instagram video

7 Strategi Instagram Video Untuk Promosi

Maksimalkan penggunaan instagram video sebagai bagian dari promosi dengan mengetahui tipe serta tips yang bisa digunakan untuk promosi bisnis.

Konten instagram video telah tersedia dalam berbagai format, antara lain : Reels, live, story, serta instagram video.

Konten video juga telah menguasai platform ini dalam beberapa tahun terakhir terlihat dari 91% pengguna instagram aktif menonton video setiap minggunya.

Berbagai format video di platform ini juga menciptakan peluang bagi kreator untuk menceritakan kisah yang dapat menjangkau audience yang diinginkan.

Namun banyaknya jenis instagram video, manakah yang cocok bagi brand anda? apakah kreator akan memanfaatkan semua format yang dimiliki atau hanya memilih satu format saja?

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk maksimalkan performa instagram video sehingga dapat menjangkau konsumen yang diinginkan.

tipe tips instagram video

Tipe – tipe Instagram Video

Banyaknya variasi instagram video yang diluncurkan serta antusiasme pengguna instagram dalam membuat dan melihat konten video menjadikan instagram terus melakukan inovasi terbaru pada layanan satu ini.

Di sisi lain, instagram pada awal tahun 2022 menyatakan akan lebih fokus pada pengembangan fitur instagram sehingga tidak hanya sekedar aplikasi penyebaran gambar seperti yang telah menjadi branding instagram beberapa tahun ke belakang.

Salah satunya adalah fokus pada pengembangan instagram reels serta mengakomodasikan konten video pendek sebagai bagian promosi produk.

Pengembanga fitur instagram video sendiri terasa tidak mengangetkan mengingat platform satu ini telah lama mengembangkan berbagai fitur konten video, seperti instagram live, story, serta IG TV yang kini telah pensiun dan digantikan oleh instagram reels.

Namun sebelum menggunakan berbagia format instagram video, ketahui dulu beberapa jenis yang tersedia serta cara memaksimalkan performa video.

Instagram Story

Fitur instagram story yang juga menjadi kesukaan pengguna instagram adalah layanan story yang menyajikan konten video atau foto.

Tidak seperti fitur video lainnya yang bisa bertahan lama, layanan yang terinspirasi dari platform snapchat ini memiliki durasi penayangan berkisar 24 jam yang kemudian hilang dalam peredaran pengguna instagram.

Penggunaan instagram story pun cukup mudah, yakni pengguna cukupa melakukan menggulirkan layar ke kanan dimana anda akan menemukan layar kosong yang bisa digunakan untuk merekam video atau mengambil gambar melalui kamera depan atau belakang.

Tidak hanya berhenti disitu saja, instagram story juga memiliki berbagai fitur tambahan yang membantu mempercantik tampilan konten story menjadi lebih baik.

Salah satunya adalah layanan stiker dimana pengguna instagram bisa menyematkan berbagai informasi penting, seperti alamat, link website, serta kolom pertanyaan yang cocok untuk media promosi serta interaksi.

Tidak hanya itu, apabila konten instagram story memiliki informasi yang berguna serta memiliki engagement yang tinggi maka anda bisa menyimpannya di instagram highlight agar bisa dilihat berulang kali oleh pengguna instagarm lainnya.

Guna meningkatkan performa instagram story, maka kreator bisa menggunakan beberapa cara berikut :

  • Instagram story bisa dimanfaatkan untuk menarik konversi yang organik dengan cara menyematkan konten di stiker instagram
  • Promosikan brand serta produk terbaru agar lebih mudah dilihat pengguna instagram story serta meningkatkan kunjungan ke website atau akun market place yang dimiliki.
  • Instagram story menjadi salah satu layanan yang disukai pengguna instagram sehingga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi.

Instagram Feed Video

Kehadiran instagram TV yang kurang diminati oleh pengguna instagram akhirnya tergantikan oleh layanan instagram feed video yang juga di dukung oleh in feed video post.

Instagram video sendiri juga ditambahkan sama dengan konten foto di instagram yakni dengan menggunakan kamera instagram atau pengguna dapat mengunggahnya melalui galeri handphone.

Keuntungan lain menggunakan layanan instagram video adalah durasi video mencapai 60 minutes sehingga memberikan kebebasan dalam membuat konten video yang diinginkan.

Hal ini juga menguntungkan bagi kreator untuk membuat konten video dengan durasi yang lebih panjang sehingga dapat memuat berbagai macam produk yang dimiliki.

Guna memberikan performa maksimal di instagram video maka kreator bisa melakukan beberapa cara berikut :

  • Manfaatkan filter, lokasi, caption, serta location tags di setiap konten instagram video yang diunggah agar konten mendapatkan lebih banyak engagement serta mudah dicari oleh pengguna instagram
  • Lakukan interaksi dengan pengguna instagram yang memberikan komentar serta likes, kreator juga bisa meraya pengguna instagram membagikan konten instagram video agar menjangkau lebih banyak pengguna instagram.

Instagram Live

Interaksi dengan konsumen serta pengguna instagram yang dimiliki cocok untuk meningkatkan keakraban satu sama lain guna meningkatkan penjualan atau mengetahui selera konsumen.

Untungnya layanan siaran langsung juga telah tersedia di instagram live sehingga memudahkan kreator untuk melakukan interaksi dengan konsumen yang dimiliki.

Bagi seorang kreator yang fokus mengembangkan sebuah brand maka layanan instagram live cocok untuk digunakan untuk mengadakan acara live shopping, workshop, dan lain sebagainya.

Penggunaan instagram live pun mudah yakni pengguna instagram tinggal menggulir layar ke arah kanan kemudian melakukan klik pada ikon live, siaran langsung ini juga bisa bertahan hingga 4 jam dengan 2 hosts yang saling berdampingan.

Tidak hanya itu, instagram live juga bisa disimpan selama 30 hari sebelum akhirnya di hapus oleh instagram.

Berikut beberapa cara maksimalkan penggunaan instagarm live :

  • Lakukan interaksi agar penonton instagram live memberikan apresiasi berupa stiker atau badge instagram yang berguna untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
  • Pelaku usaha juga bisa melakukan jualan secara langsung dengan melakukan tag produk dari instagram shop
  • Jadikan juga siaran langsung media meningkatkan awareness dengan membuka layanan donasi untuk tujuan tertentu.

Instagram Reels

Keberadaan video singkat telah menjadi gaya hidup baru bagi pengguna internet yang juga diadaptasi oleh berbagai social media.

Dengan adanya instagram reel ini maka kreator bisa meyebarkan konten video pendek dengan berbagai macam konten video dengan tambahan fitur yang menarik.

Salah satunya adalah penambahan audio yang bisa digunakan untuk pengiring video sehingga konten reels menjadi lebih enak ditonton.

Layanan yang terinspirasi dari tiktok ini mampu merekam video dengan durasi 15-30 detik yang bisa dibuat langsung melalui kamera instagram atau ambil langsung dari galeri instagram.

Guna meningkatkan perfoma instagram reels maka kreator bisa menambahkan AR filter, green screen, akses audio, serta percepatan durasi sehingga menghasilkan video yang disukai oleh instagram.

Kreator bisa menggunakan beberapa tips berikut untuk memberikan hasil instagram reel yang maksimal.

  • Rekam video reels dengan format 9:16 yang akan bisa terlihat di halaman instagram explore, instagram reels, serta profile instagram anda.
  • Pergunakan juga hastag serta caption guna memaksimalkan jangkauan konten video
  • Layani interaksi dengan pengguna instagram untuk meningkatkan engagement instagram.
smartphone 3752417 640

Ukuran Instagram Video

Tampilan yang berbeda tentunya akan memberikan format yang berbeda dari instagram video, berikut beberapa ukuran instagram video sesuai dengan layanan yang dipilih.

Ukuran Instagram Story

Instagram story memakan layar lebih panjang serta dapat sambung menyambung menjadi satu, karena itulah story juga memiliki ukuran format yang spesifik.

  • Tipe File : MP4 atau MOV
  • Durasi Video : 15 detik
  • Ukuran Video: 30 MB
  • Ratio : 9:16, 16:9,4:5

Ukuran Instagram Video Feed

Instagram video feed ditayangkan di timeline pengguna sama dan juga halaman profile. Penggunaan layanan ini bisa digunakan sebagai media promosi produk, layanan, serta kolaborasi dengan influencer.

  • Tipe file : MPV atau MOV
  • Durasi Video : 30 -60 detik
  • Ratio : 9-16
  • Ukuran file maksimum : 30 Mb

Ukuran Instagram Live

Layanan instagram live memang tidak memiliki ukuran yang spesifik sehingga mengikuti tampilan layar yang digunakan kreator saat melakukan siaran langsung.

Namun sebelum memulai siaran langsung maka kreator sebaiknya memastikan kamera handphone memiliki resolusi terbaik dibantu dengan cahaya penerangan yan tepat serta performa internet yang cepat.

Ukuran Instagram Reels

Instagram reels merupakan video vertikal dengan ukuran penuh sepeti instagram story. Berikut ukuran dari konten instagram reels.

  • Tipe File : MP4 atau MOV
  • Durasi Video : 60 detik
  • Resolusi Video : 500 x 888 pixels
  • Ukuran File Maksimum : 4 Gb
strategi instagram video

Strategi Instagram Video Untuk Promosi

Setiap instagram video memiliki format yang berbeda namun anda bisa menggunakan beberapa strategi berikut untuk digunakan pada konten video yang dimiliki.

Fokus pada Format Video Pendek

Saat Instagram TV masih eksis di dunia instagram maka kebanyaknya pengguna instagram terbiasa membuat video dalam durasi yang panjang.

Namun era tersebut sekarang telah berubah dan banyak pengguna instagram yang lebih menyukai instagram video dengan durasi yang pendek.

Dibandingkan membuat konten dengan alur yang komplek dan durasi sekitar 5-10 menit maka anda bisa melakukan eksperiman konten story telling untuk instagram reels tentunya dengan genre komedia guna menarik perharian pengguna instagram.

Namun, bagaimana cara membuat konten instagram reels? kreator bisa memulai membuat rancangan video yang bisa digunakan dalam satu reels.

Alternatif lainnya adalah kreator bisa membuat konten reels dalam format cerita bersambung yang memuat satu inti cerita di dalamnya, sebuah topik yang menarik tentunya akan membawa pengguna instagram untuk terus menerus melihat konten yang anda sajikan.

Apabila kreator butuh inspirasi konten yang sesuai dengan image brand anda dan tentunya disukai oleh pengguna instagram maka anda bisa masuk ke fitur instagram reels guna melihat konten yang sedang naik daun atau sedang disukai oleh pengguna instagram sebagai inspirasi konten.

Ketahui Durasi Instagram Video Terbaik

Masing-masing fitur instagram video tentunya memiliki durasi yang berbeda-beda yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna instagram.

Salah satunya instagram reels yang berawal dari video dengan durasi 15 detik kini terus bertambah hingga 60 detik dan mungkin saja bisa bertambah hingga 3 menit apabila mengambil inspirasi durasi video tiktok yang mencapai 10 menit.

Meskipun begitu, kreator juga sebaiknya mengetahui durasi instagram video terbaik sehingga konsumen dapat melihat konten video hingga habis.

Durasi video yang tepat juga dapat membantu kreator untuk menentukan isi video yang diinginkan sehingga lebih menghemat waktu pembuatan konten.

Panjang instagram video juga bergantung pada brand atau produk yang anda kembangkan sehingga durasi pendek atau panjang tidak menjadi penentu asalkan kreator instagram dapat mengatur waktu dengan tepat.

Guna menemukan durasi video yang tepat maka anda bisa melakukan eksperimen untuk menemukan format yang sesuai serta meninjau hasilnya dengan tepat.

Salah satunya adalah memanfaatkan layanan instagram insights yang tersedia untuk berbagai fitur instagram yang menyediakan berbagai metrik jangkauan serta awareness, comment dan likes yang menjadi dasar engagement instagram, jumlah konten yang disimpa dan dibagikan.

Pada layanan ini, kreator instagram juga bisa melihat banyaknya penononton yang berhenti pada durasi tertentu sehingga menjadi patokan durasi instagram video.

Analisa Strategi Instagram yang Digunakan

Banyaknya fitur yang disediakan oleh instagram terkadang membuat kreator mengganti format konten sesuai kebutuhan, seperti dari instagram foto ke video lalu melompat ke story.

Strategi ini nantinya akan menghasilkan berbagai konten instagram yang variatif namun juga akan memunculkan celah pada startegi instagram yang digunakan.

Salah stau contohnya adalah jika anda mengunggah beberapa konten story maka anda akan menemukan jumlah traffic website yang sedikit dari instagram.

Di sisi lain, kreator juga akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk membuat konten video dibandingkan mengunggah konten di akun instagram yang dimiliki.

Meskipun begitu, kreator tidak bisa mengantisipasi beberapa masalah sebelum muncul, namun anda bisa melakukan ulasan pada akun instagram, website, serta hasil analsia yang di dapatkan guna mengidentifikasi masalah yang akan muncul serta memberikan solusi secepatnya.

Pada identifikasi masalah ini anda mungkin menemukan :

  • Menggunakan kembali instagram reels dengan berbagai fitur yang dimiliki agar tetap diingat oleh pengikut instagram saat mereka menjelajah aplikasi instagram
  • Kolaborasi dengan influencer atau brand tertentu dapat meningkatkan hubungan serta mempertahankan jadwal unggah konten yang tetap agar tidak terlupakan sekalipun.
  • Penting bagi kreator untuk melakukan promosi berbayar melalui instagram ads guna meningkatkan traffic ke website dan akun market place yang dimiliki guna meningkatkan pendapatan

Masuklah ke Trend Viral

Membuat tema konten yang konsisten tentunya akan memanjakan pengikut instagram yang dimiliki namum membuat konten viral dapat menjangkau pengguna instagram yang belum mengenal anda sebelumnya.

Semakin banyak pengguna instagram yang membicarakan konten yang anda miliki maka akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan engagement yang lebih tinggi dari konten viral.

Konten trending juga menjadi fokus utama dari instagram reels yang mengedepankan konten yang menyenangkan, serta menghibur, dimulai dari dance challenge hingga audio clipo.

Mengikuti trend yang sedang naik daun dapat memaksimalkan jumlah viewers sehingga membuat konten reels anda dilihat lebih banyak oleh pengguna instagram.

Meskipun anda bisa merencanakan serta membuat banyak konten video dengan tema sendiri namun menjadi ide yang bagus untuk meninggalkan zona nyaman di kalender konten dan membuat mengikuti konten yang sedang diikuti oleh banyak orang.

Untungnya Instagram membuat anda lebih mudah menemukan konten viral serta memanfaatkannya di konten instagram video yang dimiliki.

Guna menemukan konten yang populer saat ini, maka kreator cukup masuk ke ikon reels yang berada di aplikasi instagram kemudian mulailah melihat konten yang disajikan serta perhatikan tema konten yang sering muncul di instagram reels.

Semakin sering anda melakukan scrolling instagram reels maka anda akan menyadari bahwa top konten instagram reels banyak menggunakan fitur terbaru instagram yang kemudian bisa anda simpan guna diaplikasikan pada konten instagam yang dimiliki.

Gunakan Teks Overlay

Saat membuat konten instagram video maka kreator tidak hanya bisa menambahkan fitur stiker atau audio untk menjadikan konten lebih menarik dan estetik.

Namun penggunaan teks overlay juga dapat membantu memperjelas isi video lebih mudah sembari menontom video yang disajikan.

Kehadiran teks overlay ini sudah banyak ditemukan di berbagai layanan instagram video, seperti story, feed, serta reels.

Guna menaikkan kehadiran instagram reels maka anda bisa menggunakan opsi teks built in untuk memberikan point yang sesuai atau menghadirkan kalimat call to action di video yang anda miliki.

Kreator juga bisa menggunakan automatisasi stiker caption guna mempermudah melakukan transkrip video secara langsung.

Di sisi lain, apabila pengguna instagram ingin memberikan tulisan pada konten instagram story maka pastikan tulisan anda tidak menutupi video atau gambar yang disajikan sehingga penonton juga bisa fokus dengan konten yang diberikan.

Kreator juga bisa mengatur ukuran tulisan serta gambar guna memberikan hasil caption instagram video yang lebih baik serta bisa dinikmati oleh pengguna instagram.

Pastikan juga melakukan review konten instagram video terlebih dahulu sebelum anda mengunggahnya agar bisa dilakukan revisi apabila terjadi kesalahan dalam membuat konten video.

Manfaatkan Fitur Kolaborasi

Konten instagram video di desain untuk mendapatkan enaggement melalui likes dan komentar yang diberikan oleh pengguna instagram.

Penggunaan berbagai macam fitur yang disediakan oleh instagram video dapat membuat kreator memberikan tanggapan dari konten lain atau melakukan kolaborasi dengan kreator mengenai suatu topik tertentu yang dapat meningkatkan engagement instagram video.

Pada awalnya konten kolaborasi ini hanya bisa digunakan oleh instagram reels namun kini juga bisa digunakan di seluruh layanan instagarm video, sehingga memberikan pengaturan video yang lebih baik serta melakukan interaksi yang sesuai dengan produk yang anda miliki.

Salah satu contohnya adalah mengaktifkan fitur kolaborasi di konten instagram video yang anda miliki sehingga memudahkan pengguna instatagrm untuk melakukan kolaborasi pada konten instagram yang anda miliki.

Hal ini membuat pengguna instagram dapat memberikan reaksi pada konten instagram video yang anda miliki guna menghasilkan interksi yang mampu menaikkan engagement.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa membuat konten kolaborasi sendiri dengan memberikan reaksi pada konten instagram reels yang dibuat oleh kreator atau brand lain.

Anda juga bisa bergabung pada konten kolaborasi tersebut sambil menonjolkan produk yang anda miliki sebagai bagian dari promosi.

Pastikan juga konten yang anda ajak kolaborasi memiliki hubungan dengan industri and adan tidak hanya sekedar viral di instagram.

Bagikan Konten ke Instagram Story

Letak ikon instagram story yang berada di bagian atas halaman instagram menjadikan banyak pengguna instagram melihat konten story terlebih dahulu sebelum beralih ke konten lain di instagram.

Hal ini juga bisa menjadi peluang bagus dalam mempromosikan konten instagram agar bisa dilihat oleh lebih banyak pengikut instagram yang dimiliki.

Promosi melalui instagram story juga bisa menaikkan lebih banyak engagement serta bisa digunakan untuk memasarkan konten reels dan instagram video dengan durasi yang pendek namun efektif.

Guna memanfaatkan taktik ini maka kreator bisa membuat alur kerja sehingga anda bisa membagikan konten instagram pada waktu yang tepat sehingga anda bisa membagikan konten instagram video atau reels secara efektif.

Anda juga bisa bermain dengan melakukan taktik khusus dengan memasang stiker atau GIF guna menarik perhatian pengguna instagram

Sumber :

14 Ways to Maximize Your Instagram Video Strategy in 2022 : Social Media Examiner

Instagram Video: Everything You Need to Know in 2022 (hootsuite.com)

Instagram Video in 2022: All Your Questions Answered (later.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.