monetisasi reels

Meta Berikan Monetisasi Reels Untuk Intensif Kreator

Instagram reels kini tidak hanya menjadi referensi konten terbaru di instagram namun bisa menjadi sarana tambahan untuk mendapatkan uang dari instagram dengan monetisasi reels.

Dengan video durasi pendek yang kini menjadi pusat pertempuran untuk mendapatkan perhatian pengguna internet, semua platform social media kini tengah berlomba-lomba dalam membuat program monetisasi yang menarik guna memastikan bintang social media terus mengunggah konten di platform mereka.

Beberapa social media yang sudah mengembangkan monetisasi adalah Youtube dengan partner program yang juga di dukung dengan tambahan Short Funds yang kini tengah dibicarakan oleh pihak youtube.

Tidak hanya itu, Tiktok juga mengumumkan langkah awal untuk program bagi hasil dengan top kreator.

Dan sekarang, Meta sebagai induk perusahaan dari Facebook dan Instagram juga tengah mengembangkan rencana monetisasi reels dimana Meta tengah menggodok program pembayaran yang tepat.

Meta juga berencana mengembangkan challenges baru sebagai tantangan untuk Facebook reels sehingga kreator bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari video pendek.

Meta menyatakan tengah menguji dan menyempurnakan program monetisasi reels, beberapa pembaruan yang tengah dikembangkan adalah cara penghitungan pembayaran sebagai penghargaaan kepada kreator yang telah membuat konten untuk audience dengan ukuran asli dan berkualitas tinggi sesuai dengan konsumen yang dituju.

Metode pembayaran tersebut juga belum dibicarakan secara spesifik namun sepertinya Meta juga berencana menyasar kreator dengan audience yang lebih kecil sehingga kebijakan ini tidak hanya menguntungkan kreator dengan basis penggemar yang besar.

Salah satu contohnya, bagi kreator yang telah memiliki jutaan pengikut tentunya akan lebih mudah dalam mendapatkan hadiah monetisasi reels berkat kecepatan dalam mencapat ambang batas yang ditentukan.

Akan tetapi, hal ini berbeda bagi kreator yang tengah naik daun yang tentunya sedang bekerja keras dalam meraup basisi penggemar yang lebih banyak sehingga membutuhkan waktu dalam mencapai ambang batas monetisasi reels.

Karenanya melihat ketimpangan ini maka reels sedang mempertimbangkan untuk memberikan penghargaan kepada kreator berdasarkan rasio keterlibatan pemirsa sehingga menjadikan program monetisasi reels ini dirasa lebih adil dan mendorong kreator untuk melakukan inovasi agar hasil konten yang di dapatkan semakin disukai penggemar dan pengguna instagram.

Selain pengembangan monetisasi reels, Meta juga tengah mengembangkan challange di Facebook yang dapat memberikan hadiah bagi kreator yang mampu mencapai hasil tantangan tertentu dari setiap konten yang telah dibuat.

reels challenges

Program ini diharapkan membantu semua kalangan kreator untuk mendapatkan uang dari monetisasi reels sehingga tidak hanya kreator besar yang dapat meraup keuntungan tersebut.

Di sisi lain, program monetisasi reels ini dinilai tidak terukur karena jika Meta ingin mengembangkan sistem bagi hasil yang adil maka perlu dimasukkan juga penempatan iklan di beberapa titik serta membagikan sebagian hasilnya kepada kreator yang relevan.

Meta sendiri tidak hanya mengembangkan berbagai metode pembayaran untuk monetisasi reels namun juga meluncurkan iklan berbayar di instagram reels yang bertujuan untuk memperluas jangkauan kreator instagram untuk memasang iklan di tempat yang lebih luas.

Pengujian iklan berbayar ini sedang dikembangkan untuk beberapa kreator namun beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko akan mendapatkan akses iklan berbayar reels di Februari.

Monetisasi reels yang berkelanjutan tentunya akan memberikan pengiklan cara lain untuk mempromosikan produk melalui opsi konten yang sedang naik daun dan bertemu dengan konsumen baru yang tentunya akan mendapatkan lebih banyak perhatian.

Dalam pembaruan kinerjanya, Meta mencatatkan kini sebanyak 20% pengguna instagram menghabiskan waktu mereka di instagram reels dan konten video lain secara keseluruhan.

Meskipun instagram reels ini awalnya terinspirasi dari Tiktok namun ketenaran fitur ini tidak bisa dibantah sehingga ada baiknya kreator memikirkan promosi melalui video durasi pendek di semua platform social media untuk upaya pemasaran anda.

Informasi terakhir yang di peroleh dari Meta, pada halaman monetisasi reels di Facebook ini kreator dapat melihat berapa banyak hasil yang di dapatkan dari masing-masing reels yang dibuat serta pada periode tertentu.

Pemberian informasi ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk mendapatkan transparansi dari hasil yang di dapatkan dari monetisasi reels sehingga membantu dalam pembuatan strategi marketing ke depannya.

Kreator juga bisa menambahkan iklan berbayar guna memberikan aliran dana monetisasi reels yang lebih besar bagi penggunanya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.