ide konten promosi di tiktok

Cara Mudah Naikkan Konten Tiktok

Jadikan akun tiktok anda digemari pengguna tiktok lainnya dengan konten tiktok yang menarik melalui beberapa langkah berikut.

Tiktok telah menjadi social media ajaib yang dapat membantu menaikkan reach serta brand awareness yang anda miliki.

Meskipun begitu, hal utama yang perlu kreator perhatikan adalah strategi untuk menaikkan konten tiktok sehingga akun yang anda miliki mendapatkan banyak views serta engagement konten sehingga lebih terkenal di tiktok.

Karenanya kreator perlu meningkatkan performa konten tiktok dengan bantuan fitur yang tersedia di tiktok serta ide konten yang dapat menarik perhatian pengguna tiktok.

performa konten tiktok

Cara Meningkatkan Performa Konten Tiktok

Banyaknya pengguna tiktok yang juga mempromosikan produk atau brand yang dimiliki tentunya membuat kreator bersaing secara sehat dalam mendapatkan perhatian pengguna tiktok.

Dibandingkan membeli viewers tiktok yang malah mengganggu engagement akun tiktok lebih baik kreator menaikkan performa konten tiktok dengan cara mudah berikut :

Gunakan Hastag di Konten Tiktok

Penggunaan tagar sudah sangat marak di berbagai social media, Tidak hanya digunakan sebagai media pencarian konten yang efektif namun penggunaan hastag sendiri berguna untuk menaikkan konten yang diunggah.

Dengan pemilihan kata kunci yang tepat serta optimasti hastag yang sesuai maka konten yang diunggah akan lebih mudah dicari serta bisa berada di pencarian teratas konten di social media.

Hal ini juga berlaku di tiktok dimana kreator bisa menggunakan hastag tiktok yang sesuai sehingga membantu algoritma tiktok dalam mengidentifikasi konten yang anda unggah serta pengguna tiktok yang sekiranya menyukai dan menyukai konten tiktok anda.

Penggunaan hastag tiktok yang tepat juga membantu kreator masuk ke dalam komunitas yang diinginkan serta topik yang sering di bahas oleh target yang ingin anda tuju.

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan perfoma konten tiktok anda adalah dengan menggunakan hastag yang sedang naik daun sehingga konten tiktok anda bisa masuk ke dalam halaman for your page.

Kreator juga bisa membuat konten tiktok berdasarkan hastag yang sedang naik daun yang tentunya masih berkaitan dengan brand value yang anda miliki.

Guna mencari hastag tiktok yang sedang trending maka kreator cukup masuk ke dalam kolom temukan kemudian anda akan menemukan berbagai konten yang sedang naik daun dan bisa digunakan di akun tiktok anda.

hastag di konten tiktok

Gunakan Durasi Konten Tiktok yang Pendek

Tiktok sendiri terkenal dengan konten video dengan durasi pendek yang mengundang banyak pengguna internet untuk memiliki akun tiktok.

Karenanya meskipun tiktok saat ini memiliki durasi video yang cukup panjang hingga 10 menit namun banyak pengguna tiktok yang masih menyukai konten tiktok dengan durasi yang pendek.

Hal ini terlihat dari banyaknya video dengan durasi 30 detik yang dengan mudah masuk ke halaman fyp recommend dibandingkan konten tiktok yang memiliki durasi yang panjang.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan durasi konten tiktok yang pendek maka memungkinkan video anda dilihat berulang kali sehingga meningkatkan viewers video secara mudah dan cepat.

Penggunaan durasi konten tiktok yang pendek juga memudahkan kreator dalam membuat ide video yang lebih mudah.

Gunakan Sound Effect Viral di Konten Tiktok

Penggunaan hastag tiktok tidak menjadi satu-satunya elemen di tiktok yang memiliki trendnya sendiri. Tiktok sound sendiri juga dapat membantu meningkatkan popularitas konten tiktok dengan mudah.

Saat menonton video di akun tiktok biasanya kreator akan mendengarkan sound effect yang berkaitan dengan konten tiktok yang dilihat.

Penggunaan sound effect ini juga membantu penonton menghayati isi video sehingga konten tiktok yang dilihat semakin menarik.

Banyaknya kreator yang menggunakan sound effect di konten tiktok yang dibuat menjadikan beberapa sound effect viral karena sering digunakan untuk isi konten video yang berbeda.

Apabila kreator ingin menambahkan sound effect di tiktok maka kreator bisa menambahkan sendiri dari media penyimpanan handphone anda atau menambahkan lagu yang telah disimpan sebelumnya dari akun tiktok lainnya.

photo1652060483

Pemakaian sound tiktok yang sedang naik daun yang sesuai dengan isi konten tiktok tentunya akan membuat video anda lebih mudah viral di kalangan pengguna tiktok.

Ketahui Konsumen yang Sesuai

Hasil video yang menarik ditambah dengan adanya hastag dan sound effect tiktok yang viral belum tentu membuat konten tiktok anda viral apabila kreator belum menemukan konsumen yang tepat.

Hal ini dilakukan konsumen biasanya hanya melihat kontan video yang diinginkan berdasarkan rekomendasi tiktok sehingga mau tak mau kreator harus lebih dulu mengetahui jenis konten tiktok yang disukai oleh konsumen.

Bagi kreator yang mungkin belum mengetahui konten yang disukai konsumen maka bisa melakukan analisa terlebih dahulu dengan melihat jenis konten tiktok yang sering dibuat oleh akun-akun kompetitor yang sudah memiliki banyak pengikut.

Dengan begitu, timeline tiktok anda lama kelamaan akan menampilkan konten tiktok yang disukai oleh konsumen yang tentunya bisa diterapkan di akun tiktok anda.

photo1652061176

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menggunakan hastag tiktok yang sesuai dengan industri yang ingin anda geluti sehingga anda akan dengan menemukan konten tiktok yang biasa ditonton atau diminati oleh target penonton anda.

Gunakan Konten Duet Untuk Kolaborasi

Salah satu fitur andalan tiktok yang jarang ditemukan di social media lain adalah fitur duet dimana penonton bisa melakukan duet pada konten tiktok yang dianggap menarik.

Beberapa pengguna tiktok biasanya menggunakan fitur duet ini untuk mengomentari video atau melakukan kolaborasi pada konten tiktok yang dianggap menarik.

Kreator juga dapat menggunakan konten duet ini untuk mengomentari konten video yang masih berkaitan dengan brand yang anda kembangkan atau mengajak pengguna tiktok untuk bergabung dalam campaign yang diadakan.

Cara penggunaan konten duet sendiri pun cukup mudah, kreator cukup melihat konten video yang dianggap menarik lalu pada ikon panah yang terdapat di bagian pojok kanan bawah kreator akan menemukan fitur duet dimana kreator dapat membuat video tambahan di sebelah video tersebut.

@tiktok 🚨New feature alert!🚨more #Duet ♬ original sound – TikTok

Tidak hanya itu, apabila kreator belum menemukan konten duet yang sesuai di timeline tiktok maka kreator bisa mencarinya sendiri di kolom pencarian dan kreator akan menemukan berbagai konten tiktok duet yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan.

photo1652062444

Kolaborasi dengan Influncer Tiktok

Penggunaan influencer sebagai media promosi sangatlah efektif mengingat akun tersebut memiliki banyak pengikut yang tentunya sebagian besar merupakan konsumen yang anda tuju.

Promosi menggunakan influencer cocok bagi kreator yang belum memiliki banyak pengikut atau ingin memasarkan campaign promosi yang dimiliki.

Dalam memilih sebuah influencer maka kreator sebaiknya memilih seseorang yang terkenal di kalangan konsumen anda sehingga konten tiktok yang dipasarkan lebih mudah terkenal.

Kehadiran influencer tentunya dapat menaikkan ketenaran konten tiktok anda dan menarik perhatian pengguna tiktok yang merupakan target konsumen.

Beberapa ide konten tiktok yang bisa diterapkan saat melakukan kolaborasi dengan influencer adalah endorsement produk atau duet dengan dance challange yang telah dirancang sebelumnya

Maksimalkan Penggunaan Caption di Konten Tiktok

Sebuah konten tiktok dengan durasi yang pendek terkadang tidak mampu menjelaskan isi video sepenuhnya sehingga menimbulkan kesalahpahaman dalam menangkap isi konten tiktok.

Karenanya dalam setiap pengunggahan konten tiktok maka kreator sebaiknya melengkapi dengan penggunaan caption yang sesuai dengan isi video sehingga membuat penonton memahami isi video yang dilihat.

Caption sendiri merupakan kolom khusus yang berisi 150 karakter namun dapat menghasilkan isi konten tiktok yang maksimal.

Sebuah caption yang menarik tentunya dapat membantu menjelaskan penonton anda mengenai alasan mengapa mereka harus menonton video tersebut hingga selesai atau membalas isi konten dengan komentar yang tentunya dapat meningkatkan engagement konten tiktok.

Kreator juga bisa menambahkan hastag tiktok pada konten yang dibuat agar video anda lebih mudah naik ke halaman for your page serta mudah ditemukan oleh pengguna tiktok lainnya.

Ubah Akun Tiktok ke Mode Business

Saat pertama kali membuat akun tiktok maka kreator akan diarahkan ke akun tiktok biasa, namun dalam pengembangan promosi brand di tiktok sebaiknya anda mengubah akun ke mode business.

Hal ini dilakukan karena akun tiktok for business memiliki lebih banyak fitur dibandingkan akun biasa, salah satunya adalah fitur insight dimana kreator bisa melihat performa konten tiktok yang telah diunggah sebelumnya dalam durasi waktu tertentu.

Cara mengubah akun tiktok menjadi akun business pun sangat mudah dengan beberapa langkah berikut:

  • Pertama, buka akun tiktok yang dimiliki kemudian masuk ke akun profil yang dimiliki kemudian kreator akan menemukan kolom pengaturan di bagian pojok kanan atas.
  • Kedua, pada ikon kelola akun maka kreator akan menemukan pilihan untuk mengalihkan ke akun bisnis yang akan membuat akun tiktok anda berubah menjadi akun tiktok for business
  • Keempat, kreator akan diberikan pilihan tipe akun business yang sesuai sehingga kreator bisa memilih sesuai dengan jenis industri yang anda geluti
  • Ketiga, setelah akun anda menjadi tiktok for business maka kreator bisa memanfaatkan berbagai layanan yang tersedia guna memudahkan promosi produk yang dimiliki.

Unggah Konten Tiktok di Waktu yang Tepat

Tiktok merupakan social media yang aktif 24 Jam, meskipun begitu kreator tidak mungkin mengunggah konten tiktok seenaknya.

Hal ini dikarenakan waktu aktif konsumen dimana pengguna tiktok hanya melihat akun tiktok pada waktu-waktu tertentu di sela kegiatannya seperti saat istirahat siang, perjalanan ke kantor, atau menghabiskan waktu setelah lelah bekerja di malam hari.

Pada saat inilah pengguna hanya melihat berbagai konten terbaru yang ditampilkan oleh tiktok sehingga akan jarang melihat konten yang diunggah pada beberapa waktu yang lalu.

Saat kreator mengunggah konten di waktu yang berbeda maka bisa saja konten tiktok anda sulit dilihat oleh pengguna tiktok lain yang menyebabkan viewers tiktok anda menurun.

Kreator bisa mengecek waktu aktif konsumen dengan cara melihatnya di kolom insight dimana kreator dapat melihat waktu konsumen membuka akun tiktok.

Waktu aktif konsumen sendiri biasanya terbagi menjadi beberapa waktu sehingga kreator bisa menggunakannya sebagai waktu unggah konten yang sesuai dengan konten yang berbeda.

Unggah Beberapa Konten Dalam Satu Hari

Perkembangan tiktok yang cepat terkadang membuat pengguna tiktok melihat beberapa konten yang berbeda dalam satu hari.

Karenanya agar pengguna tiktok terus mengingat akun anda maka kreator sebaiknya mengunggah konten tiktok yang berbeda dalam satu hari.

Tiktok sendiri merekomendasikan untuk mengunggah konten tiktok 1-4 kali dalam sehari sehingga akun tiktok anda akan terus terlihat di kalangan pengguna tiktok.

Dalam mengunggah konten tiktok maka kreator sebaiknya mengeluarkan ide konten yang kreatif dengan kualitas video yang tinggi agar penonton betah melihat video yang anda unggah.

Namun apabila kreator masih belum sanggup membuat banyak konten setiap harinya maka anda cukup mengunggah satu konten secara konsisten setiap hari agar akun tiktok anda tetap aktif.

Unggah Konten Tiktok Kualitas Terbaik

Sebelum kreator membuat atau mengunggah konten tiktok maka pastikan video yang dibuat memiliki kualitas terbaik seperti pencahayaan video yang cukup, kualitas suara yang baik, dan editan video yang mulus.

Kualitas video yang bagus tentunya akan menarik perhatian penonton untuk melihat video anda dan tidak bosan untuk melihat video yang sama berulang kali.

Dalam membuat konten tiktok yang bagus maka kreator bisa merekam video di luar ruangan yang memiliki pencahayaan alamai atau menggunakan bantuan ringhlight sehingga kualitan video menjadi lebih maksimal.

Kreator juga bisa menggunakan berbagai fitur edit tambahan yang tersedia di tiktok atau aplikasi edit video yang tersedia secara gratis di internet.

Dalam merekam video maka sebaiknya kreator merekam suara menggunakan mic sehingga hasil suara menjadi lebih maksimal dan bisa di dengar jelas oleh penonton video anda.

Tiktok sendiri memprioritaskan video dengan kualitas tinggi untuk muncul di halaman for your page, kreator juga bisa memberikan hasil video yang maksimal dengan merekam di format vertikal. penggunaan efek, serta suara yang jernih.

Gunakan Kata Kunci di Caption Video

Bagi pengguna tiktok yang ingin mencari konten tiktok tertentu biasanya menggunakan kata kunci yang tentunya dapat memudahkan dalam mencari video yang diinginkan dalam waktu cepat.

Penggunaan kata kunci tersebut tentunya bisa digunakan kreator untuk dimasukkan ke dalam caption video sehingga memudahkan video tiktok anda ditemukan oleh pengguna tiktok.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa menggunakan hastag tiktok yang sesuai dengan kata kunci karena pengguna tiktok juga biasanya mencari menggunakan tagar tertentu di kolom pencarian.

Dalam menggunakan kata kunci yang tepat maka kreator bisa memikirkan keyword yang sekiranya digunakan oleh konsumen anda dalam mencari konten tertentu di kolom pencarian.

Gunakan Konten Tutorial di Tiktok

Salah satu konten tiktok yang menarik perhatian pengguna tiktok adalah konten edukasi dimana penonton bisa melihat video berisi tutorial menggunakan barang atau produk tertentu.

Pengguna tiktok juga suka melihat variasi dari penggunaan produk tertentu seperti tutorial hijab atau make up yang bisa digunakan dalam berbagai kegiatan tertentu.

Konten tutorial ini tidak hanya populer namun dapat membantu berbagai pertanyaan yang diajukan oleh konsumen seperti penggunaan produk yang tepat atau masalah saat menggunakan barang tertentu.

Dalam menentukan konten tutorial yang sesuai maka kreator bisa memulai dengan melihat pertanyaan yang sering diajukan oleh konsumen di kolom komentar atau pesan langsung.

Kreator bisa mengumpulkan beberapa pertanyaan tertentu yang kemudian digunakan ke dalam konten tutorial.

Tidak hanya itu, kreator bisa menggunakan kreasi dari produk yang dimiliki seperti tutorial resep makanan yang unik dan menarik.

Promosikan Konten Tiktok di Social Media

Sudah memiliki akun social media lain yang memiliki banyak pengikut? kreator bisa memanfaatkan hal tersebut dengan mempromosikan akun tiktok ke akun social media yang dimiliki.

Promosi satu ini tentunya dapat mengenalkan akun tiktok yang anda miliki ke pengguna social media lain sehingga bisa mengajak pengguna anda menjadi bagian dari pengikut tiktok anda.

Tidak hanya itu, kreator juga bisa mempromosikan akun tiktok ke social media lain menggunakan teaser yang membuat penonton penasaran sehingga mengunjungi konten tersebut di tiktok.

Kreator juga bisa mengadakan event khusus di akun tiktok yang baru muncul dengan cara melakukan event giveaway dengan membagikan link konten tiktok ke orang lain juga mengikuti akun tiktok anda sehingga pengikut akan bertambah dengan cepat.

Melakukan kolaborasi dengan influencer tiktok tentunya dapat membuat akun tiktok anda lebih mudah terkenal dan mudah dikenal oleh konsumen yang anda inginkan.

Buat Penonton Bertahan dengan Konten Tiktok

Kreator sendiri hanya memerlukan beberapa detik pertama dari penonton agar viewers video bertambah secara cepat.

Meskipun begitu, kreator juga perlu membuat penonton bertahan dengan konten yang anda buat sehingga bisa mendapatkan isi dari konten yang dibuat sehingga promosi produk menjadi lebih maksimal.

Tidak hanya itu, dengan menonton video sampai habis maka kreator bisa mengetahui durasi video yang cocok untuk konsumen sehingga bisa dikreasikan untuk konten tiktok yang lain.

Sebuah video yang ditonton sampai akhir tentunya membantu konten tiktok anda masuk ke FYP Recommend lebih cepat sehingga bisa viral dan terkenal di pengguna tiktok.

Jadi, bagaimana cara membuat penonton bertahan untuk melihat konten anda? kreator perlu bermain dengan rasa penasaran konsumen dan menawarkan berbagai penawaran untuk konsumen.

Kreator juga bisa bermain di detik pertama video anda sehingga penonton bisa betah untuk menonton video anda sampai akhir.

Jangan lupa untuk menggunakan caption yang mampu menjelaskan isi video serta membuat penonton penasaran dengan isi video tersebut.

Interaksi dengan Konsumen yang Dimiliki

Setelah mengunggah konten video di tiktok maka kreator tidak hanya membiarkan konten anda bersinar dengan sendirinya.

Kreator juga perlu berinteraksi dengan konsumen yang dimiliki untuk meningkatkan keakraban dengan pengguna tiktok juga menaikkan engagement akun tiktok sehingga lebih mudah masuk ke dalam FYP Recommendation.

Beberapa interaksi yang bisa dilakukan oleh kreator adalah dengan membalas komentar penonton serta memberikan likes pada konten tersebut.

Kreator juga bisa membalas komentar menggunakan fitur stitch sehingga konten menjadi lebih menarik serta interaksi dengan konsumen menjadi lebih erat.

Konsumen terkadang bertanya mengenai masalah atau kesediaan produk di fitur pesan langsung maka kreator bisa langsung membalas pesan masuk sehingga masalah konsumen lebih cepat diatasi serta meningkatkan respon anda terhadap konsumen yang dimiliki.

Dengan berinteraksi dengan konsumen secara rutin maka kreator akan membangun citra brand yang anda miliki.

Berinteraksi dengan konsumen yang dimiliki akan menaikkan jumlah likes, comment, dan share untuk konten tiktok anda yang tentunya dapat menaikkan akun anda melalui algoritma tiktok serta meningkatkan jumlah viewers yang dimiliki.

Maksimalkan Layar Tiktok Anda

Dalam menampilkan konten tiktok, platform satu ini menggunakan layar vertikal dimana penonton bisa melihat video tiktok yang berbanding lurus dengan layar handphone sehingga penonton bisa melihat konten dengan mudah.

dda60b79602ccae2b4fd5e03f1654732

Tiktok sendiri menyarankan untuk memaksimalkan penggunaan layar tiktok agar hasilnya lebih maksimal dengan menggunakan ratio 9:16 aspect ratio agar hasil konten tiktok menjadi lebih maksimal sehingga bisa ditonton pengguna tiktok dengan nyaman.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.