Fitur Share to Story Instagram

Fitur Share to Story Instagram Hilang, Ini Alternatifnya!

Beberapa pengguna Instagram mungkin menyadari hilangnya tombol Share to Story pada laman akun mereka, memangnya ada apa, sih? Platform media sosial satu ini sedang mencoba untuk menghapus fitur Share to Story.

Dampaknya, beberapa pengguna tidak lagi bisa membagikan postingan dari laman feed ke Instagram Story.

Kita bahas satu per satu, yuk!

Apa alasan Instagram menghapus fitur Share to Story?

Baru-baru ini, Instagram melakukan uji coba dengan menghapus tombol Share to Story pada beberapa pengguna secara acak. Tombol ini biasanya dapat ditemukan di bawah postingan foto maupun video, bersebelahan dengan tombol komentar.

Hal tersebut menyebabkan pengguna tidak dapat membagikan ulang postingan dari laman feed mereka ke Instagram Story.

Uji coba ini telah dilakukan sejak Juli 2021, kemudian berlanjut pada Agustus, September, dan mungkin hingga akhir tahun 2021.

Mengapa?

Alasannya adalah karena masukan dari beberapa pengguna di media sosial ini bahwa mereka ingin melihat lebih sedikit postingan feed di Stories mereka.

Sehingga, Instagram mencoba membuat alternatif lain untuk membagikan postingan feed ke Stories. Harapannya, dengan begitu postingan feed yang dibagikan ke Stories menjadi lebih sedikit.

Notifikasi Share to Story

Lalu, bagaimana cara mengembalikan tombol ini?

Sayangnya, saat ini tombol Share to Story tidak dapat dikembalikan seperti semula oleh para pengguna yang mengalami uji coba. Tidak ada alternatif maupun trik yang dapat dilakukan oleh pengguna platform media sosial ini agar fitur tersebut muncul kembali di sebelah tombol komentar.

Keputusan apakah fitur ini kembali atau tidak, tergantung pada hasil uji coba yang sedang dilakukan oleh Instagram.

Instagram memilih akun secara acak untuk menguji coba hal ini. Artinya, beberapa pengguna akan kehilangan tombol tersebut secara sementara. Sedangkan pengguna lainnya mungkin masih bisa membagikan postingan feed di Instagram Story mereka.

Umpan balik dari uji coba ini yang akan menentukan, apakah fitur Share to Story dihapus selamanya atau dapat digunakan kembali. Apabila para pengguna merasa bahwa fitur ini berguna, maka kemungkinan fitur ini akan tetap ada.

Namun, apabila hasil uji coba menunjukkan bahwa lebih baik tidak membagikan postingan feed ke Instagram Story, maka Anda harus mengatakan selamat tinggal pada fitur ini.

Instagram mungkin akan menghapus tombol Share to Story pada seluruh penggunanya.

Apa ada alternatif selain menggunakan fitur Share to Story?

Instagram telah menyediakan fitur baru sebagai alternatif lain, yaitu Reshare Sticker.

Bagaimana cara kerjanya?

Cara Membagikan Postingan ke Instagram Story Menggunakan Reshare Sticker

Fitur Share to Story sebenarnya tidak sepenuhnya menghilang dari platform ini. Bersamaan dengan dihapusnya tombol Share to Story, Instagram menambahkan fitur sticker baru yaitu Reshare Sticker.

Fungsinya tak berbeda jauh dengan tombol Share to Story, hanya saja proses membagikan postingan feed ke Instagram Story menjadi sedikit lebih rumit bagi para pengguna.

Apabila Anda adalah salah satu pengguna yang kehilangan fitur Instagram satu ini, begini cara menggunakan Reshare Sticker untuk membagikan postingan feed:

  • Buka Instagram Stories
  • Tekan tombol “Aa”
Press Aa button
  • Tekan tombol Sticker di bagian atas layar
Press Sticker button
  • Tekan Reshare Sticker
press reshare sticker
  • Pilih post yang akan dibagikan dari tab postingan yang baru saja Anda lihat, simpan, atau posting di laman feed Anda.
choose photo to upload

Cara Mengaktifkan Opsi “Share to Story”

Selain menggunakan Reshare Sticker, cara lain yang mungkin dapat  digunakan adalah memastikan bahwa Anda telah mengaktifkan opsi “Share to Story” pada postingan Anda.

Hal ini agar pengguna lain dapat membagikan postingan foto atau video Anda ke Instagram Story mereka.

Ada kemungkinan bahwa Instagram telah menonaktifkan fitur ini pada akun Anda. Bagaimana solusinya?

Begini cara mengaktifkannya kembali:

  • Buka laman “Setting” pada Instagram
open setting
press setting
  • Tekan tombol “Privacy”
press privacy
  • Tekan tombol “Story”
press story
  • Aktifkan opsi “Allow sharing to story”.
    Opsi ini akan memperbolehkan pengguna lain untuk membagikan postingan Anda di Instagram Story mereka.
press allow

Instagram mengatakan bahwa uji coba ini dilakukan agar pengguna lebih sadar dan berhati-hati terhadap apa yang mereka posting. Mereka tidak menginginkan pengguna dengan mudah membagikan post ke Stories tanpa memikirkan lebih jauh.

Perubahan cara merepost postingan feed menjadi sedikit rumit dapat membuat pengguna lebih aware terhadap konten mereka. Hal tersebut juga akan berdampak pada engage pengguna terhadap konten yang tersedia pada platform ini.

Dengan menurunnya jumlah postingan feed yang dibagikan kembali di Instagram Story, pengguna tidak merasa bosan dan merasa melihat konten yang sama berulang kali.

Konten yang dilihat pengguna, khususnya pada Instagram Story, akan meninggalkan impresi dan variasi lebih pada pengguna akibat perubahan fitur ini.

Lalu, bagaimana jika tombol Share to Story dihilangkan selamanya?

Berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membagikan postingan feed ke Instagram Story tanpa fitur Share to Story atau Reshare Sticker.

Beberapa Alternatif Membagikan Postingan Feed ke Instagram Story

Selain menggunakan Reshare Sticker, terdapat beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan untuk membagikan postingan feed ke Instagram Story:

  • Teks “New Post”

Untuk menarik perhatian followers, Anda dapat mengunggah Instagram Story dengan menambahkan teks “New Post”. Hal ini mengisyaratkan bahwa Anda telah mengunggah postingan baru di feed Anda.

teks new post
  • Menambahkan Username Sticker

Anda juga dapat memanfaatkan fitur “@mention” sticker pada Instagram. Setelah memilih foto yang akan diunggah, Anda tinggal menambahkan “@mention” Sticker dengan username Instagram Anda.
Followers dapat dengan mudah menuju profil Anda dengan sekali tap.

username sticker
  • Beri Sneak Peek

Selain itu, Anda dapat memberi sneak peek untuk menarik perhatian followers. Pilih foto yang akan Anda unggah, kemudian gunakan fitur “Draw” untuk menutupi sebagian  foto.
Anda juga dapat menambahkan instruksi untuk mengunjungi profil Anda.

sneak peek
  • Beri sticker yang menunjuk foto profil Anda

Apabila Anda ingin cara yang lebih mudah, cukup menambahkan sticker atau menggambar tanda panah yang menunjuk foto profil Anda. Selain itu, tambahkan juga foto yang Anda inginkan.

point to profpic

Seperti yang telah dikonfirmasi oleh pihak Instagram, uji coba ini mungkin akan berlangsung hingga pengujung tahun 2021.

Sehingga, kita harus menunggu hasil uji coba yang diperoleh mereka untuk mengetahui apakah fitur ini akan dihapus dari semua pengguna atau justru kembali dapat digunakan.

Nah, itulah beberapa alternatif dari kami yang dapat Anda gunakan untuk membagikan postingan feed ke Instagram Story.

Apakah Anda adalah salah satu pengguna yang mengalami uji coba Instagram ini? Bagaimana menurut Anda?

Apakah menghapus fitur Share to Story ini cukup efektif mengurangi jumlah konten repetitif yang dilihat oleh pengguna?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *