5 Tips Meningkatkan Viewers Instagram Reels
Ketahui strategi menambah jumlah viewers instagram reels secara efektif dan stabil.
Merebaknya tren video pendek menjadikan banyak platform social media berlomba-lomba membuat fitur yang sama.
Salah satunya adalah Instagram yang mengeluarkan fitur reels dimana pengguna bisa mengunggah atau menonton konten video pendek sesuai dengan topik yang diinginkan.
Kemudahan dalam mengakses dan membuat konten video ini menjadikan banyak orang menggunakannya untuk berbagai kebutuhan.
Salah satunya adalah mengunggah konten promosi produk untuk menjangkau konsumen yang diinginkan.
Tidak hanya itu, banyak juga kreator instagram yang membuat konten reels untuk menyampaikan informasi ke target audience dengan mudah dan cepat.
Namun, jumlah viewers instagram reels yang tidak kunjung meningkat tentu membuat kreator galau padahal sudah bekerja keras untuk membuat konten yang menarik.
Karenanya agar video anda semakin banyak ditonton orang maka berikut beberapa strategi meningkatkan viewers instagram reels secara stabil dan efektif.
Apa Itu Instagram Reels
Pengguna internet yang memiliki akun Instagram tentunya tidak asing dengan fitur Instagram reels.
Yup, fitur yang menjadi andalan Instagram ini berhaasil menarik perhatian pengguna untuk melihat dan membuat konten reels, sehingga menghabiskan waktu lebih banyak di Instagram.
Sehingga tidak mengherankan apabila Instagram lebih fokus ke reels dengan menambahkan berbagai layanan yang membantu konten video menjadi lebih menarik dan unik.
Reels sendiri merupakan fitur dari Instagram dimana penggunanya bisa mengunggah berbagai konten video pendek dengan format vertikal sehingga lebih mudah dilihat dan dikreasikan.
Tambahan fitur seperti backsound dan filter juga membantu konten reels anda menjadi lebih menarik.
Ketenaran reels yang menjadi andalan Instagram akhirnya membuat layanan ini memiliki kolom khusus yang akan memudahkan pengguna untuk melihat konten video tanpa perlu masuk ke halaman explore terlebih dahulu.
Fitur-fitur Instagram Reels
Sebelum layanan reels diluncurkan di tahun 2020, Instagram sebenarnya sudah memiliki beberapa fitur video sendiri, mulai dari instagram story yang dapat merekam momen-momen dengan durasi pendek dan hanya disebarkan selama 24 Jam.
Tidak hanya itu, Instagram juga pernah memiliki Instagram TV dimana pengguna bisa mengunggah konten video dengan durasi yang lebih panjang serta format video yang lebih beragam.
Lalu, sebenarnya apa yang membedakan layanan instagram reels dengan fitur instagram terdahulu?
Durasi Video Pendek dan Tahan Lama
Di awal kemunculannya, layanan instagram reels memiliki durasi yang sama dengan konten story yakni 30 detik, namun yang membedakannya dengan instagram story adalah ketahanan konten reels yang lebih lama.
Hal ini dikarenakan konten reesl akan tersimpan selama video tersebut berada di Instagram, bandingkan dengan konten story yang hanya bertahan 24 jam.
Ketahanan video yang lebih lama ini membuka peluang bagi konten tersebut untuk dilihat lebih banyak orang yang menyukai topik yang anda angkat di video tersebut.
Sehingga anda dapat menjangkau penonton yang lebih banyak serta pengikut yang semakin bertambah dari waktu ke waktu.
Instagram Reels Memiliki Kolom Khusus
Beberapa fitur instagram memiliki kolom khusus yang akan memudahkan penggunanya untuk melihat berbagai konten yang diinginkan.
Misalnya saja konten story yang berada di bagian atas halaman atau konten feed yang bisa anda lihat saat pertama kali membuka aplikasi Instagram.
Di awal kemunculannya, konten instagram reels hanya bisa dilihat saat anda membuka halaman instagram explore, dimana anda akan melihat rekomendasi video pendek yang juga disukai oleh pengikut anda.
Namun seiring dengan kepopuleran konten instagram reels yang semakin meningkat menjadikan layanan ini memiliki kolom sendiri yang sejajar dengan fitur pencarian dan instagram shop di bagian bawah.
Sehingga memudahkan pengguna instagram untuk melihat berbagai konten reels secara mudah dan tanpa perlu masuk ke kolom pencarian terlebih dahulu.
Rekomendasi Topik dari Pengikut atau Kebiasaan Menonton
Saat pertama kali membuka instagram reels, anda mungkin akan melihat berbagai konten video acak yang belum pernah anda lihat sebelumnya.
Rekomendasi video ini berdasarkan algoritma instagram reels yang akan menaikkan konten video yang viral dan banyak dilihat oleh pengguna lainnya.
Namun, seiring dengan berjalannya waktu maka anda akan diberikan rekomendasi konten video yang juga dilihat oleh pengikut anda dan mungkin memiliki selera yang sama dengan anda.
Rekomendasi video ini tentunya akan berubah apabila anda aktif melihat konten video reels dan memberikan interaksi pada video tertentu.
Semakin banyak interaksi yang diberikan maka algoritam instagram reels akan merekomendasikan topik yang sama dari akun yang berbeda.
Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi pengguna instagram agar bisa menghabiskan lebih banyak waktu di instagram dengan melihat berbagai rekomendasi video yang disajikan.
Beragam Backsound yang Menarik dan Viral
Di saaat anda melihat berbagai konten instagram reels yang berseliweran di halaman feed atau explore, anda tentunya akan mendengarkan berbagai lagu yang mengiringi.
Iringan suara tersebut juga akan membantu konten instagram reels anda terlihat lebih menarik karena sesuai dengan isi video, sehingga membuat penonton betah melihat video anda lebih lama dan mengulanginya terus menerus.
Contohnya yang dilakukan oleh akun instagram @afterrain.dec105 yang membuat konten reels menggunakan lagu yang menenangkan sehingga membuat penonton tertarik untuk melihatnya dan menontonnya berulang kali.
Tidak hanya itu, anda juga bisa menambahkan backsound yang mendeskripsikan video anda, sehingga menghasilkan konten komedi yang menghibur.
Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram @triarona yang membuat konten reels menggunakan sound yang sedang viral sehingga menarik minat penonton untuk melihatnya.
Stitch Video dari Akun Instagram Lain
Saat sedang asyik melihat konten reels yang mengundang tawa, anda mungkin melihat sebuah video yang memiliki pengalaman yang sama dengan anda.
Pada saat itulah anda ingin menceritakannya ke pengikut anda melalui konten reels agar lebih mudah dimengerti.
Namun, agar anda penonton anda lebih memahami isi video yang anda unggah maka anda bisa menggunakan fitur remix, dimana anda mengomentari video orang lain menggunakan konten lain, sehingga masih memiliki kaitan yang sama.
Tidak hanya itu, Instagram juga menyediakan fitur remix dimana anda bisa membuat konten baru yang sejajar dengan konten yang telah anda lihat sebelumnya.
Penggunaan fitur remix ini biasanya digunakan saat ingin mengcover lagu atau tarian yang telah dibuat pengguna instagram lainnya.
Keuntungan Menggunakan Instagram Reels
Layanan reels tidak hanya menguntungkan Instagram untuk membuat pengguna bertahan lebih lama di aplikasi tersebut.
Bagi pengguna, kreator, atau marketer yang bergelut di Instagram, layanan satu ini memiliki keuntungan yang tidak terbatas dan mampu memberikan hiburan sendiri bagi penggunanya.
Instagram Mendorong Konten Reels
Kebiasan pengguna instagram yang lebih sering melihat konten video pendek, menjadikan Instagram akhirnya lebih mendorong konten reels.
Sehingga tidak mengherankan apabila anda baru pertama kali mengunggah konten video pendek namun memiliki jumlah penonton yang lebih banyak.
Hal ini dikarenakan Instagram tengah mendorong penggunanya untuk membuat lebih banyak konten reels dengan fitur dan layanan yang disediakan.
Kelebihan ini tentunya menguntungkan pengguna atau kreator instagram untuk membuat konten reels yang lebih variatif untuk memikat penonton yang lebih banyak.
Hal ini juga di dukung dengan fitur suggested topic dimana konten anda akan direkomendasikan ke pengguna instagram yang memiliki minat yang serupa dengan anda, sehingga membuka peluang untuk mendapatkan pengikut baru.
Sehingga penting bagi anda untuk membuat konten instagram reels yang sesuai dengan minat dan topik yang disukai target audience agar anda mendapatkan konsumen yang sesuai.
Peluang Iklan di Instagram Reels
Banyaknya pengguna instagram yang menjadi penonton setia konten reels membuat Instagram membuka peluang baru bagi pengguna akun business.
Salah satunya adalah menayangkan konten iklan di instagram reels sehingga dapat menjangkau lebih banyak orang dengan target konsumen yang telah dipilih sebelumnya.
Hal ini tentunya akan menjadi peluang bagus bagi akun instagram brand yang baru saja diluncurkan dan membutuhkan banyak pengikut dalam waktu cepat.
Agar konten iklan di instagram reels menjadi lebih sukses maka anda sebaiknya membuat iklan dalam bentuk vertikal sehingga lebih mudah dilihat oleh penonton.
Selain itu, anda juga bisa membuat format iklan dalam bentuk konten komedi atau promosi dengan menggunakan lagu atau konten yang sedang viral.
Cara ini dilakukan agar penonton merasa seperti melihat konten reels biasa dan lebih tertarik untuk melihat produk yang anda tawarkan.
Salah satunya seperti yang dilakukan oleh akun instagram brand @mamachoicesid yang membuat konten promosi produk menggunakan bentuk vertikal serta visual yang menarik sehingga penonton tertarik untuk melihat iklan yang disajikan.
Konten Video Pendek Lebih Mudah Viral
Saat berpindah ke berbagai platform social media, anda akan mudah menemukan konten video pendek, baik berupa potongan video atau gambar yang diambil dari sebuah postingan Tiktok atau Reels.
Kemudahan untuk bertemu konten video pendek ini dikarenakan ketenaran pengguna internet lebih mudah menerima dan memahami isi konten video tersebut, apalagi jika disajikan dengan caption yang jelas serta iringan lagu yang menarik.
Sehingga konten video pendek yang unik dan menarik di Tiktok dan Reels lebih mudah viral dibandingkan postingan lainnya.
Hal ini tentunya menguntungkan bagi pengguna instagram untuk menggunakan reels untuk memperluas jangkauan konten ke konsumen yang diinginkan.
Jika anda berhasil dengan format video yang tepat maka mungkin saja konten anda dapat menjangkau target konsumen lain yang menikmati konten yang anda unggah di social media.
Tips Meningkatkan Viewers Instagram Reels
Sudah membuat banyak video namun jumlah viewers instagram reels masih jauh dari keinginan? maka saatnya anda mengubah strategi agar mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak.
Dengan strategi yang tepat tentunya viewers instagram reels akan meningkat tajam dan menyasar target konsumen yang tepat.
Buat Konten yang Diinginkan Oleh Audience
Cara yang pertama yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan jumlah viewers instagram adalah membuat konten yang diinginkan target audience.
Strategi ini dilakukan memgingat algoritma instagram reels hanya akan memberikan topik yang disukai target audience baik dari segi format dan topik yang ingin dilihat di instagram reels.
Sehingga mengetahui keinginan audiience akan membantu meningkatkan jumlah viewers instagram reels dengan cepat.
Guna mengetahui topik dan jenis konten reels yang disukai oleh target audience maka anda bisa melihat akun kompetitor lain yang telah mengunggah banyak konten reels dan mendapatkan viewers yang cukup banyak.
Cara ini dilakukan untuk melihat jenis konten, topik, dan penyampaian yang disukai oleh audience yang sama.
Selanjutnya anda bisa melakukan pencarian melalui kata kunci tertentu di halaman explore.
Dimana anda akan melihat berbagai konten reels yang disukai oleh audience yang mencari topik dengan kata kunci tertentu.
Sehingga anda bisa mengetahui jenis konten yang diminai oleh target penonton dan menjadi tolak ukur konten video reels anda selanjutnya.
Namun, apabila anda telah mengunggah berbagai konten reels sebelumnya maka anda cukup mengembangkan konten yang memiliki banyak peminat dan penonton.
Caranya adalah dengan melihat hasil insight di algoritma instagram untuk menentukan konten video yang mendapatkan perhatian lebih dari penonton.
Anda bisa mendaur ulang konten tersebut ke format video serta topik yang berbeda dan melihat kinerja yang anda dapatkan melalui konten tersebut.
Gunakan Backsound yang Sedang Viral
Salah satu daya tarik konten reels yang membuat penonton tertarik untuk melihat berulang kali adalah penggunaan backsund video.
Hal ini dikarenakan iringan lagu yang tepat akan membuat penonton terbawa suasana video yang dibuat.
Di Instagram sendiri anda bisa menemukan dua jenis audio yang sering dipakai oleh pengguna atau kreator Instagram.
Pertama, adalah backsound yang berisi lagu yang sedang naik daun atau memiliki makna yang mendalam sesuai dnegan isi video.
Kedua, adalah backsound yang berupa monolog atau percakapan dengan orang lain yang dijadikan sound instagram.
Penggunaan backsound yang kedua ini kerap kali digunakan sebagai media konten komedi yang membuat penonton tertawa sebab konteks video yang disajikan.
Perbedaan kedua sound ini tentunya harus anda pilih dengan baik agar anda dapat menyajikan konten video yang mudah dipahami oleh penonton sehingga menambah viewers instagram reels.
Contohnya apabila anda ingin membuat konten edukasi atau promosi, maka anda bisa menggunakan backsound lagu yang tenang atau ceria.
Pilihan ini dilakukan agar penonton lebih fokus pada konten yang anda sajikan sehingga memahami isi video yang anda unggah.
Cara ini juga dilakukan oleh akun instagram creator @stylasocials yang membuat konten edukasi mengenai cara menjadi content creator menggunakan backsound lagu sehingga membuat penonton lebih fokus untuk membaca caption yang tertera.
Akan tetapi apabila anda ingin membuat konten komedi maka ada baiknya anda menggunakan backsound dialog atau monolog orang lain.
Hal ini dikarenakan backsound tersebut biasanya memiliki konteks tertentu yang mudah dipahami orang lain.
Di sisi lain, agar konten komedi dari sound instagram viral anda menjadi lebih viral, maka anda bisa menggunakan isi konten yang berbeda namun memiliki inti konten yang sama.
Hal ini dikarenakan penonton mungkin telah melihat ratusan konten dari sound viral dengan isi yang sama, sehingga penyegaran ini akan membuat mereka tertarik pada konten yang anda unggah.
Namun, apabila anda tidak menemukan backsound yang sesuai dengan konten video yang telah anda buat maka anda bisa menambahkan sound sendiri di instagram reels.
Sehingga apabila konten reels anda viral dan mendapatkan banyak perhatian pengguna instagram, maka sound tersebut memiliki peluang untuk digunakan oleh orang lain dan membantu kepopuleran konten video anda.
Berikan Transisi yang Menarik
Konten video reels dengan isi yang datar mungkin akan membuat penonton bosan dan akhirnya beralih ke video lain yang lebih menarik.
Sehingga apabila anda ingin penonton bertahan lebih lama maka anda bisa membuat transisi video yang menarik.
Misalnya anda melakukan transisi untuk mengubah isi topik di suatu pembahasan konten video.
Sehingga membuat penonton merasa penasaran akan kejutan yang akan anda hadirkan di detik selanjutnya.
Anda juga bisa membuat transisi dengan bermacam-macam cara, misalnya menutup kamera, menjatuhkan atau menggoyangkan kamera, serta mengganti ke scene selanjutnya.
Penggunaan transisi ini juga dilakukan oleh akun instagram brand @hootsuite yang melakukan transisi setiap berganti topik sehingga membuat penonton penasaran dengan kelanjutan video yang akan diunggah.
Berikan Deskripsi Video dengan Keyword yang Sesuai
Meskipun pengguna instagram melihat konten reels berdasarkan rekomendasi yang disajikan, namun beberapa orang mungkin melihat konten setelah melakukan pencarian di Instagram.
Kegiatan ini dilakukan karena pengguna tidak menemukan konten yang sesuai keinginan di instagram reels sehingga melakukan pencarian secara mandiri di kolom pencarian.
Kebiasaan mencari konten melalui halaman pencarian ini juga bisa dimanfaatkan oleh kreator instagram untuk meningkatkan jumlah penonton.
Caranya adalah dengan memberikan kata kunci di caption dan deskripsi video yang akan diunggah.
Sehingga Instagram akan merekomendasikan video anda apabila melakukan melalui kata kunci tertentu sehingga membuka peluang untuk menambah viewers instagram yang lebih cepat.
Tidak hanya itu, penambahan deskripsi yang lengkap dan panjang di kolom deskripsi juga dapat menambah viewers instagram reels.
Hal ini dikarenakan pengguna instagram akan fokus membaca deskripsi sementara video berputar terus menerus hingga beberapa kali.
Sehingga jumlah viewers instagram reels akan bertambah tanpa disadari oleh penonton.
Agar penonton tertarik melihat kolom deskripsi yang anda sajikan maka anda bisa membuat video yang berisi inti topik tersebut, sehingga penonton bisa melihat penjelasan konten di kolom deskripsi.
Anda juga bisa menamahkan kalimat call to action seperti “baca deskripsi untuk keterangan lengkapnya” untuk memancing penonton membaca keterangan video yang anda jelaskan.
Pastikan juga gaya bahasa di kolom deskripsi dibuata semenarik dan sejelas mungkin agar penonton bisa memahami isi video dengan mudah.
Tambahkan Instagram Hashtag yang Relevan
Salah satu cara tradisional namun efektif untuk meningkatkan viewers instagram reesl dengan cepat adalah menggunakan instagram hashtag yang relevan.
Hal ini dikarenakan pengguna instagram menggunakan kata kunci tertentu untuk mencari dan melihat topik dan konten yang diinginkan.
Sehingga penting bagi kreator untuk menambahkan instagram hashtag yang relevan agar konten anda dimasukkan ke dalam topik tertentu.
Karenanya dalam menggunakan instagram hashtag maka anda bisa menggunakan topik yang sedang anda bahas di video tersebut.
Misalnya anda ingin membuat video mengenai makanan sehat maka instagram hashtag yang bisa anda gunakan adalah #food #healthyfood #resepmakanansehat dan lain sebagainya.
Semakin relevan instagram hashtag yang anda gunakan maka akan lebih mudah bagi penonton untuk menemukan konten yang telah anda buat.
Karenanya penting bagi kreator untuk melakukan analisa terlebih dahulu sebelum memasang berbagai hashtag tertentu.
Beberapa analisa yang bisa anda lakukan adalah mengunjungi akun instagrma kompetitor yang sering mengunggah konten reels dan mendapatkan viewers yang cukup dilakukan.
Cara ini dilakukan untuk melihat tagar yang dipakai tidak sama sehingga anda akan mendapatkan penonton yang berbeda meskipun menggunakan topik yang sama.
Anda juga bisa menggunakan website analisa hashtag instagram untuk menemukan tagar yang relevan dan sering digunakan oleh audience anda.
Responses