tiktok challenges

Apa Itu Tiktok Challenges dan Manfaatnya

Manfaatkan berbagai macam tiktok challenges yang akan bantu promosi konten dan produk dengan maksimal dengan beberapa langkah berikut.

Tiktok challenges menjadi salah satu faktor yang dapat membantu tiktok lebih terkenal selain variasi video tiktok dengan durasi pendek yang beragam.

Kehadiran tiktok challenges yang unik dan variatif menjadikan banyak kreator tiktok tertantang untuk mencoba berbagai tantangan yang.

Adanya tiktok challenges ini tidak hanya bermanfaat sebagai inspirasi konten tiktok namun juga bisa digunakan sebagai media promosi yang efektif.

Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna yang menggunakan tiktok challenges menjadikan konten anda juga ikut terangkat apabila mengikuti berbagai tantangan yang ada.

Karenanya agar promosi melalui tiktok challenges semakin efektif maka ketahui dulu berbagai macam challenges yang bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari konten promosi

apa itu tiktok challenges

Apa Itu Tiktok Challenges

Bagi pengguna yang baru menjelajahi dunia tiktok mungkin akan menemukan beberapa video dengan konten yang sama.

Kesamaan konten ini biasanya berupa dance berbagai macam tantangan yang dilakukan oleh pengguna tiktok dan biasa disebut sebagai tiktok challenges.

Tiktok challenges sendiri merupakan campaign atau trends yang mengundang orang lain untuk mengkreasikan video mereka berdasarkan challenge yang dilihat, jadi bisa saja seorang kreator mengkreasikan sebuah tiktok challenges sesuai dengan ciri khasnya sendiri.

Beberapa tiktok challenges yang jamak ditemui di tiktok adalah memperlihatkan keahlian yang dimiliki, mempertontonkan bagaimana kreator menggunakan produk tertentu, penggunaan filter, penampilan dance, atau lipsyncing lagu yang sedang naik daun.

photo1652233681

Banyak juga tiktok challenges yang dibuat oleh seorang tiktok influencer yang akhirnya digunakan oleh pengguna tiktok seperti make up challenges atau tantangan melakukan beberapa kegiatan tertentu dalam durasi waktu yang ditentukan.

Di sisi lain, ketenaran sebuah lagu berkat sering dimainkan sebagai sound tiktok akhirnya menjadikan musisi berlomba-lomba untuk mempromosikan lagu yang baru saja dirilis menggunakan promosi tiktok challenges.

Agar tiktok challenges lebih mudah terkenal dan ditemukan oleh pengguna tiktok maka penggunaan brand hastag sangat penting sebagai penanda sebuah challenges yang sedang viral.

Pengguna tiktok dapat menemukan tiktok challenges melalui hastag organik atau brand hastag yang menjadi bagian dari campaign promosi brand tertentu.

jenis jenis tiktok challenges

Tipe-Tipe Tiktok Challenges

Meskipun platform satu ini memiliki berbagai macam tiktok challenges yang bisa digunakan sesuka hati, nyatanya challenges sendiri memiliki banyak jenis yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan membedakan satu dengan yang lain.

Berikut beberapa jenis tiktok challenges yang bisa oleh kreator dan juga menjadi inspirasi dalam membuat challenges untuk promosi ke depannya.

Branded Challenges

Ketenaran tiktok challenges di kalangan pengguna atau kreator tiktok menjadikan banyak brand melakukan inovasi dengan membuat challenges sebagai bagian dari promosi.

Variasi branded tiktok challenges ini bermacam-macam mulai dari tutorial menggunakan produk dari brand tertentu atau melakukan dance yang mempromosikan barang yang dijual.

Salah satu brand makanan terbesar yakni Oreo juga pernah membuat tiktok challenges berupa games yang bisa dilakukan oleh lebih dari satu orang pengguna tiktok sehingga lebih seru untuk dimainkan bersama-sama.

Dalam pembuatan branded tiktok challenges maka kreator sebaiknya mengetahui target konsumen serta kebiasaan yang dilakukan di tiktok agar tantangan yang dibuat dapat diikuti oleh banyak orang,

Penggunaan influencer atau artis terkenal sebagai bagian promosi juga bisa dimanfaatkan agar semakin banyak pengguna tiktok yang mengikuti branded tiktok challenges yang anda buat.

photo1652235729

Community Challenges

Berbagai jenis manusia yang bermain di tiktok akhirnya memunculkan komunitas yang berbeda sesuai dengan minat yang diikuti.

Komunitas tersebut tidak hanya membagikan konten sesuai minat namun juga membangun sebuah tiktok challenges yang biasanya muncul secara organik karena banyaknya anggota yang mempraktekkan tantangan tersebut.

Salah satu jenis community challenges yang sering viral di tiktok adalah make up challenges dimana kreator atau pengguna tiktok menggunakan berbagai macam kreasi tata rias sesuai dengan tema tiktok challenges yang sedang naik daun.

Tiktok sendiri terkadang membuat tiktok challenges untuk mempromosikan komunitas tertentu di tiktok, seperti serunya membaca atau serunya olahraga.

Hastag Challenges Ads

Bagi sebuah brand yang ingin mempromosikan promosi campaign tertentu juga bisa menggunakan hastag challenges ads.

Dengan penggunaan hastag challenges ads maka tiktok challennges yang anda promosikan lebih mudah terkenal karena tiktok membantu menaikkan campaign anda dengan hastag berbayar.

Tidak hanya itu, hastag challenges ads sendiri juga biasanya ditampilkan di bagian atas rekomendasi sehingga memudahkan pengguna tiktok untuk melihat challenges anda.

Sebuah hastag challenges ads juga diberikan label sponsored sehingga membedakan tagar anda dengan yang lain namun setiap pengguna tiktok yang menggunakan challenges anda akan naik secara organik.

keuntungan promosi di tiktok challanges

Keuntungan Promosi di Tiktok Challenges

Beberapa orang mungkin merasa skeptis oleh penggunaan tiktok challenges sebagai media promosi mengingat banyaknya pengguna tiktok yang bersaing agar konten yang dibuat bisa naik di kalangan penonton.

Meskipun begitu, jika kreator mampu membuat konten yang unik berdasarkan tiktok challenges yang diikuti maka bisa saja konten anda mendapatkan banyak perhatian pengguna tiktok yang kemudian tertarik untuk mengetahui produk yang anda promosikan.

Tidak hanya itu, melakukan promosi melalui tiktok challenges juga memberikan berbagai keuntungan berkat promosi organik yang efektif.

Mendapatkan Perhatian Pengguna Tiktok

Sebagai seorang kreator tentunya anda ingin mendapatkan perhatian serta pengikut yang lebih banyak di akun tiktok anda guna meningkatkan brand awareness serta engagement secara organik.

Penggunaan tiktok challenges bisa menjadi peluang besar. Hal ini dilakukan mengingat challenges bekerja sebagai komunikasi dua arah antar konsumen dengan kreator.

Dengan branded hastag challenges yang anda kembangkan dan digunakan oleh konsumen, tiktok challenges memberikan promosi yang organik dengan membuat konsumen mempromosikan produk anda secara natural.

Berbagai brand juga sudah mencoba promosi produk untuk mempromosikan produk yang dimiliki dengan kegiatan yang bisa dilakukan oleh konsumen yang dimiliki.

Kegiatan tersebut diantaranya adalah make up challenges yang diadakan oleh brand make up atau kreasi produk tertentu yang dilakukan oleh brand makanan.

Semakin unik kreasi yang dilakukan serta pengguna tiktok yang ikut serta dalam tiktok challenges tersebut maka akan semakin terkenal juga promosi campaign yang anda lakukan.

Membangun Brand Awareness

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa kompetisi di tiktok memiliki tujuan yang sama yakni memperluas konsumen yang dimiliki.

Berdasarkan rekomendasi dari Tiktok, semakin banyak orang yang membicarakan produk anda melalui kolom komentar atau konten yang diunggah maka akan semakin bagus juga nama anda di mata pengguna tiktok.

Tidak hanya itu, penggunaan branded hastag challenge sendiri juga dapat membantu dalam menaikkan brand awareness serta engagement di akun tiktok yang anda miliki.

Hal ini dikarenakan tiktok challenges biasanya memiliki tempat khusus di bagian rekomendasi sehingga mengundang kreator tiktok yang sering melakukan challenges juga ikut bagian dalam tantangan tersebut guna mendapatkan perhatian dari pengguna tiktok.

Fakta ini tentunya menjelaskan mengapa brand hastag challenges berpusat pada kerjasama dengan influencer tiktok dan juga kreator tiktok.

Semakin banyak pengguna tiktok yang melakukan tiktok challenge maka akan meningkatkan tingginya popularitas brand anda.

Membangun Personaliti Brand Anda

Sebagian besar pengguna tiktok sendiri berasal dari kalangan anak muda yang menyukai kegiatan yang sedang trend dan ikut berpartisipasi pada setiap kegiatan yang ada.

Memiliki konsumen anak muda tentunya membuat kreator sebaiknya berkomunikasi dengan gaya bahasa dan kebiasaan yang mereka lakukan sehingga akan semakin mudah bagi sebuah brand untuk menembus pasar anak muda yang dimiliki.

Sebagian besar tiktok challenges yang disukai oleh anak muda bersifat seru, bisa dilakukan oleh banyak orang sekaligus, serta tidak terkesan tradisional.

Karenanya penting bagi kreator untuk menyukasi trend tiktok challenges yang disukai oleh anak muda sehingga challenges yang anda promosikan bisa mendapatkan banyak perhatian dengan mudah dan cepat.

Keuntungan lain dari menggunakan tiktok challenges sebagai bagian dari promosi adalah kreator dapat menjangkau konsumen yang sesuai dan relevan dibandingkan promosi melalui iklan yang mungkin bisa dialihkan apabila pengguna tiktok kurang menyukai materi iklan yang anda berikan.

Memanfaatkan Tiktok Challenges yang Relevan

Banyaknya tiktok challenges yang berkeliaran terkadang membuat kreator bingung untuk memilih challenges yang sesuai.

Meskipun begitu, kreator tidak perlu menggunakan semua tiktok challenges yang ada dan cukup memilih challenges yang relevan dengan brand yang kembangkan.

Cara terbaik untuk memilih tiktok challenges adalah dengan mengikuti trending audio, karena biasanya musik yang sedang viral juga digunakan oleh banyak pengguna tiktok sehingga konten promosi anda juga bisa ikut naik dengan mudah.

Tidak hanya itu, keberagaman trending audio yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan tentunya membuat kreator dapat memilih musik sesuai dengan konten yang diinginkan.

tips promosi tiktok challange

Tips Promosi Menggunakan Tiktok Challenges

Mulai tertarik melakukan promosi menggunakan tiktok challenges? kreator sebaiknya mengetahui beberapa hal penting yang bisa dilakukan sebelum menggunakan challenges yang beredar di Tiktok

Ikuti Tiktok Challenges Terlebih Dahulu

Pamor branded challenge yang mampu meningkatkan ketenaran sebuah produk tentunya membuat kreator tertarik untuk melakukan jenis promosi.

Akan tetapi sebelum membuat challenge tersebut maka kreator sebaiknya mengikuti tiktok challenges yang beredar terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan agar akun tiktok yang dimiliki mendapatkan perhatian dari pengguna tiktok terlebih dahulu serta mempelajari jenis challenge yang disukai dan digunakan oleh konsumen yang ingin anda tuju.

Tidak hanya itu, kreator juga dapat dapat bergabung ke komunitas yang dituju berkat aktif mengikuti berbagai tiktok challenges yang dikembangkan oleh komunitas tertentu.

Di sisi lain, menggunaka strategi branded challenges juga memerlukan modal yang besar karena kreator perlu bekerja sama dengan tiktok influencer serta memiliki pengikut yang banyak terlebih dahulu agar challenges yang dibuat lebih mudah viral.

Namun, apabila kreator ingin mulai mengikuti tiktok challenges yang ada maka bisa menggunakan beberapa tips berikut :

  1. Rutin mengecek kolom discovery untuk melihat tiktok challenges yang sedang naik daun atau yang belum pernah anda buat sebelumnya, pastikan juga tantangan tersebut relevan dan bisa digunakan sebagai konten tiktok di akun anda.
  2. Pastikan juga tiktok challenges yang diberikan sesuai dengan minat konsumen anda, dan yang paling penting adalah mengecek bahwa tantangan yang anda ikuti tidak dibuat oleh kompetitor anda.
  3. Kreator juga bisa mengajak karyawan atau influencer yang anda ajak kerja sama untuk membuat tiktok challenges yang sedang naik agar viewers konten tiktok anda bertambah berkat penonton dari penggemar influencer tersebut.

Di sisi lain, kreator juga bisa membuat branded hastag challenges untuk campaign promosi dengan beberapa langkah berikut :

  1. Kreator bisa memulai membuat tiktok challenges dengan mencari inspirasi dari industri yang anda geluti namun sebaiknya menghindari membuat tantangan yang pernah ada sebelumnya.
  2. Anda juga bisa membuat tutorial tiktok challenges sebagai batasan bagi para pengguna tiktok yang ingin mengikuti tantangan yang anda buat.
  3. Salah satu hal yang paling penting dalam membuat tiktok challenges sendiri adalah melakukan promosi dengan mengajak tiktok influencers agar semakin banyak orang yang mengikuti tantangan yang anda buat.

Gunakan Tiktok Challange Hastag yang Sesuai

Limitasi tiktok dalam memberikan karakter di kolom caption membuat kreator mau tak mau harus meringkas penggunaan kalimat yang efektif sebelum mengunggah konten tiktok.

Kreator cukup menggunakan hastag tiktok challenges yang diikuti dan juga kalimat ajakan agar pengguna tiktok berminat mengikuti tantangan yang anda buat.

Jangan lupa juga untuk memasukkan campaign yang sesuai di caption anda agar tiktok challenges tidak sekedar diikuti oleh pengguna tiktok namun bisa jadi sarana promosi yang tepat.

Berikan Plot Twist Pada Tiktok Challenge Tersebut

Saat melihat tiktok challenge yang sedang naik daun, penonton terkadang merasa bosan karena isi challenge yang terkesan sama saja sehingga penonton memilih untuk beralih ke konten lain yang dirasa menarik.

Agar konten yang anda buat semakin menarik dan disukai oleh banyak orang maka kreator perlu memberikan plot twist pada setiap tiktok challenge yang anda buat sehingga penonton tertarik pada video yang anda buat.

Selain itu, penggunaan plot twist tentunya sangat penting untuk membedakan video anda dengan yang lain agar konten anda semakin banyak dilihat sehingga bisa muncul ke permukaan pencarian tiktok challenge.

Pemberian plot twitst pada tiktok challenge yang anda buat tidak akan membuat penonton merasa bosan bahkan merasa terhibur karena menantikan hasil lain dari video yang anda buat.

Karenanya melakukan research pada setiap tiktok challenge tentunya sangat penting agar video anda menjadi unik dan menarik.

tips membuat brand tiktok challenges

Cara Membuat Branded Hastag Challenges

Sama seperti instagram hastag, penggunaan tagar di tiktok juga membantu pengguna tiktok untuk mencari produk, konten, atau tiktok challenges yang sedang naik daun.

Penggunaan tiktok hastag sendiri juga digunakan oleh komunitas tertentu untuk memudahkan bertemu dengan pengguna tiktok yang memiliki kesamaan minat yang sama sehingga konten yang diunggah dapat menyasar ke orang yang tepat.

Menggunakan sebuah branded hastag di tiktok challenge yang anda buat juga merupakan ide yang bagus, karena tidak hanya memudahkan pengguna tiktok untuk menemukan challenge anda namun juga bermanfaat dalam mempromosikan challenges anda ke pengguna lain.

Tidak hanya penggunaan branded hastag yang dapat membantu menaikkan tiktok challenges yang anda buat namun kreator juga bisa memanfaatkan layanan iklan berbayar yang diberikan oleh tiktok.

Melalui layanan ini maka tiktok challenge yang anda buat bisa lebih terkenal serta menyasar konsumen yang tepat sehingga akan semakin banyak orang yang mengikuti tantangan tersebut.

Penggunaan iklan berbayar sebagai media promosi juga dinilai efektif karena sedikit pengguna tiktok yang melewati konten iklan anda karena persamaan dengan video tiktok biasa sehingga sulit untuk dibedakan.

Karenanya sebelum membuat branded hastag challange maka kreator bisa melakukan beberapa tips berikut :

Buat Tiktok Challenges

Hal pertama yang bisa dilakukan sebelum membuat sebuah branded hastag challanges adalah dengan membuat tiktok challenge, pastika bahwa tantangan yang anda buat mudah dilakukan, menarik, serta mudah diakses oleh banyak orang.

Dengan membuat tiktok challenge yang mudah diakses oleh banyak orang maka tidak hanya konsumen anda yang mengikuti tantangan tersebut namun orang lain di luar target konsumen anda juga bisa ikut sehingga bisa membantu challenge anda menjadi lebih viral dan disukai banyak orang.

Kelebihan lain dari branded hastag challenge adalah tantangan tersebut bisa digunakan konsumen sebagai media kreativitas karena tidak ada batasan mengenai challenge yang dibuat.

Cari Inspirasi dari Kompetitor Lain

Meskipun dalam pembuatan tiktok challange sebaiknya tidak meniru tantangan yang pernah viral sebelumnya namuan mencari inspirasi dari kompetitor lain dari industri yang sama juga diperlukan.

Hal ini dilakukan karena konsumen yang dimiliki terkadang memiliki kesukaan yang sama sehingga lebih mudah bagi kreator untuk menemukan inspirasi tiktok challange yang sesuai.

Langkah pertama yang bisa kreator lakukan adalah melakukan analisa dengan mengumpulkan data mengenai kesukaan konsumen, range usia, serta trend yang sedang naik daun akhir-akhir yang bisa diterapkan di tiktok challenge yang anda buat.

Di saat kreator mengumpulkan informasi mengenai tiktok challenge dari kompetitor lain maka anda sebaiknya mengetahui apa konsep yang dibuat? tujuan campaign, bagaimana cara mempromosikan tiktok challenge tersebut, dan keuntungan yang di dapatkan.

Setelah kreator mengumpulkan data dan mempelajari setiap informasi yang dibutuhkan maka kreator bisa membuat tiktok challenges yang sesuai dengan keinginan serta target konsumen yang dituju.

Kreator juga bisa mencari inspirasi dari tiktok challenges yang lalu serta tikok hastag yang digunakan, sekali kreator mengetahui tipe konten yang biasanya orang lain sukai maka anda bisa membuat tiktok challenges yang sama namun dengan memberikan beberapa perbedaan.

photo1652246344 1

Berikan Aturan Mengenai Tiktok Challenges

Saat melihat-lihat tiktok challenge yang muncul di kolom rekomendasi biasanya kreator akan membaca deskripsi singkat mengenai tantangan tertentu.

Pemberian deskripsi ini biasanya mengajak pengguna tiktok untuk melakukan tantangan tersebut tentunya dengan kreasi yang unik dan menarik.

Langkah terakhir yang bisa dilakukan setelah berhasil merancang tiktok challenge yang diinginkan adalah dengan mengeksekusinya agar semakin banyak orang terlibat.

Kreator juga bisa menuliskan guidelines di kolom deskripsi challenges untuk menjelaskan tantangan yang anda buat dan bagaimana orang lain mengikutinya.

Semakin jelas isi penjelasan anda maka makin mudah bagi orang lain untuk mengikuti tantangan yang anda buat.

Tingkatkan Brand Awareness

Banyaknya hastag challenge yang bertebaran tentunya membuat kreator melakukan inovasi agar tantangan yang dibuat bisa diikuti banyak orang sehingga promosi menjadi semakin sukses.

Karenanya untuk meningkatkan awareness terhadap brand hastag challange yang anda buat maka kreator bisa melakukan promosi dengan cara bekerja sama dengan influencer yang memiliki konsumen yang sama dengan anda.

Dengan melakukan kerja sama tersebut maka kreator dapat menjangkau konsumen baru dengan melakukan promosi bersama influencer yang terkenal dengan penggemar setia yang dimiliki/

Berbagai promosi branded hastag challenge bersama influencer ini juga sudah sering dilakukan oleh banyak brand karena meskipun produk anda sudah memiliki nama besar namun bisa saja konsumen belum mengetahui campaign yang anda lakukan dan baru mendengarnya dari influencer tersebut.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.