesan ke influencer yang di pilih tidak akan tenggelam karena sudah masuk ke folder khusus di fitur instagram creator marketplace.

Selain itu, kreator juga bisa melihat tawaran kolaborasi beserta dengan harga yang di tawarkan serta jenis promosi yang ingin dilakukan serta bisa menolaknya apabila kolaborasi yang dilakukan di rasa tidak sesuai dengan keinginan.

3

Projects Feature

Bagi influencer yang di ajak kerja sama oleh suatu brand tentunya ingin mengetahui terlebih dahulu kegiatan promosi yang akan dilakukan sebelum menyetujui proses kerja sama tersebut.

Selain itu, dengan informasi yang lebih lengkap tentunya akan membantu kreator untuk mengetahui batasan yang dilakukan sehingga mengurangi timbulnya salah paham di kemudian hari.

Guna mengatasi masalah ini maka kreator bisa memanfaatkan layanan project feature untuk melihat pekerjaan yang di tawarkan sebelum akhirnya menyetujui proses kerja sama.

Anda juga bisa melihat jumlah biaya yang ditawarkan dan menimbang apakah hasil yang di dapatkan sudah sesuai dengan rate yang biasa kreator pasang.

4

Payment

Setelah melakukan berbagai proses promosi yang di minta oleh sebuah brand kini saatnya bagi kreator untuk mendapatkan hasil kerja kerasnya.

Pada layanan payment ini, sebuah brand yang telah mengajak anda kerja sama bisa membayar kreator setelah proyek kerja sama yang di lakukan sudah selesai tanpa perlu meninggalkan instagram.

Kabar baiknya, kreator juga bisa melihat jalannya proses pembayaran di platform instagram creator marketplace dengan mudah.

pexels andrea piacquadio 920382

Cara Menggunakan Instagram Creator Marketplace

Setelah mengetahui beberapa fitur instagram creator marketplace maka inilah saatnya menggunakannya untuk mendapatkan kreator yang sesuai serta mendapatkan hasil promosi yang maksimal.

Berikut cara mudah menggunakan kayanan instagram creator marketplace :

Ketahui Tujuan Promosi

Langkah pertama dalam menggunakan layanan instagram creator market place adalah mengetahui tujuan promosi di instagram.

Dengan memiliki tujuan yang jelas akan membantu sebuah brand dalam mewujudkan strategi marketing yang di buat bersama dengan influencers yang telah akan di pilih di layanan instagram creator marketplace.

Selain itu, anda juga akan lebih mudah dalam menentukan kreator berdasarkan jumlah pengikur yang di miliki, durasi kerja sama, serta waktu penayangan promosi produk.

Anda juga bisa meminta jumlah engagement rate yang di dapatkan untuk mengetahui hasil yang di dapatkan selama kerja sama berlangsung.

Di sisi lain, anda juga bisa melakukan tracking hasil kerja sama dengan influencer tertentu menggunakan kode promo tertentu dimana anda bisa melihat jumlah orang yang menggunakan promo tersebut guna mengukur efektivitas promosi produk.

Di sisi lain, bagi seorang influencer yang akan di ajak kerja sama maka sebaiknya mengetahui hasil yang ingin anda dapatkan dari brand tersebut, apakah dukungan dalam jangka waktu tertentu atau sejumlah uang dari biaya promosi yang di dapatkan.

Dengan menguntungkan layanan dari instagram creator marketplace maka influencer juga bisa melakukan filter berdasarkan hasil yang ingin di dapatkan dari kolaborasi dengan sebuah brand.

Ketahui Budget Promosi

Meskipun anda sudah memiliki influencer yang di incar namun jangan lupa untuk mempertimbangkan budget promosi yang di miliki oleh brand anda.

Hal ini di lakukan agar anda mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan influencer yang telah anda pilih.

Secara natural, seorang influencer yang memiliki pengikut yang sangat banyak akan memasang biaya promosi yang lebih besar.

Namun jika anda ingin memaksimalkan brand exposure maka anda perlu menyesuaikan dengan budget yang anda miliki guna mendapatkan hasil yang sesuai.

Satu hal penting yang mesti anda pahami juga adalah memiliki pengikut yang banyak tidak selalu memberikan hasil yang baik karena semakin banyak orang yang dimiliki maka hubungan antara influencer dan pengikut juga tidak terlalu erat.

Hal ini akan berbanding terbalik jika anda memilih influencer yang memiliki pengikut yang lebih sedikit namun memiliki ikatan yang kuat dengan pengikut yang di miliki sehingga tertarik pada produk yang di promosikan.

Selain itu, seorang penggemar dari produk tertentu biasanya juga lebih memercayai influencer yang memiliki pengikut yang lebih sedikit namun memiliki kedekatan yang erat dengan penggemarnya.

Sama seperti jika anda di rekomendasikan oleh teman dekat yang lebih anda percaya di bandingkan iklan di televisi.

Sebelum memilih influencer yang tepat di instagram creator marketplace maka hitung juga biaya yang anda keluarkan saat melakukan kerja sama dengan influencer di platform tersebut.

Sedangkan bagi influencer, anda mungkin menemukan berbagai pilihan biaya mulai dari yang paling murah hingga mahal, namun anda juga perlu mengingat bahwa setiap hasil yang di dapatkan juga berasal dari kerja keras dalam membuat konten promosi.

Semakin besar usaha yang di lakukan dalam pembuatan konten maka biaya yang di hasilkan akan mahal dan begitu juga sebaliknya.

Pahami Komunitas yang Ingin Anda Tuju

Saat melakukan promosi di social media, mungkin saja anda ingin semua pengguna instagram mengetahui produk yang anda miliki serta keunggulan yang diberikan.

Meskipun begitu, dengan mengetahui produk tertentu bukan berarti pengguna instagram akan membeli produk anda karena perbedaan kebutuhan dan masalah yang dihadapi.

Karenanya dalam melakukan kerja sama dengan influencer di instagram creator marketplace maka pastikan untuk mengetahui target komunitas yang ingin anda tuju serta influencer yang memiliki minat pada komunitas tersebut.

Hal ini dilakukan agar anda bisa melakukan kerja sama dengan influencer yang memiliki visi dan minat yang sama dengan anda.

Selain itu, dengan mengetahui komunitas yang ingin di tuju maka akan lebih menghemat waktu dalam memilih influencer yang anda inginkan.

Sumber :

How to Use Instagram’s NEW Instagram Influencer Marketplace to Grow Your Business – Plus 15 to Ways Launch Profitable Creator-Brand Partnerships – MobileMonkey

Instagram tests Creator Marketplace for collaborations – Social Samosa

Top New Instagram Updates and Features in 2022 – EmbedSocial

Meta Launches New Instagram Creator Marketplace (later.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.