apa itu content marketing

Content Marketing : Pengertian dan Cara Kerjanya

Pelajari lebih dalam mengenai strategi content marketing untuk pemasaran social media yang lebih sukses dan efektif.

Saat menelusuri berbagai aplikasi social media maka anda akan dengan mudah menemukan berbagai akun social media brand, mulai dari iklan, explore, atau mungkin anda mengikuti salah satu diantaranya.

Keberadaan akun social media brand ini memudahkan sebuah brand untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dan belum mengetahui produk yang mereka miliki.

Sementara bagi pelanggan setia, keberadaan akun social media brand akan memudahkan mereka untuk mengetahui produk yang baru saja dirilis sehingga bisa mempertimbangkan untuk mencoba produk tersebut.

Namun, untuk mengembangkan akun social media brand, kreator tidak hanya mengunggah berbagai konten promosi.

Akan tetapi dibutuhkan juga strategi content marketing yang tepat agar konsumen tertarik untuk mengikuti akun tersebut untuk mendapat pengetahuan baru serta pembaruan produk yang baru saja dirilis.

Karenanya berikut pengertian strategi content marketing serta cara mengembangkannya.

apa itu content marketing

Apa Itu Content Marketing

Kegiatan membuka aplikasi social media rasanya tidak akan lengkap apabila tidak mengunjungi akun social media brand untuk melihat pembaruan produk terbaru atau konten edukasi yang menarik.

Keberadaan konten yang variatif di akun social media brand juga menjadi faktor pendorong bagi pengikut untuk mengunjungi akun tersebut agar tidak ketinggalan berbagai postingan terbaru.

Semakin banyak kunjungan di akun social media serta interaksi yang terus meningkat dari waktu ke waktu juga membuka peluang bagi konten anda untuk masuk ke halaman explore sehingga mudah ditemukan oleh pengguna social media lainnya.

Sehingga dibutuhkan strategi content marketing yang efektif untuk membantu pembuatan konten yang lebih maksimal.

https://youtube.com/watch?v=TkskQD1Lt4A%3Fstart%3D1

Content marketing merupakan proses mengunggah konten social media berupa tulisan, foto, dan video dengan tujuan menarik minat calon konsumen ke akun social media brand anda.

Jenis postingan social media ini bisa berupa blog, ebooks, infografis, video, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, kegiatan ini tidak hanya mengunggah konten dan membiarkannya begitu saja, namun juga sebuah strategi untuk menghias akun social media brand anda agar lebih menarik untuk dikunjungi.

Tujuan akhir dari strategi content marketing adalah memikat target audience, menaikkan brand awareness, interaksi social media, penjualan produk atau layanan, serta royalitas dan loyalitas konsumen.

keuntungan menggunakan strategi content marketing

Keuntungan Menggunakan Strategi Content Marketing

Meskipun strategi content marketing terkesan rumit karena kreator harus melakukan analisa target konsumen serta rutin mengecek kinerja akun dan konten social media, namun strategi ini menyediakan keuntungan jangka panjang bagi pengembangan akun brand yang anda miliki.

Memberikan Edukasi Kepada Target Konsumen 

Sebuah produk baru yang belum dikenal oleh banyak orang terkadang memiliki kesulitan untuk membuat konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.

Sehingga konten edukasi yang menarik akan membuat konsumen tertarik untuk membeli atau mencoba produk anda untuk pertama kali.

Tidak hanya itu, penggunaan konten edukasi juga biasa digunakan oleh produk yang telah memiliki banyak kompetitor, sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli produk anda dibandingkan yang lainnya.

Sebuah konten edukasi yang menarik dan informatif biasanya berisi penjelasan mengenai kandungan produk yang dimiliki serta keuntungan yang ditawarkan dibandingkan kompetitor lain.

Hal ini akan membuat konsumen mudah untuk menemukan alasan dalam membeli produk yang anda tawarkan.

konten instagam @mokomoko_id

Salah satunya yang dilakukan oleh brand perawatan wajah @mokomoko_id yang mengunggah konten edukasi mengenai produk eco friendly pertama mereka dengan menjelaskan kandungan produk yang menguntungkan bagi konsumen.

Agar tampilan konten edukasi semakin menarik maka menggunakan visual yang memikat akan membuat konsumen tertarik untuk memahami produk yang anda jual.

Meningkatkan Penjualan Produk Secara Stabil 

Setelah konsumen memahami keuntungan produk yang anda tawarkan maka mereka akhirnya memiliki pilihan untuk membeli produk anda.

Strategi content marketing juga tidak hanya digunakan dalam proses pembuatan konten edukasi, namun anda juga bisa memanfaatkannya selama proses promosi produk yang akan anda rilis.

Dimana kreator dan marketer akan bekerja sama untuk membuat konten social media yang menarik dengan mengetahui kebiasaan konsumen serta jenis visual yang disukai oleh konsumen.

Sehingga konten social media anda akan sesuai dengan tampilan yang biasa ditunjukkan ke pengikut anda.

Penggunaan konten promosi yang menarik juga akan membantu postingan anda tidak terlihat membosankan.

konten instagram @lozyhijab

Hal ini juga dilakukan oleh akun social media brand baju @lozyhijab yang mempromosikan produk mereka dengan penggunaan foto produk yang estetik dan cantik serta penggunaan caption seperti sedang berbincang dengan teman sendiri.

Meskipun terkesan sederhana namun cara ini membuat konsumen tertarik untuk membeli atau sekedar mengecek akun marketplace yang mereka miliki.

Membangun Hubungan dengan Konsumen 

Sebuah akun social media yang hanya menyajikan konten promosi tentunya akan membuat konsumen merasa bosan dan tidak menemukan alasan untuk mengikuti akun instagram anda.

Padahal jumlah pengikut yang banyak dapat membantu jangkauan akun dan konten social media yang lebih luas.

Sehingga agar akun dan konten social media anda ramai dikunjungi oleh target konsumen maka dibutuhkan strategi content marketing yang tepat.

Caranya adalah membuat konten yang memancing interaksi, seperti games, komedi, serta tanya jawab dimana konsumen secara aktif membuat komunikasi dua arah dengan akun social media anda.

Konten interaksi yang menarik juga bisa di dukung dengan fitur-fitur social media, seperti fitur stiker di instagram story, atau reply with content di tiktok.

Sehingga membuat konsumen anda membuat interaksi pada konten anda serta membangun ikatan yang kuat secara tidak langsung.

@mazagelato

abis ini yg ke maza pasti pada mesen jeruk nipis semua ni, ak tau niat busuk kalian semwa!!🙂🔨 #rating #gelato #tangerang #kulinertangerang #scoop #bintaro #gadingserpong #fypシ #xyzbca

♬ original sound – CA$$IDY

Penggunaan konten interaksi untuk membangun interaksi dengan konsumen ini juga digunakan oleh akun tiktok brand @mazagelato yang membuat postingan mengulas produk yang dimiliki.

Penyampaian yang lucu namun sederhana menjadikan penonton tertarik untuk memberikan komentar pada konten yang diunggah.

Menunjukkan Bagaimana Produk Menyelesaikan Masalah 

Salah satu alasan konsumen membeli produk yang anda promosikan adalah kemampuan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi konsumen.

Sehingga penting bagi kreator untuk menunjukkan bagaimana produk anda dapat memberikan solusi dari masalah yang mereka hadapi.

Caranya adalah dengan membuat konten testimoni yang berisi cerita bagaimana konsumen dapat menyelesaikan masalah mereka dengan produk anda.

Penggunaan metode story telling bisa menjadi solusi yang tepat untuk membuat konten yang menarik minat konsumen.

Menunjukkan Keterlibatan Konsumen 

Salah satu strategi untuk melancarkan promosi ke target konsumen adalah melibatkan pelanggan anda ke proses promosi yang anda lakukan.

Hal ini dikarenakan calon konsumen biasanya lebih tertarik pada ulasan yang diberikan oleh pembeli sebelumnya karena dianggap lebih jujur serta memiliki persamaan pada masalah yang dihadapi.

Sehingga strategi pemasaran melalui word of mouth menjadi lebih efektif dibandingkan proses berbayar untuk memikat konsumen baru.

Apabila kreator dan marketer ingin memikat konsumen dengan ulasan konsumen maka anda bisa melakukan beberapa strategi yang ampuh.

Pertama adalah mengunggah kembali testimoni konsumen yang ada di berbagai social media ke saluran pemasaran yang anda miliki, sehingga membuat pengunjung atau pengikut akun social media semakin tertarik untuk membeli produk yang anda miliki.

Kedua, adalah meminta konsumen untuk memberikan ulasan selama menggunakan produk anda, misalnya membuat postingan social media yang memancing konsumen untuk memberikan ulasan.

Penggunaan branded hastag juga bisa digunakan konsumen untuk mengulas produk anda dengan mudah dan efektif.

Dalam pembuatan branded hashtag ini anda bisa menggunakan nama produk tertentu sebagai tagar kemudian dipasang pada halaman bio social media sehingga lebih mudah diakses dan dikunjungi oleh pengguna social media.

Berbagai ulasan tersebut juga sebaiknya diunggah secara rutin setiap hari agar konsumen semakin percaya pada produk yang anda tawarkan.

konten instagram @hmns_id

Cara ini juga dilakukan oleh akun social media brand parfum @hmns_id yang mengunggah ulasan konsumen mengenai produk yang dimiliki sehingga membuat pengikutnya tertarik untuk membeli atau sekedar bertanya mengenai produk yang diedarkan.

tipe tipe content marketing

Tipe-tipe Content Marketing

Berbagai konten yang biasa anda temui di social media, terkadang membuat bingung untuk memilih jenis konten yang menarik dan memikat konsumen.

Karenanya berikut beberapa jenis-jenis content marketing yang bisa anda gunakan untuk berbagai kegunaan.

Online Content Marketing 

Beberapa brand besar yang memiliki banyak pelanggan biasanya melakukan transaksi di tempat khusus, seperti website dibandingkan aku marketplace atau social media shop.

Hal ini dikarenakan produk yang dimiliki membutuhkan detail khusus yang akan memudahkan konsumen dalam menentukan pilihan produk tertentu.

Saat mengunjungi website tersebut biasanya anda tidak hanya menemukan kolom jual beli namun beberapa konten pendukung seperti artikel atau video yang membantu memberikan edukasi pada berbagai produk yang ditawarkan.

website dekoruma

Salah satunya yang dilakukan oleh brand furnitur Dekoruma yang memiliki website sendiri yang memudahkan konsumen untuk melakukan jual beli serta memilih layanan yang diperlukan.

Agar jumlah kunjungan ke website meningkat dari hari ke hari maka diperlukan strategi content marketing yang tepat agar pengguna internet tertarik untuk mengunjungi website berkat pilihan kata kunci yang sesuai.

Social Media Content Marketing

Jenis konten kedua yang biasa anda temui adalah social media content marketing dimana anda akan menemukan berbagai konten promosi dan edukasi dari brand tertentu di social media dengan format yang berbeda-beda.

Hal ini dikarenakan berbagai social media menyediakan format yang variatif yang bisa digunakan untuk beragam kebutuha.

Contohnya adalah platform Instagram yang menyediakan jenis konten foto dan video yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan serta penggunaan caption yang membantu menjelaskan isi konten sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Dalam penggunaan social media content marketing maka anda bisa menggunakan berbagai variasi postingan agar pengikut anda tidak merasa bosan serta anda dapat menentukan jenis postingan yang bekerja untuk menarik minat konsumen.

Infographic Content Marketing

Bagi sebuah brand yang memiliki produk berupa layanan maka dibutuhkan bukti yang membuat konsumen percaya sebelum mencoba atau membeli layanan tersebut.

Sehingga dibutuhkan informasi berupa inforgrafis yang berisi berbagai bukti mengenai perkembangan industri atau brand yang anda jalankan.

Informasi yang dituangkan di inforgrafis ini akan membuat konsumen lebih mudah percaya serta penasaran mengenai layanan yang ditawarkan.

Penggunaan konten dalam bentuk inforgrafis ini juga digunakan oleh brand social media manager Hootsuite yang menyediakan informasi mengenai potensi iklan instagram reels ads.

Konten infografis juga diberikan agar konsumen semakin tertarik menggunakan layanan iklan instagram reels yang menjadi fitur dari Hootsuite.

Blog Content Marketing

Meskipun social media menjadi jalan ampuh bagi sebuah brand untuk melakukan promosi, namun jangan lupakan kekuatan dari strategi blog content marketing.

Hal ini dikarenakan mayoritas pengguna internet yang mencari jawaban dari masalah mereka menggunakan kata kunci tertentu di internet.

Sehingga apabila kata kunci yang anda gunakan sering muncul di halaman pencarian dan banyak dibaca oleh pengguna internet, maka akan membuka kesempatan bagi mereka untuk mengenal produk anda melalui artikel yang disajikan.

Agar promosi melalui blog content marketing semakin efektif, maka anda bisa membuat artikel yang berkaitan dengan produk anda dan solusi yang diberikan sehingga menarik minat konsumen untuk membacanya.

Tidak hanya itu, di akhir artikel anda juga bisa menyelipkan promosi mengenai fitur dan layanan yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga membuat konsumen semakin tertarik untuk mengenal brand anda.

Podcast Content Marketing

Saat sedang bosan atau melakukan perjalanan ke suatu tempat maka mendengarkan podcast bisa menjadi pilihan yang menyenangkan.

Dimana pendengar bisa mendapatkan pengetahuan baru dari cerita yang diberikan oleh kreator sehingga membuka wawasan yang lebih luas.

Di sisi lain, penggunaan podcast bisa menjadi strategi yang efektif untuk melakukan promosi ke target konsumen tertentu.

Hal ini dikarenakan podcast memberikan konten edukasi dan promosi yang disampaikan secara tersirat sehingga mudah dipahami oleh pendengar.

Penggunaan konten podcast yang efektif ini di dukung oleh pendengar siniar yang berada di Spotify, Apple Music, dan Youtube yang secara aktif mendengarkan konten ini sembari melakukan berbagai aktivtas lainnya.

Dengan menggunakan konten podcast maka akan membebaskan kreator untuk membahas topik yang berkaitan dengan industri yang dihadapi serta masalah yang biasa dihadapi oleh konsumen sehingga mereka lebih tertarik untuk mencoba produk atau layanan yang anda miliki.

Video Content Marketing

Ketenaran konten video semakin menanjak akhir-akhir ini sehingga membuat banyak pengguna social media berbondong-bondong untuk membuat konten edukasi dan promosi menggunakan media video.

Hal ini dilakukan karena konten video yang lebih mudah dipahami serta visual yang menarik dengan iringn lagu yang sesuai tema.

Penggunaan konten video yang semakin menanjak ini dibuktikan oleh survei dari myzowl yang menyatakan sebanyak 75% pengguna social media lebih menyukai mempelajari sebuah brand atau produk menggunakan konten video dibandingkan media lainnya.

Tidak hanya itu, video marketing juga mampu untuk meningkatkan penjualan yang lebih banyak serta membangun hubungan dengan konsumen dengan pilihan video yang menarik.

Pemakaian konten video juga bisa digunakan di seluruh saluran pemasaran sehingga bisa digunakan untuk optimas content marketing yang lebih maksimal.

Bagi akun social media brand yang baru memulai karir tentunya akan membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan pengikut yang banyak serta jangkauan konten yang luas dalam waktu cepat.

Karenanya menggunakan paid ad content marketing bisa menjadi alternatif untuk menyasar target konsumen yang sesuai dengan budget promosi yang anda miliki.

Penggunaan promosi berbayar sendiri bisa anda temukan di barbagai saluran pemasaran sehingga dapat mengoptimalkan promosi yang anda lakukan.

Namun, dalam pembuatan konten promosi, anda juga perlu memahami jenis konten yang tepat agar mudah diterima oleh konsumen.

cara kerja content marketing

Cara Kerja Content Marketing

Sebuah akun social media brand dapat menggunakan content marketing untuk menarik minat target konsumen, membuat konten edukasi mengenai masalah konsumen, serta melakukan jual beli produk.

Namun untuk menggunakan strategi content marketing secara efekif maka anda perlu menyajikan konten yang sesuai di setiap tahapan yang berbeda agar membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang anda miliki.

Meskipun terkesan rumit dan membutuhkan waktu yang panjang namun anda akan mendapatkan hasilnya dalam jangka waktu yang lama.

Karenanya berikut cara menggunakan strategi content marketing di setiap langkah pemasaran untuk melakukan interaksi dan penjualan.

Awareness Stage 

Langkah pertama yang biasa ditemui oleh calon konsumen adalah awareness stage, dimana mereka memahami masalah yang dihadapi sehingga berusaha untuk mencari solusinya melalui produk dan layanan yang ditawarkan di social media.

Contohnya adalah apabila calon konsumen mengalami nyeri punggung yang tidak berkesudahan maka mereka akan mencari solusinya di internet di social media.

Pada bagian ini, kreator bisa menyajikan konten yang membahas masalah yang dihadapi konsumen, tantangan yang dihadapi serta jawaban untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Sehingga konten untuk bagian ini sebaiknya berisi edukasi sehingga membuat konsumen tertarik untuk mempertimbangkan produk anda.

Beberapa contoh konten yang bisa anda sajikan pada bagian awareness stage adalah :

  • Mengunggah konten artikel mengenai rekomendasi furnitur yang bisa digunakan untuk rumah minimalis.
  • Membuat konten video mengenai tips untuk memilih produk yang sesuai kebutuhan konsumen berdasarkan masalah yang dihadapi.
  • Membagikan konten e-book gratis mengenai tutorial menabung bagi pemula apabila brand anda berkutat pada layanan edukasi perbankan.

Consideration Stage 

Setelah melewati tahap awareness stage maka calon konsumen akan berlanjut ke bagian consideration stage dimana mereka telah mengenal produk anda dan tertarik untuk melakukan pembelian.

Namun, mereka masih bingung untuk memilih produk yang sesuai kebutuhan serta budget yang dimiliki.

Sehingga untuk mendorong minat konsumen maka kreator perlu menyajikan konten edukasi atau promosi produk yang lebih kuat.

Dimana postingan tersebut dapat mengedukasi konsumen mengenai produk serta kelebihan yang ditawarkan yang sesuai dengan masalah yang mereka alami.

Beberapa ide konten yang bisa digunakan pada consideration stage ini diantaranya adalah :

  • Membuat konten to do list berisi aktivitas yang bisa konsumen lakukan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi
  • Membahas masalah yang dihadapi oleh konsumen.
  • Memberikan edukasi mengeni kombinasi produk yang tepat untuk mengatasi maslah tertentu.
konten instagam @cosocokids

Jenis konten untuk consideration stage ini juga dilakukan oleh brand baju bayi @cosocokids yang mengunggah konten berisi alasan menggunakan produk tersebut dengan menyajikan keunggulan yang diberikan.

Closing Stage

Bagian terakhir pada strategi content marketing adalah closing stage, dimana konsumen memutuskan untuk membeli produk yang diinginkan setelah berbagai pertimbangan panjang.

Meskipun target konsumen sudah membeli produk tersebut, namun marketer perlu membuat konten khusus agar mereka tertarik untuk membeli kembali di waktu yang akan datang.

Pada bagian ini anda akan lebih fokus pada penjualan serta membuat konsumen yakin bahwa produk anda lebih baik dibandingkan kompetitor lain.

Sehingga esan yang perlu anda sampaikan pada konten ini adalah pengetahuan baru bagi konsumen serta menjelaskan kelebihan yang anda miliki.

Beberapa jenis konten yang bisa anda unggah pada bagian ini adalah :

  • Mengunggah kembali testimoni konsumen di saluran pemasaran.
  • Memamerkan detail produk melalui foto atau video.

Sumber :

What is Content Marketing? Content Marketing Definition | Mailchimp

11 Powerful Content Marketing Ideas (With Examples) (ahrefs.com)

The Ultimate Guide to Content Marketing in 2022 (hubspot.com)

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *