pexels valentin antonucci 841286

Tutorial Penggunaan Instagram Guides Untuk Pemula

Instagram guides merupakan jembatan antara instagram carousels serta blog post dan merupakan cara mudah untuk membuat konten anda lebih rapih.

Instagram guide menjadi cara baru untuk membagikan konten di instagram. Fitur yang dikenalkan pada tahun 2020 ini membantu memudahkan sebuah akun instagram brand untuk memasukkan panduan ke dalam strategi marketing secara efektif.

Serta dengan 1.3 juta pengguna yang menggunakan instagram dan akan terus bertambah setiap harinya, fitur instagram guide akan membantu dalam memberikan wawasan bagi konsumen baru.

Keuntungan lain instagram guide dibandingkan fitur lainnya adalah anda tidak perlu membuat konten baru, namun cukup memisahkan postingan-postingan anda ke kelompok tertentu.

Fitur instagram guide ini sama seperti instagram story highlight yang mengelompokkan beberapa konten story agar tidak terhapus setelah 24 jam.

Karenanya maksimalkan konten lama anda dengan penggunaan instagram guide secara maksimal.

apa itu instagram guides

Apa Itu Instagram Guides

Instagram guides merupakan format konten yang mengkombinasikan visual dan teks dalam satu tempat khusus.

Setiap instagram guides dibuat untuk mengelompokkan postingan instagram yang telah anda unggah dengan tambahan deskripsi serta judul.

Instagram guides sendiri memiliki kesamaan dengan postingan blog dan memberikan kreator lebih banyak ruang daripada postingan biasa untuk memberikan rekomendasi cerita, serta petunjuk penggunaan produk.

Guide sendiri juga memiliki tambahan layanan lainnya, seperti cover gambar, judul, pembukaan, serta penandaan instagram post, serta opsi deskripsi.

ABBl5N68QpCF76snC8cg

Setelah anda membuat instagram guides pertama maka ikon brosur akan tersedia di halaman profil anda, bersamaan dengan postingan, reels, serta konten yang telah ditandai.

Sayangnya, instagram guides tidak bisa dikomentari oleh pengguna instagram lainnya karena merupakan tempat untuk membagikan pengalaman-pengalaman yang telah anda tuangkan di postingan instagram.

Tidak hanya itu, konten di instagram guides juga bisa diubah, ditambahkan, atau dihilangkan, apabila anda merasa ada kesalahan dalam pembuatan guide.

Tidak hanya itu, Instagram guides juga memiliki keuntungan lainnya yang menguntungkan bagi kreator atau marketer.

zT5vsKbOSQSaFV4eomIo

Keuntungan Menggunakan Instagram Guides

Sebagai seorang kreator, tentunya anda tidak hanya mengunggah satu konten saja, namun ratusan bahkan ribuan konten untuk promosi atau edukasi ke konsumen menggunakan fitur-fitur instagram.

Namun, banyaknya konten tersebut juga membuat konsumen bingung untuk memilih postingan yang sesuai dengan keinginan.

Karenanya, Instagram guides hadir dengan berbagai keuntungan bagi kreator serta konsumen.

Menampilkan Konten Instagram Lama 

Banyaknya konten yang telah anda unggah, mungkin saja menyediakan informasi yang berguna bagi konsumen untuk edukasi produk atau meningkatkan brand awareness.

Sayangnya, berbagai konten yang telah diunggah sejak lama, menjadikan konsumen tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan scrolling akun instagram anda.

Di sisi lain, postingan instagram memiliki waktu tayang yang sedikit, setelah mengunggah konten dan mendapatkan interaksi dari konsumen, maka postingan anda akan mendekam di instagram feed dalam waktu yang lama.

Sehingga adanya instagram guides akan membantu dalam menaikkan postingan instagram yang lama, ketika konsumen melakukan klik pada postingan tertentu, maka mereka akan dibawa ke postingan asli, sehingga membuka peluang untuk interaksi baru, sehingga konten instagram anda akan kembali naik ke permukaan.

Menaikkan Kunjungan ke Blog atau Website 

Dalam melakukan promosi produk atau brand, biasanya kreator tidak hanya menggunakan satu saluran namun berbagai platform untuk memaksimalkan strategi tempat.

Salah satunya adalah menggunakan blog sebagai media edukasi ke konsumen dengan artikel edukasi yang lebih lengkap, atau website yang memudahkan pembeli untuk membeli berbagai produk yang anda promosikan.

Instagram guides juga membantu menaikkan kunjungan ke blog atau website, dengan mengelompokkan konten yang berisi tips, trik, serta rekomendasi topik yang akhirnya membawa konsumen ke dalam halaman blog atau website.

Anda juga bisa menggunakan instagram guides untuk merangkum poin-poin dari postingan blog anda, serta menarik mereka untuk mengunjungi halaman blog untuk melihat isi artikel secara lebih detail.

Mengenalkan Brand Anda

Saat pertama kali membuka akun instagram brand, biasanya anda akan mengunggah beberapa konten yang berisi pengenaan produk atau brand yang anda kembangkan.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, postingan tersebut akan tenggelam digantikan oleh konten instagram terbaru yang telah anda unggah.

Hal ini tentunya akan menyulitkan bagi konsumen baru yang tertarik ke produk dan brand anda namun belum mengetahui sejarah perjalan merk anda.

Karenanya untuk membantu konsumen tersbut maka anda bisa membuat instagram guides khusus yang berisi konten lama anda yang mengenalkan brand dan produk anda.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memberi tahu proses pembuatan produk yang dapat membantu memikat konsumen.

Memanfaatkan Instagram Tagged Content

Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan konsumen baru adalah memperlihatkan testimoni konsumen yang telah menggunakan produk anda sebelumnya.

Pengumpulan konten testimoni ini akan membantu konsumen dalam memilih produk yang sesuai berdasarkan ulasan dari pembeli sebelumnya.

Meskipun instagram tagged content memiliki kolom sendiri, namun bisa saja postingan tersebut tertutupi dnegan konten kolaborasi yang anda lakukan dengan influencer lainnya.

Karenanya anda bisa mengumpulkan konten testimoni konsumen di tempat khusus menggunakan instagram guides guna memudahkan calon konsumen melihat ulasan pelanggan.

Selain itu, anda bisa mengunggah kembali foto atau video konsumen yang menggunakan produk anda, sebagai inspirasi gaya berbusana bagi orang lain.

Pengelompokkan Konten Edukasi

Salah satu konten instagram yang dapat memikat konsumen adalah postingan khusus yang berisi edukasi produk, seperti cara penggunaan produk, kelebihan produk, serta masalah yang dihadapi oleh konsumen lainnya.

Dengan pengelompokkan tersebut, tentunya akan memudahkan konsumen dalam memilih konten yang sesuai dengan masalah mereka melalui referensi konsumen di instagram guides.

lYFJl0FTwuEd41QlloNL

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram @finansialku_com yang mengelompokkan konten melalui instagram guides, untuk mengumpulkan konten edukasi di satu tempat khusus.

Penggunaan instagram guides ini akan membantu konsumen dalam memilih postingan yang disukai serta sesuai dengan masalah mereka.

qFqVkofnQ8GNUP6nnh4E

Tipe-tipe Instagram Guides

Bingung memilih grup instagram guides yang sesuai? guide sendiri memiliki tiga kelompok yag bisa anda gunakan untuk berbagai kebutuhan.

Berikut beberapa pilihan instgarm guides yang bisa anda pilih dan dimasukkan ke dalam akun instagram brand anda.

Post Instagram Guides

Instagram guides ini memungkinkan anda untuk mengelompokkan postingan anda serta konten dari orang lain, seperti keikutsertaan dalam event tertentu yang pernah diikuti sebelumnya.

Anda juga bisa menggunakan tipe instagram guides ini untuk mengenalkan tim yang berada di brand anda, guna mengenalkannya ke konsumen sehingga bisa mendekatkan diri satu sama lain.

Tidak hanya itu, instagram guides ini juga menguntungkan sebagai sumber konten edukasi, seperti tutorial penggunaan produk.

Salah satunya yang dilakukan oleh akun instagram brand @ruparupacom yang membuat instagram guides khusus yang berisi cara mengatur ruangan menggunakan produk yang mereka miliki.

Product Instagram Guides

Ide instagram guides lainnya yang bisa anda gunakan product instagram guides yang berisi berbagai produk yang anda miliki.

Product instagram guides ini juga dapat berisi berbagai produk yang anda jual di instagram shop, sehingga bisa konsumen bisa langsung melakukan pembelian setelah melihat produk tersebut di akun instagram anda.

Tidak hanya itu, anda bisa mengelompokkan produk ke berbagai kelompok tertentu, seperti produk yang baru dirilis, rekomendasi produk, atau perilisan produk pada satu musim tertentu.

Strategi ini juga bermanfaat bagi usaha kecil yang ingin menjual produk yang dijual di Instagram.

Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram brand @imploracosmetic yang mengelompokkan produknya pada kolom khusus sehingga mudah diakses oleh konsumen, serta membuka peluang untuk dibeli langsung.

Place instagram Guides

Apabila anda memiliki toko offline untuk menjual produk, maka penggunaan place instagram guides ini bisa anda gunakan.

Pada jenis ini, anda bisa meletakkan lokasi spesifik penting yang membantu mengarahkan konsumen atau komunitas anda.

Anda juga bisa memberikan highlight pada beberapa tempat tertentu di satu waktu namun pastikan anda menggunakan satu tema yang sama.

Place instagram guides juga merupakan tempat ideal apabila anda membagikan konten dari konsumen yang berkaitan dengan produk anda, serta memberikan posisi lengkap dari toko anda.

Tidak hanya itu, apabila anda merupakan content creator yang memiliki minat pada bidang kuliner atau travelling, maka anda bisa membuat instagram guides khusus yang berisi rekomendasi wisata kuliner atau tempat rekreasi yang pernah anda kunjungi sebelumnya.

Anda bisa mencari lokasi tertentu dari instagram library atau memilih dari lokasi yang pernah anda datangi, dimana anda diikutkan pada instagram tagged content atau terismpan di instagram feed.

Strategi ini juga merupakan cara yang bagus untuk membagikan lokasi yang masih tersembunyi, seperti tempat wisata atau restoran dan cafe yang baru bukam namun memiliki harga yang murah serta makanan yang enak.

eCDtsLRJTL2SZpEtvNNw

Bagaimana Cara Membuat Instagram Guides

Membuat instagram guides sangatlah mudah, namun anda perlu menggunakan versi instagram terbaru agar bisa menggunakan layanan ini.

Pastikan juga untuk memikirkan jenis instagram guides yang anda inginkan serta konten yang akan anda masukkan.

Berikut langkah-langkah membuat instagram guides secara praktis :

  1. Masuk ke halaman instagram profile anda, kemudian klik pada ikon tambah yang terdapat di bagian pojok kanan atas, kemudian pilih Guide.
  2. Pilihlah jenis instagram guides yang anda inginkan, seperti : post, produk, atau place.
  3. Berdasarkan instagram guides yang anda pilih, maka anda memiliki opsi yang berbeda untuk pemilhan konten instagram : 

Instagram Guide for Place : Untuk mencari geotags, maka anda bisa menggunakan saved places atau lokasi yang pernah anda kunjungi sebelumnya.

Instagram Guide for Product :Mencari brand atau menambahkan produk ke dalam daftar anda.

Instagram Guide to Posts : Kamu juga bisa menggunakan postingan yang telah anda simpan atau post instagram personal anda.

4. Klik ikon Next

5. Jangan lupa untuk menambahkan judul dan deskripsi instagram guide serta ubah  cover yang anda inginkan.

6. Periksa kembali nama tempat dan ubah apabila diperlukan, serta tambahkan juga deksripsi instagram guides.

7. Anda bisa menambahkan lokasi instagram guide sebanyak 4-8 kali sebelum guide tersebut komplit.

8. Lakukan klik pada ikon Next yang berada pada bagian pojok kanan atas.

9. Bagikan konten tersebut dan instagram guide akan tersedia di halaman profil instagram dengan ikon maps.

Dimana Instagram Guides Ditemukan

Cara mengakses instagram guoides sangatlah mudah, anda hanya perlu mengunjungi salah satu akun instagram secara acak, karena tidak semua akun instagram brand membuat kolom tersebut.

Anda bisa menemukan akun instagram brand yang menggunakan instagram guide dengan mengidentifikasi kolom peta yang ada di deretan profil instagram.

Kamu juga dapat menemukan rekomendasi produk dengan mengunjungi kolom instagram shop dan klik pada guide yang terdapat pada bagian atas layar.

y4tm4JnWTlKNRv4UNkvQ

Cara Mengembangkan Instagram Guides

 Siap untuk membuat guide untuk akun instagram brand anda? Berikut beberapa tips mengembangkan instagram guides :

Ketahui Keinginan Konsumen

Dalam membuat instagram guide, anda tidak hanya mengelompokkan berbagai konten menjadi satu.

Namun, anda perlu mengetahui minat konsumen agar instagram guides yang anda buat menarik perhatian serta mendapatkan kunjungan yang lebih banyak.

Penggunaan fitur instagram guides merupakan cara terbaik untuk membuat dan mengelompokkan konten kepada pengikut anda serta kesempatan menyalurkan kreativitas yang tidak terbatas.

Anda bisa memulai dengan melihat instagram insight, untuk melihat konten instagram yang mendapatkan perhatian dan interaksi lebih serta gunakan informasi tersebut sebagai konten instagram guides.

sabiKv3oT9G1IvXl4AIg

Salah satunya yang dilakukan oleh akun @wardahbeauty yang mengetahui konsumennya berasal dari kalangan wanita yang memiliki masalah kulit atau ingin mempercantik diri menggunakan make up tertentu.

Karenanya isi dari instagram guides tersebut berisi berbagai macam produk yang sesuai dengan masalah konsumen serta dikategorikan pada beberapa kelompok tertentu.

Namun, jika anda maish kurang yakin dengan pilihan tersebut, maka anda bisa bertanya ke pengikut anda dengan mengunggah pertanyaan di instagram story sehingga bisa dijawab secara langsung oleh konsumen.

Berbagai respon tersebut bisa anda gunakan sebagai referensi kelompok instagram guides yang sesuai dengan pilihan konsumen.

Bagikan Instagram Guides di Konten Story

Kekurangan dari instagram guides adalah pengikut anda tidak mengetahui bahwa kelompok tersebut telah dibuat, sehingga hanya pengunjung akun instagram anda yang bisa melihatnya.

Hal ini tentunya akan membuat pengunjung akun instagram guides anda sedikit, padahal anda telah menyediakan waktu untuk memilah konten serta membuat deskripsi di guide.

Karenanya untuk mengatasi masalah ini, maka anda bisa membagikannya melalui instagram story, agar dapat dilihat oleh lebih banyak pengikut.

Penggunaan instagram story sebagai media promosi juga dinilai efektif karena lebih banyak orang yang mengakses konten story dibandingkan feed.

Berikut cara membagikan instagram guides di story :

  • Masuk ke fitur instagram guides.
  • Klik pada ikon pesawat yang berada di bagian bawah kiri 
  • Pilih “add guide to your story”
  • Setelah konten tersebut dibagikan, anda bisa menambahkan kalimat call to action agar semakin banyak orang yang mengunjungi konten anda.

Masukkan Konten Ulasan Konsumen

Salah stau cara terbaik untuk menarik konsumen adalah dengan memasukkan ulasan konsumen ke instagram guides anda.

Hal ini dilakukan karena konsumen ingin melihat bagaimana orang lain menggunakan produk anda, sehingga bisa digunakan sebagai referensi ke depannya.

Anda bisa mengumpulkannya melalui instagram tagget content yang masuk ke akun instagram, atau memasukkan konten testimoni konsumen yang telah anda unggah.

Jangan lupa untuk memperbarui konten instagram guides agar calon konsumen bisa melihat ulasa terbaru sehingga bisa meningkatkan rasa kepercayaan pada produk anda.

Gunakan Instagram Guides Untuk Membangun Hubungan

Instagram guides merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan konsumen serta membangun hubungan dengan konsumen yang anda miliki.

Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi membangun halaman profil instagram brand yang lebih menawan.

Apabila anda seorang kreator atau brand yang memiliki komunitas khusus, maka anda bisa membuat instagram guides untuk menandai yang memiliki minat yang sama dengan anda termasuk akun instagram business anda.

Cara ini merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan perhatian mereka, membuka percakapan baru, yang bisa saja membuka peluang untuk melakukan kolaborasi di masa yang akan datang.

Hal ini tentunya membuat instagram guides menjadi fitur yang dapat membangun hubungan dengan kreator lain.

Instagram guides sendiri juga dibuat sebagai jalan baru untuk mengelompokkan serta mengkonsumsi konten di Instagram, sehingga membuka kesempatan untuk promosi word of mouth di platform social media lainnya. 

Buatlah Konten Rekomendasi Produk 

Sebuah trend yang berubah tidak memiliki pengaruh pada kebiasaan konsumen, sehingga anda bisa memanfaatkan ini untuk membuat event pada perayaan tertentu, seperti event akhir tahun atau tanggal kembar.

Sehingga anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat rekomendasi produk yang bisa dibeli pada event tertentu atau ide barang yang bisa dibeli sebagai hadiah untuk orang tersayang.

Anda juga bisa membuat konten rekomendasi produk yang memasukkan beberapa barang tertentu yang cocok untuk kategori tertentu, atau menyelipkan barang dari kompetitor lain sebagai referensi.

Salah satunya jika anda menjual produk baju, maka anda bisa mengkombinasikannya dengan produk  sandal dari brand lain yang cocok untuk dikolaborasikan bersama-sama.

Anda juga bisa membuat konten rekomendasi produk berdasarkan usulan konsumen dari direct message atau balasan konten story, sehingga anda bisa membuat pengelompokkan sesuai dengan keinginan konsumen.

Pastikan juga untuk mempromosikannya ke instagram story agar guide anda bisa dilihat lebih banyak orang,

Kumpulkan List Konten Edukasi

Saat mengunggah konten di instagram, tentunya anda akan mengkolaborasikan dengan konten edukasi lainnya.

Hal ini dilakukan agar konsumen anda tidak bosan serta mampu meningkatkan brand awareness pada produk dan merk anda.

Sayangnya, berbagai konten edukasi yang diunggah membuat konsumen bingung untuk memilih postingan yang sesuai dengan keinginan dan masalah yang dihadapi.

Karenanya untuk menghadapi masalah ini, maka anda bisa mengumpulkan beberapa konten edukasi yang membahas topik yang sama ke dalam instagram guides khusus.

Sehingga konsumen bisa memilih postingan yang diinginkan tanpa perlu menghabiskan waktu melakukan scrolling akun instagram anda.

Di sisi lain, akun instagram brand anda memiliki kebihan pada konten tertentu, sehingga bisa anda manfaatkannya dengan mengelompokkan postingan di topik khusus sebagai layanan ke konsumen secara gratis.

Cara ini dapat membantu konsumen dalam mendapatkan nasihat gratis dari anda, yang dapat membantu untuk membangun hubungan serta membuat pengunjung melihat konten instagram lama yang telah anda unggah sebelumnya.

Meskipun cara ini kurang bisa menghasilkan penjualan namun dapat membangun kepercayaan dari konsumen pada produk anda.

Kumpulkan Postinga pada Satu Tema Khusus

Apabila produk anda menawarkan berbagai produk atau layanan yang berbeda dan anda unggah di postingan tertentu, maka anda bisa mengumpulkan mereka di satu guide tertentu dengan tema yang berbeda.

Salah satunya apabila anda memiliki restoran yang menyajikan berbagai produk tertentu, maka anda bisa menggabungkannya di satu tema khusus, sehingga mudah diakses oleh calon pembeli yang akan mengunjungi restoran anda.

Sumber:

https://later.com/blog/instagram-guides/

https://blog.hubspot.com/marketing/instagram-guide

https://sproutsocial.com/insights/how-to-make-instagram-guides/

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.