cara terkenal di tiktok

8 Langkah Mudah Menjadi Viral dan Terkenal di Tiktok

Ketahui tips-tips untuk menjadi terkenal di tiktok untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan menjadi terkenal secara mudah.

Selama 5 tahun ke belakang, tiktok menjadi salah satu platform yang terkenal berkat berbagai dance challange yang tersedia dan banyak digunakan oleh penggunanya serta menjadi salah satu social media yang memiliki banyak pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Saat ini, Tiktok memiliki sekitar 1 miliar pengguna aktif dan menjadi salah satu social media yang tengah berkembang pesat di seluruh dunia. Tidak mengherankan bila banyak orang yang ingin terkenal melalui Tiktok.

Saat ini pun kita dengan mudah menemukan influencer atau konten kreator yang memulai karir di dunia tiktok dan menjadi terkenal berkat berbagai konten yang dibuat serta engagement yang tinggi.

Namun banyaknya pengguna tiktok yang aktif mengunggah kontennya setiap hari menjadikan kreator sebaiknya mengetahui cara untuk bisa terkenal di tiktok.

Karenanya agar jalan anda lebih mudah untuk terkenal di tiktok berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjadi terkenal di tiktok.

keuntungan terkenal di tiktok

Keuntungan Terkenal di Tiktok

Sebagai salah satu social media yang memiliki banyak pengguna aktif tentunya tidak heran anda akan menemukan banyak kreator terkenal di tiktok yang mendapatkan engagement yang tinggi.

Tak hanya itu, apabila seseorang berhasil untuk terkenal di tiktok biasanya akan lebih mudah masuk ke dunia entertainment sebab memiliki fans yang banyak dan akan mendukung karya dari kreator tersebut.

Selain itu, beberapa artis terkenal pun mulai merambah dunia tiktok untuk memasarkan namanya sehingga tetap bisa terkenal.

Tiktok sendiri merupakan platform yang unik dimana hanya berfokus pada tingginya engagement dari konten yang diunggah baik berupa likes, comment, share, atau interaksi antar kreator dan pengikutnya.

Hal ini tentu saja menguntungkan bagi pengguna tiktok pemula yang belum mendapatkan banyak pengikut untuk membesarkan namanya dan menjadi terkenal di tiktok berkat konten yang dikembangkan.

Tak hanya itu saja terdapat beberapa keuntungan lain dengan menjadi terkenal di tiktok:

Mengembangkan Bakat dan Minat

Salah satu alasan utama seorang kreator memulai karirnya di tiktok adalah platform ini cocok untuk mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki.

Hal ini bisa dilakukan bagi dancer yang memiliki kemampuan di bidang menari yang mampu menampilkan karyanya dengan video singkat.

Begitu juga seseorang yang hobi menyanyi juga bisa meluapkan hobi dan emosinya dengan cara bernyanyi di tiktok dan mendapatkan apresiasi dari banyak orang.

Tak hanya itu, bagi seseorang yang menyukai kegiatan memasak tentunya tiktok menjadi tempat yang tepat untuk membagikan video memasak dan kemudian di unggah di tiktok.

Banyak pengguna tiktok yang terinspirasi dan mengapresiasi konten tiktok masak tersebut sebab bisa dijadikan referensi menu masakan yang bisa diprakterkan di rumah.

Selain itu bagi seseorang yang hobi jalan-jalan ke tempat baru atau wisata alam tentu tidak lengkap apabila tidak di dokumentasikan sebagai kenang-kenanan di masa tua.

Daripada hanya tersimpan rapih di kamera dan memiliki resiko hilang atau lupa menyimpannya lebih baik di unggah di tiktok.

Tidak hanya bisa menyimpan dan mengabadikan momen yang telah dilalui namun anda juga bisa memberikan ulasan terhadap tempat tersebut sehingga menarik lebih banyak pengunjung.

Bagi penghobi kegiatan lainnya juga bisa mengabadikan kesenangannya di tiktok untuk mendapatkan lebih banyak teman atau pengguna tiktok yang memiliki hobi yang sama.

Berawal dari hobi yang di dokumentasikan dan di unggah di tiktok maka tidak menutup kemungkinan konten tersebut disukai oleh pengguna tiktok sehingga bisa lebih terkenal di tiktok.

Sumber Penghasilan Tambahan

Bagi pengguna tiktok yang rajin mengunggah konten serta telah mendapatkan banyak engagement dan juga basis pengikut yang kuat tentu tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan tawaran endorsement atau paid promote.

Berbagai tawaran tersebut biasanya berupa kolaborasi untuk mempromosikan produk tertentu di konten yang di unggah.

Di saat kreator tiktok tersebut berhasil mencuri perhatian pengguna tiktok lainnya dengan konten promosi yang di unggah tentu saja hal ini menjadi keuntungan besar bagi promotor dan juga kreator.

Bagi seorang promotor, konten promosi yang mendapatkan perhatian yang tinggi dan juga engagement yang besar tentunya akan menguntungkan untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat luas sehingga membantu untuk meningkatkan keuntungan.

Sedangkan bagi kreator, sebuah konten promosi yang sukses tentunya akan membuka lebih banyak lagi tawaran endorsement atau paid promote sehingga membantu untuk menaikkan engagement rate yang ditawarkan kepada promotor lain.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi kreator untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari konten promosi yang diunggah apalagi jika kreator tersebut di angkat menjadi brnad ambassador tentunya hasil yang di dapatkan menjadi lebih besar.

Karenanya agar rate engagement yang di dapatkan bisa naik lebih cepat maka kreator bisa membuat konten promosi se kreatif mungkin sehingga membuat penonton tidak merasa melihat konten promosi namun tetap ingin mencoba produk tersebut.

Tak hanya itu, kreator juga bisa berdiksusi dengan pihak promotor untik menentukan konten promosi dan sesuai dengan citra brand yang ditampilkan.

Dengan menjaga komunikasi dengan promotor dan mengunggah konten sesuai dengan permintaan maka bukan tidak mungkin bagi anda untuk diajak berkolaborasi kembalia atau di rekomendasikan ke promotor yang lain untuk menjadikan anda sebagai brand ambassador.

Mendapatkan Brand Awareness

Sebagai seorang brand yang sedang berkembang tentunya penting untuk mendapatkan brand awareness sehingga mudah dikenal oleh konsumen lain.

Saat ini banyak sekali brand besar atau sedang berkembang membuka akun tiktok sebagai media promosi yang efektif.

Hal ini dilakukan karena tiktok sendiri merupakan social media yang tengah naik daun dan digunakan oleh banyak orang.

Tak hanya itu, algoritma tiktok sendiri berpatokan pada banyaknya konten yang dibuat serta tingginya engagement yang di dapatkan.

Penghitungan inilah yang dapat membantu akun tiktok yang masih berkembang dan memiliki pengikut yang sedikit untuk mendapatkan lebih banyak pengikut.

Di tiktok sendiri, sebuah brand bisa mempromosikan akunnya dengan berbagai cara mulai dari melakukan kolaborasi dengan influencer terkenal atau mempromosikan akun melalui iklan berbayar di tiktok.

Promosi ini tentunya berbayar namun dirasa efektif apabila mengetahui influencer yang memiliki minat yang sama dengan produk anda atau dengan tiktok ads dimana pengguna bisa menentukan tujuan iklan tersebut dan durasi tayang yang sesuai waktu aktif.

Namun jika pengguna ingin menggunakan promosi secara gratis maka bisa membuat konten yang sedang trending dan disukai oleh konsumen yang dituju.

Disaat pengguna berhasil mendapatkan hati pengguna tiktok dari konten yang dibuat maka akan lebih mudah untuk melakukan promosi dan juga menjual produk yang dipasarkan sehingga membantu untuk menaikkan keuntungan.

tutorial terkenal di tiktok

Tutorial Menjadi Terkenal di Tiktok

Banyaknya kreator yang terus berkreasi dengan konten yang dibuatnya setiap hari tentunya membuat anda juga harus berinovasi dengan konten yang dimiliki agar tetap bisa terkenal di tiktok.

Tidak hanya membuat konten sesuai minat namun kreator juga sebaiknya mengetahi faktor-faktor tertentu yang dapat membantu untuk menaikkan akun dan juga konten anda agar menjadi lebih terkenal di tiktok.

Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengembangkan akun dan konten agar lebih terkenal di tiktok

Bangun Brand yang Mudah Dikenali

Salah satu faktor yang dapat membuat konten kreator menjadi lebih terkenal di tiktok adalah membangun brand awareness di akun yang dimiliki dan mengetahui komunitas yang akan disasar.

Sehingga meskipun konten yang di buat selalu sama setiap harinya namun kreator tetap bisa mendapatkan engagement yang tinggi berket mengetahui konten yang disukai dan dicari oleh komunitas tersebut.

Salah satunya adalah konten kreator dari luar negeri bernama Zach King, sebagai salah satu influencer tiktok terkenal yang telah mendapatkan 67.5 juta pengikut ini setiap harinya mengunggah konten dengan tema special effect dengan durasi 15 detik.

@zachking Table tennis #trickshots w/ @Pongfinity ♬ original sound – Zach King

Konsistensinya dalam mengunggah konten yang sama setiap hari akhirnya membuat pengguna tiktok lainnya mengenali Zach sebagai konten kreator yang membuat konten dengan tipe tersebut.

Konsistensi dan usahanya dalam membagung brand yang ingin diperlihatkan di pengguna tiktok tentunya bisa ditiru oleh kreator pemula.

Sebagai pengguna baru tiktok, kreator sebaiknya mengtehaui tipe konten apa saja yang ingin dibuat dan ditampilkan di tiktok.

Apabila pengguna sudah mengetahui konten yang ingin ditayangkan di tiktok maka kreator bisa terus menerus membuat konten yang serupa setiap harinya.

Kreator juga bisa membuat konten yang sama namun dengan beberapa inovasi sehingga penonton tidak bosan.

Dengan terus menerus mengunggah konten yang sama setiap harinya, lama kelamaan anda akan menemukan komunitas yang sesuai dengan anda dan akhirnya dapat membantu untuk menaikkan engagement video dan jumlah pengikut yang dimiliki.

Hal ini tentunya akan membantu anda untuk terkenal di tiktok lebih mudah dengan membuat konten yang disukai.

Ketahui Komunitas yang Tepat

Salah satu keunikan dari tiktok adalah penguna hanya akan berinteraksi dengan konten yang disarankan dan biasa ditemukan di FYP recommend meskipun anda tidak mengikuti akun tersebut sama sekali.

Cara mendapatkan konten yang sesuai dengan anda adalah dengan cara memilih minat yang biasanya diberikan di awal halaman saat mendaftar di akun tiktok, menyukai konten yang direkomendasikan, atau mengikuti konten kreator yang anda sukai di tiktok.

Terkadang algoritma tiktok sendiri merekomendasikan konten berdasarkan percobaan dengan konten yang sekiranya anda sukai atau yang pernah anda cari sebelumnya, namun jika anda kurang menikmati rekomendasi tersebut maka bisa melakukan pembatalan dengan cara klik ikon not interested.

Sehingga tiktok tidak akan menampilkan konten tersebut ke timeline fyp recommend anda. Dengan kata lain jika anda ingin terkenal di tiktok maka perlu mengetahui beberapa tips berikut, diantaranya:

  • Ketahui hastag yang selalu digunakan oleh komunitas tersebut, pengguna bisa melihatnya di konten dengan minat yang sama dengan anda dan mendapatkan engagement yang tinggi.
  • Gunakan hastag secara rutin setiap anda mengunggah konten tersebut, dengan menggunakan tagar yang sama maka akan memudahkan algoritma tiktok untuk menaikkan konten anda serta merekomendasikan konten anda ke komunitas yang memiliki minat yang sama dengan hastag yang digunakan.
  • Ikuti hastag tersebut sehingga konten anda bisa naik dengan trend yang sedang viral di komunitas anda.

Tidak hanya menggunakan hastag dengan nama brand anda namun jangan lupa juga untuk menyertakan hastag yang sesuai dengan komunitas anda untuk mengkai pengguna tiktok yang lebih luas sehingga membantu konten anda untuk terkenal di tiktok.

Kreator bisa mencari hastag yang sesuai dengan komunitas anda dan terkenal di tiktok dengan cara mencarinya di konten milik konten kreator terkenal yang sudah memiliki banyak pengikut dan memiliki engagement yang tinggi di setiap konten yang diunggah.

Update Tiktok Trends

Salah satu cara mudah yang dapat membantu anda untuk terkenal di tiktok adalah dengan mengikuti trend yang sedang terkenal di tiktok.

Namun jika anda belum mengetahui cara untuk menjadi trend yang sedang naik di tiktok berikut beberapa langkah mudah yang bisa anda gunakan.

  • Ikuti hastag yang dapat membantu untuk menaikkan engagement konten, salah satunya adalah #trendalert dan juga #tiktokchallange.
  • Ketahui engagement postingan dari kompetitor, hal ini bisa dilihat dari jumlah like, share, dan comment di setiap komentarnya.
  • Cari konten yang sedang naik dengan menyediakan waktu khusus untuk melakukan scrolling di Halaman For Your Page.
  • Gunakan fitur pencarian untuk mencari konten terbaik yang sering dilihat oleh banyak pengguna tiktok.

Fitur rekomendasi ini bisa membantu anda untuk mencari jenis konten atau hastag yang sedang terkenal di tiktok dan digunakan oleh banyak pengguna tiktok.

Kreator bisa menemukan fitur rekomendasi di bagian bawah dengan ikon kompas dan bersebelahan dengan ikon + yang berguna untuk membuat konten baru.

Penambahan lagu,hastag, atau filter di konten yang akan diunggah juga akan membantu konten anda terkenal di tiktok dengan mendapatkan penonton yang lebih luas.

Tidak hanya membuat ulang konten yang sedang terkenal di tiktok namun pengguna juga bisa mengkreasikan konten tersebut dengan ciri khas yang anda miliki.

Sehingga tidak hanya sekedar mengikuti konten yang sedang terkenal di tiktok namun anda juga bisa meraih penonton lebih banyak dengan kreasi yang anda buat senidri.

Sering Mengunggah Konten Tiktok

Kelebihan lain yang dimiliki tiktok adalah platform ini tidak akan memberikan anda label spam apabila mengunggah konten terus menerus.

Namun sebaliknya malah Tiktok akan membantu menaikkan konten dan akun anda apabila kreator rajin mengungah video dengan sering serta terus menerus bahkan berkesempatan untuk masuk ke fyp recommend.

Salah satu rahasia lain agar konten anda mendapatkan banyak perhatian adalah dengan mengunggah video dengan resolusi terbaik sehingga hasilnya terlihat bagus dan enak dipandang mata.

Meskipun begitu kreator juga sebaiknya mengetahui waktu unggah konten yang tepat dan juga frekuesi mengunggah konten tersebut agar bisa menjangkau komunitas serta pengikut yang tepat.

Interaksi dengan Pengikut

Tidak hanya mengunggah konten yang menarik dengan resolusi yang bagus guna menarik pengguna tiktok untuk menonton video anda namun diperlukan interaksi dengan pengikut anda.

Hal ini dilakukan untuk membantu menaikkan engagement konten anda agar bisa lebih mudah masuk ke fyp recommend sehingga menjadikan konten anda lebih terkenal di tiktok.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berinteraksi dengan pengikut anda adalah membalas komentar di konten anda, menyukai komentar dan balasan, atau dengan mengikuti request yang diminta oleh pengikut anda.

Kreator juga bisa memanfaatkan fitur jawaban guna menjawab komentar pengikut anda melalui konten yang diunggah,

Dengan melakukan interaksi dengan pengikut anda maka akan membantu kedekatan anda satu sama lain sehingga pengikut anda akan terus menunggu konten yang anda unggah setiap harinya.

Semakin banyak engagement yang di dapatkan di waktu awal menunggah konten maka akan semakin besar kesempatan video anda masuk ke fyp recommend sehingga memperbesar peluang anda untuk terkenal di tiktok.

Interkasi dengan Pengguna Tiktok

Dengan adanya fitur fyp recommend tentunya akan membantu konten anda menjangkau pengguna tiktok yang lebih luas yang sesuai dengan minat.

Hal ini tentu saja menguntungkan bagi pengguna tiktok yang baru saja membuka akun tiktok untuk mendapatkan lebih banyak pengikut yang sesuai.

Tak jarang anda menemukan pengguna tiktok yang baru saja menemukan akun anda berkat konten anda yang terkenal di tiktok dan masuk ke fyp recommend.

Hadirnya penguna tiktok yang baru saja mengenal konten anda tentu saja sebaiknya disambut dengan baik agar selanjutnya bisa menjadi pengikut anda.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan interaksi dengan pengguna tiktok lain dengan cara membalas konten yang beredar di fyp recommend dengan menggunakan fitur duet atau stitch.

Dengan adanya fitur tersebut, kreator bisa membalas konten yang lewat di fyp recommend dengan cara membalasnya kembali melalui video yang diunggah di akun anda.

Fitur ini tentunya membantu anda untuk meningkatkan interaksi dan juga menaikkan algoritma tiktok.

Apabila pengguna menggunakan fitur duet layar tiktok nantinya akan terbagi dua antara konten anda dan juga konten dengan akun yang anda ajak duet.

Fitur ini biasnaya digunakan oleh kretaor yang berfokus pada konten bernyanyi atau menari sehingga bisa berduet dengan orang lain.

Jadilah Unik dan Berbeda

Banyaknya konten kreator dengan minat yang sama dan beredar di tiktok tentunya membuat anda berfikir ulang untuk menarik pengguna tiktok agar melihat konten anda.

Tidak hanya membuat konten yang sedang trending namun pengguna juga sebaiknya menambahkan ciri khas tersendiri agar video anda menjadi unik dan berbeda dibandingkan konten lain yang beredar di tiktok.

Dengan adanya ciri khas tersendiri di akun anda maka pengguna akan mencari akun anda di saat anda tidak aktif di tiktok.

Hal ini juga akan membantu pengikut anda agar tetap lengket dengan anda meskipun akan ada banyak kreator lain dengan minat yang sama membuat konten yang serupa.

Perbedaan inilah yang dapat membantu membedakan anda dengan kreator yang lain sehingga konten anda kan lebih mudah masuk ke fyp recommend dan menjadi terkenal di tiktok.

Fokus Membuat Konten yang Spesifik

Banyaknya trend yang beredar terkadnag membuat kreator tertarik untuk membuat berbagai konten tersebut dan kemudian di unggah di akun tiktok yang dimiliki.

Meskipun hal ini akan membantu anda untuk lebih mudah masuk ke fyp recommend namun tidak akan kuat untuk menarik pengguna tiktok menjadi pengikut anda.

Hal ini dikarenakan banyaknya konten yang berbeda yang sering dibuat menjadikan pengguna tiktok bingung untuk menemukan ciri khas anda karena terlihat sama.

Karenanya untuk membantu mengiat pengikut yang dimiliki maka kreator bisa memulai dengan membuat konten yang spesifi.

Dengan adanya konten yang spesifik ini juga akan membantu anda untuk mengembangkan konten sesuai dengan komunitas yang dituju.

Hal ini tentunya akan membantu anda menghemat waktu untuk mencari konten yang sedang trending dan berfokus dengan konten yang disukai.

Disaat anda mengembangkan konten yang benar-benar diminati maka anda akan lebih serius untuk melakukan inovasi dalam membuat konten tiktok tersebut.

Strategi ini juga akan membantu anda untuk mengikat pengikut anda yang nantinya akan membantu untuk menaikkan engagement konten sehingga lebih mudah masuk ke fyp recommend dan menjadi terkenal di tiktok.

Pengguna tiktok pun akan lebih mudah mengenali anda berkat konsistensi dalam mengunggah satu konten tersebut.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.