tiktok challenges

Ulasan Lengkap, Aturan Kolaborasi Kreator Tiktok

Ingin mengajak kreator tiktok melakukan kolaborasi untuk promosi yang lebih maksimal? Ketahui dulu beberapa peraturan baru yang di rilis oleh Tiktok.

Ketenaran tiktok sebagai social media di kalangan pengguna internet akhirnya menjadikan berbagai brand yang sedang berkembang atau telah memiliki nama untuk memperluas promosinya ke platform tiktok.

Dalam memaksimalkan promosi di platform tiktok, banyak brand yang mulai membuat akun tiktok untuk konten tiktok di akun tiktok yang dimiliki dan melakukan kolaborasi dengan kreator tiktok agar campaign promosi dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Kerjasama promosi dengan kreator tiktok ini dilakukan mengingat pengguna tiktok yang mencapai 1.5 Miliar pengguna di tahun 2022 dan terus bertambah setiap harinya maka menjadi kesempatan besar bagi sebuah brand untuk memperluas jangkauan konsumen serta melakukan koneksi dengan komunitas yang diinginkan.

Platform ini pun menyadari banyaknya brand terkenal yang melakukan kolaborasi dengan kreator tiktok sehingga membuat peraturan kerjasama di bulan Mei 2022.

Beberapa aturan kolaborasi kreator tiktok ini berisi cara menghubungi kreator yang diinginkan, opsi yang bisa digunakan untuk kampanye produk, serta contoh sukses brand yang telah melakukan kerjasama dengan kreator.

Karenanya sebelum berencana melakukan kolaborasi dengan kreator tiktok maka ketahui dulu beberapa aturan terbaru dari Tiktok agar proses kerjasama menjadi lancar.

Capture 2

Alasan Kolaborasi dengan Kreator Tiktok

Salah satu kekuatan yang membuat tiktok semakin berkembang dan disukai oleh pengguna intenet adalah adanya kreator tiktok yang mampu membuat konten tiktok yang kreatif.

Dengan bantuan tools tiktok serta ide kreatif dari kreator tiktok maka menjadi alasan bagi sebuah brand untuk melakukan kerja sama dengan kreator tiktok baik melalui promosi endorsement atau tiktok ads.

Tidak hanya itu, melakukan kerjasama dengan kreator tiktok juga memberikan berbagai keuntungan promosi yang maksimal bagi sebuah brand.

Engagement Tiktok yang Meningkat

Sesuai dengan informasi yang diberikan tiktok di aturan terbaru, melakukan kolaborasi dengan kreator tiktok memberikan beberapa keuntungan, salah satunya adalah engagement tiktok yang meningkat.

Salah satunya adalah meningkatkan rasa suka terhadap sebuah brand hingga 24% dan ketertarikan untuk masuk ke link tertentu sebesar 27%.

Menariknya lagi, sebuah iklan tiktok yang bekerja sama dengan kreator tiktok memperoleh engagement rate yang lebih besar hingga 83% dibandingkan mempromosikan produk tanpa melakukan kerja sama dengan kreator tiktok.

Konten Tiktok yang Menarik

Salah satu alasan mengapa iklan kolaborasi dengan kreator tiktok mendapatkan perhatian lebih adalah keautentikan konten yang diunggah.

Tidak hanya itu, kreator tiktok juga mengetahui aplikasi tiktok lebih baik dibandingkan dengan tiktok brand, hal ini dikarenakan kreator terus bersinggungan dengan platform ini setiap harinya sehingga mengetahui naik pembaruan fitur atau perubahan algoritma tiktok.

Di sisi lain, kreator tiktok juga pastinya lebih mengenal audience yang dituju serta tipe konten yang disukai konsumen serta cocok bagi tiktok brand yang akan mengajak kerjasama promosi campaign.

Seorang kreator tiktok yang menjadikan platform ini sebagai mata pencaharian utama tentunya akan lebih termotivasi untuk mengembangkan komunitas yang dimiliki sehingga konten yang dibuat dapat menyentuh konsumen lebih dalam serta mempengaruhi pengguna tiktok lain.

Hal ini tentunya akan menguntungkan untuk meningkatkan brand awareness, performa iklan, serta kepercayaan konsumen terhadap brand yang telah dipromosikan.

Sebuah penelitian dari Clear M&C juga menyatakan bahwa sebanyak 57% responden lebih percaya opini dari kreator tiktok dibandingkan ulasan dari perusahaan besar yang membuat konten sendiri.

Hal ini dikarenakan seorang kreator tiktok yang telah menyentuh komunitas yang dituju sudah mendapatkan kepercayaan berkat keautentikan konten yang telah dibuat.

Sisi unik dari tiktok adalah saat influencer di social media lain yang menampilkan kemewahan maka di tiktok lebih menunjukkan kebalikannya, semakin aneh konten tiktok yang dibuat maka semakin banyak orang yang menyukainya.

Keunikan serta keseruan yang disajikan pada konten tiktok akan memberikan perbedaan pada performa konten iklan yang diberikan, hal ini terlihat dari keberhasilan creator partnership hingga 91%.

Lalu bagaimana sebuah brand dapat masuk dan membangun tiktok strategi yang tepat? yakni dengan mendapatkan inspirasi dari berbagai brand besar yang telah melakukan promosi campaign sebelumnya, eksplorasi tools yang telah diberikan oleh tiktok, dan mempelajari kreator tiktok yang akan diajak kerjasama.

Pengguna Tiktok Menyukai Konten Autentik

Berbeda dengan social media lain dimana kreator membuat konten yang estetik untuk disajikan ke pengikutnya, maka kreator tiktok cukup membuat dengan tampilan yang cantik namun dengan konten autentik dan ide kreatif maka kreator tiktok bisa menjadi viral dan menjangkau pengguna tiktok.

Sebanyak 71% pengguna tiktok menyatakan keautentikan konten tiktok menjadikan konsumen tertarik untuk membeli sebuah produk atau mengenal brand yang belum diketahui sebelumnya.

Hal ini dikarenakan kreator tiktok adalah expert di platform tiktok yang membuat konten autentik sehingga dapat membangun kepercayaan dengan konsumen yang dituju guna mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk.

Capture 3

Kisah Sukses Kolaborasi Kreator Tiktok

Pengaruh besar yang diberikan oleh kreator tiktok berkat banyaknya pengikut yang dimiliki serta pengaruh di dunia tiktok menjadikan banyak brand besar berbondong-bondong untuk melakukan kerja sama dengan kreator tiktok.

Berikut beberapa kisah sukses kolaborasi kreator tiktok dengan berbagai brand besar guna mempromosikan campaign promosi yang dimiliki.

Kolaborasi BMW dengan Kreator Tiktok

Salah satu brand besar yang melakukan kerjasama dengan kreator tiktok adalah BMW yang mengajak akun tiktok @Dannero untuk mempromosikan campaign produk yang dimiliki.

Dannero yang berfokus pada konten edit tiktok ini bertugas mempromosikan event IAA yang diikuti oleh BMW untuk meningkatkan brand awareness dalam peluncurkan akun tiktok yang dimiliki.

Melalui tiktok brand hastag #ReimagineToday, BMW menggunakan In Feed Ads untuk menjalankan strategi promosi yang dilakukan berupa content series yang dibintangi oleh @Dannero.

Tidak hanya berperan sebagai pemeran utama namun Dannero sendiri juga di dapuk sebagi director berkat kemampuannya dalam spesialisasi video effect, editing, dan story telling yang disukai oleh pengikutnya.

Kerjasama antara BMW dan Dannero juga memanfaatkan beberapa tools tiktok seperti story time feature serta penggunaan durasi video tiktok yang semakin panjang.

Penggunaan konten story telling tidak hanya menjadi gebrakan yang kreatif namun memberikan kesuksesan besar bagi strategi promosi BMW.

@bmw

Can we #ReImagineToday ? Watch @dannero try to solve a mystical quest at the #BMWIAA

♬ original sound – bmw
Capture 4

Kolaborasi Pizza Express dengan Kreator Tiktok

Saat melihat konten promosi di tiktok maka pengguna akan menemukan berbagai macam jenis pemasaran, mulai dari skincare hingga makanan yang disukai oleh komunitas tertentu.

Salah satu brand makanan yang melakukan kerja sama dengan kreator tiktok untuk promosi akun tiktok yang dimiliki adalah Pizza Express.

Pizza express merupakan brand makanan yang bergerak pada makanan vegan namun untuk masuk ke dalam komunitas makanan yang diinginkan maka produk makanan ini melakukan kolaborasi dengan kreator tiktok yang bergerak di bidang makanan vegan.

Dalam proses kerjasama dengan kreator tiktok Pizza Express melakukan promosi berupa series di spark ads untuk mempromosikan menu baru mereka.

Dengan menggunakan promosi spark ads, maka brand diberikan kesempatan untuk meningkatkan postingan organik mereka atau menjadikan konten dari kreator tiktok yang teratas di halaman for your page diantara kreator yang lain.

Kreator tiktok menyajikan konten yang mampu menarik perhatian konsumen dengan menu pizza vegetarian dengan penyajikan video yang humoris, menyenangkan, serta sesuai dengan selera konsumen.

Capture 5

Tips Maksimalkan Konten Tiktok

Meskipun kreator tiktok terkenal oleh keautentikan konten yang dibuat namun kreator juga perlu memerhatikan tampilan dari konten tiktok yang dimiliki.

Hal ini dikarenakan, pengguna tiktok juga melihat visual yang dimiliki sebuah konten tiktok, semakin bagus hasil dari video yang dibuat maka akan menarik lebih banyak penonton tiktok di konten anda.

Karenanya untuk memaksimalkan konten tiktok maka platform ini juga memberikan saran tampilan video yang disukai oleh pengguna tiktok.

Capture 6

Buat Konten dengan Resolusi Tinggi

Salah satu faktor penting dalam membuat konten tiktok adalah dengan membuat video dengan resolusi tinggi.

Tiktok sendiri memberikan beberapa saran dalam membuat konten video dengan resolusi tinggi, salah satunya adalah meningkatkan resolusi video hingga 720 Pixels.

Hal ini dapat meningkatkan konversi video hingga 320% dibandingkan resolusi video lain yang lebih rendah.

Capture 7

Gunakan Layar Vertikal

Berbeda dengan platform yang lain yang berfokus pada layar horizontal, Tiktok sendiri berinovasi dengan memberikan konten video dalam bentuk vertikal.

Inovasi ini ternyata disukai oleh pengguna tiktok karena kemudahan dalam melihat konten tiktok yang disajikan.

Penggunaan layar vertikal ini juga menjadi inspirasi social media lain yang tengah berlomba-lomba dalam mengembangkan konten video pendek dengan layar vertikal.

Karenanya agar akun tiktok brand disukai oleh pengguna tiktok maka kreator tiktok bisa membuat video dalam bentuk ratio 9:16.

Tidak hanya itu, konversi video tiktok meningkat hingga 91% saat kreator tiktok menggunakan layar vertikal dibandingkan layar horizontal.

Capture 8

Tambahkan Call to Action Pada Caption

Sebuah video tiktok tanpa penggunaan caption tentu akan membuat penonton bingung akan isi video yang disajikan.

Hal ini juga akan membuat engagement video anda berkurang dibandingkan memasukkan caption yang sesuai di konten video anda.

Karenanya dalam setiap membuat konten video maka pastikan juga untuk menambahkan caption baik berupa penjelasan video atau hastag yang berkaitan.

Penggunaan caption yang menarik serta memancing penonton untuk berinteraksi dengan konten anda tentunya akan meningkatkan engagement konten 152% dibandingkan video yang tidak menggunakan caption sebagai call to action.

Capture 10

Audio Tiktok Sebagai Pelengkap Video

Video visual tanpa adanya audio yang menarik tentunya akan membuat konten tiktok anda terasa membosankan.

Ditambah lagi penggunaan audio tiktok yang viral dan sering digunakan oleh kreator tiktok mampu menaikkan engagement video anda serta mampu masuk ke halaman for your page.

Karenanya agar video tiktok anda semakin menarik maka kreator bisa menambahkan audio tiktok yang sesuai dengan isi video.

Kreator bisa menambahkan audio tiktok dari dokumen penyimpanan atau lagu populer yang tersedia di tiktok.

Di mata pengguna tiktok, penggunaan audio tiktokk yang menarik dan sesuai dengan isi video akan meningkatkan impresi sebesar 16% di bandingkan sebuah video tanpa audio yang mendukung.

Capture 11

Semakin Pendek Semakin Bagus

Tiktok sendiri terkenal berkat video durasi pendek namun dengan variasi konten yang beragam sehingga membuat penggunanya betah untuk berlama-lama di akun tiktok yang dimiliki.

Meskipun tiktok telah memperpanjang durasi video hingga 10 menit namun platform ini lebih mengangkat konten video dengan durasi pendek karena banyaknya pengguna tiktok yang melihat video durasi pendek.

Di sisi lain, durasi video tiktok yang terlalu panjang terkadang kurang disukai oleh pengguna tiktok jika konten yang dilihat dirasa membosankan sehingga membuat penonton beralih ke video lain.

Sebuah video tiktok yang ideal yaitu dengan durasi maksimal 34 detik akan mampu menaikkan konversi video hingga 280%.

Format In Feed Ads

Dengan pengguna tiktok aktif yang banyak dan terus bertambah setiap harinya akhirnya tiktok pun memutuskan meluncurkan iklan berbayar.

Adanya iklan berbayar ini tentunya menguntungkan bagi tiktok brand untuk mempromosikan produk yang dimiliki agar semakin dikenal oleh konsumen serta menjangkau pengguna tikok yang belum mengenal brand anda.

Di sisi lain, agar pengguna tiktok tidak merasa bosan akan iklan tiktok yang ditampilkan maka tiktok pun meluncurkan layanan In Feed Ads sehingga iklan tiktok masih terlihat menyatu dengan konten tiktok lainnya.

Agar hasil video In Feed Ads semakin maksimal maka kretor bisa memberikan informasi yang tidak menutup tombol call to action.

Tidak hanya itu, pemberian caption yang menarik serta hastag yang sesuai akan membantu dalam penyampaian informasi di iklan tiktok.

Pastikan juga hastag yang dimasukkan mudah dicari sehingga dapat ditemukan oleh konsumen dengan cepat.

tiktok creator

Tiktok Creator Market Place

Dalam pengembangan sebuah tiktok brand tentunya kreator tidak hanya mengetahui dasar pengeditan konten tiktok namun anda bisa menaikkan level editing anda dengan bekerja sama dengan Creators.

Creators sendiri merupakan Tiktok experts yang mengetahui cara untuk menaikkan branded content sehingga memberikan usaha anda akses yang lebih mudah dalam berinteraksi dengan konsumen, performa konten yang tinggi dan kreatif.

Akan tetapi, sebelum melakukan kerjasama dengan kreator tiktok maka anda bisa mengekplorasi terlebih dahulu tools serta ad formats yang sesuai.

Capture 12

Apa Itu Tiktok Creator Marketplace

Tiktok Creator Marketplace adalah official platform yang di berikan tiktok dan bisa digunakan oleh kreator tiktok untuk kolaborasi konten.

Fitur satu ini digunakan untuk menjangkau kreator yang sesuai industri yang dipilih sehingga dapat menjangkau konsumen yang diinginkan.

Tidak hanya itu, tiktok brand juga mendapatkan informasi lengkap mengenai laporan campaign sehingga anda bisa melihat performa campaign yang dilakukan dengan kreator pilihan.

Sayangnya, tiktok creator marketplace ini baru tersedia di beberapa negara sehingga layanan ini belum bisa digunakan secara maksimal.

Keuntungan Tiktok Creator Market Place

Meskipun layanan ini baru tersedia di beberapa negara namun Tiktok Creator Market Place ini memberikan berbagai keuntungan bagi penggunanya dalam proses kolaborasi dengan kreator impian.

Berikut beberapa keuntungan dari layanan ini yang bisa dimaksimalkan oleh kreator :

Temukan Kreator yang Sesuai dengan Mudah

Salah satu kesulitan yang sering ditemukan oleh pelaku usaha adalah menemukan kreator tiktok yang sesuai dengan industri yang diinginkan.

Bagi pelaku usaha yang bergerak di tiktok, menemukan kreator tiktok yang sesuai cukup dengan melihat konten yang sering masuk ke halaman for your page anda dan memiliki konsumen yang sama dengan industri yang anda tuju.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menemukan kreator yang sesuai dengan menggunakan layanan Tiktok Creator Marketplace untuk berbagai campaign yang diinginkan sehingga proses promosi pun menjadi lebih maksimal dengan hasil yang sesuai keinginan.

Ketersediaan Layanan yang Menguntungkan

Tiktok Creator Marketplace tidak hanya menemukan pelaku usaha dalam menemukan kreator tiktok yang sesuai namun juga memudahkan dalam perencanaan campaign yang dibuat bersama dengan kreator.

Hal ini dikarenakan, layanan ini juga memiliki fitur untuk merencanakan campaign yang diinginkan, tracking perjalanan campaign serta analisa performa yang di dapatkan selama kerjasama dengan kreator tiktok.

Laporan Performa Campaign

Sesudah kerjasama dengan kreator tiktok selesai maka inilah saatnya untuk mengetahui performa campaign yang dilakukan.

Kreator kini tidak perlu menggunakan berbagai tools untuk menganalisa performa campaign namun cukup menggunakan layanan dari Tiktok Creator Marketplace untuk mendapatkan laporan kerjasama dalam kurun waktu tertentu.

Beberapa laporan yang di dapatkan dari Tiktok Creator Marketplace adalah jumlah views, likes, comments, engagement rate, serta jumlah audience yang di dapatkan selama pelaksanaan campaign berlangsung.

Spark Ads Jangkau Konsumen yang Lebih Luas

Bagi pelaku usaha yang menggunakan layanan Tiktok Creator Marketplace maka akan mendapatkan kesempatan untuk mengajak kreator tiktok yang dimiliki untuk menggunakan campaign Spark Ads.

Hal ini tentunya tidak hanya menjangkau reach dan engagement yang diinginkan namun juga menaikkan brand awareness yang dimiliki.

Cara Menggunakan TikTok Creator Marketplace

Tertarik menggunakan layanan tiktok creator market place atau ingin mempelajari fitur ini sebelum dirilis ke Indonesia? Berikut beberapa langkah mengaktifkan fitur ini untuk menjangkau kreator yang diinginkan.

Langkah 1 : Anda bisa mencari kreator tiktok berdasarkan kriteria yang diinginkan seperti jumlah pengikut, minat, wilayah, gender, usia, tipe perangkat elektronik, dan lain sebagainya. Hal yang paling penting dalam mencari kreator tiktok yang tepat adalah dengan menetukan 4 poin penting.

  • Buat goals yang jelas untuk campaign tiktok
  • Identifikasi target konsumen yang dituju
  • Pilih tipe kreator tiktok yang sesuai dengan campaign yang telah dibuat
  • Pastikan mengidentifikasi profile kreator yang akan dipilih dan jenis konten yang sesuai

Langkah 2 : Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan setelah menemukan kreator yang sesuai adalah dengan mengetahui secara detail profil kreator tiktok yang diinginkan.

Beberapa informasi yang sebaiknya diketahui dari kreator tiktok yang diinginkan adalah usia dan gender, perkenalan konten, topik yang sering di bahas dan disukai oleh konsumen, dan lain sebagainya.

Pengetahuan mengenai kreator yang dipilih nantinya akan memudahkan anda untuk mengetahui apakah kreator tiktok tersebut sesuai dengan campaign yang akan dijalankan.

Langkah 3 : Setelah mengumpulkan berbagai informasi mengenai kreator yang diinginkan maka pelaku usaha bisa menghubungi kreator tiktok melalui contact person yang disediakan di kolom profile.

Dalam menjelaskan detail campaign ke kreator tiktok yang dipilih maka anda bisa mengusulkan beberapa ide baru agar promosi lebih keren serta disukai oleh konsumen anda di tiktok, beberapa ide yang bisa disampaikan adalah :

  • Ketahui keahlian kreator tiktok yang dipilih
  • Berikan ide yang segar dan belum pernah dipikirkan sebelumnya
  • Konten yang menghibur
  • Bangun cerita yang menarik serta membuat penonton penasaran
  • Pilih lagu tiktok yang sesuai dan visual yang cocok.
  • Sediakan tempat yang kreatif

Langkah 4 : Disaat kreator telah menerima undangan campaign maka pengiklan bisa melaksanakan proses kreatif hingga mengunggah konten video yang telah dibuat.

Video yang telah di buat bisa dijalankan dengan campaign yang dipilih di Tiktok Creator Marketplace, sekali video campaign anda di rilis maka perfoma dari konten yang diunggah akan diberikan hingga campaign berakhir.

Langkah 5 : Jangan lupa mengulas laporan campaign untuk mengetahui campaign yang memberikan hasil yang lebih banyak dan konten yang perlu diperbaiki.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.