promosi akun instagram bisnis

12 Kesalahan Instagram Marketing Buat Akun Instagram Sepi

Ketahui beberapa kesalahan instagram marketing yang dapat membuat akun instagram sepi dan pengikut yang terus berkurang.

Instagram telah menjadi satu social media yang sering kali digunakan pebisnis untuk melakukan promosi di dunia maya.

Hal ini di dukung dengan data dari Instagram yang menyatakan sebanyak 25 juta akun instagram bisnis menggunakan social media ini untuk mempromosikan brand serta produk yang dimiliki.

Penggunaan ini dikarenakan instagram memiliki tampilan visual yang bisa membuat kreator mengkreasikan konten promosi atau edukasi untuk mengenalkan brand usaha mereka di instagram.

Di sisi lain, bagi sebuah brand yang baru memulai promosi di instagram, terkadang membuat kesalahan instagram marketing yang membuat akun mereka sepi bahkan minim pengunjung.

Karenanya, untuk menghindari masalah tersebut maka berikut beberapa kesalahan instagram marketing yang sebaiknya dihindari dan penyelesaiannya.

profil instagram marketing

Menggunakan Profil Instagram yang Kurang Lengkap

Saat pertama kali membuat akun instagram business, tentunya anda akan diminta mengisi beberapa informasi penting di kolom instagram bio.

Namun, kolom yang banyak serta data yang kurang lengkap akhirnya membuat anda menunda mengisi biodata tersebut dan akhirnya membiarkan beberapa kolom kosong.

Padahal, penggunaan instagram bio akan menjadi daya tarik bagi pengguna instagram yang mengunjungi akun anda meskipun postingan yang diunggah belum banyak.

Dengan memberikan informasi yang lengkap tentunya akan membuat konsumen lebih percaya dengan akun instagram anda dan berminat untuk membeli produk yang anda jual meskipun akun instagram business anda belum memiliki banyak pengikut.

Tidak hanya itu, dalam mengisi profil instagram bio tentunya diperlukan strategi yang tepat, agar konsumen jatuh cinta pada pandangan pertama.

Buat Instagram Bio yang Singkat dan Menyenangkan

Penggunaan deskripsi instagram bio menjadi elemen penting saat melakukan optimasi akun instagram, hal ini dikarenakan konsumen dapat memahami brand yang anda kembangkan dan produk yang dijual dalam waktu singkat.

Namun, dalam membuat instagram bio maka sebaiknya kreator membuat deskripsi yang singkat dan menyenangkan sehingga membuat konsumen tidak bosan serta memahami isi bio instagram anda dengan cepat.

Maksimalkan Penggunaan Kolom Website di Instagram

Satu elemen lain yang bisa anda temukan di kolom deskripsi adalah kehadiran kolom link, dimana anda bisa memasukkan akun social media, website, atau akun marketplace yang anda buat dan bisa dikunjungi oleh pengguna instagram.

Sayangnya, kehadiran kolom link tersebut hanya memungkinkan kreator untuk menyertakan satu link website sehingga tidak mencukupi bagi pelaku usaha yang memiliki lebih dari satu alamat website dan social media.

Guna mengatasi masalah ini, maka anda bisa menggunakan website Linktree yang mampu membuat halaman khusus berisi link social media dan website yang bisa anda buat dengan cepat dan mudah.

photo1658212936

Salah satu instagram profile yang bisa anda tiru adalah tampilan dari akun instagram @sayurbox yang memberikan detail informasi yang lengkap sehingga membuat pengguna instagram memahami produk yang dijual serta membeli barang yang dipromosikan.

pexels tim mossholder 3690735

Mengubah Akun Instagram Business Menjadi Mode Private

Salah satu kesalahan instagram marketing yang membuat akun brand anda tidak dilirik adalah mengubah mode instagram dari publik menjadi private.

Kesalahan ini yang akan membuat pengguna instagram yang ingin mengikuti akun instagram anda menjadi ragu-ragu dan akhirnya memilih tidak mengikuti akun instagram.

Selain itu, dengan mengubah akun instagram ke mode privat tentunya akan membangun tembok tebal di antara anda dan konsumen yang dimiliki sehingga lama kelamaan akun instagram bisnis anda kehilangan pengikut.

Penggunaan akun instagram privat juga dinilai kurang efektif karena konsumen harus menunggu lama hingga akhirnya akun konsumen diterima oleh anda dan dapat melihat konten yang anda sajikan.

Padahal bisa saja saat melihat akun instagram anda, konsumen sudah tertarik untuk membeli produk yang anda jual namun lama kelamaan rasa senang tersebut hilang dan saat akun instagram sudah diterima maka pembeli menunda untuk membeli produk anda.

Dengan membuat akun instagram bisnis anda menjadi mode publik maka anda akan membangun kepercayaan dari pengguna instagram serta target konsumen yang ingin anda tuju.

pexels prateek katyal 2694434 2

Beli Followers Instagram

Saat pertama kali membuka akun instagram bisnis tentunya anda belum bisa mendapatkan pengikut instagram yang banyak dalam waktu singkat.

Hal ini dikarenakan, instagram belum mengenal akun anda sehingga perlu menyesuaikan diri untuk mengangkat konten yang anda unggah.

Namun, meskipun untuk mendapatkan followers instagram memerlukan waktu yang lama, namun bukan berarti anda bisa membeli followers instagram.

Penggunaan followers instagram berbayar atau palsu justru dapat merusak kesehatan akun instagram anda sehingga kurang bisa optimal untuk tampil di instagram.

DI sisi lain, instagram sangat senisitif dengan penggunaan followers berbayar sehingga jika anda melakukan pembelian akun instagram secara terus menerus maka instagram akan memberikan peringatan ke akun anda dan bahkan membuat akun instagram suspend permanen.

Karenanya dibandingkan membeli followers instagram yang justru merugika dan membuat akun instagram anda sepi, maka beberapa cara berikut bisa anda lakukan.

Promosi Instagram Secara Organik

Promosi satu ini bisa dilakukan oleh kreator instagram yang baru pertama kali membuat akun instagram, yakni dengan mengunggah konten secara konsisten,

Dengan mengunggah konten yang sesuai dengan keinginan konsumen dan diirngi dengan visual yang menarik, tentunya akan membuat konsumen tertarik untuk mengikuti akun instagram yang anda kembangkan.

Pemilihan konten instagram yang tepat juga akan membantu membuat akun instagram anda naik dan dilirik oleh pengguna instagram.

Salah satunya adalah dengan membuat konten reels yang mampu membuat akun instagram anda dikenal oleh pengguna instagram.

Hal ini dikarenakan konten reels memiliki kolom dan algoritma instagram sendiri yang menyebarkan konten anda ke pengguna instagram yang memiliki minat sama sehingga mempermudah dalam mendapatkan target konsumen yang sesuai.

Penggunaan konten reels juga diakui oleh banyak akun instagram bisnis yang mendapatkan lebih banyak pengikut baru setelah postingan reels mereka mendapatkan banyak penonton dan interaksi.

Promosi Instagram Secara Berbayar

Sudah membuat berbagai konten instagram, namun tidak kunjung mendapatkan hasil yang diinginkan? Maka promosi instagram secara berbayar bisa menjadi alternatif lain.

Melalui jenis promosi satu ini, kreator dapat mempromosikan produk anda ke influencer instagram yang telah memiliki banyak pengikut dan memiliki target konsumen yang sama.

Dengan melakukan kolaborasi dengan influencer lain, maka akun instagram anda akan lebih mudah dikenal oleh pengguna instagram lain yang tentunya memiliki minat yang sama sehingga membuka kesempatan untuk mendapatkan konsumen yang lebih banyak.

Namun, jika anda kurang menyukai kolaborasi tersebut atau belum menemukan influencer instagram yang tepat maka anda bisa melakukan promosi melalui instagram ads.

Promosi satu ini kerap ditemui di instagram story, feed, bahkan reels sehingga membuka kesempatan bagi pengguna instagram untuk melihat akun instagram dan produk yang anda tawarkan.

Keuntungan lain, dari menggunakan instagram ads adalah kemampuan untuk memilih target konsumen berdasarkan usia, gender, dan lokasi.

Anda juga diberikan kesempatan untuk memilih waktu penayangan sehingga pengguna instagram bisa melihat konten-konten anda di waktu yang telah ditentukan serta kreator bisa mengunggah iklan di waktu aktif konsumen.

Benefit lain dari menggunakan iklan berbayar adalah kemampuan analisa yang tepat sehingga anda bisa melihat apakah konsumen sudah masuk ke mengakses halaman website yang anda miliki atau menghiraukannya sehingga anda bisa memutuskan untuk mengganti promosi iklan yang lebih baik.

Proses pembuatan instagram ads juga cukup mudah, kreator hanya perlu menyiapkan konten promosi dalam bentuk gambar atau video singkat dan menentukan target konsumen serta durasi penayangan iklan yang telah ditentukan.

Pengunggah dan analisa instagram ads bisa dilakukan di facebook, sehingga pastikan untuk membuat akun facebook terlebih dahulu.

pexels fauxels 3184292

Kurangnya Strategi Instagram Marketing

Dalam optimasi akun instagram, kreator sebaiknya mengunggah konten instagram secara rutin atau konsisten agar postingan anda berada di bagian atas instagram feed atau dinaikkan oleh oleh instagram.

Meskipun begitu, bukan berarti kreator bisa mengunggah konten instagram secara asal yang justru membuat akun instagram anda kurang disukai oleh pengguna instagram atau pengikut yang dimiliki.

Karenanya berikut beberapa strategi instagram marketing yang bisa digunakan untuk optimasi konten instagram.

Menentukan Tujuan Akun Instagram

Setelah melengkapi identitas profil instagram maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah menentukan tujuan akun instagram.

Penentuan ini akan membantu anda dalam membuat tipe konten yang sesuai serta pendekatan yang cocok dengan target konsumen.

Anda bisa memilih beberapa tujuan instagram sesuai dengan keinginan, seperti menambah followers baru, memperluas jangkauan akun instagram, serta meningkatkan brand awareness.

Pembuatan tujuan akun instagram akan membantu anda menyusun strategi yang tepat serta menyukseskan promosi yang anda lakukan.

Pilih satu tujuan akun instagram dan lanjutkan dengan rencana strategi instagram marketing yang akan menjadi pedoman anda dalam menentukan setiap keputusan serta mengukur kinerja konten instagram dan interakasi yang dilakukan dengan pengikut yang dimiliki.

Mengunggah Konten yang Kurang Sesuai

Visual merupakan bagian terpenting di instagram yang mampu menarik perhatian penggunna instagram saat melihat postingan yang anda sajikan.

Kualitas visual yang bagus akan menentukan kualitas akun instagram anda di mata seseorang yang melihat konten anda, tentunya konten dengan kualitas yang kurang baik akan sulit dilirik di instagram dibandingkan yang memiliki kualitas visual yang baik.

Sehingga dalam mengunggah konten instagram, pastikan foto dan video anda sesuai dengan ukuran yang ditetapkan oleh instagram sehingga postingan anda tidak terpotong secara otomatis oleh instagram.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam membuat konten instagram adalah memastikan postingan yang anda buat relevan dengan target konsumen.

Cara ini dilakukan agar pengikut anda memberikan apresiasi berupa likes atau share dan interaksi di kolom komentar yang akan membantu menaikkan postingan anda ke instagram explore.

Beberapa ide konten instagram yang bisa digunakan untuk postingan instagram adalah konten edukasi yang menjawab pertanyaan konsumen di kolom komentar atau direct message.

photo1658219253

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @vaselineid yang membuat konten edukasi mengenai cara mengatasi bibir kering sambil menyelipkan foto produk untuk membuat konsumen penasaran dan membeli produk yang dijual.

Tidak hanya itu, anda juga bisa membuat konten tutorial yang memadukan produk yang anda miliki serta gaya yang sesuai sehingga menarik perhatian konsumen untuk membeli produk yang anda jual.

photo1658219436

Strategi ini dilakukan oleh akun instagram @flickabags yang memadukan produk tas yang dimiliki dengan gaya berbusana yang tengah naik daun saat ini, sehingga tetap mengikuti perkembangan zaman sehingga sesuai dengan konsumen saat ini.

Berbagai jenis konten tersebut tentunya membantu untuk meningkatkan awareness pengguna instagram dan membantu kesuksesan tujuan instagram marketing yang telah anda buat sebelumnya.

Terlalu Sering Mengunggah Konten Instagram

Instagram merupakan salah satu social media kreatif yang digunakan oleh penggunanya untuk meluapkan rasa kreativitas yang dimiliki, sehingga tidak mengherankan apabila pengguna instagram suka melihat dan mengikuti akun instagram yang memiliki instagram feed estetik serta menyejukkan mata.

Namun, dalam mengembangkan akun instagram, maka anda tidak hanya mengunggah konten instagram sesering mungkin namun memastikan agar konten yang anda unggah memiliki variasi yang berbeda sehingga pengikut anda tidak bosan dan terus menanti postingan instagram yang anda unggah.

Di sisi lain, mengunggah konten instagram terlalu sering akan membuat pengikut anda bosan dan terlihat spam sehingga memilih untuk tidak membuka akun instagram anda atau beralih ke akun lain yang memiliki konsep yang lebih menarik.

Tentunya hal ini tidak ingin terjadi bukan?

Karenanya, keator bisa membuat jadwal unggah konten serta jenis konten yang diunggah sehingga tidak membuat pengikut anda bosan.

Pastikan juga anda mengunggah konten tersebut di waktu aktif konsumen sehingga mendapatkan perhatian dari pengikut anda serta mendapatkan interaksi yang cukup dan dapat membawa konten instagram masuk ke halaman instagram explore atau di rekomendasikan pada halaman reels.

Caption Instagram Terlalu Panjang

Sebelum mengunggah konten instagram, anda akan menemukan kolom khusus di sebelah foto atau video yang anda unggah.

Kolom tersebut merupakan tempat caption instagram dimana anda bisa memberikan keterangan gambar atau video yang anda unggah sehingga memudahkan pengguna instagram memahami isi konten instagram tersebut.

Meskipun kolom instagram dapat digunakan untuk mengisi deskripsi yang cukup panjang namun anda sebaiknya tidak menulisa caption yang terlalu panjang.

Hal ini dikarenakan, pengguna instagram biasanya hanya membaca kalimat awal caption instagram dan kemudian fokus pada foto yang anda sajikan.

Namun, jika anda ingin membuat caption yang panjang sebagai penjelasan isi konten maka anda bisa memasukkannya ke dalam foto atau video yang anda unggah.

Cara ini efektif untuk mendapatkan perhatian dari pengguna instagram sehingga tidak perlu melihat caption yang ditulis atau anda bisa menggunakan bagian caption untuk menaruh hastag yang sesuai.

photo1658220936

Strategi ini dilakukan oleh akun instagram @burgerking.id yang mengunggah konten promosi diskon dengan menuliskan caption di foto instagram yang tentunya akan menarik perhatian pengguna instagram.

Selain itu, beberapa kesalahan lain yang dapat merusak instagram marketing dan sering ditemukan adalah :

Penggunaan Caption yang Kurang Menarik

Sebagai seorang kreator, maka anda sebaiknya memiliki kemampuan menulis yang terus berkembang dari hari ke hari.

Anda bisa menyertakan caption instagram dengan data dan informasi terbaru yang dapat membawa konsumen untuk membeli produk yang anda promosikan.

Guna menarik perhatian konsumen, maka anda bisa memulai dengan data dan informasi yang menarik dan dikombinasikan dengan masalah yang sedang dihadapi konsumen sehingga mereka tertarik untuk membeli produk tersebut guna mengatasi masalah yang dialami.

Caption yang Terlalu Panjang

Penggunaan caption memang penting untuk menarik perhatian konsumen, namun instagram bukan platform blog yang dapat menyediakan tempat untuk menulis cerita yang panjang.

Anda bisa memasukkan pesan ke konsumen anda menggunakan caption yang singkat namun bermakna bagi konsumen untuk meningkatkan kunjungan ke konten instagram anda serta meningkatkan interaksi antara anda dengan pengikut yang dimiliki.

Dikutip dari website Neal Schaffer, penggunaan 88 kata pada caption instagram dapat meningkatkan engagement hingga 88% dibandingkan yang menggunakan caption yang terlalu panjang atau pendek.

Tidak Memasukkan Kalimat Call to Action

Keberadaan kolom caption tidak hanya digunakan sebagai deskripsi konten instagram namun juga digunakan untuk menarik minat konsumen pada produk yang dipromosikan.

Karenanya penting bagi konsumen untuk memasukkan kalimat call to action yang dapat membawa konsumen untuk membeli produk tersebut.

Anda bisa mencantumkan diskon atau link website yang bisa diakses sehingga konsumen yang tertarik pada produk anda bisa langsung membeli ke website tersebut.

Tidak Memasukkan Caption Instagram

Saat anda memilih untuk tidak menambahkan caption instagram maka anda kehilangan kesempatan untuk mendapatkan interaksi dari pengikut anda serta mendapatkan perhatian dari pengguna instagram.

Kreator sebaiknya memasukkan 1-2 kalimat pada caption instagram untuk mendeskripsikan isi konten dan mempromosikan produk yang anda miliki.

Menggunakan Hastag yang Kurang Relevan

Bagi akun instagram bisnis, penggunaan hastag sangat membantu untuk menaikkan konten instagram yang diunggah serta membantu konsumen yang mencari produk tertentu dengan kata kunci yang spesifik.

Meskipun begitu, penggunaan hastag yang terlalu banyak juga akan membuat caption instagram terlihat spam sehingga menggangu konsumen yang ingin memberikan interaksi melalui komentar di postingan tersebut.

Dalam mencantumkan hastag di postingan instagram maka kreator bisa menggunakan 1-3 hastag yang relevan dan sering digunakan oleh konsumen untuk mencari konten tertentu di instagram.

Di lansir dari blog nellpatel, jumlah hastag instagram tergantung dari jumlah pengikut yang dimiliki sehingga konten instagram anda dapat menjangkau konsumen yang sesuai.

Kurang Peduli pada Analisa Instagram

Setelah mengunggah berbagai konten instagram dan mendapatkan apresiasi dari pengguna instagram maka inilah saatnya mengukur kinerja postingan anda, apakah sudah sesuai denagn tujuan promosi atau perlu diperbaiki kembali.

Layanan instagram business sendiri menyediakan fitur instagram insight dimana kreator bisa menganalisa perfoma konten instagram serta interaksi yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu.

Tidak hanya itu, instagram insight juga menyediakan informasi mengenai target konsumen yang sesuai, membuat konten instagram yang lebih baik, serta meningkatkan performa akun instagram yang anda miliki.

Penggunaan data dan informasi dari instagram insight juga membantu kreator dalam merancang strategi instagram marketing yang tepat sehingga dapat menyukseskan promosi campaign yang dilakukan.

Namun, bagaimana jika kreator kurang peduli pada hasil analisa instagram insight?

Kreator tentunya akan kesulitan memahami masalah yang dihadapi apabila mendadak followers dan interaksi instagram menurun.

Selain itu, apabila kreator kurang peduli pada hasil analisa instagram maka akan sulit menemukan solusi atau pencegahan apabila performa akun instagram menurun drastis.

Karenanya penting bagi kreator untuk memeriksa kinerja konten instagram setidaknya seminggu sekali untuk melihat penurunan atau kenaikan akun instagram.

Sumber:

12 Common Instagram Marketing Mistakes (And How To Avoid Them) (hootsuite.com)

9 Instagram Business Marketing Mistakes You Should Avoid (socialpilot.co)

7 Instagram Marketing Mistakes to Avoid at All Costs (neilpatel.com)

Common Instagram Mistakes: These 11 Mistakes are Killing Your Business (nealschaffer.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.